Pages

Monday, September 22, 2014

PERSIAPAN TRY OUT UN 2015 KELAS XII


1. Setiap musim semi, ribuan kupukupu Monarch bersayap lebar ini terbang ke barat menuju California dan Mexico. Sedangkan pada musim panas, kupukupu Monarch berekspedisi sejauh 4828 kilometer melalui AS dan Kanada. Hingga kini, kekompakan kupuKupu Monarch dalam bermigrasi masih menjadi misteri bagi kaum ilmuwan.   Cabang ilmu dan tingkat organisasi kehidupan yang dipelajari adalah ….
A. Ekologi dan individu 
B. Fisologi dan populasi 
C. Morfologi  dan individu 
D. Entomologi dan populasi 
E. Ornithologi dan ekosistem

2. Bakteri Eschericia coli berperan sebagai pembusuk sisa makanan dalam usus besar Mamalia, hidup mutualisme di sistem pencernaan manusia, dan di perairan tawar.  Jika populasi bakteri tersebut berlebihan   dapat  menyebabkan  ….
A. hambatan sekresi enzim ke usus halus
B. iritasi dinding usus yang menyebabkan luka
C. gangguan sistem peristaltik pada lambung
D. lingkungan menjadi kotor dan berbau
E. gangguan penyerapan air di usus besar

3. Berikut ini ciri-ciri suatu protista: 
  1. inti sel  eukariot 
  2. Memiliki inti mikro dan inti makro 
  3. reproduksi konjugasi 
  4. Habitat air tawar 
  5. Permukaan tubuh bersilia 

Berdasarkan data di atas organisme tersebut termasuk kelas...
A. Rhizopoda 
B. Sarcodina 
C. Flagellata 
D. Sporozoa 
E. Ciliata

4. Perhatikan gambar hewan di bawah ini : 
       
Hewanwan-hewan tersebut digolongkan ke dalam kelas yang sama karena  … . 
A. tubuhnya berbuku-buku
B. tidak mengalami metamorfosa 
C. anggota gerak beruas-ruas
D. berkembang biak secara kawin 
E. bernafas dengan paru-paru buku 


5. Pelestarian Badak bercula satu di Ujung Kulon, Bunga Raflesia di hutan Bukit Barisan Bengkulu dilakukan secara  in-situ bertujuan untuk ....
A. melestarikan sumber daya alam hayati di habitat aslinya
B. melestarikan sumber daya alam hayati di luar habitatnya
C. melindungi habitat dan makhluk hidup yang menempatinya
D. memberikan suaka terhadap alam yang berciri khas flora, fauna dan ekosistem apa adanya
E. menghimpun jenis-jenis flora-fauna dari berbagai tepat untuk dilestarikan

6. Berikut ciri-ciri tumbuhan berbiji : 
1) berakar serabut 
2) tulang daun menyirip 
3) berkambium 
4) tulang daun sejajar 
5) alat perkembangbiakan berupa strobilus
Yang merupakan ciri –ciri tumbuhan monokotil adalah …. 
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

7. Perhatikan gambar daur hidup Fasciola hepatica!

Secara berurutan, bagian X dan Y adalah ….
A. metaserkaria dan serkaria
B. metaserkaria dan imago
C. mirasidium dan redia
D. mirasidium dan sporosista
E. redia dan sporosista

8. Perhatikan ciri-ciri Vertebrata di bawah ini:
1) permukaan tubuh bersisik kering
2) berdarah panas (homoiotermal) 
3) berdarah dingin (poikiloterm)
4) jantung terdiri dari empat ruang,  belum sempurna.
5) jantung terdiri dari empat ruang, berkembang  baik
6) pembuahan eksternal


Ciri-ciri yang dimiliki kelompok hewan di atas:
A. 1, 2, dan 4
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 6
D. 3, 4, dan 5
E. 4, 5, dan 6


9. Perhatikan rantai makanan perairan berikut:


Komponen X, Y, dan Z secara berurutan berperan sebagai ….. 
A. konsumen primer – konsumen sekunder – konsumen tersier
B. herbivora – konsumen primer – konsumen sekunder
C. decomposer – herbivore - carnivora
D. produsen – herbivora - carnivora 
E. produsen – taraf trofi 3 – taraf trofi 6


10. Perhatikan daur fosfor berikut ini! 


Proses yang terjadi pada bagian yang bertanda X adalah…..
A. mengambil unsur fosfor dari   lingkungan dalam bentuk fosfat anorganik
B. mengubah fosfat organik dari sisa organisme menjadi fosfat anorganik
C. melepaskan fosfor keatmosfir hasil Penguraian fosfatorganik.
D. mengikat fosfat anorganik dan Menyediakannya bagi tumbuhan.
E. pembentukan fosfat organik dan unsur-unsur fosfat.

11. Menyalakan mesin motor dalam ruang tertutup sangat berbahaya, karena menimbulkan buangan gas hasil pembakaran karbon tidak sempurna yang berbahaya bagi sistem fisiologis manusia dan menyebabkan kematian. Proses yang terjadi adalah  …. 
A. karbondioksida  menimbulkan alergi pada sistem pernafasan  
B. karbonmonoksida mengganggu sistem pengangkutan oksigen  
C. karbonmonoksida memacu  kerja jantung lebih cepat
D. asam karbonat menimbulkan iritasi pada kulit
E. asam karbonat mengganggu pandangan mata

12. Perhatikan  percobaan osmosis pada tumbuhan di bawah ini!

Kesimpulan yang sesuai dengan percobaan di atas adalah ....
A. konsentrasi larutan media berkisar antara 0 – 0,5%
B. konsentrasi larutan  media sekitar 0,9%
C. konsentrasi larutan media di atas 5%
D. larutan bersifat hipotonis
E. larutan bersifat isotonis

13. Perhatikan gambar sel hewan ini!

Hubungan yang benar antara bagian yang ditunjuk dengan fungsinya adalah ….
A.  X  berperan dalam transpor sel
B. X   mensekresikan zat-zat metabolism
C. Y   menghasilkan energy
D. Y   mereaksikan protein enzim
E. Y   menyimpan cadangan makanan



14. Perhatikan tabel jaringan tumbuhan!



Pernyataan yang tepat berkaitan dengan jenis, cirri-ciri dan fungsi jaringan tumbuhan adalah ….
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

15. Perhatikan salah satu fase mekanisme kerja otot!


Proses yang terjadi pada fase di atas adalah ….
A. penguraian ATP  dan pembentukan protein aktomiosin 
B. pembentukan ATP dan penguraian protein aktomiosin 
C. zona Z menjadi memendek, akibat penguraian aktomiosin 
D. zona A memanjang, akibat pembentukan ATP
E. zona A dan Z memendek, akibat penguraian aktomiosin

16. Perhatikan gambar berikut:


Diduga pasien tersebut sedang mengalami gangguan ... 
A. anemia  
B. leukopeni  
C. leukemia
D. infeksi-radang
E. efek pendarahan hebat 

17. Di bawah ini reaksi-reaksi pada sistem pencernaan 

Peristiwa enzimatis yang terjadi pada organ lambung adalah ….
A. 1 dan 2 D.   2  dan  4
B. 1 dan 4 E.   3  dan  4
C. 2 dan 3

18. Seorang siswa melakukan percobaan kapasitas paru-paru,  dengan menghembuskan  udara  sekuat-kuatnya, setelah melakukan inspirasi sekuat-kuatnya diperoleh hasil kapasitas Vital (KV) paru – paru dengan volume 3.480 ml, selanjutnya diperoleh data :
· Volume Tidal (VT)  =   490  ml
· Volume Udara Komplementer (VUK) = 1520 ml
· Volume Residu (VR) = 980 ml 
Secara berurutan,  volume udara cadangan dan volume total paru-paru siswa tersebut adalah ….
A.  980  ml  dan  5000 ml
B. 1470 ml  dan  4460 ml
C. 1960 ml  dan  2990 ml
D. 2010 ml  dan  3530 ml
E. 2450 ml  dan  3430 ml

