Pages

Saturday, February 8, 2014

PERSIAPAN UN SMP 2014



21. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.

Indikator soal     :
Disajikan data zat aditif  pada kemasan makanan siswa, dapat mengidentifikasi zat aditif sitetis pada makanan 

Butir soal :
Data komposisi pada  kemasan  makanan: 
Tepung terigu,   tepung tapioka,   minyak sayur,    perisa ayam,     rempah-rempah, pemantap nabati,    tartrazin Cl 19140,     monosodium glutamate,     asam folat,   garam     gula,   dan bubuk cabe.
Bahan peyedap sintetis yang terdapat pada makanan tersebut adalah ....
A.      monosodium glutamat
B.       tartrazin Cl 19140
C.       pemantap nabati
D.      rempah-rempah

Kunci           :  A
Penjelasan   : 
Monosodium glutamate  (MSG) dikenal dengan nama vitsin, merupakan bahan penyedap buatan yang berasal tumbuhan tebu, bentuknya kristal putih. 

22.    Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia

Indikator soal     :
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri  pengaruh zat adiktif terhadap halusinasi

Butir soal :
Narkotika golongan halusinogen menyebabkan pemakainya berhalusinasi (berkhayal). Efek halusinasi menunjukkan bahwa narkotika jenis tersebut ….
A.      mempengaruhi fungsi system saraf pusat
B.       menurunkan fungsi saraf simpatik
C.       meningkatkan saraf parasimpatik
D.      menghambat kerja sumsum tulang belakang

Kunci           :  A
Penjelasan   :  
Efek yang ditimbulkan pada gangguan  sistem syaraf antara lain adalah tergangganggunya kesadaran
23.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

Indikator soal     :
Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri-ciri  makhluk hidup tertentu

Butir soal :
Perhatikan gambar berikut.


Mahluk hidup yang menunjukkan proses menanggapi dan menerima rangsang cahaya adalah gambar nomor ….
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4

Kunci           :  D
Penjelasan   :
Gambar nomor 4 adalah tumbuhan yg berada di ruangan yidak terkena cahaya matahari, ketika didekatkan ke jendela maka tumbuhan tersebut akan membelok menuju kea rah datangnya cahaya  

24.    Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.

Indikator soal     :
Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan  pada hewan tinggi 

Butir soal :
Perhatikan nama-nama hewan berikut.
1.      lumba-lumba
2.      bandeng
3.      pesut
4.      kakap
kelompok hewan yang tergolong mamalia adalah ….
A.      1 dan 2
B.       1 dan 3
C.       2 dan 4
D.      3 dan 4
Kunci           :  B
Penjelasan   :
Lumba-lumba dan pesut tergolong hewan mamalia yang hidup di air, oleh karena itu alat pernapasanya berupa paru-paru

25.    Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

Indikator soal     :
Diberikan contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan  interaksi antarmakhluk hidup (simbiosis)

Butir soal :
Contoh interaksi antara dua makhluk hidup berikut yang merupakan simbiosis komensalisme adalah....
A.      bakteri patogen dengan jamur Pennicilium notatum
B.       interaksi yang erat antara harimau dengan rusa
C.       tanaman Azzola pinata dengan bakteri nitrogen
D.      tanaman paku dengan pohon inang yang ditumpanginya

Kunci           :  D
Penjelasan   :
Simbiosis komensalisme adalah hubungan interaksi antara dua mahluk hidup, di mana yang satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan juga tidak diuntungkan.

26.    Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Indikator soal     :
Diberikan kasus pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran air  (eutropikasi )

Butir soal
Kondisi air sungai yang berada di kota besar sangat memprihatinkan, warnanya airnya hitam, bau tidak sedap akibat tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri, usaha yang dapat di lakukan oleh anggota masyarakat untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah ….
A.      melarang  penggunaan detergent di rumah tangga
B.       menutup pabrik pembuat makanan kemasan kaleng
C.       membuat saluran pembuangan limbah rumah tangga
D.      membuat undang-undang anti pencemaran air

Kunci           :  C
Penjelasan   :
Melarang penggunaan detergent sangat sulit, karena belum ada peraturannya. Menutup pabrik pembuat makanan dalam kemasan kaleng juga sulit, karena berhadapan dengan banyak kepentingan. Membuat undang-undang adalah bukan urusan anggota masyarakat. Sehingga langkah yang paling tepat adalah membuat saluran limbah dalam arti mengelola limbah.

27.   Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.

Indikator soal     :
Disajikan grafik  pengaruh peningkatan populasi penduduk  dengan kebutuhan air bersih, siswa dapat menjelaskan hubunganya

Butir soal:
Perhatikan grafik berikut
Grafik yang menunjukan hubungan antara kebutuhan air bersih akibat pengaruh peningkatan populasi manusia diperkotaan adalah....

X: kepadatan populasi manusia
Y: kebutuhan air bersih



Kunci           :  A
Penjelasan   :
Kebutuhan air bersih akan semakin banyak sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk sehingga grafiknya semakin menaik.
28.   Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.

Indikator soal     :
Disajikan tabel ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan  benar

Butir soal
Perhatikan tabel berikut


No

Aspek
Eritrosit
Leukosit
Trombosit
1
Jumlah tiap mm
5.000.000
7.000 – 8.000
300.000
2
Bentuk
cakram bikonkaf
tidak teratur
amuboid
3
Tempat produksi
sumsum merah tulang
sumsum merah tulang
hati dan limfa
4
Fungsi
mengangkut O2  dan CO2
untuk mem-bunuh kuman
untuk membantu pembekuan darah

Data pada tabel yang sesuai untuk masing-masing jenis sel darah adalah ….
A.      1 dan 2
B.       2 dan 3
C.       3 dan 4
D.      4 dan 1

Kunci           :  D
Penjelasan   :
Ciri-ciri sel darah beserta aspek-aspek yang terkait dapat dilihat dalam tabal berikut.


No

Aspek
Eritrosit
Leukosit
Trombosit
1
Jumlah tiap mm
5.000.000
7.000 – 8.000
300.000
2
Bentuk
cakram bikonkaf
amubiod
Tidak teratur
3
Tempat produksi
sumsum merah tulang
Linfa
Sumsum tulang
4
Fungsi
mengangkut O2  dan CO2
untuk membunuh
kuman
untuk membantu pembekuan darah
5
Jumlah inti sel
Tidak berinti
Memiliki 1 inti sel
Memiliki 1 inti sel

 29.   Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.

Indikator soal     :
Disajikan gambar sistem organ pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzym dengan fungsi tertentu

Butir soal:                  
Perhatikan gambar berikut


Zat yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk dengan tanda panah memiliki fungsi....
A.      mengendapkan protein pada kasein
B.       mengasamkan cairan dalam lambung
C.       menghancurkan partikel-partikel lemak
D.      mengaktifkan pepsinigen menjadi pepsin

Kunci           : C
Penjelasan   : 
Organ yang ditunjuk adalah kantong empedu, yang menghasilkan cairan empedu untuk mengemulsikan atau memecah partikel-partikel lemak

30.    Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.

Indikator soal     :
Disajikan data mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut

Butir soal        
Perhatikan data berikut!
1.        Kontraksi otot tulang rusuk, rongga dada terangkat
2.        Paru-paru membesar
3.        Tekanan udara dalam paru-paru besar
4.        Udara luar masuk ke dalam paru-paru


Fase inspirasi pada pernapasan dada di tunjukan oleh nomor ….
A.      1, 2 dan 3
B.       1, 2 dan 4
C.       2, 3 dan 4
D.      3, 4 dan 1

Kunci           : B
Penjelasan   :
Fase inspirasi pernapasan dada:
v  Kontraksi otot tulang rusuk menyebabkan rongga dada terangkat
v  Rongga dada membesar, paru-paru mengembang
v  Tekanan udara dalam paru-paru kecil
v  Udara luar masuk dalam paru-paru

31.    Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.

