Pages

Thursday, October 29, 2015

LATIHAN UJIAN BIOLOGI MID SMSTR 1 KELAS XI

Sebenarnya materi sel dan jaringan yang begitu hafalan dipahami kisi kisi ini maka diyakinkan. ketika nanti ulangan bab Sel dan Jaringan lebih lancar deh OK 
  1. Sejarah penemuan sel dilakukan oleh siapa 
  2. Sebutkn dan jelaskan teori sel dengan tokoh dan deskripsinya..
  3. Beda sel prokaryotik dan sel Eukaryotik adalah ...jika perlu menggunakan gambar
  4. Fungsi dari organel sel .....
  5. Jenis plastida dengan perannyabagian bagian bu
  6. peristiwa plasmolisis, krenasi, hemolisis , penaikan tekanan turgid dalam gambar...
  7. bagian – bagian membran sel 
  8. DNA sebagai asam nuklead dapat dijumpai dimana saja ...
  9. Sifat bagian membran sel terhadap air bagaimana ....
  10. Cara transport pada membran sel  
  11. perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan meliputi apa saja 
  12. Menginterpretasikan hasil dari peristiwa osmosis difusi transport aktif 
  13. Mencocokkan organel sesuai dengan fungsinya
  14. Urutan organisa kehidupan terendah sampai tertinggi... 
  15. Struktur anatomi akar tanaman dikotil dan monokotil  
  16. jaringan dewasa pada tumbuhan meliputi apa saja dan karakternya 
  17. Ciri – ciri jaringan epidermis tumbuhan dengan modifikasinya 
  18. type berkas pengangkut  
  19. Menjelaskan pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer maupun sekunder 
  20. zona apa saja yang didapatkan pada meristem apikal ujung akar  
  21. Struktur batang tananaman monokotil dan dikotil 
  22. Bagian bagian bunga dalam gambar ...
  23. Fungsi jaringan epitel
  24. Jenis jaringan epitel 
  25. Jenis jaringan epitel sesuai dengan fungsi
  26. Jaringan penyokong meliputi apa saja ..
  27. Disebut degan jaringan penyokong karena ..
  28. Gambarkan neuron dengan bagiannya dan perannya...
  29. Sebutkan jenis neuron dengan perannya ...
  30. Apa yang dimaksud sinaps, neuro humor, asetilkolin, sel glia, mesoglia.. 
  31. Perbedaan  utama antara tulang rawan  hialin, elastis, dan fibrosa 
  32. Bagaimana proses terbentuknya tulang rawan pada anak dan orang dewasa  
  33. sebutkan dan tentukan masing masing fungsi sel darah
  34. Darah putih meliputi apa saja sebutkan dan berikan gambar bentuknya dan fungsinya 
  35. sistem organ pada manusia meliputi apa saja    
  36. organ-organ penyusun sistim pencernaan apa saja , organ reproduksi laki apa saja , organ respirasi
  37. jaringan penyokong pada hewan/ manusia meliputi apa saja dengan perannya
  38. Jaringan otot polos-otot lurik dan otot jantung bedakan 
  39. bagian - bagian Usus Halus  
  40. mekanisme kerja otot  
  41. jenis persendian 
  42. Gangguan  tulang belakang
  43. macam / jenis gangguan tulang
  44. macam macam gangguan otot
  45. rangka aksial meliputi apa saja apa artinya 
  46. rangka apendikular meliputi apa saja
  47. tulang apa saja yang menyusun tengkorak 
  48. tulang apa saja yang menyusun tulang belakang
  49. tulang apa saja yang menyusun organ tangan 
  50. tulang apa saja yang menyusun rusuk , sacrum dan kaki 
  51. golongan darah berdasarkan aglotinogen dan aglutininnya
  52. mengapa golongan darah A jika diberikan ke B terjadi penggumpalan  
  53. Mekanisme pembekuan darah
  54. Tuliskan urutan sistem peredaran darah besar pada manusia
  55. kelainan penyakit pada pembuluh darah meliputi saja 
  56. Kelainan penyakit apa saja yang terkena pada darahnya  
  57. sistim peredaran darah kecil bagaimana jalurnya 
  58. Berapa tekanan normal pada aliran darah
  59. gangguan pada sistim peredaran darah.. 
  60. sistim peredaran darah terbuka pada serangga
  61. menentukan arah gerakkan dari sendi 
  62. Pembuluh darah kaya dengan oksigen
  63. Pembuluh darah yang mengandung banyak makanan ..
  64. menentukan kedudukan bagian otot ( tendon, origo , ventrikel)
  65. katup jantung berdasarkan letaknya 
NOTE

STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN
·      Tubuh hewan tersusun atas banyak sel yang pada tempat tertentu sel-sel itu bersatu membentuk Jaringan
·      Sel makhluk hidup akan terus membelah kemudian melakukan diferensiasi dan spesialisasi.
·      Deferensiasi artinya perkembangan sel menjadi bentuk yang khusus.
·      Spesialisasi adalah perkembangan sel menuju ke fungsi khusus.
·      Hasil deferensiasi dan spesialisasi adalah jaringan dan organ-organ tubuh.
·      Organ-organ membentuk sistem organ dan akhirnya kumpulan sistem organ membentuk tubuh organisme.
·      Jaringan Hewan Pada tubuh hewan Vertebrata terdapat bermacam-macam jaringan antara lain: – jaringan epitelium, – jaringan ikat, – jaringan otot, – jaringan saraf.
·      Jaringan Epitelium merupakan jaringan penutup permukaan tubuh, baik permukaan tubuh sebelah luar maupun sebelah dalam
·      Jaringan epitelium dapat berasal dari perkembangan lapisan ektoderma, mesoderma, atau endoderma
·      Epitelium yang melapisi dinding dalam kapiler darah, pembuluh limfe, dan jantung disebut endotelium
·      Epitelium yang melapisi rongga tubuh, misalnya perikardium, pleura, dan peritoneum disebut mesotelium
·      Endotelium dan mesotelium berasal dari perkembangan lapisan mesoderma
·      Jaringan epitelium dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah lapisan sel:
1.       Epitelium sederhana adalah epitelium yang sel-selnya selapis
2.       Epitelium berlapis adalah epitelium yang terdiri atas beberapa lapis sel
3.       Epitelium berlapis semu
·      Jaringan epitelium dapat dikelompokkan berdasarkan bentuknya yaitu:
1.       Epitelium bentuk pipih
2.       Epitelium bentuk kuboid
3.       Epitelium bentuk batang/silindris
·      Epitelium berdasarkan Jumlah Lapisan Sel dan Bentuk meliputi
1.       Epitelium pipih selapis (squamous)
2.       Epitelium Kubus selapis ( cuboid)
3.       Epitelium batang selapis (silindris)
4.       Epitel silindris bersilia
5.       Epitelium Berlapis Semu
6.       Epitelium Berlapis
7.       Epitel transisional

Epitelium selapis pipih (squamous)
·      Bentuk sel-selnya pipih
·      Dilihat dari permukaannya, Sel-selnya seperti lantai ubin tetapi dengan batas- batas tidak teratur
·      Epitelium ini berfungsi sebagai jalan pertukaran zat dari luar ke dalam tubuh atau sebaliknya –
·      Epitelium selapis pipih terdapat misalnya pada dinding dalam kapiler darah dan dinding alveolus paru-paru

Epitelium Kubus
·      Epitel selapis kuboid (cuboidal)
·      Berbentuk seperti kubus
·      Dilihat dari permukaannya, Sel-selnya berbentuk poligonal
·      Contohnya, epitelium kubus pada permukaan ovarium, kelenjar tiroid, tubulus ginjal

Epitelium selapis batang (silindris)
·      Berbentuk seperti batang
·      Permukaannya terlihat seperti epitelium kubus, tetapi pada potongan tegak lurus terlihat sel- sel yang tinggi
·      Ada yang memiliki silia di permukaannya
·      Terdapat pada oviduk (saluran telur)
·      Ada yang tidak memiliki silia, misalnya pada dinding sebelah dalam usus dan kandung empedu

Epitel silindris bersilia
·      Tersusun atas selapis sel tetapi ketinggian sel penyusunnya tidak sama, sehingga terlihat berlapis
·      Terdapat pada trakea

Epitelium Berlapis Semu
·      Tersusun atas dua atau lebih lapisan sel Sel pada lapisan bawah disebut sel basal
·      Di atas sel basal terdapat beberapa lapis sel yang berbentuk pipih, kubus, atau batang atau bentuk lain yang disebut transisional

Epitelium Berlapis
·      Epitelium berlapis pipih, misalnya terdapat pada permukaan kulit, vagina, esofagus. Pada vagina dan esovagus, permukaan epitelnya selalu basah Epitelium berlapis pipih
·      Epitelium berlapis kubus terdapat pada saluran kelenjar keringat, folikel ovarium yang sedang berkembang dan kelenjar ludah
·      Epitelium berlapis batang (silindris) terdapat pada permukaan uretra pria

Epitel transisional
·      Terdapat pada kandung kemih. Bentuk sel epitel transisional bergantung pada derajat perenggangan kandung kemih

Epitelium berdasarkan Struktur dan Fungsi
1.    Jaringan Epitelium Penutup
2.    .Jaringan Epitelium Kelenjar

Jaringan Epitelium Penutup
·      Berperan melapisi permukaan tubuh dan jaringan lainnya
·      Terdapat di permukaan tubuh, permukaan organ, melapisi rongga, atau merupakan lapisan di sebelah dalam dari saluran yang ada pada tubuh, misalnya dinding sebelah dalam saluran pencernaan dan pembuluh darah

Jaringan Epitelium Kelenjar
·      Tersusun oleh sel-sel khusus yang mampu menghasilkan sekret atau getah cair
·      Getah cair ini berbeda dengan darah dan cairan antarsel

Berdasarkan cara kelenjar menskresikan cairannya, dibedakan menjadi:
1.    Kelenjar Eksokrin
2.    Kelenjar endokrin

Kelenjar Eksokrin
·      Merupakan kelenjar yang memiliki saluran pengeluaran untuk menyalurkan hasil sekresinya
·      Zat sekret berupa enzim, keringat, dan air ludah

Berdasarkan banyaknya sel penyusunnya, kelenjar eksokrin dibedakan menjadi:
1.    Kelenjar eksokrin uniseluler tersusun atas satu sel. Contoh sel goblet, yaitu sel epitelium penghasil mukus pada lapisan usus halus dan saluran pernafasan
2.    Kelenjar eksokrin multiseluler tersusun atas banyak sel

Macam dan contoh kelenjar Eksokrin:
1.    Kelenjar tubuler sederhana, contoh: kelenjar Lieberkuhn pada dinding usus
2.    Kelenjar tubuler bergelung sederhana, contoh elenjar keringat pada kulit
3.    Kelenjar tubuler bercabang sederhana, contoh: kelenjar fundus pada dinding lambung
4.    Kelenjar alveolar sederhana, contoh kelenjar mukus dan kelenjar racun pada kulit katak
5.    Kelenjar alveolar bercabang sederhana, pada kulit
6.    Kelenjar tubuler majemuk, contoh kelenjar Brunner pada usus dan kelenjar susu
7.    Kelenjar alveolar majemuk, contoh kelenjar susu (glandula mamae)
8.    Kelenjar tubulo-alveolar majemuk, contohnya kelenjar ludah submaksilaris (bawah rahang atas)

Kelenjar Endokrin
·      Merupakan kelenjar yang tidak memiliki saluran pengeluaran
·      Sekret yang dihasilkan langsung masuk ke pembuluh darah sehingga disebut kelenjar buntu
·      Sekret yang dihasilkan disebut hormon
·      Contoh kelenjar endokrin adalah kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, dan adrenal

Jaringan Ikat
·      Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain.

Fungsi jaringan ikat antara lain:
1.    Melekatkan suatu jaringan ke jaringan lain.
2.    Membungkus organ-organ.
3.    Mengisi rongga di antara organ.
4.    Mengangkut zat oksigen dan makanan ke jaringan lain
5.    Mengangkut sisa-sisa metabolisme ke alat pengeluaran
6.    Menghasilkan kekebalan

Komponen Jaringan Ikat  terdiri dari
1.  Sel
2.  Serabut
3. Plasma
Sel
·      Sel yang menyusun jaringan ikat berasal dari sel mesenkim
·      Sel mesenkim merupakan penyusun jaringan pada awal kehidupan embrio

Macam sel penyusun jaringan ikat:
1.    Fibroblas adalah sel yang mensintesis dan mensekresikan protein pada serabut
2.    Makrofag adalah sel yang bentuknya tidak beraturan, umumnya terletak dekat pembuluh darah dan bergerak jika ada luka
3.    Sel Mast adalah sel yang memproduksi heparin yang berfungsi mencedah pembekuan darah dan histamin yang dapat mengatur permeabilitas kapiler darah
4.    Sel lemak adalah sel yang terspesialisasi untuk menyimpan lemak
5.    Leukosit adalah sel darah putih

Serabut
Serabut atau serat penyusun terdiri atas:
1.    Serabut Kolagen (Serabut Putih) Merupakan serabut yang bersifat sangat liat dan ulet Dalam jumlah sedikit tidak berwarna tetapi dalam jumlah banyak berwarna putih, misalnya tendon
2.    Serabut Elastin (Serabut Kuning) Lebih halus dari serabut kolagen dan bersifat elastis (kenyal) Dalam jumlah sedikit tidak berwarna, dalam jumlah banyak berwarna kuning Misalnya pada bantalan lemak, pembuluh darah, ligamen
3.    Serabut Retikulum Merupakan Serabut halus dan bercabang berbentuk seperti jala. Berfungsi menghubungkan jaringan ikat dengan jaringan lain, misalnya pada sistem saraf

Macam Jaringan Ikat Jaringan ikat dapat dikelompokkan menjadi:
1.    Jaringan Ikat Biasa
2.    Jaringan Ikat Khusus

Jaringan Ikat Biasa
Jaringan ikat biasa dibedakan menjadi
1.    Jaringan ikat padat
2.    Jaringan ikat longgar

Jaringan ikat padat
·      Struktur serat-seratnya padat
·      Dibedakan menjadi jaringan ikat padat teratur dan tidak teratur
·      Pada jaringan ikat padat teratur, berkas kolagen tersusun teratur ke satu arah, misal tendon
·      Pada jaringan ikat padat teratur, berkas kolagen menyebar membentuk anyaman kasar yang kuat, misal di lapisan bawah (dermis) kulit
Jaringan ikat longgar
·      Susunan seratnya agak longgar
·      Berfungsi sebagai medium penyokong, pengisi ruang di antara organ dan mengelilingi elemen-elemen dari jaringan lain
·      Berperan menyediakan nutrien bagi elemen jaringan lain yang diselubunginya
·      Contoh jaringan bawah epitelium dan di sekeliling kapiler

Jaringan Ikat Khusus
Terdiri atas jaringan:
1.       Jaringan Tulang Rawan (Kartilago)
2.       Jaringan Tulang Sejati (Osteon)
Jaringan Tulang Rawan (Kartilago)
·      Tulang rawan adalah spesialisasi dari jaringan ikat berserabut tebal dan matriks yang elastis 
·      Tulang rawan bersifat kuat dan lentur
·      Penyusun jaringan tulang rawan adalah sel tulang rawan (kondrosit)
·      Chondrosit terletak di dalam rongga kecil (lakuna)
·      Lakuna terdapat di dalam matriks yang mengandung serabut
·      Tulang rawan tidak mempunyai saraf dan pembuluh darah

Tulang rawan dibedakan menjadi tiga berdasarkan kandungan matriksnya:
1.    Tulang Rawan hialin, mengandung serabut kolagen halus, berwarna bening kebiruan. Terdapat pada cakra epifisis, ujung tulang rusuk, permukaan tulang di daerah persendian
2.    Tulang rawan elastis, mengandung serabut elastis dan serabut kolagen. Terdapat pada daun telinga, epiglotis, bronkiolus
3.    Tulang rawan fibrosa, mengandung serabut kolagen yang padat dan kasar, terdapat pada simfisis pubis

Jaringan Tulang Sejati (Osteon)
·      Merupakan jaringan ikat yang mengandung mineral
·      Disusun oleh sel-sel tulang atau osteosit
·      Osteosit berasal dari sel induk tulang atau osteoblas
·      Osteosit terletak dalam lakuna
·      Osteosit tersusun dalam lapisan konsentris yang disebut lamela
·      Osteosit satu dengan lainnya saling berhubungan melalui kanalikuli
·      Jaringan tulang mengandung osteoklas, yaitu sel berukuran besar dengan jumlah inti 6-50

Osteoklas menghasilkan enzim kolagenase dan enzim proteolitik lain yang berfungsi merombak tulang serta mengatur bentuk tulang

Tulang dibedakan menjadi 2 berdasarkan ada tidaknya rongga di dalamnya, yaitu:
1.    Tulang Kompak
2.    Tulang Spons

Tulang Kompak
·      Terdapat sistem Havers yang terdiri dari 4-20 lamela havers yang tersusun konsentris mengelilingi saluran havers.
·      Sistem havers merupakan unit penyusun tulang.
·      Saluran havers mengandung pembuluh darah dan saraf sebagai penyuplai nutrien untuk menghidupi tulang
Tulang Spons
·      Terdiri dari trabekula tulang yang saling berhubungan satu dengan lainnya.
·      Trabekula adalah struktur penyusun tulang spons yang berbentuk seperti kumpulan jarum atau lempengan

Darah dan Limfa
·      Darah termasuk jaringan ikat khusus karena darah berasal dari jaringan mesenkim
·      Darah terdiri atas eritrosit, leukosit, trombosit, dan plasma darah
·      Plasma darah merupakan cairan yang mengandung zat anorganik dan organik
·      Plasma darah merupakan zat antarsel yang mengandung sel-sel darah dan keping darah

Sel darah dibentuk dalam sumsum tulang, kecuali Sel darah putih (limfosit dan monosit) dibentuk dalam kelenjar limfa.

Erythrocyt ( Sel Darah Merah)
Sel darah merah
·      Berfungsi mengangkut O 2 dan CO 2 dalam darah
Leucocyt (Sel darah putih)
1.    Berfungsi sebagai pelindung terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh
2.    Sel limfosit merupakan salah satu jenis sel darah putih (leukosit) dan berfungsi sebagai penghasil antibodi.

Thrombocyt(Keping darah)
·      Berperan dalam proses pembekuan darah Limfa adalah cairan yang dikumpulkan dari jaringan-jaringan dan kembali ke aliran darah

Jaringan Otot
Jaringan Otot Jaringan otot terdiri atas:
  1. Otot polos – Sel otot polos berbentuk gelendong dengan sebuah inti pipih yang terletak di tengah sarkoplasma – Mempunyai persarafan autonom (involunter) – Kontraksinya lambat, cukup lama dan tidak cepat lelah – Pada lambung, usus, pembuluh darah Jaringan otot berfungsi sebagai penggerak aktif.
  2. Otot rangka/ otot lurik – Sel atau serabut sel otot rangka berbentuk silinder – Setiapsel berinti banyak yang terletak di tepi sarkoplasma – Bekerja di bawah kesadaran (otot volunter) – Kontraksinya cepat, tetapi cepat lelah – Otot rangka melekat pada rangka (misal trisep, bisep), lidah, bibir, kelopak mata dan diafragma
  3. Otot jantung – Terdapat khusus pada jantung – Ukuran serabutnya lebih kecil dari otot rangka – Memiliki 1-2 inti yang terletak pada di tengah sarkoplasma – Memiliki diskus interkalaris – Kontraksinya tidak di bawah kesadaran (otot involunter) – Bersifat kuat dan berirama 

Jaringan Saraf
·      Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf (neuron) dan serabut saraf. Jaringan saraf berfungsi sebagai penghantar rangsang, yakni membawa rangsang dari alat penerima rangsang (reseptor) ke otak kemudian diteruskan ke otot.
·      Sel pembentuk jaringan saraf mempunyai sitoplasma yang menjulur panjang
·      Neuron terdiri atas badan sel atau perikarion dan prosesus (penjuluran sitoplasma) yang terdiri dari dendrit dan akson Badan sel memiliki inti sel dan penjuluran sitoplasma
·      Dendrit adalah serabut khusus yang bercabang-cabang dan berfungsi menerima sinyal dan menyampaikannya ke badan sel Akson adalah serabut panjang yang berfungsi menghantarkan implus dari badan sel ke neuron lain atau menyampaikan respon ke organ efektor
·      Akson diselubungi oleh sel penyokong (sel Schwann)

