Tuesday, November 8, 2011

MAU SEHAT JANTUNG - NGOPI AJA

* Harum seperti kopi *
Agar kopi dapat nikmat untuk disajikan,
kita harus membuat kopi dengan menuangkan air yang benar-benar mendidih. Air mendidih dapat membuat aroma kopi keluar secara maksimal.
Untuk membuat kita maksimal, terkadang Tuhan sengaja menuangkan panasnya persoalan dan masalah dalam hidup kita. Bukan untuk menyakiti kita tapi agar kita dapat keluar sebagai manusia yang memiliki aroma harum di mataNya.

Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan

“Ngopi” adalah sebutan yang akrab didengar untuk orang yang meminum kopi , terutama bagi kalangan copyer - Kopier pokoknya bukan pengkopi paste hehehe

  • Di Jakarta tidak sulit kita menemui manusia lagi ngopi, mulai dari cafĂ© yang agak besar sampai warteg yang kecil , bahkan lesehan pinggir jalan . Mulai warung kopi yang ada di mal sampai yang terdapat di pinggir jalan.

Ngopi bagi kalangan Copyer adalah pekerjaan mangasyikan, ditengah tugas yang menumpuk dan pekerjaaan yang padat, ngantuk ngantuk ngopi merupakan salah satu alternatif menghilangkan kepenatan tersebut. apalagi lagi pas diatas kendaraan motor atau mobil yang mbliyut mbliyut ngantuk itu ngopi adalah penyelamatan , Ngopi adalah menambah umur karena membebaskan dari kecelakaan.

Ngopi dengan tongkrongan adalah manjangin umur, sosialisasi dan retret cepat (ora mikir gawean ) . Di warung kopi kita akan banyak menceritakan beraneka ragam persoalaan, mulai dari pekerjaan , kuliah, cewek, bisnis sampai organisasi. Tidak hanya itu, ngopi terkadang sebagai ajang untuk berdiskusi , mulai dari diskusi tentang bangsa yang pelik dan berat sampai diskusi yang ringan masalah remaja kekinian. ngrumpi ngalor ngidul istilahe

  • Ngopi sesungguhnya banyak positifnya, mulai dari menambah jaringan (social networking) dari berbagai macam kalangan , dari kasta sudra sampai brahmanapun bisa , ngopi juga mempunyai manfaat berupa menambah wawasan karena yang ada dalam ngobrol di warung kopi adalah berupa sharing dan diskusi kecil-kecilan ra entek entek .

Dan yang penting ingin saya sampaikan adalah bagusnya kopi bagi jantung (biasa biologi hahaha)
Hal inilah yang membuat ngopi banyak menghasilkan manfaat , martabat dan terhormat dibandingkan ngombe ciu atau arak dan sejenisnya hahaha
Hanya dengan dua ribu rupiah sudah bisa bersanda gurau dan bersenang-senang dengan teman sejawat dan bebas jantungan
Sampai saat ini banyak orang menganggap kopi itu tidak ada manfaatnya, ternyata kopi juga mempunyai manfaat diantaranya mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Tentu saja jika dikonsumsi dengan bijak dan tidak berlebih.
Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.
Berikut penjelasannya hahaha

  1. Diabetes : Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  2. Kanker : Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati dan kanker usus besar.
  3. Sirosis : Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
  4. Penyakit Parkinson : Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
  5. Penyakit Jantung dan Stroke : Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
  6. Fungsi kognitif : Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.
  7. Pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit : Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur). Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. Nah, buat para kopier selamat menikmati kopi dan sekaligus temukan manfaatnya!

Phylosofi Kopi

  • Kopi itu jika baru saja dibuat kemudian langsung diminum, maka rasanya pahit... tapi jika anda mau menunggu sebentar saja, hingga bubuk kopinya mengendap kemudian baru diminum, maka akan terasa manis...
  • Dari proses pembuatan kopi tubruk sampai dihasilkan minuman kopi yang nikmat ini, bisa belajar banyak hal.
  • Meminum Kopi tubruk itu sama halnya dengan kehidupan kita... terkadang Tuhan tidak mengijinkan sesuatu hal cepat-cetat atau segera terwujud dalam kehidupan kita...
  • Mungkin jika segera terwujud sesuai keinginan kita, kita akan merasakan pahitnya kehidupan...tapi kita malah disuruh menunggu hal itu terjadi hingga waktunya tiba...menunggu untuk beberapa waktu.. agar apa??? agar kehidupan kita terasa manis...

SOAL APLIKASI KOPI

KAFEIN DALAM MINUMAN BERENERGI


  • Kafein merupakan jenis alkaloid yang secara alamiah terdapat dalam biji kopi, daun teh, daun mete, biji  kola, biji coklat, dan beberapa minuman penyegar. 
  • Kafein memiliki berat molekul 194.19 dengan rumus kimia C8H10N4O2dan pH 6.9 (larutan kafein 1% dalam air). 
  • Secara ilmiah, efek langsung dari kafein terhadap kesehatan sebetulnya tidak ada, tetapi yang ada adalah efek tak langsungnya seperti menstimulasi pernafasan dan jantung, serta memberikan efek samping berupa rasa gelisah (neuroses), tidak dapat tidur (insomnia), dan denyut jantung tak berarturan (tachycardia).
Menurut Jurnal American Chemical Society, kebanyakan kopi yang dibuat dengan kadar kafein rendah dibuat dengan larutan kimia yang dapat menyerap kafein dari biji kimia. Atau dapat pula menggunakan tehnik “Swiss Water Process” yaitu menggunakan air panas dan uap untuk memisahkan kafein dari biji kopi. Selain itu saat ini sedang diteliti pemanfaatan bioteknologiuntuk penghancuran kafein dalam tanaman kopi, salah satunya adalah penggunaan bakteri yang dipasangkan dengan theophylline, yaitu senyawa yang dihasilkan untuk merusak kafein pada tanaman kopi dan teh.Diharapkan bakteri ini dapat menghancurkan kafein secara cepat, tetapi tetap
mempertahankan rasa alami kopi yang nikmat.

  • Suatu bahan pangan layak disebut sumber zat gizi tertentu apabila kandungan zat gizi yang diklaimnya sekurangkurangnya 10% dari kecukupan gizi yang dianjurkan, per takaran saji. Jadi suatu produk minuman dapat disebut sebagai sumber energi bila dalam satu takaran saji mengandung sekurang-kurangnya 250-280 kkal. Sebagai  gambaran kecukupan energi pria dewasa usia 20-45 tahun adalah sebesar 2.800 kkal/hari, sedangkan usia 46-59 tahun adalah 2.500 kkal/hari. Sedangkan kontribusi minumanberenergi terhadap pemenuhan kebutuhan energi khususnya pria dewasa adalah berkisar 7-15% bila dikonsumsi 2-3 kali sehari atau kandungan energinya berkisar
100-112 kkal untuk satu takaran saji (150 ml/botol). Dariperhitungan ini diketahui bahwa minuman berenergi  belum termasuk dalam golongan minuman sumber energi.
Jika melihat dari komposisinya, maka yang perlu diwaspadai dari minuman berenergi adalah kandungan kafeinnya.

  • Mengutif beberapa hasil penelitian, dosis 100-150 mg kafein merupakan batas amam konsumsi manusia, dan efek  yang diberikan pada takaran ini adalahdapat meningkatkan aktivitas mental yang membuat orang selalu terjaga,  sehingga dosis anjuran konsumsi dari produsen minuman berenergi adalah 2-3 kali atau setara dengan 100-150 mg kafein seharinya. Hal ini sebenarnya beresiko terutama bila konsumsi dari minuman berenergi masih disertai dengan  minum kopi.
LATIHAN SOAL

1.  Kadar nitrogen dalam kafein sebesar…
(A)  5,15 %   
(B) 10,30 %   
(C) 25,90 %
(D) 59,90 %
(E) 30,90 %

2.  Jika seseorang mengkonsumsi minumanberenergi 3 kali sehari dan jumlahkafein yang dikonsumsi merupakan  batas maksimal yang aman untuk dikonsumsi tiap hari, maka kadar kafein dalam tiap botol adalah…
(A)  150 ppm 
(B) 333 ppm  
(C) 300 ppm 
(D) 666 ppm
(E) 1000 ppm

3.  Pernyataan yang tepat tentang larutan kafein 1% adalah…
1)  Menghasilkan ion H+ dan OH- yang jumlahnya hampir sama
2)  Merupakan asam kuat
3)  Merupakan basa lemah

4.  Kafein sebagai salah satu jenis alkaloidpada sel tumbuhan terdapat pada bagian…
(A) Golgi kompleks
(B) Diktiosom
(C) Plastida
(D) Vakuola
(E) Dinding sel

5.  Secara tidak langsung, kafein dapat menstimulasi pernafasan dan jantung. Bagiandari syaraf pusat yang  dipengaruhi adalah…
(A) Talamus
(B) Medula spinalis
(C) Medula Oblongata
(D) Cerebellum
(E) Lobus occipitalis

6.  Pemanfaatan bioteknologi dapat digunakan untuk menurunkan kadar kafein dalam kopi
Sebab
Penggunaan air panas dan uap dapat memisahkan kafein dari biji kopi

1 comment:

biologigonz.blogspot.com said...

i like it..........ngopi , apalagi kopi lampung weleh weleh ...

Support web ini

BEST ARTIKEL