Senin, 20 September 2010

LKS POLUSI UDARA DAN AIR


Perhatikan Gambar Polusi Semburan Lumpur Lapindo Sidoarjo Jatim seksama!
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menggunakan literatur yang sesuai!
  1. Berdasarkan gambar tersebut ekosistem apa sajakah yang terdapat di sekitar lokasi semburan lumpur panas Lapindo?
  2. bagaimana pengaruh semburan lumpur tersebut bagi ekosistem yang terdapat di sekitar lokasi semburan lumpur tersebut?
  3. dampak apa sajakah yang dapat dirasakan masyarakat akibat semburan lumpur tersebut, adakah pengaruhnya terhadap kondisi perekonomian Indonesia?
  4. salah satu solusi yang diusulkan adalah dengan membuang lumpur tersebut ke dalam laut. Setujukah kalian dengan solusi tersebut? masalah apasajakah yang akan timbul jika lumpur tersebut dibuang ke laut?
  5. diskusikan dengan kelompok kalian untuk menjawab pertanyaan tersebut!
imajinasi
  • Ekosistem yang terganggu akibat bencana luapan Lumpur Sidoarjo adalah ekosistem darat yang meliputi lingkungan tempat tinggal penduduk yang terdapat disekitar lokasi luapan Lumpur, ekosistem sungai, serta ekosistem ladang/sawah yang terdapat di sekitar lokasi. Dala ekosistem tersebut terdapat berbgai jenis organisme mulai dari manusia, berbagai jenis hewan serta tumbuh-tumbuhan.
  • Kejadian bencana luapan Lumpur lapindo Brantas sangat mengganggu ekosistem yang terdapat di dalamya. Keseimbangan ekosistem hilang dengan hilangnya komponen-kompenen penyunsun ekosistem, selaian itu banyak organisme yang tinggal di dalamnya juga tidak bias mempertahankan diri akibatnya semua kehidupan ekosistem di sekitar lokasi hancur dan berubah.
  • Dampak yang dirasakan masyarakat sangat besar baik dampak di bidang ekonomi, pendidikan, social dan budaya masyarakat. Dampak dibidang ekonomi, semua perekonomian lumpuh total dan banyak kerugian yang disebabkan oleh peristiwa tersebut. rusaknya sarana infrastruktural seperti jalan, ladang dan berbagai industri yang terdapat di sekitar lokasi kejadian membuat perekonomian masyarakat lumpuh. Di bidang sosial rusaknya tempat tinggal membuat warga dari berbagai golongan harus mengungsi yang berakibat berubahnya kehidupan sosial mereka. Di bidang pendidikan, dengan rusaknya sarana prasarana pendidikan seperi gedung-gedung sekolah akibatnya segala kegiatan di bidang pendidikan tidak bisa dilaksanakan.
  • Dengan membuang lumpur ke laut akan mematikan organisme yang terdapat di laut, akibatnya keseimbangan lingkungan akan terganggu dan dampaknya ekosistem laut akan hancur.
 NOTE

 

Tidak ada komentar: