Pages

Friday, January 16, 2015

UJIAN NASIONAL MATERI KELAS VII

Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta  pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan

1.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.


1.     Gambar disamping menunjukkan bahwa makhluk hidup memilik cirri-ciri


a.     berkembang biak
b.     menanggapi rangsang
c.     bergerak
d.     menyesuaikan diri

2.     Perhatikan pernyataan berikut:
1)    tumbuh dan berkembang
2)    bergerak
3)    peka terhadap rangsang
4)    fotosintesis
Pernyataan yang merupakan cirri-ciri makhluk hidup adalah
  1. 1, 2 dan 3                      c. 1, 3 dan 4
  2. 1, 2 dan 4                      d. 2, 3 dan 4

3.     Ciri makhluk hidup yang berkaitan dengan gambar disamping adalah peristiwa....


a.     ekskresi
b.     adaptasi
c.     reproduksi
d.     regulasi

4.     metamorfosis pada katak dan kupu-kupu menunjukkan bahwa mahluk hidup memiliki ciri, berupa...
a.     Berkembang biak              c.  Butuh makan  
b.     Tumbuh                           d. iritabilitas 

5.     Perhatikan gambar berikut!



gambar diatas menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup yaitu....
a.     Berkembang biak        
b.     Butuh makan  
c.     Tumbuh
d.     iritabilitas 

2.        Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.


1.   Tumbuhan biji dibedakan menjadi 2 subdivisi, yaitu tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Di bawah ini yang merupakan ciri khas tumbuhan biji tertutup adalah ….
  1. biji tumbuh pada permukaan dasar bunga
  2. bakal biji diselubungi bakal buah
  3. alat kelamin bunga disebut strobilus
  4. akarnya berupa akar tunggang dan batang bercabang

2.   Perhatikan gambar hewan berikut !


Hewan di atas yang termasuk kelompok arthropoda adalah hewan nomor
a.   1 dan 2                            c. 1 dan 4
b.   1 dan 3                            d. 2 dan 4

3.   Ciri-ciri berikut ini yang dapat membedakan antara tumbuhan monokotil dan dikotil adalah
a.   jumlah bagian bunga dan ukuran batang
b.   jumlah keping biji dan bentuk akar
c.   bentuk tulang dan ukuran bunga
d.   warna bunga dan bentuk daun

4.   perhatikan daftar tumbuhan berikut ini !
1)   jambu      3) nangka
2)   padi         4) alang – alang
3)   kelapa
tumbuhan yang daunnya berbentuk pita adalah...
a.     1, 2, dan 3       c.  2, 3, dan 4
b.     1, 3, dan 4       d.  2,3, dan 5


5.   Perhatikan gambar hewan berikut !



Hewan-hewan di atas yang   dapat dikelompokkan menjadi satu kelas adalah hewan nomor
a.  1 dan 3         c. 2   dan 4
b.  1 dan 4         d. 3 dan 4

Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam  Lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan

1.    Menjelaskan interaksi antar mahluk hidup dalam ekosistem




1.     Perhatikan rantai makanan berikut ini !


  
Makhluk hidup yang paling  tepat menempati posisi pada nomor 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah ...
a.     burung, musang  , kucing hutan
b.     belalang, musang, anjing hutan
c.     serangga,elang,musang
d.     ulat,tikus,harimau

2.     Dalam suatu ekosistem terdapat tikus, kucing, rumput, jamur, bakteri.Organisme yang sangat tergantung pada konsumen adalah ….
a.     tikus, kucing          c. rumput, jamur
b.     kucing, rumput       d. jamur, bakteri

3.     Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!



Apa yang terjadi jika populasi belalang musnah atau berkurang...
a.     Populasi tikus meningkat
b.     Populasi elang meningkat
c.     Populasi katak menurun
d.     Populasi katak meningkat


4.     Interaksi antarmakhluk hidup yang menunjukkan terjadinya simbiosis komensalisme adalah …
a.     cacing pita yang hidup dalam usus manusia
b.     benalu yang hidup pada pohon-pohon besar
c.     anggrek yang menempel pada pohon
d.     burung jalak hinggap pada punggung kerbau

5.     Di sebuah padang rumput ada kambing, sapi dan kelinci hidup bersama. Interaksi yang terjadi di antara makhluk hidup tersebut adalah …
a.     predasi           c. parasitisme
b.     kompetisi        d. Mutualisme

2.     Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan


1.     Usaha yang paling tepat untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah Anorganik adalah...
(UN 2011)
a.     dihancurkan untuk dijadikan makanan
b.     dikumpulkan untuk di daur ulang
c.     dicampur sampah lainnya untuk dibakar
d.     dihancurkan adalam mesin lalu dikubur dalam tanah

2.     Usaha untuk mengatasi pencemaran udara adalah dengan cara...
a.     melakukan reboisasi
b.     mendaur ulang limbah pabrik
c.     membuat sengkedan lahan miring
d.     memisahkan sampah organik dan anorganik

3.     Pencemaran air telah menjadi permasalahan yang harus segera ditangani. Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya pencemaran air yaitu …
a.     mengencerkan kadar polutan yang larut dalam air
b.     melarang pabrik membuang air limbahnya
c.     sampah radioaktif dibuang di pulau terpencil
d.     mengalirkan limbah ke lautan

4.     Salah satu usaha untuk menyelamatkan kerusakan hutan adalah ....
  1. melakukan tebang pilih
  2. mengubah hutan menjadi lahan pertanian
  3. mengubah lahan gambut menjadi lahan pertanian
  4. mengatur jarak tanam dan melakukan reboisasi

5.     Asap kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pencemaran udara. Usaha nyata untuk mengatasi pencemaran udara di kota yang dapat dilakukan siswa  adalah .
a.     menanami pohon untuk paru-paru kota
b.     berusaha mengurangi  produksi mobil
c.     tidak usah mengendarai mobil
d.     mendukung aturan berkendaraan  3 in 1

2.  Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus

1.     Apabila  pertumbuhan penduduk   suatu wilayah tidak terkendali maka  masalah
lingkungan yang terjadi  adalah...
a.     kualitas  udara menurun
b.     kualitas air  sungai menurun
c.     terjadi masalah sampah
d.     daya dukung lingkungan menurun


2.     Perhatikan grafik berikut!
 




Dari grafik di atas persediaan pangan setelah tahun 2000 adalah …
a.     melebihi kebutuhan penduduk
b.     lebih rendah dari kebutuhan penduduk
c.     memenuhi kebutuhan penduduk
d.     menunjukkan kenaikan

3.     Perhatikan grafik berikut
 

 
Penjelasan yang benar mengenai hubungan antara populasi manusia yang berlebihan dengan tingkat pencemaran adalah …
a.     tidak ada hubungan antara peningkatan populasi manusia dengan tingkat pencemaran
b.     apabila penduduk bertambah, pencemaran lingkungan juga meningkat
c.     apabila penduduk di suatu daerah berlebihan, pencemaran lingkungan menurun
d.     pertambahan penduduk akan membuat laju pencemaran lingkungan terkendali


4.     Pernyataan tentang pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan adalah …
a.     makin banyak manusia, makin banyak lahan pertanian dibutuhkan untuk pangan
b.     makin sedikit lahan pertanian karena banyak digunakan untuk keperluan manusia
c.     semakin sedikit lahan perumahan karena digunakan untuk kawasan industri

d.     semakin banyak lahan untuk taman kota

No comments:

Post a Comment