Pages

Thursday, October 2, 2014

TARGET BIOLOGI KELAS 7 SMP

GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK
  1. Menjelaskan pengertian komponen biotik
  2. Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
  3. Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
  4. Menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
  5. Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.


MIKROSKOP
  1. Menyebutkan nama bagian-bagian mikroskop.
  2. Menunjukkan nama bagian-bagian mikroskop.
  3. Menjelaskan fungsi bagian-bagian mikroskop.
  4. Menggunakan mikroskop dengan benar.
  5. Menyebutkan nama bentuk sayatan.
  6. Membuat sayatan (melintang dan membujur).
  7. Membuat preparat basah.
  8. Membuka penutup tubuh hewan.
  9. Mengoleksi makhluk hidup
  10. Menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.


KERJA LABORATORIUM
  1. Menjelaskan fungsi dari laboratorium
  2. Mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
  3. Mengetahui cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
  4. Menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
  5. Menjelaskan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
  6. Mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
  7. Menjelaskan arti simbol-simbol dalam bahan kimia.

CIRI CIRI MAHKLUK HIDUP
  1.  Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
  2. Menyebutkan ciri-ciri makhluk tak hidup.
  3. Mengetahui reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
  4. Menentukan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
  5. Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.
  6. Menjelaskan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.

KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP
1.        Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2.        Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
3.        Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4.        Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5.        Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
6.        Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
7.        Menjelaskan tujuan kunci determinasi.

SISTEM ORGANISASI KEDIPUPAN
1.        Menjelaskan pengertian sel.
2.        Menjelaskan bagian-bagian sel.
3.        Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan.
4.        Mengamati bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
5.        Menjelaskan pengertian jaringan.
6.        Menyebutkan macam-macam jaringan pada vertebrata dan manusia.
7.        Menyebutkan macam-macam jaringan pada tumbuhan.
8.        Mengenal jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
9.        Menjelaskan fungsi dari macam-macam jaringan.
10.    Menjelaskan pengertian organ.
11.    Menyebutkan macam-macam organ pada vertebrata dan manusia.
12.    Menyebutkan macam-macam organ pada tumbuhan.
13.    Menjelaskan fungsi dari macam-macam organ.
14.    Menjelaskan pengertian sistem organ.
15.    Menyebutkan berbagai sistem organ pada vertebrata dan manusia.
16.    Menyebutkan macam-macam sistem organ pada tumbuhan.
17.    Menjelaskan fungsi dari macam-macam sistem organ.
18.    Menjelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh

EKOSISTEM

1.         Menjelaskan pengertian ekosistem.
2.         Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
3.         Menyebutkan macam-macam ekosistem.
4.         Menjelaskan komponen-komponen ekosistem.
5.         Membedakan organisme autrotof dan organisme heterotof.
6.         Membedakan organisme herbivora, karnivora dan omnivora.
7.         Menjelaskan hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
8.         Menjelaskan saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
9.         Menjelaskan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan.
10.     Membuat jaring-jaring makanan yang terbentuk dari sekumpulan rantai makanan.
11.     Menjelaskan pengertian arus energi.
12.     Menjelaskan siklus materi.
13.     Menyebutkan pola interaksi organisme.
14.     Membedakan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan  simbiosis komensalisme.

KEANEKARAGAMAN MAHKLUK HIDUP DAN PELESTARIANNYA

1.        Menyebutkan makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
2.        Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
3.        Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
4.        Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
5.        Menjelaskan  klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
6.        Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
7.        Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
8.        Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom tumbuhan (plantae).
9.        Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh lumut.
10.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan paku.
11.    Membedakan lumut (bryophyta) dan tumbuhan paku (pterydophyta).
12.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae).
13.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
14.    Membedakan tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
15.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
16.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
17.    Membedakan tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan  tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
18.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
19.    Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan bertulang belakang (vertebrata).
20.    Membedakan kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).
21.    Menjelaskan pengertian sumber daya alam hayati.
22.    Menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
23.    Menyebutkan beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
24.    Membedakan cagar alam dan suaka margasatwa.
25.    Membedakan taman nasional, taman wisata dan taman laut.

KEPADATAN PENDUDUK DAN DAMPAKNYA
1.        Menjelaskan pengertian penduduk.
2.        Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia.
3.        Menyebutkan syarat-syarat air bersih.
4.        Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
5.        Menjelaskan pengertian udara bersih.
6.        Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
7.        Menyebutkan dampak ketidakseimbangan antara bertambahnya penduduk dengan bertambahnya produksi pangan.
8.        Menjelaskan dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan.
9.        Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
10.    Menjelaskan dampak kepadatan penduduk terhadap pencemaran lingkungan.
11.    Menjelaskan dampak kepadatan penduduk terhadap terbatasnya ruang gerak. 

PENCEMARAN LINGKUNGAN
1.        Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan.
2.        Menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami.
3.        Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tercemar.
4.        Membedakan lingkungan alami dan lingkungan tercemar
5.        Menyebutkan sumber-sumber pencemaran lingkungan.
6.        Menjelaskan pengertian pencemaran air.
7.        Menjelaskan sumber-sumber pencemaran air.
8.        Menjelaskan pengertian pencemaran udara.
9.        Menyebutkan bahan-bahan pencemar udara.
10.    Menjelaskan pengertian pencemaran tanah.
11.    Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah.
12.    Menjelaskan pengertian pencemaran suara.
13.    Menyebutkan sumber-sumber pencemaran suara.
14.    Menjelaskan akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
15.    Menjelaskan kegunaan hutan hujan tropis.
16.    Menjelaskan kerugian akibat penebangan hutan.
17.    Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran.

18.    Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan.

SOAL


KINERJA ILMIAH

1. Bagian mikroskop yang berfungsi sebagai penghubung lensa obyektif dengan lensa okuler adalah….
A. diafragma 
B. revolver
C. Kodensator 
D. tubus

2. Cahaya terang namun bayangan tidak jelas. Supaya bayangan jelas yang dilakukan adalah ….
A. memutar makrometer
B. mengatur kodensator
C. putar makrometer
D. mengatur sinar

3. Salah satu ciri makhluk hidup yang berfungsi untuk melestarikan jenisnya adalah ….
A. reproduksi 
B. bergerak
C. bernafas 
D. tumbuh

4. Tumbuhan putri malu akan menutup daunnya pada saat disentuh. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan….
A. dapat bereaksi
B. dapat beradaptasi
C. dapat bergerak
D. dapat peka terhadap rangsang

5. Bagian mikroskop yang berfungsi untuk memperbesar bayangan obyek adalah ….
A. lensa okuler dan obyektif
B. lensa okuler dan tubus
C. lensa obyektif dan tubus
D. lensa okuler dan cermin

6. Salah satu peraturan laboratorium adalah ….
A. buanglah zat komia yang telah lama dan tak berlabel
B. bila selaesai kegiatan kembalikan alat–alat pada tempatnya
C. lakukan kegiatan di laboratorium dengan beramai–ramai
D. simpanlah zat kimia di tempat yang tinggi

7. Pertolongan pertama bila kulit terkena percikan asam klorida adalah ….
A. olesi dengan salep
B. balut luka dengan pembalut
C. beri betadine
D. bilas air sebanyak–banyaknya

8. Suatu hipotesa dapat disusun bila seseorang melakukan ….
A. eksperimen
B. mengumpulkan data
C. merumuskan masalah
D. menarik kesimpulan

9. Sikap di bawah ini yang termasuk sikap ilmiah adalah ….
A. menyesuaikan data hasil eksperimen dengan data secara teoritis
B. melaporkan data sebenarnya sebagai hasil eksperimen
C. mengubah data agar lebih sesuai dengan hasil yang sebenarnya
D. memanipulasi data agar hasilnya baik

10. Pernyataan di bawah ini yang termasuk data kualitatif adalah ….
A. beratnya 50 kg
B. permukaannya licin
C. Tingginya mencapai 10 m
D. diameternya 14 cm

11. Daun tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora disebut daun yang …
A. Steril 
B.hidup
C. Besar 
D. fertile

12. Tumbuhan paku dapat hidup melekat pada pohon lain. Cara hidup seperti ini disebut …
A. Epifit 
B. saprofit
C. Parasit 
D. inang

13. Berikut ini termasuk dalam kelompok tumbuhan tidak berpembuluh kecuali…
A. Ganggang 
B. tumbuhan paku
C. Lumut 
D. jamur

14. Benang-benang halus berwarna putih yang terdapat pada cendawan adalah …
A. spora C. sporangaium
B. rizoid D. hifa

15. Kelompok tumbuhan biji terbuka adalah …
A. kacang tanah, jagung, jambu mete
B. pakis haji, mlinjo, pinus
C. kacang tanah, mlinjo, pinus
D. pakis haji, jambu mete, jagung

