Pages

Monday, July 30, 2012

UNTUNG TIDAK OVIPAR

Kehendak Nya emang tidak bisa ditebak , namun pasti dalam perkembangangan Visioning sangat jauh kedepan dipikirkannya ....Emang luar biasa Engkau , Aku akan selalu taat padamu


Ovipar berasal dari kata ovum yang artinya telur. Ovipar merupakan embrio yang berkembang dalam telur dan dilindungi oleh cangkang. Embrio mendapat makanan dari cadangan makanan yang ada di dalam telur. Telur dikeluarkan dari tubuh induk betina lalu dierami hingga menetas menjadi anak. Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah  kelompok Aves - burung, Pisces - ikan, Reptil , Serangga dan Amphibi serta anomalia pada mamalia yaitu Platipus dan Ibu muda seperti animasi diatas hehehe

Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang. Embrio di dalam telur ini dilengkapi dengan kuning telur (yolk). Kuning telur digunakan sebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telah tumbuh sempurna, telur akan menetas dan keluarlah individu baru.



Pada Ayam perkembangan itu diperlukan waktu 21 hari atau 3 mingguan , pada manusia perkembangan embryo diperlukan waktu 9 bulan 10 hari 

Dari Logika inilah tulisan ini saya tulis mengapa kita tidak bertelur atau ovipar ?

Sebenarnya kita kalau dibuat bertelur sih sama Tuhan bisa dengan mudah dilakukan namun tentu  dipastikan telur yang dikeluarkan pastii berkali kali lipat ukurannya dari ukuran telur ayam melihat perkembangan waktu embryonya . Untuk itulah telur atau Ovum yang dibuat oleh wanita tidak perlu berukuran besar. Ukuran kecil saja sudah cukup , karena makanan yang ada di dalamnya diperlukan hanya untuk memenuhi kebutuhan perkembangan zygot sampai blastocyt ketika perjalanan dari tuba falopii sampai akhirnya menempel di rahim yang kemudian disambung makanan dari ibunya lewat placenta 

Ovipar ini juga tentu tidak berlaku pada Gajah yang perkembangan embryonya selama 2 tahun di kandungan Jika ia bertelur tentu Yolknya pasti berukuran sangat besar OK


OVIPAR SESUNGGUHNYA

PENDAHULUAN

Latar Belakang


  • Embriogenesis adalah proses pembentukan dan perkembangan embrio. Proses ini merupakan tahapan perkembangan sel setelah mengalami pembuahan atau fertilisasi. Embriogenesis meliputi pembelahan sel dan pengaturan di tingkat sel. Sel pada embiyogenesis disebut sebagai sel embriogenik. Layaknya seperti bayi dalam kandungan, embrio ayam juga mengalami perkembangan yang signifikan dari hari ke hari. Embrio ayam di dalam telur mengalami perkembangan yang merupakan awal kehidupan dari ayam.
  • Dalam perkembangannya, embrio dibantu oleh kuning telur (yolk), amnion dan alantois. Kantung kuning yang telur dindingnya dapat menghasilkan enzim. Enzim ini mengubah isi kuning teur sehingga mudah diserap embrio. Amnion berfungsi sebagai bantal, sedangkan alantois berfungsi pembawa sebagai ke oksigen embrio, menyerap zat asam dari embrio, mengambil yang sisa-sisa pencernaan yang terdapat dalam ginjal dan menyimpannya dalam alantois, serta membantu alantois, serta membantu mencerna albumin.

Tujuan :


  1.  Mempelajari lapisan embrional penyusun organ-organ pembentukan ayam
  2.  Mengamati perkembangan embrio ayam dari hari ke hari pada masa inkubasi

Manfaat:


  1.  Dapat mengetahui lapisan embrional penyusun organ embrio pada ayam
  2.  Dapat mengetahui perkembangan organ-organ penyusun ayam dari hari ke hari pada masa inkubasi

 
TINJAUAN PUSTAKA


  • Awal perkembangan embrio ayam menunjukkan bahwa splanknopleura dan somatopleura meluap keluar dari tubuh embrio hingga di atas yolk. 
  • Daerah luar tubuh embrio dinamakan daerah ekstra embrio. Mula-mula tubuh embrio tidak mempunyai batas sehingga lapisan-lapisan ekstra embrio dan intra embrio saling berkelanjutan. 
  • Dengan terbentuknya tubuh embrio, secara berurutan terbentuk lipatan-lipatan tubuh sehingga tubuh embriohampir terpisah dari yolk. 
  • Adanya lipatan-lipatan tubuh, maka batas antara daerah intra dan ekstra embrio menjadi semakin jelas. 
  • Daerah kepala embrio mengalami pelipatan yang disebut dengan lipatan kepala dan meisahkan antara bagian intra dan ekstra embrio. Lipatan kepala membentuk sub sephal. 
  • Pada bagian lateral tubuh juga terbentuk lipatan tubuh lateral dan memisahkan bagian ekstra dan intra embrio. 
  • Bagian posterior mengalami pelipatan dan dukenal dengan nama lipatan ekor membentuk kantung sub kaudal. Lipatan-lipatan tersebut embentuk dinding saluran percernaan primitive. Bagian tengah usus tengah yang menghadap yolk tetap terbuka dan pada daerah ini, dinding kantung yolk berhubungan dengan dinding usus pada kantung yolk. 
  • Walaupun kantung yolk berhubungan dengan usus melalui tangkai yolk, namun makanan tidak diambil embrio melalui tangkai yolk .

Pembelahan lebih sukar dan terbatas pada suatu keeping pada kutup anima, disini berlangsung pembelahan partial atau meroblastis. Sel-sel yang membelah itu membentuk cangkang bentuk cakram yang disebut sebagai blastodis yang merupakan blastomer sentral yang melepasan diri dari detoplasma di bawahnya dan terbentuk rongga sempit yang merupakan bagian pinggir, blastomer tidak jelas terpisah dari detoplasma dan ia terus menerus e dalam detoplasma .

Proses morfogenetik yang disebut sebagai gastrulasi adalah pengaturan kembali sel-sel blastula secara dramatis. Gastrula berbeda rinciannya dari satu kelompok hewan dengan kelompok hewan yang lainnya, tetapi suatu kumpulan perubahan seluler yang sama menggerakkan pengaturan spasial embrio ini. Mekanisme seluler yang umum tersebut adalah perubahan-perubahan motilitas sel, perubahan dalam bentuk sel dan perubahan dalam adhesi (penempelan) seluler ke sel lain dan ke molekuler matriks ekstraseluler. Hasil penting dari gastrulasi adalah beberapa sel dekat permukaa blastula berpindah ke lokasi baru yang lebih dalam. Hal ini akan mentransformasi blastula menjadi embrio berlapis tiga yang disebut gastrula (Campbell, 1987).

   Blastulasi pada ayam termasuk blastula yang berbentuk pipih atau cakram (diskoblastik) yang mempunyai bagian-bagian sebagai berikut: periblas hipoblas dan juga sentoblas. Gastrulasi pada ayam merupaan proses dari pembentukan stria primitif yang terdiri dari alur dan pematang primitif berupa garis dilinea mediana, Stria primitif berbentuk sempurna pada inkubasi telur 18 jam .

Tahap neurula ayam nirip dengan embrio katak yaitu melalui tahap keeping neural, lipatan neural, dan bumbung neural. Organogenesis merupakan proses lanjut setelah terbentuk neurula. Proses ini meliputi pembentukan bakal organ dari lapisan ectoderm, mesoderm dan endoderm. Perkembangan embio ayam pada berbagai umur inkubasi merupakan media yang jelas untuk memperlihatkan organogemesis .

METODE PRAKTIKUM

Alat dan Bahan :


  1.  Rak Alumunium
  2.  Cawan Petri
  3.  Pinset
  4.  Embrio ayam 1-7 masa inkubasi

Cara Kerja :


  1.  Sediakan Cawan petri untuk tempat embrio
  2.  Keluarkan embrio ayam umur 1-7 dari kerabang telur
  3.  Letakan pada masing-masing cawan petri
  4.  Amati setiap pertumbuhan di mulai dari hari ke 1 sampai hari ke 7
HASIL DAN PEMBAHASAN


Gambar 1. Hari pertama dan kedua


  • Pada pengamatan perkembangan embrio ayam pada hari pertama dan kedua terdapat lempengan embrio, area ovaka, dan area pelusida. Asal mula lempengan embrio pada tahap blastodermal. Nampak ada rongga segmentasi yang terletak di bawah area pelusida, terdapat pada cincin yang berwarna lebih gelap disekitarnya.


Gambar 2. Hari ketiga


  • Pada hari ketiga nampak jalur pertama pada pusat blastoderm. Terdapat juga membrane vitelin yang memiliki peranan utama dalam nutrisi embrio. Pembuluh darah mulai berkembang. Saat inilah saat yang kritis dari kehidupan embrio, karena saat itu jantung mulai berdetak, peredaran darah dimulai dengan kerja sama antara kantung darah dengan kantung selaput kuning telur, khalaza, area ovaka, dan zona pelusida.



Gambar 3. Hari keempat


  • Mulai terbentuk jantung, hati dan darah mulai berkembang, memulai terbentuk telinga, jantung mulai berdetak, peredaran darah diawali dengan bekerja sama kantung darah dan kantung selaput kuning telur

Gambar 4. Hari Kelima


  • Hari kelima ini embrionya sudah tampak jelas kuncup-kuncup, anggota badan sudah mulai terbentuk. Ekor dan kepala sudah berdekatan sehingga tampak seperti huruf c. sementara amnion dan alantois sudah kelihatan. Embrio sudah terletak di dalam amnion dan pembuluh sudah semakin banyak dari pada hari sebelumnya. Selain itu telah terdapat pula optic fecicel, prosencephalon, metencephalon, rombencephalon, dan umbilicalis.


Gambar 5. Hari keenam


  • Pertumbuhan pada masa ini bentuk dan letak jantung sudah mulai tergambar. Kaki, hidung dan sayap mulai terbentuk, embrio mulai berputar.

Gambar 6. Hari ketujuh

Pada pertumbuhan tahap ini sudah mulai terbentuk mata dan lidah, pembuluh darah untuk menyuplai nutrisi. Membran vitelin terus berkembang dan mengelilingi lebih dari separuh kuning telur dan alat tubuhnya mulai berkembang

PEMBAHASAN


  • Perkembangan embrio ayam terjadi dalam dua media yaitu dalam tubuh induk dan diluar tubuh induk. Perkembangan dalam tubuh induk yaitu setelah terbentuknya zigot dari persatuan sel sperma dengan ovum, maka pertumbuhan embrio pun dimulai. Sesaat setelah lima jam ovulasi, saat telur berkembang dalam isthmus terjadi pembedahan sol yang pertama. Duapuluh menit kemudian disusul didaerah lain lain dan seterusnya sehingga satu jam setelah itu pada saat telur meninggalkan  isthmus, embrio sudah tersusun dari 16 sel. Setelah empat jam di dalam uterus, jumlah sel menjadi 256 buah.
  • Telur adalah suatu bentuk tempat penimbunan zat gizi seperti air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan embrio sampai menetas (Ir. Tutik Nuryati, M.P dkk, 2005:1).” Selama pembelahan awal seluler, terbentuk dua lapisan sel benih dimana peristiwa ini disebut dengan gastrulasi, yang biasanya dilengkapi pada saat telur dikeluarkan dari tubuh induk. Kedua lapisan ini adalah ektoderm dan mesoderm. Lapisan ketiga yaitu endoderm akan terbentuk ketika telur sudah di tempatkan di dalam incubator.
Dari ektoderm akan terbentuk sistem saraf dari bagian – bagian dari mata, bulu, paruh, kuku, dan kulit. Sedangkan dari mesoderm terbentuk tulang, otot, darah, sistem reproduksi dan sistem ekskresi. Dari endoderm terbentuk organ – organ respirasi, sekresi, serta saluran pencernaan.


  • Pada saat telur dikeluarkan, beberapa ribu sel akan dihasilkan dan blastodisc akan menggambarkan suatu unit yang kompleks. Setelah telur dikeluarkan, pembelahan seluler terus berlangsung selagi temperature di atas 75ยบ F. Sel telur tidak akan membelah lagi bila temperatur kembali rendah, oleh karena itu mulai saat telur ditelurkan sampai telur siap dimasukkan kedalam incubator, pembelahan seluler akan terhambat, artinya tidak terjadi pembelahan sel antara waktu tersebut.

Perkembangan embrio selama masa pengeraman merupakan fase kedua dari perkembangan embrio. Salah satu perubahan struktur pertama setelah telur dieramkan adalah munculnya primitive streak bersamaan dengan differensiasi mesoderm, primitive streak membentuk dua penebalan ectoderm, bermula dititik awal endoderm. Primitive streak akhirnya hilang tetapi berfungsi sebagai tempat terdapatnya sumbu exis longitudinal tubuh dan ekstremitas posterior.


  • Pada hari pertama, kepala embrio telah terbentuk dan didalamnya dapat dilihat permulaan pertumbuhan sistem saraf pusat, fore-got, dan traktus alimentarius. Pulau darah muncul didaerah ovaca, diluar tubuh embrio. Elastoderm membesar (melebar dengan cepat yang memulai proses pertumbuhan hingga mengelilingi kuning telur). 
  • Pada hari kedua jantung mulai tampak berdenyut.
  • Pada hari ketiga, lapisan endoderm melekat pada kantong kuning telur dan area ovaca berubah menjadi area vasculosa, sedangkan dipertengahannya terdapat peta takdir yang akan berkembang menjadi pembuluh darah dan butir-butir darah.
  • Pada hari keempat, terdapat pertumbuhan endoderm kearah luar untuk membentuk usus belakang yang mendorong suatu lapisan mesoderm yang masuk kedalamnya menjadi cavitis ekstra embrionik untuk membentuk alantois. Selaput ekstra embrionik terus menerus memebesar hingga mengisi seluruh ruangan serta merupakan kantong pembuluh darah yang bergabung dengan chorion sehingga kapiler-kapilernya itu berhubungan langsung dengan selaput kuning telur.
  • Embrio tidak memiliki hubungan anatomis dengan tubuh induk, secara alami terdapat selaput tertentu yang diperlukan untuk mengambil bahan makanan yang terdapat dalam telur. Selaput tersebut adalah selaput luar yang disebut kantung kuning telur yang membungkus kuning telur, selaput ini mengsekresikan enzim yang merupakan kandungan kuning telur menjadi suatu bahan makanan yang larut, dapat diserap, dan diangkat untuk perkembangan embrio. Pada embrio ayam tubuhnya terangkat dari kuning telur karena pembentukan lipatan-lipatan  tubuh yang berkontraksi di daerah pusat sehingga terbentuk tali pusar. Tali pusar ini menghubungkan embrio dengan kantung kuning telur dengan selaput ekstra embrionik lain.
  • Karena kuning telur dipakai oleh embrio, maka jumlahnya atau volumnya makin lama makin mengecil  seiring dengan pertumbuhan embrio. Kantung telur ditarik masuk kedalam  ruang perut bersama sisa kuning telur sebagai sumber makanan sementara untuk anak ayam yang baru menetas. Kantung kuning telur dihubungkan dengan tubuh embrio oleh tungkai kuning telur.
Amnion merupakan kantong yang membantu embrio muda selama perkembangannya, dimana kantung ini dipenuhi suatu cairan yang transparan dan bersifat mukoid, dihasilkan oleh dinding amnion dan kulit tubuh embrio. Menjelang kelahiran cairan ini ditelan oleh foetus kembali. Pada ayam berfungsi untuk mencegah embrio kering, meniadakan goncangan, keleluasaan embrio berubah-ubah sikap, dan menyerap albumin.

Chorion merupakan selaput perpaduan antara selaput bagian dalam kerabang telur dengan alantois. Chorion berasal dari sebelah luar zona amniotic. Pada proses pembentukan plasenta merupakan bagian dari  foetus. Bersama-sama dengan alantois membentuk selaput choriallantois. Chorion kaya akan pembuluh darah yang berfungsi menyempurnakan fungsi metabolic. Alantois merupakan selaput yang membantu system sirkulasi dan apabila telah berkembang sempurna ia akan mengelilingi embrio.

KESIMPULAN

Tahap perkembangan embrio pada ayam terdiri atas 2 fase yaitu :

  1.  Fase perkembangan awal, dalam tubuh induk
  2.  Fase perkembangan selama masa pengeraman diluar tubuh induk
Periode inkubasi normal pada telur ayam adalah 15 hari
Perkembangan embrio sangat dipengaruhi oleh suhu dan waktu
Perkembangan embrio pada hari kedua pengeraman, pertumbuhannya meliputi tahap-tahap berikut :

  1. morulasi
  2. blastulasi
  3. gastrulasi
Pertumbuhan embrio semakin mendekati kesempurnaan pada saat albumin dan kuning telur menjadi sedikit, disebabkan oleh penyerapan embrio sendiri sabagai cadangan makanan anak ayam yang baru menetas.

Rongga udara yang terdapat di bagian tumpul disetiap telur akan semakin bertambah luas sebab air dalam telur sewaktu proses lncubasi akan terus berkurang dengan cara menguap lewat dinding kulit telur.

Pada hari kesembilan belas hampir sepertiga bagian menjadi rongga udara.

Ketentuan bagi sebutir telur untuk ditetaskan adalah:

  1. Telur yang dihasilkan oleh betina yang telah dibuahi.
  2. Permukaan kulit telur licin dan rata
  3. Kerabang telur tidak terlalu tebal dan tipis
  4. Albumin merupakan kantung udara bagi embrio sehingga ia dicerna oleh allantois dan diserap oleh amnion yang menyebabkan udara bisa digunakan oleh embrio

DAFTAR KEPUSTAKAAN



  1. Bradley M, Patten.(1950). Early Embriology of The Thich. McGraw-Hill Book Company,              New York.


Saturday, July 28, 2012

SOAL UJI KOMPETENSI GURU

Ini saya nemu di jalanan kayaknya baik kalau dibaca guru guru biologi se Nusantara setidaknya menambahkan wawasan guru biologi menjadi prima , semoga bermanfaat

  1. Menjelaskan hakikat biologi sebagai  ilmu
  2. Menerapkan langkah-langkah dalam metode ilmiah
  3. Disajikan suatu kasus, peserta  mampu menentukan variable pengamatan
  4. Menerapkan keterampilan proses  sains dalam mempelajari biologi permasalahan biologi pada berbagai  tingkat  organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan,  organ, individu, populasi, komu nitas , ekosistem, dan biosfer)
  5. Menganalisis ruang lingkup Biologi dan hubungannya dengan ilmu-ilmu lain
  6. Mencontohkan penerapan hukum biologi secara kuantitaif dan kualitatif dalam memecahkan permasalahan sehari-hari
  7. Menganalisis perbedaan virus dengan mahluk hidup lain
  8. Mengidentifikasi tahapan dalam replikasi  virus
  9. Menjelaskan peran  enzim dalam virus
  10. Menganalisis  peran virus dalam  kehidupan
  11. Menjelaskan perkembangbiakan paraseksual pada bakteri
  12. Mengidentifikasi  fungsi  endospora  pada bakteri
  13. Mencontohkan  bakteri-bakteri  penyebab penyakit
  14. Menidentifikasi ciri protozoa  patogen                          
  15. Menganalisis peran jamur bagi manusia   
  16. Menjelaskan faktor-faktor  yang mempengaruhi keanekaragaman       
  17. Mengidentifikasi tumbuhan dalam suatu takson              
  18. Mengidentifikasi macam-macam cara pemencaran tumbuhan
  19. Membedakan   karakteristik  monokotil dan dikotil
  20. Mengidentifikasi  ciri-ciri suatu jenis cacing  parasit      
  21. Menjelaskan komponen ekosistem yang berperan  sebagai  pengurai 
  22. Menganalisis akibat pencemaran  pada komponen ekosistem   
  23. Disajika grafik eksploitasi  SDA, peserta  mampu memprediksi  dampak yang akan terjadi 
  24. Menganalisis  gangguan yang  terjadi pada  suatu  ekosistem akibat  kerusakan lingkungan
  25. Menganalisis  struktur  DNA       
  26. Menganalisis jumlah kromosom pada sel kelamin 
  27. Menganalisis komposisi kromosom  dalam sel kelamin
  28. Menjelaskan  hubungan  antara DNA dan RNA 
  29. Menjelaskan urutan basa  nitrogen pada  RNA yang  dapat  terbentuk  dalam proses  transkripsi suatu DNA         
  30. Menganalisis  karakteristik  proses  pembelahan mitosis  dan  meiosis,     
  31. Menganalisis genotip dan fenotip  hasil  suatu  persilangan
  32. Menentukan jumlah gamet dalam suatu  individu dengan genotip tertentu
  33. Menjelaskan jenis jenis mutasi
  34. Menjelaskan prinsip dasar Bioteknologi
  35. Menjelaskan peran metode kultur jaringan dalam menghasilkan produk bioteknologi
  36. Menjelaskan peran enzim dalam rekayasa genetik
  37. Mengidentifikasi fungsi komponen kimiawi  dari membran sel
  38. Mengidentifikasi organel tertentu pada sel  tumbuhan
  39. Mampu menganalisis peristiwa  transpor membran melalui percobaan sederhana
  40. Menunjukkan enzim berdasarkan skema cara kerja  enzim       
  41. Mengemukakan hubungan antar sistem sirkulasi dengan sistem organ lainnya
  42. Mampu  menyimpulkan  data hasil percobaan sederhana  tentang osmosis
  43. Merasionalkan  fakta mengenai xylem dan floem terhadap fungsi dan mekanisme kerjanya 
  44. Merasionalkan  fakta  mengenai struktur bulu akar  terhadap  fungsi  penyerapan  air    
  45. Merasionalkan  fenomena  dalam pencangkokan  terhadap  fungsi  dari jaringan pembuluh
  46. Merasionalkan  fakta  hasil  uji  amilum terhadap  proses  pencernaan  enzimatis  di  mulut          
  47. Mengidentifikasi  macam-macam  jaringan  ikat
  48. Mengidentifikasi  jenis  hubungan  antar  tulang tengkorak
  49. Membedakan  sifat  kerja  pada otot- otot  antagonis
  50. Menjelaskan  peranan sinar  matahari  dalam  pembentukan   vitamin D  
  51. Menghitung  probabilitas  rasio  keturunan  dari kasus  golongan  darah
  52. Menjelaskan  penyebab  serangan jantung
  53. Menjelaskan ciri-ciri otot  jantung
  54. Mampu mengaitkan fungsi tracheal cartilage dalam proses  pernapasan 
  55. Mampu mengaitkan fungsi dari struktur rongga  hidung dalam proses  inspirasi 
  56. Mengurutkan saluran pencernaan pada manusia 
  57. Mengidentifikasi bagian saluran pencernaan pada ruminansia
  58. Menjelaskan proses  pembentukan urin primer
  59. Menjelaskan fungsi medula spinalis
  60. Mengidentifikasi fungsi alah satu komponen nutrisi  dari ASI
  61. Menjelaskan proses  aglutinasi darah
  62. Membedakan   variabel bebas dan terikat dalam sebuah eksperimen pertumbuhan
  63. Memprediksi pengaruh  penghilangan dominasi apikal  pada  tumbuhan
  64. Menganalisis pengaruh faktor luar terhadap perkecambahan 
  65. Menganalisis pengaruh lingkungan terhadap fotosintesis dan respirasi
  66. Menjelaskan katabolisme lemak
  67. Membedakan teori evolusi  Lamarck dan Darwin
  68. Mengemukakan bukti baru mengenai teori evolusi
  69. Menentukan  variasi objek yang akan diamati pada eksperimen respirasi tumbuhan
  70. Menentukan parameter yang dapat diamati pada eksperimen respirasi              
  71. Menjelaskan fungsi kristal KOH dalam percobaan respirasi serangga menggunakan            respirometer    
APLIKASI SOAL


Soal Uji Kompetensi Guru Biologi SMA
1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara

    * A. melakukan pembelahan sel
    * B. mensintesis protein
    * C. menentukan fenotip
    * D. menentukan genotip

2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ….

    * A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
    * B. gen terdapat dalam kromosom
    * C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
    * D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh …..

    * A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
    * B. ikatan basa – gula – fosfat
    * C. jumlah basa yang menyusun DNA
    * D. nukleotida penyusun DNA

4. Unit terkecil dari DNA adalah…….

    * A. nukleotida
    * B. nukleosida
    * C. nukleosom
    * D. nukleoid

5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab

    * A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
    * B. jumlah A = T, jumlah G = C
    * C. basa A + G = basa T + C
    * D. semua jawaban benar

6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut ……

    * A. kromosom metasentrik
    * B. kromosom sub meta sentrik
    * C. kromosom akrosentrik
    * D. kromosom telosentrik

7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah

    * A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
    * B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
    * C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
    * D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua adalah….

    * A. centromer
    * B. lengan
    * C. telomer
    * D. kromatin

9. Yang dimaksud genom adalah

    * A. seluruh DNA yang dimiliki individu
    * B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
    * C. DNA yang ada di dalam sel soma
    * D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ……..

    * A. kromosom – kromatin – gen – DNA
    * B. DNA – gen – kromatin – krom osom
    * C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
    * D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA II. Soal Essai

11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk

    * A. kromosom
    * B. RNA
    * C. DNA
    * D. DNA dan RNA

12. Pernyataan yang paling tepat untuk hubungan gen dengan DNA

    * A. gen adalah DNA sedangkan DNA belum tentu gen
    * B. DNA adalah material genetik yang menentukan fungsi gen
    * C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan bantuan DNA
    * D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen

13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti

    * A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
    * B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pita DNA baru
    * C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
    * D. pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling

14. Pernyataan berikut benar tentang proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ……..

    * A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
    * B. pita DNA cetakan adalah pita 3’ – 5’
    * C. pita RNAm yang dicetak adalah pita 5’ – 3’
    * D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yang ditranskrip akan memiliki urutan basa …

    * A. TTC CGG AAG ACG
    * B. AAG GCC TTC TGC
    * C. UUC CGG UUC ACG
    * D. TTC GCC AAC TCG

16. Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali

    * A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
    * B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
    * C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
    * D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen

17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali

    * A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
    * B. RNAm ditransfer keluar dari inti
    * C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
    * D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar

18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung ?

    * A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
    * B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
    * C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
    * D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma

19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab

    * A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
    * B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
    * C. terbentuk fragmen okazaki
    * D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses…

    * A. pembelahan sel
    * B. replikasi
    * C. transkripsi
    * D. translasi

21. Yang dimaksud mutasi adalah………

    * A. perubahan sifat pada makhluk hidup
    * B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
    * C. proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
    * D. proses yang menyebabkan terjadinya evolusi

22. Mutasi dapat terjadi secara spontan maupun diinduksi. Berikut ini adalah contoh sifat yang timbul karena mutasi yang diinduksi

    * A. penyakit kanker kulit
    * B. kelainan hemoglobin
    * C. semangka tidak berbiji
    * D. varietas padi unggul

23. Mutagen atau agen penyebab mutasi yang dayanya rendah adalah …..

    * A. sinar alfa
    * B. neutron
    * C. asam nitrat
    * D. sinar ultra violet

24. Kodon AUG berubah menjadi AUA. Ini merupakan contoh mutasi……

    * A. mutasi salah arti (missens mutation)
    * B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
    * C. mutasi insersi
    * D. mutasi semu (silent mutation)

25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi

    * A. AG CT     
    * B. AT GC
    * C. AT CG
    * D. GC AT

26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2

    * A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
    * B. deamionasi citosin menjadi xantin
    * C. perubahan AG menjadi TC
    * D. perubahan Timin menjadi urasil

27. Mutagen dibawah ini mana yang mengakibatkan mutasi Timin dimer ?

    * A. ion radioaktif
    * B. sinar ultra violet
    * C. sinar infra merah
    * D. sinar X

28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadap protein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasus mutasi ini dikenal dengan istilah…..

    * A. mutasi silent
    * B. mutasi nonsens
    * C. mutasi missens
    * D. mutasi frameshift

29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi. Berikut ini mana pernyataan yang tidak benar

    * A. terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
    * B. penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
    * C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
    * D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)

30. Contoh penyakit akibat mutasi oleh sinar ultra violet

    * A. kanker hati
    * B. kanker kulit
    * C. eritrosit bentuk sel sa

KALAU ADA JAWABAN YANG KURANG TEPAT mohon diberitahu hehehe

LAGI YA

1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melakukan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

4. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua
adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

9. Yang dimaksud genom adalah
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – krom osom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom

D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA.

LAGI YA

1. Dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan teknologi informasi. Kegiatan ini termasuk pengejawantahan kompetensi.......... .
A.  pedagogik
B.  kepribadian
C.  sosial
D.  profesional

2. Sertifikasi guru bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kesejahteraan guru. Pada kualitas guru dititikberatkan pada proses pembelajaran. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang  mempengaruhi peningkatan PBM, kecuali.....
A.  pembelajaran dengan pendekatan PAKEM
B.  tutorial melalui peer teaching dalam KKG / MGMP
C.  sarana prasarana yang megah yang dibebankan pada orang tua siswa
D.  kualifikasi pendidikan s1 yang relevan

3.Di bawah ini merupakan tujuan dari pembelajaran berbasis masalah, kecuali........
A.  membantu siswa untuk menjadi pebelajar mandiri
B.  memahami peran orang dewasa
C.  meningkatkan kemampuan berpikir holistik
D.  meningkatkan kemampuan intelektual

4. Batik dapat digunakan sebagai tema pada pembelajaran IPS. Pada pembelajaran ini batik dikaji dari berbagai faktor seperti geografi, sejarah, ekonomi. Tema pada pembelajaran IPS seperti ini diambil berdasarkan......
A.  topik
B.  potensi daerah
C.  pokok bahasan
D.  historis

5. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran difokuskan pada........
A.  belajar mandiri
B.  belajar dalam kelompok kecil
C.  diskusi kelas
D.  real world learning

6.Ciri sebuah kelas yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah.........
A.  satu sumber belajar
B.  pengalaman nyata
C.  guru kreatif
D.  sharing dengan teman

7. Pada penerapan pendekatan kontekstual, tugas utama guru adalah.........
A.  memberi tugas
B.  mengarahkan
C.  menginstruksikan
D.  menggunakan satu sumber belajar

8. Berikut ini yang bukan elemen penting cooperative learning adalah...........
A.  direct learning
B.  individual accountability
C.  learning community
D.  face to face interaction

9.Pembentukan kelompok pada model pembelajaran kooperatif harus bersifat.....
A.  homogen
B.  heterogen
C.  tertutup
D.  tetap

10. Realia adalah jenis media pembelajaran berupa ......
A.  benda imitasi
B.  benda sebenarnya
C.  benda tiruan
D.  benda khayalan

11. Faktor penting dalam kegiatan diskusi adalah.....
A.  pembacaan isi makalah
B.  penyampaian informasi
C.  pembicaraan yang akrab
D.  pertukaran gagasan

12. Pernyataan yang benar mengenai proposal penelitian tindakan kelas adalah........
A.  usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B.  uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.  usulan proyek penelitian pendidikan
D.  perencanaan sistematis untuk melakukan PTK

13. Persiapan awal yang harus dilakukan guru sebelum melakukan PTK adalah.....
A.  menyiapkan pedoman wawancara
B.  membuat analisis kelayakan hipotesis
C.  menyiapkan fasilitas dan sarana
D.  membuat rencana pembelajaran dan skenarionya

14. Latar Belakang, Rumusan Masalah, Hipotesis Tindakan, hingga Tujuan dan Manfaat adalah bagian dari ........ Laporan PTK
A.  Pendahuluan
B.  Kajian Teori
C.  Metode Penelitian
D.  Analisis Data dan Pembahasan

15.Esensi utama tujuan melaksanakan PTK adalah.....
A.  perbaikan KBM
B.  menyusun teori baru
C.  memperbaiki teori
D.  mengambil generalisasi

16. Kelompok manakah yang merupakan pernyataan ekosistem?
A.  sawah dan semua kelompok organisme di tempat itu
B.  kolam, sungai, dan sebidang tanah
C.  danau, ayam, satu kandang, rawa
D.  danau, suhu, air, udara

17. Produsen ditunjukkan oleh......
A.  protozoa dan crustacea
B.  jamur dan bakteri
C.  tumbuhan dan bakteri fotosintetik
D.  dekomposer dan porifera

18.Herbivor dan karnivor berbeda dalam hal.....
A.  habitat
B.  tingkah laku
C.  jenis makanan
D.  cara adaptasi

19. Selaput yang membungkus protoplasma bersifat.......
A.  permeabel
B.  semi permeabel
C.  selektif permeabel
D.  impermeabel

20. Bagian sel berikut yang merupakan protoplasma adalah.......
A.  mitokondria, kloroplas, dan lisosom
B.  nukleus, plasma, vakoula
C.  ribosom, dinding sel, mitokondria
D.  inti sel, plasma sel, membran sel

21. Kelenjar adalah..........
A.  getah yang dikeluarkan oleh saluran buntu
B.  getah yang dihasilkan untuk membantu pencernaan
C.  jaringan yang menghasilkan lendir di dalam tubuh
D.  jaringan atau organ yang menghasilkan enzim atau hormon

22. Terbentuknya xylem sekunder disebabkan oleh aktivitas........
A.  epidermis
B.  endodermis
C.  kambium
D.  perikambium

23. Protozoa merupakan hewan dengan ciri utama........
A.  mempunyai alat gerak berupa kaki semu
B.  memiliki lebih dari satu nukleus
C.  tubuhnya hanya bersel satu
D.  hewan yang tubuhnya disusun oleh dua lapis jaringan

24. Entamoeba histolitica adalah hewan penyebab penyakit disentri. Hewan ini mempunyai alat gerk berupa.........
A.  kaki semu
B.  flagel
C.  bulu getar
D.  bulu cambuk

25. Hospes perantara yang menyebabkan penularan penyakit elephantias adalah serangga dari genus.........
A.  Anopheles
B.  Culex
C.  Aedes
D.  Glossina

26. Terbentuknya lingkaran tahun adalah bukti hasil aktivitas..........
A.  periderm
B.  kambium
C.  meristem interkalar
D.  dermatogen

27. Ruas ibu jari dengan telapak tangan dihubungkan oleh sendi.........
A.  putar
B.  engsel
C.  pelana
D.  peluru

28. Gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan pada manusia dapat mengakibatkan.........
A.  asfiksi
B.  pleuritis
C.  dermatitis
D.  pneumonia

29. Yang dimaksud dengan organ homolog adalah......
A.  organ yang asalnya sama tetapi fungsinya berbeda
B.  organ yang asalnya berbeda tetapi fungsinya sama
C.  organ yang asal dan fungsinya berbeda
D.  organ yang asal dan fungsinya sama

30. Pembuatan sawah yang bertingkat-tingkat pada lahan miring mempunyai tujuan untuk.......
A.  memudahkan pengairan dari atas ke bawah
B.  melindungi mineral tanah supaya tidak tererosi
C.  memudahkan pengolahan tanah, misalnya saat pembajakan

D.  memberikan kemudahan dalam melakukan rotasi penanaman


GURU SD

1.       Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih).
2.       Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
3.       Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = – 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
4.       Gambarlah perkalian – 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
5.       Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
6.       Mengapa jamur termasuk heterotrof?
7.       Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
8.       Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
9.       Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
10.   Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradableakan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar
11.   Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
12.   Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
13.   Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
14.   Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
15.   Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
16.   Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
17.   Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
18.   Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
19.   Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural!
20.   Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
21.   Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?

22.   Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?


1. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.organ, saraf, dan otak
 B.otot, badan, dan otak
 C.otot, saraf, dan otak
 D.otot, saraf, dan pikiran
 E.otak, mainan edukatif

2. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
 A.memberikan umpan balik bagi siswa
 B.mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 C.memberikan umpan balik bagi guru
 D.mengontrol perkembangan siswa
 E.Semua jawaban salah

3. Fungsi penilaian kelas antara lain adalah ...
 A.menggambarkan penguasaan konpetensi siswa
 B.memberikan umpan balik secara berkesinambungan
 C.mempertimbangkan kebutuhan khusus peserta didik
 D.meningkatkan mutu proses pembelajaran seefektif mungkin.
 E.Semua jawaban benar

4. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
 B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
 C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
 D.Menentukan rencana sampling
 E.Semua jawaban salah

5. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....
 A.Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
 B.Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
 C.Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
 D.Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
 E.Tidak ada jawaban benar

6. Daun putri malu mengatup ketika disentuh. peristiwa ini menunjukkan makhluk hidup ...
A. membutuhkan makanan
 B. peka terhadap rangsang
 C. mengeluarkan zat sisa
 D. bergerak aktif

7. Dalam. perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia ....
A.0-8 tahun
 B.0-3 tahun
 C.2-8 tahun
 D.0-5 tahun
 E.9-14 tahun

8. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
 B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
 C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
 D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
 E.Semua jawaban benar

9. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.Tujuan yang ingin dicapai
 B.Prosedur yang digunakan
 C.Kondisi normatif
 D.Struktur sosial
 E.Semua jawaban benar

10. Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.kondisi lingkungan sekolah
B.jumlah siswa dalam kelas
C.waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.Semua jawaban benar                                                                                                    



UJIAN GURU INGGRIS SMP

1.    With new technology, cameras can take pictures of underwater valleys ...... color.
A.      within
B.      for
C.      in
D.     by

2.    Physical fitness exercises can cause injuries ...... the participants are not careful.
A.      that
B.      and
C.      for
D.     if

3.    Black, red, and even bright pink diamonds ......
A.      occasionally to find
B.      occasionally found
C.      have occasionally been found
D.     have occasionally found

4.    He is very proficient ...... English, but very deficient ...... mathematics.
A.      in - in
B.      in - with
C.      with - in
D.     at - for

5.    An actress’s life is in many ways ...... other women.
A.      alike that of
B.      like that of
C.      like of that
D.     alike of that

6.    In order for people to work together effectively, they need ...... each other’s needs.
a.    to be sensitive to B. is sensitive for C. sensitivity D. sensitive

7.    ...... great was the distruction that the South took decades to recover.
a.    Very B. Too C. Such D. So

8.    I think my answer on the exam ....
a.    the possible best choice B. the best possible choice
b.    the better of all choices D. best beyond all choices

9.    I will talk to the children ....
a.    one and then the other B. in singles
b.    first one then the next D. one by one

10.  Despite of his broken leg, Allen can walk .... get around.
a.    good enough to B. well enough to C. good to D. fine enough to

11.  ...... a person wears eyeglasses, the more dependent on them he or she tends to become.
a.    When B. The longest C. The longer D. If

12.  This milk is ....
a.    not enough cool to drink B. not cool enough to drink
b.    not enough cool for drinking D. not to drink enough cool

13.  In the West, the birth of a girl is welcomed with an enthusiasm ...... to that of a boy.
a.    equally B. they are equal C. equal D. and equal

14.  ...... united effort is needed if the problem of the ‘underground economy’ is to be resolved.
a.    It is a B. A C. There is a D. An

15.  The teacher spoke .... I couldn’t understand him.
a.    rapidly so that B. that so rapidly C. so rapidly that D. rapidly that so

16.  We will not leave .... she arrives.
a.    until B. for C. since D. during

17.  He is .... thoroughly selfish man; he wouldn’t lift .... finger to help anyone.
a.    the - a B. a - the C. the - the D. a - a

18.  In recent times, the invention which has most changed the face of the world, most influenced the industrial development of the world, and ...... is the automobile.
a.    most affected its culture B. most affecting its culture
b.    with most effect o its culture D. most to affect its culture

19.  He is so honorable that I believe he is .... telling a lie.
a.    uncapable of B. incapable of C. incapable to D. impossible of

20.  His grandfather owns a large .... in the country.
a.    vegetable’s farm B. vegetable farm’s
b.    farm’s vegetable D. vegetable farm

21.  ...... problems in sailing in tropical seas is the coral reefs.
a.    The biggest one B. Of the biggest one
b.    One of the biggest D. There are the biggest

22.  Generic medications are just as ...... and much less expensive.
a.    effectively brand-name products B. brand-name products effective
b.    brand-name products as effective D. effective as brand-name products

23.  He was laughing so hard that we thought that he was ...... hysterical.
a.    real B. really C. that like real

24.  The professor sometimes makes remarks that are not ...... the topic.
a.    relevant with B. relevant to C. relating to D. relevant for

25.  I have paid for so many traffic violations that I ...... a regular customer.
a.    have almost become B. almost have become
b.    almost became D. have almost to become

26.  Frank was very lucky to have escaped with his life; he almost did not get ...... in time.
a.    out from the room B. from the room out
b.    out to the room D. out of the room

27.  Her husband has a habit of speaking ......
a.    mostly bluntly B. most blunt C. very bluntly D. very blunt-like

28.  It is difficult to understand many British actors, but some of them ......
a.    speak more clear than others B. speak more clearly than others
b.    speak clearer from others D. speak clearer than others

29.  Why do you feel you effended your our hostess last night? I ...... anything wrong.
a.    wasn’t not aware of B. wasn’t aware from
b.    wasn’t aware of D. wasn’t aware to

30.  People in other lands laugh at our fashions because they probably cannot .... the styles
a.    adjust with B. be adjusted C. adjusting to D. adjust to