Pages

Saturday, February 13, 2010

LATIHAN MEMBUAT SOAL UN SENDIRI

  1. Mampu mendeskripsikan tata cara penulisan binomial nomenklatur yang benar dari Carolus Linnaeus
  2. Mampu menentukan kriteria penamaan tingkat takson
  3. Mampu mengidentifikasi jenis mahluk dengan menggunakan kunci sederhana
  4. Mampu mengidentifikasi daerah sebaran dengan jenis organisme yang ada
  5. Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem
  6. Mampu mendeskripsikan ciri-ciri virus , siklus hidup virus penyakit akibat virus bagi manusia, tumbuhan , hewan
  7. Mampu Mendeskripsikan Ciri bakteri, Penyakit bakteri , Peran positif bakteri
  8. Mampu mendeskripsikan Kelompok protozoa berdasarkan ciri yang ada, Peran protozoa
  9. Mampu mendeskripsikan kelompok fungi berdasarkan ciri yang ada . Peranan fungi bagi kehidupan
  10. Mampu mendeskripsikan kelompok Algae berdasarkan cirinya , Peran Alga bagi kehidupan
  11. Mampu mendeskripsikan salah satu cara reproduksi dari Plasmodium
  12. Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji
  13. Mampu mendeskripsi . Daur hidup(metagenesis) Lumut , Deskripsi Ciri Lumut
  14. Mampu mendeskripsi . Daur hidup(metagenesis) Paku Deskripsi Ciri Paku
  15. Mampu mendeskripsi . Daur hidup(metagenesis) Tumbuhan Spermatophyta Gymnospermae , Angiospermae , Deskripsi Ciri Spermatophyta
  16. Mampu mendeskripsikan daur hidup Ubur ubur , daur hidup Cacing hati, daur hidup Cacing pita, daur hidup daur hidup cacing tambang, cacing kremi , Cacing filaria , Serangga
  17. Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata Ciri dari PARAM
  18. Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
  19. Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
  20. Mendeskripsikan aliran energi Daur Nitrogen, Daur carbon/oksigen, Rantai dan jaring makanan , Komponen Ekosistem
  21. Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya , Efek polusi dari -CO2, -NOx,SO2 , -CFC . Eutrofikasi , Suksesi alam
  22. Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
  23. Mampu membandingkan sel tumbuhan dan hewan
  24. Peran organela dgn diberikan gambar
  25. Mampu membedakan Osmose dan difusi dalam kasus/gambar pada sistem tubuh
  26. Perbedaan Endositosis dan eksositosi
  27. Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya
  28. Mampu menentukan Jaringan penyusun Organ Daun Organ Akar Organ Batang berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan
  29. Mampu menentukan jaringan pada organ lambung ,usus, Jantung , pembuluh darah dengan ditujukkan oleh gambar
  30. Menentukan cirri , Jaringan Epithel , Jaringan Otot , Jaringan Syaraf , Jaringan Tulang
  31. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  32. Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada manusia , Tulang-otot
  33. Mampu mendeskripsikan Jenis sendi
  34. Mekanisme gerak otot bisep dan trisep , otot antagonis (flexor ,ekstensor dll) dalam gambar
  35. Penyakit pada sistem gerak
  36. Mampu mendeskripsikan jenis /komponen darah , Pembuluh darah vena /arteri Sistem peredaran darah ganda , Pembekuan darah
  37. Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia
  38. Mampu menganalisa makanan dalam uji makanana
  39. Organ pencernaan dan Peran enzim pencernaan dengan kelenjar penghasil dalam gambar
  40. Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia
  41. Mampu menjelaskan pernafasan dada dan perut
  42. Mampu menunjukkan bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya
  43. Difusi oksigen terjadi di alveolus dalam gambar
  44. Mampu mendeskripsikan proses pembentukan urine di nefron (dalam gambar) mengidentifikasi jenis gangguan yang mungkin terjadi
  45. gambar struktur ginjal dengan bagiannya
  46. gambar sistem ekskresi kulit
  47. Mendeskripsikan sistem regulasi manusia dan identifikasi gangguannya
  48. Mampu menentukan arah gerak sadar / refleks dengan gambar
  49. Gambar tubuh kelenjar/ penghasil hormon dengan perannya
  50. Gambar sistem syaraf pusat dengan bagian dan perannya
  51. Struktur dari neuron dengan perannya
  52. Efek zat aditif pada syaraf
  53. Mampu menentukan bagian dari gambar organ dengan peranan & kelainan pada Mata Telinga, Kulit, Lidah
  54. Mampu menentukan bagian dan perannya dari organ kelamin Perempuan Laki laki
  55. Mampu menjelaskan Proses Menstruasi pada Wanita
  56. Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  57. Mampu menjelaskan pengaruh fitohormon terhadap pertumbuan/perkembangan tanaman berdasarkan kasus yang terjadi Pengaruh Faktor luar
  58. Urutan Perkemb Hewan
  59. Mampu menyimpulkan hasil percobaan pertumbuhan tanaman ( Disajikan Tabel ) Mengidentifikasi jenis variable percobaan peneitian Variable control , bebas , terikat
  60. Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein
  61. Mampu menganalisis dan/atau menyimpulkan hasil percobaan reaksi enzim katalase pada substrat H2O2
  62. Prinsip kerja dari enzim dalam gambar maupun pernyataan
  63. Mampu mendeskripsikan tahap , tempat dan hasil dari Glikolisis, DO , Siklus Krebs dan Transport elektron dalam sel
  64. Mampu mendeskripsikan perbedaan reaksi anaerob dan aerob ( dari hasil)
  65. Menenetukan tahap dari fermentasi alkohol , cuka , asam laktat
  66. Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya
  67. Mampu mendeskripsikan , Struktur kloroplas dengan peran
  68. Tahapan Fotosintesa Reaksi terang dan Reaksi gelap dari produk , tempat pada kloroplas
  69. Mampu menganalisa /mengambil kesimpulan berdasarkan data dari percobaan adanya reaksi fotosintesis Ingenhose , Engelmann , Sachs
  70. Mampu mendeskripsikan susunan struktur DNA atau RNA
  71. Mampu mendeskripsikan tahap-tahap sintesis protein Trankripsi kode genetik Translasi kode genetik . Sintesa protein ( tempat )
  72. Disajikan gambar proses transkripsi dengan kode genetik DNA untuk dirubah ke RNA m – ke RNA t dll
  73. Mampu menafsirkan perilaku kromosom pada setiap fase pembelahan sel berdasarkan sajian gambar atau skema yang terjadi Siklus Sel
  74. Membedakan pembelahan Mitosis dan miosis
  75. Mampu mengidentifikasi peristiwa gametogenesis berdasarkan gambar yang disajikan Oogenesis . Spermatogenesis , Mega/mikrosporogenesis
  76. Pembuahan ganda pada angiospermae dalam gambar
  77. Mampu mendeskripsikan kasus persilangan hukum Mendel (Segregasi , assortasi)
  78. Menentukan gamet
  79. Ratio fenotif dan Genotif F2
  80. Penyimpangan semu Mendel : Atavisme (interaksi gen) , Kriptomeri Epistasis –hipostasis , Gen letal , Alel Ganda , Pindah Silang
  81. Mampu mendeskripsikan hukum hereditas berdasarkan kasus adanya cacat/sakit menurun pada keluarga Albino , Butawarna , Pedigree Butawarna , Hemophily Golngan darah , Thalesemia , Siklemia
  82. Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya
  83. Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan kasus atau skema yang disajikan
  84. Mutasi gen : Delesi, insersi,substitusi
  85. Mutasi kromosom
  86. Abrasi :Delesi, duplikasi dll
  87. Aneuploid/Aneusomi
  88. Mutagen dengan efeknya
  89. Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannnya
  90. Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan sajian/gambar/skema/kasus Abiogenesis , Biogenesis : Louis Pasteur , Redy
  91. Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan Percobaaan Millar
  92. Evolusi kimia ( Urey , Oparin)Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi.
  93. Mampu menjelaskan fakta-fakta yang mendukung dan/atau mekanisme evolusi yang berlangsung , Fosil Kuda , Homologi , Organ Rudimender , Embryologi perbandingan Analogi
  94. Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannnya dengan kesetimbangan populasi
  95. Mampu menjelaskan keseimbangan populasi (hukum Hardy-Weinberg)- (P+Q)2
  96. Ketentuan penerapan hukum hardy Weinberg
  97. Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contohnya
  98. Mampu menjelaskan hubungan antara organisme, proses, produk dalam Bioteknologi konvensional Pengolahan makanan- Pertanian- Obat- Pemurnian logam- Insektisida biologi-
  99. Mampu menjelaskan Kultur jaringan . Bioteknologi modern- Teknik Plasmid- Teknik hibridoma-antibodi monoklonal- Cloning
  100. Mampu menjelsakan implikasi dan/atau dampak bioteknologi dalam kehidupan manusia Dampak negatif : tanaman transgenik,Cloning, Dampak Positif : kedokteran, pangan, pertanian , peternaan dan pertambangan




No comments:

Post a Comment