16. Pembuahan biji terbuka yang umumnya dijadikan tanaman hias adalah …
A. pakis haji 
B. mlinjo
C. tusam 
D. dammar

17. Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan untuk ….
A. penggosok pakaian 
B. spons mandi
C. pengosok kulit 
D. vas bunga

18. Burung termasuk hewan berdarah panas, artinya ….
A. suhu tubuh mengikuti suhu lingkungan
B. suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan
C. meskipun suhu lingkungan berubah, suhu tubuhnya tetap
D. mempunyai kemampuan adaptasi terhadap lingkungan

19. Diantara hewan berikut yang rangkanya berupa rangka dalam adalah ….
A. belalang dan kupu-kupu
B. lebah dan labah-labah
C. katak dan kadal
D. kumbang dan kala

20. Pada waktu terbang burung lebih efektif bernafas dengan menggunakan ….
A. paru-paru buku 
B. insang dan paru-paru
C. pundi-pundi hawa 
D. paru buku dan pundi hawa

21. Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan .…
A. kaki semu 
B. kaki tabung
C. bulu getar 
D. bulu cambuk

22. Cacing yang dapat dimakan manusia adalah ….
A. Planaria dan Palolo 
B. Palolo dan Wawo
C. Palolo da Filaria 
D. Wawo dan Filaria

23. Proses pernafasan pada organisme disebut .…
A. ekspirasi 
B. inpirasi
C. respirasi 
D. ekresi

24. Alat pernafasan yang sesuai adalah .…
A. ikan trakea 
B. burung paru–paru
C. katak insang 
D. tikus trakea

25. Alat gerak ikan adalah .…
A. insang 
B. kaki
C. Sirip 
D. badan

26. Jika tumbuhan putri malu disentuh daun akan mengatup maka tumbuhan ini melakukan .…
A. ekskresi 
B. iritabilita
C. respirasi 
D. reproduksi

27. Tumbuhan hijau mendapatkan makanan dari ….
A. orang lain C. hewan lain
B. tumbuhan lain D. memask sendiri

28. Proses bertambah besar dan tidak dapat kembali ke semula disebut ….
A. pertumbuhan 
B. berkembangbiak
C. perkembangan 
D. regulasi

29. Bakteri dalam ekosistem berperan sebagai….
A. produsen 
B. pengurai
C. ponsumen 
D. abiotik

30. Tumbuhan hijau yang tergolong autotrof, sebab ….
A. dapat membuat makanan sendiri
B. tidak dapat membuat makanan sendiri
C. hidup menempel pada makhluk hidup lain
D. hidup menagambil makanan makhluk hidup lain

31. Tumbuhan heterotrof adalah ….
A. anggrek 
B. lumut
C. jamur 
D. paku

32. Dalam sutu ekosistem terdapat tikus, kucing, rumput, jamur, bakteri. Organisme yang sangat tergantung pada konsumen adalah ….
A. tikus, kucing 
B. rumput, jamur
C. kucing, rumput 
D. jamur, bakteri

33. Berikut ini perpindahan energi yang benar adalah ….
A. matahari – herbivora - karnivora – omnivore
B. matahari – produsen - konsumen I – konsumen II
C. produsen – karnivora – herbivora – matahari
D. produsen – matahari – konsumen – produsen

34. Prediksi penyebab munculnya penyakit kolera pada populasi penduduk yang padat dan ….
A. tersedia makanan yng terbatas
B. tempat tinggal yang terbatas
C. udara bersih terbatas
D. air bersih yang terbatas

35. Salah satu sumber pencemaran tanah adalah ….
A. sampah 
B. bahan baker
C. kebakaran hutan 
D. plastic

36. Tindakan untuk menjada hutan dan kerusakan lingkungan adalah ….
A. menembak pemburu
B. lomba berburu
C. memberlakukan undang-undang
D. menganti tanaman semusim

37. Faktor berikut yang merupakan batasan banyaknya populasi manusia adalah .…
A. jumlah makan yang diproduksi
B. jumlah tempat tinggal
C. jumlah populasi
D. persediaan makanan

38. Pembuangan sampah yang sembarangan dapat mengakibatkan banjir. Banjir terjadi karena ….
A. plastik sukar membusuk
B. sampah menyumbat
C. tidak ada bakteri pembusuk
D. tanah longsor

39. Tumbuhan hijau yang tergolong autotrof, sebab ….
A. dapat membuat makanan sendiri
B. tidak dapat membuat makanan sendiri
C. hidup menempel pada makhluk hidup lain
D. hidup mengambil makanan makhluk hidup lain

40. Tumbuhan heterotrof adalah ….
A. Anggrek 
B. jamur
C. Lumut 
D. paku

41. Gerak suatu benda yang lintasan lurus dan kecepatan tetap disebut ….
A. gerak lurus 
B. gerak lurus beraturan
C. gerak parabola 
D. gerak melingkar

42. Penambahan kecepatan tiap detik disebut ….
A. Pelambatan 
B. kecepatan
C. Percepatan 
D. gerak lurus

43. Satuan percepatan dalam SI adalah ….
A. m/s
B. cm/s2
C. m/s 
D. cm/s


44. Perubahan kedudukan suatu benda disebut ….
A. Perpindahan 
B. perlambatan
C. Percepatan 
D. pengereman

45. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 60 km/jam selama 45 menit, jarak yang ditempuh adalah ….
A. 4,5 km 
B. 45 km
C. 450 km 
D. 4500 km

B. Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Data yang didapat dengan alat ukur disebut ….
2. Bagian mikroskop yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke obyek adalah ….
3. Untuk mempertahankan jenisnya makhluk hidup harus ….
4. Untuk mempertahankan bibit unggul agar tidak punah didirikan ….
5. Alga yang digunakan untuk membuat agar–agar adalah ….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Dalam melakukan kerja ilmiah sangat diperlukan sikap ilmiah dan
menggunkan metode ilmiah. Tuliskan 5 metode ilmiah!
2. Sebutkan 3 aturan laboratorium di sekolahmu!
3. Jelaskan pengaruh peningkatan populasi terhadap kerusakan alam!
4. Jelaskan penyebab pencemaran udara!
5. Tuliskan urutan kerja ilmiah!


SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM

1. Berikut yang termasuk komponen abiotik adalah ….
A. batu, tanah, air,udara
B. batu, air, semut, udara
C. air, ulat, udara, tanah
D. semut , ulat, kecoa, ular

2. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis dengan bantuan ….
A. sinar matahari 
B. semut
C. ulat 
D. tanah

3. Satu makhluk hidup tunggal di dalam suatu lingkungan disebut ….
A. Ekosistem 
B. individu
C. Habitat 
D. biosfer

4. Sekumpulan makhluk hidup yang sejenis pada suatu tempat disebut….
A. Komonitas 
B. biosfer
C. Habitat 
D. populasi

5. Kumpulan berbagai ekosistem di permukaan bumi disebut ….
A. Biosfer C. komunitas
B. Ekologi D. ekosistem

6. Hewan yang makan tumbuhan langsung disebut ….
A. Produsen 
B. konsumen
C. Pengurai 
D. dekompuser

7. Bakteri dalam ekosistem berperan sebagai….
A. Produsen 
B. konsumen
C. Pengurai 
D. abiotik

8. Tumbuhan hijau yang tergolong autotrof, sebab ….
A. dapat membuat makanan sendiri
B. tidak dapat membuat makanan sendiri
C. hidup menempel pada makhluk hidup lain
D. hidup menagambil makanan makhluk hidup lain

9. Tumbuhan heterotrof adalah ….
A. Anggrek 
B. jamur
C. Lumut 
D. paku

10. Dalam sutu ekosistem terdapat tikus, kucing, rumput, jamur, akteri. Organisme yang sangat tergantung pada konsumen adalah ….
A. tikus, kucing 
B. kucing, rumput
C. rumput, jamur 
D. jamur, bakteri

11. Berikut ini perpindahan energi yang benar adalah ….
A. matahari – herbivora - karnivora – omnivore
B. matahari – produsen - konsumen I – konsumen II
C. produsen – karnivora – herbivora – matahari
D. produsen – matahari – konsumen – produsen

12. Prediksi penyebab munculnya penyakit kolera pada populasi penduduk yang padat dan ….
A. tersedia makanan yng terbatas
B. tempat tinggal yang terbatas
C. udara bersih terbatas
D. air bersih yang terbatas

13. Salah satu sumber pencemaran tanah adalah ….
A. Sampah 
B. kebakaran hutan
C. bahan bakar 
D. plastic

14. Tindakan untuk menjaga hutan dan kerusakan lingkungan adalah ….
A. menembak pemburu
B. lomba berburu
C. memberlakukan undang-undang
D. menganti tanaman semusim

15. Faktor berikut yang merupakan batasan banyaknya populasi manusia adalah .…
A. jumlah makan yang diproduksi
B. jumlah tempat tinggal
C. jumlah populasi
D. Persediaan makanan

16. Pembuangan sampah yang sembarangan dapat mengakibatkan banjir. Banjir terjadi karena ….
A. plastik sukar membusuk
B. sampah menyumbat
C. tidak ada bakteri pembusuk
D. tanah longsor

17. Berikut ini fungsi hutan, kecuali ….
A. sebagai sumber energi
B. sebagai tempat menyimpan air
C. sebagai tempat rekreasi
D. sebagai sumber bencana

18. Suatu zat disebut polutan apabila memenuhi syarat berikut, kecuali….
A. jumlahnya melebihi normal
B. tidak merugikan
C. tempat tidak semestinya
D. berada waktu yang tidak tepat

19. Berkaitan dengan pencemaran udara, program reboisasi bertujuan untuk ….
A. memperindah kota
B. lingkungan menjadi indah
C. supaya lingkungan teduh
D. mengurangi karbondioksida

20. Tali putri merupakan contoh tumbuhan heterotrof karena ….
A. mempunyai klorofil
B. tidak mempunyai klorofil
C. hidup menempel
D. dapat membuat makanan sendiri

B. Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Air, udara, sinar matahari disebut komponen….
2. Organisme autrotof membuat makanan melalui proses ….
3. Organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri disebut ….
4. Peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu disebut ….
5. Yang berperan sebagai pengurai adalah ….
6. Tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa adalah sifat fisis ….
7. Seluruh ekosistem di bumi disebut ….
8. Terperangkapnya panas bumi oleh lapisan gas bumi disebut ….
9. Asap kendaraan menyebabkan pencemaran….
10. Lapisan tanah terbawa air ketika hujan disebut ….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Jelaskan perbedaan organisme autotrof dan heterotrof!
2. Jelaskan hubungan antara komponen biotik dan abiotik!
3. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan populasi!
4. Sebutkan 3 macam pencemaran dan jelaskan cara penanggulanginya!
5. Jelaskan pengaruh peningkatan populasi terhadap kerusakan lingkungan!
6. Buatlah jaring–jaring makanan yang terdiri dari tiga rantai makanan!
7. Gambarkan siklus air!
8. Jelaskan terjadinya hujan asam dan sebutkan dampak terhadap lingkungan!
9. Jelaskan penyebab pencemaran udara!
10. Bagaimana cara mengatasi kerusakan hutan!

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

1. Unit terkecil dari makhluk hidup disebut ….
A. Sel 
B. jaringan
C. Organ 
D. individu

2. Hewan yang terdiri dari satu sel disebut ….
A. sel berjumlah satu 
B. hanya satu
C. monoseluler 
D. diseluler

3. Tumbuhan bersel banyak disebut ….
A. Uniseluluer 
B. multiseluler
C. jumlah banyak 
D. sel besar

4. Pernyataan yang benar mengenai sel adalah ….
A. sel adalah makhluk hidup
B. jaringan tidak dimiliki tumbuhan
C. Hewan hanya memiliki organ
D. sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup

5. Bagian sel berfungsi mengatur semua kegiatan yang dilakukan oleh sel disebut ….
A. Sitoplasma 
B. inti sel
C. anak inti sel 
D. mebran sel

6. Bagian sel yang hanya terdapat pada tumbuhan adalah….
A. plasma sel 
B. membran plasma
C. dinding sel 
D. mitokondria

7. Jaringan pembuluh berfungsi untuk ….
A. melapisi permukan tubuh
B. menyokong tubuh
C. membuat makanan
D. mengangkut zat makanan

8. Tugas daun adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. transpirasi 
B. pertukaran gas
C. transportasi 
D. fotosintesis

9. Organ pada tumbuhan yang berfungsi untuk pernafasan adalah ….
A. stomata 
B. epidermis
C. mesofil 
D. xylem

10. Organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mengeluarkan air dan sisa metabolisme dari dalam tubuh adalah ….
A. hati 
B. jantung
C. ginjal 
D. pancreas

11. Bagian sel yang berfungsi untuk respirasi sel adalah ….
A. mitokondria 
B. rongga sel
C. inti sel 
D. membrane

12. Makhluk hidup yang termasuk uniseluler adalah….
A. bakteri, amoeba, jamur
B. cacing, jamur, bakteri
C. serangga, cacing, bakteri
D. amoeba, bakteri, ganggang biru

13. Organ yang berfungsi untuk memompa darah pada manusia adalah ….
A. ginjal 
B. jantung
C. hati 
D. paru–paru

14. Organ manusia yang paling berat tugasnya adalah ….
A. hati 
B. otak
C. ginjal 
D. jantung

15. Di bawah ini yang tidak termasuk organ manusia adalah ….
A. lambung, usus 
B. mata, telinga hidung
C. jantung dan paru-paru 
D. epitel dan syaraf

16. Transpirasi pada tumbuhan hijau terjadi pada ….
A. batang, akar 
B. batang, daun
C. daun, akar 
D. batang daun, akar

17. Pengangkutan oksigen dan sari-sari makanan adalah fungsi .…
A. Pencernaan 
B. peredaran darah
C. Pernafasan 
D. syaraf

18. Pembuluh yang mengangkut hasil fotosintesis adalah pembuluh ….
A. ylem 
B. floem
C. pengangkutan 
D. respirometer

19. Tenggorokan adalah salah satu organ sistem ….
A. pernafasan 
B. pengeluaran
C. percernaan 
D. peredaran darah

20. Urutan organisasi kehidupan adalah ….
A. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme
B. organisme – sel – jaringan – sistem organ – organ
C. organ – sistem organ – organisme – sel jaringan
D. jaringan – sel – organ – sistem organ – organisme

21. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk ….
A. mempermudah pergenalan makhluk hidup
B. memilih makhluk hidup yang dapat dimakan
C. menentukan asau-usul makhluk hidup
D. memberikan nama pada setiap makhluk hidup

22. Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah ….
A. divisi – kelas – familia – genus – species
B. divisi – familia – kelas – genus – species
C. filum – kelas – familia – genus – species
D. filum – falimia – kelas – genus – species

23. Nama ilmiah padi yaitu Oryza sativa. Kata oryza merupakan petunjuk nama ….
A. genus 
B. kelas
C. species 
D. familia

24. Dalam kelompok manakah jumlah individu lebih banyak?
A. species 
B. kelas
C. genus 
D. famili

25. Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dan jamur adalah …
A. ganggang tak berklorofil
B. jamur tak berklorofil
C. jamur berklorofil
D. ganggang bersel Satu.

26. Lumut kerak merupakan tumbuhan …
A. hasil hidup bersama askomisetes dan ganggang
B. berasal dari simbiosis antara jamur dan lumut
C. gabungan antara jamur dan paku
D. hasil hidup bersama 2 macam jamur

27. Tumbuhan yang memiliki bagian seperti akar, batang, dan daun yang berwarna hijau. Ke dalam kelompok manakah tumbuhan itu digolongkan ….
A. Jamur 
B. alga
C. tumbuhan paku 
D. lumut

28. Bagian yang menghasilkan sel kelamin jantan pada tumbuhan paku adalah …
A. protalium 
B. anteriduim
C. arkrgonium 
D. sporogonium

29. Daun tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora disebut daun yang …
A. steril 
B. besar
C. hidup 
D. fertile

30. Tumbuhan paku dapat hidup melekat pada pohon lain. Cara hidup seperti ini disebut …
A. epifit 
B. parasit
C. saprofit 
D. semi parasit

31. Berikut ini termasuk dalam kelompok tumbuhan tidak berpembuluh kecuali…
A. ganggang 
B. lumut
C. tumbuhan paku 
D. . jamur

32. Benang-benang halus berwarna putih yang terdapat pada cendawan adalah …
A. Spora 
B. rizoid
C. Sporangium 
D. hifa

33. Kelompok tumbuhan biji terbuka adalah …
A. kacang tanah, jagung, jambu mete
B. pakis haji, mlinjo, pinus
C. kacang tanah, mlinjo, pinus
D. pakis haji, jambu mete, jagung

34. Tumbuhan biji terbuka yang umumnya dijadikan tanaman hias adalah …
A. pakis haji 
B. mlinjo
C. tusam 
D. dammar

35. Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan untuk ….
A. penggosok pakainan 
B. spons mandi
C. pengosok kulit 
D. vas bunga

36. Burung termasuk hewan berdarah panas, artinya ….
A. suhu tubuh mengikuti suhu lingkungan
B. suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan
C. meskipun suhu lingkungan berubah, suhu tubuhnya tetap
D. mempunyai kemampuan adaptasi terhadap lingkungan

37. Di antara hewan berikut yang rangkanya berupa rangka dalam adalah ….
A. belalang dan kupu-kupu 
B. katak dan kadal
C. lebah dan laba-laba 
D. kumbang dan kala

38. Pada waktu terbang burung lebih efektif bernafas dengan menggunakan ….
A. paru-paru buku
B. insang dan paru-paru
C. pundi-pundi hawa
D. paru buku dan pundi hawa

39. Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan .…
A. kaki semu 
B. bulu getar
C. kaki tabung 
D. bulu cambuk

40. Proses pernafasan pada organisme disebut .…
A. ekspirasi 
B. inpirasi
C. respirasi 
D. ekresi

41. Alat pernafasan yang sesuai adalah .…
A. ikan trakea 
B. katak insang
C. burung paru-paru 
D. tikus trakea

42. Alat gerak ikan adalah .…
A. Insang 
B. sirip
C. Kaki 
D. badan

43. Jika tumbuhan putri malu disentuh daun akan mengatup maka tumbuhan ini melakukan .…
A. Ekskresi 
B. respirasi
C. Iritabilita 
D. reproduksi

44. Tumbuhan hijau mendapatkan makanan dari ….
A. orang lain 
B. tumbuhan lain
C. hewan lain 
D. memasak sendiri

45. Proses bertambah besar dan tidak dapat kembali ke semula disebut ….
A. Pertumbuhan 
B. perkembangan
C. Berkembangbiak 
D. regulasi

Isilah titik–titik di bawah ini!
1. Unit terkecil dari makhluk hidup disebut …..
2. Pembuluh xilem disebut ….
3. Jantung manusia disebut ….
4. Kumpulan dari jaringan–jaringan akan membentuk ….
5. Tempat sintesa protein dalam di dalam sel adalah ….
6. Cairan pada sel disebut ….
7. Rongga yang berfungsi sebagai alat pengeluaran disebut ….
8. Mitokondria berfungsi untuk …
9. Kumpulan beberapa organ disebut ….
10. Hidung, tenggorokan, dan paru–paru disebut sistem ….
11. Pengelompokan makhluk hidup disebut dengan ….
12. Tingkatan takson paling rendah pada hewan adalah ….
13. Aturan penulisan species disebut sistem ….
14. Ganggang hijau mengandung zat ….
15. Perkembangbiakan secara kawin dan tak kawin pada lumut disebut ….
16. Penghasil spora pada tumbuhan paku disebut ….
17. Alga yang dapat digunakan untuk membuat agar–agar adalah ….
18. Penghasil mutiara adalah ….
19. Cacing berambut adalah ….
20. Mamalia berkantung adalah ….

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Samakah bagian–bagian sel hewan dan tumbuhan? Jelaskan!
2. Apa yang dimaksud jaringan dan sebutkan contohnya!
3. Apa hubungan antara sel dengan organisme?
4. Sebutkan organ yang menyusun sistem pencernaan makanan!
5. Tulis urutan organisasi kehidupan!
6. Jelaskan fungsi pembuluh floem!
7. Sebutkan organ yang ada pada tumbuhan!
8. Jelaskan fungsi bunga dan akar!
9. Jelaskan apa yang akan terjadi bila salah satu organ dalam system percernaan terganggu?
10. Tuliskan organ–organ dalam sistem pengangkutan tumbuhan!
11. Sebutkan urutan takson pada tumbuhan dari tinggi ke rendah!
12. Tuliskan 3 aturan klasifikasi sistem binomial nomenklatur!
13. Sebutkan 2 perbedaan tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup!
14. Sebutkan 3 ciri-ciri serangga!
15. Jelaskan pengertian hewan berdarah dingin dan beri contohnya!
16. Tuliskan perbedaan pergiliran keturunan pada lumut dan paku!
17. Apa yang dimaksud tumbuhan biji tertutup!
18. Jelaskan cara pembuahan pada ikan!
19. Sebutkan perbedaan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil!
20. Sebutkan manfaat tumbuhan biji terbuka!


No comments:

Post a Comment