RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama sekolah : Diisi sesuai SMA nya dimana hehehe
Mata
Pelajaran : Biologi.
Kelas / Jurusan : XII (Duabelas)/ IPA
Semester : 1.
Tema : Pertumbuhan dan perkembangan
Alokasi
Waktu : 2× 45 menit ( 1x Pertemuan)
A.Kompetensi inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli,( gotong royong), kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sekitar dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, mengamalkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, prosedural serta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah.
B. Kompetensi dasar
- Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada makhluk hidup
- Berprilaku ilmiah, teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam opservasi dan eksperimen,berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan ndan berargumentasi, peduli lingkungan , gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, res ponsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium
- Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkem bangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar
1.1.1. Menjaga keteraturan dan kekomplekan struktur
dan fungsi DNA, Gen dan Kromosom dalam pemben-
tukan dan pewarisan sifat makhluk
hidup, sebagai wujud kekaguman ciptaan Tuhan.
2.1.1
Berprilaku ilmiah, teliti, tekun, sesuai dengan data dan fakta, tanggung jawab, peduli dalam observasi
dan eksperimen di dalam kelas maupun di
laboratorium.
3.1.1
Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses
pertumbuhan dan perkem-
bangan
pada makhluk hidup bersarkan hasil percobaan
4.1.1 Melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang
mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembang
an tanaman
dan membuat laporan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan
ilmiah yang
benar.
D. Tujuan Pembelajaran
- Selama dan setelah proses pembelajaran, mensyukuri anugerah Tuhan akan struktur dan fungsi DNA, gen, kromosom dalam pewarisan sifat sebagai ciptaan Tuhan
- Selama dan setelah proses pembelajaran, menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam berfikir ilmiah, teliti, tekun,sesuai dengan data dan fakta, tanggung jawab, peduli dalam observasi dan eksperimen didalam kelas maupun di laboratorium
- Setelah menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal , peserta didik dapat memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
- Setelah mengeksperimen(melakukan percobaan), peserta didik dapat memahami dan membuat laporan tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.
E. Materi pelajaran
F. Alokasi waktu:
2 X 45
menit
G. Metode
pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- Eksperimen
H. Kegiatan pembelajaran
Langkah-Langkah :
1. Kegiatan awal (10 menit)
- Prasyarat : Pertumbuhan dan perkembangan
- Motivasi : Guru menampilkan carta tahap pertumbuhan manusia dan tumbuhan
- Apersepsi : Apakah dari kalian ada yang belum mengalami menstruasi ?
2.Kegiatan inti (65menit)
- Guru menginformasikan singkat tentang pertumbuhan dan perkembangan.
- Siswa melakukan studi pustaka untuk mengetahui informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan..
- Siswa melakukan percobaan tentang pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tanaman( yang sudah dipersiapkan beberapa hari sebelumnya)
- Siswa membuat laporan tentang hasil percobaan pertumbuhan tanaman
- Siswa menyajikan hasil diskusi kelompok
3.Kegiatan akhir (15 menit)
- Guru membantu siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
- Guru memberikan tugas pada siswa untuk merencanakan percobaan pertumbuhan dirumah.
- Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan yang akan datang
I. Alat/
Bahan/ Sumber :
- Buku Biologi kurikulum 2013
- Alat-alat laboratorium
- Bahan percobaan laboratorium
- biologigonz.blogspot.com
J. Penlaian
Tehnik penilaian tertulis subyektif
K. PRAKTIKUM (UNJUK KERJA)
LEMBAR KERJA SISWA
Tujuan
: mengamati pertumbuhan pada suatu tumbuhan
Alat
dan Bahan
- Gelas bekas minuman
- Kapas
- Gelas kimia
- Penggris
- Spidol
- Biji kacang hijau
- Air
Cara Kerja
- P1 : Tanam mesing-masing 5 butir kacang hijau pada kapas yang telah dimasukkan pada gelas plastik dengan ketentuan A. Letakkan pada tempat gelap B Letakkan pada tempat terang. Beri air yang sama setiap hari. Ukur tinggi dan catat perubahannya.
- P2 : Tanam masing-masing 5 butir pada kapas yang telah dimasukkan pada gelas plastik dengan ketentuan A.beri air sedikit, B beri air sedang , C beri air banyak . Ukur tinggi dan catat perubahannya.
Tabel
Pengamtan P1
NO
|
Perlakuan
|
Panjang Hari Ke-
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1.
|
A
|
||||||||
B
|
|||||||||
Tabel
Pengamatan P2
NO
|
Perlakuan
|
Panjang Hari Ke-
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1.
|
A
|
||||||||
B
|
|||||||||
C
|
Pertanyaan:
- Dari pengamatan yang kamu lakukan kecambah mana yang pertumbuhannya lebih cepat dari yang lainnya?......................................................................................................................................................
- Buat Gafik Hasil Pengamatanmu!
- Berapa kecepatan pertumbuhan pada P1 dan P2 ?.................................................................................
- Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan yang telah kamu lakukan?.................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
EVALUASI
- Hormon yang digunakan untuk menghasilkan buah tanpa biji (partenokarpi) adalah...................
- Hormon yang berfungsi merangsang pembuahan adalah.........................................
- Hormon yang menghambat dominasi apikal adalah................................................
- Kerjasama anatara hormon Auksin dan etilen dapat mengakibatkan...................................................
- Tumbuhan yang kekurangan Fe dan Mg dapat mengalami...................................................................
- Titik tumbuh primer pada tumbuhan dikotil ditemukan pada bagian........................................
- Faktor eksternal yang dapat mepengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah.....................
- Jelaskan perbedaan anatara perkecambahan epigel dan hipogel
- Gambar pertumbuhan primer pada akar dan tunjukkan bagianyang menunjukkan daerah pembelahan, daerah perpanjangan daerah pematangan!
- Apa yang kamu ketahui tentang unsur makro dan mikro?..................................................................
untuk rpp kelas XI dimana ya??
ReplyDeletemasterwinkom.blogspot.com