Thursday, December 16, 2010

TUGAS PR BIOLOGI KLAS X

LATIHAN SOAL BIOLOGI

Makhluk hidup berdasarkan sifat inti selnya dibedakan menjadi dua, yaitu prokariot yang artinya…………..(1)dan eukariot yang artinya……………….. (2). Salah satu struktur dari bakteri adalah memiliki dinding sel yang tersusun dari……………(3).Dapat dibedakan menjadi dua yaitu………………..(4) yang memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis dan ……………..(5) yang memiliki lapisan peptidoglikan yang tebal. Eubacteria memiliki bentuk sel beraneka ragam tetapi dilihat dari bentuk dasarnya dapat dibedakan menjadi bentuk …………….(6),………………(7),………………(8) .

Bentuk bakteri lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan secara bergerombol seperti buah anggur disebut……………..(9) sedangkan bentuk dari beberapa sel bakteri basil berdempetan membentuk rantai disebut…………(10). Bakteri berbentuk bakteri dan spiral umumnya memiliki alat gerak berupa…………..(11)dan berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi 5, yaitu yang berjumlah satu disebut……………(12), yang berjumlah satu atau banyak di kedua ujung disebut…………….(13), yang berjumlah banyak di satu sisi disebut…………….(14), yang tidak mempunyai alat gerak disebut……………(15), dan yang tersebar di seluruh permukaan sel disebut………………. (16).

Dilihat dari kebutuhan oksigennya, bakteri dibedakan menjadi 2 yaitu……………(17) dan………(18) .Sedangkan dilihat dari cara memperoleh makanan dibedakan menjadi……(19) yang dapat melakukan……… (20) dan……(21)serta………………..(22)yang dapat hidup secara…………..(23) dan……………..(24). Bakteri dapat bereproduksi secara aseksual dengan cara……………(25) dan secara seksual dengan cara……………………(26)yang dapat berlangsung dengan 3 cara, yaitu………………(27), ………………..(28), ………………(29) .

Archaeobacteria merupakan prokariot yang dapat hidup di lingkungan yang ekstrim, misalnya bakteri metanogen dapat menghasilkan……………..(30), bakteri halofil dapat hidup di……………… (31)dan bakteri termoasidofil dapat hidup di………………. (32). Bakteri dapat dijumpai hampir di semua tempat di permukaan bumi sehingga sangat berperan bagi manusia. Peran yang menguntungkan misalnya untuk………………………..(33)yang dihasilkan oleh bakteri………………….(34)dan peran yang merugikan misalnya ………………. (35)yang dihasilkan oleh bakteri………………(36).

Protista memiliki ciri antara lain : dilihat dari inti selnya bersifat………………(37), dilihat dari banyaknya sel bersifat………….(38)atau…………(39)dapat bergerak aktif seperti ………….(40)dapat melakukan fotosintesis dan mempunyai klorofil seperti…………(41)serta mempunyai siklus hidup dan reproduksi seperti……………….(42) .

Protista yang menyerupai jamur memiliki ciri…………………(43) dan terdiri dari dua filum yaitu………….(44)dan……..….(45) . Protista yang menyerupai hewan (Protozoa) memiliki ciri……………(46)dan dibedakan menjadi empat kelas berdasarkan alat gerak yang dimiliki yaitu, kelas………….(47)memiliki alat gerak…………..(48), contohnya……….(49), kelas……………(50)memiliki alat gerak………………..(51)contohnya…………………(52), kelas…………..(53)memiliki alat gerak………………(54)contohnya……………….(55), dan kelas………………(56)yang tidak mempunyai alat gerak, contohnya………………… (57).

Protozoa ada yang merugikan antara lain dapat menyebabkan penyakit tidur yang disebabkan oleh…………(58), penyakit disentri disebabkan oleh……………….(59) dan penyakit malaria disebabkan oleh……..……(60) Sedangkan protozoa menguntungkan antara lain kerangkanya digunakan sebagai petunjuk minyak bumi, gas alam yaitu………………(61). Dan kerangkanya digunakan sebagai bahan penggosok yaitu…………………….(62)

Protista yang menyerupai tumbuhan (ganggang/alga) memiliki ciri…………(63), yang dapat digolongkan menjadi 6 filum, yaitu filum………(64)yang dapat dikatakan mirip tumbuhan dan hewan, filum Chrysophyta yang memiliki pigmen dominan…………(65), filum…… …(66) yang salah satu spesiesnya dapat memancarkan cahaya (bioluminesensi), filum…………..(67) yang memiliki pigmen dominan klorofil, filum Phaeophyta yang memiliki pigmen dominan ..………. (68), dan filum……………(69)yang memiliki pigmen dominan fikoeritrin. Salah satu manfaat ganggang yang digunakan untuk pembuatan agar-agar yaitu……………. . (70)

Fungi (Jamur) adalah kingdom yang anggotanya memiliki ciri : inti selnya bersifat………….(71), memiliki dinding sel yang tersusun atas……………(72), belum dapat dibedakan antara akar, batang dan daun sejati sehingga disebut………….. (73). Jamur ada yang bersifat uniseluler dan multiseluler. Jamur multiseluler tubuhnya tersusun atas benang-benang halus yng disebut………….(74). Benang-benang ini membentuk anyaman dan berjalinan yang dinamakan………………(75). Untuk mendapat makanan, jamur dapat hidup dengan cara……………………(76), yaitu memperoleh makanan dengan cara……………….(77).

Jamur diklasifikasikan menjadi 4 divisi berdasarkan……….(78), yaitu divisi……..(79) yang bereproduksi seksual dengan…………(80), divisi………..(81) yang bereproduksi seksual dengan…………(82), divisi………….(83)yang bereproduksi seksual dengan………..(84) serta divisi ………..(85)yang belum diketahui cara reproduksi seksualnya sehingga disebut…….. (86).

Jamur dapat membentuk hubungan simbiosis dengan…………(87)membentuk /disebut………..(88)dan dengan……………..(89)membentuk/disebut……………….(90).

Jamur mempunyai peran menguntungkan maupun merugikan. Jamur yang menguntungkan antara lain digunakan untuk pembuatan tempe adalah………….. (91), jamur yang digunakan untuk menghasilkan kecap adalah……………..(92), Jamur yang dimanfaatkan orang dalam pembuatan tape,alkohol dan roti adalah……………….(93) Jamur yang digunakan sebagai penghasil antibiotik penisilin antara lain………………(94) dan…………….(95) . Jamur yang dapat/enak dimakan adalah…………….(96), …………….(97).

Sedangkan jamur yang merugikan antara lain menyebabkan penyakit panu yaitu……(98), parasit pada tanaman sayur-sayuran, kentang yaitu……………….(99).dan menyebabkan penyakit kulit kaki atlit adalah………………………(100).


1. Bakteri Escherichia coli hidup di dalam usus dan membahayakan kesehatan.

SEBAB

Bakteri E. coli yang mencemari perairan tidak diinginkan.

2. Untuk membuat biakan jamur perlu disiapkan ........

1. larutan unsur-unsur yang diperlukan

2. agar-agar guna menciptakan subtrat padat

3. sejumlah vitamin

4. udara sebagai sumber oksigen

3. Hospes perantara yang dapat menularkan penyakit elephantiasis adalah serangga marga ........

A. Aedes

B. Culex

C. Anopheles

D. Glossina

E. Cimex

4. Bakteri nitrit dapat hidup dan berkembang biak pada medium yang mengandung zat-zat anorganik saja.

SEBAB

Bakteri nitrit mengoksidasi senyawa amoniak dan menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk asimilasi karbon.

5. Virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup, sebab virus :

A. hanya dapat hidup dalam sel-sel hidup

B. dapat dikristalkan

C. dapat menduplikasikan diri

D. kulitnya terdiri atas protein

E. tubuhnya terdiri atas DNA dan RNA

6. Virus T adalah jenis virus yang merusak bakteri Escherichia coli.

SEBAB

Virus T kulitnya terdiri dari protein sedangkan isinya terdiri atas bahan inti.

7. Para penderita malaria tropika akan mengalami kenaikan suhu badan secara berkala

SEBAB

Plasmodium vivax mengadakan sporulasi tiap 2 (dua) hari.

8. Ciri-ciri alga biru adalah .......

1. mempunyai klorofil

2. mempunyai fikosianin

3. tidak mempunyai membran inti

4. mempunyai antisianin

9. Bersamaan dengan keluarnya cairan ludah nyamuk saat mengisap darah manusia maka ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh manusia, yaitu dalam bentuk ........

A. ookinet

B. tropozoit

C. merozoit

D. gametosit

E. sporozoit

10. Bakteri dapat hidup pada berbagai macam habitat. Jika keadaan lingkungan tidak sesuai, maka bakteri akan membentuk ........

1. selaput lendi

2. kapsid

3. endospora

4. flagela

11. Jagung dalam sistematik diberi nama ilmiah Zea mays. Nama depan dalam sistem tanaman ini menunjukkan takson :

A. ordo

B. kelas

C. famili

D. genus

E. spesies

12. Bagian-bagian sel tersebut berikut ini terdapat di luar nukleus, kecuali :

A. kloroplas

B. badan golgi

C. ribosom

D. kromosom

E. plastida

13. Suatu hewan berbentuk bilateral simetris, tidak mempu nyai rangka, bersegmen-segmen, dan hidupdi air tawar. Berasarkan sifat-sifat tersebut hewan itu dapat kita golongkan kedalam filum :

A. Coelenterata

B. Platyhelminthes

C. Annelida

D. Mollusca

E. Arthropoda

14. Organisme non-fotosintetik tidak mampu membentuk kabohidrat.

SEBAB

Fotosintesis merupakan satu-satunya proses yang menghasilkan kabohidrat

15. Pohon Agathis alba (damar) dewasa dapat menghasilkan :

1. nukrosporofil

2. makrosspolofil

3. strobilus jantan

4. strobilus betina

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL