Pages

Friday, January 29, 2010

SKL BIO DAN SOAL

SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada keanekaragaman hayati di Indonesia

Konsep Esensial:

· Kunci determinasi

· Tata nama binomial

1

Mampu menjelaskan aturan tatanama binomial pada pemberian nama spesies

Dengan diberikan contoh nama ilmiah beberapa organisme siswa mampu menginterpretasikan nama ilmiah tersebut

Perhatikan nama ilmiah beberapa organisme berikut ini

1) Felis domestica

2) Felis tigris

3) Canis familiaris

4) Curcuma domestica

Organisme yang merupakan makhluk hidup yang bergenus sama adalah ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E. 3 dan 4

Dengan diberikan contoh kunci determinas sederhana, siswa dapat menggunakan untuk mengidentifikasi contoh organisme yang diberikan.


SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem

Konsep Esensial:

Tingkat keanekaragaman Hayati

· Gen

· Jenis

Ekosistem

2

Dengan disajikan berbagai kelompok organism, siswa mampu menentukan kelompok yang menunjukkan keanekaragaman pada tingkat gen

Perhatikan beberapa contoh keanekaragaman pada berbagai pedagang berikut ini

1) Berbagai macam pohon mawar

2) Berbagai macam ikan hias

3) Berbagai macam pisang

4) Berbagai macam burung

Keanekaragaman barang dagangan yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis / spesies ditunjukkan oleh ....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Dengan disajikan beberapa contoh organisme, siswa mampu menentukan organisme –organisme yang menunjukkan keanekaragaman pada tingkat spesies

Dengan disajikan beberapa contoh organisme, siswa mampu menyimpulkan tingkat keanekaragamanhayatinya


SKL: Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia

Konsep Esensial:

Virus

· Ciri-ciri

· Siklus lisogenik dan litik

· Peranan

Monera/Prokariota

· Ciri-ciri (prokariotik, koloni, cara hidup)

· Peranan (menguntungkan dan merugikan)

3

Mampu mendeskripsikan ciri-ciri bakteri /virus

Mampu mendeskripsikan ciri-ciri/siklus hidup virus berdasarkan gambar yang disajikan

Perhatikan gambar struktur bakteriofage berikut ini

Hubungan ciri hidup yang dimiliki virus dan bagian pengaturnya yang benar adalah …

A. Reproduksi – X

B. Koordinasi – X

C. Metabolisme – Y

D. Pencernaan – Y

E. Gerak - Z

Mampu menentukan peranan virus dan bakteri bagi kehidupan manusia


SKL: Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia

Konsep Esensial:

Protista

· Menyerupai hewan/protozoa: (Ciri, Klasifikasi, Reproduksi,peranan)

· Menyerupai tumbuhan

· Menyerupai jamur

4

Menggunakan gambar, siswa mampu membedakan kelompok protozoa (Rhizopoda, Flagellata, Ciliata, Sporozoa) berdasarkan ciri-ciri spesifiknya.

Perhatikan gambar beberapa protista yang menyerupai hewan berikut ini

1

2

3

4

5

Berdasarkan alat gerak yang dimilikinya kelompok flagellata ditunjukkan oleh organisme yang bernomor ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 5

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 5

Mampu memberikan contoh jenis protista yang menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia

Mampu membedakan organisme kelompok Algae (Chlorophyta, Chysophyta, Phaeophyta, Rhodophyta) berdasarkan ciri-ciri yang diberikan


SKL: Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia

Konsep Esensial:

Fungi

· Ciri-ciri

· Klasifikasi (spora seksual)

· Peranan

5

Dengan diberikan nama/gambar beberapa contoh jamur siswa Mampu menentukan contoh jenis Jamur yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia

Mampu mengidentifikasi fungí berdasarkan gambar/ciri-cirinya

Mampu membedakan ciri-ciri umum pengelompokan Jamur Zygomycotina, Ascomycotina, dan Basidiomycotina, baik menggunakan gambar/ciri yang diberikan

Perhatikan gambar spora seksual dan jenis hifa yang dimiliki fungi berikut ini

1

2

3

4

5

Zigomycotina mempunyai ciri-ciri spora seksual dan hifa secara urut yang ditunjukkan oleh gambar ....

A. 1 dan 4

B. 1 dan 5

C. 2 dan 4

D. 2 dan 5

E. 3 dan 4


SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan Plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji

Konsep Esensial:

Plantae :

Siklus Hidup Bryophyta, Pteridophyta dan Spermatophyta

6

Menggunakan gambar, mampu menjelaskan ciri-ciri pada tahap tertentu metagenesis tumbuhan lumut

Menggunakan gambar, mampu menjelaskan ciri-ciri pada tahap tertentu metagenesis tumbuhan lumut/paku

Perhatikan skema siklus perkembangan tumbuhan paku berikut ini

Penjelasan yang benar berkaitan dengan bagian X dan Y pada tabel berikut ini yang benar adalah...

X

Y

Fase

Sifat

Fase

Sifat

A

Tumbuhan paku

sporofit

prothallus

gametofit

B

Tumbuhan paku

gametofit

prothallus

sporofit

C

Prothallus

sporofit

Tumbuhan paku

gametofit

D

Prothallus

gametofit

Tumbuhan paku

sporofit

E

Prothallus

Gametofit dan sporofit

Tumbuhan paku

Gametofit dan sporofit

Menggunakan gambar, mampu menjelaskan ciri-ciri pada tahap tertentu metagenesis tumbuhan spermatophyta


SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata

Konsep Esensial:
Daur hidup hewan Avertebrata

· Colenterata (obelia dan aurelia)

· Plathelminthes (Fasciola hepatica,Taenia solium dan Taenia saginata)

· Nemathelminthes (Ancelostoma duodenale, Ascaris lumbricoides, Oxyuris vermicularis, Wuchereria bancrofti)

7

Mampu mendeskripsikan daur hidup insecta pada tahap tertentu

Seorang siswa mengamati sekelompok belalang yang menyerang tanaman jeruk dan mendapatkan banyak belalang yang belum mempunyai sayap. Belalang dengan ciri tersebut dalam siklus hidupnya merupakan fase ....

A. Larva

B. Pupa

C. kepompong

D. Nimfa

E. imago

Mampu mendeskripsikan daur hidup Obelia/aurelia pada tahap tertentu

Mampu mendeskripsikan daur hidup Cacing (platelminthes, nemathelminthes ) pada tahap tertentu


SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

Kemampuan Yang di Uji: Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata

Konsep Esensial:

Perbandingan ciri-ciri klas vertebrata

8

Mampu membandingkan ciri-ciri Vertebrata untuk kelompok taxón tertentu berdasarkan gambar

Perhatikan gambar 2 contoh hewan vertebrata berikut ini

A

B

Perbedaan ciri kedua hewan pada tabel berikut ini yang benar adalah .....

Hewan A

Hewan B

a.

Memiliki 3 ruang jantung

Memiliki 4 ruang jantung

b.

Bersifat poikiloterm

Bersifat homeoterm

c.

Peredaran darah terbuka

Peredaran darah tertutup

d.

ovivar

ovovivivar

e.

Bernafas dengan paru-paru

Bernafas dengan gelembung udara

Mampu menentukan kelompok chordata pada tingkat pada tingkat takson tertentu berdasarkan ciri-ciri yang diberikan

Mampu mengindentifikasi ciri-ciri hewan chordata tertentu berdasar gambar yang diberikan


SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengankeseimbangan lingkungan dan pelestariannya

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia

Konsep Esensial:

Ekosistem

· Komponen ekosistem (biotik dan abiotik)

· Mendeskripsikan aliran energi dan siklus materi

· Daur biogeokimia (daur air, daur Nitrogen, daur Karbon, daur sulfur, daur phosphor)

· Rantai dan jaring makanan

· Suksesi

9

Mampu mendeskripsikan aliran energi yang terjadi pada sebuah komunitas/ekosistem

Mampu menginterpretasikan daur biogeokimia C/air /N berdasarkan gambar yang diberikan

Perhatikan skema siklus nitrogen berikut ini

Senyawa yang terdapat pada bagian X dan Y secara urut adalah …

A. NO2- dan N2

B. NO- dan N2

C. NH3 dan N2

D. NH3 dan NO3-

E. NO2- dan NO3-

Mampu menginterpretasikan gambar sebuah rantai/jaring-jaringan makanan dalam eksosistem


SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya

Konsep Esensial:

Perubahan Lingkungan

Efek polusi dari

· CO2 (efek rumah kaca)

· NOx,SO2 (hujan asam)

· CFC (lobang ozon)

· Eutrofikasi

10

Mampu mendeskripsikan penyebab pada kasus pencemaran yang terjadi pada suatu wilayah dengan diberikan akibatnya/dampaknya

Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. Zat pencemar yang diduga menjadi penyebab gangguan iklim ini adalah ....

A. CO2

B. SO

C. NO3

D. Freon

E. Ozon

Mampu menjelaskan akibat yang ditimbulkan pada kasus pencemarantertentu yang terjadi pada suatu wilayah

Mampu memberikan contoh pengolahan/ pemanfaatan limbah


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan.

Konsep Esensial:

sel hewan dan tumbuhan

· Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

· Organel sel dan fungsinya

11

Mampu menjelaskan proses/ fungsi organel sel berdasarkan ciri-ciri yang disajikan

Mampu membandingkan sel tumbuhan dan hewan berdasarkan gambar atau ciri-cirinya

Mampu menjelaskan proses/ fungsi organel sel berdasarkan gambar yang disajikan

Perhatikan gambar sel berikut ini!

Organel sel yang menghasilkann energi untuk aktifitas hidup dan memproses protein sebelum dikeluarkan dari sel adalah ....

A. 1 dan 3

B. 3 dan 2

C. 3 dan 4

D. 4 dan 1

E. 4 dan 3


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan.

Konsep Esensial:

Membran sel

· Struktur membran sel

Transpor melalui membran

· Pasif (difusi – osmosis)

· Aktif (protein kotranspor, pompa ion, endositosis dan eksositosis)

12

Mampu mengidentifikasi jenis transpor (aktif)pada membran berdasarkan gambar/diagram/ hasil percobaan

Mampu mengidentifikasi jenis transpor (pasif)pada membran berdasarkan gambar/diagram/ hasil percobaan

Larutan A dan B diletakan dalam bejana dengan ketinggian permukaan sama dan dipisahkan oleh membran (M). Setelah dibiarkan 1 jam diperoleh hasil sperti pada gaambar berikut ini

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sifat membran M , larutan A dan B adalah .....

A. Permeabel, A hipertonis dan B hipotonis

B. Permeable, A hipotonis dan B hipertonis

C. Permeable, A dan B isotonis

D. Semipermeabel, A hipertonis dan B hipotonis

E. Semipermeabel, A hipotonis dan B hipertonis

Mampu mengidentifikasi struktur membran sel dengan diberikan gambar struktur membran sel


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya

Konsep Esensial:

Struktur tumbuhan

· Jaringan pada tumbuhan

· Organ pada tumbuhan

13

Mampu menunjukkan hubungan struktur dan fungsi pada organ (daun) berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan

Perhatikan gambar akar tumbuhan monokotil berikut ini!

Perhatikan gambar struktur potongan melintang daun berikut ini

Proses fotosintesis terjadi pada bagian ...

a. 1, 2, dan 3

b. 1, 2, dan 4

c. 2, 3, dan 4

d. 2, 3, dan 5

e. 3, 4, dan 5

Mampu menunjukkan hubungan struktur dan fungsi pada organ akar/batang berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan

Mampu menentukan jenis/fungsi jaringan tertentu pada tumbuhandengan diberikan gambar/ciri-cirinya


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta fungsinya

Konsep Esensial:

· Jaringan pada hewan/manusia

· Organ pada hewan/manusia

· sistem organ hewan/manusia

14

Mampu mengidentifikasi jenis jaringan pada hewan/manusioa berdasarkan ciri/gambar yang diberikan

Mampu mengidentifikasi jenisfungsia jaringan penyusun pada gambar contoh organ yang diberikan

Perhatikan sayatan mikroskopis usus halus di bawah ini. No 1, 2 dan 3 adalah...

A. Jaringan ikat longgar, jaringan otot polos, jaringan otot lurik

B. Jaringan ikat padat, jaringan otot polos, jaringan epitel

C. Sel epitel, jaringan otot polos lingkar, jaringan otot polos memanjang

D. Sel epitel, jaringan ikat longgar, ligamen

E. Jaringan epitel kelenjar, ligament, fasia propria

Mampu mengidentifikasi fungsi jaringan pada hewan berdasarkan ciri/gambar yang diberikan


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia

Konsep Esensial:

Sistem Gerak

· Struktur sendi dan jenis-jenis sendi

· Mekanisme gerak otot bisep dan trisep otot antagonis (flexor ,ekstensor dll) dalam gambar

· Penyakit pada sistem gerak

15

Mampu menjelaskan mekanisme kerja /gerak otot pada gerakan tertentu yang dilakukan manusia

Mampu menjelaskan kelainan/penyakit pada sistem gerak manusia serta penyebab kelainan/penyakit tersebut

Seorang wanita tua mengalami kesulitan untuk berjalan tegak dan hasil pemeriksaan mikroskopis tulangnya dibandingkan dengan struktur tulang normal nampak seperti berikut ini

Penderita

normal

Berdasarkan pengamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa wanita tersebut mengalami ....

A. Fraktura

B. Fisura

C. Dislokasi

D. artritis

E. osteoporosis

Mampu menentukan jenis persendian yang terlibat dalam gerakan tertentu pada manusia /berdasarkan gambar yang diberikan


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya

Konsep Esensial:

Sistem Peredaran darah

· Struktur jantung

· komponen darah

· Pembuluh darah vena, arteri dan kapiler

· Sistem peredaran darah ganda

· Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia

16

Mampu mengidentifikasi kelainan atau penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah

Mampu menjelaskan penggolongan darah pada manusia dan kemungkinan transfusi darah

Mampu mendeskripsikan organ/fungsi pada sistem transportasi manusia berdasarkan bagan/gambar yang tersedia

Perhatikan gambar skema sistem peredaran darah manusia berikut ini

x


Pembuluh darah yang ditunjuk oleh X dan Y adalah ...

a. Arteri pulmonalis dan vena kava

b. arteri pulmonalis dan aorta

c. Vena pulmonalis dan aorta

d. Vena pulmonalis dan vena kava

e. Vena kava dan aorta


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan identifikasi gangguannya.

Konsep Esensial:

Sistem pencernaan

· Uji makanan

· Organ-organ pada sistem pencernaan makanan dan fungsinya

· Peran enzim pencernaan dengan kelenjar penghasil dalam gambar

· Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia

17

Mampu menentukan hubungan organ dan fungsinya sistem pencernaan manusia berdasarkan gambar atau pernyataan yang disajikan

Mampu menjelaskan proses pencernaan bahan makanan pada organ pencernaan makanan manusia

Pada sistem pencernaan manusia terjadi proses pencernaan bahan makanan yang mengandung Karbohidrat, lemak dan protein. Hubungan antara organ, enzim, zat makanan dan hasil pencernaan yang terdapat dalam tabel berikut ini yang benar adalah ....

Organ

Enzim yang dihasilkan

Substart

Hasil

A

Mulut

lipase

lemak

Asam lemak

B

Lambung

Pepsin

lemak

Asam lemak

C

Pankreas

Tripsin

protein

Asam amino

D

Hati

lipase

Asam lemak

gliserol

E

Usus halus

laktase

amilum

glukosa

Mampu mengidentifikasi kelainan/penyakit sistem pencernaan pada manusia berdasarkan kasus/gambar organ pencernaan makanan


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan identifikasi gangguannya

Konsep Esensial:

Sistem Respirasi

· Organ pada sistem respirasi

· Mekanisme Pernafasan dada dan perut

· Difusi dan pengangkutan gas

· bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya

·

18

Mampu mendeskripsikan proses pada sistem pernapasan manusia berdasarkan gambar/pernyataan yang tersedia

Di bawah ini adalah beberapa pernyataan tentang mekanisme pernapasan:

1. Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk naik,

2. Otot diafragma kontraksi, diafragma mendatar

3. Otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang rusuk turun

4. Otot diafragma relaksasi, diafragma melengkung

Mekanisme yang menyebabkan terjadinya inspirasi …

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E. 3 dan 4

Mampu mengidentifikasi kelainan /penyakit pada sistem pernapasan

Mampu mendeskripsikan fungsi organ-organ pada sistem pernapasan manusia berdasarkan gambar/pernyataan tersedia


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi gangguannya

Konsep Esensial:

Sistem Ekskresi

Ginjal

· Struktur ginjal

· Struktur nefron dan proses pembentukan urine

· Gangguan/penyakit

Paru-paru

Hati-hati

Kulit

19

Mampu mendeskripsikan proses/organ-organ pada sistem ekskresi manusia berdasarkan gambar/fungsi/proses yang terjadi

A.

Mampu menhubungkan struktur nefron dan proses pembentukan urine pada sistem ekskresi manusia

Perhatikan potongan gambar nefron berikut ini !

Bagian tersebut dan peranannya adalah …

B. Tubulus kolektipus, mengumpulkan urine

C. Tubulus kontortus distal, tempat terjadinya proses augmentasi

D. Lengkung Henle, menampung urine primer

E. Tubulus kolektipus proksimal, berisi urine primer

Badan Malpighi terjadi proses filtrasi

Mampu mendeskripsikan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi dengan diberikan data/gejala yang terjadi


SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskrispikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya

Konsep Esensial:

Sistem Koordinasi

Sistem Syaraf

· Struktur dari neuron dengan perannya

· Gambar sistem syaraf pusat dengan bagian dan perannya

· Arah impuls pada gerak sadar / refleks dengan gambar

· Efek zat aditif pada system syaraf

Sistem Hormon

Gambar tubuh kelenjar/ penghasil hormon dengan perannya

Sistem Indra

Struktur/gambar organ dengan peranan & kelainan pada

· Mata

· Telinga

· Kulit

· Lidah

· hidung

20

Mampu mengidentifikasi struktur neuron berdasarkan gambar yang tersedia/ urutan proses pada sistem saraf manusia

Mampu mengidentifikasi hubungan kelenjar dan fungsi hormon yang dihasilkan/ sistem saraf pada manusia

Perhatikan gambar otak manusia berikut ini

Pada otak manusia terdapat bagian yang mengatur hubungan antara sistem saraf dan sistem hormon sehingga disebut daerah kendali saraf endokrin. Bagian tersebut ditunjukkan oleh bagian yang diberi nomor ....

