Saturday, January 30, 2010

SKL 10 - EVOLUSI-MUTASI


PADA SKL INI KAMI BAGI 3 POINT PENTING SEBAGAI INDIKATORNYA
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas
KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh

SOAL
1. Perhatikan diagram mutasi gen berikut Jenis mutasi yang terjadi disebut ......

A. insersi
B. inversi
C. transversi
D. transisi
E. deaminasi
2. Seorang wanita yang bekerja di Badan Tenaga Atom, diindikasikan mengalami radiasi pada organ reproduksinya sehingga terjadi peristiwa gagal berpisah pada sel gametnya. Ternyata melahirkan anak Sindrom Klinefelter, hal ini disebabkan oleh ..
A. Non-disjunction XX pada waktu oogenesis
B. Adanya kelebihan autosom no.21
C. Adanya 45 kromosom
D. Adanya pindah silang
E. Kromosomnya 2n – 1
3. Salah satu akibat adanya mutasi kromosom monosomi kromosom seks (44 A + X0) pada manusia adalah kelainan fisik yang disebut .
A. Sindrom Klinefelter
B. Sindrom Turner
C. Sindrom Down
D. Sindrom Patau
E. Sindrom Imbisil
4. Perhatikan skema mutasi berikut.

Perubahan yang terjadi pada kromosom tersebut :
A.
Translokasi B. Inversi
C. Duplikasi
D.
Katenasi E. Delesi

5. Bila dalam tubuh suatu individu terjadi mutasi gen, Bagaimanakah jumlah kromosom pada individu tersebut?
A. Tetap

B. bertambah

C. bervariasi

D. berlipat ganda

E. berkurang
Jawab : 1. C 2. A 3. B 4. A 5 A
PREDIKSI
36.Perhatikan skema berikut!
Pada skema mutasi tersebut, yang terjadi secara berurutan adalah peristiwa mutasi …. .
A. gen karena adanya inversi dan insersi
B. gen karena adanya insersi dan inversi
C. kromosom karena adanya insersi dan inversi
D. kromosom karena adanya delesi dan duplikasi
E. kromosom karena adanya defisiensi dan delesi
SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains
KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh.
SOAL
1.Diketahui silsilah sebuah populasi 64 % orang dapat merasakan pahitnya kertas PTC (dominan). Maka kemungkinan jumlah ratio genotip orang yang perase PTC yang heterezigot adalah ....
A. 6 %
B. 36 %
C. 16 %
D. 48 %
E. 24 %
2. Di suatu kota yang berpenduduk 1 juta orang terdapat 9 % laki – laki buta warna. Maka jumlah perempuan yang menderita buta warna adalah ….
A. 9.000 orang
B. 9.100 orang
C. 8.281 orang
D. 8.100 orang
E. 300.000 orang
3. Di suatu kecamatan yang berpenduduk 90.000 jiwa menurut sensus penduduk terdapat penderita secle sel 3.600 jiwa, persentase penduduk yang karir secle cel berjumlah …. .
A. 4%
B. 32%
C. 6%
D. 36%
E. 16%
4. Pada masyarakat sebuah pulau terpencil terdapat 4 % laki-laki butawarna. Butawarna dikendalikan oleh gen resesif terpaut X. Berapa prosentase wanita carier dalam masyarakat tersebut?
A. 96 %
B. 92,16 %
C. 19,2 %
D. 16,24 %
E. 7, 68 %
5. Pada suatu populasi diketahui terdapat 0,04% orang yang albino. Bila populasi itu terdiri dari 5000 orang, makan orang-orang yang normal terdiri dari …. .
A. 20 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
B. 98 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
C. 194 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
D. 196 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
E. 198 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
6. Diketahui frekuensi wanita buta warna adalah 100 dari setiap 10.000 orang. Adapun banyaknya wanita normal heterozigot dalam populasi tersebut adalah …

A. 8.100
B. 100 orang

C. 9.900 orang
D. 1.800 orang
E. 1 orang
7. Bila pada populasi manusia ada 9 orang mengalami gangguan mental untuk setiap 10.000 populasi penduduk. Maka jumlah populasi manusia yang heterozigot normal tiap 10.000 penduduk adalah ........
A. 582 orang
B. 291 orang
C. 109 orang
D. 91 orang
E. 9 orang



PREDIKSI
36.Disuatu pulau yang dihuni oleh 3000 orang penduduk terdapat 2730 orang yang berhesus positif.Gen rhesus positif (Rh) dominan terhadap gen rhesus negatif (rh).
Berapa orang dalam pulau tersebut yang berhesus positif genotip heterozigot ?.......
A. 1740 orang
B. 1530 orang
C. 1470 orang
D. 1260 orang
E. 270 orang

SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains
KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan
SOAL
1. Rangkaian percobaan Spallanzani dan Louis Pasteur
Keterangan:
Labu I terbuka dan tidak dipanaskan
Labu II terbuka dan dipanaskan
Labu III tertutup dan dipanaskan
Labu IV terbuka dan dipanaskan
Pada hari pertama kaldu di dalam labu semua-nya jernih. Setelah 3 hari, hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa pada labu
A. I dan II tetap jernih
B. I dan III tetap jernih
C. II dan III tetap jernih
D. II dan IV tetap jernih
E. III dan IV tetap jernih
2. Salah satu bukti tentang adanya evolusi organisme adalah petunjuk-petunjuk Palaeontologi, yaitu berupa .......
A. fosil-fosil yang diketemukan pada berbagai lapisan bumi
B. persamaan perkembangan embrio pada berbagai vertebrata
C. homologi alat-alat tubuh pada berbagai makhluk hidup
D. adanya alat-alat tubuh yang tersisa yang tidak digunakan lagi
E. ontogeni suatu organisme merupakan rekapitulasi dari filogeni
3. Teori tentang asal usul kehidupan yang dapat dibuktikan secara eksperimental adalah teori .....
A. generatio spontanea
B. kosmozoan
C. evolusi biologi
D. evolusi kima
E. kreasi khas
4. Omne ovum ex vivo dikemukakan oleh
A. Aristoteles
B. Fransisco redi
C. Lazaro spalanzani
D. Louis pasteur
E. Harold urey

5. Perhatikan gambar percobaan Fransisco Redi berikut dengan sekerat daging di dalamnya.

Keterangan : I ditutup rapat
II ditutup kain kasa
III terbuka
Hasil percobaan dalam beberapa hari pada tabung …. .
A. I terdapat belatung, tabung II tidak ada belatung
B. I tidak terdapat belatung, tabung II ada belatung
C. I terdapat belatung, tabung III ada banyak belatung
D. II tidak terdapat belatung, tabung III ada banyak belatung
E. II terdapat belatung, tabung III tidak banyak belatung
6. Gambar berbagai macam bagan percobaan konsep tentang hidup.
Bagan percobaan manakah yang menentang teori biogenesis ....

A. I
B. II
C. IV
D. II dan III
E. III dan IV
PREDIKSI
37.Perhatikan rangkaian eksperimen Stanley Miller berikut ini
Eksperimen Stanley Miller dianggap dapat mengungkap proses pembentukan maklhuk hidup karena ....
A. Dihasilkan molekul organik dari reaksi kimia zat anorganik purba
B. Terjadi penggabungan molekul-molekul organik menjadi calon sel
C. Dihasilkan calon sel seperti tubuh virus
D. Dihasilkan sel sederhana (sel prokariotik) dari molekul organik yang terbentuk
E. Dihasilkan sel hidup dari reaksi kimia zat anorganik purba

SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya dalam perkembangan sains KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung evolusi

SOAL
1. Perhatikan gambar bukti evolusi !

Salah satu bukti evolusi adalah membandingkan perkembangan embrio.
Bila melihat perkemba-ngan mulai dari sederhana ke kompleks dikenal dengan istilah ….
A. analogi
B. filogeni
C. homologi
D. radiasi adaptif
E. ontogeny
2. Salah satu bukti tentang adanya evolusi organisme adalah petunjuk-petunjuk Palaeontologi, yaitu berupa .......
A. fosil-fosil yang diketemukan pada berbagai lapisan bumi
B. persamaan perkembangan embrio pada berbagai vertebrata
C. homologi alat-alat tubuh pada berbagai makhluk hidup
D. adanya alat-alat tubuh yang tersisa yang tidak digunakan lagi
E. ontogeni suatu organisme merupakan rekapitulasi dari filogeni
3. Perhatikan gambar alat-alat gerak pada hewan di bawah ini.
Berdasarkan gambar di atas yang merupakan homologi alat-alat tubuh adalah nomor
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
4. Organ yang digunakan akan berkembang sesuai dengan fungsi sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran. Merupakan teori evolusi yang dikemukakan oleh …. .
A. Darwin
B. Weismann
C. Lamarck
D. Charles Lyell
E. Buffon

5. Peristiwa dimana dua makhluk hidup atau lebih menghuni tempat hidup yang sama, mempunyai asal usul yang berbeda dan mempunyai persamaan struktur tertentu disebut …
A. Adaptasi fisiologi
B. Adaptasi divergen
C. Adaptasi morfologi
D. Adaptasi behavior
E. Adaptasi konvergen

6. Alat-alat tubuh pada hewan dibawah ini bersifat homolog, kecuali …
A. Sirip paus, tungkai depan katak, tangan manusia

B. Sirip paus, tangan manusia, tungkai depan kadal

C. Tungkai depan katak, selaput terbang kalong, sirip ikan paus

D. Sayap burung, selaput terbang kalong, tangan manusia

E. Tungkai depan kucing, selaput terbang cecak, sayap burung

7. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat dianggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh yang tersisa adalah ......
A. rambut pada dada
B. tulang telapak tangan
C. umbai cacing (usus buntu)
D. gigi taring yang runcing
E. otot-otot (penggerak) telinga


PREDIKSI
38. Pernyataan di bawah ini menyebabkan perubahan leher jerapah.
1. Jerapah berleher panjang berasal dari induk jerapah berleher pendek.
2. Pada masa lampau terdapat jerapah berleher panjang maupun berleher pendek.
3. Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan.
4. Jerapah berleher pendek mati, sedangkan berleher panjang tetap lestari hidup.
Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan evolusi jerapah adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4.
DETAIL


Evolusi (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama:
  1. variasi
  2. reproduksi
  3. seleksi
  • Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. 
  • Ketika organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. 
  • Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen oleh mutasi ataupun transfer gen antar populasi dan antara spesies. 
  • Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika, yang dapat meningkatkan variasi antara organisme. 
  • Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.

Ciri-ciri proses evolusi :
  1. Adanya penyimpangan faktor genetik                                                                                            Perubahan kromosom atau gen karena mutasi                                                                                    Rekombinasi dari macam-macam mutasi yang dapat menghasilkan spesies yang berbeda-beda.
  2. Terjadi dalam populasi, bukan pada spesies atau individu.
  3. Frekuensi gen tetap Genotip yang ada dalam individu selalu tetap dari generasi ke generasi berikutnya.
  4. Tidak mencakup semua sifat, hanya beberapa sifat saja dan bersifat selektif.

Terdapat dua mekanisme utama yang mendorong evolusi:

  1. seleksi alam yang merupakan sebuah proses yang menyebabkan sifat terwaris yang berguna untuk keberlangsungan hidup dan reproduksi organisme menjadi lebih umum dalam suatu populasi - dan sebaliknya, sifat yang merugikan menjadi lebih berkurang. Hal ini terjadi karena individu dengan sifat-sifat yang menguntungkan lebih berpeluang besar bereproduksi, sehingga lebih banyak individu pada generasi selanjutnya yang mewarisi sifat-sifat yang menguntungkan ini. Setelah beberapa generasi, adaptasi terjadi melalui kombinasi perubahan kecil sifat yang terjadi secara terus menerus dan acak ini dengan seleksi alam.
  2. hanyutan genetika (Bahasa Inggris: Genetic Drift) yang merupakan sebuah proses bebas yang menghasilkan perubahan acak pada frekuensi sifat dalam suatu populasi. Hanyutan genetika dihasilkan dari probabilitas apakah suatu sifat akan diwariskan ketika suatu individu bertahan hidup dan bereproduksi.

  • Walaupun perubahan yang dihasilkan oleh hanyutan dan seleksi alam kecil, perubahan ini akan terakumulasi, menyebabkan perubahan yang substansial pada organisme. 
  • Proses ini mencapai puncaknya dengan menghasilkan spesies yang baru. 
  • Dan sebenarnya, kemiripan antara organisme yang satu dengan organisme yang lain mensugestikan bahwa semua spesies yang kita kenal berasal dari nenek moyang yang sama melalui proses divergen yang terjadi secara perlahan ini.

Genetika populasi

Biston Betularia putih                          Biston Betularia hitam

 
  • Dari sudut pandang genetika, evolusi ialah perubahan pada frekuensi alel dalam populasi yang saling berbagi lungkang gen (gene pool) dari generasi yang satu ke generasi yang lain. 
  • Sebuah populasi merupakan kelompok individu terlokalisasi yang merupakan spesies yang sama. Sebagai contoh, semua ngengat dengan spesies yang sama yang hidup di sebuah hutan yang terisolasi mewakili sebuah populasi. 
  • Sebuah gen tunggal pada populasi ini dapat mempunyai bentuk-bentuk alternatif yang bertanggung jawab terhadap variasi antar fenotipe organisme. 
  • Contohnya adalah gen yang bertanggung jawab terhadap warna ngengat mempunyai dua alel: hitam dan putih. Lungkang gen merupakan keseluruhan set alel pada sebuah populasi tunggal, sehingga tiap alel muncul pada lungkang gen beberapa kali. 
  • Fraksi gen dalam lungkang gen yang merupakan alel tertentu disebut sebagai frekuensi alel. Evolusi terjadi ketika terdapat perubahan pada frekuensi alel dalam sebuah populasi organisme yang saling berkembangbiak; sebagai contoh alel untuk warna hitam pada populasi ngengat menjadi lebih umum.

  • Untuk memahami mekanisme yang menyebabkan sebuah populasi berevolusi, adalah sangat berguna untuk memperhatikan kondisi-kondisi apa saja yang diperlukan oleh suatu populasi untuk tidak berevolusi. 
  • Asas Hardy-Weinberg menyatakan bahwa frekuensi alel (variasi pada sebuah gen) pada sebuah populasi yang cukup besar akan tetap konstan jika gaya dorong yang terdapat pada populasi tersebut hanyalah penataan ulang alel secara acak selama pembentukan sperma atau sel telur dan kombinasi acak alel sel kelamin ini selama pembuahan. 
  • Populasi seperti ini dikatakan sebagai dalam kesetimbangan Hardy-Weinberg dan tidak berevolusi.

Support web ini

BEST ARTIKEL