Pages

Thursday, May 28, 2015

KEANEKA RAGAMAN HAYATI KELAS X



1. Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh ….
a. gen dan lingkungan
b. tingkah laku dan gen
c. gen dan faktor abiotik
d. faktor abiotik dan biotik
e. gen dan makanan

2. Kegiatan yang dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati adalah ….
a. memburu hewan lindung
b. membuat hutan lindung
c. membuat undang-undang keanekaragaman hayati
d. melakukan reboisasi
e. melakukan penangkaran hewan langka

3. Garis khayal yang memisahkan fauna Indonesia bagian barat dan wilayah peralihan adalah ….
a. garis Weber
b. garis Wallace
c. garis khatulistiwa
d. garis lintang
e. garis bujur

4. Kegiatan berikut yang bukan merupakan contoh pemanfaatan keanekaragaman hayati adalah ….
a. pembuatan kursi rotan
b. memasak sayuran
c. pengeboran minyak
d. pembuatan benang kapas
e. berternak unggas

5. Pelestarian in situ dilakukan dengan pembuatan ….
a. penangkaran hewan
b. kebun raya
c. hutan lindung
d. taman kota
e. taman bermain

6. Berikut ini tujuan manusia melakukan perambahan hutan, kecuali ….
a. pembuatan daerah pemukiman
b. pembuatan jalan raya
c. pembuatan ladang
d. pelestarian hewan
e. diambil kayunya

7. Hewan berikut merupakan hewan yang hidup di wilayah ….
soal keanekaragaman hayati
a. Indonesia bagian barat
b. Indonesia bagain timur
c. Peralihan
d. Australia
e. Asia Selatan

8. Pada tumbuhan berikut, yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia adalah …
a. Hibiscus rosasinensis
b. Rafflesia arnoldii
c. Oryza sativa
d. Morinda citrifolia
e. Solanum tuberosum

9. Berikut ini hewan yang umum diternakkan dan dimanfaatkan untuk konsumsi manusia, kecuali ….
a. ayam
b. sapi
c. burung elang
d. udang
e. kambing

10. Keanekaragaman gen dalam spesies terjadi antara ….
a. bunga mawar, bunga krisan, dan bunga matahari
b. ikan mas, ikan lele, dan ikan gurame
c. burung kakaktua raja, burung nuri, dan burung kakaktua jambul kuning
d. burung merpati hitam, burung merpati putih, dan burung merpati abu-abu
e. ular sanca, ular sendok, dan ular hijau

11. Berikut adalah contoh hewan yang berasal dari Indonesia bagian peralihan, yaitu ….
a. orangutan
b. babi rusa
c. biawak
d. kanguru
e. walabi

12. Berikut bukan merupakan kegiatan yang dapat menganggu keanekaragaman hayati, yaitu ….
a. penangkapan ikan dengan peledak
b. memelihara hewan langka
c. mengeksploitasi terumbu karang semaksimal mungkin
d. menanam pepohonan di halaman
e. membuka lahan dengan membakar hutan

13. Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut,kecuali ….
a. untuk pemenuhan kebutuhan hidup
b. sebagai sumber kebutuhan sandang
c. sebagai sumber kebutuhan pangan
d. sebagai sumber kekayaan pribadi
e. sebagai sumber kekayaan papan

14. Salah satu peran pemerintah dalam menjaga keanekaragaman hayati adalah ….
a. memperbolehkan pemburuan asalkan membayar
b. memberi izin kepada pihak asing untuk mengelola suatu wilayah.
c. memberikan sanksi hukum kepada pemburu liar
d. menjadikan daerah pesisir pantai sebagai tempat wisata
e. memberi izin kepada warga untuk memelihara hewan langka

15. Berikut ini yang termasuk faktor abiotik suatu ekosistem adalah ….
a. rumput
b. burung merpati
c. semak-semak
d. bebatuan
e. serangga

16. Keanekaragaman ekosistem tidak dipengaruhi oleh ….
a. vegetasi tanaman
b. iklim
c. jenis hewan yang menempati
d. lingkungan abiotik
e. wilayah negara

17. Warna-warni yang terdapat pada ikan pada gambar menunjukkan ….



a. keanekaragaman individu
b. keanekaragaman fenotipe
c. keanekaragaman hayati
d. keanekaragaman gen
e. keanekaragaman spesies

18. Wilayah Indonesia bagian timur memiliki hewan-hewan yang mirip dengan wilayah ….
a. Asia
b. Australia
c. Jepang
d. Amerika
e. Eropa

19. Perhatikan gamabr ini 

Tanaman sagu memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan ….
a. papan
b. sandang
c. pangan
d. obat-obatan
e. kosmetik

20. Pelestarian alam ex situ dilakukan di ….
a. hutan lindung
b. taman nasional
c. kebun binatang
d. cagar alam
e. taman kota

ESSAY
1.      Sebutkan macam-macam keanekaragaman hati beserta contohnya!
2.      Jelaskan faktor yang menyebabkan terkadinya keanekaragaman hayati!
3.      Sebutkan contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis!
4.      Jelaskan kelebihan keanekragaman hayati di Indonesia dengan negara lain di dunia!
5.      Jelaskan faktor penyebab ketidaksimbangan lingkungan!
6.      Sebutkan contoh kegiatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan keanekaragaman hayati!
7.      Sebutkan pembagian wilayah biodiversitas Indonesia berdasarkan ciri organismenya!
8.      Jelaskan bentuk-bentuk pelestarian keanekaragaman hayati!
9.      Sebutkan contoh organisme langka di Indonesia dan upaya pelestariannya!
10.  Sebutkan contoh gangguan yang menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan!

Kunci Jawaban
Kunci jawaban Pilihan ganda
1. a 11. b
3. b 13. d
5. c 15. d
7. a 17. d
9. c 19. c

Kunci Jawaban Uraian

  • Keanekaragaman hayati dibagi menjadi tiga yakni Keanekaragaman Hayati tingkat gen (dalam spesies yang sama) dengan contoh macam mangga dan padi, Keanekaragaman Hayati tingkat jenis (dalam familia/kelas/ordo yang sama) dengan contoh kelapa dan aren dan Keanekaragaman Hayati tingkat ekosistem (dalam ekosistem/daerah/habitat yang sama) dengan contoh sawah dan kebun. Faktor yang menyebabkan terjadinya kenanekaragaman hayati karena faktor genetik dan lingkungan, dari interkasi kedua faktor inilah yang menjadikan tidak ada makhluk yang sama di bumi ini.
  • Contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah harimau, singa, kucing, dan chitah yang berada dalam kelompok karnivora. Juga kacang hijau, polong, tanah dan lamtoro yang berada dalam kelompok polong-polongan.
  • Kelebihan keanekaragaman hayati di Indonesia adalah jenis tumbuhan berbunga 10% tumbuhan di Indonesia, 12% mamalia, 600 reptilia dan 270 amphibia hidup di wilayah Indonesia. Beberapa hewan dan tumbuhan endemi (hanya dapat ditemukan) di Indonesia. Indonesia menempati posisi ke tiga dunia untuk kekayaan alamnya.
  • Gangguan yang menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan karena faktor manusia yang merusaknya secara sengaja dan tidak sengaja juga faktor bencana alam atau kerusakan alam.
  • Kegiatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan keanekaragaman hayati adalah pembakaran hutan, pembukaan hutan, pencemaran lingkungan dan budidaya monokultur.
  • Berdasarkan ciri organisme yang ada di wilayah tersebut, Indonesia dibagi menjadi 3 wilayah yakni wilayah oriental, peralihan, dan Australia.
  • Bentuk pelestarian makhluk hidup melalui pelestarian in situ dan pelestarian ex situ. In situ dengan pelestarian di habitat aslinya sedangkan ex situ pelestarian di luar habitat aslinya.
  • Organisme langka misalkan harimau, badak bercula satu, gajah dan burung cendrawasih. Upaya pelestariannya melalui perbanyakan organisme dengan banyak cara dan upaya pencegahan dari pembunuhan yang berlebihan.
  • Gangguan ekosistem yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan misalnya pembakaran hutan, pengambilan organisme yang berlebihan serta rekayasa genetika yang berlebihan.

LATIHAN LAGI


1. Penyebab adanya keanekaragaman adalah . . . .
a. adanya variasi dari faktor genetik
b. adanya variasi lingkungan yang berbeda-beda
c. interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan
d. interaksi antara sesama faktor genetik
e. interaksi antara sesama faktor lingkungan

2. Keanekaragaman atau kekayaan jenis dapat diukur dari . . . .
a. indeks keanekaragaman
b. habitat keanekaragaman
c. spesies yang telah punah
d. laju keanekaragaman
e. populasi penyusun ekosistem

3. Dua individu yang menempati daerah yang sama dapat disebut satu spesies apabila . . . .
a. penyusun gennya sama
b. makanan dan tingkah lakunya sama
c. dapat saling kawin dan keturunannya fertil
d. habitat dan makanannya sama
e. cara reproduksinya sama

4. Variasi jenis makhluk hidup yang terjadi secara buatan atau rekayasa genetika dapat dihasilkan melalui persilangan atau mutasi. Contohnya adalah . . . .
a. kelapa gading
b. kelapa hibrida
c. kelapa hijau
d. kelapa kopyor
e. kelapa sawit

5. Yang merupakan aspek pencirian ekosistem adalah perbedaan . . . .
a. faktor biotiknya
b. energitika, pendauran hara, dan produktivitasnya
c. faktor-faktor fisiknya
d. faktor-faktor kimianya
e. lama hidup makhluk hidup penyusunnya

6. Perhatikan gambar berikut ini


Dari gambar di atas adalah kayanya indonesia dengan biodiversitas , penyebab biodiversitas di Indonesia sangat unik, kecuali . . . .
a. keanekaragaman tinggi
b. memiliki hewan tipe oriental, Australian, dan peralihana
c. Indonesia kaya akan hewan dan tumbuhan impor dari negara lain
d. terdapat berbagai hewan dan tumbuhan langka
e. Indonesia kaya akan flora Malesiana

7. Keunikan hewan-hewan yang termasuk daerah Australian, yaitu . . . .
a. banyak hewan berkantung
b. terdapat berbagai jenis hewan primata
c. terdapat berbagai hewan endemik
d. spesies mamalia berukuran tubuh besar
e. terdapat berbagai jenis burung yang bersuara merdu

8. Di bawah ini adalah nama-nama hewan:

  1. Harimau jawa
  2. Ular sawah
  3. Tikus
  4. Burung maleo
  5. Komodo
  6. Badak bercula satu
Adapun yang termasuk hewan endemik di Indonesia adalah . . . .
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 2 – 3 – 4 – 5
c. 3 – 4 – 5 – 6
d. 1 – 4 – 5 – 6
e. 2 – 3 – 5 – 6

9. Hewan endemik adalah hewan yang . . . .
a. ada pada berbagai wilayah
b. selalu berpindah-pinah
c. menampakkan diri pada waktu tertentu
d. ada pada wilayah tertentu
e. berada pada wilayah perbatasan

10. Kegiatan manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah . . . .
a. introduksi spesies eksotik
b. reboisasi
c. pemuliaan
d. pembuatan taman-taman kota
e. konservasi plasma nutfah

11. Tumbuhan lumut disebut sebagai peralihan dari tumbuhan berthallus ke tumbuhan berkormus karena . . ..
a. mengalami pergiliran keturunan
b. bereproduksi dengan spora
c. tidak berkambium
d. tidak memiliki berkas pembuluh
e. termasuk tumbuhan tingkat rendah

12. Pada tumbuhan paku, daun yang berfungsi menghasilkan spora adalah . . . .
a. tropofil
b. sporofil
c. sporofit
d. makrofil
e. mikrofil

13. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri berkayu, daun majemuk, dan bunga dengan mahkota seperti kupu-kupu termasuk . . . .
a. Orchidaceae
b. Myrtaceae
c. Papilionaceae
d. Rubiaceae
e. Arecaceaew

14. Daur hidup tumbuhan lumut diawali dari spora yang jatuh di tempat yang lembap akan tumbuh menjadi .
a. protalium
b. protonema
c. sporofit
d. sporogonium
e. tumbuhan lumut

15. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk ke dalam famili . . . .
a. Poaceae
b. Malvaceae
c. Papilionaceae
d. Euporbiaceae
e. Zingiberaceae

16. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari keanekaragaman hayati, yaitu ….
a. variasi bentuk
b. variasi kromosom
c. variasi penampilan
d. variasi jumlah
e. variasi sifat

17. Berikut ini adalah pasangan spesies yang dapat menghasilkan keturunan fertil, yaitu ….
a. ayam dan itik
b. kuda dan keledai
c. kucing dan harimau
d. kucing anggora dan kucing persia
e. keledai dan zebra

18. Organisme yang hanya memiliki persebaran di suatu daerah saja dinamakan ….
a. ex situ
b. organism khas
c. in situ
d. endemik
e. peralihan

19. Berikut adalah contoh hewan endemik dari daerah bagian timur, yaitu ….
a. macan kumbang
b. badak jawa
c. orangutan
d. burung merak
e. bekantan

20. Pelestarian yang dilakukan di habitat aslinya disebut pelestarian ….
a. in situ
b. ex situ
c. alami
d. khusus
e. cagar alam

21. Berikut adalah vegetasi khas yang terdapat pada ekosistem gurun, yaitu ….
a. tanaman semak
b. kaktus
c. rumput
d. lumut
e. tanaman paku

22. Berikut ini adalah nama ilmiah beberapa organisme.

  1. Felix tigris
  2. Gallus gallus domestica
  3. Felix domestica
  4. Oryza sativa
Dari keempat organisme tersebut manakah yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
e. 2 dan 4

23. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati harus mulai dilakukan dari sekarang. Berikut ini yang bukan alasan mengapa upaya pelestarian harus dilakukan adalah ….
a. semakin berkurangnya jumlah suatu spesies
b. terganggunya habitat
c. rusaknya suatu ekosistem
d. rendahnya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian suatu organisme
e. keanekaragaman hayati memiliki nilai komersial tinggi

24. Adanya variasi dalam satu jenis atau spesies makhluk hidup menunjukkan bukti keanekaragaman hayati.
Keanekaragaman ini berdasarkan pada ….
a. tingkat gen
b. tingkat jenis
c. tingkat eksositem
d. tingkat filogenik
e. tingkat ekologi

25. Salah satu contoh hewan peralihan di Indonesia adalah ….
a. anoa
b. orangutan
c. macan kumbang
d. kadal berjumbai
e. kangguru pohon



INDONESIA 

Tuesday, May 26, 2015

BELAJAR TUNTAS BIOLOGI DAN SANTAI

Coba kalau anda punya kemampuan biologi yang cukup baik Kerjakan soal soal ini untuk persiapan Ujian Nasional atau Ujian SBMPTN atau Ulangan Harian atau Ulangan Semester  atau OSN atau atau lainya .OK semoga berguna



BUKU 1



BUKU KE 2


BUKU KE 3


BUKU KE 4

UJIAN KELAS X EKOLOGI SEMESTER 2



1.Sistem tumpang sari antara tanaman jagung dan kedelai menunjukkan interaksi....
a.    merugikan karena tanaman jagung kurang mendapatkan cahaya
b.    parasitisme karena tanaman  kedelai mendapatkan makanannya dari tanaman jagung
c.    menguntungkan karena tanaman kedelai menghasilkan senyawa nitrogen yang dapat    dimanfaatkan oleh tanaman jagung
d.   merugikan kedua tanaman
e.    menguntungkan karena tanaman kedelai menjadi subur

2.Organisme   yang   termasuk   kelompok  fotoautotrof berperan dalam mengubah ....
a. senyawa organik menjadi senyawa anorganik dengan bantuan energi kimia
b. senyawa organik menjadi  senyawa anorganik dengan bantuan enegri  matahari      
c. senyawa organik menjadi senyawa anorganik tanpa bantuan energi
d. senyawa anorganik menjadi  senyawa organik dengan bantuan energi  cahaya
e. senyawa anorganik menjadi senyawa organik dengan bantuan energi kimia

3.Suksesi adalah....
a.    perubahan bentuk makhluk hidup dalam waktu lama
b.    pengikisan tanah oleh angin secara perlahan dan menimbulkan kerusakan
c.    pembuatan jalan di lereng-lereng bukit dengan arah melingkar
d.   perubahan lingkungan secara perlahan yang menuju ke arah perbaikan
e.    perusakan lingkungan akibat masuknya bahan beracun berbahaya

4. Orang yang pertama kali memperkenalkan istilah ekologi adalah ....
a.    Carl von Linne
b.    L. Pasteur
c.    M. Schultze
d.   J. Lamaarck
e.    E. Haeckel

5. Pada komunitas kolam terjadi interaksi, yang berperan sebagai produsen ialah ....
a.    plankton karena sebagai jasad renik
b.    rumput karena sebagai tumbuhan hijau
c.    fitoplankton karena sebagai tingkat trofik satu
d.   zooplankton karena sebagai tingkat trofik satu
e.    eceng gondok karena merupakan tumbuhan hijau

6. Tujuan utama pendirian suaka margasatwa ialah....
a.    rekreasi
b.    pendidikan
c.    penelitian
d.   estetika
e.    pelestarian

7. Salah satu zat kimia yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon ialah ....
a. CFC
b. CO2                              
c. HCOOH
d. O2
e. H2O

8.  Adaptasi  tumbuhan berupa ukuran daun yang kecil,  batang mengandung air,  dan akar  yang  panjang  merupakan   bentuk   adaptasi   pada  daerah....
a. padang rumput
b. semak belukar
c. savanna
d. gurun
e. tundra

9.  Kumpulan suatu organisme yang saling berinteraksi dengan sesama jenis pada daerah dan waktu yang sama disebut....
a.    populasi
b.    ekosistem
c.    komunitas
d.   habitat
e.    biosfer

10. Berikut ini adalah prinsip-prinsip ekologi yang dapat digunakan untuk mengurangi limbah  yang mencemari lingkungan, kecuali....
a.    reuse
b.    recycle
c.    remake
d.   replace
e.    reduce

11.Adaptasi pada perubahan suhu dilakukan oleh hewan poikiloterm, yaitu....
a.    ikan mas, katak, dan buaya
b.    bebek, kelelawar, dan anjing
c.    anjing laut, ikan hiu, dan beruang
d.   kelelawar, buaya, dan beruang
e.    anjing, anjing laut, dan katak

12.Berikut ini adalah zat kimia yang dapat merusak ozon, kecuali...
a.    halogen
b.    metil bromida
c.    CFC
d.   metil kloroform
e.    vinil klorida

13. Sebagai konsumen I burung pipit dan tikus di sawah melakukan interaksi yang bersifat....
a.         parasitisme
b.        kompetitif
c.         mutualisme
d.        predatorisme
e.         komensalisme

14. Berikut ini fungsi dalam suatu ekosistem, kecuali....
a.         aliran energi
b.        siklus materi
c.         regulasi energi
d.        regulasi ekosistem
e.         siklus biogeokimia

15.Berairan danau yang terbuka, jauh dari tepian, dan mendapatkan cahaya yang baik  disebut....
a.         zona literal
b.        zona limnetik
c.         zona afotik               
d.        zona bentik
e.         zona fotik

16.Di dalam ekosistem sawah organisme yang paling mungkin mendapatkan aliran energi paling kecil ialah ....
a.         musang
b.        tikus
c.         wereng                      
d.        padi
e.         ayam

17. Dalam siklus biogeokimia unsur yang paling dominan diberikan oleh tumbuhan ialah ....
a.         karbon
b.        fosfor
c.         nitrogen                   
d.        oksigen
e.         hidrogen

18. Di bawah ini yang bukan senyawa pencemar utama ialah...
a.         karbon monoksida
b.        nitrogen dioksida
c.         timbal
d.        asam karbonat
e.         sulfur dioksida

19. Dampak buruk yang mungkin terjadi akibat hujan asam ialah....
a.         kanker kulit
b.        menurunya pH tanah
c.         meningkatnya keasaman tumbuhan
d.        menurunkan kandungan kimia tanah
e.         meningkatkan suhu udara

 20.Protokol konvensi untuk menghapus produksi CFC disebut....
a.         Montreal protocol
b.        Kyoto protocol
c.         Melbourne protocol
d.        Oklahoma protocol
e.         Boston protocol

21.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan kesuburan tanah ialah . . . .
a. perlindungan flora dan fauna
b. rotasi tanaman
c. irigasi
d. sengkedan atau terasering
e. reboisasi

22.Semua unsur-unsur penyusun makhluk hidup dapat kembali ke tanah setelah mengalami perombakan oleh dekomposer. Prosesnya terjadi melalui . . . .
a. siklus materi
b. rantai makanan
c. piramida biomassa
d. daur biogeokimia
e. perpindahan energi

23. Proses suksesi pada sebuah hutan berlangsung baik apabila . . . .
a. pertanian dilakukan secara tumpang sari
b. perbaikan hutan dibiarkan secara alami
c. perladangan secara berpindah
d. penebangan liar tetap berlangsung
e. pembukaan lahan pertanian secara serampangan

24.Salah satu usaha yang dilakukan manusia untuk memelihara kesuburan tanah ialah . . . .
a. pembuatan saluran irigasi
b. melindungi flora dan fauna
c. melakukan rotasi jenis tanaman
d. melakukan reboisasi
e. membuat perkebunan yang luas

25.Bahan pencemar yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui rantai makanan adalah ….
a. logam berat dan pestisida
b. gas belerang dan karbon dioksida
c. gas belerang dan logam berat
d. pestisida dan karbon dioksida
e. karbon monoksida dan logam berat

26. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini, kecuali . . . .
a. aktivitas gunung berapi
b. pembakaran hutan
c. industri berat
d. pemakaian detergen secara berlebihan
e. kendaraan bermotor

27. Berikut ini fungsi hutan hujan tropik Indonesia bagi lingkungan global, kecuali . . . .
a. mencegah terjadinya efek rumah kaca
b. menjaga kelestarian iklim global
c. menghasilkan devisa bagi negara
d. mengurangi kadar CO2 di udara
e. mengurangi pencemaran udara
           
28.Pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali di suatu danau dapat menyebabkan ….
a. penyusutan air karena penguapan Iebih tinggi
b. kadar oksigen dalam perairan menurun
c. perairan menjadi kurang subur akibat pembusukan
d. air menjadi keruh karena tertahannya partikel tanah
e. ikan-ikan banyak yang mati kerena keracunan

29. Berikut ini adalah nama beberapa populasi dalam suatu komunitas;
1. pohon
2. tumut
3. lumut kerak
4. perdu
5. rumput
Urutan rangkaian suksesi dengan komponen-komponen berikut adalah ….
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 2, 3, 4, 5, 1
c. 3, 4, 5, 1, 2
d. 3, 2, 4, 5, 1
e. 3, 2, 5, 4, 1

30.Diketahui kondisi abiotik suatu habitat adalah sebagai berikut.
- suhu sangat panas di waktu siang hari
- suhu sangat dingin di waktu malam
- curah hujan rendah
 Jika terbentuk ekosistem, maka ekosistem yang cocok adalah….
a. padang lumut                      
b. hutan tropis                         
c. hutan bakau
d. padang gurun
e. hutan meranggas

31.Organisme yang dapat digolongan sebagai dekomposer adalah….
a. jamur, dan alga                               
b. jamur, dan bakteri                           
c. jamur, dan lumut
d. lumut, dan bakteri
e. virus, dan bakteri

32.Dalam suatu ekosistem dapat terjadi interaksi antar populasi yang bertipe predasi. Manakah dari pasangan populasi berikut ini yang bertipe predasi?
a. sapi – rumput                                 
b. benalu – pohon jambu                    
c. ular – tikus
d. jamur – alga biru
e. hiu – remora

33.Zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup disebut ….
a. polusi
b. polutan
c. limbah
d. pencemaran
e. limbah domestik

34.Berikut ini merupakan pencemar dari alam, kecuali ….
a. gunung meletus
b. bunyi petir
c. asap gunung berapi
d. rusaknya lingkungan karena banjir
e. asap kendaran bermotor
           
35.Buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestic(rumah tangga), yang lebih dikenal sebagai sampah, yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis disebut ….
a. polusi
b. polutan
c. limbah
d. pencemaran
e. limbah domestik

36.Pakan ternak seperti sisa tumbuh-tumbuhan, sayuran, dan makanan adalah contoh limbah ….
a. organik
b. anorganik
c. padat
d. cair
e. domestik

37.Kompos merupakan hasil dari ….
a. pembakaran
b. penyimpanan
c. pengomposan
d. penghancuran
e. pencemaran

38.Sasaran pengelolaan lingkungan hidup tercantum dalam bab 2 pasal ….
a. 4 UU No. 23 Th. 1997
b. 4 UU No. 33 Th 1997
c. 3 UU No. 4 th 1997
d. 4 UU No. 13 Th. 1997
e. 4 UU No. 23 Th. 2007

39.Kebijakan moral manusia dalam pergaulannya dengan lingkungan untuk memelihara dan mengelola keseimbangan disebut ….
a. pengelolaan lingkungan
b. etika lingkungan
c. pelestarian lingkungan
d. upaya pengelolaan
e. pencegahan pencemaran

40.Berikut merupakan jenis-jenis limbah menurut karakteristiknya, kecuali ….
a. limbah cair
b. limbah padat
c. limbah gas dan partikel
d. B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
e. limbah organik

TRY AGAIN



SEKEDAR BACAAN