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

Mampu menjelaskan proses/fungsi/organ pada alat-alat indera manusia berdasarkan gambar/carta/kasus yang diberikan

SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya

Konsep Esensial:

REPRODUKSI MANUSIA

· Organ Reproduksi Pria

· Spermatogenesis dan hormon yang berperan

· Organ reproduksi Wanita

· Ooogenesis, ovulasi dan menstruasi

21

Mampu mengidentifikasi kelainan/penyakit pada sistem reproduksi berdasarkan kasus/pernyataan yang disajikan

Mampu menjelaskan proses/fungsi organ pada sistem reproduksi manusia berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan

Perhatikan gambar organ reproduksi dalam wanita berikut ini

Proses fertilisasi dan tempat penempelan zigot hasil fertilisasi terjadi pada bagian

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 2 dan 5

D. 4 dan 5

E. 5 dan 3

Mampu menjelaskan proses yang terjadi padasistem reproduksi dikaitkan dengan peran hormon yang mempengaruhinya


SKL: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

Kemampuan Yang di Uji: Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Konsep Esensial:

Pertumbuhan dan Perkembangan

· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

· Meristem dan aktifitasnya

· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan

1. Faktor Eksternal

2. Faktor Internal (gen dan Hormon)

22

Mampu mengidentifikasi faktor luar/eksternal yang mempengaruhi perteumbuhan berdasarkan percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan tanaman

Dua stek batang tanaman mawar ditanam pada 2 pot (A dan B) dengan media sekam padi. Setelah tumbuh tumbuh tunas pada pot A diberi pupuk urea sedangkan pada pot B tidak diberi urea. Setelah 1 bulan ternyata tanam mawar pada pot A tumbuh lebih cepat dari pada pot B. Komponen pupuk urea yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan tanaman mawar adalah ....

A. Fosfor

B. Sulfur

C. Nitrogen

D. Hidrogen

E. Karbon

Mampu mengidentifikasi faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan berdasarkan percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan tanaman

Mampu menjelaskan penggunaan hormone pertumbuhan dalam implementasinya di dunia pertanian/perkebunan


SKL: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

Kemampuan Yang di Uji: Mengintepretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman

Konsep Esensial:

Eksperimen pertumbuhan

· Metodologi penelitian

· Interpretasi grafik

· Interpretasi tabel

23

Mampu menentukan variable penelitian berdasarkan contoh eksperimenpertumbuhan yang diberikan

Seorang siswa melakukan eksperimen dengan menumbuhkan biji kacang hijau pada 10 buah gelas air minum yang diberi kapas dan air. Setelah biji berkecambah tanaman 5 gelas dibiarkan terbuka dan tanaman dan 5 gelas lainnya ditutup dengan sungkup gelap sehingga cahaya tidak dapat masuk. Setelah 2 hari tinggi tanaman di ukur. Yang merupakan variabel terikat (dependen variabel) pada eksperimen tersebut adalah .

A. Kapas dan air

B. Tinggi tanaman sebagai

C. Cahaya matahari

D.

Jumlah biji kacang hijau

E. 5 biji kacang hijau

Mampu menginterpretasikan data hasil percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan

Mampu menginterpretasikan grafik hasil percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan


SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

Kemampuan Yang di Uji: Mengintepretasi percobaan-percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein

Konsep Esensial:

ENZIM

· Struktur Enzim

· Mekanisme kerja enzim

· Faktor yang mempengaruhi kerja enzim

24

Mampu mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berdasarkan percobaan

Mampu mendeskripsikan ciri-ciri/sifat-sifat enzim berdasarkan gamabar/table/grafik percobaan

Mampu mendeskripsikan factor yang mempengaruhi kerja enzim berdasarkan data/grafik hasil eksperimen

Kecepatan reaksi enzimatis dipengaruhi beberapa faktor. Grafik berikut ini yang menunjukkan hubungan antara kecepatan reaksi dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim

Keterangan : sumbu Y = kecepatan reaksi

Berdasarkan grafik tersebut faktor yang mempengaruhi kerja enzim yang ditunjukkan oleh sumbu X adalah .....

A. PH

B. Suhu

C. Inhibitor

D. konsentrasi substrat bila jumlah enzim tetap

E. konsentrasi enzim bila substrat tak terbatas


SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak)

Konsep Esensial:

RESPIRASI

Tahap , tempat dan hasil dari:

· Glikolisis

· DO

· Siklus Krebs

· Sistem Transport elektron

25

Mampu mendeskripsikan hubungan proses/hasil pada tahap-tahap reaksi katabolisme karbohidrat berdasarkan gambar/diagram/ pernyataan

Perhatikan gambar skema tahap reaksi respirasi berikut ini

Bagian yang ditunjuk oleh X dan Y secara urut adalah ....

A. Piruvat dan NADH

B. Piruvat dan Asetil KoA

C. NADH dan Asetil KoA

D. Asetil KoA dan NADH

E. Asetil KoA dan Piruvat

Mampu menjelaskan hasil pada tahap tertentu reaksi katabolisme karbohidrat berdasarkan pernyataan yang diberikan.

Mampu menjelaskan substrat, lokasi dan hasil pada tahap tertentu reaksi katabolisme karbohidrat berdasarkan diagram/ gambar/pernyataan


SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak)

Konsep Esensial:

RESPIRASI ANAEROB (FERMENTASI)

· perbedaan reaksi anaerob dan aerob

· fermentasi alkohol , cuka , asam laktat

26

Mampu membandingkan perbedaan respirasi aerob dan anaerob

Mampu mengidentifikasi hasil respirasi anaerob berdasarkan pernyataan yang tersedia

Mampu mengidentifikasi tahap respirasi anaerob berdasarkan diagram yang tersedia

Perhatikan skema proses respirasi anaerob yang dilakukan oleh Sacharromyces berikut ini

Yang ditunjuk oleh X, Y dan Z secara urut dalam proses respirasi anaerob adalah ....

  1. Glukosa, siklus krebs, etanol
  2. Glukosa, glikolisis, etanol
  3. Glukosa, etanol, sistem transpor elektron
  4. Etanol, glikolisis, siklus krebs
  5. Etanol, siklus krebs, glukosa


SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.

Konsep Esensial:

FOTOSINTESIS

· Struktur kloroplas Dan peranannya dalam reaksi fotosintesis

· Tahapan Fotosintesa Reaksi terang

· Tahapan foto sintesis Reaksi gelap

27

Mampu mengidentifikasi tahap reaksi fotosintesis berdasarkan sajian gambar kloroplas yang tersedia

Perhatikan gambar kloroplas

X

Pada reaksi fotosintesis pada bagian X terjadi peristiwa ....

  1. Pengubahan foton menjadi energi kimia
  2. Pengubahan energi kimia menjadi foton
  3. Pembentukan molekul glukosa dari ATP dan NADPH
  4. Penambatan molekul CO2 oleh RuBP
  5. Penguraian CO2 untuk menghasilkan O2

Mampu menjelaskan hasil tahap tertentu reaksi fotosintesis berdasarkan pernyataan yang tersedia

Mampu menjelaskan proses reaksi fotosintesis berdasarkan sajian skema yang tersedia

SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.

Konsep Esensial:

Eksperimen Fotosintesis

· Ingenhouse

· Engelmann

· Sachs

28

Mampu menginterpretasikan data/hasil percobaan Ingenhouse pada reaksi fotosintesis

Mampu menginterpretasikan data/hasil percobaan Sachs pada reaksi fotosintesis

Mampu menginterpretasikan data/hasil percobaan Engelmann pada reaksi fotosíntesis

Perhatikan rangkaian percobaan berikut ini:

Benang Spirogyra dan bakteri yang suka oksigen diberi penyinaran dengan spektrum cahaya tampak seperti pada gambar

Bakteri oksigen

Berdasarkan hasil percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa spektrum cahaya tampak yang dapat paling efektif ditangkap pada reaksi terang fotosintesis adalah ...

  1. Ungu, nila, biru
  2. Kuning, jingga, merah
  3. Hijau dan kuning
  4. Nila dan merah
  5. Biru dan hijau


SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA dan kromosom

Konsep Esensial:

Substansi Genetika

· Struktur Kromosom

· Struktur DNA atau RNA

· Replikasi DNA

29

Mampu mengidentifikasi struktur molekul DNA/RNA berdasarkan gambar/pernyataan struktur yang diberikan

Perhatikan gambar rantai struktur asam nukleat berikut ini

X

Perbedaan DNA dan RNA pada struktur yang ditunjukkan oleh X pada tabel berikut ini yang benar adalah ....

DNA

RNA

a

Guanin, sitosin, timin, adenin

Guanin, sitosin, urasil, adenin

b

Gugus difosfat

Gugus monofosfat

c

deoksiribosa

ribosa

d

pentosa

heksosa

e

Asam nukleat

Asam amino

Mampu mengidentifikasi jenis kromosom berdasarkan gambar yang diberikan

Mampu menafsirkan struktur 3 dimensi DNA berdasarkan sajian data/gambar


SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Menjabarkan proses sintesis protein

Konsep Esensial:

SINTESIS PROTEIN

· Proses sintesis protein

· Transkripsi

· Translasi

30

Mampu menjelaskan tahap sintesis protein berdasarkan skema/charta

Perhatikan gambar model salah satu tahap sintesis protein berikut ini

X

Tahap sintesis protein yang sesuai dengan gambar dan bagian yang ditunjuk X secara berurutan adalah ....