Indikator Soal    :
Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak yang ditimbulkannya..

Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan gambar tersebut, adalah...
A.      A  dan B bergerak hanya dua arah
B.       B  bergerak ke segala arah dan  A diam
C.       A  bergerak ke segala arah dan B diam
D.      A  dan B dapat bergerak ke segala arah

Kunci           : B
Penjelasan   :
Bagian yang ditunjuk dengan huruf A adalah tulang usus yang merupakan penyusun gelang panggul (tulang usus, tulang duduk, dan tulang kemaluan) sedangkan yang ditunjuk dengan B adalah tulang paha. Antara gelang panggul dengan tulang paha membentuk sendi peluru. Sendi ini memungkinkan tulang paha bergerak ke segala arah hal ini dimungkinkan karena gelang panggul membentuk mangkuk sedangkan pangkal paha berbentuk bongkol. 

32.    Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya

Indikator Soal    :
Disajikan gambar penampang membujur ginjal,  siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk.  

Butir Soal:

Perhatikan gambar berikut! 
Bagian yang ditunjuk oleh tanda panah, berfungsi untuk....
A.      menyaring darah yang masuk tubulus
B.       menyerap kembali urine primer yang masuk
C.       menampung urine dari tubulus kolektivus
D.      menambahkan zat-zat yang harus dibuang

Kunci           : C
Penjelasan   :
Bagian ginjal yang ditunjuk pada soal adalah bagian rongga (pelvis). Bagian ini berfungsi menampung urine yang berasal dari tubulus kolektivus,  dari bagian ini kemudian urine akan mengalir menuju kantung kemih melalui ureter.

33.    Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.

Indikator Soal    :
Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk

Butir Soal :
Perhatikan gambar!
Bagian yang ditunjuk dengan tanda panah berfungsi untuk...
A.        menghantarkan impuls menuju ke badan sel saraf
B.        menghantarkan impuls dari badan sel ke sel otot
C.        mempercepat jalannya impuls ke pusat koordinasi sel
D.       menjawab rangsang dan menghantarkannya ke indera

Kunci  : A
Penjelasan   :
Bagian yang ditunjuk dengan tanda panah adalah dendrit. Bagian ini berperan menerima rangsang dan menghantarkannya menuju badan sel saraf

34.   Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.

Indikator Soal    :
Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk

Butir soal:
Perhatikan gambar penampang daun berikut!
Bagian yang ditunjuk dengan huruf Y berfungsi untuk ….
A.       mengangkut hasil fotosintesis
B.        melindungi jaringan yang di bawahnya
C.        mengangkut air yang masuk dari batang
D.       menyimpan cadangan makanan

Kunci           : D
Penjelasan   :
Bagian yang ditunjuk adalah sel jaringan bunga karang (spons).  Pada bagian ini banyak terdapat ruang-ruang kosong (rongga) sehingga memungkinkan oksigen untuk proses fotosintesis  tersimpan. Selain sebagai tempat fotosintesis, pada sel-sel jaringan spons  sebagai tempat menyimpan amilum hasil fotosintesis.

35.    Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator Soal    :
Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri malu/yang bersulur/ Leguminaceae),  siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan  akibat pengaruh tertentu
Butir Soal :
Perhatikan gambar salah satu jenis Leguminaceae berikut
Apabila intensitas cahaya lemah (malam hari) maka respon yang dilakukan oleh tumbuhan tersebut adalah....
A.      mekar bagian mahkota bunga
B.       menutup daun majemuk
C.       memecahkan polong biji
D.      menutup bagian kelopak bunga

Kunci           :  B
Penjelasan   :
Pada saat menjelang matahari terbenam sehingga intensitas cahaya lemah  (gelap)  kelompok Leguminaceae (polong-polongan) akan menutup daun majemuk.  Gerak ini disebut niktinasti yaitu gerak tidur daun tanaman menjelang petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun.

36.    Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut

Indikator Soal    :
Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sachs, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah satu tahapan tersebut.

Butir Soal:
Perhatikan gambar percobaan Fotosintesis berikut!

Tujuan dari tahapan III adalah ...
A.      mematikan sel-sel yang menyusun jaringan pada daun
B.       melemahkan bakteri yang melekat pada daun
C.       melarutkan klorofil yang terdapat pada daun
D.      menentukan jenis zat hasil proses fotosintesis

Kunci           : C
Penjelasan   :
v  Tahap I daun yang ditutup dan yang tidak ditutup dengan aluminium foil atau kertas karbon
v  Tahap II daun dipanaskan/direbus  dengan air bertujuan untuk mematikan sel-sel pada daun
v  Tahap III daun dipanaskan/direbus dengan  alkohol bertujuan agar klorofil pada daun larut.
v  Tahap IV adalah pengujian dengan larutan lugol sebagai larutan indikator. Bagian daun  yang  ditetesi larutan lugol menjadi berwarna biru tua  berarti mengandung amilum sebagai hasil fotosintesis. Selain itu berwarna pucat.

37.    Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Indikator Soal    :
Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri perkembangan pada makhluk

Butir Soal:
Perhatikan pernyataan berikut!
1.        Tidak kembali pada bentuk semula
2.        Bertambah ukuran
3.        Bertambahnya kedewasaan
4.        Matangnya organ-organ reproduksi

Pernyataan yang menunjukkan ciri perkembangan adalah...
A.      3 dan 4
B.       2 dan 3
C.       1 dan 3
D.      1 dan 2

Kunci           : A
Penjelasan   :
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (irreversible), yang meliputi pertambahan volume dam pertambahan massa. Selain disebabkan pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi karena pertambahan jumlah sel.  Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada tingkat seluler, perkembangan dapat berupa  diferensiasi sel-sel yang baru membelah membentuk jaringan yang menyusun organ tertentu. Pada tumbuhan perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah. Sedang pada hewan dan manusia ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan. Perkembangan juga menyebabkan perkembangan psikis dari usia bayi, anak-anak, dan menjadi dewasa.

38.    Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup

Indikator Soal    :
Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu

Butir Soal:
Perhatikan contoh berikut!
1.        Ikan air laut mengekskresi urine pekat agar terjaga keseimbangan kadar air tubuhnya
2.        Rayap sering memakan kembali kulit ari kelupasannya
3.        Beruang kutub tidur panjang saat musim dingin
4.        Herbivora menghasilkan enzim selulase untuk mencerna selulosa

Pernyataan yang menunjukkan adaptasi fisiologi adalah...
A.      1  dan 2
B.       1 dan 3
C.       2 dan 3
D.      4 dan 1

Kunci           : D
Penjelasan   : 
Adaptasi fisiologi pada makhluk hidup ditandai pada penyesuaian fungsi dari alat tubuh makhluk hidup tersebut karena harus menyesuaikan dengan lingkungan (habitat) sebagai tempat hidupnya.

39.    Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.

Indikator Soal    :
Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2

Butir Soal:
Persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat dengan tanaman ercis berbiji kerut menghasilkan tanaman ercis berbiji bulat. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya maka akan diperoleh perbandingan fenotip F2 ...
A.      1: 1
B.       1: 2
C.       2: 1
D.      3: 1
Kunci           : D
Penjelasan   : 

P1   :       BB         X        bb
                        biji bulat       biji kerut
     
Gamet:    B                     b
           
            F1:                      Bb       
                                 (biji bulat)        

P2     :     Bb      X     Bb
                      biji bulat       biji bulat
           
Gamet :   B; b               B; b
     
F2: 

B
b

BB
(bulat)
Bb
(bulat)
b
Bb
(bulat)
bb
(kerut)
      
Jadi diperoleh perbandingan fenotip bulat: kerut adalah 3: 1

40.    Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

Indikator soal            :
Siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional

Butir Soal:
Mikroba yang dimanfaatkan dalam pembuatan produk keju  adalah ...
A.      Lactobacillus plantarum
B.       Lactobacillus lactis
C.       Aspergillus soyae
D.      Saccaromyces cereviceae

Kunci           : B         
Penjelasan   :
Daftar mikroba beserta penggunaannya dalam pembuatan keju, adalah sebagai berikut.

Mikroba
Enzim
Bahan
Produk
Lactobacillus plantarum
Laktase
kubis
asinan
Lactobacillus lactis
Lipase
susu
keju
Aspergillus soyae
Protease
kedelai
kecap
Streptococcus lactis
Lipase
susu
mentega

NOTE INI KISI KISI FISIKA SMP



  1. Disajikan gambar mistar, peserta didik dapat membaca hasil pengukuran
  2. Disajikan gambar neraca dan gelas ukur, peserta didik dapat menentukan nilai besaran massa jenis benda tersebut
  3. Disajikan tabel koefisien muai panjang suatu bahan, peserta didik dapat menentukan arah kelengkungan bimetal tersebut bila dipanaskan
  4. Disajikan grafik suhu terhadap kalor, siswa dapat menentukan bagian grafik yang menunjukkan perubahan wujud serta menentukan kalor yang diperlukan
  5. Disajikan pernyataan peristiwa 5gerak dalam kehidupan sehari-hari (GLB dan GLBB), siswa dapat membedakan jenis gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada peristiwa tersebut
  6. Disajikan gambar sebuah balok yang diletakan dengan berbagai posisi, siswa dapat menentukan  tekanan pada posisi tertentu
  7. Disajikan gambar volt meter yang dihubungkan dengan volt meter dengan bateray siswa dapat menjelaskan perubahan bentuk energi
  8. Disediakan gambar balok yang dipengaruhi dua gaya yang berlawanan arah, sehingga mengalami perpindahan siswa dapat menentukan  besar usaha yang dilakukan oleh kedua gaya
  9. Siswa dapat menentukan alat yang cara bekerja berdasarkan bidang miring dengan memilih gambar yang tersedia
  10. Disajikan  gambar gelombang, siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang tersebut
  11. Disajikan beberapa pernyataan tentang pemanfaatani bunyi, siswa dapat mengidentifikasi pernyataan yang benar
  12. Disajikan data gambar cermin cekung, siswa dapat menentukan jarak bayangan (s`)
  13. Disajikan data dan atau gambar cacat mata, siswa dapat menentukan  jenis lensa untuk menolong penderita cacat mata tersebut. : Disajikan data dan atau gambar cacat mata, Siswa dapat menentukan  jenis lensa untuk menolong penderita cacat mata tersebut.
  14. Disajikan peristiwa pemuatan listrik statis, siswa dapat menentukan jenis muatan yang dihasilkan beserta interaksinya.
  15. Disajikan data dan atau gambar rangkaian listrik (seri, paralel, campuran), siswa dapat menentukan salah satu besaran (V, I, Rpengganti)
  16.  Menentukan besarnya energy listrik yang diubah menjadi energy panas oleh sebuah solder yang terpakai selama ½ jam
  17. Menjelaskan cara membuat magnet dengan cara digosok dan menentukan kutub-kutub magnet bentukannya
  18.  Menentukan jawaban yang benar dari alternatip pernyataan tentang factor-faktor yang mempengaruhi
  19. GGL Induksi
  20. Disajikan beberapa pernyataan tentang sifat-sifat benda langit. siswa dapat menentukan sifat-sifat yang sesuai untuk benda langit tertentu.
  21. Disajikan beberapa pernyataan tentang sifat-sifat benda langit. siswa dapat menentukan sifat-sifat yang sesuai untuk benda langit tertentu.
  22. Disajikan fenomena akibat pemanasan global, siswa dapat menjelaskan  dampak lanjutan dari peristiwa tersebut
  23. Disajikan gambar peredaran bumi, siswa dapat menjelaskan penyebab  terjadinya peristiwa musim di belahan bumi.

No comments:

Post a Comment