Thursday, March 26, 2015

KEBUT SEMALAM UN BIOLOGI LEVEL DASAR KELAS X

INDIKATOR 1 : MENJELASKAN OBJEK DAN PERMASALAHAN BIOLOGI

  1. Sel  adalah kesatuan struktur dan fungsional terkecil dari mahkluk hidup. Cakupannya membran plasma, organel dan inti, termasuk sel pada organnisme uniseluler dan multiseluler.
  2. Jaringan adalah kumpulan sel yang sejenis, memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi sel yang sama. Pada tumbuhan jaringannya ada jaringan parenkim, penguat, pengangkut, pelindung. Sedangkan pada hewan ada jaringan epitel, otot, saraf, dan  ikat.
  3. Organ  adalah kumpulan dari berbagai jaringan yang berbeda yang membentuk sebuah struktur dan berfungsi untuk mendukung sistem tertentu. contohnya adalah jantung, paru-paru, mata, dsb.
  4. Sistem organ adalah kumpulan organ-organ yang menjalankan sistem tertentu. Sistem organ yang dapat dijumpai pada manusia adalah sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem koordinasi, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem gerak, sistem pernafasan, sistem kekebalan tubuh
  5. Organisme / Individu  adalah unit tunggal organisme yang berada di lingkungan meliputi mahkluk hidup uniseluler atau multiseluler yang terdiri dari kumpulan berbagai sistem organ.
  6. Populasi adalah kumpulan individu sejenis. pada istilah ini tidak akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi ataupun ada interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.
  7. Komunitas adalah kumpulan berbagai macam individu pada suatu area. Areanya bisa sawah, sungai, danau, laut dsb. Jadi jika ada kata kunci lokasi di dalam lingkungan merupakan indikator yang mengacu pada istilah komunitas. pada istilah ini akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi dan tidak ada istilah interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.
  8. Ekosistem adalah interaksi yang terjadi di dalam lingkungan, baik itu interaksi: antar faktor biotik, antar faktor abiotik ataupun antar faktor biotik dan abiotik.          
  9. Biosfer adalah sekumpulan ekosistem contoh Bumi yang ditemukan laut gurun , hutan tropis taiga tundra dan ainnya 
Bioma : Ekosistem daratn berupa Suatu areal lingkungan yang luas dengan tumbuhan dominan tertentu. diantaranya adalah

  1. Bioma hutan hujan tropis..
  2. Bioma gurun.
  3. Bioma tundra
  4. Bioma taiga
  5. Bioma Savana
  6. Bioma Stepa
Selain itu karena Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu.

Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :
  1. Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan
  2. Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
  3. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
  4. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
  5. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
  6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
  7. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
  8. Mikologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
  9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
  10. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
  11. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
  12. Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik/interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
  13. Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
  14. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
  15. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska
  16. Terratologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan
  17. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
  18. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
  19. Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
  20. Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang perairan air tawar
  21. Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
  22. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
  23. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
  24. Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
  25. Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
  26. Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
  27. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organism
  28. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
  29. Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus

CONTOH SOAL

1.    Kumpulan beberapa organ yang memiliki fungsi dan tugas saling berkaitan dinamakan ….
a. jaringan               
b. individu
c. populasi               
d. sistem organ
e. komunitas

2.    Sekumpulan siswa sedang melakukan pengamatan burung. Cabang Biologi yang berperan adalah 
a. Ornitologi          
b. Bakteriologi
c. Zoologi                
d. Virologi
e. Mikrobiologi

3.    Kumpulan semut di rumah Andi memiliki seekor ratu. Seekor ratu semut tersebut disebut ….
a. populasi               
b. komunitas
c. individu              
d. ekosistem
e. satu populasi

4.    Hutan di Indonesia, merupakan salah satu bioma yang khas, yaitu bioma ….
a. tundra                  
b. hutan hujan tropis
c. padang rumput    
d. gurun
e. taiga

5.    Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat ….
a. sel                       
b. jaringan
c. organ                   
d. organel
e. sistem organ


INDIKATOR 2 : MENJELASKAN PERAN VIRUS, ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Peran menguntungkan virus antara lain dapat dimanfaatkan untuk :

  • Virus digunakan untuk memproduksi interferon, yakni sejenis senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah replikasi virus di dalam sel inang ( hospes )
  • Profage dapat dimanfaatkan untuk mengubah fenotip bakteri sehingga menjadi bermanfaat dalam dunia kedokteran / medis
  • Virus digunakan untuk pembuatan vaksin berbagai jenis mikroba penyebab penyakit.
  • Seperti vaksin sabin dan Salk untuk mencegah penyakit polio,
  • vaksin Pasteur untuk mencegah penyakit rabies dll.

VIRUS

  • Peran virus secara umum adalah penyebab kerugian karena dia secara alami bersifat parasit obligat pada mahkluk hidup. berikut ini penyakit yang disebabkan oleh virus.
Dalam dunia pertanian:

  • Mosaik (bercak kuning) pada daun tembakau. disebabkan olehTobacco Mozaik Virus/TMV 
  • Daun menggulung pada tanaman kapas dan lobak yang disebabkan oleh virus bernama Turnip Yellow Mozaic Virus ( TYMV ).
  • Tungro pada tanaman padi yang disebabkan oleh virus tungro
  • Kanker pada tanaman jeruk yang disebabkan oleh Citrus PVD (CPVD)
Dalam dunia peternakan, ada beberapa penyakit yang juga disebabkan oleh virus, antara lain :

  • Penyakit tetelo atau New Castle Disease ( NCD ) yang menyerang sistem saraf unggas ( ayam, itik )
  • Penyakit kuku dan mulut atau Foot and Mouth Disease yang menyerang organ kuku dan mulut hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau dan kuda
  • Penyakit flu burung yang menyerang sistem pernapasan ternak unggas
Penyakit pada manusia. Beberapa di antara nya yang saat ini baru terkenal adalah :

  • AIDS yang disebabkan oleh HIV ( Human Imunodeficiency Virus ) menyerang sistem kekebalan tubuh manusia
  • Campak
  • Cacar air
  • Demam berdarah yang disebabkan oleh Virus Dengue
  • Influenza 
  • H1N1 yang menyebabkan flu Spanyol tahun 1918, dan flu babi tahun 2009
  • H2N2 yang menyebabkan Flu Asia di tahun 1957
  • H3N2 yang menyebabkan Flu di Hong Kong 1968
  • H5N1, (Flu Burung) sebuah ancaman pandemi merupakan flu musiman 2007-2008
  • SARS - penyakit pada saluran pernafasan


Patogen bakteri 

  • Kolera
  • Rabies
  • Pes
ARKAEOBAKTERIA

  • Arkaeobakteria ada tiga kelompok yaitu kelompok Metahonogen, thermofilik dan halofil. Yang paling mungkin dijadikan soal adalah kelompok methanogen karena menghasilkan metana. 
  • Metana berupa gas dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan dalam pembuatan biogas dengan memanfaatkan materi organik seperti samapah atau feses hewan.

CONTOH SOAL :

1.    Virus tidak dapat masuk dalam kelompok makhluk hidup karena ….
a. virus dapat dikristalkan
b. virus dapat melakukan pembuahan
c. virus dapat menularkan penyakit
d. virus dapat bergerak
e. virus dapat berkembang biak

2.    Ukuran virus sangat kecil, yaitu ….
a. 10 milimikron                 
b. 20 – 300 milimikron
c. 1 – 3 milimikron               
d. 200 – 3000 milimikron
e. <10 milimikron="" o:p="">

3.    Virus tersusun atas selubung protein yang disebut ….
a. virion                              
b. vaksin
c. kapsid                            
d. partikel virus
e. hospes

4.    Virus mengambil alih fungsi DNA bakteri. Tujuan tindakan virus ini adalah ….
a. melipat gandakan bakteri
b. mensintesis protein dan membuat struktur tubuh virus yang baru
c. agar DNA bakteri melakukan replikasi sebagai persiapan pembelahan sel
d. untuk membuat bakteri hancur
e. untuk mengaktifkan inti sel bakteri hingga dapat memproduksi enzim baru

5.    HIV di dalam penderita AIDS mengakibatkan penderita mengalami ……
a. Peningkatan kadar trombosit
b. Penurunan kadar trombosit
c. Rapuhnya sistem kekebalan
d. Menurunya sistem kekebalan
e. Kerusakan hati

INDIKATOR 3 : MENGIDENTIIKASI CIRI/PERAN KELOMPOK JAMUR DAN PROTISTA (JAMUR, PROTITA,PROTOZOA, ALGA)

Ciri-ciri Protista :
  • Bersifat eukariotik
  • Uniseluler atau multiseluler
  • Belum memiliki jaringan yang sebenarnya
  • Protista dikelompokkan menjadi : protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan (Alga) dan protista mirip hewan (protozoa)

Ciri-Ciri Fungi :
  • Eukariotik
  • Tidak berklorofil
  • Memiliki dinding sel dari kitin
  • Tubuh tersusun dari hifa yang membentuk anyaman atau miselium
  • Habitat tempat lembab
  • Reproduksi vegetative dengan membentuk tunas, dan reproduksi generative dengan spora seksual
  • Klasifikasi fungi berdasarkan spora seksualnya (zygomycotina, Ascomycotina, Basidiomycotina, dan Deuteromycotina)
CONTOH SOAL

1.    Jenis ascomycota yag dapat mengubah ampas kacang menjadi oncom adalah...
a.    Aspergillus flavus             
b.    Neurospora sitophyla
c.    Aspergillus niger               
d.    Ustilago maydis
e.    Puccinia graminis

2.Perhatikan pernyataan dibawah ini 
  1. umumnya dapat membuat makanan sendiri
  2. tidak hidup sendiri (soliter) atau berkoloni (kelompok)
  3. memiliki alat gerak yaitu ada yang berupa kaki semu, bulu getar, atau bulu cambuk
  4. mampu bertahan hidup dalam lingkungan kering maupun basah
  5. tidak mempunyai dinding sel
  6. organisme bersel banyak

Yang termasuk ciri-ciri protozoa adalah.....
a.    1,2, dan 3                         
b.    2,3, dan 4
c.    3,4, dan5                          
d.    6 saja
e.    1,2,4, dan 5

3.    Kelompok jamur yang menguntungkan bagi manusia adalah...
a.    Pythium sp, pytophtora infestans, aspergillus fumigatos
b.    Epidermophyton floocosoem, ustilago maydis, saprolegnia
c.    Sprolegnia, aspergillus flavus, aspergillus fumigatus
d.    Ustilago maydis, aspergillus flavus, penicilium camemberti
e.    Volvariella volvaceae, auticularia polytrica, aspergillus oryzae

4.     Bagian tubuh ganggang biru berbentuk benang yag dapat tumbuh menjadi individu baru adalah...
a.    Nukleus
b.    Pirenoid
c.    Heterokista
d.    Hormogonium
e.    Reseptakulum

5.    Ditemukan satu jenis ganggang dengan ciri-ciri tubuh berbentuk benang, mempunyai kloroplas, berbentuk spiral dan tempat hidup di air tawar. Berdasarkan karakteristik tersebut, ganggang tersebut adalah...
a.    Volvox                            
b.    Rivularia
c.    Spirogyra         
d.    Clorococcum
e.    Chlamdomonas

INDIKATOR 4 : MENENTUKAN DASAR PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP

1.      TUJUAN KLASIFIKASI ::
  1. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-iap jenis, agar mudah dikenal;
  2. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya;
  3. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup; dan
  4. Mengetahui evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya.


2.      DASAR KLASIFIKASI

Klasifikasi makhluk hidup menggunakan dasar atau kriteria tertentu, yaitu persamaan ciri atau sifat morfologi, fisiologi, dan anatomi yang terdapat pada makhluk hidup.
Sistem klasifikasi makhluk hidup. Saat ini diketahui terdapat 3 (tiga) system klasifikasi makhluk hidup, yaitu Sistem Artifisial (Buatan),Sistem Alami, dan Sistem Filogenetik.
  1. Sistem Artifisial adalah klasifikasi yang menggunakan satu atau dua ciri pada makhluk hidup.  Sistem ini disusun dengan menggunakan ciri-ciri atau sifat-sifat yang sesuai dengan kehendak manusia, atau sifat lainnya. Misalnya klasifikasi tumbuhan dapat menggunakan dasar habitat (tempat hidup), habitus atau berdasarkan perawakan (berupa pohon, perdu, semak, ternak dan memanjat).
  2. Klasifikasi sistem alami menggunakan dasar persamaan dan perbedaan morfologi (bentuk luar tubuh) secara alami atau wajar. Contoh, hewan berkaki dua, berkaki empat, tidak berkaki, hewan bersayap, hewan bersirip, hewan berbulu, bersisik, berambut dan lain-lain. Sedangkan pada tumbuhan, ada kelompok tumbuhan berkeping biji satu, berkeping biji dua
  3. Sistem filogenetik disususn berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan antara takson yanbg satu dengan yang lainnya. Selain mencerminkan persamaan dan perbedaan sifat morfologi dan anatomi maupun fisiologinya, sistem ini pun menjelaskan mengapa makhluk hidup semuanya memiliki kesamaan molekul dan bio kimia, tetapi berbeda-beda dalam bentuk susunan dan fungsinya pada setiap makhluk hidup.

CONTOH SOAL

1.    Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam tumbuhan buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam klasifikasi sistem ….
a. natural                                             
b. manfaat
c. artifisial
d. buatan
e. praktis

2.    Penulisan nama Latin padi yang benar adalah ….
a. Oryza sativa                                    
b. oryza sativa                                   
c. Oriza Sativa
d. Oryza sativa  
e. Oriza sativa

3.    Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, kondisi jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….
a. semakin sedikit                          
b. berubah-ubah                                  
c. konstan   
d. semakin banyak
e. mengikuti posisi taksonnya

4.    Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang   dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
a. cara makannya autotrof                 
b. selalu bergerak                                  
c. cara makannya heterotrof 
d. bersifat tidak bergerak
e. cara hidup berkoloni

5.    Filum dalam klasifikasi hewan yang disebut juga ….
a. divisio                                                         
b. genus                                                     
c. marga
d. ordo     
e. spesies

INDIKATOR 5 : MENJELASKAN UPAYA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM TERTENTU

A. Pemanfaatan keanekaragaman hayati melalui usaha pelestarian
  1. Tebang pilih, yaitu penebangan pohon secara selektif (terpilih) bagi pohon-pohon yang memenuhi persyaratan untuk ditebang, baik dari segi umur, ketersediaan jenisnya, maupun jumlahnya.
  2. Reboisasi, yaitu penanaman kembali hutan bekas tebangan dengan tumbuhan yang masih muda.
  3. Perburuan musiman, yaitu pemanfaatan SDA pada musim tertentu, yaitu menghindari berburu pada musim kawin, masa hamil, atau masa beranak.
  4. Penganekaragaman bahan pangan, yaitu pemanfaatan SDA sebagai bahan pangan secara bervariasi dengan menghindari penggunaan bahan makanan satu jenis saja sehingga tidak menghabiskan jenis tersebut.


1. Perlindungan alam, dalam usaha menjaga kelestarian alam. Ada 2 cara, yaitu:
  • pelestarian in situ, yaitu pelestarian alam di habitat aslinya. Misalnya taman wisata, taman nasional, dan hutan lindung.
  • pelestarian ex situ, pelestarian alam bukan di habitat aslinya. Misalnya kebun koleksi, kebun botani, kebun binatang, dan kebun plasma nuftah.

2. Macam-macam perlindungan alam
  1. Perlindungan alam umum, yaitu secara terbimbing oleh para ahli atau diarahkan (seperti Kebun Raya Bogor dan Taman Nasional), dan secara ketat yang sesuai kehendak alam tanpa adanya campur Tangan manusia kecuali jika diperlukan..
  2. Perlindungan alam khusus, yaitu yang ditujukan kepada satu atau beberapa unsure alam tertentu. Contohnya: perlindungan botani, perlindungan zoology, perlindungan geologi, perlindungan alam antropologi, dan perlindungan ikan.
  3. Perlindungan satwa langka, yaitu yang dikenal dengan suaka marga satwa.


 Cara pelestariannya diantaranya:
  1. dibuat undang-undang perburuan serta tindakan hukuman bagi pelanggar.
  2. membiarkan hewan-hewan langka yang hampir punah.
  3. memindahkan hewan langka yang hamper punah ke habitat yang lebih cocok.

Konservasi

Konservasi,  perlu dilakukan untuk mengimbangi pemanfaatan terhadap keanekaragaman hayati.
Usaha-usaha pemerintah dalam konservasi (pelestarian) keanekaragaman hayati atau biodiversitas, antara lain sebagai berikut
  1. Cagar alam, yaitu perlindungan terhadap tumbuhan, hewan, dan keindahan alamnya. Keadaannya dibiarkan sesuai dengan perkembangan alam.
  2. Taman Nasional, yaitu kawasan konservasi alam dengan ciri khas tertentu. Berfungsi untuk melindungi jenis hewan dan tumbuhan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, kebudaaan dan rekreasi.
  3. Kebun Raya, yaitu kumpulan tumbuhan-tumbuhan yang berasal dari berbagai daerah yang ditanam untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan, dan rekreasi
  4. Wana Wisata, yaitu kawasan hutan yyang berfungsi unt kawasan wisata
  5. Hutan Lindung, yaitu kawasan hutan yang berfungsi untuk melindungi lahan agar tidak terkena erosi dan mengetur tata guana air.
  6. Taman Laut, yaitu wilayah lautan yang mempunyai ciri berupa keindahan alam, berfungsi untuk melindungi plasma mutfah lautan

SOAL

1. Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya :
a.    Penangkaran harimau Sumatera di kebun binatang
b.    Pembiakan badak bercula satu di Ujung Kulon secara alami
c.    Pembuatan taman kota di perkotaan
d.    Memelihara burung beo di dalam sangkar
e.    Melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya

2. Pendirian cagar alam di Ujung Kulon Jawa Barat bertujuan untuk :
a.    Pelestarian populasi Badak bercula satu
b.    Mengembang biakkan jenis-jenis tumbuhan langka
c.    Melestarikan berbagai jenis anggrek
d.    Melindungi kondisi alam di wilayah Ujung Kulon
e.    Menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara

3. Beberapa jenis hewan asli Indonesia  yang terancam punah antara lain : orang utan, badak bercula satu, komodo, harimau Sumatera. Upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan tersebut , adalah :
a.    Perluasan areal kebun binatang
b.    Konservasi secara ex situ
c.    Konservasi secara in situ
d.    Penurunan populasi penduduk
e.    Melakukan penelitian ilmiah mengenai kehidupan mereka

4. Pelestarian secara ex situ dapat dilakukan melalui cara-cara di bawah ini, kecuali :
a.    Pendirian kebun plasma nutfah
b.    Pengembangan kebun raya
c.    Pemeliharaan tumbuhan endemik
d.    Pelestarian hewan / tumbuhan langka di habitatnya
e.    Pendirian bank biji dan bank sperma

5. Pendirian Taman Laut Bunaken di Sulawesi bertujuan untuk :
a.    Melestarikan sumber daya hayati
b.    Menjaga kelestarian biota laut
c.    Melindungi sumber daya non hayati di laut
d.    Menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri
e.    Memenuhi keinginan para pemerhati lingkungan

6. Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya :
a.    Penangkaran harimau Sumatera di kebun binatang
b.    Pembiakan badak bercula satu di Ujung Kulon secara alami
c.    Pembuatan taman kota di perkotaan
d.    Memelihara burung beo di dalam sangkar
e.    Melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya

7.  Pendirian cagar alam di Ujung Kulon Jawa Barat bertujuan untuk :
a.    Pelestarian populasi Badak bercula satu
b.    Mengembang biakkan jenis-jenis tumbuhan langka
c.    Melestarikan berbagai jenis anggrek
d.    Melindungi kondisi alam di wilayah Ujung Kulon
e.    Menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara

8.  Beberapa jenis hewan asli Indonesia  yang terancam punah antara lain : orang utan, badak bercula satu, komodo, harimau Sumatera. Upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan tersebut , adalah :
a.    Perluasan areal kebun binatang           
b.    Konservasi secara ex situ
c.    Konservasi secara in situ                  
d.    Penurunan populasi penduduk
e.    Melakukan penelitian ilmiah mengenai kehidupan mereka

9.    Pelestarian secara ex situ dapat dilakukan melalui cara-cara di bawah ini, kecuali :
a.    Pendirian kebun plasma nutfah
b.    Pengembangan kebun raya
c.    Pemeliharaan tumbuhan endemik
d.    Pelestarian hewan / tumbuhan langka di habitatnya
e.    Pendirian bank biji dan bank sperma

5.    Pendirian Taman Laut Bunaken di Sulawesi bertujuan untuk :
a.    Melestarikan sumber daya hayati
b.    Menjaga kelestarian biota laut
c.    Melindungi sumber daya non hayati di laut
d.    Menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri

e.    Memenuhi keinginan para pemerhati lingkungan

INDIKATOR 6 : MENGIDENTIIKASI CIRI-CIRI KELOMPOK TUMBUHAN

Tingkatan klasifikasi pada tumbuhan yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
Tingkatan klasifikasi pada hewan yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa adalah genus/marga, paradisiaca adalah penunjuk jenis.

Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :
  1. Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)
  2. Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda (Equisetinae), paku sejati (Filicinae)
  3. Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)

Ciri-ciri tumbuhan berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga

Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :
1. Gimnospermae (terbuka) à ex : melinjo & pakis haji
2. Angiospermae (tertutup) à ex : mangga, rambutan

Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :
1. Dikotil (berkeping dua)
2. Monokotil (berkeping satu)

Ciri monokotil, yaitu (1) tulang daun umumnya sejajar
         (2) batang tak berkambium
         (3) akar serabut
         (4) bagian-bagian bunga kelipatan tiga.

Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :
1. Rumut-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi
2. Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu
3. Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja
4. Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili
5. Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit

Ciri dikotil, yaitu (1) tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip dll
    (2) batang berkambium
    (3) akar tunggang
    (4) bagian-bagian bunga kelipatan 2,4, atau 5.
Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :
  1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet
  2. Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang
  3. Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat
  4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air
  5. Komposite (Compositae), ex : bunga matahari

CONTOH SOAL

1. Suatu tumbuhan memiliki ciri-ciri urat daun sejajar, bagian  bunga keliipatan tiga, akar dan batang tidak tumbuh membesar.  Tumbuhan demikian termasuk ….
a. gymnospermae                   
b. angiospermae
c. monokotil                           
d. dikotil
e. spermatophyta

2. Tumbuhan yang bakal bijinya tidak terdapat didalam bakal buah tersebut ….
a. gymnospermae                 
b. spermatophyta
c. angiospermae                     
d. thalophyta
e. bryophyta

3. Pada angiospermae terjadi pertumbuhan ganda  dengan adanya peleburan antara inti generatif dengan sel telur dan inti generatif dengan ….
a. sel antipoda                         
b. inti sinergid
c. inti lembaga primer                
d. inti kandung lembaga primer
e. ovum

4. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk kedalam famili ….
a. poaceae                              
b. malvaceace
c. papilionaceae                      
d. euporbiaceae
e. zingiberaceae

5. Monokotil dan dikotil memeliki persaman dalam hal ….
a. satu kotiledon
b. jalur-jalur (venasi) pada daun
c. lingkaran tahunan pada batang
d. xilem yang berkembang dengan baik
e. floem terletak konsentris dengan xylem

INDIKATOR 7 : MENGIDENTIFIKASIKAN CARA PERKEMBANGAN HEWAN INVERTEBRATA

Dalam perkembangbiakannya, hewan-hewan invertebrata bereproduksi secara generatif, vegetatif, dan metagenesis.

Reproduksi Generatif
  • Reproduksi generatif terjadi melalui fertilisasi antara sel kelamin jantan dan betina. 
  • Hasil fertilisasi adalah zigot yang kemudian tumbuh menjadi individu baru yang memiliki sifat dari kedua induknya. 
  • Reproduksi generatif umumnya terjadi pada invertebrata tingkat tinggi, misalnya pada cacing hati (Fasciola hepatica) dan cacing pita(Taenia saginata).


Fasciola hepatica
  • Fasciola hepatica adalah cacing golongan Trematoda (cacing isap) yang hidup parasit di dalam saluran empedu atau dalam pembuluh darah hati manusia dan hewan ternak seperti sapi, babi, kerbau, dan domba. 
  • Daur hidup Fasciola hepatica berawal dari telur - mirasidium - masuk ke tubuh Lymnaea (siput air tawar) - sporokista - redia - serkaria - keluar dari tubuh siput - metaserkaria - kista - masuk ke tubuh domba - cacing dewasa.


Taenia saginata
  • Taenia saginata adalah cacing dari golongan Cestoda (cacing pita) yang menjadi parasit di dalam saluran pencernaan manusia apabila manusia tersebut mengonsumsi daging yang kurang masak. 
  • Daur hidup Taenia saginata yaitu telur - zigot (keluar bersama feses manusia) - masuk tubuh sapi atau babi - larva onkosfer - menuju otot lurik - sisteserkus - masuk ke tubuh manusia jika manusia tersebut makan daging yang kurang masak - cacing dewasa.


Reproduksi Vegetatif
  • Reproduksi vegetatif adalah reproduksi secara aseksual yang tidak melibatkan sel kelamin. 
  • Individu yang terbentuk berasal dari bagian anggora tubuh induk sehingga sifat yang dimiliki individu baru tersebut sama dengan induknya. 
  • Contoh reproduksi vegetatif adalah fragmentasi pada planaria dan pembentukan tunas (budding)pada Hydra.

Metagenesis
  • Metagenesis adalah pergiliran keturunan dari fase generatif ke fase vegetatif. beberapa hewan invertebrata mengalami metagenesis dalam hidupnya, antara lain berasal dari kelompok Coelenterata, yaitu Obelia sp. dan Aurelia sp.


CONTOH SOAL
1.    Hewan yang pencernaannya berlangsung secara intraseluler di koanosit tergolong dalam  filum…………
a.  Mollusca                
b.  Echinodermata
a.  Porifera
b.  Annelida
c.  Coelenterata

2.  Ada dua macam bentuk polip Obelia sp. Polip yang berfungsi untuk reproduksi disebut …………
a.  gonangium
b.  hidrant
c.  tentakel
d.  mesoglea
e.  gastrozoid

3.  Pada daur hidup Aurelia, stadium dengan ciri berenang bebas, mempunyai silia, dan tidak bertentakel dinamakan ………….
a.  efira
b.  skifistoma
c.  planula
d.  medusa
e.  strobilus

4.  Selama daur hidupnya, cacing hati (Fasciola hepatica) membutuhkan inang sebanyak…………
a.  1
b.  2
c.  3
d.  4
e.  5

5.    Pencegahan penularan cacing hati (Fasciola hepatica) pada manusia dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali………
a.   Memutus rantai hidup cacing hati
b.   Memberantas siput air sebagai inang sporokist
c.   Berusaha tidak memakan daging babi
d.   Mengonsumsi daging yang benar-benar matang atau aman
e.   Memasak tumbuhan sebelum dimakan

NDIKATOR 8 : MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI KELOMPOK HEWAN VERTEBRATA

KARAKTER VERTEBRATA
  • Vertebrata memiliki tubuh simetris bilateral dengan pembagian tubuh terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor.
  • Meskipun demikian, ada pula anggota Vertebrata tidak berleher dan tidak berekor.
  • Vertebrata memiliki susunan ruas tulang belakang (Kolumna Vertebralis) dan memiliki otak di dalam kranium (tulang tengkorak).
  • Vertebrata mempunyai endoskeleton (ragka dalam) dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh.
  • Pada kerangka melekat otot-otot kerangka.
  • Kulit vertebrata berlapis-lapis, yang terdiri atas epidermis (bagian kulit yang paling luar) dan dermis (kulit bagian dalam).
  • Vertebrata Dibagi  5  kelas, yaitu 
  1. Pisces   : Chrondrichthyes, dan Osteichthyes. 
  2. Amphibia, 
  3. Reptilia, 
  4. Aves, 
  5. Mamalia

1.    Pisces
  • Pisces (ikan) hidup di dalam air. Suhu tubuh pisces tidak tetap (berdarah dingin) atau disebut poikiloterm. Tubuh pisces terbagi atas kepala dan badan atau kepala, badan, dan ekor. Kulit (cutis)

2.    Amphibia
  • Amphibia termasuk hewan poikiloterm (berdarah dingin). Tubuhnya terbagi atas kepala dan badan atau kepala, badan dan ekor. Kulitnya lembab berlendir, terdiri dari dermis dan epidermis. Warna kulit bermacam-macam karena adanya pigmen di dalam dermis (biru, hiaju, hitam, coklat, merah, dan kuning) tepat di bawah epidermis. Amphibia mempunya 2 lubang hidung yang berhubungan dengan rongga mulut. Penghubung rongga mulut dan rongga hidung disebut koane. Sedangkan antara rongga

3.    Reptilia
  • Tubuh hewan Reptilia terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor. Kuit reptilia kering, bersisik terbuat dari zat tanduk yang berfungsi mencegah dehidrasi ketika udara kering. Reptilia termasuk hewan poikilotermal, yaitu suhu tubuh menyesuaikan dengan suhu lingkugan. Hewan reptilia hidup di darat tetapi ada beberapa hewan yang hidup di air. Mereka bernapas dengan menggunakan insang.

4.    Aves
  • Aves  memiliki suhu badan homoiterm (suhu badan tetap, tidak terpengaruh suhu lingkungan). Memiliki tubuh berbulu melindungi tubuh dan bulu yang membentuk sayap digunakan untuk terbang. Tulangnya berongga sehingga ringan. Berkembang biak secara bertelur (ovipar) dan pembuahan di dalam tubuh.  Telur aves bercangkang dan memiliki kuning telur yang besar. Bernafas dengan paru-paru

5.    Mamalia
  • Ciri khas dari mammalia adalah memiliki kelenjar susu. Susu dihasilkan oleh kelenjar (mammae) yang terdapat  di daerah perut atau dada. Mammalia disebut juga hewan menyusui karena menyusui anaknya.


  • Tubuh mammalia tertutup oleh rambut yang berfungsi sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan, segabai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai pelindung dari gesekan maupun sinar matahari, sebagai penyamar atau pertahanan untuk melindungi dari mangsa, dan sebagai penciri kelamin.
  • Mammalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Hewan ini memiliki suhu tubuh homoiterm (suhu tubuh tetap) dan bernafas dengan paru-paru. Mammalia memiliki otak yang lebih
  • Primata : Kelompok ini memiliki tangan dan kaki berjari lima. Jari-jari tersebut memiliki kuku tetapi tidak bercakar. Contoh hewan ordo primata adalah orang utan, kera ekor panjang

CONTOH SOAL
1. Dari semua jenis ikan yang ada sekarang, ikan dapat digolongkan menjadi tiga kelas yaitu
a.    Agnatha, Condrichthyes,dan Osteichthyes
b.    Reptile,agnatha dan osteichthyes
c.    Aves,pisces dan reptile
d.    Mamalia,aves dan reptile
e.    Amphibian,aves dan pisces

2. Vertebrata merupakan suatu anak filum dari hewan yang memiliki sumbusaraf atau otak dengan tubuh yang dilengkapi rangka dalam anggota vertebrata tersebut adalah….
a.    Aves-pisces-reptilia-mamalia
b.    Aves-pisces-reptilia-insecta
c.    Pisces-amphibia-insecta-reptilia
d.    Amphibia-aves-pisces-insecta
e.    Aves-pisces-insecta-mamalia

3. Kelas agnatha memiliki ciri-ciri tidak berahang, siripnya tidak berpasangan, rangka tubuhnya tersusun atas tulang rawan serta jantungya hanya memiliki satu ventrikel. Contoh ikan dari kelas ini adalah ikan
a.   Lamprey                                                
b.   Paus
c.   Gurami                                       
d.   Lumba-lumba
e.   Hiu

4.  Contoh hewan yang termasuk hewan amphibia adalah
a.  Ayam                                         
b.  Badak
c.  Cacing                                       
d.  Domba
e.  Katak

5.  Ikan pesut dan lumba-lumba merupakan fauna air yang termasuk hewan….
a.  Aves                                          
b.  Mamalia
c.  Amphibi                                     
d.  Pisces
e.  Reptilian

INDIKATOR 9 : MENGANALISIS HUBUNGAN ANTARKOMPONEN DAN ALIRAN ENERGI DALAM SUATU EKOSISTEM

Interaksi antar organism
  • Semua makhluk hidup selalu bergantung kepada makhluk hidup yang lain. 
  • Tiap individu akan selalu berhubungan dengan individu lain yang sejenis atau lain jenis, baik individu dalam satu populasinya atau individu-individu dari populasi lain. 
  • Interaksi demikian banyak kita lihat di sekitar kita.

 Interaksi antar organisme dalam komunitas ada yang sangat erat dan ada yang kurang erat. Interaksi antarorganisme dapat dikategorikan sebagai berikut.

Netralisme 
  • Hubungan tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak, disebut netral. 
  • Contohnya : antara capung dan sapi.


Predasi
  • Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. 
  • Contoh : Singa dengan mangsanya, yaitu kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus.


Parasitisme
  • Parasitisme adalah hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnya sehingga bersifat merugikan inangnya.
  • Contoh : Plasmodium dengan manusia, Taeniasaginata dengan sapi, dan benalu dengan pohon inang.


Komensalisme
  • Komensalisme merupakan hubunganantara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan; salah satu spesies diuntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan. 
  • Contohnya anggrek dengan pohon yang ditumpanginya.


Mutualisme
  • Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh, bakteri Rhizobium yang hidup pada bintil akar kacang-kacangan.


Interaksi Antarpopulasi
  • Antara populasi yang satu dengan populasi lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung dalam komunitasnya.Contoh interaksi antarpopulasi adalah sebagai berikut.


  • Alelopati merupakan interaksi antarpopulasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi tumbuhnya populasi lain. Contohnya, di sekitar pohon walnut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Pada mikroorganisme istilah alelopati dikenal sebagai anabiosa.Contoh, jamur Penicillium sp. dapat menghasilkan antibiotika yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.


  • Kompetisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh, persaingan antara populasi kambing dengan populasi sapi di padang rumput.


Interaksi Antar Komunitas

  • Komunitas adalah kumpulan populasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan saling berinteraksi. Contoh komunitas, misalnya komunitas sawah dan sungai. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme, misalnya padi, belalang, burung, ular, dan gulma. Komunitas sungai terdiri dari ikan, ganggang, zooplankton, fitoplankton, dan dekomposer. Antara komunitas sungai dan sawah terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah dan peredaran organisme hidup dari kedua komunitas tersebut.


  • Interaksi antarkomunitas cukup komplek karena tidak hanya melibatkan organisme, tapi juga aliran energi dan makanan. Interaksi antarkomunitas dapat kita amati, misalnya pada daur karbon. Daur karbon melibatkan ekosistem yang berbeda misalnya laut dan darat.


Interaksi Antar komponen Biotik dengan Abiotik
  • Keberadaan komponen abiotik dalam ekosistem sangat mempengaruhi komponen biotik. Misal: tumbuhan dapat hidup baik apabila lingkungan memberikan unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan tersebut, contohnya air, udara, cahaya, dan garam–garam mineral. Begitu juga sebaliknya komponen biotik sangat mempengaruhi komponen abiotik yaitu tumbuhan yang ada di hutan sangat mempengaruhi keberadaan air, sehingga mata air dapat bertahan, tanah menjadi subur. Tetapi apabila tidak ada tumbuhan, air tidak dapat tertahan sehingga dapat menyebabkan tanah longsor dan menjadi tandus.

Komponen abiotik yang tidak tergantung dengan biotik antara lain:
gaya grafitasi, matahari, tekanan udara.

D. Interaksi Antar Komponen Abiotik dengan Biotik
  • Di antara produsen, konsumen dan pengurai adalah saling ketergantungan. Tidak ada makhluk hidup yang hidup tanpa makhluk lainnya. Setiap makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lainnya untuk saling mendukung kehidupan baik secara langsung maupun tak langsung. Hubungan saling ketergantungan antar produsen, konsumen dan pengurai. Terjadi melalui peristiwa makan dan memakan melalui peristiwa sebagai berikut:
  • Masih ingatkah kamu mengenai pengertian produsen? Apa yang terjadi dengan senyawa organik yang dihasilkan oleh produsen? Beberapa di antaranya dipanen oleh hewan pemakan tumbuhan yaitu herbivora. Herbivora bukan hanya sapi atau rusa, tetapi juga serangga. Sebagian hasil tumbuhan dikonsumsi oleh organisme penghancur (fungi dan bakteri) dan pada komunitas tertentu sedikit hasil bersih tersimpan (seperti timbunan gambut di rawa).


  • Pada hutan muda, jumlah total bahan organik makin meningkat setiap tahun dengan meningkatnya ukuran pohon. Keadaan ini juga merupakan penyimpanan, tetapi jika hutan menjadi dewasa, bahan organik akan hilang karena kematian dan kehancuran. Energi yang hilang (hancur) tersebut, jika ditambahkan dengan kehilangan karena dimakan hewan, jumlahnya sama dengan produk bersih tumbuhan. Dalam hal ini tidak ada pertambahan lebih lanjut dalam biomassa dari tahun ke tahun. Istilah biomassa digunakan untuk melukiskan seluruh bahan organik yang terdapat dalam satu ekosistem. Jika sebagian biomassa suatu tumbuhan dimakan, energi itu diteruskan ke suatu heterotrof. Pada belalang misalnya, untuk tumbuh dan melaksanakan kegiatannya berkat energi yang tersimpan dalam tumbuhan yang dimakannya.


  • Pada gilirannya, herbivora akan menyediakan makanan untuk karnivora. Belalang tadi dapat dimakan oleh katak. Proses pemindahan energi dari makhluk ke makhluk dapat berlanjut. Katak dapat dimakan oleh ular, yang pada gilirannya ular dimakan oleh burung elang. Lintasan konsumsi makanan seperti di atas disebut Rantai Makanan, atau “food chains”. Semua rantai makanan berasal dari organisme autotrofik. Lihat bagan di bawah ini.


  • Organisme yang langsung memakan tumbuhan disebut herbivor (konsumen primer), yang memakan herbivor disebut karnivor (konsumen sekunder), dan yang memakan konsumen sekunder disebut konsumen tersier. Setiap tingkatan organisme dalam satu rantai makanan disebut tingkatan tropik. Dalam ekosistem rantai makanan-rantai makanan itu saling bertalian.


  • Kebanyakan sejenis hewan memakan yang beragam, dan makhluk tersebut pada gilirannya juga menyediakan makanan berbagai makhluk yang memakannya, maka terjadi yang dinamakan jaring-jaring makanan (food web),

CONTOH SOAL

1.    Dalam suatu ekositem kolam terdapat
  1. Ikan karnivora
  2. Bakteri pengurai
  3. Ikan herbivora
  4. Zat-zat organik
  5. fitoplankton

Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan dengan susunan...
A. 5 – 3 – 2 – 1 – 4
B. 3 – 4 – 5 – 1 – 2
C. 2 – 3 – 5 – 4 – 1
D. 4 – 5 – 1 – 2 – 3
E. 5 – 3 – 1 – 4 – 2

2.  Kepadatan populasi merupakan hubungan antara jumlah anggota populasi dengan area yang ditempati. Kepadatan populasi ditentukan oleh faktor kecuali
a. makanan                                        
b. Imigrasi
c. Emigrasi                                          
d. Natalitas
e. Mortalitas

3.    Pasangan organisme dan taraf trofik berikut yang TIDAK tepat adalah...
a. sianobakteria – konsumen 1                       
b. belalang – konsumen primer
c. fitoplankton – produsen                  
d. elang – konsumen tersier
e. fungi – dekomposer

4.    Pernyataan yang tepat untuk daur nitrogen berikut ini kecuali
a. nitritasi diperlukan nitrit
b. melibatkan bakteri Nitrobakter
c. bersifat anaerob
d. membentuk nitrat
e. bahan utamanya amoniak

5.    ikut adalah beberapa mikroorganisme yang dapat mengikat nitrogen baik secara langsung ataupun tidak, kecuali...
a. Rhizobium leguminosorum                         
b. Azotobacter sp.
c. Nostoc sp.                                                   
d. Anabaena sp.

e. Xanthomonas

INDIKATOR 10 : MENJELASKAN PROSES YANG TERJADI PADA DAUR BIOGEOKIMIA


Daur biogeokimia adalah daur zat atau materi ataupun senyawa kimia yang melalui komponen biotik dan abiotik. Terdiri dari daur air, daur  nitrogen, daur fosfor, daur karbon, dan daur sulfur. Di sini saya akan menjelaskan secara singkat penjelasan masing-masing daur.

Daur Air
Perpindahan air dari darat, laut, sungai, rawa, atmosfer, dan antara organisme dengan lingkungan.
Tahapan:
  1. Air dari permukaan bumi akan menguap (evaporasi)
  2. Di udara, air tersebut akan menjadi awan dan mengalami kondensasi
  3. Terjadi hujan, air turun kembali ke permukaan bumi

Daur Nitrogen
  • Pada umumnya makhluk hidup tidak dapat mengambil langsung nitrogen yang ada di udara. Tapi nitrogen dapat diambil pada proses fiksasi nitrogen oleh bakteri Azotobacter dan Rhizobium.

Nitrifikasi.
  • Nitritasi : proses pengubahan amonia menjadi ion nitrit oleh Nitromonas dan Nitrococcus
  • Nitratasi: proses pengubahan nitrit menjadi nitrat oleh Nitrobacter
  • Denitrifikasi: proses pemecahan senyawa HNO3 menjadi gas N2 oleh Pseudomonas denitrificans dan Thiobacillus denitrificans


Daur Fosfor
  • Sangat dibutuhkan untuk membentuk asam nukleat, protein, ATP
  • Fosfor tidak mengalami fase gan
  • Batuan yang mengandung fosfat → pelapukan → fosfat terbawa ke laut → terbentuk sedimen
  • Bakteri dan jamur → mengurai materi anorganik di tanah → fosfor → dipakai tumbuhan
  • Fosfat di tanah → digunakan tumbuhan → dimakan herbivor → dimakan karnivor → fosfat keluar melalui urin dan feses

Daur Karbon
  • Sumber karbon di alam: CO2
  • CO2 di alam → fotosintesis → tumbuhan mati → karbon tersimpan di dalam fosil
  • Makhluk hidup bernapas → mengeluarkan CO2 dipakai untuk fotosintesis
  • Hewan mati → karbon tersimpan di dalam fosil
  • Fosil → bahan bakar → CO2 terlepas  kembali ke udara


Daur Sulfur
  • Sulfur → fotosintesis → hewan → protein
  • Sulfur mengalir ke laut atau terurai menjadi gas H2S dan SO2 → hujan


CONTOH SOAL

1.    Organisme perlu melakukan respirasi, hal tersebut berkaitan dengan....
a.    Daur Air               
b.    Daur Karbon
c.    Daur Nitrogen      
d.    Daur Sulfur                                  
e.    Daur Fosfor

2.    Dalam piramida energi, akan terlihat bahwa trofik yang mengandung energi paling sedikit adalah....
a.   Produsen                        
b.    Konsumen tingkat 1
c.   Dekomposer       
d.    Konsumen tingkat 2         
e.    TOP Predator

3.    Pada piramida makanan, dasar piramida ditempati oleh....
a.    Produsen                        
b.    Konsumen tingkat 1
c.    Dekomposer       
d.    Konsumen tingkat 2                     
e.    TOP Predator

4.    Makhluh hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 adalah....
 a.    Ular, Kelinci, Burung Elang
b.    Kelinci,Ular, Harimau
c.    Kijang,Kelinci, Burung
d.    Kijang,Kelinci,Tikus
 e.    Tikus,Harimau,Kijang

5.    Dalam rantai makanan, tumbuhan hijau merupakan....
a.    Konsumen                        
b.    Produsen dan pengurai
c.    Produsen                       
d.    Konsumen dan pengurai 
e.    Pengurai

INDIKATOR 11 : MENJELASKAN KETERKAITAN ANTARA KEGIATAN MANUSIA DENGAN MASALAH PERUBAHAN/PENCEMARAN LINGKUNGAN


Pola Kehidupan Di Darat
Faktor-faktor yang mempengaruhi pola kehidupan di darat, antara lain:
  1. Keadaan tanah
  2. Suhu
  3. Angin
  4. Kelembaban udara
  5. Curah hujan
  6. Pancaran sinar matahari

Pola kehidupan di darat dapat mengalami perubahan menurut musim, misalnya:
  • Pada waktu musim hujan kelembaban udara cukup tinggi, tanah basah, tumbuhan hidup subur.
  • Pada waktu musim kemarau kelembaban udara menurun, tumbuhan sebagian mati.

Pola Kehidupan di air
Lingkungan hidup di air dapat dibedakan menjadi:
  1. Lingkungan air tawar: sungai, rawa, kolam, parit
  2. Lingkungan air asin: laut
  3. Lingkungan air payau: danau air tawar

Faktor yang penting dalam kehidupan di air adalah sifat-sifat air itu sendiri, misalnya:
Pola kehidupan di air akibat cahaya matahari

Lingkungan air yang tembus cahaya matahari mengakibatkan tumbuhan hijau sebagai produsen dapat mengadakan proses fotosintesis. Proses fotosintesis menghasilkan zat makanan yang berguna bagi tumbuhan air dan merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya di dalam air.
Lingkungan air yang dalam tidak tembus cahaya matahari merupakan daerah yang tidak ada produsen, sehingga hewan yang hidup adalah pemangsa dan pengurai (karnivora dan saprovora), yang mendapat makanan dari bahan-bahan yang mengendap di dasarnya.
Dalam kehidupan air berlangsung perpindahan energi dari sinar matahari ke tumbuhan air ke konsumen.

Pola kehidupan di air akibat zat-zat pelarut
Limbah-limbah industri yang terlarut di dalam air dapat mengakibatkan produsen dalam air tidak berkembang sehingga ikan-ikan kekurangan makanan dan akhirnya mati.
Pemupukan sering dilakukan pada kolam ikan agar tumbuhan air sebagai produsen tumbuh subur sehingga makhluk hidup di dalam air tidak kekurangan makanan.
Pola kehidupan di air akibat gaya tekan ke atas
Karena adanya gaya tekan ke atas oleh air berlainan pada tiap kedalaman air, maka hewan yang hidup di daerah dasar berlainan jenisnya dengan yang hidup di daerah permukaan.
Pola kehidupan di air akibat perubahan suhu
Suhu yang mudah berubah-ubah dapat mempengaruhi kehidupan di dalam air, baik untuk produsen maupun bagi makhluk hidup lainnya.
Pla kehidupan di dalam air di semua lingkungan sebenarnya sama, hanya jenis makhluk hidupnya yang berbeda, hal ini disebabkan oleh sifat khas masing-masing lingkungan air tersebut.
c.       Pola Kehidupan Yang Khas
Hubungan timbal-balik antara komponen-komponen dalam suatu ekosistem merupakan pola kehidupan dalam suatu komunitas.

Pola kehidupan yang khas terbagi atas:
Simbiosis
     Simbiosis adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda dalam hubungan yang erat.
Jenis-jenis simbiosis yaitu:

  1. Simbiosis mutualisme, adalah cara hidup bersama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, misalnya: kupu-kupu dengan bunga, badak dengan sejenis burung, dan lain-lain.
  2. Simbiosis parasitisme, adalah cara hidup antara dua makhluk hidup yang berbeda, yang satu mendapat keuntungan, yang lainnya dirugikan, misalnya: benalu dengan pohon inang, tali putri dengan tumbuhan inang, kutu buah dengan tumbuhan inang, dan lain-lain.
  3. Simbiosis komensalisme, adalah cara hidup antara dua makhluk hidup yang berbeda, yang satu diuntungkan sedangkan yang lainnya tidak dirugikan, misalnya: ikan hiu dengan ikan-ikan remosa, tumbuhan paku dengan pohon yang tinggi, dan lain-lain.

Antibiosis 
Antibiosis atau anti simbiosis adalah persekutuan hidup antara dua jenis makhluk hidup, yang satu menghambat kehidupan makhluk hidup lainnya. Misalnya: Pennicillium dengan jamur dan bakteri tertentu pennicillium dapat menghasilkan penicilin (sejenis antibiotik) dan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri tertentu.
Macam-macam antibiotika yang dihasilkan dari pola kehidupan sebagai antibiosis, antara lain: Penisilin, Streptomisin, Kloromisin, Anreomisin, Teramisin, Tetraksiklin, dan lain-lain.

CONTOH SOAL

1.    Selain mencemari lingkungan, pemakaian pestisida yang terus menerus memberikan dampak negatif, antara lain...
a.    Menurunnya populasi serangga
b.    Meningkatnya hasil panen
c.    Meluasnya distribusi serangga
d.    Resistansi serangga terhadap pestisida
e.    Keanekaragaman serangga menurun

2.    Efek rumah kaca yang disebabkan oleh manusia menimbulkan masalah lingkungan secara global karena adanya kenaikan…
a.    Kelembapan udara
b.    Kadar partikulat udara
c.    Kadar CO2 di atmosfer
d.    Suhu lingkungan
e.    Kadar bahan pencemar

3.    Pada zaman dahulu penduduk desa selalu menerapkan sistem ladang berpindah. Kerugian sistem tersebut adalah…
a.    Menghabiskan waktu dan tenaga
b.    Tanah yang ditinggalkan menjadi gersang
c.    Membutuhkan biaya yang banyak
d.    Banyak hutan yang rusak karena ditebang
e.    Kesulitan dalam mencari tempat tinggal

4.    Di antara perbuatan berikut ini yang melanggar etika lingkungan adalah…
a.    Membunuh hewan buas yang akan menerkam anak
b.    Memelihara hewan buas untuk kesenangan
c.    Mengembangbiakkan hewan langka
d.    Melakukan penghijauan
e.    Mengembangkan predator alami

5.    Dampak penggunaan pupuk yang berlebihan adalah…
a.    Meningkatnya produktivitas tanah
b.    Penyerapan unsur hara menjadi lebih cepat
c.    Terbunuhnya musuh alami hama
d.    Tanaman tumbuh kerdil dan daunnya kuning
e.    Terjadi penimbunan bahan organik dalam tanah

Wednesday, March 25, 2015

RESPON UJIAN SEKOLAH

Hari ini hari terakhir ujian Sekolah Kimia dan Geografi  .....setelah dilihat hasilnya dari koreksian Ujian Biologi ternyata anak anak masih belum maksimal belajar biologinya masih rata ratanya dari 120 anak salah 9 hanya betul 31 sehingga masih 77,5 ....nilai yang masih menjijikkan kata temen yang sudah sering diomelin pak is . Namun apapun hasilnya masih untung itu bukan hasil UN ....belajar lagi ya anak anak Gonz . Saya seneng karena ada 1 anak yang dapat 100 PG nya bener semua .....dari dulu sampai sekarang belum ada  hehehe  kalau salah 1 , salah 2 atau salah 3 sih udah biasa hehe  

Support web ini

BEST ARTIKEL