Monday, September 22, 2014

OSMOSIS TUBUH

Sel organisme tahu bahwa ia harus berhubungan dengan lingkungannya baik lingkungan alam atau lingkungan sel pada tubuh mahkluk hidup . Kandungan air di sel sangatlah penting untuk proses metabolismenya maka oleh sel bagaimana cara mempertahankan air itu tetap di sel ini yang akan kami lepaskan pada diskusi topik ini .
Lingkungan di sekitar sel kita tahu tidak statis , namun bisa dengan tiba tiba ada perubahan yang sangat dramatis yang kemudian tidak bisa diantisipasi oleh sel dan berakhir sel itu dengan kematian. Biasanya perubahan ekstrem itu karena perubahan tekanan osmotik dan tekanan turgor yang ada di lingkungan maupun di selnya biasanya tidak dipahami oleh tubuhnya sehingga tidak dijaga perlindungan terhadap selnya.
Air baik dari sel maupun dari lingkungannya mampu bergerak melintasi membran sel melalui proses yang disebut  osmosis
Osmosis itu dilakukan oleh sel untuk mencoba menyamakan konsentrasi zat terlarut dengan lingkungannya sehingga mencapai homeostatis OK

Pemahaman inilah yang dipakai oleh ginjal kita sehingga pengetahuan kita secara total tentang osmosis terlambat jauh dibandingkan dengan ginjal kita , Karena kita tahu ginjal tidak hanya sekedar tahu teorinya namun langsung  mempraktekkannya untuk melindungi sel seluruh tubuh dari perubahan cairan ini secara osmotik  sehingga tubuh kita tetap baik dan ginjal tetap bekerja , karena Ginjal pasti memahami kematian sel diluar dirinya juga akan membawa dampak ke dirinya (Ginjal Compassion) . Dari sinilah sebenarnya organ tubuh kita bekerja secara profesional saling mengisi, saling berinteraksi, saling menjaga satu dengan lainnya mudahnya " man and women for others" sehingga kita tetap baik. Maka jika mulut yang selalu kemasukkan materi dari luar mulai hari ini harus tahu memahami ini sehingga  homeostatis tubuh tetap terjaga.

Pengertian
Osmosis adalah aliran air menuruni gradien konsentrasi, melintasi membran semipermeabel. Osmosis adalah contoh dari difusi air  yakni ketika molekul untuk terdistribusi merata dalam ruang , pemerataan yang dimaksud adalah pemerataan pelarut air , dari jumlah pelarut (air) yang banyak ke bagian tempat yang jumlah airnya sedikit , karena jika pemerataan terjadi pada zat terlarutnya kita sebut difusi OK

Apa itu membran semipermeabel?
Membran atau penghalang yang memungkinkan air atau beberapa molekul atau zat yang larut dalam air  bisa melaluinya . Contoh membran semipermeable adalah membran sel kita, kulit kentang, kain kering menjadi basah , dan segalanya yang mengandung organik yang bersifat Hidrofilik.



 
 
Untuk memudahkan demikian : Contoh sehari-hari adalah bungkus plastik memungkinkan udara dan uap air dapat bergerak di atasnya, tetapi tidak untuk air. Jadi prinsipnya membran semipermeable air bisa lewat diluar itu nggK bisa , Membran sel yang juga semipermeabel. Mereka memungkinkan larutan air dan zat tertentu (molekul kecil yang dilarutkan dalam pelarut seperti air) untuk menyeberang, namun zat terlarut lain tidak bisa menyeberang.

Dan apa artinya air mengalir menuruni gradien konsentrasinya? Artinya mengalir dari  konsentrasi yang lebih tinggi ke tempat dengan konsentrasi yang lebih rendah dalam rangka untuk mencoba untuk menyamakan konsentrasi. Arah seluruh gradien konsentrasi diberi nama seperti arus sungai: arah molekul atau sungai yang cenderung mengalir disebut ‘hilir’, dan arah yang dibutuhkan kerja disebut ‘hulu’. Mari kita lihat mengapa osmosis penting dalam berbagai proses biologi.

Osmosis merubah Volume Sel
Tergantung pada arah air mengalir melintasi membran plasma, osmosis dapat menyebabkan sel untuk mengecilkan atau membengkak. Lihatlah diagram ini untuk memahami mengapa itu terjadi, kemudian baca lebih lanjut untuk belajar tentang berbagai jenis larutan.



Larutan hipotonik

Ketika konsentrasi keseluruhan zat terlarut lebih rendah di luar sel daripada di sitosol, kita mengatakan bahwa sel dalam larutan hipotonik (hipo berarti rendah). Dalam larutan hipotonik, air mengalir ke dalam sel melalui osmosis untuk mencoba untuk menyamakan konsentrasi zat terlarut di kedua sisi membran. Ini berarti bahwa dalam larutan hipotonik, sel-sel kita membengkak. Mereka bahkan bisa meledak!

Tapi tunggu, kita tidak katakan sebelumnya bahwa aliran air melintasi membran menuruni gradien konsentrasinya? Namun, diagram menunjukkan air dalam larutan hipotonik bergerak dari konsentrasi rendah zat terlarut ke mana ada konsentrasi tinggi. Bukankah itu sampai gradien konsentrasi? hem, ya, itu akan sampai gradien konsentrasi zat terlarut, tetapi masih turun dengan gradien konsentrasi air. Hanya ingat bahwa, di mana ada konsentrasi yang lebih tinggi zat terlarut, ada konsentrasi yang lebih rendah dari air, dan sebaliknya. Jadi semuanya ternyata: air masih mengalir menuruni gradien konsentrasi.

Larutan hipertonik

Hiper berarti tinggi, sehingga larutan hipertonik adalah salah satu di mana konsentrasi zat terlarut keseluruhan lebih tinggi daripada di sitosol. Dalam larutan hipertonik, air mengalir keluar dari sel untuk mencoba untuk meratakan konsentrasi zat terlarut di kedua sisi membran. Hal ini membuat sel-sel menyusut atau mengerut.

Larutan isotonik

Jadi, jika sel-sel kita ingin tetap memiliki volume yang sama, tanpa bengkak atau menyusut, mereka harus dalam larutan isotonik, di mana konsentrasi zat terlarut sama dengan konsentrasi dalam sitosol. Di sini, aliran osmotik air masuk dan keluar dari sel adalah sama, sehingga sel tidak berkembang atau menyusut.


Darah merupakan Isotonik

Gambar di bawah menunjukkan sel darah merah dalam larutan hipertonik, isotonik dan hipotonik. Seperti yang Anda lihat, sel-sel mengerut, terlihat normal, dan membengkak. Bagian cair dari darah kita adalah larutan isotonik, yang membuat sel-sel darah kita ‘happy’. Jika kita membutuhkan suntikan intravena ke dalam darah aliran, perawat dan dokter pastikan untuk hanya menggunakan larutan isotonik.

Dinding Sel Membantu Sel Kontrol Volume mereka
Sel tumbuhan, alga, jamur dan bakteri memiliki dinding sel yang keras di sekitar membran plasma mereka. Ini berarti bahwa dalam larutan hipotonik, sel-sel membengkak tapi tidak meledak. Sebaliknya, tekanan di dalam sel meningkat. Itulah salah satu alasan mengapa batang tanaman bisa berdiri tegak. Sel hewan tidak memiliki dinding sel, sehingga mereka harus mengatur volume mereka dengan cara lain, seperti mengendalikan transpor ion.

Contoh Osmosis
Ada banyak contoh sehari-hari osmosis. Anda dapat mencoba yang satu ini sendiri: jika Anda menempatkan kentang dalam air murni, itu akan membengkak dari waktu ke waktu. Hal ini karena ada konsentrasi yang lebih tinggi dari pati dan zat terlarut lainnya dalam sel kentang daripada di dalam air, sehingga air mengalir ke dalam sel kentang secara osmosis. Hal yang sama terjadi jika Anda memiliki sebatang wortel lemas atau layu. Masukkan ke dalam air untuk sementara dan itu akan gemuk lagi!


Contoh lain misal, dari kita yang mencoba kejam di masa kecil dengan menaburkan garam ke siput. Tingginya konsentrasi garam di luar siput menyebabkan air untuk keluar dari sel-sel melalui osmosis. Sehingga akan kekuaran air dan siput kecil pun mengerut dan mati.

Terlepas dari percobaan ini, bagaimana osmosis digunakan di alam? Sel akar tanaman mengambil air dari tanah melalui osmosis. Selain itu, perut kita dan sel epitel usus menggunakan osmosis untuk menyerap air kembali dari makanan kita saat mencerna sehingga kita tidak mengalami dehidrasi.

Salah satu contoh terakhir adalah beberapa bakteri patogen (seperti Vibrio cholerae) dapat menggunakan racun untuk mengganggu saluran transpor ion sel usus kita. Ini menciptakan lingkungan yang hipertonik di dalam lumen usus, yang menarik air dari sel-sel usus melalui osmosis. Ini adalah penyebab diare berair yang merupakan gejala utama kolera. Ini berguna untuk bakteri kolera juga: mereka dapat memegang erat-erat ke sel usus sedangkan bakteri normal yang hidup di usus kita bisa dibersihkan. Hal ini mengakibatkan banyak bakteri kolera dari wilayahnya untuk meniru dan tumbuh! Pintar juga, kan?

Kita telah belajar tentang osmosis adalah aliran air menuruni gradien konsentrasi melintasi membran semipermeabel, seperti membran plasma pada sel-sel kita’. Dalam larutan hipotonik, di mana konsentrasi zat terlarut lebih rendah di luar daripada di dalam sel, air mengalir ke dalam sel dan membuat mereka membengkak. Dalam larutan hipertonik, di sisi lain, osmosis membuat aliran air keluar dari sel, yang membuat mereka mengerut. Dalam larutan isotonik, volume sel tetap sama karena aliran air bersih di kedua arah seimbang.


No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL