Pages

Sunday, October 18, 2015

URAIAN UJIAN NASIONAL KELAS X 2015 DENGAN CONTOH SOAL

Jauh jauh hari sebaiknya kita melakukan persiapan apa saja yang harus dipersiapkan agar nilai Ujian Nasional lebih baik tidak memalukan orang tua dan Gurunya. Tentu persiapan pertama apakah sudah lengkap materi dan catatn kelas X yang sudah 2 tahun nggak disentuh masih ada untuk itu saya persiapkan materi yang ada untuk kelas X OK semoga berguna  

INDIKATOR 1 : MENJELASKAN OBJEK DAN PERMASALAHAN BIOLOGI

Pada permasalahan biologi adalah Apa yang dipelajari biologi adalah mahkluk hidup maka mahkluk hidup harus tahu isi tubuhnya itu apa maka dimulai dari unit terkecilnya sel harus dipahami, Sel ngumpul membentuk apa dst hingga membentuk Mahkluk hidup atau individu jika ia mengumpul jadi apa dst disinggung disini OK


1.1 Sel
adalah kesatuan struktur dan fungsional terkecil dari mahkluk hidup.
Cakupannya membran plasma, organel dan inti, termasuk sel pada organnisme uniseluler dan multiseluler.

1.2. Jaringan
adalah kumpulan sel yang sejenis, memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi sel yang sama.
Pada tumbuhan jaringannya ada jaringan parenkim, penguat, pengangkut, pelindung.
Sedangkan pada hewan ada jaringan epitel, otot, saraf, dan  ikat.

1.3. Organ
adalah kumpulan dari berbagai jaringan yang berbeda yang membentuk sebuah struktur dan berfungsi untuk mendukung sistem tertentu. contohnya adalah jantung, paru-paru, mata, dsb.

1.4. Sistem organ
adalah kumpulan organ-organ yang menjalankan sistem tertentu.
Sistem organ yang dapat dijumpai pada manusia adalah sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem koordinasi, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem gerak, sistem pernafasan, sistem kekebalan tubuh

1.5 INDIVIDU/organisme
individu adalah unit tunggal organisme yang berada di lingkungan meliputi mahkluk hidup uniseluler atau multiseluler yang terdiri dari kumpulan berbagai sistem organ.

2.1 Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis. pada istilah ini tidak akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi ataupun ada interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

2.2. Komunitas
komunitas adalah kumpulan berbagai macam individu pada suatu area. Areanya bisa sawah, sungai, danau, laut dsb. Jadi jika ada kata kunci lokasi di dalam lingkungan merupakan indikator yang mengacu pada istilah komunitas. pada istilah ini akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi dan tidak ada istilah interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

2.3 Ekosistem
Ekosistem adalah interaksi yang terjadi di dalam lingkungan, baik itu interaksi: antar faktor biotik, antar faktor abiotik ataupun antar faktor biotik dan abiotik.           

2.4. Bioma
Suatu areal lingkungan yang luas dengan tumbuhan dominan tertentu. diantaranya adalah


  1. Bioma hutan hujan tropis..
  2. Bioma gurun.
  3. Bioma tundra
  4. Bioma taiga
  5. Bioma Savana
  6. Bioma Stepa
Karena Mahkluk hidup yang dipelajari dan variasinya banyak maka Biologi mempunyai cabang cabang beraneka ragam ini hanya beberapa cabang yang perlu diketahui sehingga secara specifik dari ilmu ini sebaiknya dicari buku untuk mengetahui secara detail misal cari buku Histologi: yang specifik membahas Jaringan maka akan tahu lebih detail OK

ILMU ILMU BIOLOGI
Selain itu karena Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :


  1. Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan
  2. Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
  3. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
  4. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
  5. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
  6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
  7. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
  8. Mikologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
  9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
  10. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
  11. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
  12. Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik/interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
  13. Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
  14. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
  15. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska
  16. Terratologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan
  17. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
  18. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
  19. Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
  20. Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang perairan air tawar
  21. Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
  22. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
  23. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
  24. Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
  25. Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
  26. Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
  27. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organism
  28. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
  29. Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus

CONTOH SOAL


1.    Kumpulan beberapa organ yang memiliki fungsi dan tugas saling berkaitan dinamakan ….
a. jaringan                   
b. individu
c. populasi                   
d. sistem organ
e. komunitas

2.    Sekumpulan siswa sedang melakukan pengamatan burung. Cabang Biologi yang berperan adalah 
a. Ornitologi              
b. Bakteriologi
c. Zoologi                    
d. Virologi
e. Mikrobiologi

3.    Kumpulan semut di rumah Andi memiliki seekor ratu. Seekor ratu semut tersebut disebut ….
a. populasi                   
b. komunitas
c. individu                  
d. ekosistem
e. satu populasi

4.    Hutan di Indonesia, merupakan salah satu bioma yang khas, yaitu bioma ….
a. tundra                      
b. hutan hujan tropis
c. padang rumput        
d. gurun
e. taiga

5.    Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat ….
a. sel                           
b. jaringan
c. organ                       
d. organel
e. sistem organ

INDIKATOR 2 : 


  1. Menjaelaskan Peran VIRUS
  2. Menjelaskan Peran ARCHAEBACTERIA
  3. enjelaskan peran EUBACTERIA Bagi kehidupan manusia 

Peran menguntungkan virus antara lain dapat dimanfaatkan untuk :


  1. Virus digunakan untuk memproduksi interferon, yakni sejenis senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah replikasi virus di dalam sel inang ( hospes )
  2. Profage dapat dimanfaatkan untuk mengubah fenotip bakteri sehingga menjadi bermanfaat dalam dunia kedokteran / medis
  3. Virus digunakan untuk pembuatan vaksin berbagai jenis mikroba penyebab penyakit. 
  4. Seperti vaksin sabin dan Salk untuk mencegah penyakit polio,  vaksin Pasteur untuk mencegah penyakit rabies dll.
PERAN VIRUS
  • Peran virus secara umum adalah penyebab kerugian karena dia secara alami bersifat parasit obligat pada mahkluk hidup. berikut ini penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dalam dunia pertanian:


  1. Mosaik (bercak kuning) pada daun tembakau. disebabkan olehTobacco Mozaik Virus/TMV
  2. Daun menggulung pada tanaman kapas dan lobak yang disebabkan oleh virus bernama Turnip Yellow Mozaic Virus ( TYMV ).
  3. Tungro pada tanaman padi yang disebabkan oleh virus tungro
  4. Kanker pada tanaman jeruk yang disebabkan oleh Citrus PVD (CPVD)
Dalam dunia peternakan, ada beberapa penyakit yang juga disebabkan oleh virus, antara lain :


  1. penyakit tetelo atau New Castle Disease ( NCD ) yang menyerang sistem saraf unggas ( ayam, itik )
  2. penyakit kuku dan mulut atau Foot and Mouth Disease yang menyerang organ kuku dan mulut hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau dan kuda
  3. penyakit flu burung yang menyerang sistem pernapasan ternak unggas
  4. Penyakit pada manusia. Beberapa di antara nya yang saat ini baru terkenal adalah :
  5. AIDS yang disebabkan oleh HIV ( Human Imunodeficiency Virus ) menyerang sistem kekebalan tubuh manusia
  6. Campak
  7. Cacar air
  8. Demam berdarah yang disebabkan oleh Virus Dengue
  9. Influenza  
  10. H1N1 yang menyebabkan flu Spanyol tahun 1918, dan flu babi tahun 2009
  11. H2N2 yang menyebabkan Flu Asia di tahun 1957
  12. H3N2 yang menyebabkan Flu di Hong Kong 1968
  13. 13.  H5N1, (Flu Burung) sebuah ancaman pandemi merupakan flu musiman 2007-2008
  14. Rabies
  15. SARS - penyakit pada saluran pernafasan

PERAN ARKAEOBAKTERIA


  • Arkaeobakteria ada tiga kelompok yaitu kelompok Metahonogen, thermofilik dan halofil. Yang paling mungkin dijadikan soal adalah kelompok methanogen karena menghasilkan metana.
  • Metana berupa gas dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan dalam pembuatan biogas dengan memanfaatkan materi organik seperti samapah atau feses hewan.

PERAN EUBAKTERIA
Berikut ini peran bakteri di sekitar kita
Contoh Bakteri yang Menguntungkan

1) Peran bakteri dalam Industri Makanan
  1. Lactobacillus casei berperan dalam pembuatan keju dan yoghurt.
  2. Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan asam cuka dan nata de coco.
  3. Streptococcus lactis dan S. cremoris berperan dalam pembuatan keju dan mentega.
  4. Lactobacillus bulgaricus berperan dalam pembuatan yoghurt (susu asam).
  5. Spirulina berperan dalam pembuatan PST (protein sel tunggal).



2) Peran bakteri dalam Bidang Obat-obatan dan Vitamin
  1. Bacillus brevis berperan dalam pembuatan antibiotik tirotrisin.
  2. Bacillus subtilis berperan dalam pembuatan antibiotik basitrasin.
  3. Bacillus polymyxa berperan dalam pembuatan antibiotik polimiksin.
  4. Streptomyces griseus berperan dalam pembuatan antibiotik streptomisin.
  5. Pseudomonas denitrificans berperan dalam pembuatan vitamin B12.
  6. Streptomyces venezuelae berperan dalam pembuatan antibiotik kloromisin.
  7. Streptomyces aureofaciens berperan dalam pembuatan antibiotik aureomisin.
  8. Streptomyces rimosus berperan dalam pembuatan antibiotik tetrasiklin.



3) Peran bakteri di Bidang Lain
  1. Bakteri nitrit (Nitrosomonas dan Nitrosococcus) dan bakteri nitrat (Nitrobacter) merupakanbakteri yang membantu proses pembentukan senyawa nitrat dalam tanah.
  2. Rhizobium leguminosarum (hidup bersimbiosis pada akar tumbuhan Leguminosae), Azotobacter, Clostridium pasteurianum, dan Rhodospirillum rubrum merupakan bakteri yang mampu mengikat N2bebas dari udara.
  3. Escherichia coli membusukkan sisa makanan di usus besar, membantu pembentukan vitamin K, serta dapat menguraikan asam semut (HCOOH) menjadi CO2 dan H2O (dalam keadaan tertentu).
  4. Methanobacterium ruminatum dapat menguraikan asam cuka menjadi metana dan karbon dioksida.
  5. Clostridium acetobutylicum dapat menghasilkan aseton dan butanol.
  6. Methanobacterium dapat membusukkan sampah daun dan kotoran hewan. Pembusukan tersebut menghasilkan metana/biogas yang dapat digunakan sebagai energi alternatif.



Contoh Bakteri yang Merugikan

1) Penyebab Penyakit pada Manusia
Nama bakteri dan penyakit yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Vibrio cholerae dapat mengakibatkan penyakit kolera.
  2. Mycobacterium tuberculosis dapat mengakibatkan penyakit TBC.
  3. Mycobacterium leprae dapat mengakibatkan penyakit lepra.
  4. Shigella dysentriae dapat mengakibatkan penyakit disentri.
  5. Salmonella typhi dapat mengakibatkan penyakit tifus.
  6. Pasteurella pestis dapat mengakibatkan penyakit pes.
  7. Clostridium tetani dapat mengakibatkan penyakit tetanus.
  8. Treponema pallidum dapat mengakibatkan penyakit sifilis.
  9. Neisseria gonorrhoeae dapat mengakibatkan penyakit gonore.
  10. Bordetella pertusis dapat mengakibatkan penyakit batuk rejan.
  11. Leptospira sp. dapat mengakibatkan penyakit leptospirosis.



2) Penyebab Penyakit pada Hewan

Nama bakteri dan penyakit yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Bacillus anthracis mengakibatkan penyakit antraks pada sapi, kerbau, dan domba.
  2. Brucella abortus dapat mengakibatkan penyakit bruselosis pada sapi.
  3. Actynomyces bovis dapat mengakibatkan penyakit bengkak rahang pada sapi.
  4. Streptococcus agalactiae dan Staphylococcus epidermisis dapat mengakibatkan penyakit mastitis pada hewan menyusui.
  5. Salmonella pullorum dapat mengakibatkan berak kapur pada ayam.


3) Penyebab Penyakit pada Tumbuhan

Nama bakteri dan penyakit yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Xanthomonas citri mengakibatkan penyakit kanker pada batang jeruk.
  2. Agrobacterium tumefaciens mengakibatkan penyakit kanker pada batang kopi.
  3. Erwinia tracheiphila mengakibatkan busuk pada daun labu.
  4. Pseudomonas cattleyae mengakibatkan busuk pada daun anggrek.


4) Penyebab Kerusakan Makanan

Nama bakteri dan kerusakan makanan yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Clostridium botulinum pada makanan kaleng yang rusak.
  2. Pseudomonas cocovenenans pada tempe bongkrek.
  3. Leuconostoc mesentroides pada makanan basi.
  4. Enterobacter aerogenes mengakibatkan air susu menjadi berlendir.



CONTOH SOAL :

1.    Virus tidak dapat masuk dalam kelompok makhluk hidup karena ….
a. virus dapat dikristalkan
b. virus dapat melakukan pembuahan
c. virus dapat menularkan penyakit
d. virus dapat bergerak
e. virus dapat berkembang biak

2.    Ukuran virus sangat kecil, yaitu ….
a. 10 milimikron                     

b. 20 – 300 milimikron
c. 1 – 3 milimikron                 

d. 200 – 3000 milimikron
e. <10 milimikron="" span="">

3.    Virus tersusun atas selubung protein yang disebut ….
a. virion                                  

b. vaksinc. kapsid                                
d. partikel virus
e. hospes

4.    Virus mengambil alih fungsi DNA bakteri. Tujuan tindakan virus ini adalah ….
a. melipat gandakan bakteri
b. mensintesis protein dan membuat struktur tubuh virus yang baru
c. agar DNA bakteri melakukan replikasi sebagai persiapan pembelahan sel
d. untuk membuat bakteri hancur
e. untuk mengaktifkan inti sel bakteri hingga dapat memproduksi enzim baru

5.    HIV di dalam penderita AIDS mengakibatkan penderita mengalami ……
a. Peningkatan kadar trombosit
b. Penurunan kadar trombosit
c. Rapuhnya sistem kekebalan
d. Menurunya sistem kekebalan
e. Kerusakan hati

INDIKATOR 3 : MENGIDENTIIKASI CIRI/PERAN KELOMPOK JAMUR DAN PROTISTA (JAMUR, PROTITA,PROTOZOA, ALGA)

Ciri-ciri Protista :


  • Bersifat eukariotik
  • Uniseluler atau multiseluler
  • Belum memiliki jaringan yang sebenarnya
  • Protista dikelompokkan menjadi : protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan (Alga) dan protista mirip hewan (protozoa)
Ciri-Ciri Fungi :


  • Eukariotik
  • Tidak berklorofil
  • Memiliki dinding sel dari kitin
  • Tubuh tersusun dari hifa yang membentuk anyaman atau miselium
  • Habitat tempat lembab
  • Reproduksi vegetative dengan membentuk tunas, dan reproduksi generative dengan spora seksual
Klasifikasi fungi berdasarkan spora seksualnya


  1. Zygomycotina - Zygospora
  2. Ascomycotina - Ascospora
  3. Basidiomycotina - Basidiospora
  4. Deuteromycotina - Konidiospora
PROTISTA
  1. umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri
  2. tidak hidup sendiri (soliter) atau berkoloni (kelompok)
  3. memiliki alat gerak yaitu ada yang berupa kaki semu, bulu getar, atau bulu cambuk
  4. mampu bertahan hidup dalam lingkungan kering maupun basah
  5. tidak mempunyai dinding sel
  6. organisme bersel banyak

CONTOH SOAL
1.    Jenis ascomycota yag dapat mengubah ampas kacang menjadi oncom adalah...
a.    Aspergillus flavus             
b.    Neurospora sitophyla
c.    Aspergillus niger               
d.    Ustilago maydis
e.    Puccinia graminis

2.    Yang termasuk ciri-ciri protozoa adalah.....
a.    1,2, dan 3                         
b.    2,3, dan 4
c.    3,4, dan5                          
d.    6 saja
e.    1,2,4, dan 5

3.    Kelompok jamur yang menguntungkan bagi manusia adalah...
a.    Pythium sp, pytophtora infestans, aspergillus fumigatos
b.    Epidermophyton floocosoem, ustilago maydis, saprolegnia
c.    Sprolegnia, aspergillus flavus, aspergillus fumigatus
d.    Ustilago maydis, aspergillus flavus, penicilium camemberti
e.    Volvariella volvaceae, auticularia polytrica, aspergillus oryzae

4.     Bagian tubuh ganggang biru berbentuk benang yag dapat tumbuh menjadi individu baru adalah...
 a.    Nukleus
 b.    Pirenoid
 c.    Heterokista
 d.    Hormogonium
 e.    Reseptakulum

5.    Ditemukan satu jenis ganggang dengan ciri-ciri tubuh berbentuk benang, mempunyai kloroplas, berbentuk spiral dan tempat hidup di air tawar. Berdasarkan karakteristik tersebut, ganggang tersebut adalah...
a.    Volvox                            

b.    Rivularia
c.    Spirogyra                      

d.    Clorococ

INDIKATOR 4 : MENENTUKAN DASAR PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP



1. TUJUAN KLASIFIKASI ::


  1. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-iap jenis, agar mudah dikenal;
  2. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya;
  3. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup; dan
  4. Mengetahui evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya.


2. DASAR KLASIFIKASIKlasifikasi makhluk hidup menggunakan dasar atau kriteria tertentu, yaitu persamaan ciri atau sifat morfologi, fisiologi, dan anatomi yang terdapat pada makhluk hidup.

Sistem klasifikasi makhluk hidup. Saat ini diketahui terdapat 3 (tiga) system klasifikasi makhluk hidup, yaitu


Sistem Artifisial (Buatan),Sistem Alami, dan Sistem Filogenetik.
  1. Sistem Artifisial adalah klasifikasi yang menggunakan satu atau dua ciri pada makhluk hidup. Sistem ini disusun dengan menggunakan ciri-ciri atau sifat-sifat yang sesuai dengan kehendak manusia, atau sifat lainnya.Misalnya klasifikasi tumbuhan dapat menggunakan dasar habitat (tempat hidup), habitus atau berdasarkan perawakan (berupa pohon, perdu, semak, ternak dan memanjat).
  2. Klasifikasi sistem alami menggunakan dasar persamaan dan perbedaan morfologi (bentuk luar tubuh) secara alami atau wajar.Contoh, hewan berkaki dua, berkaki empat, tidak berkaki, hewan bersayap, hewan bersirip, hewan berbulu, bersisik, berambut dan lain-lain. Sedangkan pada tumbuhan, ada kelompok tumbuhan berkeping biji satu, berkeping biji dua
  3. Sistem filogenetik disususn berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan antara takson yang satu dengan yang lainnya. Selain mencerminkan persamaan dan perbedaan sifat morfologi dan anatomi maupun fisiologinya, sistem ini pun menjelaskan mengapa makhluk hidup semuanya memiliki kesamaan molekul dan bio kimia, tetapi berbeda-beda dalam bentuk susunan dan fungsinya pada setiap makhluk hidup.
CONTOH SOAL

1.    Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam tumbuhan buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam klasifikasi sistem ….
a. natural                                             
b. manfaat
c. artifisial                                            
d. buatan
e. praktis

2.    Penulisan nama Latin padi yang benar adalah ….
a. Oryza sativa                                    
b. Oryza sativa
c. oryza sativa                                     
d. Oriza sativa
e. Oriza Sativa

3.    Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, kondisi jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….
a. semakin sedikit                             
b. semakin banyak
c. berubah-ubah                                  
d. mengikuti posisi taksonnya
e. konstan

4.    Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang   dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
a. cara makannya autotrof                  
b. bersifat tidak bergerak
c. selalu bergerak                                  
d. cara hidup berkoloni
e. cara makannya heterotrof

5.    Filum dalam klasifikasi hewan yang disebut juga ….
a. divisio                                                         
b. ordo
c. genus                                                          
d. spesies
e. marga

INDIKATOR 5 : MENJELASKAN UPAYA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM TERTENTU

Pemanfaatan keanekaragaman hayati melalui usaha pelestarian
  1. Tebang pilih, yaitu penebangan pohon secara selektif (terpilih) bagi pohon-pohon yang memenuhi persyaratan untuk ditebang, baik dari segi umur, ketersediaan jenisnya, maupun jumlahnya.
  2. Reboisasi, yaitu penanaman kembali hutan bekas tebangan dengan tumbuhan yang masih muda.
  3. Perburuan musiman, yaitu pemanfaatan SDA pada musim tertentu, yaitu menghindari berburu pada musim kawin, masa hamil, atau masa beranak.
  4. Penganekaragaman bahan pangan, yaitu pemanfaatan SDA sebagai bahan pangan secara bervariasi dengan menghindari penggunaan bahan makanan satu jenis saja sehingga tidak menghabiskan jenis tersebut.
Pelestarian keanekaragaman hayati melalui usaha perlindungan


  • Perlindungan alam, dalam usaha menjaga kelestarian alam. Ada 2 cara, yaitu: 
  1. pelestarian in situ, yaitu pelestarian alam di habitat aslinya. Misalnya taman wisata, taman nasional, dan hutan lindung. 
  2. pelestarian ex situ, pelestarian alam bukan di habitat aslinya. Misalnya kebun koleksi, kebun botani, kebun binatang, dan kebun plasma nuftah.
  • Macam-macam perlindungan alam
  1. perlindungan alam umum, yaitu secara terbimbing oleh para ahli atau diarahkan (seperti Kebun Raya Bogor dan Taman Nasional), dan secara ketat yang sesuai kehendak alam tanpa adanya campur Tangan manusia kecuali jika diperlukan..
  2. perlindungan alam khusus, yaitu yang ditujukan kepada satu atau beberapa unsure alam tertentu. Contohnya: perlindungan botani, perlindungan zoology, perlindungan geologi, perlindungan alam antropologi, dan perlindungan ikan.
  3. Perlindungan satwa langka, yaitu yang dikenal dengan suaka marga satwa.

 Cara pelestariannya diantaranya:


  1. dibuat undang-undang perburuan serta tindakan hukuman bagi pelanggar.
  2. membiarkan hewan-hewan langka yang hampir punah.
  3. memindahkan hewan langka yang hamper punah ke habitat yang lebih cocok.
Konservasi,  perlu dilakukan untuk mengimbangi pemanfaatan terhadap keanekaragaman hayati.

Usaha-usaha pemerintah dalam konservasi (pelestarian) keanekaragaman hayati atau biodiversitas, antara lain sebagai berikut
  1. Cagar alam, yaitu perlindungan terhadap tumbuhan, hewan, dan keindahan alamnya. Keadaannya dibiarkan sesuai dengan perkembangan alam.
  2. Taman Nasional, yaitu kawasan konservasi alam dengan ciri khas tertentu. Berfungsi untuk melindungi jenis hewan dan tumbuhan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, kebudaaan dan rekreasi.
  3. Kebun Raya, yaitu kumpulan tumbuhan-tumbuhan yang berasal dari berbagai daerah yang ditanam untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan, dan rekreasi
  4. Wana Wisata, yaitu kawasan hutan yyang berfungsi unt kawasan wisata
  5. Hutan Lindung, yaitu kawasan hutan yang berfungsi untuk melindungi lahan agar tidak terkena erosi dan mengetur tata guana air.
  6. Taman Laut, yaitu wilayah lautan yang mempunyai ciri berupa keindahan alam, berfungsi untuk melindungi plasma mutfah lautan

1.  Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya :
a.    Penangkaran harimau Sumatera di kebun binatang
b.    Pembiakan badak bercula satu di Ujung Kulon secara alami
c.    Pembuatan taman kota di perkotaan
d.    Memelihara burung beo di dalam sangkar
e.    Melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya

2.  Pendirian cagar alam di Ujung Kulon Jawa Barat bertujuan untuk :
a.    Pelestarian populasi Badak bercula satu
b.    Mengembang biakkan jenis-jenis tumbuhan langka
c.    Melestarikan berbagai jenis anggrek
d.    Melindungi kondisi alam di wilayah Ujung Kulon
e.    Menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara

3.  Beberapa jenis hewan asli Indonesia  yang terancam punah antara lain : orang utan, badak bercula satu, komodo, harimau Sumatera. Upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan tersebut , adalah :
a.    Perluasan areal kebun binatang
b.    Konservasi secara ex situ
c.    Konservasi secara in situ
d.    Penurunan populasi penduduk
e.    Melakukan penelitian ilmiah mengenai kehidupan mereka

4.  Pelestarian secara ex situ dapat dilakukan melalui cara-cara di bawah ini, kecuali :
a.    Pendirian kebun plasma nutfah
b.    Pengembangan kebun raya
c.    Pemeliharaan tumbuhan endemik
d.    Pelestarian hewan / tumbuhan langka di habitatnya
e.    Pendirian bank biji dan bank sperma

5.  Pendirian Taman Laut Bunaken di Sulawesi bertujuan untuk :
a.    Melestarikan sumber daya hayati
b.    Menjaga kelestarian biota laut
c.    Melindungi sumber daya non hayati di laut
d.    Menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri
e.    Memenuhi keinginan para pemerhati lingkungan

DETAIL

1. Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya :


  1. Penangkaran harimau Sumatera di kebun binatang
  2. Pembiakan badak bercula satu di Ujung Kulon secara alami
  3. Pembuatan taman kota di perkotaan
  4. Memelihara burung beo di dalam sangkar
  5. Melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya

2. Pendirian cagar alam di Ujung Kulon Jawa Barat bertujuan untuk :


  1. Pelestarian populasi Badak bercula satu
  2. Mengembang biakkan jenis-jenis tumbuhan langka
  3. Melestarikan berbagai jenis anggrek
  4. Melindungi kondisi alam di wilayah Ujung Kulon
  5. Menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara

3.  Beberapa jenis hewan asli Indonesia  yang terancam punah antara lain : orang utan, badak bercula satu, komodo, harimau Sumatera. Upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan tersebut , adalah :
a.    Perluasan areal kebun binatang           
b.    Konservasi secara ex situ
c.    Konservasi secara in situ                  
d.    Penurunan populasi penduduk
e.    Melakukan penelitian ilmiah mengenai kehidupan mereka

4.  Pelestarian secara ex situ dapat dilakukan melalui cara-cara di bawah ini, kecuali :
a.    Pendirian kebun plasma nutfah
b.    Pengembangan kebun raya
c.    Pemeliharaan tumbuhan endemik
d.  Pelestarian hewan / tumbuhan langka di habitatnya
e.    Pendirian bank biji dan bank sperma

5.  Pendirian Taman Laut Bunaken di Sulawesi bertujuan untuk :
a.    Melestarikan sumber daya hayati
b.  Menjaga kelestarian biota laut
c.    Melindungi sumber daya non hayati di laut
d.    Menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri
e.    Memenuhi keinginan para pemerhati lingkungan

INDIKATOR 6 : MENGIDENTIIKASI CIRI-CIRI KELOMPOK TUMBUHAN
  • Tingkatan klasifikasi pada tumbuhan yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Tingkatan klasifikasi pada hewan yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa adalah genus/marga, paradisiaca adalah penunjuk jenis.
Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :
  1. Talofita (Thallophyta) : ganggang (Algae) & jamur (Fungi)
  2. Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)
  3. Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda (Equisetinae), paku sejati (Filicinae)
  4. Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)
Berdasarkan warnanya, ganggnag dibedakan menjadi 4, yaitu :
  1. Ganggang hijau (Chloropyceae) : Chlamydomanas & Spirogyra
  2. Ganggang cokelat (Phaeophyceae) : Sargasum, Fucus, Laminaria
  3. Ganggang merah (Rhodophyceae) : Euchema gracialis
  4. Ganggang pirang (Chrysophyceae) : Synendra
Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :
1. Jamur ganggang (Phycomycetes) à hifa tidak bersekat
Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)
2. Jamur sejati (Eumycetes) à hifa bersekat

Dibagi menjadi 4, yaitu :
  1.  Zygomicotina 
  2. Askomicotina, contohnya Penicillium sp (penghasil penisilin), Sacharomyces sp (jamur tape)
  3. Basidiomicotina, contohnya Jamur kuping, jamur merang, jamur kayu
  4. Deuteromicotina, contohnya jamur oncom
Ciri-ciri tumbuhan berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga

Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :
  1. Gimnospermae (terbuka) à ex : melinjo & pakis haji
  2. Angiospermae (tertutup) à ex : mangga, rambutan
Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :
1. Dikotil (berkeping dua)
2. Monokotil (berkeping satu)

Ciri monokotil, yaitu
1.    tulang daun umumnya sejajar
2.    batang tak berkambium
3.    akar serabut
4.    bagian-bagian bunga kelipatan tiga.
Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :

  1. Rumut-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi
  2. Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu
  3. Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja
  4. Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili
  5. Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit
Ciri dikotil, yaitu 

  1. tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip dll
  2. batang berkambium
  3. akar tunggang
  4. bagian-bagian bunga kelipatan 2,4, atau 5.
Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :

  1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet
  2. Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang
  3. Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat
  4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air
  5. Komposite (Compositae), ex : bunga matahari
CONTOH SOAL
1.    Suatu tumbuhan memiliki ciri-ciri urat daun sejajar, bagian  bunga keliipatan tiga, akar dan batang tidak tumbuh membesar.  Tumbuhan demikian termasuk ….
a.   gymnospermae                   
b.   angiospermae
c.  monokotil                           
d.   dikotil
e.   spermatophyta

2. Tumbuhan yang bakal bijinya tidak terdapat didalam bakal buah tersebut ….
a.   gymnospermae                 
b.   spermatophyta
c.   angiospermae                     
d.   thalophyta
e.   bryophyta

3. Pada angiospermae terjadi pertumbuhan ganda  dengan adanya peleburan antara inti generatif dengan sel telur dan inti generatif dengan ….
a. sel antipoda                         
b. inti sinergid
c. inti lembar primer                
d. inti kandung lembaga primer

4. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk kedalam famili ….
a. poaceae                              
b. malvaceace
c. papilionaceae                      
d. euporbiaceae

5. Monokotil dan dikotil memeliki persaman dalam hal ….
a. satu kotiledon
b. jalur-jalur (venasi) pada daun
c. lingkaran tahunan pada batang
d. xilem yang berkembang dengan baik
e. floem terletak konsentris dengan xylem

INDIKATOR 7 : MENGIDENTIFIKASIKAN CARA PERKEMBANGAN HEWAN INVERTEBRATA

Dalam perkembangbiakannya, hewan-hewan invertebrata bereproduksi secara generatif, vegetatif, dan metagenesis.
1. Reproduksi Generatif
Reproduksi generatif terjadi melalui fertilisasi antara sel kelamin jantan dan betina. Hasil fertilisasi adalah zigot yang kemudian tumbuh menjadi individu baru yang memiliki sifat dari kedua induknya. Reproduksi generatif umumnya terjadi pada invertebrata tingkat tinggi, misalnya pada cacing hati (Fasciola hepatica) dan cacing pita(Taenia saginata).

a. Fasciola hepatica
Fasciola hepatica adalah cacing golongan Trematoda (cacing isap) yang hidup parasit di dalam saluran empedu atau dalam pembuluh darah hati manusia dan hewan ternak seperti sapi, babi, kerbau, dan domba. Daur hidup Fasciola hepatica berawal dari telur - mirasidium - masuk ke tubuh Lymnaea (siput air tawar) - sporokista - redia - serkaria - keluar dari tubuh siput - metaserkaria - kista - masuk ke tubuh domba - cacing dewasa.

b. Taenia saginata
Taenia saginata adalah cacing dari golongan Cestoda (cacing pita) yang menjadi parasit di dalam saluran pencernaan manusia apabila manusia tersebut mengonsumsi daging yang kurang masak. Daur hidup Taenia saginata yaitu telur - zigot (keluar bersama feses manusia) - masuk tubuh sapi atau babi - larva onkosfer - menuju otot lurik - sisteserkus - masuk ke tubuh manusia jika manusia tersebut makan daging yang kurang masak - cacing dewasa.


2. Reproduksi Vegetatif
Reproduksi vegetatif adalah reproduksi secara aseksual yang tidak melibatkan sel kelamin. Individu yang terbentuk berasal dari bagian anggora tubuh induk sehingga sifat yang dimiliki individu baru tersebut sama dengan induknya. Contoh reproduksi vegetatif adalah fragmentasi pada planaria dan pembentukan tunas (budding)pada Hydra.
3. Metagenesis
Metagenesis adalah pergiliran keturunan dari fase generatif ke fase vegetatif. beberapa hewan invertebrata mengalami metagenesis dalam hidupnya, antara lain berasal dari kelompok Coelenterata, yaitu Obelia sp. dan Aurelia sp.

CONTOH SOAL
1.    Hewan yang pencernaannya berlangsung secara intraseluler di koanosit tergolong dalam  filum…………
a. Mollusca                 
b. Echinodermata
a.    Porifera
b.    Annelida
c.    Coelenterata

2.    Ada dua macam bentuk polip Obelia sp. Polip yang berfungsi untuk reproduksi disebut
a.      gonangium
b.      hidrant
c.       tentakel
d.      mesoglea
e.      gastrozoid

3.    Pada daur hidup Aurelia, stadium dengan ciri berenang bebas, mempunyai silia, dan tidak bertentakel dinamakan ………….
a.       efira
b.      skifistoma
c.       planula
d.      medusa
e.      strobilus

4.    Selama daur hidupnya, cacing hati (Fasciola hepatica) membutuhkan inang sebanyak…………
a.       1
b.      3
c.       5
d.      2
e.      4
5.    Pencegahan penularan cacing hati (Fasciola hepatica) pada manusia dapat dilakukan d
dengan cara berikut, kecuali………
a.       Memutus rantai hidup cacing hati
b.      Memberantas siput air sebagai inang sporokist
c.       Berusaha tidak memakan daging babi
d.      Mengonsumsi daging yang benar-benar matang atau aman
e.      Memasak tumbuhan sebelum dimakan

INDIKATOR 8 : MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI KELOMPOK HEWAN VERTEBRATA

·           Vertebrata memiliki tubuh simetris bilateral dengan pembagian tubuh terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor.
·           Meskipun demikian, ada pula anggota Vertebrata tidak berleher dan tidak berekor.
·           Vertebrata memiliki susunan ruas tulang belakang (Kolumna Vertebralis) dan memiliki otak di dalam kranium (tulang tengkorak).
·           Vertebrata mempunyai endoskeleton (ragka dalam) dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh.
·           Pada kerangka melekat otot-otot kerangka.
·           Kulit vertebrata berlapis-lapis, yang terdiri atas epidermis (bagian kulit yang paling luar) dan dermis (kulit bagian dalam).

Vertebrata terdiri atas dua super kelas, yaitu Pisces dan Tetrapoda. Pisces dibagi menjadi tiga kelas yaitu Agnatha (Cyclostomata), Chrondrichthyes, dan Osteichthyes. Tetrapoda dibagi menjadi empat kelas yaitu Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mamalia
1.    Pisces
Pisces (ikan) hidup di dalam air. Suhu tubuh pisces tidak tetap (berdarah dingin) atau disebut poikiloterm. Tubuh pisces terbagi atas kepala dan badan atau kepala, badan, dan ekor. Kulit (cutis)
2.    Amphibia
Amphibia termasuk hewan poikiloterm (berdarah dingin). Tubuhnya terbagi atas kepala dan badan atau kepala, badan dan ekor. Kulitnya lembab berlendir, terdiri dari dermis dan epidermis. Warna kulit bermacam-macam karena adanya pigmen di dalam dermis (biru, hiaju, hitam, coklat, merah, dan kuning) tepat di bawah epidermis. Amphibia mempunya 2 lubang hidung yang berhubungan dengan rongga mulut. Penghubung rongga mulut dan rongga hidung disebut koane. Sedangkan antara rongga
3.    Reptilia
Tubuh hewan Reptilia terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor. Kuit reptilia kering, bersisik terbuat dari zat tanduk yang berfungsi mencegah dehidrasi ketika udara kering. Reptilia termasuk hewan poikilotermal, yaitu suhu tubuh menyesuaikan dengan suhu lingkugan. Hewan reptilia hidup di darat tetapi ada beberapa hewan yang hidup di air. Mereka bernapas dengan menggunakan insang.
4.    Aves
Aves  memiliki suhu badan homoiterm (suhu badan tetap, tidak terpengaruh suhu lingkungan). Memiliki tubuh berbulu melindungi tubuh dan bulu yang membentuk sayap digunakan untuk terbang. Tulangnya berongga sehingga ringan. Berkembang biak secara bertelur (ovipar) dan pembuahan di dalam tubuh.  Telur aves bercangkang dan memiliki kuning telur yang besar. Bernafas dengan paru-paru
5.    Mamalia
Ciri khas dari mammalia adalah memiliki kelenjar susu. Susu dihasilkan oleh kelenjar (mammae) yang terdapat  di daerah perut atau dada. Mammalia disebut juga hewan menyusui karena menyusui anaknya.
Tubuh mammalia tertutup oleh rambut yang berfungsi sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan, segabai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai pelindung dari gesekan maupun sinar matahari, sebagai penyamar atau pertahanan untuk melindungi dari mangsa, dan sebagai penciri kelamin.
Mammalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Hewan ini memiliki suhu tubuh homoiterm (suhu tubuh tetap) dan bernafas dengan paru-paru. Mammalia memiliki otak yang lebih
6.    Primata
Kelompok ini memiliki tangan dan kaki berjari lima. Jari-jari tersebut memiliki kuku tetapi tidak bercakar. Contoh hewan ordo primata adalah orang utan, kera ekor panjang

CONTOH SOAL
1.      Dari semua jenis ikan yang ada sekarang, ikan dapat digolongkan menjadi tiga kelas yaitu
a.      Agnatha, Condrichthyes,dan Osteichthyes
b.      Reptile,agnatha dan osteichthyes
c.       Aves,pisces dan reptile
d.      Mamalia,aves dan reptile
e.       Amphibian,aves dan pisces

2.      Vertebrata merupakan suatu anak filum dari hewan yang memiliki sumbusaraf atau otak dengan tubuh yang dilengkapi rangka dalam anggota vertebrata tersebut adalah….
a.       Aves-pisces-reptilia-mamalia
b.      Aves-pisces-reptilia-insecta
c.       Pisces-amphibia-insecta-reptilia
d.      Amphibia-aves-pisces-insecta
e.       Aves-pisces-insecta-mamalia

3.      kelas agnatha memiliki ciri-ciri tidak berahang, siripnya tidak berpasangan, rangka tubuhnya tersusun atas tulang rawan serta jantungya hanya memiliki satu ventrikel. Contoh ikan dari kelas ini adalah ikan
a.       lamprey                                                
b.      paus
c.       gurami                                       
d.      lumba-lumba
e.       hiu

4.      Contoh hewan yang termasuk hewan amphibia adalah
a.       ayam                                         
b.      Badak
c.       Cacing                                       
d.      Domba
e.       Katak

5.      Ikan pesut dan lumba-lumba merupakan fauna air yang termasuk hewan….
a.       Aves                                          
b.      Mamalia
c.       Amphibi                                     
d.      Pisces
e.       Reptilian


No comments:

Post a Comment