Friday, May 27, 2011

INDUNG TELUR

Indung telur (ovarium ) adalah satu pasang dari kelenjar-kelenjar reproduksi pada wanita-wanita yang berlokasi dalam pelvis, satu pada setiap sisi dari kandungan atau rahim (uterus). Indung telur menghasilkan telur-telur (ova) dan hormon-hormon wanita. Indung telur adalah penghasil hormon-hormon wanita, yang mengontrol perkembangan dari sel –sel dalam tubuh wanita, seperti payudara, bentuk tubuh, dan rambut .Indung telur juga mengatur siklus menstruasi dan kehamilan.

Kista indung telur (kista ovarium ) adalah struktur seperti kantong yang tertutup yang mengandung senyawa cairan, berupa didalam indung telur (ovarium) gas, atau setengah padat.

Penyebab-Penyebab Kista-Kista Indung Telur
Penyebab kista ovarium (kista indung telur) terbentuk dari banyak sebab. Yang paling umum pertumbuhan suatu follicle. Follicle adalah kantong yang normal berisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur. Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.

Tipe yang lain dari kista ovarian yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle. Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang. Ia mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.

Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovarium berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Kista dengan jaringan-jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang secara normal tumbuh didalam kandungan (womb), malahan tumbuh diluar kandungan (uterus). Ketika endometriosis melibatkan ovary, area dari jaringan endometrial mungkin tumbuh dan berdarah melaui waktu, membentuk suatu area kista yang berwarna coklat adakalanya dirujuk sebagai suatu chocolate cyst atau endometrioma.

Keduanya tumor-tumor yang jinak dan ganas dari ovarium mungkin juga mengandung kista . Lebih jauh, kondisi yang dikenal sebagai polycystic ovarian syndrome kehadiran dari banyaknya kista-kista didalam kedua indung telur .

Gejala-Gejala Yang disebabkan Oleh Kista Indung Telur
Kebanyakan kista ovarium tidak pernah dirasakan wanita dan tanpa disadari bahwa mereka ada disana. Kadang kala ada gejala kista nyeri pada perut atau pelvis adalah gejala yang umum. Nyeri dapat disebabkan dari:
- pecahnya kista,
- pertumbuhan yang cepat dan peregangan,
- perdarahan kedalam kista, atau
- pelintiran dari kista sekitar suplai darahnya (dikenal sebagai torsion).

Mendiagnosa Kista-Kista Indung Telur
Adakalanya kista indung telur akan ditemuka ketika pemeriksaan bimanual dari pelvis. Jika suatu kista dicurigai yang berdasarkan pada gejala-gejala dari pemeriksaan fisik, teknik-teknik penggambaran (imaging) digunakan. Kebanyakan kista-kista didiagnosa dengan ultrasound, yang adalah teknik yang paling baik untuk mendeteksi kista indung telur ini.

Ultrasound adalah suatu metode yang menggunakan gelombang-gelombang suara untuk menghasilkan suatu gambar dari struktur-struktur didalam tubuh
Kista ini dapat juga dideteksi dengan metode lain, seperti CT scan atau MRI scan
Bagaimana Kista Indung Telur itu Berbahaya atau tidak
Seorang wanita jika telah mencapai umur empatpuluhan, atau lebih muda, dan mempunyai periode-periode menstruasi yang teratur, adalah kista yang normal. Contoh-contoh termasuk kista follicular dan kista corpus luteum . Kista Ini berhubungan dengan proses dari ovulasi yang terjadi pada siklus menstruasi. Kista ini biasanya menghilang dengan sendirinya sewaktu siklus menstruasi ke depan.

Obat-obat pencegah kehamilan oral sebagian mencegah ovulasi juga salah satu faktor penentuan bahaya tidaknya kista.
Jika kista terlihat tampak kantong yang berisi cairan pada ultrasound kemungkinan jinak yang berbeda dari yang tampak padat didalamnya.

Merawat Kista-Kista Indung Telur
Kebanyakan kista-kista indung telur pada wanita usia subur mengandung kista follicular yang menghilang secara alamiah dalam satu sampai tiga bulan. Meskipun mereka dapat pecah , jarang menyebabkan gejala-gejala, karena memang jinak yang tidak membahayakan.
Suatu kista follicular pada seorang wanita yang usia subur dilihat dari siklus-siklus menstruasinya, karena kista ini normal, dan kanker indung telur jarang ditemukan pada kelompok umur ini walaupun kadakalanya kista ovarium pada wanita-wanita yang bermenstruasi mengandung beberapa darah, tetapi akan menghilang secara cepat.
Ultrasound digunakan untuk menentukan strategi perawatan untuk kista karena ia dapat membantu untuk menentukan apakah kista adalah kista sederhana atau yang berbahaya.
Pengobatan alami silakan klik solusi,pencegahan dan pengobatan.

Support web ini

BEST ARTIKEL