Berdasarkan fungsinya neuron dibedakan menjadi:
  1. Neuron sensori berfungsi menyampaikan implus dari indera ke saraf pusat
  2. Neuron motor berperan menyampaikan implus dari saraf pusat ke organ efektor
  3. Neuron asosiasi berfungsi menyampaikan implus dari neuron sensori ke neuron motor

Organ Tubuh
·      Sekumpulan jaringan bekerja membentuk organ tubuh yang memiliki fungsi khusus.
·      Misalnya, organ sirkulasi tersusun atas jaringan otot lurik, otot jantung, otot polos, saraf, dan jaringan ikat.
·      Berdasarkan letaknya, organ tubuh dibedakan atas organ dalam dan organ luar
·      Contoh organ dalam: paru-paru, jantung, hati Organ lambung Organ jantung Organ Usus Besar
·      Contoh organ luar: hidung
Sistem Organ
·      Beberapa macam organ yang terangkai dan mempunyai fungsi tertentu disebut sistem organ.
·      Untuk menjalankan fungsinya, organ bekerja sama dengan organ lainnya.
·      Sistem organ transportasi memerlukan kerja sama antara organ jantung dan pembuluh darah, organ paru-paru, hati, ginjal, dan kulit.
Sistem Organ
  1. Sistem Gerak - Penyokong, pelindung organ internal, alat gerak Tulang dan otot
  2. Sirkulasi - Transportasi darah dan cairan limfe Jantung, pembuluh darah, pembuluh limfe, darah
  3. Saraf Koordinasi aktivitas tubuh Otak, 12 pasang saraf kranial, 31 pasang saraf spinal, sistem saraf simpatik,sistem saraf parasimpatik
  4. Kelenjar buntu (endokrin) Enghasilkan hormon untuk mendorong pertumbuhan, perkembangan, dan koordinasi aktivitas tubuh Kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar pituitari, kelenjar adrenal
  5. Respirasi Bernafas (pertukaran udara) Hidung, tenggorokan (trakea), paru-paru
  6. Pencernaan Memproses makanan Mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, kelenjar pencernaan
  7. kskresi Pengeluaran sisa-sisa metabolisme, mengatur keseimbangan osmotik darah Ginjal, ureter, kantong kemih, uretra
  8. ReproduksiReproduksi Organ kelamin jantan (testis, penis) dan betina (ovarium, uterus)
  9. Kulit (integumen) Pelindung tubuh Kulit dan derivatnya 

Transplantasi Organ
·      Tujuan transplantasi organ adalah untuk menggantikan organ tubuh yang rusak dengan organ baru

·      Transplantasi Organ sering mengalami kegagalan karena ada penolakan dari tubuh pasien Transplantasi akan berhasil jika organ berasal dari tubuh pasien sendiri

KLIK INI JIKA KURANG



Wednesday, October 28, 2015

BUAT SOAL UN 2015 JAKARTA SELATAN

1.      Ciri ciri mahkluk hidup dan perannya dalam kehidupan :

1.       Tika mengamati jamur  dengan  ciri-ciri berikut.
1)      Miselium berkembang  dalam substrat
2)      Sporangium  tumbuh  pada ujung hifa yang muncul tegak dari substrat
3)      Termasuk  dalam kelompok zygomycotina
4)      Bersifat  saprofit  pada:  roti kotoran  ternak, dan sisa makanan  yang mengandung karbohidrat
Jamur tersebut adalah ….
A.      Mucor mucedo
B.      Rhizopus oligosporus
C.      Aspergilus oryzae
D.      Volvariela volvacea
E.       Auricula politrica

2.    Perhatikan ciri-ciri mikroorganisme berikut !
1). Bersifat motil
2). Memiliki klorofil
3). Bersifat uniseluler
4). Memiliki dinding sel
5). Berkembang biak dengan spora
Mikroorganisme yang dikelompokkan ke dalam Protista mirip tumbuhan memiliki ciri-ciri seperti yang ditunjukkan oleh nomor . . . .
A.    1) dan 2)
B.    2) dan 3)
C.    2) dan 4)
D.    3) dan 5)
E.     4) dan 5)

2. Tingkat Keaneka Ragaman Hayati ( Gen, Species , Ekosistem )
1.    Perhatikan gambar di bawah ini !
Gambar tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat . . . .
A.      gen
B.      jenis
C.      ekosistem
D.      bioma
E.       biosfer
2. Keanekaragaman ekosistem ditunjukkan oleh adanya perbedaan komponen berikut ini, kecuali:
A. sumber energi primer
B. jenis produsennya
C. produktifitasnya
D. jenis konsumennya
E. komponen biotiknya

3. Dua makhluk hidup menempati daerah yang sama dapat disebut spesies apabila …….
A. habitat dan warna rambutnya sama
B. warna dan bentuk rambutnya sama
C. jenis makanan dan cara makannya sama
D. cara reproduksi dan jumlah anaknya sama
E. dalam perkawinan menghasilkan turunan fertil

4. Anjing pudel dapat dikawinkan dengan anjing boner. Anjing-anjing tersebut dapat melahirkan anak-anak yang fertil karena anjing-anjing tersebut ……
A. satu genus
B. satu familia
C. satu species
D. satu ordo
E. satu kingdom

5. Hutan bakau di Kalimantan, hutan hujan tropis di Jawa Barat, dan savanna di Papua, merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat …….
A. genetik
B. species
C. ekosistem
D. populasi
E. individu

6. Keanekaragaman warna bulu, misalnya pada burung parkit, merupakan hasil segregasi gen secara bebas. Contoh keanekaragaman bulu pada burung parkit tersebut merupakan adanya keanekaragaman tingkat ……
A. gen
B. genus
C. ekosistem
D. species
E. individu

7. Makhluk hidup penghuni bumi ini begitu beraneka ragam. Sumber keanekaragaman makhluk hidup tersebut adalah …………..
A. sperma
B. ovum
C. gen
D. kromosom
E. zigot

8. Berikut ini yang bukan faktor-faktor penyebab terjadinya keaneragaman hayati adalah:
A. variasi genetik
B. keaneragaman jenis
C. keanekaragaman genetik
D. keanekaragaman daur energi
E. keanekaragaman ekosistem

9. Variasi gen dalam tingkat jenis dapat menyebabkan terbentuknya ………
A. individu
B. varietas
C. species
D. populasi
E. ekosistem


Tuesday, October 27, 2015

SOAL BIOLOGI UKG 2015

UKG 2015




KERJA ENZIM

1. Kecepatan reaksi enzimatis dipengaruhi beberapa faktor. Grafik berikut ini menunjukkan hubungan antara kecepatan reaksi dan faktor yang memengaruhi kerja enzim.
Apabila X dalam grafik tersebut adalah pH, pernyataan manakah yang sesuai dengan grafik
tersebut?
A. Enzim bekerja baik pada suasana asam
B. Pada pH > l0 enzim masih bekerja dengan baik:
C. Enzim bekerja secara optirnum pada pH optimum.
D. Enzim yang berbeda mempunyai pH optimum yang berbeda pula.
E. Kerja enzim tidak terlalu dipengaruhi oleh pH.

2. Perhatikan tabel hasil percobaan yang menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kerja enzim katalase!
Dari hasil percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa kerja enzim katalase lebih efektif
pada suasana ….
A. panas
B. dingin
C. netral
D. basa
E. asam


3. Perhatikan grafik yang melukiskan hubungan antara aktivitas enzim katalase dengan suhu berikut ini!
Kesimpulan yang tepat untuk grafik tersebut adalah . . ..
A. pada suhu 0 o C enzim katalase tetap aktif
B. enzim katalase mengalami denaturasi pada suhu di 40o C
C. suhu tidak mempengaruhi keria enzint katalase
D. berapa pun suhunya enzim katalasc tetap aktit
E. enzim katalase bekerja optimurn pada stthu 40 o C

4. Perhatikan data hasil percobaan cara kerja enzim:
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kerja enzim dipengaruhi oleh
A. derajat keasaman (pH)
B. kecepatan reaksi
C. konsentrasi ekstrak hati
D. volume gelembung udara
E. nyala api


FOTOSINTESIS


1. Reaksi gelap pada fotosintesis dinamakan demikian karena…
a. tidak dapat berlangsung siang hari
b. berlangsung di tempat gelap
c. memerlukan energi tidak dari cahaya
d. terjadi terutama malam hari
e. proses yang belum dapat dijelaskan

Reaksi gelap fotosintesis terjadi di stroma. Disebut reaksi gelap karena dalam reaksi ini tidak diperlukan energi cahaya.
Jawab : C

2. Yang tidak diperlukan untuk proses fotosintesis adalah…
a.air
b.oksigen
c. karbon dioksida
d.sinar matahari
e. klorofil

pembahasan :
Oksigen tidak diperlukan untuk fotosintesis.
Jawab : B

3. Faktor yang tidak berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas fotosintesis yaitu...
a. penambahan intensitas sinar merah
b. penambahan konsentrasi CO2
c. penambahan konsentrasi O2 udara
d. suhu optimum fotosintesis
e. penambahan intensitas sinar violet

pembahasan :
Kecepatan fotosintesis dapat berubah, tergantung pada faktor lingkungan dan ketersediaan bahan baku fotosintesis (CO2 dan H2O) juga sinar matahari yang berperan dalam reaksi terang, yaitu merah dan violet. Suhu optimum penting untuk tercapainya kecepatan fotosintesis maksimum. Penambahan kadar O2 udara tidak mempengaruhi kecepatan fotosintesis.
Jawab : C

4 Pada fotosintesis, reaksi pengikatan CO2 berlangsung di dalam...
a. klorofil
b. kloroplas
c. amiloplas
d. sitoplasma
e. stomata

Pembahasan :
Pada fotosintesis, proses pengikatan CO2 memerlukan klorofil. Klorofil terdapat dalam plastida yang disebut kloroplas.tepatnya pada stroma


Jawab : B

5. Tumbuhan yang sebagian bahan baku untuk berfotosintesis diambil dari tumbuhan inangnya disebut...
A. parasit fakultatif
B. semiparasit
C. euparasit
D. saprofit
E. autotrof

Pembahasan
tumbuhan parasit dibedakan atas :

1. parsit fakultatif : tumbuhan yang dapat bersifat parasit atau saprofit
2. parasit obligat
* euparasit (parasit sungguh)
* semiparasit (1/2 parasit) : berklorofil, CO2, diambil sendiri, H2O, diambil dari tumbuhan lainnya, contohnya benalu.
3. hiperparasit : parasit pada tumbuhan parasit
Jawab : B
6. Pada reaksi terang fotosintesis dihasilkan...
A. NADPH2, ATP, dan glukosa
B. NADPH2, ATP dan O2
C. ATP, O2, RDP
D. NADPH2, APG, H2O
E. RDP, APG, NADP+
Pembahasan :Reaksi terang fotosintesis yang berlangsung di grana menghasilkan oksigen, ATP, dan NADPH2.
Jawab : B
7. Pada foosintesis nonsiklik terjadi pemecahan molekul air yang membebaskan oksigen dan hidrogen yang diikat oleh molekul akseptor. Berikut ini manakah yang merupakan akseptor hidrogen?
A. Flavin Adenin Dinukleotida (FAD)
B. Nikotinamin Adenin Dinukleotida (NAD)
C. Nikotinamin Adenin Dinukleotida Phosphat (NADP)
D. Asam phospoenolpiruvat (PEP)
E. Ribulose diphosphat (RDP)
Pembahasan :2H+ dari fotolisis H2O akan diikat oleh akseptor hidrogen NADP menjadi NADPH2.
Jawab : C
8. Percobaan dengan oksigen radioaktif menunjukkan bahwa waktu fotosintesis...
a.semua molekul air digunakan untuk berfotosintesis
b. semua O2 yang dikeluarkan berasal dari CO2
c. semua O2 yang dikeluakan beasal dari H2O
d. O2 yang dikeluarkan berasal dari CO2 dan H2O
e. yan keluar, keluar melalui epidermis daun
Pembahasan :Percobaan Ruben dan Carmen membuktikan bahwa O2 yang dilepaskan dalam fotosintesis berasal dari H2O yang diberi unsur radioaktif.
Jawab : C
9. Tempat energi cahaya berubah menjadi energi kimia dalam sel berlangsung dalam organel...
a.mitokondria
b. nukleus
c. ribosom
d. kloroplas
e. stomota

Pembahasan :Fotosintesis berlangsung pada kloroplas. Kloroplas termasuk plastida yang berwarna hijau.
Jawab : D
10. Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis terbentuk pada...
a. reaksi terng saat fotolisis berlangsung
b. reaksi terang saat sensibilitas
c. reaksi gelap saat berlangsung oksidasi CO2
d. reaksi gelap saat berlangsung fiksasi oksidasi
e.reaksi gelap saat pengubahan gliseraldehid 3-P menjadi glukosa
Pembahasan :Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis berasal dari fotolisis H2O menjadi 2e- + ½ O2 + 2H+. Fotolisis sama dengan reaksi terang yang berlangsung di grana.
Jawab : A
11. Pada fotosintesis yang berlangsung di dalam kloroplas terjadi proses-proses :
1.penguraian air oleh energi cahaya matahari
2. perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
3. pengikatan karbon dioksida dari udara
4. pengikatan oksigen dari udara
Pembahasan :pada fotosintesis terjadi proses-proses :
1. reaksi terang : energi cahaya berubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH2.
NADPH2 terbentuk waktu H2O berfotolisis menjadi H+ + NADP + e- yang berenergi NADPH2
2. reaksi gelap : CO2 +RDP + APG
ALPG enzim C6H12O6
Jawab : A
12. Fungsi klorofil pada proses fotosintesis adalah...
1. CO2 untuk diubah menjadi glukosa
2. membebaskan oksign dari karbohidrat
3. menyerap sinar terutama sinar hijau
4. menyerap energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia

pembahasan :
* fungsi klorofil ialah sebagai donor elektron dan pentransfer energi cahaya menjadi energi kimia (reaksi cahaya) dalam bentuk ATP.
* CO2 diubah menjadi glukosa dengan energi kimia dan enzim.
CO2 + RDP APG
APG + NADPH2 ALPG
ALPG enzim glukosa
* sinar hijau tidak bermanfaat pada proses fotosintesis dan dipantulkan oleh klorofil.
Jawab : D
13. Bila daun hijau disinari cahaya dengan panjang gelombang 700 nm akan menghasilkan...
1. NADPH2
2. oksigen
3. glukosa
4. ATP

Pembahasan :
Jika hanya panjang gelombang 700 nm, maka yang terjadi adalah reaksi terang siklik yang hanya menghasilkan ATP.
Jawab : D
14. Fotosintesis terutama terjadi di dalam jaringan bunga karang daripada dalam jaringan tiang
SEBAB
Jaringan bunga karang mengandung klorofil lebih banyak dibandingkan jaringan tiang
Pembahasan :
Fotosintesis terjadi terutama di jaringan tiang (palisade) karena jaringan tiang berklorofil lebih banyak daripada jaringan bunga karang.

Jawab : E

15. Proses pembentukan karbohidrat dalam sel tumbuhan berlangsung dalam kloroplas
SEBAB
Di dalam kloroplas terdapat klorofil dan enzim yang diperlukan untuk pembentukan karbohidrat.

Pembahasan :

Proses pembentukan karbohidrat ialah melalui proses fotosintesis yang berlangsung dengan energi matahari, klorofil, dan enzim. Tempat klorofil adalah plastida yang dinamakan kloroplas.
Jawab : A

SUBSTANSI GENETIK


1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melakukan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut ,kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

4. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok
C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2kromosom XC. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

9. Yang dimaksud genom adalah
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – kromosom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA

11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk
A. kromosom
B. RNA
C. DNA
D. DNA dan RNA

12. Pernyataan yang paling tepat untuk hubungan gen dengan DNA
A. gen adalah DNA sedangkan DNA belum tentu gen
B. DNA adalah material genetik yang menentukan fungsi gen
C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan bantuan DNA
D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen

13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti
A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pitaDNA baru
C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
D. pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling

14. Pernyataan berikut benar tentang proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ........
A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
B. pita DNA cetakan adalah pita 3’ – 5’
C. pita RNAm yang dicetak adalah pita 5’ – 3’
D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yangditranskrip akan memiliki urutan basa ......................
A. TTC CGG AAG ACG
B. AAG GCC TTC TGC
C. UUC CGG UUC ACG
D. TTC GCC AAC TCG

16. Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali
A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen

17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali
A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
B. RNAm ditransfer keluar dari inti
C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar

18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung?
A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma

19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab
A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
C. terbentuk fragmen okazaki
D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses...
A. pembelahan sel
B. replikasi
C. transkripsi
D. translasi

21. Yang dimaksud mutasi adalah.........
A. perubahan sifat pada makhluk hidup
B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
C. proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
D. proses yang menyebabkan terjadinya evolusi

22. Mutasi dapat terjadi secara spontan maupun diinduksi. Berikut ini adalah contoh sifat yangtimbul karena mutasi yang diinduksi
A. penyakit kanker kulit
B. kelainan hemoglobin
C. semangka tidak berbiji
D. varietas padi unggul

23. Mutagen atau agen penyebab mutasi yang dayanya rendah adalah .....
A. sinar alfa
B. Neutron
C. asam nitrat
D. sinar ultra violet

24. Kodon AUG berubah menjadi AUA. Ini merupakan contoh mutasi......
A. mutasi salah arti (missens mutation)
B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
C. mutasi insersi
D. mutasi semu (silent mutation)

25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi
A. AG CT
B. AT GC
C. AT CG
D. GC AT

26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2
A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
B. deamionasi citosin menjadi xantin
C. perubahan AG menjadi TC
D. perubahan Timin menjadi urasil

27. Mutagen dibawah ini mana yang mengakibatkan mutasi Timin dimer?
A. ion radioaktif
B. sinar ultra violet
C. sinar infra merah
D. sinar X

28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadapprotein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasusmutasi ini dikenal dengan istilah.....
A. mutasi silent
B. mutasi nonsens
C. mutasi missens
D. mutasi frameshift

29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi.
Berikut ini manapernyataan yang tidak benar 
A. terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
B. penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)

30. Contoh penyakit akibat mutasi oleh sinar ultra violet
A. kanker hati
B. kanker kulit
C. eritrosit bentuk sel sabit

D. hemoglobin abnormal

31. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melakukan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

32. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

33. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

34. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

35. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

36. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

37. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

38. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua
adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

39. Yang dimaksud genom adalah
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

40. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – krom osom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA.


SOAL PEDAGOGIK

1.     Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.Dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.Praktis
C.Dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.Dapat mengetahui prestasi kelompok
E.Semua jawaban benar

2.     Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.Ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.Beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.Beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.Ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.Ada 2 jawaban benar

3.     Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.Mengumpulkan hasil karya siswa
B.Meningkatkan rasa saling percaya
C.Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.Menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar

4.     Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A.45,5
B.56
C.65
D.70
E.75

5.     Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.Butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.Pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.Materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar

6.     Tahapan PTK yang paling tepat adalah .....
A.Perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B.Refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.Perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D.Refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E.Perencanaan - Pelaksanaan - Analisis

7.     Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A.Kegiatan pemeliharaan terbatas
B.Fasilitas fisik
C.Ukuran kewilayahan
D.Penggunaan waktu
E.Tidak ada jawaban

8.     Komunikasi intern antara atasan dengan karyawan untuk meminta informasi lebih efektif dan efisien menggunakan....
A.Surat tugas
B.Memo
C.Nota dinas
D.Surat permintaan resmi

9.     Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.Catatan pelajaran siswa
B.Catatan harian sikap siswa
C.Hasil pekerjaan siswa
D.Profil perkembangan siswa
E.Semua jawaban benar

10. Fanatisme daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.Cultural Block
B.Mental Block Barries
C.Social Block
D.System Block
E.Social System

11. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.Kurang dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.Bisa digunakan dengan cooperative learning
C.Pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan
D.Bisa digunakan untuk individu maupun kelompok.
E.Ada 2 jawaban benar

12. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.  Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.  Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.  Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.  Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.  Tidak ada jawaban

13. Salah satu peranan utama surat adalah....
A.Mampu mengembangkan organisasi kantor
B.Menjadikan seseorang tetap bekerja
C.Dapat merekam informasi secara terperinci
D.Mempercepat penyelesaian pekerjaan

14. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.Helen Parkhust
B.Kak Seto
C.John Dewey
D.Montessori
E.Ki Hajar Dewantara

15. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.Mengumpulkan hasil karya siswa
B.Meningkatkan rasa saling percaya
C.Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.Menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar

16. Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B.Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
C.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan rumus
D.Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
E.Semua jawaban benar

17. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.Kelayakan ide untuk dipublikasikan
B.Wacana tentang ide yang sedang berkembang
C.Kesiapan ide untuk didiskusikan
D.Persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
E.Ada 2 jawaban yang benar

18. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A.Pembelajaran sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B.Pembelajaran sains dapat diceramahkan secara rinci
C.Pembelajaran sains memerlukan alat peraga
D.Pembelajaran sains belum diperlukan
E.Semua jawaban benar

19. Komunikasi intern antara atasan dengan karyawan untuk meminta informasi lebih efektif dan efisien menggunakan....
A.Surat tugas
B.Memo
C.Nota dinas
D.Surat permintaan resmi

20. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.Information
B.Convergence
C.Mutual Understanding
D.Network Relationship
E.Semua jawaban salah

21. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.Abstrak
B.Pendahuluan
C.Diskusi
D.Referensi
E.Ada 2 jawaban benar

22. Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.Kondisi lingkungan sekolah
B.Jumlah siswa dalam kelas
C.Waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.Sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.Semua jawaban benar

23. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah; (2) sikap ilmiah; (3) produk ilmiah; (4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
A.Pernyataan (1) dan (3)
B.Pernyataan (2) dan (4)
C.Pernyataan (2) dan (3)
D.Pernyataan (1), (2), dan (3)
E.Pernyataan 1,2,3, 4

24. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.Menentukan rencana sampling
E.Semua jawaban salah

25. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.Santosa S. Hamidjaja
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani
D.Rabbin
E.Semua jawaban salah

26. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A.Artikel laporan dan artikel rujukan
B.Artikel konseptual dan artikel teoritis
C.Artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D.Artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E.Tidak ada jawaban yang benar

27. Tunjukkan salah satu prinsip yang tidak boleh diterapkan guru dalam ber-inovasi, yaitu:
A.Metode tidak boleh mengganggu komitmen mengajar;
B.Pengumpulan data yang dapat menambah waktu guru;
C.Metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;
D.Masalah sendiri di kelas;

28. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.Kurang dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.Bisa digunakan dengan cooperative learning
C.Pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan
D.Bisa digunakan untuk individu maupun kelompok.
E.Ada 2 jawaban benar

29. Kriteria PT. Pos terhadap beban biaya pengiriman surat yang mempertimbangkan jarak dan beratnya adalah untuk surat....
A.Sangat segera
B.Penting
C.Kilat khusus
D.Paket

30. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
A.Perencanaan dan penyusunan alat penilaian
B.Penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
C.Pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
D.Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
E.Semua jawaban salah

31. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A.Fakta atau kenyataan
B.Argumentasi
C.Teori yang diakui kebenarannya
D.Data empirik/hasil penelitian
E.Semua jawaban salah

32. Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A.Inovators
B.Early Adopters
C.Early Majority
D.Late Majority
E.Tidak ada jawaban

33. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar ...
A.Tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.Siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C.Kemampuan siswa dapat meningkat
D.Siswa tidak merasa rendah diri
E.Semua jawaban salah
34. Pada intinya tujuan penulisan surat adalah....
A.Ingin menyampaikan informasi kepada pihak lain
B.Membantu pimpinan dalam membuat kebijakan
C.Memperlancar penyusunan dokumen kantor
D.Mendapatkan kejelasan tugas karyawan

35. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhatikan dalam menelaah soal bentuk uraian, kecuali ....
A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.Tidak ada jawaban

36. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap ...
A.Design
B.Evaluation
C.Trial
D.Wareness Interest
E.Trial Evaluation

37. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A.41,5
B.54,15
C.56,6
D.79,25
E.64,25

38. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.Addition
B.Restructuring
C.Alternation
D.Substitution
E.Tidak ada jawaban

39. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.Senjata makan tuan
B.Kumbang cantik pengisap madu
C.Pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.Pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.Semua jawaban benar

40. Surat yang diterima oleh perusahaan atau institusi dari seseorang yang menginginkan pekerjaan termasuk kategori surat....
A.Dinas
B.Setengah resmi
C.Sangat rahasia
D.Penting

41. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . . . .
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua jawaban salah

42. Salah satu tahap yang tidak termasuk dalam model pembelajaran latihan penelitian adalah
A.Menghadapkan masalah
B.Penyajian data
C.Mencari dan mengkaji data
D.Eksperimen dan mengkaji data

43. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam ....
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
E.Semua jawaban benar

44. Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
A.  Penyediaan lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
B.  Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
C.  Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
D.  Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E.  Semua jawaban benar

45. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A.Pengukuran
B.Asesmen
C.Tes
D.Evaluasi
E.Semua benar

46. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali .....
A.Tingkat keseriusan masalah
B.Kemampuan guru untuk menangani masalah
C.Ada tidaknya mitra kolaborasi
D.Kompleks tidaknya masalah.
E.Semua jawaban benar

47. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
E.Tidak ada jawaban

48. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar

49. Sebelum pelaksanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....
A.Daftar hadir siswa
B.Skenario tindakan
C.Sarana dan fasilitas pendukung
D.Cara analisis data
E.Semua jawaban benar

50. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A.CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B.MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C.PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D.Unit / Pembelajaran Terpadu.
E.PKR - Unit

51. Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia..
A.0-8 tahun
B.0-3 tahun
C.2-8 tahun
D.0-5 tahun
E.9-14 tahun

52. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.Tidak ada jawaban

53. Dilihat dari wujudnya, surat yang buat oleh seseorang berisi tentang informasi penting yang tidak boleh diketahui orang lain, kemudian dimasukkan ke dalam sampul dan dikrimkan melalui jasa pos termasuk surat...
A.sangat penting
B.rahasia
C.kilat
D.biasa

54. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.Memberikan umpan balik bagi siswa
B.Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C.Memberikan umpan balik bagi guru
D.Mengontrol perkembangan siswa
E.Semua jawaban salah

55. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.Merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B.Menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.Menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D.Menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.Ada 3 jawaban benar

56. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan; (2) menarik kesimpulan; (3) merencanakan percobaan;
(4) mengajukan hipotesis; (5) merumuskan masalah; (6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua jawaban salah

57. Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A.Alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B.Alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.Petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.Perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.Semua jawaban benar

58. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ...
A.Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.Tidak ada jawaban benar

59. Salah satu sikap ilmiah yang harus dikembangkan melalui belajar sains adalah...
A.Skepstis
B.Apatis
C.Pesimis
D.Romantis
E.Semua jawaban salah

60. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A.Rata-rata kelompok
B.Kriteria yang telah ditetapkan
C.Persentase kemampuan siswa
D.Skor baku yang telah ditetapkan
E.Semua jawaban benar

61. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.Memaparkan bidang ilmu tertentu
B.Merupakan deskripsi suatu kejadian
C.Menggunakan gaya bahasa resmi
D.Disajikan secara sistematis
E.Semua jawaban salah

62. Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A.Tes
B.Daftar pertanyaan
C.Lembar observasi
D.Lembar wawancara
E.Semua jawaban benar

63. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A.Menjelaskan partisipan
B.Menulis masalah yang sudah pernah dibahas
C.Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D.Melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

64. Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
A. Tes perbuatan
B. Teknik wawancara
C. Observasi
D. Tes simulasi
E. Lembar penilaian fortofolio

65. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
A. Kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
B. Menggunakan kata kerja operasional
C. Komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
E. Kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proposional

66. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
A. Penyusunan kisi-kisi
B. Penentuan dan penyebaran soal
C. Penulisan soal bentuk penilaian kinerja
D. Penyusunan butir soal tes tertulis
E. Perumusan indikator soal

67. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
A. Tes tertulis
B. Tes lisan
C. Tes kinerja
D. Jurnal
E. Portofolio

68. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
A. Tes verbal
B. Tes lisan
C. Tes analisis
D. Tes mengelompokkan
E. Evaluasi

69. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
D.  Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran- yang dilaksanakan di sekolah.
E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang

70. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. Pengukuran
b. Pensekoran
c. Penilaian
d. Pengujian
e. Evaluasi

71. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. Pengukuran
b. Pensekoran
c. Penilaian
d. Pengujian
e. Evaluasi

72. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
b. Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
c. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
d. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
e. Dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran

73. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. Sahih (valid)
b. Objektip
c. Adil
d. Kooperatip
e. Terpadu

74. Penilaian agar dapat dipertanggungjawabkan kepada berbagai pi­hak yang berwenang (stakeholder), baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya adalah termasuk prinsip....
a.  Sahih (valid)
b.  Objektif
c.   Adil
d.  Akuntabel
e.  Sistematis

75. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotor
d. Psikologis
e. Kepribadian

76. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. Dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung
b. Bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal
c. Dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes
d. Lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian
e. Hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik

77. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. Lisan
b. Praktik/kinerja
c. Penugasan
d. Portofolio
e. Penilaian diri

78. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. Menentukan tujuan penilaian
b. Memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. Menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. Menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. Menentukan kriteria ketuntasan minimal

79. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a.     Urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b.     Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c.     Relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain,
d.     Keterpakaian, yaitu materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e.     Ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

80. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. Menentukan tujuan tes
b. Menentukan kompetensi yang akan diujikan
c. Menentukan materi yang diujikan
d. Menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. Menyusun kisi-kisi

81. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. Ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

82. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali ....
a.     Membandingkan
b.     Menjelaskan
c.     Hubungan sebab-akibat
d.     Memberi alasan
e.     Meringkas

83. Di bawah ini merupakan beberapa langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali ....
a.   Menentukan tujuan tes
b.   Menentukan kompetensi yang akan diujikan
c.   Menentukan materi yang diujikan
d.   Menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e.   Menyusun kisi-kisi.

84. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali ....
a.     Soal harus sesuai dengan indikator
b.    Setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan
c.     Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran
d.     Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e.     Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas

85. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari bahasa, kecuali ....
a.     Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
b.     Rumusan kalimat soal harus komunikatif
c.     Tidak menimbulkan penafsiran ganda
d.     Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
e.     Tidak mengandung ungkapan yang menyenangkan

86. Di bawah ini adalah bentuk instrumen untuk mengukur sikap, kecuali ....
a.     Lembar kerja
b.     Lembar rubrik
c.     Lembar wacana
d.     Lembar pengamatan
e.     Lembar penilaian

87. Kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari ....
a.     Minat belajar
b.     Sikap belajar
c.     Motivasi berprestasi
d.     Stress belajar
e.     Aktivitas belajar

88. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah ....
a.     Penilaian Tertulis
b.     Penilaian Kinerja
c.     Penilaian Lisan
d.     Penilaian Portofolio
e.     Penilaian Non Tes
89. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian ....
a.     Kinerja
b.     Produk
c.     Penugasan
d.     Lisan
e.     Wawancara
90. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Cror and Crow
b.     Grondlund
c.     Crites
d.     Thrustone
e.     Donal Cambell

91. Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak ke arah atau melawan suatu faktor lingkunganPendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Thurstone
b.     Emory Bogardus
c.     Goldon Allport
d.     Donald Cambell
e.     Ralp Linton

92. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensi ....
a.     Kognisi
b.     Afeksi
c.     Konasi
d.     Toleransi
e.     Persepsi

93. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Cror and Crow
b.     Grondlund
c.     Crites
d.     Thrustone
e.     Donal Cambell

94. Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak ke arah atau melawan suatu faktor lingkunganPendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Thurstone
b.     Emory Bogardus
c.     Goldon Allport
d.     Donald Cambell
e.     Ralp Linton,

TRY AGAIN

1. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.memberikan umpan balik bagi siswa
B.mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C.memberikan umpan balik bagi guru
D.mengontrol perkembangan siswa
E.Semua jawaban salah

2. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar

3. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A.acuan norma
B.acuan kriteria
C.gabungan
D.acuan norma atau kriteria
E.Semua jawaban benar

4. Yang mana contoh sindrom akibat kelainan jumlah kromosom seks
A.Down Sindrom
B.Klinefelter sindrom
C.Patau sindrom
D.Edward Sindrom
E. Jacob Syndrome

5. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.Menentukan rencana sampling
E.Semua jawaban salah

6. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.Helen Parkhust
B.Kak Seto
C.John Dewey
D.Montessori
E.Ki Hajar Dewantara

7. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B.menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D.menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.Ada 3 jawaban benar
8. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A.daftar pustaka
B.abstrak
C.daftar tabel
D.lampiran
E.Ada 3 jawaban benar

9. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar ...
A.tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C.kemampuan siswa dapat meningkat
D.siswa tidak merasa rendah diri
E.Semua jawaban salah

10. Referensi memuat semua rujukan yang
A.pernah dibaca penulis
B.perlu dibaca pembaca
C.dimuat dalam badan tulisan
D.diperlukan dalam pengembangan tulisan

E.Semua jawaban benar