  1. Transkripsi, DNA sense
  2. Transkripsi, mRNA
  3. Translasi, mRNA
  4. Translasi, tRNA
  5. Replikasi, tRNA

Mampu mengidentifikasi rangkaian asam amino hasil sintesis protein berdasarkan sense/antisense/kodon yang tersedia

Mampu menjelaskan proses sintesis protein berdasarkan pernyataan/skema yang tersedia


SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan

Konsep Esensial:

Pembelahan Sel

· Siklus sel

· perilaku kromosom pada setiap fase pembelahan sel

· Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis

31

Mampu mengidentifikasi tahap reproduksi sel pada organisme berdasarkan ciri-ciri yang tersedia

Mampu mengidentifikasi tahap reproduksi sel pada organisme berdasarkan gambar yang tersedia

Suatu organisme selnya mempunyai kromosom 4 buah. Pada saat membelah mempunyai susunan seperti nampak pada gambar berikut ini

Gambar tersebut menunjukkan sel yang sedang membelah pada fase ....

  1. Profase mitosis
  2. Profase meiosis II
  3. Metafase meiosis I
  4. Anafase mitosis
  5. Anafase meiosis II

Mampu mengidentifikasi perbedaan reproduksi sel secara mitosis dan meiosis

SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan

Konsep Esensial:

Gametogenesis

· Oogenesis dan Spermatogenesis

· Megasporogenesis dan mikrosporogenesis

· Pembuahan ganda pada angiospermae

32

Mampu mengidentifikasi tahapan oogenesis berdasarkan gambar/pernyataa yang tersedia

Mampu menjelaskan hasil spermatogenesis/oogenesis berdasarkan pernyataan yang tersedia

Mampu mengidentifikasi tahapan spermatogenesis berdasarkan gambar/pernyaan yang tersedia

Sebuah sel yang terdapat ditestis dianalisis keadaan kromosom ternyata memiliki jumlah kromosom setengah kromosom (n) sel asalnya dan masing-masing kromosom terdiri dari 2 kopi (2C). Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa sel tersebut adalah ...

  1. Spermatogonium
  2. Spermatosit primer
  3. Spermatosit sekunder
  4. Spermatid
  5. spermatozoa


SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel

Konsep Esensial:

HEREDITAS/GENETIKA

· hukum Mendel (Segregasi , assortasi)

· Menentukan gamet

· Ratio fenotif dan Genotif F2

· Penyimpangan semu Mendel

1. Atavisme (interaksi gen)

2. Kriptomeri

3. Epistasis –hipostasis

4. Gen lethal

5. Alel Ganda

33

Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum Mendel untuk menentukan jumlah/jenis gamet yang dihasilkan

Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum Mendel dalam penurunan sifat berdasarkan kasus/pernyataan yang tersedia

Mendel menemukan ada 2 sifat warna bunga ercis yaitu tanaman ercis berbunga ungu dan tanaman ercis berbunga putih. Apabila tanaman ercis berbunga ungu dikawinkan dengan tanaman ercis berbunga putih menghasilkan 180 biji yang kemudian ditanam ternyata ketika berbunga ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih. Tanpa menghitung langsung di kebun dapat diperkirakan banyaknya tanaman yang berbunga putih adalah ....

  1. 1
  2. 10
  3. 45
  4. 90
  5. 135

Mampu menentukan hasil penyimpangan semu hukum mendel berdasarkan kasus yang terjadi

SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel

Konsep Esensial:

GENETIKA PADA MANUSIA

· Albino

· Butawarna

· Hemofilia

· Golongan darah

· Thalesemia

· Siklemia

· Pedigree(peta silsilah)

34

Mampu mendeskripsikan penurunan sifat buta warna/hemofilia pada manusia berdasarkan kasus/peta silsilah yang tersedia

Mampu mendeskripsikan penurunan sifat golongan darah pada manusia berdasarkan kasus/peta silsilah yang tersedia

Dalam satu keluarga Ayah mempunyai golongan darah A sedangkan Ibu bergolongan darah B. Mempunyai anak bergolongan darah O dan AB. Berdasarkan data tersebut genotif ayah dan ibu secara urut adalah ...

  1. IAIA dan IBIB
  2. IAIO dan IBIB
  3. IAIA dan IBIO
  4. IAIO dan IBIO
  5. IAIA dan IOIO

Mampu menjelaskan cirri-ciri cacat menurun pada manusia (albino,hemofilia, buta warna dll)


SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya

Konsep Esensial:

Mutasi

· Mutasi gen : Delesi, insersi,substitusi

· Mutasi kromosom Abrasi Delesi, duplikasi dll

· Aneuploid dan Euploid dan dampaknya

35

Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi gen berdasar skema/carta/kasus yang tersedia

Mampu menjelaskan keuntungan/kerugian dari mutasi melalui kasus

Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi kromosom berdasar skema/carta/kasus yang tersedia

Perhatikan susunan kromosom seseorang berikut ini

Orang tersebut mengalami kelainan kromosom yang mengakibatkan gangguan yang disebut ...

  1. Sindrom Down
  2. Sindrom turner
  3. Sindrom Edward
  4. Sindrom Patau
  5. Wanita super

SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains.

Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya

Konsep Esensial:

TEORI ASAL-USUL KEHIDUPAN

· Abiogenesis

· Biogenesis

· Evolusi Biologi-kimia ( Urey ,Oparin)

· Percobaaan S. Miller

36

Mampu menjelaskan percobaan S. Miller untuk membuktikan asal usul kehidupan

Perhatikan gaambar perangkat percobaan S. Miller berikut ini

Gas yang bereaksi pada bagian X sehingga terbentuk zat organik sederhana adalah ...

A. Asam amino dan asam lemak

B. CO2, H2O, O2 dan NH3

C. CO2, H2O, NH3 H2

D. H2O, NH3 H2, CH4

E. O2, NH3 H2, CH4

Mampu menjelaskan percobaan untuk membuktikan teori biogenesis

Mampu mendeskripsikan evolusi kimiadan atau evolusi biologi

SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi

Konsep Esensial:

Petunjuk Teori evolusi

· Bukti Fosil (fosil Kuda)

· Homologi

· Organ Rudimender

· Embryologi perbandingan

· DNA

37

Mampu mendeskripsikan fosil/embriologi sebagai petunjuk adanya evolusi

Mampu mendeskripsikan homologi/organ rudimender sebagai petunjuk adanya evolusi

Perhatikan gambar rangka sayap ayam dan tangan manusia berikut ini

Organ tersebut memberikan petunjuk terjadinya evolusi karena keduannya ...

A. Menunjukkan adanya homologi

B. Menunjukkan adanya analogi

C. Merupakan organ sisa yang tidak fungsional lagi

D. Mempunyai fungsi yang sama

E. Mempunyai struktur yang identik

Mampu menjelaskan mekanisme seleksi alam berdasarkan gambar /contoh yang tersedia


SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains

Kemampuan Yang di Uji: Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi

Konsep Esensial:

HK. Hardy-Weinberg

· Asumsi Hukum Hardy-Weinberg

· Kesetimbangan gen dalam populasi

38

Mampu menerapkan hukum Hardy Weiberg berdasar kasus yang tersedia

Mampu menjelaskan syarat berlakunya hukum Hardy-Weinberg

Mampu menerapkan hukum Hardy Weiberg berdasar kasus yang tersedia

Disuatu kota yang berpenduduk 100.000 jiwa 5 % penduduk laki-lakinya menderita buta warna. Penduduk kota tersebut yang bersifat normal tetapi membawa gen buta warna diperkirakan berjumlah ....

  1. 2500
  2. 4750
  3. 5000
  4. 9500
  5. 45125

SKL: Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan.

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan

Konsep Esensial:

Dampak Bioteknologi

· Positif

· negatif

39

Mampu mendeskripsikan etika penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia

Mampu mendeskripsikan dampak positif penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia

Mampu mendeskripsikan dampak negatif penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia

Produk-produk makanan yang menggunakan bahan berasal dari organisme transgenik masih banyak ditolak oleh masyarakat . Alasan penolakan yang paling sesuai adalah ....

A. Mengandung mikroorganisme patogen baru yang lebih berbahaya

B. Mengandung protein asing yang bersifat toksik atau mengakibatkan alergi

C. Perkawinan tanaman transgenik dengan liar memunculkan gulma yang sulit dibasmi

D. Harga produk lebih mahal dibandingkan produk non transgenik

E. Bentuk dan rasa yang lebih rendah dari pada produk non transgenik


SKL: Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan.

Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contoh-contohnya

Konsep Esensial:

Perkembangan Bioteknologi

· Bioteknologi konvensional

- Pengolahan makanan

- Obat

- Pemurnian logam

- Insektisida biologi

- Kultur jaringan

· Bioteknologi modern

- Teknologi Plasmid

- Teknik hibridoma

- antibodi monoklonal

- Cloning

40

Mampu mengidentifikasi penerapan prinsip dasar bioteknologi modern berdasarkan kasus/pernyataan

Penderita Diabetes Melitus sangat membutuhkan insulin untuk mempertahankan hidupnya. Tetapi sekarang insulin dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Insulin ini disintesis dengan cara ...

A. mengekstrak pankreas mamalia

B. membuat insulin sintetis dengan reaksi kimia

C. merekayasa bakteri coli untuk memproduksi insulin

D. mensintesis insulin dari tumbuhan

E. mengekstak insulin dari batuan

Mampu mengidentifikasi penerapan prinsip dasar bioteknologi konvensional berdasarkan kasus/contoh/pernyataan

Mampu menentukan jenis bioteknologi yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik berdasarkan kasus

2 comments:

  1. terimakasih banyak.. mg berumr panjang dan mampu mengamalkan ilmunya bagi lami para guru...

    ReplyDelete