- Bagaimana urutan mengerjakan genetika yang benar ?
- Mengapa penulisan phenotipe kode genetik genotif selalu 2 huruf sama depan belakangnya
- Apakah phenotipe itu ? jelaskan dengan rinci
- Bagaimana cara penentuan gamet pada proses persilangan ?
- Mengapa gen linkage menjadikan berkurang variasi gametnya?
- Jika ayam Walnut RrPp disilangkan dengan jenis Rose Rrpp bertelur 8 berapa yang walnut ?
- Jagung Hitam epistasis terhapadap kuning , tentukan kedua induk jagung jika dari persilangan itu menghasilkan ratio keturunan 2 hitam : 1kuning : 1 putih
- Bunga ungu dengan bunga ungu menurunkan keturunan sebesar 960 tanaman berapa jumlah tanaman turunannya itu yang berwarna merah
- Bunga Merah (M1m1M2m2M3m3) disilangkan sesamanya Ratio yang dihasilkan dari persilangan itu antara merah dan putih adalah , tentukan rumusnya untuk menentukan rumus itu
- Tentukan gamet AaBb , AaBBCCDdEE , AABBCC , AaBbCcDdEE dan tentukan pula gamet AaBb jika AB linkage , AaBBCcDdEe jika CD linkage
Sebaiknya anda tahu dan memahami sebelum mempelajari Genetika lebih dalam OK
Gregor Mendel (1822 - 1884)
- Ilmu prinsip dasar keturunan layak berterima kasih kepada penemunya, Gregor Mendel
- Seorang rahib Austria tak terkenal
- Ilmuwan amatir yang obyek penyelidikan briliannya semula tidak diacuhkan oleh dunia ilmu
- Mendel dilahirkan tahun 1822 di kota Heinzendorf di daerah daulat kerajaan Austria yang kini masuk bagian wilayah Cekosiowakia
- Tahun 1843 dia masuk biara Augustinian, di kota Brunn, Austria (kini bernama Brno, Ceko)
- Dia menjadi tahib tahun 1847.
- Tahun 1850 dia ikut ujian peroleh ijasah guru, tetapi gagal dan dapat angka terburuk dalam biologi!
- Meski begitu, kepada pendeta di biaranya mengirim Mendel ke Universitas Wina, dari tahun 1851-1853 dia belajar matematika dan ilmu pengetahuan lainnya.
- Mendel tak pernah berhasil mengantongi ijasah guru resmi, tetapi dari tahun 1854-1868 dia menjadi guru cadangan ilmu alam di sekolah modern kota Brunn.
- Sementara itu, mulai tahun 1856 dia memperlihatkan pengalaman-pengalamannya yang masyhur di bidang pembiakan tumbuh-tumbuhan.
- Menjelang tahun 1865 dia sudah menemukan hukum keturunannya yang kesohor dan mempersem bahkan kertas kerjanya di depan perkumpulan peminat sejarah alam kota Brunn.
- Tahun 1866 hasil penyelidikannya diterbitkan oleh majalah Transactions milik perkumpulan itu di bawah judul "Experiments with Plant Hybrids."
- Kertas kerja keduanya diterbitkan oleh majalah itu juga tiga tahun kemudian.
- Kendati majalah itu bukanlah majalah besar, tetapi banyak terdapat di pelbagai perpustakaan besar.
- Di samping itu Mendel mengirim satu salinan kepada Karl Nageli, seorang tokoh disegani di bidang ilmu keturunan.
- Nageli membaca salinan itu dan kirim balasan kepada Mendel tetapi dia tidak paham apa yang teramat penting dalam salinan kertas kerja Mendel itu.
- Sesudah itu umumnya kertas kerja Mendel diabaikan dan nyaris dilupakan orang hampir tiga puluh tahun lamanya.
- Tahun 1866 Mendel naik pangkat ditunjuk jadi pendeta kepala di biaranya.
- Kesibukan administrasi rutin membuatnya kehabisan tempo melanjutkan penyelidikannya dalam bidang tanam-tanaman.
- Ketika dia meninggal tahun 1884 dalam usia enam puluh satu, penyelidikan briliannya nyaris dilupakan orang dan dia tak peroleh pengakuan apa pun untuk penyelidikan itu.
- Jerih payah Mendel baru diketemukan kembali tahun 1900 oleh tiga ilmuwan dari tiga bangsa yang berbeda-beda: Hugo de Vries dari Negeri Belanda, Carl Correns dari Jerman dan Erich von Tschermak dari Austria.
- Mereka bekerja secara terpisah tatkala menemukan artikel Mendel.
- Masing-masing mereka sudah punya pengalaman sendiri di bidang botani.
- Masing-masing secara tersendiri menemukan hukum Mendel.
- Dan masing-masing (sebelum menerbitkan buku) secara seksama mempelajari hasil kerja Mendel dan masing-masing pula menjelaskan bahwa penyelidikannya memperkuat pendapat Mendel.
- Satu kebetulan segitiga yang aneh!
- Lebih dari itu, di tahun itu juga, William Bateson, ilmuwan berkebangsaan Inggris, menemukan pula kertas kerja Mendel yang asli dan segera mengedepankan kepada kalangan dunia ilmu.
- Di penghujung tahun itu Mendel dapat sambutan meriah dan penghargaan atas begitu hebat karya-karya yang dilakukannya selama masa hidupnya.
- Bukti-bukti apakah perihal keturunan yang sudah ditemui Mendel?
- Pertama, Mendel mengetahui bahwa pada semua organisme hidup terdapat "unit dasar" yang kini disebut gene yang secara khusus diturunkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.
- Dalam dunia tumbuh-tumbuhan yang diselidiki Mendel, tiap ciri pribadi, misalnya warna benih, bentuk daun, ditentukan oleh pasangan gene.
- Suatu tumbuhan mewariskan satu gene tiap pasang dari tiap "induk"-nya.
- Mendel menemukan, apabila dua gene mewariskan satu kualitas tertentu yang berbeda (misalnya, satu gene untuk benih hijau dan lain gene untuk benih kuning) akan menunjukkan dengan sendirinya dalam tumbuhan tertentu itu.
- Tetapi, gene yang berciri lemah tidaklah terhancurkan dan mungkin diteruskan kepada tumbuhan keturunannya.
- Mendel menyadari, tiap kegiatan sel atau gamete (serupa dengan sperma atau telur pada manusia) berisi cuma satu gene untuk satu pasang.
- Dia juga menegaskan, adalah sepenuhnya suatu kebetulan bilamana gene dari satu pasang terjadi pada satu gamete dan diteruskan kepada keturunan tertentu.
- Hukum Mendel, meski sudah dilakukan perubahan kecil, tetap merupakan titik tolak dari ilmu genetika modern.
- Bagaimana Mendel selaku seorang amatir mampu menemukan prinsip yang begitu penting yang menyisihkan begitu banyak biolog profesional yang masyhur yang ada sebelumnya?
- Untungnya, dia memilih untuk bidang penyelidikannya jenis tumbuhan yang ciri-ciri khasnya ditentukan oleh seperangkat gene.
- Kalau saja ciri-ciri pokok yang diselidikinya masing-masing sudah ditentukan oleh pelbagai perangkat gene, penyelidikannya akan menghadapi kesulitan yang luar biasa.
- Tetapi, keberuntungan ini tidak akan menolong Mendel kalau saja dia tidak punya sifat kecermatan yang dahsyat dan kesabaran seorang pencoba, dan juga tidak akan menolongnya apabila dia tidak menyadari bahwa perlu membuat analisa statistik dari pengamatannya.
- Karena faktor contoh-contoh di atas, umumnya mungkin tidak bisa diduga jenis kualitas mana sesuatu keturunan akan mewariskan.
- Hanya lewat sejumlah besar percobaan (Mendel sudah mencatat hasil lebili dari 21.000 tumbuh-tumbuhan!), dan lewat analisa hasil-hasilnya,Mendel dapat menarik kesimpulan terhadap hukum-hukumnya.
- Jelaslah, hukum keturunan merupakan penambah penting buat pengetahuan manusia, dan pengetahuan kita tentang genetika mungkin akan lebih dapat dipraktekkan di masa depan daripada sebelumnya.
- Ada pula faktor yang tak boleh diabaikan kalau kita memutuskan dimana Mendel mesti ditempatkan dalam urutan daftar peneliti biologi genetika yang handal
- Karena penemuannya diremehkan di saat hidupnya, dan kesimpulan-kesimpulannya diketemukan oleh ilmuwan yang datang belakangan, penyelidikan Mendel dianggap tidak berdiri sendiri.
- Apabila alasan ini dipaksakan, orang bisa berkesimpulan bahwa Mendel mungkin bisa tersisihkan sepenuhnya dari daftar, seperti halnya Leif Ericson, Aristarchus, Ignaz Semmelweiss telah disisihkan guna memberikan tempat buat Colombus, Copernicus dan Joseph Lister.
- Tetapi, ada beda antara kasus Mendel dengan lainnya.
- Pekerjaan Mendel terlupakan hanya sebentar, dan begitu diketemukan kembali, segera melangit.
- Lebih jauh dari itu, de Vries, Correns, dan Tschermak, meskipun mereka menemukan kembali prinsip-prinsipnya secara independen, toh dia baca karya Mendel dan mengutip hasil-hasilnya.
- Akhirnya, orang tidak bisa bilang karya Mendel tak berpengaruh kendati de Vries, Correns dan Tschermak tak pernah hidup di dunia.
- Artikel-artikel Mendel sudah tersebar luas riwayat-riwayatnya (oleh W.O. Focke) sekitar masalah keturunan. Tulisan itu cepat atau lambat sudah dapat dipastikan akan diketemukan juga oleh mahasiswa-mahasiswa yang serius di bidang itu. Juga layak dicatat, tak satu pun dari ketiga ilmuwan itu yang menuntut bahwa merekalah penemu ilmu genetika. Juga, secara umum dunia ilmu sudah menyebutnya sebagai "Hukum Mendel."
- Penemuan Mendel kelihatannya bisa dibandingkan dengan penemuan Harvey, baik dari segi orisinalnya maupun arti pentingnya tentang peredaran darah, dan dia sudah ditempatkan pada urutan yang sewajarnya.
- OK Wasallam
1. Individu PPQQRrSS dapat dilahirkan dari pasangan berikut
(A) PPQQRRSS >< PPQQRRSS
(B) PpQqRrSs >< PpQqRRSs
(C) PPqqRRss >< ppQQRRSS
(D) PpQqRRSs>< ppqqRRss
(E) PPQQRRSS
>< PPqqRRss
2. Persilangan mangga manis besar dengan mangga masam kecil
menghasilkan 100% mangga manis besar. Bila F1 disilangkan
dengan P homozigot resesif, maka presentasi mangga masam kecil pada F2 ?
(A) 0%
(B) 12,5%
(C) 25%
(D) 50%
(E) 75%
3. Pada penyilangan tanaman kapri, kedua induknya berbiji
bulat dan berwarna kuning. Dari hasil penyilangan didapatkan 193 biji dan
ternyata bervariasi: 110 bulat kuning, 35 bulat hijau, 37 kisut kuning, 11
kisut hijau. Dari hasil tersebut dapat diduga bahwa
(A) Kedua induk kapri heterozigot
(B) Kedua induk kapri homozigot
(C) Induk yang satu homozigot, yang lain heterozigot
(D) Pada waktu pembentukan gamet terjadi mutasi
(E) Terjadi
penyimpangan dari hukum mendel
4. Terjadi penyilangan antara AaBb >< aabb. Gen A dan B
masing-masing terletak pada dua kromosom yang berlainan. Perbandingan genotip
yang terbentuk adalah
(A) 9 : 3 : 3 : 1
(B) 2 : 1 : 1 : 2
(C) 4 : 2 : 2 : 1
(D) 1 : 1 : 1 : 1
(E) 9 : 3 : 4
5. Jeruk purut manis yang kulitnya berkerut kasar disilangkan
dengan jeruk purut asam yang kulitnya berkerut halus, ternyata menghasilkan
keturunan yang 100% berasa manis dan kulit berkerut halus. Pernyataan berikut
yang salah adalah
(A) Rasio fenotip F2 adalah
9 : 3 : 3 : 1
(B) Rasio genotif F2 = 1
: 2 : 1 : 2 : 4 : 2 : 1 : 2 : 1
(C) Rasa manis dan kulit berkerut halus adalah dominan
(D) 9/16 keturunan F2 adalah
jeruk manis dengan kulir berkerut halus
(E) 3/16
keturunan F2 adalah jeruk asam dengan kulit
berkerut kasar
6. Gen H epistatis terhadap K, bila kulit biji gandum hitam
(HHkk) disilangkan dengan kulit biji gandum kuning (hhKK) maka kulit biji
gandum hitam pada F2 dapat bergenotip
(A) HHkk dan hhKk
(B) HhKk dan hhkk
(C) Hhkk dan HhKk
(D) Hhkk dan HHKK
(E) Hhkk dan
hhkk
7. Bawang (Allium sp.) berumbi lapis merah disilangkan dengan
bawang berumbi lapis kuning menghasilkan 100% bawang berumbi lapis merah. Bila
sesame F1 disilangkan maka bagian merah F2 adalah
(A) 12/16
(B) 9/16
(C) 7/16
(D) 4/16
(E) 3/16
8. Pria albino homozigot menikah dengan wanita normal yang
ayahnya albino. Kemungkinan anak mereka normal homozigot adalah
(A) 75%
(B) 50%
(C) 25%
(D) 12,5%
(E) 0%
9. Sepasang suami istri masing-masing bergolongan darah A dan
B, ternyata anaknya hanya bergolongan darah AB dan B. genotip orang tuanya yang
mungkin adalah
(A) IAIA ><
IBIO
(B) IAIO ><
IBIO
(C) IAIO ><
IBIO
(D) IAIA ><
IBIB
(E) IAIO >< IBIB
10. Sepasang suami istri bergolongan darah masing-masing A,
M, Rh+ mempunyai anak tertukar di rumah
sakit. Bila ada 5 bayi, maka manakah yang mungkin anaknya
(A) A, M, Rh+
(B) B, N, Rh+
(C) AB, M, Rh
(D) O, MN, Rh-
(E) O, N, Rh+
11. Berikut ini merupakan sifat yang diturunkan lewat gonosom
adalah
(A) Albino
(B) Brakhidaktili
(C) Thalasemia
(D) Hipertrikosis
(E) Warna
kulit
12. Di antara kelainan berikut yang diturunkan secara resesif
melalui autosom adalah
(A) Buta warna
(B) Hemophilia
(C) Albino
(D) Brakidaktili
(E) Sindaktili
13. Seseorang yang menderita homofili mendapat sifat hemofili
dari
(A) Ayahnya
(B) Mungkin ayahnya
(C) Ibunya
(D) Mungkin ibunya
(E) Ayah dan
ibunya
14. Pria hemofili bergolongan darah A mungkin lahir dari
pasangan
(A) XHXH, IAIA >< XhY, IOIO
(B) XHXh, IAIB >< XhY, IBIB
(C) XhXh, IAIO >< XhY, IAIO
(D) XhXh, IAIA >< XHY, IOIO
(E) XHXh, IAIO >< XHY, IAIO
15. Usaha berikut termasuk usaha perbaikan keturunan secara
eugenetika, kecuali
(A) Berusahas mengetahui kelanin yang diturunkan pada calon
istri atau suami
(B) Menghindari pernikahan saudara dekat
(C) Tidak menikahkan anak penderita gangguan jiwa
(D) Memberikan gizi yang baik pada anak sejak dalam kandungan
(E) Membuat
peta selisih calon pasangan sebelum menikah
16. Pada
peristiwa intermediet, bunga merah yang disilangkan dengan bunga putih
menghasilkan bunga merah muda
SEBAB
Pada peristiwa
intermediet tidak ada gen yang bersifat dominan dan gen yang bersifat resesif
17. Seorang
ibu yang bergolongan darah AB dapt melahirkan anak laki-laki bergolongan darah
O
SEBAB
Sifat golongan
darah pada anak laki-laki hanya diturunkan dari ibu
18. Hemofili
dan buta warna terpaut pada gonosom
SEBAB
Kromosom
pembawa sifat hemofili dan butawarna adalah XH dan
XBW
19. Pernikahan
saudara dekat sebaiknya dihindari
SEBAB
Pada
pernikahan saudara dekat kemungkinan bertemu sifat resesif yang merugikan besar
sekali
20. Tikus berambut hitam disilangkan dengan tikus berambut
putih, ternyata keturunannya berambut abu-abu. Bila tikus abu-abu disilangkan sesamanya
dan melahirkan 12 anak. Maka pernyataan berikut benar adalah
(1) 3 berambut hitam
(2) 6 berambut abu-abu
(3) 3 ekor tikus lahir albino
(4) Tikus
abu-abu bergenotip heterozigot
21. Sifat keturunan yang dapat dibawa oleh androspermium
adalah
(1) Butawarna
(2) Albino
(3) Hemofili
(4)
Polidaktili
22. Seorang pria penderita hemofili mempunyai isteri normal
heterozigot dapat mempunyai anak bergenotip
(1) XHXh
(2) XHY
(3) XhY
(4) XHXH
23. Pria albino dan butawarna menikah dengan wanita normal
homozigot untuk kedua sifat dapat mempunyai anak
(1) Pria albino dan tidak butawarna
(2) Wanita albino dan tidak butawarna
(3) Pria tidak albini dan butawarna
(4) Wanita
tidak albino dan tidak butawarna
24. Brakidaktili merupakan kelainan berupa hari kaki dan jari
tangan pendek, terpaut pada autosom dan dalam keadaan homozigot dominan
bersifat letal. Anak yang menderita brakidaktili dapat dilahirkan dari pasangan
(1) BB >< Bb
(2) Bb >< Bb
(3) BB >< bb
(4) Bb
>< bb
25. Contoh kelainan pada pria yang diwariskan melalui
kromosom Y adalah
(1) Hipertrikokis
(2) Hemophilia
(3) Hysterix gravior
(4) Butawarna
pak, kita kanmasih meriset mutasi individu ber-sel tunggal, kami tidak memiliki komputer yg cukup cepat untuk melakukan pemetaan DNA kompleks.
ReplyDeletewaduh pak is,tugasnya kok ribet banget gak dikasih tau di kelas??
ReplyDeleteMana jawabannya
ReplyDelete