Sunday, June 26, 2011

AGAR GURU LULUS DAN TERSERTIFIKASI

Cara baik bagi guru yang akan mengikuti diklat PLPG 2011 agar lulus dengan nilai maksimal.
  • Cara yang ditempuh diantaranya :
  1. Guru telah memiliki format A1 dengan data yang valid dan akurat.
  2. Menjaga kondisi kesehatan dengan disiplin. (misalnya sedia obat) dll.
  3. Siap dengan alat alat tulis, buku refrensi dll.
  4. Membiasakan diri mengikuti Diklat dengan disiplin yang tinggi, berakhlak mulia , dengan kelakuan yang baik , tanggung jawab dan share
  5. Mampu berkomunikasi dan berdiskusi dengan santai dan menyenangkan.
  6. Berupaya tidak terjadi absen tanpa alasan yang jelas.
  7. Mampu membuat promes, analisis soal, dan teknik penilaian
  8. Mampu membuat RPP yang sederhana dan praktis.
  9. Membiasakan mengajar dengan model PAIKEM
  10. Mampu melaksanakan PEERTEACHING tanpa rasa minder.
  11. Memahami rambu rambu pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  12. Jangan lupa bawalah HP untuk mempermudah komunikasi.
  13. Shalat yang khusul bagi yang muslim
  14. OK .
Dan tentu agar nggak ketinggalan banget baca KLIK ini


Perlu diketahui bahwa sertifikasi guru ini dilakukan dengan tujuan baik yaitu untuk :
  • Menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional
  • Meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan
  • Meningkatkan martabat guru, dan
  • Meningkatkan profesionalitas guru
  • OK maka sebaiknya partisipan guru memahami ini tidak setengah setengah
Adapun manfaat sertifikasi guru adalah:
  1. Melindungi profesi guru dari praktik-praktik yang tidak kompeten yang dapat merusak citra profesi guru
  2. Melindungi masyarakat dari praktik-praktik pendidikan yang tidak bermutu dan tidak profesional
  3. Meningkatkan kesejahteraan guru terbaik
Dari hal diatas itu diharapkan guru guru indonesia menjadi guru yang mumpuni yang nantinya bisa membawa anak anak indonesia menjadi anak anak yang terbaik , tidak sebaliknya

CONTOH PTK

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ‘TATAS’
PADA SISWA KELAS IX-A SMPN 3 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG


PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sering kurang diperhatikan oleh semua pihak di lingkungan sekolah, baik guru maupun siswa. Mata pelajaran PKn dianggap terlalu banyak menghafal, banyak membaca. Sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dengan materi mata pelajaran ini.
Kondisi tersebut sering diperparah oleh keadaan bahwa siswa merasa kurang tertarik, menganggap mudah, dan menganggap pelajaran yang menjemukan. Keberadaan mata pelajaran PKn sering dianggap kurang bermanfaat bagi siswa. Sejak mata pelajaran PKn tidak termasuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Nasional, maka semakin dianggap tidak berarti bagi siswa.
Metode mengajar menjadi salah satu bagian yang ikut memperburuk pan-dangan berbagai pihak tentang mata pelajaran PKn. Terlebih lagi jika mata pelajaran ini disampaikan dengan cara-cara yang kurang menarik. Penggunaan metode menga-jar yang monoton, kurang variasi akan semakin memperparah keadaan. Kejenuhan siswa akan lebih cepat muncul dalam kondisi seperti ini.
1

Kondisi seperti di atas merupakan bukti bahwa siswa memiliki motivasi yang rendah dalam kegiatan pembelajaran, terutama pelajaran PKn. Dengan motivasi yang rendah, sangat sulit bagi guru maupun siswa untuk dapat mencapai tujuan pem-belajaran yang diharapkan.
Hamalik (1992:173) menyebutkan tentang motivasi bahwa  “Suatu masalah di dalam kelas, motivasi adalah proses membangkitkan, mempertahankan, dan mengontrol minat-minat”.  Minat belajar anak harus dapat ditumbuhkan dalam setiap proses belajar mengajar. Minat belajar yang tinggi akan sangat berpengaruh terhadap peran serta atau aktifitas anak dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.  Proses membangkitkan minat belajar, mempertahankan minat belajar dan mengon-trol minat belajar menjadi bagian yang sangat penting dalam proses belajar mengajar.  Jadi tanpa motivasi belajar yang memadai, sangat sulit bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Motivasi belajar siswa  dapat berasal dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya. Kecerdasan, cita-cita atau harapan, kesenangan merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa yang dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi.  Kondisi lingkungan, metode mengajar, waktu belajar merupakan faktor-faktor yang berasal dari luar diri siswa yang dapat mempengaruhi minat belajar. Jika faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut dalam kondisi baik, maka minat belajar siswa juga semakin tinggi. Namun jika faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut kondi-sinya kurang kondusif, maka motivasi belajar siswa juga akan rendah.
Keadaan tersebut juga terjadi pada siswa kelas 1 SDN Merjosari V, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.  Motivasi belajar siswa sangat rendah.  Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: (1) mata pelajaran PKni diberikan pada jam pelajaran terakhir; (2) siswa merasa kurang tertarik pada pelajaran PKn; (3) siswa sulit untuk menguasai materi pelajaran; (4) kondisi in-put siswa relatif rendah; penggunaan metode yang kurang tepat.
SDN Merjosari V merupakan salah satu sekolah yang berada di pinggiran kota. Siswa banyak yang kurang berminat terhadap mata pelajaran PKn.  Pada siswa kelas 1 mata pelajaran PKn diberikan pada jam pelajaran terakhir.  Kondisi siswa yang sudah merasa lelah, mengantuk, lapar, jenuh selalu muncul setiap kali menerima pelajaran. Sikap siswa terhadap mata pelajaran PKn masih relatif kurang. Sehingga siswa semakin sulit untuk dapat menguasai materi pada mata pelajaran PKn.
Kondisi tersebut merupakan tantangan bagi guru. Bagimana agar siswa dapat memiliki motivasi yang lebih besar terhadap mata pelajaran PKn. Salah satu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan meto-de ‘Tatas’. Metode ‘Tatas’ merupakan kombinasi dari metode ‘Tanya jawab’ dan metode ‘Penugasan/Pemberian tugas’ yang dikemas secara terpadu dengan membe-rikan berbagai tambahan yang berupa ‘sangsi’ yang dapat mendorong siswa untuk dapat lebih menguasai materi pelajaran. Dengan penggunaan metode ‘Tatas’ yang dirancang secara matang dan dilaksanakan secara tepat diharapkan dapat mendo-rong siswa lebih dapat meningkatkan persiapan dalam menerima pelajaran. Pening-katan motivasi belajar siswa juga diharapkan membawa dampak positif yaitu pening-katan prestasi belajar pelajaran PKn.
Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, maka untuk mengkaji lebih mendalam tentang peningkatan motivasi belajar siswa, peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Motivasi Belajar PKn Dengan Menggunakan Metode ‘Tatas’  Siswa Kelas 1 SDN Merjosari V Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang”.
                                                                                                                
B.      Fokus Penelitian
Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah tersebut di atas, maka fokus penelitian dalam PTK  ini  adalah “Apakah motivasi belajar PKn dapat meningkat dengan penerapan metode ‘Tatas’ pada siswa kelas I SDN Merjosari V, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang”.

C.      Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi meningkatnya motivasi belajar pelajaran PKn pada siswa kelas I SDN Merjosari V Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dengan penerapan metode ‘Tatas’ dalam pembelajaran mata pelajaran PKn. Dengan peningkatan motivasi belajar pada siswa, diharapkan juga membawa dampak positif yaitu peningkatan prestasi belajar pada pelajaran PKn.

DAFTAR  RUJUKAN
  1. DePorter, B. & Hernacki, M. 1992Quantum Learning: unleashing the Genius inYou. Diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman. 1999. Bandung: Kaifa.
  2. Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
  3. Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2001.  Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  4. Miarsa, Yusufhadi. 1995. Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Teknologi Pembelajaran. Malang: IPTPI.
  5. Miftah Toha. 1996. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.
  6. Moekijat. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kepegawaian. Bandung: Mandar Maju.
  7. Mulyasa, E.. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  8. Nazir, Moh.  1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  9. Oemar Hamalik. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
  10. Saiful Rachman, Yoto, Syarif Suhartadi, Suparti. 2006. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC Bekerjasama Dengan Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur.
  11. Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS).Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.



Thursday, June 23, 2011

PLANER BIOTEKNOLOGI SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )

Standar Kompetensi :
  • Memahami kelangsungan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
  • Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
  3. Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
  1. Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
Karakter siswa yang diharapkan
  • Disiplin ( Discipline )
  • Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )
  • Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
  • Bioteknologi pangan
Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual
  2. Metode : Diskusi Informasi
  3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
  • Apakah bioteknologi pangan itu ?
Prasyarat Pengetahuan :
  • Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.
Kegiatan Inti :

Eksplorasi
  • Dalam kegiatan eksplorasi
  • Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
  • Dalam kegiatan elaborasi
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa diminta diskusi tentang
  1. Bioteknologi pertanian
  2. Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan makanan.
  3. Bioteknologi pertanian.
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
  • Dalam kegiatan konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  1. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  2. membantu menyelesaikan masalah
  3. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  4. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  5.  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING

Kegiatan Penutup

  • Dalam kegiatan penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, 
  • layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Media Pembelajaran
  • Charta Tahapan Kultur
Sumber Belajar
  1. Buku BIOLOGI IPA
  2. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
  3. http://www.biologigonz.blogspot.com
PENILAIAN




Mengetahui Jakarta , Juli 2014


Kepala Sekolah Guru Mapel Biologi


LATIHAN SOAL BIOTEKNOLOGI

1. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah ….
a. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
b. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
d. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

2. Berikut ini ciri-ciri bioteknogi modern,kecuali ….
a. penggunaan teknologi plasmid
b. memanfaatkan enzim
c. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
d. belum mengenal pemanfaatan enzim

3. Dalam bioteknologi melibatkan ilmuilmu berikut, kecuali ….
a. mikrobiologi
b. biokimia
c. genetika
d. ekologi

4. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah ….
a. Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus cremoris
b. Streptococcus lactis dan Leuconostoc cremoris
c. Rhizopus oryzae dan Rhizopus stoloniferus
d. Saccharomyces cerevisiae dan Aspergillus oryzae
5. Berikut ini jenis makanan yang dapat diolah dari susu, kecuali ….
a. keju
b. yoghurt
c. mentega
d. nata de coco

6. Mengembangnya roti akibat fermentasi, karena khamir menghasilkan ….
a. glukosa
b. air
c. gas karbondioksida
d. gas oksigen

7. Jamur Aspergillus oryzae berperan dalam pembuatan ….
a. tape
b. oncom
c. tempe
d. kecap

8. Berikut ini yang tergolong protein sel tunggal adalah ….
a. protein tempe
b. protein susu
c. protein sel ganggang
d. protein telur

9. Suatu zat yang dihasilkan organisme tertentu dan berfungsi menghambat
pertumbuhan organisme lain di sekitarnya disebut ….
a. antibodi monoklonal
b. vaksin
c. antibiotika
d. hormon

10. Organisme transgenik adalah ….
a. organisme yang mengandung gen dari spesies lain
b. organisme yang tidak mempunyai DNA
c. organisme yang mempunyai plasmid
d. organisme yang mengandung inti/ nukleus
11. Berikut ini yang termasuk bahan bakar hasil pengembangan bioteknologi adalah….
a. biogas
b. gas LPG
c. batu bara
d. minyak

12. Teknik bercocok tanam yang paling tepat untuk diterapkan di lahan yang
terbatas adalah ….
a. kultur jaringan
b. rotasi tanaman
c. hidroponik
d. ladang berpindah

13. Media bertanam hidroponik yang paling berhasil dan paling mudah untuk
diterapkan adalah ….
a. air
b. pasir
c. pecahan batu bata
d. styrofoam

14. Dalam menggunakan antibiotik kita dianjurkan untuk tidak berhenti sebelum
obat habis (sesuai anjuran dokter). Hal itu dilakukan supaya ….
a. bakteri kebal
b. bakteri mati
d. bakteri lemah
e. bakteri tidak aktif

15. Aeroponik mempunyai arti ….
a. pemberdayaan air
b. pemberdayaan udara
c. pemberdayaan tanah
d. pemberdayaan lahan


LATIHAN LAGI


 1. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah ….
a. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
b. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
d. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

2. Berikut ini ciri-ciri bioteknogi modern,kecuali ….
a. penggunaan teknologi plasmid
b. memanfaatkan enzim
c. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
d. belum mengenal pemanfaatan enzim

3. Dalam bioteknologi melibatkan ilmuilmu berikut, kecuali ….
a. mikrobiologi
b. biokimia
c. genetika
d. ekologi

4. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah ….
a. Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus cremoris
b. Streptococcus lactis dan Leuconostoc cremoris
c. Rhizopus oryzae dan Rhizopus stoloniferus
d. Saccharomyces cerevisiae dan Aspergillus oryzae
5. Berikut ini jenis makanan yang dapat  diolah dari susu, kecuali ….
a. keju
b. yoghurt
c. mentega
d. nata de coco

6. Mengembangnya roti akibat fermentasi, karena khamir menghasilkan ….
a. glukosa
b. air
c. gas karbondioksida
d. gas oksigen

7. Jamur Aspergillus oryzae berperan dalam pembuatan ….
a. tape
b. oncom
c. tempe
d. kecap

8. Berikut ini yang tergolong protein sel tunggal adalah ….
a. protein tempe
b. protein susu
c. protein sel ganggang
d. protein telur

9. Suatu zat yang dihasilkan organisme tertentu dan berfungsi menghambat pertumbuhan organisme lain di sekitarnya disebut ….
a. antibodi monoklonal
b. vaksin
c. antibiotika
d. hormon

10. Organisme transgenik adalah ….
a. organisme yang mengandung gen dari spesies lain
b. organisme yang tidak mempunyai DNA
c. organisme yang mempunyai plasmid
d. organisme yang mengandung inti nukleus

11. Berikut ini yang termasuk bahan bakar hasil pengembangan bioteknologi adalah ….
a. biogas
b. gas LPG
c. batu bara
d. minyak

12. Teknik bercocok tanam yang paling tepat untuk diterapkan di lahan yang terbatas adalah ….
a. kultur jaringan
b. rotasi tanaman
c. hidroponik
d. ladang berpindah

13. Media bertanam hidroponik yang paling berhasil dan paling mudah untuk
diterapkan adalah ….
a. air
b. pasir
c. pecahan batu bata
d. styrofoam

14. Dalam menggunakan antibiotik kita dianjurkan untuk tidak berhenti sebelum obat habis (sesuai anjuran dokter). Hal itu dilakukan supaya ….
a. bakteri kebal
b. bakteri mati
d. bakteri lemah
e. bakteri tidak aktif

15. Aeroponik mempunyai arti ….
a. pemberdayaan air
b. pemberdayaan udara
c. pemberdayaan tanah
d. pemberdayaan lahan

ESSAY

1. Apa yang dimaksud bioteknologi?
2. Sebutkan mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan produk makanan berikut.
a. Keju
b. Kecap
c. Roti
d. Tape
3. Apakah yang dimaksud protein sel tunggal? Sebutkan keunggulannya.
4. Sebut dan jelaskan metode yang dapat diterapkan dalam hidroponik.
5. Bagaimana dampak bioteknologi terhadap lingkungan?

TUGAS

Kerjakan dibuku tulis
  1. Mikroorganisme yang dipakai dalam pembuatan tempe adalah ….
  2. Penggunaan makhluk hidup dan hasil-hasilnya untuk menyediakan barang dan jasa merupakan pengertian…
  3. Aspergilus wenti adalah mikroorganisme yang dipakai dalam proses pembuatan….
  4. Nata de coco adalah salah satu hasil olahan yang memanfaatkan mikroorganisme…..
  5. Dalam pembuatan tempe, kacang kedelai direndam dalam air mengalir ± 8 jam tujuannya agar….
  6. Dalam bioteknologi meliputi penggunaan, kecuali….
  7. Pestisida yang dapat digunakan untuk membasmi gulma adalah…
  8. Penanaman dalam media air atau pasir yang diberi unsur hara disebut…..
  9. Pupuk buatan yang berfungsi untuk menyuburkan daun adalah…
  10. Pupuk yang berasal dari daun-daun atau ranting yang telah mati atau membusuk adalah…

DETAIL

Bioteknologi adalah ilmu terapan yang mempelajari prinsip-prinsip biologi yang digunakan oleh manusia untuk tujuan tertentu.
  • Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang menggunakan organisme atau mikroba untuk menghasilkan suatu senyawa kimia atau produk dengan aktivitas-aktivitas mikroba dan belum menggunakan enzim.
  • Bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang memanfaatkan biologi molekuler dan sel untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia dengan menggunakan prinsip rekayasa genetika dan rekayasa biokimia.
  • Rekayasa genetika adalah teknik pengambilan gen tertentu untuk menghasilkan organisme yang memiliki keunggulan secara genetik.
  • Contoh penerapan rekayasa biokimia adalah penggunaan tangki reaktor untuk pertumbuhan mikroorganisme untuk proses biologis tertentu supaya tidak terkontaminasi mikroorganisme lain.
  • Peranan mikroorganisme dalam pengembangan bioteknologi di berbagai bidang kehidupan adalah penghasil makanan atau minuman, penghasil PST (protein sel tunggal), penghasil zat-zat organik, penghasil obat, pemisah logam dari bijihnya, penghasil energi, dan pengurai limbah.
  • Bioteknologi dapat digunakan untuk mengembangkan produk-produk peternakan, seperti vaksin dan antibodi.
  • Kultur jaringan dikembangkan untuk memperoleh individu baru dalam jumlah yang banyak.
  • Teknik rekombinasi gen dan kultur sel dikembangkan untuk memperoleh tanaman yang berkualitas.
  • Hidroponik adalah cara menanam tanaman dalam media selain tanah.
  • Aeroponik adalah teknik penanaman sayuran dengan menggunakan styrofoam yang berlubang-lubang sehingga akar tanaman menjuntai ke bawah.
  • Bioteknologi di bidang kedokteran dimanfaatkan untuk membuat antibodi monoklonal, terapi gen manusia, dan pembuatan obat dan vaksin 




LATIHAN 


1. Ilmu terapan yang mempelajari prinsipprinsip biologi yang digunakan oleh manusia untuk tujuan tertentu disebut ....
a. teknologi kimia
b. biogenetika
c. biokimia
d. bioteknologi

2. Tokoh yang menemukan vaksin cacar adalah ....
a. Louis Pasteur
b. Alexander Fleming
c. Robert Koch
d. Edward Jenner

3. Tokoh yang menemukan penisilin adalah ....
a. Louis Pasteur
b. Alexander Fleming
c. Robert Koch
d. Edward Jenner

4. Tokoh yang menemukan bahwa mikroorganisme dapat dimatikan adalah ....
a. Gregor Mendel
b. Alexander Fleming
c. Robert Koch
d. Louis Pasteur

5. Ilmuwan yang menciptakan teknik mengkultur bakteri adalah ....
a. Gregor Mendel
b. Alexander Fleming
c. Robert Koch
d. Louis Pasteur

6. Protein sel tunggal adalah ....
a. makanan kaya protein berasal
dari mikroorganisme
b. senyawa kimia yang dihasilkan mikroorganisme
c. makanan kaya senyawa kimia berasal dari mikroorganisme
d. makanan berasaldari mikroorganisme

7. Kloning batang tumbuhan merupakan contoh bioteknologi konvensional dalam bidang ....
a. pertanian
b. pangan
c. genetika
d. kultur tanaman

8. Antibiotik penisilin diperoleh dari isolasi ....
a. bakteri
b. khamir
c. virus
d. jamur

9. Dalam penerapan bioteknologi diperoleh varietas-varietas unggul yang menunjuk pada ....
a. meningkatkan keanekaragaman genetik
b. menurunkan kualitas lingkungan
c. meningkatkan jenis hama tanaman
d. menurunkan kualitas produk pertanian

10. Penanaman tanaman dalam media air dan arang disebut ....
a. kultur jaringan
b. kultur pasir
c. hidroponik
d. kultur sel

SEKALI LAGI YA

 1. Dalam bioteknologi telah dikembangkan suatu teknik reproduksi hewan dengan cara menggabungkan inti sel somatis dengan sel telur yang telah dihilangkan intinya, yaitu ….
a. kloning
b. kultur jaringan
c. hibridoma
d. fusi sel
e. rekayasa genetika

2. Pada proses pembuatan nata de coco, mikroorganisme yang cocok digunakan adalah ….
a. Acetobacter xylinum
b. Aspergillus oryzae
c. Saccharomyces cereviceae
d. hi opus oryzae
e. Penicillium notatum

3. Insulin dapat dihasilkan oleh sel bakteri melalui proses bioteknologi rekayasa genetika, yaitu ….
a. penyambungan DNA sel pankreas dengan plasmid bakteri
b. peleburan inti sel pankreas dengan DNA bakteri
c. peleburan sel pankreas dengan sel bakteri
d. pemindahan gen bakteri ke dalam sel pankreas
e. pembiakan sel bakteri dalam medium insulin

4. Rekayasa genetik dapat dilakukan dengan mengganti materi genetik sel mikroorganisme dengan materi genetik lain yang diinginkan. Agar materi genetik lain tadi dapat mengambil alih metabolisme mikroorganisme, materi genetik sel mikroorganisme yang digantikan tersebut adalah ….
a. rRNA
b. mRNA
c. tRNA
d. Asam amino
e. DNA

5. Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan adalah untuk memperoleh ….
a. anakan yang unggul dalam jumlah banyak dan cepat
b. anakan seragam dalam jumlah besar dan cepat
c. bibit unggul yang tahan antibiotik
d. anakan yang diperlukan dalam hibridisasi
e. anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya

6. Rekayasa genetik terhadap hewan bertujuan untuk ….
a. memperbaiki kualitas induk hewan
b. mempercepat produktivitas hewan
c. mengurangi keanekaragaman
d. mendapatkan ternak unggul
e. mempercepat pertumbuhan

7. Produk bioteknologi yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit yang diderita pasien adalah ….
a. interferon
b. sitokinin
c. vaksin
d. penisilin
e. antibodi monoklonal

8. Zat pemicu kekebalan tubuh yang berasal dari mikroorganisme yang dilemahkan atau bagiannya disebut ….
a. antibodi monoklonal
b. antibodi poliklonal
c. antibiotik
d. vaksin
e. serum

9. Berikut ini contoh-contoh bioteknologi konvensional, kecuali ….
a. keju
b. antibiotik
c. kecap
d. bakteri insulin
e. bakteri asam laktat

10. Kloning masih merupakan kontroversi dalam bidang bioteknologi. Kloning pada manusia merupakan rekayasa genetika yang dilakukan pada tingkat ….
a. organisme
b. sistem organ
c. organ
d. jaringan
e. sel

Support web ini

BEST ARTIKEL