Monday, March 15, 2010

EKSOSITOSIS-ENDOSITOSIS

Materi ini serin sekali ditanyakan namun penjelasan yang dilakukan hanya sekedar keluar masuk 
jawabnya untuk menjadi jelas maka pagi ini saya Postingkan materi ini OK

Transportasi zat pada sel yang dilakukan oleh lisosom atau vesikula yang menujukkan proses memasukkan zat padat kedalam dan keluar sel .
Endositosis memasukkan zat padat dengan membentuk gerakan amuboid membran menyelubungi benda kemudian dimasukkan kedalam segera ditangkap oleh lisosom kemudian dicerna dengan menggunakan enzim hidrolitiknya , sisa yang tidak dapat diurai dieksositosiskan

Jadi Apa yg dimaksud dengan endositosis ? Apa arti endositosis ?

Pengertian Endositosis
Endositosis adalah mekanisme pengangkutan bahan dari cairan ekstra sel ke dalam sel dengan cara membungkus bahan tersebut dengan suatu kantung. Kantung tersebut dibentuk dari membran sel yang dilekukkan kearah dalam dan kemudian kantung tersebut lepas membentuk vakuola di dalam sitoplasma.

Pengertian Eksositosis
Apakah eksositosis itu ? Apa itu proses eksositosis ?
Eksositosis adalah mekanisme pengeluaran bahan sel dari dalam sel menuju keluar sel dengan cara yaitu bahan sisa terkumpul dalam suatu kantung membran di dalam sitoplasma, kemudian kantung tersebut bergerak kepermukaan sel, kemudian mengkosongkan isinya keluar sel.
Sekarang kamu pasti sudah tahu mengenai perbedaan endositosis dan eksositosis bukan ? Biar lebih paham coba kamu ulangi menjelaskan proses endositosis dan eksositosi


Perbedaan Antara eksositosis dan Endositosis

Ada banyak perbedaan eksositosis dan endositosis bahwa Anda akan dapat memahami dengan membaca dua proses secara individual. Penjelasan berikut akan membantu Anda memahami eksositosis vs endositosis secara jelas.
Eksositosis
Eksositosis adalah proses di mana sel mengusir molekul dan benda-benda lainnya yang terlalu besar untuk melewati struktur membran sel. Ini kebalikan dari endositosis dimana pembuangan bahan atau molekul dari vesikula pada permukaan sel ke luar sel.
Dalam kasus eksositosis, air atau bahan kimia di dalam sel dikelilingi oleh vesikel. Vesikel ini mungkin kadang-kadang menarik molekul melalui membran. Lain waktu, vesikel mengelilingi molekul dan menelannya. Kemudian vesikel mengangkut sendiri menuju membran sel dan menempel untuk itu. Molekul-molekul yang akan didorong keluar kemudian dipaksa keluar dari membran selular.
Endositosis
Sel mengambil kedalam molekul, partikel atau molekul polar melalui membran plasma hidrofobik mereka. Endositosis dilakukan oleh banyak sel eukariotik untuk menelan partikel makanan, dengan memperluas membran plasma luar dan kemudian mengelilingi partikel makanan. Mekanisme dasar eksositosis atau endositosis kurang lebih sama. Vesikel yang digunakan untuk transportasi molekul. Vesikula adalah kantung kecil tertutup dalam membran di sekitar sel. Vesikel ini digunakan untuk penyimpanan dan transportasi makanan. Karena mereka tertutup dalam kantung, mereka mungkin memiliki komposisi internal yang sama sekali berbeda dari sel.

Sel-sel menggunakan tiga jenis proses untuk endositosis – fagositosis,pinositosis dan endositosis dimediasi reseptor. Dalam kasus fagositosis, sel mengambil dalam bakteri atau partikel makanan. Pada pinositosis, sel mengambil dalam bahan cair. Dan endositosis dimediasi terjadi ketika molekul tertentu seperti low density lipoprotein (LDL) yang diangkut melalui endositosis dimediasi reseptor. Molekul ditranspor ke lokasi terjepit reseptor spesifik pada membran plasma. Interior bagian dari protein reseptor akan tertanam dalam membran dan bagian dalam membran dilapisi oleh proteinclathrin di area terjepit. Ketika ada banyak molekul dalam lubang berlapis, memperdalam lubang dan segel lepas dalam bentuk dilapisi vesikel. Vesikel ini dilakukan ke dalam sel bersama dengan molekul.

Perbandingan  yang jelas eksositosis dan Endositosis
Anda sekarang harus memahami perbedaan eksositosis dan endositosis. Tabel berikut akan membandingkan dan eksositosis dan endositosis secara jelas untuk membantu menjelaskan proses yang lebih baik.

Eksositosis
Endositosis
Hasil eksositosis adalah mengusir molekul di luar sel.
Endositosis membantu membawa molekul masuk sel.
Eksositosis menyebabkan kerusakan vesikel.
Endositosis menyebabkan penciptaan vesikel.
Ada pelepasan enzim, hormon, protein dan glukosa untuk digunakan di bagian tubuh lainnya.
Proses endositosis menerima nutrisi.
Mereka mungkin memiliki neurotransmitter dalam kasus sel-sel neuron.
Sel menelan patogen dalam tubuh dan menghancurkan mereka.
Sel-sel berkomunikasi dengan sistem kekebalan tubuh atau mekanisme pertahanan dari sel atau badan dalam kasus infeksi.
Endositosis digunakan untuk migrasi sel dan adhesi.
Eksositosis membantu dalam mengeluarkan sampah dari tubuh.
Proses ini berfungsi sebagai reseptor sinyal.
Ini adalah beberapa poin yang membantu untuk membandingkan dengan jelas eksositosis dan endositosis. Kedua mekanisme ini sangat penting bagi keberadaan sel.

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL