Monday, January 24, 2011

FRESH LATIHAN SOAL 4 UN 2011


  • Mampu mendeskripsikan tata cara penulisan binomial nomenklatur yang benar dari Carolus Linnaeus 
1. Menurut Carolus Linnaeus dan penulisan binominal yang benar, nama ilmiah durian adalah…
A. DURIO ZIBETHINUS
B. Durio Zibethinus
C. durio zibethinus
D. Durio zibethinus
E. Durio zibethinus

  • Mampu menentukan kriteria penamaan tingkat takson 
2. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah…
A. aren, kelapa, pinang (=)
B. lengkuas, jahe, kunir
C. kacang tanah, kacang polong, kacang kedelai
D. jeruk bali, jeruk nipis, jeruk peras
E. bawang merah, bawang putih, bawang Bombay
  • pada keluarga palm-palman pada saat masih muda mempunyai bentuk fisik yang mirip,
  • tetapi pada fase tertentu perkembangan mulai menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan
  • sehingga fase dewasa sudah jelas perbedaan bentuknya.
  • Mampu mengidentifikasi jenis mahluk dengan menggunakan kunci sederhana
3. Bismo menemukan hewan dengan cirri-ciri sebagai berikut :
  • kepala dan dada menjadi satu
  • memiliki abdomen/perut
  • jumlah kaki empat pasang
Hewan itu termasuk dalam…
A. insekta
B. crustaceae
C. arachnoidea (=)
D. myriapoda
E. decapoda
  • insekta (tubuh menjadi tiga bagian, kepala, dada, perut; dada terdiri dari 3 ruas; kaki 3 pasang; umumnya memiliki 2 pasang sayap)
  • crustaceae (kepala bersatu dengan dada; kaki 1 pasang di setiap ruas tubuh; pada udang dan kepiting memiliki 5 pasang kaki jalan)
  • arachnoidea (kepala bersatu dengan dada; memiliki perut/abdomen; kaki 4 pasang)
  • myriapoda (tubuhnya terdiri dari kepala dan badan; tiap ruas mempunyai kaki, ada yang 1 pasang ada yang 2 pasang)
  • decapoda (deca (sepuluh) poda (kaki), hewan berkaki sepuluh)
  • Mampu mengidentifikasi daerah sebaran dengan jenis organisme yang ada
4. Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka dapat diperkirakan akan berakibat…
  1. populasi harimau naik, populasi rumput naik
  2. populasi harimau turun, populasi rumput turun
  3. populasi harimau naik, populasi rumput turun (=)
  4. populasi harimau turun, populasi rumput naik
  5. semua populasi di padang rumput lenyap
  • peristiwa ini adalah peristiwa rantai makanan yang dimulai dari produsen atau dalam hal ini rumput.
5. Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem
Di laut ada organisme sebagai berikut :
  1. ikan besar
  2. ikan kecil
  3. senyawa organic
  4. zooplankton
  5. pengurai
  6. pitoplankton
Rantai makanan di laut tersebut adalah…
  1. 2 > 1 > 6 > 5 > 3 > 4
  2. 3 > 6 > 4 > 2 > 1 > 5
  3. 3 > 4 > 6 > 2 > 1 > 5
  4. 4 > 3 > 6 > 2 > 1 > 5
  5. 6 > 4 > 5 > 3 > 2 > 1
  • ikan besar sebagai konsumen tingkat 3
  • ikan kecil sebagai konsumen tingkat 2
  • senyawa organic sebagai zat hara hasil penguraian
  • zooplankton sebagai konsumen tingkat 1,
  • bakteri pengurai mengurai bahan organik yang mati
  • phytoplankton sebagai Produsen.
  • Mampu mendeskripsikan ciri-ciri virus , 
6. Siklus hidup virus penyakit akibat virus bagi manusia, tumbuhan , hewan Oleh para ahli, virus dianggap berada diperbatasan benda hidup dan benda mati. Kalau virus dianggap benda hidup, hal ini disebabkan karena…
  1. virus dapat menyebabkan penyakit seperti influenza
  2. dapat diisolasi dan dijadikan kristal
  3. dapat memperbanyak diri dalam sel yang hidup (=)
  4. merupakan molekul asam nukleat yang dilapisi protein
  5. a dan b benar
  • Apabila dilihat dari cirri-cirinya, virus dapat dianggap peralihan antara benda mati dengan makhluk hidup.
  • Virus dipelajari khusus dalam cabang biologi yaitu virology.
  • Virus dapat dianggap benda hidup karena mempunyai cirri makhluk hidup, yaitu dapat memperbanyak diri dalam sel yang hidup.
  • Virus dapat dianggap benda mati karena mempunyai cirri makhluk hidup, yaitu dapat memperbanyak diri dalam sel yang hidup.
  • Mampu Mendeskripsikan Ciri bakteri, Penyakit bakteri , Peran positif bakteri
7. Dua contoh bakteri, yang mempunai peranan dalam bidang pertanian adalah…
  1. Clostridium dan Streptomyces
  2. Azotobacter dan Rhizobium 
  3. Rhizobium dan Streptomyces
  4. Azotobacter dan Pseudomonas
  5. Rhizobium dan Pseudomonas
  • Clostridium, azotobacter, dan rhizobium (menguntungkan, dapat mengikat N2 bebas dari udara sehingga dapat menyuburkan tumbuhan)
  • Mampu mendeskripsikan Kelompok protozoa berdasarkan ciri yang ada, Peran protozoa
8. Perhatikan data ini
  1. memiliki pseudopodia
  2. sel bersifat eukariotik
  3. memiliki makronukleus
  4. alat gerak berupa rambut halus
  5. uniseluler
Protozoa Cilliophora memiliki cirri-ciri nomor…
  1. 1,4,5
  2. 3,4,5
  3. 1,2,5
  4. 2,4,5
  5. 2,3,4
  • cilliophora termasuk sub phylum protozoa dan yang termasuk cilliophora salah satunya
  • kelas ciliate dengan cirri utama bersel satu dan memiliki alat gerak berupa rambut getar (silia)
  • Mampu mendeskripsikan kelompok fungi berdasarkan ciri yang ada . 
9. Peranan fungi bagi kehidupan. Jamur berikut ini yang termasuk Basidiomycotina adalah…
  1. Aspergillus wentii
  2. Volvariella volvaceae
  3. Rhyzopus stollonifer
  4. Saccharomyces cereviceae
  5. Penicillium notatum
  • sub divisi:Basidiomycotina, memiliki pembentukan sporanya di dalam basidium
  • Mampu mendeskripsikan kelompok Algae berdasarkan cirinya , Peran Alga bagi kehidupan
10. Jenis alga yang dapat mengikat N2 bebas dan mengubahnya menjadi nitrat sehingga dapat digunakan untuk sumber N bagi tanaman adalah…
  1. Nostoc dan Anabaena (=)
  2. Rivularia dan Oscillatoria
  3. Nostoc dan Oscillatoria
  4. Nostoc dan Rivularia
  5. Anabaena dan Rivularia
  • Nostoc commune dan Aabaena sp, termasuk ke dalam alga biru bentuk benang
  • Anabaena cycadae, bersimbiosis dengan akar Cycas rumphii (pakis haji)
  • Anabaena azolae, bersimbiosis dengan akar Azolla pinnata (paku air)
  • Mampu mendeskripsikan salah satu cara reproduksi dari Plasmodium
11. Daur hidup plasmodium sebagai berikut
fertilisasi ---- zigot ---- ookinet ---- oosista ---- sporozoid
Daur hidup plasmodium di atas merupakan daur hidup plasmodium…
  1. fase generatif (=)
  2. fase vegetatif dalam darah
  3. fase vegetatif dalam hati
  4. fase buatan
  5. bukan daur hidup plasmodium
  • Penemu daur hidup plasmodium Laveran dan Grassi
  • Vektornya nyamuk Anopheles betina
Mengalami 2 fase, yaitu:
  1. Fase Vegetatif : Schyzogoni
  2. Fase generatif : Sporogoni
  • Fase generatif, terjadi dalam tubuh nyamuk malaria
Skema : fertilisasi ---- zigot ---- ookinet ---- oosista ---- sporozoid
  • Fase vegetatif, terjadi dalam rubuh manusia ada dua tempat yaitu:
  1. Dalam hati (disebut eksoeritrositik) Skema : sporozoid ---- skizon erytozoik ---- merozoit eryptozoik
  2. Dalam darah (eritrositik) Skema : tropozoit ---- skizon muda ---- skizon matang ---- merozoit ---- makrogamet/mikrogamet
  • Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji ,  
12. Alat perkembangbiakkan tumbuhan dengan batang di atas tanah dan merambat ke segala arah adalah…
  1. rizoma
  2. stolon
  3. umbi
  4. tunas adventif
  5. setek
  • rizoma, batang yang menjalar di bawah tanah
  • Mampu mendeskripsi . Daur hidup(metagenesis) Lumut , Deskripsi Ciri Lumut
13. Berikut pergiliran keturunan lumut
  1. lumut
  2. spora
  3. protonema
  4. sporangium
Urutan daur hidup yang benar dari lumut adalah…
  1. 2 > 3 > 1 > 4 (=)
  2. 2 > 1 > 4 > 3
  3. 4 > 2 > 1 > 3
  4. 3 > 4 > 2 > 1
  5. 2 > 4 > 3 > 1
  • spora > protonema > tumbuhan lumut > sporangium > spora lagi
  • Mampu mendeskripsi . Daur hidup(metagenesis) Paku Deskripsi Ciri Paku
  • Mampu mendeskripsi . Daur hidup(metagenesis) Tumbuhan Spermatophyta
  • Gymnospermae , Angiospermae , Deskripsi Ciri Spermatophyta
  • Mampu mendeskripsikan daur hidup Ubur ubur , daur hidup Cacing hati, daur hidup Cacing pita, daur hidup daur hidup cacing tambang, cacing kremi , Cacing filaria , Serangga
14. Daur hidup yang benar dari Coelenterata (Obelia sp.) adalah…
  1. blastula, larva planula, koloni baru, zigot
  2. larva planula, blastula, koloni baru, zigot
  3. koloni baru, zigot, blastula, larva planula
  4. zigot, larva planula, koloni baru, blastula
  5. zigot, morula, larva planula, koloni baru (=)
  • sudah jelas
  • Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata Ciri dari PARAM
  • Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
15. Yang termasuk proses pelestarian sumber daya alam hayati, kecuali…
  1. memelihara kebun botani
  2. mencegah populasi
  3. melakukan reboisasi hutan
  4. mendaur ulang penggunaan nikel (=)
  5. menjaga plasma nutfah
  • SDA dibedakan menjadi 2 sumber :
  1. SDA hayati, semua SDA yang berasal dari makhluk hidup
  2. SDA nonhayati, semua SDA yang berasal dari benda tak hidup
  • Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
  • Mendeskripsikan aliran energi Daur Nitrogen, Daur carbon/oksigen, Rantai dan jaring makanan , Komponen Ekosistem
16, Proses yang terjadi dalam hubungan pengurai dengan senyawa karbon di bumi adalah...
  1. pengendapan
  2. mati
  3. fotosintesis
  4. respirasi
  5. pembakaran
  • Dalam ekosistem terjadi proses makan dan dimakan dan berakhir pada proses penguraian bahan-bahan siswa yang akan mengendap di dalam tanah
  • Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya , Efek polusi dari -CO2, -NOx,SO2 , -CFC . Eutrofikasi , Suksesi alam
  • Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
  • Mampu membandingkan sel tumbuhan dan hewan
17. Berikut ini bagian dari sel
  1. mitokondria
  2. sentriol
  3. lisosom
  4. kloroplas
  5. dinding sel
  6. membran sel
Bagian-bagian sel hewan adalah...
  1. 1,2,5
  2. 1,3,4
  3. 2,3,4
  4. 2,3,6
  5. 3,5,6
  • Organel yang hanya pada sel hewan sentriol dan lisosom
  • Organel hanya di tumbuhan, kloroplas , dinding sel dan Vacuola besar
  • Peran organela dgn diberikan gambar
18. Organel sel yang bertanggung jawab atas penetralisasi racun yang dihasilkan dari peristiwa katabolisme asam lemak adalah...
  1. lisosom
  2. badan golgi
  3. perokisom
  4. katalase
  5. nukleus
  • lisosom, organel untuk pencernaan intrasel / antibody sel
  • badan golgi, mentranspor dan mengubah secara kimiawi materi yang terdapat di dalamnya
  • perokisom, mengandung enzim katalase yang berfungsi menguraikan H2O2 menjadi H2O dan O2.
  • Nucleus, membawa informasi genetic, pembelahan sel, pengendali sel
  • Mampu membedakan Osmose dan difusi dalam kasus/gambar pada sistem tubuh
  • Perbedaan Endositosis dan eksositosi
  •  Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya
19. Pada organ tubuh manusia berlangsung proses pencernaan protein pada bagian organ pencernaan yaitu…
  1. lambung
  2. hati
  3. usus
  4. tenggorokan, lambung
  5. lambung, usus
  • di lambung ada rennin, tripsin, pepsin, HCl
  • pepsin memecah protein menjadi peptone
  • di usus halus tripsinogen akan diaktofkan oleh enterokinase menjadi tripsin yang menghidrolisis peptone menjadi asam amino
  • Mampu menentukan Jaringan penyusun Organ Daun Organ Akar Organ Batang berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan
  • Mampu menentukan jaringan pada organ lambung ,usus, Jantung , pembuluh darah dengan ditujukkan oleh gambar
20. Lambung sendiri terdiri dari beberapa lapisan dan bagian yang memberikan fungsi masing-masing. Bagia atas lambung berikut peranannya adalah...
  1. kardiak, penghasil HCl (=)
  2. kardiak, penghasil musin
  3. pylorus, menghasilkan cairan alkali
  4. fundus, penghasil HCl dan musin
  5. fundus, menghasilkan cairan alkali
  • sudah jelas
  • Menentukan cirri , Jaringan Epithel , Jaringan Otot , Jaringan Syaraf , Jaringan Tulang
  • Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  • Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada manusia , Tulang-otot
  • Otot berkontraksi karena adanya mekanisme kerja yang terjadi di dalamnya.
21. Di bawah ini mekanisme yang terjadi dalam kontraksi otot adalah...
  1. memendeknya ukuran otot akibat zona Z menjadi lebih panjang dan zona H menjadi lebih pendek yang prosesnya memerlukan energi dari pemecahan ATP (=)
  2. adanya refleks pada otot
  3. adanya kontraksi otot yang mengakibatkan perenggangan
  4. otak memerintahkan otot untuk berkontraksi
  5. semua salah
  • Bila terjadi kontraksi otot maka akan terjadi pergeseran zone H dan Z. Zona Z menjadi lebih panjang sedangkan zone H menjadi lebih pendek.
  • Mampu mendeskripsikan Jenis sendi
22. Jika kita menunjuk awan yang ada di langit, pasti kita menunjuk ke semua arah dan bahu kita berputar kea rah yang kita inginkan. Sendi yang ada di bahu itu adalah…
  1. pelana
  2. engsel
  3. peluru
  4. luncur
  5. putar
  • Sendi peluru: persendian yang memungkinkan pergerakan ke segala arah. Contoh: hubungan tulang lengan atas dengan tulang belikat.
  • Sendi pelana: persendian yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi, namun tidak ke segala arah. Contoh: hubungan tulang telapak tangan dan jari tangan.
  • Sendi putar: persendian yang memungkinkan gerakan berputar (rotasi). Contoh: hubungan tulang tengkorak dengan tulang belakang I (atlas).
  • Sendi luncur: persendian yang memungkinkan gerak rotasi pada satu bidang datar. Contoh: hubungan tulang pergerlangan kaki.
  • Sendi engsel: persendian yang memungkinkan gerakan satu arah. Contoh: sendi siku antara tulang lengan atas dan tulang hasta.
  • Mekanisme gerak otot bisep dan trisep , otot antagonis (flexor ,ekstensor dll) dalam gambar
23. Pada saat gerak flekter, keadaan otot lengan atas adalah...
  1. bisep dan trisep berkontraksi
  2. bisep berkontraksi dan trisep relaksasi
  3. trisep berkontraksi dan bisep relaksasi
  4. bisep memanjang dan trisep relaksasi
  5. trisep memendek dan bisep kontraksi
  • fleksi, gerak menekuk atau bengkok
  • ekstensi, gerak meluruskan
  • fleksi dan ekstensi cara kerja antagonis
  • jika otot bisep kontraksi maka otot trisep relaksasi, dan sebaliknya
  • Penyakit pada sistem gerak
  • Mampu mendeskripsikan jenis /komponen darah , Pembuluh darah vena /arteri Sistem peredaran darah ganda , Pembekuan darah
24. Trombosit pecah mengeluarkan (1),lalu menjadi (2), dengan vitamin K dan (3), menjadi (4), menghasilkan fibrinogen yang akan berubah menjadi fibrin. Fibrin inilah yang membekukan darah. Komponen 1 , 2 dan 3 adalah...
  1. trombin, protombin, ion kalsium
  2. trombokinase, trombin, ion kalsium
  3. trombokinase, protrombin, ion kalsium (=)
  4. protrombin, trombin, ion kalsium
  5. trombin, ion kalsium, asam sitrat
  • sudah jelas
  • Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia
25. Seseorang dapat menderita penyakit kuning apabila salah satu organ pengeluaran tidak berfungsi dengan normal sebab...
  1. endapan batu pada ginjal
  2. kelebihan pigmen kulit
  3. penyumbatan saluran empedu (=)
  4. infeksi paru-paru
  5. kepala pusing
  • orang yang menderita penyakit kuning, kulitnya tampak pucat kekuningan, bagian putih mata dan kuku-kuku jari tangannya berwarna kuning.
  • Hal ini disebabkan salah satu organ pengeluarannya tidak berfungsi dengan normal yaitu saluran empedunya tersumbat,
  • sehingga cairan empedu tidak masuk ke adalam usus 12 jari, tetapi ke system peredaran darah
  • Mampu menganalisa makanan dalam uji makanana
26. Berikut hasil uji makanan
Bahan makanan  
REAGEN Lugol benedict biuret
  1. biru tua biru biru
  2. kuning merah bata ungu
  3. kuning merah bata biru
  4. biru tua merah bata ungu
Dari hasil uji makanan tersebut dapat disimpulkan bahwa yang mengandung glukosa dan protein adalah...
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 2,3
  5. 2,4 (=)
  • makanan + benedict > endapan merah bata > glukosa
  • makanan + lugol > biru tua > karbohidrat
  • makanan + biuret > ungu > protein
  • makanan > oleskan di kertas > transparan > lemak
  • Organ pencernaan dan Peran enzim pencernaan dengan kelenjar penghasil dalam gambar
27. Kesimpulan yang dapat diambil jika banyak gelembung dan api yang besar pada hati, namun pada jantung, tidak ada gelembung dan tidak ada api, adalah...
  1. enzim katalase tidak terkandung dalam hati
  2. enzim katalase tidak ada dalam jantung dan hati
  3. enzim katalase banyak ditemukan dalam hati (=)
  4. tidak ada enzim apapun dalam organ pencernaan
  5. semua salah
  • enzim katalase lebih banyak di hati daripada di jantung, sehingga salah satu fungsi hati adalah menetralkan racun.
  • Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia
  • Mampu menjelaskan pernafasan dada dan perut
  • Mampu menunjukkan bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya
  • Difusi oksigen terjadi di alveolus dalam gambar
  • Mampu mendeskripsikan proses pembentukan urine di nefron (dalam gambar) mengidentifikasi jenis gangguan yang mungkin terjadi
  • gambar struktur ginjal dengan bagiannya
  • gambar sistem ekskresi kulit
  •  Mendeskripsikan sistem regulasi manusia dan identifikasi gangguannya
  •  Mampu menentukan arah gerak sadar / refleks dengan gambar
28. Bila terjadi gerak refleks, jalan yan dilalui impuls saraf adalah...
  1. Sensorik > konektor > motorik > efektor (=)
  2. konektor > sensorik > motorik
  3. motorik > efektor
  4. motorik > konektor > efektor
  5. semua salah
  • sudah jelas
  • Gambar tubuh kelenjar/ penghasil hormon dengan perannya
  • Gambar sistem syaraf pusat dengan bagian dan perannya
  • Struktur dari neuron dengan perannya
29. Berikut ini bagian neuron dan kegunaannya yang benar adalah…
  1. dendrite, memberikan rangsangan
  2. dendrite, memberi respon
  3. inti, mengatur kegiatan neuron (=)
  4. akson, menghubungkan dendrit
  5. sel scwhan, memberi perlindungan
  • sudah jelas
  • Efek zat aditif pada syaraf
30. Pengaruh narkoba pada syaraf yang benar adalah…
  1. memperlambat kerja syaraf (=)
  2. memberi perlindungan
  3. memberi makanan
  4. menumbuhkan kembali syaraf rusak
  5. semua salah
  • sudah jelas
  • Mampu menentukan bagian dari gambar organ dengan peranan & kelainan pada Mata Telinga, Kulit, Lidah
  • Mampu menentukan bagian dan perannya dari organ kelamin Perempuan Laki laki
  • Mampu menjelaskan Proses Menstruasi pada Wanita
  • Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  • Mampu menjelaskan pengaruh fitohormon terhadap pertumbuan/perkembangan tanaman berdasarkan kasus yang terjadi Pengaruh Faktor luar
  • Urutan Perkemb Hewan
  • Mampu menyimpulkan hasil percobaan pertumbuhan tanaman ( Disajikan Tabel )
  • Mengidentifikasi jenis variable percobaan peneitian Variable control , bebas , terikat
31. Dalam suatu percobaan yang menggunakan 4 jenis tanah yang berbeda pada tanaman yang sama, diberikan dengan jumlah air, suhu, cahaya yang sama. Maka variabel kontrolnya adalah...
  1. cahaya
  2. suhu
  3. orang
  4. tanah (=)
  5. lingkungan
  • variable control, factor yang dikontrol atau diawasi
  • variable bebas, factor yang tidak dihiraukan
  • variable terikat, factor yang mempengaruhi variable bebas maupun kontrol
  • Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein
  • Mampu menganalisis dan/atau menyimpulkan hasil percobaan reaksi enzim katalase pada substrat H2O2
32. Berikut percobaan hati dengan H2O2
Percobaan Perlakuan Gelembung Keterangan
  1. suhu 30 C + ++ banyak sekali
  2. suhu 35 C ++ + banyak
  3. suhu 75 C - - tidak sama sekali
  4. pH 4 -
  5. pH 7 ++
  6. pH 13 -
Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa yang mempengaruhi kerja enzim antara lain…
  1. suhu dan pH (=)
  2. potongan hati
  3. jumlah H2O2
  4. banyak gelembung
  5. macam substrat
  • sudah jelas
33. Prinsip kerja dari enzim dalam gambar maupun pernyataan
Untuk menetralisir zat racun seperti peroksida air (H2O2) maka diperlukan enzim...
  1. prolease
  2. hidrasi
  3. lipase
  4. amilase
  5. katalase (=)
  • Enzim katalase untuk menetralisir racun dapat ditemukan di sel hati, berfungsi menguraikan peroksida air menjadi air dan oksigen.
  • Mampu mendeskripsikan tahap , tempat dan hasil dari Glikolisis, DO , Siklus Krebs dan Transport elektron dalam sel
34. Dua tahapan respirasi berdasarkan tempat terjadi dan hasilnya yang benar adalah...
Tahapan Tempat Hasil
  1. Glikolisis sitoplasma asam piruvat + ATP
daur krebs sitoplasma H2O + ATP
  1. Glikolisis sitoplasma asam piruvat + ATP (=)
daur krebs mitokondria CO2 + ATP
  1. Glikolisis mitokondria asam piruvat + ATP
daur krebs mitokondria H2O+ ATP
  1. Glikolisis sitoplasma asam piruvat + ATP
daur krebs mitokondria H2O + ATP
  1. Glikolisis mitokondria asm piruvat + ATP
daur krebs sitoplasma H2O + ATP
  • glikolisis sitoplasma as piruvat + ATP
  • reaksi DO membran luar mitokondria 2 asetil KoA + CO2 + ATP
  • daur krebs matriks mitokondria CO2 + ATP
  • Tranfer elektron membran dalam mitokondria H2O + ATP
  • Mampu mendeskripsikan perbedaan reaksi anaerob dan aerob ( dari hasil)
  • Menenetukan tahap dari fermentasi alkohol , cuka , asam laktat
  • Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya
  • Mampu mendeskripsikan , Struktur kloroplas dengan peran
  • Tahapan Fotosintesa Reaksi terang dan Reaksi gelap dari produk , tempat pada kloroplas
  • Mampu menganalisa /mengambil kesimpulan berdasarkan data dari percobaan adanya reaksi fotosintesis Ingenhose , Engelmann , Sachs
35. Percobaan yang menggunakan alat seperti gelas kaca, tanaman air, dan corong kaca, dan disusun sedemikian rupa, sehingga bisa dilihat bahwa tanaman air mengeluarkan gelembung-gelembung di dalam air yaitu oksigen. Ini adalah percobaan dari...
  1. Engelman (=)
  2. Ingenhouse
  3. Sachs
  4. rumah kaca
  5. De Broglie
  • sudah jelas
  • Mampu mendeskripsikan susunan struktur DNA atau RNA
  • Mampu mendeskripsikan tahap-tahap sintesis protein Trankripsi kode genetik Translasi kode genetik . Sintesa protein ( tempat )
36. Perhatikan data berikut
KODON > ASAM AMINO
  • CAU > serin
  • CCA > prolin
  • GGA > glutamin
  • GUC > valin
  • GCC > alanin
Apabila basa nitrogen DNA yang melakukan transkripsi CAC – CCT – CGG – GGT – GTA, maka urutan asam amino yang dibentuk…
  1. Valin – glutamine – alanin – prolin – serin (=)
  2. glutamine – valin – alanin – serin – prolin
  3. alanin – protein – serin – prolin – valin
  4. alanin – valin – prolin – serin – glutamine
  5. semua salah
  • Transkripsi, proses DNA membentuk dRNA atau mRNA, setelah transkripsi selseai selanjutnya proses translasi (penerjemahan kode genetic yang dibawa dRNA oleh tRNA)
  • Disajikan gambar proses transkripsi dengan kode genetik DNA untuk dirubah ke RNA m – ke RNA t dll
  • Mampu menafsirkan perilaku kromosom pada setiap fase pembelahan sel berdasarkan sajian gambar atau skema yang terjadi Siklus Sel
  • Membedakan pembelahan Mitosis dan miosis
37. Pembelahan mitosis ada beberapa tahap seperti profase, anafase, telofase dan metafase. Urutan yang benar untuk proses mitosis adalah...
  1. profase > metafase > anafase > telofase (=)
  2. anafase > profase > metafase > telofase
  3. telofase > anafase > metafase > profase
  4. profase > anafase > metafase > telofase
  5. semua salah
  • sudah jelas
  • Mampu mengidentifikasi peristiwa gametogenesis berdasarkan gambar yang disajikan Oogenesis . Spermatogenesis , Mega/mikrosporogenesis
38. Berikut skema spermatogenesis
O ……………………….1
/ \
O O
/ / \ \
O O O O……………………….2
/
O ………………………..3
/ \
_____ O O _____ ………………….4
/ / \ \
O O O O ………………...5
O O O O
Spermatosit primer ditunjukkan oleh nomor…
  1. 1
  2. 2
  3. 3 (=)
  4. 4
  5. 5
  • spermatogenesis, proses pembentukan spermatozoa.
  • Tingkat nomor 1, sel nutfah primordium berupa sel somatik( 2n)
  • Nomor 2, spermatogonia
  • Nomor 3, spermatosit primer
  • Nomor 4, spermatosit sekunder
  • Nomor 5, spermatid
  • Pembuahan ganda pada angiospermae dalam gambar
  • Mampu mendeskripsikan kasus persilangan hukum Mendel (Segregasi , assortasi)
  • Menentukan gamet
39. Pada tanaman jagung dengan gen AABbCCDd, bisa menghasilkan berapa banyak gamet...
  1. 2
  2. 3
  3. 4 (=)
  4. 5
  5. 6
  • gamet = 2n
  • dengan n = jumlah gen yang hetero,
  • dalam soal Bb dan Dd jadi ada 2 gen hetero
  • maka 22 = 4 gamet
  • · Ratio fenotif dan Genotif F2
40. Gandum berkulit biji hitam (HHkk) disilangkan dengan gandum berbiji kulit kunging (hhKK). Turunan pertama 100% berkulit hitam. Turunan kedua (F2)terdiri atas hitam, kuning, dan putih. Frekuensi turunan berkulit kuning adalah…
  1. 6,25%
  2. 12,5%
  3. 18,75% (=)
  4. 25%
  5. 93%
  • P : HHkk ><>
  • G : Hk ><>
  • F1 : HhKk
  • F2 : HhKk ><>
  • Ratio Perbandingan fenotif 12 : 3 : 1 > hitam : kuning : putih
  • Frekuensi kulit kuning : 3/16 x 100% = 18,75%
  • Penyimpangan semu Mendel : Atavisme (interaksi gen) , Kriptomeri Epistasis –hipostasis , Gen letal , Alel Ganda , Pindah Silang
41. Pada persilangan bunga Linaria marocana bunga merah (Aabb) dengan bunga putih (aaBB) menghasilkan bunga ungu (AaBb). Apabila F1 disilangkan dengan bunga merah (Aabb), berapa ratio fenotip F2-nya antara ungu : putih : merah...
  1. 3:2:3 (=)
  2. 6:2:8
  3. 9:3:4
  4. 9:4:3
  5. 12:3:1
  • P : AaBb ><>
  • Gamet jantan AB , Ab , aB , ab
  • Gamet betina Ab , ab

Ratiio F3 = ungu:putih:merah = 3 : 2 : 3
  • Mampu mendeskripsikan hukum hereditas berdasarkan kasus adanya cacat/sakit menurun pada keluarga Albino , Butawarna , Pedigree Butawarna , Hemophily Golngan darah , Thalesemia , Siklemia
42; Dari 10.000 pendudukdi desa Amburadul, 91% diantaranya bisa merasakan pahit. Banyak penduduk yang bisa merasakan pahit namun carrier, adalah...
  1. 42% (=)
  2. 35%
  3. 20%
  4. 68%
  5. 95%
  • q2 = 9%
  • q = 0,3
  • p+q = 1
  • p = 0,7
  • Normal Carrirer = 2pq = 2 (0,3) (0,7) = 0,42x100% = 42%
  • Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya
  • Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan kasus atau skema yang disajikan
43. Kanker dapat disebabkan oleh mutagen-mutagen yang berasal dari luar tubuh, apakah yang terjadi secara alami atau secara buatan yang dilakukan oleh manusia sendiri. Berikut contoh dari mutasi akibat tindakan manusia yaitu...
  1. terjadinya mekanisme evolusi
  2. pengembangan bibit lokal
  3. penggunaan bahan kimia dalam ilmu pengetahuan
  4. penentuan varietas baru sebagai bibit unggul
  5. kanker kulit akibat dari sinar ultra violet (=)
  • Mutasi gen : Delesi, insersi,substitusi
44. Mutasi kromosom yang jumlahnya berubah adalah…
  1. insersi, delesi (=)
  2. inverse, delesi
  3. inverse insersi
  4. nulisomik, inverse
  5. semua benar
  • insersi, penambahan satu atau lebih pasangan nukleotida pada suatu gen
  • delesi, hilangnya salah satu segmen kromosom
  • inverse, perubahan urutan letak gen dalam kromosom
  • nulisomik, monosomi, trisomik termasuk dalam aneusomi
  • Mutasi kromosom
  • Abrasi :Delesi, duplikasi dll
  • Aneuploid/Aneusomi
  • Mutagen dengan efeknya
  • Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannnya
45. Teori asal-usul kehidupan yang menjelaskan tentang makhluk hidup yang pertama menghuni bumi ini adalah berasal dari benda mati, adalah…
a. biogenesis
b. abiogenesis (=)
c. salah semua
  • Abiogenesis, Pemuka paham ini adalah seorang bangsa Yunani, yaitu Aristoteles (394-322 sebelum masehi). Teorinya mengatakan kalau makhluk hidup yang pertama menghuni bumi ini adalah berasal dari benda mati.
  • Pada pertengahan abad ke 17 paham ini seolah-olah diperkuat oleh antonie van Leeuweunhoek, seorang bangsa Belanda. Dia menemukan mikroskop sederhana yang dapat digunakan untuk melihat jentik-jentik (makhluk hidup) amat kecil pada setetes rendaman air jerami. Hal inilah yang seolah-olah memperkuat paham abiogenesis.
  • Biogenesis, makhluk hidup brasal dari makhluk hidup juga. Para ahli yang menguatkan teori ini adalah Francesco Redi (Italia, 1626-1697)Lazzaro Spallanzani (Italia, 1729-1799)Louis Pasteur (Perancis, 1822-1895).
  • Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan sajian/gambar/skema/kasus Abiogenesis , Biogenesis : Louis Pasteur , Redy
46. Omne vivum ex Ovo, omne ovum ex vivo adalah suatu pernyataan yang menjelaskan bahwa...
  1. kehidupan berasal dari benda mati
  2. kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya (=)
  3. tidak ada kehidupan tanpa adanya telur
  4. kehidupan berasal dari telur
  5. sebelum ada kehidupan harus ada telur terlebih dahulu
  • omne vivum ex ovo dan omne ovum ex vivo menjelaskan bahwa semua kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya.
  • Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan Percobaaan Millar
47. Stanley miller menyusun teori asal-usul kehidupan berdasarkan informasi tentang berbagai kondisi pada awal kejadian, kecuali...
  1. fosil-fosil purba yang terkumpul (=)
  2. keadaan bumi saat itu
  3. keadaan suhu
  4. gas-gas di atmosfer
  5. energi alam yang tersedia saat itu
  • Miller berhasil membuktikan kebenaran dengan membuat alat yang dapat membentuk campuran gas CH4, NH3, H2, dan H2O dialiri listrik bertegangan tinggi sehingga terjadi endapan asam amino.
  • Evolusi kimia ( Urey , Oparin)Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi.
  • Mampu menjelaskan fakta-fakta yang mendukung dan/atau mekanisme evolusi yang berlangsung , Fosil Kuda , Homologi , Organ Rudimender , Embryologi perbandingan Analogi
48. Berikut anggota tubuh dari beberapa makhluk hidup
  1. sayap kelelawar
  2. sayap serangga
  3. kaki belakang kuda
  4. tangan manusia
Yang merupakan homologi alat-alat tubuh sebagai salah satu bukti adanya evolusi adalah...
  1. 1,2
  2. 1,3
  3. 2,3
  4. 2,4
  5. 1,4 (=)
  • homologi, bentuk awal sama kemudian berubah struktur sehingga fungsi menjadi berbeda.
  • Analogi, mengabaikan bentuk asal tapi fungsinya sama
  • Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannnya dengan kesetimbangan populasi
  • Mampu menjelaskan keseimbangan populasi (hukum Hardy-Weinberg)- (P+Q)2
  • Ketentuan penerapan hukum hardy Weinberg
  • Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contohnya
  • Mampu menjelaskan hubungan antara organisme, proses, produk dalam Bioteknologi konvensional Pengolahan makanan- Pertanian- Obat- Pemurnian logam- Insektisida biologi-
  • Mampu menjelaskan Kultur jaringan . Bioteknologi modern- Teknik Plasmid- Teknik hibridoma-antibodi monoklonal- Cloning
50. Pemanfaatan bakteri untuk mendapatkan insulin secara bioteknologi untuk kehidupan manusia dapat dilakukan dengan cara…
  1. kultur jaringan
  2. rekayasa genetic (=)
  3. prmbuatan vaksin
  4. mutasi dan hibridasi
  5. fermentasi
  • Rekayasa genetic menggunakan 2 teknologi :
  1. teknologi plasmid, menggunakan vector berupa plasmid bakteri
  2. teknologi fusi, menggabungkan (fusi 2 tipe) sel somatic hasil isolasi dari jaringan yang berbeda menjadi 1 sel tunggal (sel hibridoma)
  • Mampu menjelsakan implikasi dan/atau dampak bioteknologi dalam kehidupan manusia
  • Dampak negatif : tanaman transgenik,Cloning, Dampak Positif : kedokteran, pangan, pertanian , peternaan dan pertambangan

1 comment:

DCAja said...

salam sehat selalu buat pak is.
best teacher in gonz pejaten oyee...
caja

Support web ini

BEST ARTIKEL