19. Perhatikan gambar nefron ini!

Hasil pemeriksaan urine seorang pasien dengan meneteskan benedict, kemudian dipanaskan menjadi warna merah bata.  Dokter menyimpulkan bahwa pasien menderita kelebihan senyawa tertentu yang terindentikasi dalam urine sekunder, akibat dari …. 
A. Y tidak mampu mereabsorbsi glukosa yang berlebihan difiltrasi oleh X 
B. X rusak, menyebabkan protein terserap ke saluran urine melalui Y 
C. X rusak,  filtrasi senyawa asam amino berlebihan
D. Y rusak,  tidak mampu mereabsorbsi karbohidrat dari X 
E. Z  mereabsorbsi kelebihan glukosa dari pembuluh darah 

20. Perhatikan arah rangsang pada sistem mekanisme penghantar impuls!

Jika bagian mata terkena debu, maka mekanisme penghantar impuls melalui  jaringan  saraf  X – Y,  secara berurutan adalah ….
A. reseptor – efektor
B. efektor – reseptor
C. sensoris – motoris
D. motoris – sensoris
E. reseptor - motoris

21. Di bawah ini bagian ovarium  manusia yang memproduksi sel gamet:


Pernyataan yang benar di bawah ini adalah ….
A. Bagian X adalah sel induk oosit yang telah mengalami meiosis.
B. Bagian Y adalah oosit sekunder yang terlepas karena konsentrasi LH tinggi
C. Bagian X dan Y adalah ootid hasil pembelahan meiosis
D. Bagian X tahap awal meiosis dan Y tahap akhir meiosis
E. Bagian Y adalah produk mitosis dari X.

22. Seorang anak terserang infeksi penyakit akibat luka dalam yang dideritanya, sehingga menyebabkan  demam tinggi,  dan tubuh menggigil. Kondisi ini merupakan salah satu respon tubuh melalui mekanisme ….. 
A. ketidakstabilan mekanisme termoregulasi tubuh 
B. penghancuran patogen  melalui pencernaan mekanis 
C. limfosit mendorong terbentuknya pyrogen-eksogen 
D. rangsangan ke hipotalamus melalui pyrogen-endogen
E. lambung menghasilkan HCl dan enzim pencerna protein 

23. Perhatikan grafik pertumbuhan kecambah kacang hijau!

Kesimpulan yang sesuai dari hasil percobaan tersebut adalah ....
A. pertumbuhan kecambah tidak memerlukan cahaya 
B. pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih lambat 
C. suhu mempengaruhi kecepatan pertumbuhan kecambah 
D. intensitas cahaya mempengaruhi pertumbuhan kecambah 
E. intensitas cahaya tidak mempengaruhi pertumbuhan kecambah 

24. Hasil percobaan enzim ptyalin dari saliva manusia yang direaksikan pada amilum cair pada berbagai perlakuan sebagai berikut: 

perlakuan 
Warna larutan  ditetesi lugol 
1 
amilum (kontrol) 
biru-hitam 
2 
amilum + saliva 
tidak berwarna 
3 
amilum + HCl + saliva 
biru-hitam 
4 
amilum + NaOH + saliva 
tidak berwarna 
Kesimpulan yang  tepat dari hasil percobaan  di atas adalah … 
A. tidak berwarna pada larutan menandakan enzim bekerja, dengan demikian enzim bekerja pada suasana basa 
B. tidak berwarna pada larutan menandakan enzim tidak bekerja, dengan demikian enzim bekerja pada suasana asam 
C. warna biru hitam adalah indikasi amilum, dengan demikian enzim bekerja pada suasana asam 
D. warna biru hitam adalah indikasi amilum terurai, dengan demikian enzim bekerja pada suasana basa 
E. tidak berwarna pada larutan adalah indikasi amilum terurai, dengan demikian enzim bekerja pada suasana asam 

25. Di bawah ini adalah proses-proses yang terjadi dalam respirasi sel.
1) glukosa → 2 asam piruvat +  2 NADH + 2 ATP
2) 2 asam piruvat → 2 asetil-KoA + 2 CO2 + 2 NADH
3) 2 asetil-KoA → 4 CO2 + 6 NADH + 2 FADH + 2 ATP
4) 10 NADH + 5 O2 → 10 NAD + 10 H2O + 30 ATP
5) 2 FADH2 + O2 → 2 FAD + 2 H2O + 4 AT
Proses yang menunjukkan tahap glikolisis dan dekarboksilasi oksidatif  berturut-turut adalah ….
A. 1 dan 2 
B. 3  dan 4
C. 1 dan 3 
D  4  dan 5
E. 2 dan 5

26. Perhatikan skema sebagian skema respirasi sel berikut! 

Dari skema tersebut, manakah pernyataan yang benar? 

X 
Y 
Z 
A 
1  ATP 
2  ADP 
2 CO2 
B 
1  ADP 
2  ATP 
1 CO2 
C 
2  ATP 
2  ATP 
2 CO2 
D 
2  ADP 
4  ATP 
2  CO2 
E 
2  ATP 
4  ADP 
1 CO2 

27. Perhatikan persamaan reaksi fotosintesis berikut ini!
X yang dihasilkan pada reaksi fotosintesis tersebut Terbentuk pada tahap…..
A. fotolisis dari hasil penguraian H2O
B. fotolisis dari hasil penguraian CO2
C. fiksasi CO2 pada saat gelap
D. berlangsung fiksasi CO2
E. reaksi terang dari reaksi gliseraldehid

28. Perhatikan skema respirasi anaerob berikut!
    
  
Dari skema tersebut,  bagian yang berlabel X , Y dan Z masing-masing adalah ......
A. 1 NAD,  1 CO2,  dan etanol
B. 2 NADH,  2 CO2,  dan asam laktat
C. 2 NADH,  2 CO2,  dan  2 etanol
D. 4 NADH,  2 CO2,  dan  2 asam laktat
E. 4 NADH,  4 CO2,  dan  2 etanol

29. Simbol huruf sebagai berikut:
P  = fosfat G  = guanin
D = gula deoksiribosa C  = sitosin
A =  adenin  T  = timin
Stuktur satu pasang rantai nukleotida yang tepat adalah ….




30. Pada skema sintesis protein! 


Secara berurutan bagian X, Y, dan Z adalah  …. 
A. translasi, transkripsi dan polipeptida 
B. transkripsi, ribosom dan asam amino 
C. translasi, ribosom dan polipeptida 
D. transkripsi, ribosom dan polipeptida 
E. transkripsi, translasi dan asam amino 

31. Perhatikan tahap pembelahan mitosis!

Proses yang sedang terjadi pada sel tersebut adalah … .
A. pemisahan kromatid ke kutub yang berlawanan 
B. membentuk bidang pembelahan 
C. kromosom menuju bidang  ekuator 
D. kromatin menggulung membentuk kromosom 
E. kromosom terurai menjadi kromatin  

32. Perhatikan diagram persilangan dengan dua sifat beda berikut:
     :    AAbb       X      aaBB
              (merah)             (putih)    

Gamet :       Ab                   aB
F1        :                 AaBb
                             (ungu)


Berapa persen warna putih pada F2 dengan genotip (aaBb)?
A. 6,25%
B. 12,50%
C. 18,50%
D. 25%
E. 50%


33. Peristiwa polimeri pada  ekspresi biji tanaman gandum  dipengaruhi oleh gen ganda berikut:
Gen M1  =  ekspresi  biji merah
Gen m  =  ekspresi biji putih
Gen M2  =  ekspresi biji merah  
Gen m  =  ekspresi biji putih
Jika dilakukan uji silang (test cross) antara biji gandum merah hasil dari persilangan galur murni Mendel berbiji merah (M1M1M2M2) dan putih, maka rasio fenotip keturunannya  adalah ….
A. merah : putih   1 : 1
B. merah : putih  =  2 : 1
C. merah : putih   3 : 1
D. merah 100%
E. putih  100%

34. Hemofilia disebabkan oleh gen terpaut X resesif. Jika seorang wanita normal (ayahnya hemofilia) menikah dengan pria normal, kemungkinan terlahir anak sebagai berikut  …
A. 25%    wanita  hemofilia
B. 25 %   laki-laki  hemofilia
C. 50%    wanita  karier hemofilia
D. 50 %   laki-laki karier hemofilia
E. 75 %   wanita normal

35. Jika pada proses oogenesis terjadi gangguan pada meiosis, sehingga terbentuk sel telur dengan kromosom 24,XX, dan dibuahi oleh sperma Y, maka akan terlahir anak yang mengalami sindrom ....
A. Down
B. Turner
C. Jacobs
D. Klinefelter
E. Cri du cat

36. Pernyataan tentang asal-usul kehidupan yang berkaitan dengan evolusi kimia-biologi adalah …
A. makhluk hidup penghuni bumi berasal dari zarah yang menyerupai telur 
B. makhluk hidup dan materi pemben-tukannya merupakan bagian integral dari alam semesta 
C. proses perkembangan makhluk hidup ditentukan oleh persenyawaan CH4, NH3, H2O dan H2 
D. makhluk hidup penghuni bumi berasal dari spora kehidupan 
E. molekul CH4, NH3, H2 dan H2O  di atmosfer bumi merupakan komponen penting tubuh 

37. Populasi mencit putih yang sering dijumpai di laboratorium penelitian dalam jumlah besar,  merupakan hasil mutasi dari mencit liar di alam. Namun di alam kita tidak pernah menjumpai tikus putih, baik di hutan, di pesawahan, di lingkungan rumah. Hal ini erat kaitannya dengan proses evolusi, karena pertumbuhan populasi liar  mencit putih tidak pernah terjadi. Simpulan yang tepat untuk kondisi tersebut adalah ….
A. mencit putih hanya dikembangkan di laboratorium 
B. mencit putih hanya direkayasa untuk kebutuhan penelitian
C. kemampuan adaptasi mencit putih  di alam liar sangat rendah 
D. fenotip mencit putih hanya ada di wilayah yang lingkungan bersih  dan tidak terkontaminasi 
E. gen mencit hitam dominan, sehingga populasi  mencit putih sangat rendah 

38. Perkembangan bioteknologi konvensional tetap dipertahankan sampai saat ini, prinsip dasar yang melandasi proses tersebut adalah ….
A. memanfaatkan jasa mikroorganisme untuk menghasilkan produk dan jasa 
B. melebur dua sel  yang berbeda sifat untuk memperoleh spesies unggul 
C. mengawinkan antar spesies yang memiliki keunggulan berbeda 
D. mengkloning tanaman-tanaman unggul untuk hasil yang cepat 
E. memindahkan materi genetik yang diinginkan ke sel-sel target

39. Teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan  bakteri Bacillus thuringiensis (Bt)  bertujuan agar tanaman kapas menghasilkan pestisida sendiri. Teknik tersebut dilakukan dengan cara …. 
A. gen pestisida disisipkan ke plasmid bakteri Bt 
B. sel-sel Bt dilebur dengan sel-sel kanker tumbuhan 
C. inti sel tumbuhan disisipkan ke sel Bt
D. gen pestisida Bt disisipkan ke sel-sel tumbuhan 
E. hasil fermentasi Bt diekstraksi dan dimurnikan

40. Implikasi bioteknologi bagi kehidupan manusia umumnya bermanfaat dalam mening-katkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi dampak negatif yang mungkin timbul adalah hilangnya plasma nutfah yang akan menyebabkan…. 
A. punahnya organisme langka                    
B. hilangnya daya dukung lingkungan 
C. keanekaragaman hayati menurun              
D. biaya rehabilitasi hutan meningkat 
E. berkurangnya bibit unggul 

1 comment: