SOAL
1. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan dekat adalah yang memiliki ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak memiliki persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan
2. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi
3. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk menentukan kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
4. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum
5. Tokoh pelopor sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....
a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke
6. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3
7. Pasangan berikut ini yang memiliki kekerabatan paling dekat,yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah
8. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis jagung adalah ....
a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.
9. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera L. Arti huruf L adalah ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas
10. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak memiliki dinding sel
d. tidak memiliki membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit
11. Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki
ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut?
a. Kingdom animalia
b. Kingdom monera
c. Kingdom protista
d. Kingdom fungi
e. Kingdom plantae
12. Kunci dikotomi, mengklasifikasikan organisme dengan membagi kelompoknya enjadi ....
a. empat kelompok yang lebih kecil
b. dua kelompok yang lebih kecil
c. tiga kelompok yang lebih kecil
d. tiga atau empat kelompok yang lebih kecil
e. dua atau lebih kelompok yang lebih kecil
13. Tingkat takson hewan yang terbesar adalah ....
a. Phyllum
b. Species
c. Divisio
d. Genus
e. Familia
14. Sistem klasifikasi yang berdasarkan cara memperoleh makanan menghasilkan
kingdom ....
a. fungi, animalia, dan plantae
b. fungi dan animalia
c. virus dan monera
d. plantae dan animalia
e. fungi, monera, dan plantae
15. Urutan takson dalam klasifikasi hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ....
a. species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
b. species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
c. species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
d. classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
e. classis-phyllum-familia-ordo-genus-species
16. Di dalam sistem klasifikasi, Solanum tuberosum dan Solanum lycopersicum
termasuk ke dalam satu takson, yaitu pada tingkat ....
a. classis
b. ordo
c. familia
d. genus
e. species
17. Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ....
a. bawang putih (Allium sativum)
b. nanas (Ananas sativus)
c. mentimun (Cucumis comosus)
d. kedelai (Soja max)
e. semangka (Citrullus vulgaris)
8. Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ....
a. divisio
b. familia
c. classis
d. genus
e. ordo
19. Kata indica dari Mangifera indica, sebagai penunjuk ....
a. species
b. familia
c. ordo
d. divisio
e. genus
20. Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur, morfologi, anatomi, fisiologi dan struktur alat reproduksinya adalah sistem klasifikasi ....
a. alami
b. konvergen
c. buatan
d. divergen
e. filogenik
21. Yang bukan merupakan perbedaan antara monokotil dan dikotil dilihat dari ciri khasnya, terdapat pada ....
a. susunan akarnya
b. susunan anatomi batangnya
c. morfologi bunganya
d. sifat haploid sel kelaminnya
e. bangun dasar daunnya
22. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri akarnya tunggang, bercabang, daun umumnya sempit dan kaku, organ reproduksi berupa strobilus. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan tersebut tergolong ....
a. thallophyta
b. monokotil
c. dikotil
d. angiospermae
e. gymnospermae
23. Pada pasangan tanaman di bawah ini, manakah yang paling banyak memiliki kesamaan ciri ....
a. Citrus nobilis dan Citrus maxima
b. Citrus maxima dan Shorgum vulgare
c. Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
d. Shorghum vulgare dan Phaseolus vulgaris
e. Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris
24. Misalnya dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetik yang sama tetapi fenotipe keduanya berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh ....
a. lingkungan yang berbeda
b. faktor reproduksi
c. makanan yang berbeda
d. sumber nutrisi yang berbeda
e. faktor keturunan
25. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup adalah ....
a. identifikasi
b. taksonomi
c. klasifikasi
d. pencandraan
e. anatomi biogeografi
26. Tujuan dari klasifikasi adalah ....
a. mencari perbedaan makhluk hidup
b. mencari kesamaan dan perbedaan makhluk hidup
c. menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
d. setiap makhluk hidup diberi satu nama
e. mengidentifikasikan tumbuhan untuk herbarium
27. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah seperkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ....
a. berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
b. makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
c. speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
d. makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
e. makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya
28. Manfaat utama pemberian nama species dengan sistem tata nama ganda ada
a. mudah dihafal oleh semua orang
b. ditulis dengan bahasa latin
c. hanya satu nama diberikan untuk satu jenis organisme
d. setiap jenis organisme dapat dikelompok-kelompokkan
e. mudah untuk mengetahui ciri-ciri organisme
29. Dari nama ilmiah di bawah ini yang termasuk ke dalam nama suku adalah
a. solanaceae
b. equisetinae
c. pandanales
d. selaginales
e. solanum
30. Cara penulisan species pada tumbuhan berikut yang benar adalah ....
a. Hibiscus rosasinensis
b. Hibiscus Rosasinensis
c. Hibiscus rosasinensis
d. Hibiscus Rosasinensis
e. Hibiscus Rosasinensis
31. Proses perubahan nitrit menjadi nitrat disebut proses . . ., salah satu contoh bakteri yang membantu proses tersebut misalnya . . . .
a. nitratasi, Nitrosomonas
b. nitratasi, Nitrobacter
c. nitritasi, Nitrosomonas
d. nitritasi, Nitrococcus
e. denitrifikasi, Nitrobacter
32. Pernyataan berikut ini yang benar, adalah. . . .
a. semakin dekat jarak transfer energi dari matahari, energi yang didapat semakin kecil
b. produsen adalah sumber energi yang ada dalam ekosistem di alam
c. semakin jauh jarak transfer energi dari matahari jumlah populasi semakin besar
d. jumlah energi yang didapat dalam setiap trofik jumlahnya selalu sama besar
e. semakin kompleks jaring-jaring makanan menunjukkan semakin stabil pula ekosistem tersebut
33. Proses perubahan nitrit atau nitrat menjadi nitrogen bebas di udara disebut . . . .
a. nitrifikasi
b. denitrifikasi
c. nitritasi
d. amonifikasi
e. nitratasi
34. Berikut yang dimaksud dengan konsumen puncak adalah . . . .
a. organisme yang tidak bisa dimakan oleh organisme yang ada di bawahnya
b. organisme yang dapat memakan semua trofik
c. organisme yang memakan herbivora
d. trofik yang memiliki jumlah biomassa yang terbesar
e. tingkat trofik yang memiliki jumlah individu terkecil
35. Hubungan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan adalah . . . .
a. jaring makanan menyusun rantai makanan
b. memiliki organisme yang sama
c. rantai makanan merupakan penyusun dari jaring-jaring makanan
d. memiliki penyusun berbeda, namun tetap saling berhubungan
e. terdapat dalam ekosistem yang sama
36. Manfaat kita mempelajari aliran energi yang terjadi dalam ekosistem adalah . . . .
a. menjadi dasar pengembangan ilmu biologi molekuler
b. makin mencintai lingkungan
c. memahami proses terjadinya keseimbangan lingkungan
d. mengerti mengenai pentingnya organisme langka
e. mengerti pentingnya keberadaan produsen dalam ekosistem
37. Dalam ekosistem tersusun atas:
1) Ikan karnivora
2) Bakteri pengurai
3) Fitoplankton
1. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan dekat adalah yang memiliki ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak memiliki persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan
2. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi
3. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk menentukan kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
4. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum
5. Tokoh pelopor sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....
a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke
6. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.
- Panthera leo
- Canis familiaris
- Cavia cobaya
- Panthera tigris
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3
7. Pasangan berikut ini yang memiliki kekerabatan paling dekat,yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah
8. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis jagung adalah ....
a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.
9. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera L. Arti huruf L adalah ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas
10. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak memiliki dinding sel
d. tidak memiliki membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit
11. Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki
ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut?
a. Kingdom animalia
b. Kingdom monera
c. Kingdom protista
d. Kingdom fungi
e. Kingdom plantae
12. Kunci dikotomi, mengklasifikasikan organisme dengan membagi kelompoknya enjadi ....
a. empat kelompok yang lebih kecil
b. dua kelompok yang lebih kecil
c. tiga kelompok yang lebih kecil
d. tiga atau empat kelompok yang lebih kecil
e. dua atau lebih kelompok yang lebih kecil
13. Tingkat takson hewan yang terbesar adalah ....
a. Phyllum
b. Species
c. Divisio
d. Genus
e. Familia
14. Sistem klasifikasi yang berdasarkan cara memperoleh makanan menghasilkan
kingdom ....
a. fungi, animalia, dan plantae
b. fungi dan animalia
c. virus dan monera
d. plantae dan animalia
e. fungi, monera, dan plantae
15. Urutan takson dalam klasifikasi hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ....
a. species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
b. species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
c. species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
d. classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
e. classis-phyllum-familia-ordo-genus-species
16. Di dalam sistem klasifikasi, Solanum tuberosum dan Solanum lycopersicum
termasuk ke dalam satu takson, yaitu pada tingkat ....
a. classis
b. ordo
c. familia
d. genus
e. species
17. Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ....
a. bawang putih (Allium sativum)
b. nanas (Ananas sativus)
c. mentimun (Cucumis comosus)
d. kedelai (Soja max)
e. semangka (Citrullus vulgaris)
8. Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ....
a. divisio
b. familia
c. classis
d. genus
e. ordo
19. Kata indica dari Mangifera indica, sebagai penunjuk ....
a. species
b. familia
c. ordo
d. divisio
e. genus
20. Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur, morfologi, anatomi, fisiologi dan struktur alat reproduksinya adalah sistem klasifikasi ....
a. alami
b. konvergen
c. buatan
d. divergen
e. filogenik
21. Yang bukan merupakan perbedaan antara monokotil dan dikotil dilihat dari ciri khasnya, terdapat pada ....
a. susunan akarnya
b. susunan anatomi batangnya
c. morfologi bunganya
d. sifat haploid sel kelaminnya
e. bangun dasar daunnya
22. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri akarnya tunggang, bercabang, daun umumnya sempit dan kaku, organ reproduksi berupa strobilus. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan tersebut tergolong ....
a. thallophyta
b. monokotil
c. dikotil
d. angiospermae
e. gymnospermae
23. Pada pasangan tanaman di bawah ini, manakah yang paling banyak memiliki kesamaan ciri ....
a. Citrus nobilis dan Citrus maxima
b. Citrus maxima dan Shorgum vulgare
c. Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
d. Shorghum vulgare dan Phaseolus vulgaris
e. Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris
24. Misalnya dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetik yang sama tetapi fenotipe keduanya berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh ....
a. lingkungan yang berbeda
b. faktor reproduksi
c. makanan yang berbeda
d. sumber nutrisi yang berbeda
e. faktor keturunan
25. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup adalah ....
a. identifikasi
b. taksonomi
c. klasifikasi
d. pencandraan
e. anatomi biogeografi
26. Tujuan dari klasifikasi adalah ....
a. mencari perbedaan makhluk hidup
b. mencari kesamaan dan perbedaan makhluk hidup
c. menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
d. setiap makhluk hidup diberi satu nama
e. mengidentifikasikan tumbuhan untuk herbarium
27. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah seperkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ....
a. berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
b. makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
c. speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
d. makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
e. makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya
28. Manfaat utama pemberian nama species dengan sistem tata nama ganda ada
a. mudah dihafal oleh semua orang
b. ditulis dengan bahasa latin
c. hanya satu nama diberikan untuk satu jenis organisme
d. setiap jenis organisme dapat dikelompok-kelompokkan
e. mudah untuk mengetahui ciri-ciri organisme
29. Dari nama ilmiah di bawah ini yang termasuk ke dalam nama suku adalah
a. solanaceae
b. equisetinae
c. pandanales
d. selaginales
e. solanum
30. Cara penulisan species pada tumbuhan berikut yang benar adalah ....
a. Hibiscus rosasinensis
b. Hibiscus Rosasinensis
c. Hibiscus rosasinensis
d. Hibiscus Rosasinensis
e. Hibiscus Rosasinensis
31. Proses perubahan nitrit menjadi nitrat disebut proses . . ., salah satu contoh bakteri yang membantu proses tersebut misalnya . . . .
a. nitratasi, Nitrosomonas
b. nitratasi, Nitrobacter
c. nitritasi, Nitrosomonas
d. nitritasi, Nitrococcus
e. denitrifikasi, Nitrobacter
32. Pernyataan berikut ini yang benar, adalah. . . .
a. semakin dekat jarak transfer energi dari matahari, energi yang didapat semakin kecil
b. produsen adalah sumber energi yang ada dalam ekosistem di alam
c. semakin jauh jarak transfer energi dari matahari jumlah populasi semakin besar
d. jumlah energi yang didapat dalam setiap trofik jumlahnya selalu sama besar
e. semakin kompleks jaring-jaring makanan menunjukkan semakin stabil pula ekosistem tersebut
33. Proses perubahan nitrit atau nitrat menjadi nitrogen bebas di udara disebut . . . .
a. nitrifikasi
b. denitrifikasi
c. nitritasi
d. amonifikasi
e. nitratasi
34. Berikut yang dimaksud dengan konsumen puncak adalah . . . .
a. organisme yang tidak bisa dimakan oleh organisme yang ada di bawahnya
b. organisme yang dapat memakan semua trofik
c. organisme yang memakan herbivora
d. trofik yang memiliki jumlah biomassa yang terbesar
e. tingkat trofik yang memiliki jumlah individu terkecil
35. Hubungan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan adalah . . . .
a. jaring makanan menyusun rantai makanan
b. memiliki organisme yang sama
c. rantai makanan merupakan penyusun dari jaring-jaring makanan
d. memiliki penyusun berbeda, namun tetap saling berhubungan
e. terdapat dalam ekosistem yang sama
36. Manfaat kita mempelajari aliran energi yang terjadi dalam ekosistem adalah . . . .
a. menjadi dasar pengembangan ilmu biologi molekuler
b. makin mencintai lingkungan
c. memahami proses terjadinya keseimbangan lingkungan
d. mengerti mengenai pentingnya organisme langka
e. mengerti pentingnya keberadaan produsen dalam ekosistem
37. Dalam ekosistem tersusun atas:
1) Ikan karnivora
2) Bakteri pengurai
3) Fitoplankton
4) Ikan herbivora
5) Zat-zat organik
Dari beberapa komponen yang ada di atas, dapat disusun suatu rantai makanan dengan susunan urutan
a. 1, 3, 5, 2, dan 4
b. 5, 4, 3, 1, dan 2
c. 5, 2, 3, 4, dan 1
d. 5, 3, 4, 1, dan 2
e. 5, 1, 3, 2, dan 4
38. Hal yang terjadi jika suatu organisme hanya memakan satu macam organisme saja, yaitu . . .
a. penyebarannya terbatas
b. mudah mati
c. cepat punah
d. kompetisi tinggi
e. tidak terdapat konsumen puncak
39. Ketika sulfur dioksida di udara bersenyawa dengan air akan menjadi hujan asam. Berikut ini adalah dampak dari adanya hujan asam, kecuali . . . .
a. berkaratnya logam
b. rapuhnya bangunan
c. mengganggu pertumbuhan tanaman
d. merusak cat pada bangunan
e. manjadikan basa tanah naik
40. Transfer energi matahari yang diterima makhluk hidup dengan urutan sebagai berikut . . . .
a. tumbuhan- matahari- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
b. matahari- pengurai- tumbuhan-herbivora- karnivora- omnivora
c. matahari- herbivora- karnivora-pengurai- tumbuhan- omnivora
d. matahari- tumbuhan- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
e. matahari- omnivora- tumbuhan- herbivora- karnivora- pengurai
TRY AGAIN
Dari beberapa komponen yang ada di atas, dapat disusun suatu rantai makanan dengan susunan urutan
a. 1, 3, 5, 2, dan 4
b. 5, 4, 3, 1, dan 2
c. 5, 2, 3, 4, dan 1
d. 5, 3, 4, 1, dan 2
e. 5, 1, 3, 2, dan 4
38. Hal yang terjadi jika suatu organisme hanya memakan satu macam organisme saja, yaitu . . .
a. penyebarannya terbatas
b. mudah mati
c. cepat punah
d. kompetisi tinggi
e. tidak terdapat konsumen puncak
39. Ketika sulfur dioksida di udara bersenyawa dengan air akan menjadi hujan asam. Berikut ini adalah dampak dari adanya hujan asam, kecuali . . . .
a. berkaratnya logam
b. rapuhnya bangunan
c. mengganggu pertumbuhan tanaman
d. merusak cat pada bangunan
e. manjadikan basa tanah naik
40. Transfer energi matahari yang diterima makhluk hidup dengan urutan sebagai berikut . . . .
a. tumbuhan- matahari- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
b. matahari- pengurai- tumbuhan-herbivora- karnivora- omnivora
c. matahari- herbivora- karnivora-pengurai- tumbuhan- omnivora
d. matahari- tumbuhan- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
e. matahari- omnivora- tumbuhan- herbivora- karnivora- pengurai
TRY AGAIN
1. The study of the interrelationships of living
organisms and their environment is:
A ecosystem
B environment
C ecology
2. All the living and non-living conditions that act on
an organism and affect its chances of survival is the:
A ecology
B living factor
C environment
3. Another term meaning 'living' is:
A biology
B ecological
C biotic
4. Another term for 'non-living' is:
A biotic
B dead
C abiotic
5. All the organisms in a particular area at a given time
is the:
A species
B community
C habitat
6. The number of a particular species in an area at a
given time is the:
A community
B population
C species
7. The area in which an organism lives is its:
A range
B habitat
C nesting site
8. Another term for 'on land' is:
A aquatic
B marine
C terrestrial
9. The role or position a species occupies in a community
is its:
Ahabitat
Bniche
Cmicro-habitat
10. A natural unit of living and non-living parts that
interacts to produce a stable system in which the exchange of materials between
living and non-living parts follows a circular path is called:
Aa cycle
Ban environment
Can ecosystem
11. Photosynthesis is the process used by plants to:
Aproduce carbon dioxide
Bproduce oxygen
Ctake in nitrogen dioxide
12. Aquatic abiotic factors include:
Anumber of marine predators
Bamount of algae for food
Cwater temperature and pressure
13. What aspects of sunlight affect plants?
ATurbidity and salinity
BDuration and intensity
CGeotropism and intensity
14. What is the difference between the terms 'freshwater'
and 'marine'?
AFreshwater = seawater; Marine = lake water
BFreshwater = stationary; Marine = moving
CFreshwater = low dissolved salt; Marine = high dissolved
salt
15. Two factors that affect the population of a species
are:
Aavailable resources (food, water, shelter)
Bactivities of other organisms (predators,
disease-causing parasites)
Cboth of the above
16. Biotic relationships involves interactions between:
A organisms and their living and non-living surroundings
B living organisms of different species
C organisms of the same species
17. The term 'symbiosis' means the 'living together' of
different organisms for a:
A permanent association always
B short time
C long time
18. The symbiotic relationship where two different
organisms both benefit is called:
A commensalism
B mutualism
C predator-prey relationship
19. A tick lives on a dog. In this case, the dog is the:
A parasite
B prey
C host
20. A parasite derives nutrients from its host but does
not kill it. This is because it:
A would lose its food source
B cannot kill the host
C the host would kill it
21. Lions hunt and kill antelopes. The antelopes are the:
A predators
B prey
C hosts
22. An example of commensalism where one organism benefits
from the relationship but the other is neither helped nor harmed is:
A a leech living on a possum
B E. Coli bacteria in the gut
C influenza virus in the lungs
23. Sheep and rabbits require the same food - grass. This
is an example of:
A mutualism
B competition
C greed
24. The living thing formed from the mutualistic
association of an alga and a fungus is the:
Alichen
Bmushroom
Cseaweed
25. The clown fish living inside the sea anemone is an
example of:
Acommensalism
Bpredation
Cparasitism
26. The resources for which organisms compete may be:
Afood and water
Bnesting sites
Cboth of the above
27 Beneficial bacteria in the gut produce Vitamin C for
humans and in return use the digested food for their food source. This is an
example of:
Apredation
Bparasitism
Cmutualism
28. The term 'biotic' means:
Asurvival
Bnon-living
Cliving
29. One other resource for which organisms compete apart
from food and water is:
Aspace such as nesting sites
Bdisease such as bacteria
Cozone
30. The name for the relationship between the water
buffalo and the small bird which rids the buffalo of annoying ticks and other
parasites is:
Amutualism
Bparasitism
Cneither of the above
SOAL EKOLOGI DASAR SMP
1. Pernyataan berikut yang
tidak terkait dengan pengertian ekosistem adalah...
A. Ekosistem dibangun oleh
komponen utama, yaitu komponen energi, abiotik, biotik, dan siklus materi
B. Dalam suatu ekosistem,
terdapat interaksi dan saling berpengaruh antara komponen-komponennya
C. Saling ketergantungan
antar komponen abiotik dengan konsumen bergantung pada produsen
D. Lingkungan dalam ekosistem
akan membentuk suatu hubungan timbal balik
2. Dalam ekosistem, kingdom
Fungi mempunyai peran sebagai...
A. Produsen
B. Konsumen 1
C. Konsumen 2
D. Dekomposer
3. Pernyataan-pernyataan
berikut ini yang tidak benar adalah…
A. Antara ilalang dan gulma
lain membentuk hubungan kompetisi
B. Di alam ada organisme yang
tidak membentuk interaksi dengan komponen ekosistem lainnya
C. Bakteri Escherichia coli
memiliki hubungan yang saling menguntungkan dengan manusia
D. Sesama tumbuhan gulma akan
membentuk simbiosis yang saling menguntungkan untuk menyerang tanaman budidaya
4. Matahari dikatakan sebagai
sumber energi utama dari suatu ekosistem karena…
A. Matahari dapat mempengaruhi
perilaku kehidupan
B. Energi matahari diubah
oleh organisme autotrof menjadi bahan organik
C. Semua organisme heterotrof
menggunakan matahari sebagai sumber energi
D. Organisme autotrof tidak
dapat menggunakan energi lampu
5. Perhatikan komponen biotik
dan abiotik dalam suatu ekosistem berikut:
1) Ikan
2) Air
3) Siput
4) tanah
|
5) Lele
6) Teratai
7) Batu
8) rumput
|
Komponen yang merupakan komunitas adalah nomor...
A. 1, 2, 3, dan 6
B. 1, 3, 5, dan 6
C. 2, 4, 6, dan 8
D. 2, 4, 5, dan 8
6. Aktivitas berikut yang merupakan upaya mengurangi
pencemaran udara adalah…
A.
Menanam
pohon
B.
Mengkonsumsi
produk-produk lokal
C.
Menggunakan
produk teknologi canggih
D. Mendaur ulang bahan-bahan bekas pakai
7. Perhatikan aktivitas
berikut:
1) Menghindari kerusakan
habitat
2) Menghindari pemanfaatan
berlebihan terhadap sumber daya biologi
3) Menghindari kompetisi
spesies lokal dengan luar
4) Menghindari reboisasi
Upaya mempertahankan keanekaragaman biologi dapat dilakukan dengan cara…
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 1
D. 4, 2, dan 1
8. Pelestarian komodo di
pulau komodo merupakan usaha pelestarian secara…
A. Ex situ
B. In vivo
C. In situ
D. Ex vivo
9. Berikut yang bukan manfaat
pelestarian keanekaragaman biologi adalah…
A. Mendapatkan sumber makanan
baru
B. Mengetahui asal usul
kehidupan
C. Mendapatkan sumber bahan
kerajinan
D. Mencegah kepunahan
10. Salah satu cara mengatasi atau mencegah terjadinya
pencemaran adalah....
A.
mencegah
industrialisasi
B.
mengatur
komponen yang masuk dalam suatu ekosistem
C.
mengatur
jumlah manusia
D.
menjaga
kelestarian lingkungan atau alam
11. Pertumbuhan penduduk bumi dapat mempengaruhi
kesimbangan ekosistem karena…
A. Bila terjadi kenaikan
tingkat kelahiran yang tinggi akan membutuhkan tambahan sumber daya alam yang
banyak
B. Bertambahnya jumlah
penduduk akan memerlukan banyak lahan pertanian
C. Sebagai konsumen puncak
jumlah manusia harus lebih sedikit dibanding makhluk hidup lainnya
D. Dalam ekosistem bumi
manusia hanya bersifat sebagai herbivora. Oleh karena itu jumlahnya harus lebih
sedikit dari tumbuhan
12. Manakah berikut ini mungkin terjadi di dalam suatu
ekosistem?
A. Ketika jumlah mangsa
menurun, jumlah predator meningkat
B. Ketika jumlah jumlah
mangsa meningkat, predator meningkat
C. Ketika jumlah mangsa
meningkat, jumlah predator menurun
D. Ketika jumlah mangsa
meningkat, jumlah predator tidak terpengaruh
13. Seorang petani memiliki kebun seluan 10.000 m2. di
dalam kebun ditemunkan 200 ekor belalang, 700 ekor cacing, dan 500 rumput
ilalang. Kepadatan populasi rumput ilalang per m2 adalah…
A. 50
B. 5
C. 0,5
D. 0,05
14. Penduduk dapat berkembang pesat karena...
A. Produksi bahan makanan
yang cukup
B. Kemajuan di bidang
kedokteran
C. Tidak ada peperangan
D. Banyaknya dukun
bayi (banyaknya orang yang membantu proses kelahiran)
15. Pembukaan hutan karena kebutuhan manusia
terhadap lahan pertanian dapat menimbulkan masalah baru bila manusia tidak
bijak menjalankannya. Hal-hal dibawah ini adalah akibat negatif dari masalah
diatas, kecuali…
A.
Timbulnya erosi dan banjir
dimana-mana
B.
Timbulnya longsor dan banjir
bandang
C.
Rusaknya habitat makhluk hidup
D. Terpenuhinya
semua kebutuhan manusia
adakah jawabannya?
ReplyDelete