Pages

Tuesday, February 9, 2016

PREDIKSI SOAL UN BIOLOGI 2016 SMA KELAS XII

Siang yang agak santai ini otak atik UN biologi akhirnya bisa dipostingkan tulisan ini semoga bisa membantu anak anak kelas XII mengerjakan Ujian Nasional Biologi dengan hasil maksimal OK
  1. Menjelaskan hubungan bakteri dan perannya dalam kehidupan.
  2. Siswa dapat menjelaskan peran organism protista tertentu dalam kehidupan
  3. Siswa dapat menjelaskan peran spesies  jamur tertentu dalam kehidupan
  4. Siswa dapat menjelaskan peran tumbuhan tertentu dalam kehidupan
  5. Siswa dapat menjelaskan peran hewan tertentu dalam kehidupan
  6. Disajikan ciri-ciri ekosistem tertentu, siswa dapat menentukan macam ekosistem dimaksud , siswa mampu menentukan jenis keaneka ragaman hayati
  7. Disajikan gambar interaksi/aliran energy dalam ekosistem, siswa dapat menentukan fungsi dan kedudukan suatu organism
  8. Disajikan gambar struktur jaringantumbuhan,siswa dapat  menjelaskan macam jaringan dan fungsinya.
  9. Disajikan gambar struktur jaringanhewan/manusia, siswa dapat menjelaskan macam  jaringan dan fungsinya
  10. Disajikan gambar kerja otot tertentu,siswa dapat menentukan otot / nama mekanisme kerja otot
  11. Disajikan system pencernaan, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
  12. Disajikan gambar/diagram sirkulasi, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
  13. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system pernafasan yang ditentukan bioprosesnya
  14. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system ekskresi yang ditentukan bioprosesnya
  15. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system koordinasi yang ditentukan bioprosesnya
  16. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari system reproduksi  yang ditentukan bioprosesnya
  17. Disajikan deskripsi  gangguan fungsi pada system gerak, siswa dapat  menentukan macam gangguan dimaksud
  18. Disajikan deskripsi   gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem peredaran darah, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
  19. Disajikan deskripsi gangguan suatu fungsi  yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
  20. Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi  pada system respirasi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud
  21. Disajikan  deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system ekskresi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud.
  22. Disajikan deskripsi gangguan fungsi  yang mungkin terjadi pada system koordinasi, siswa dapat menentukan  gangguan dimaksud
  23. Disajikan gambar struktur sel (hewan/tumbuhan), siswa dapat menjelaskan organel dan fungsi organel yang ditentukan
  24. Siswa dapat menentukan susunan struktur DNA/RNA
  25. Siswa dapat menentukan proses katabolisme/anabolisme  berdasarkan data-data yang disajikan
  26. Disajikan produk/pemecahan masalah bioteknologi, siswa dapat menjelaskan/menentukan  prinsip-prinsip dasar (teknik bioteknologi konvensional/modern) yang dikembangkan
  27. Disajikan deskripsi persilangan mono/dihibrida siswa dapat menentukan rasio/jumlah keturunan tertentu
  28. Disajikan proses percobaan tentang asal-usul makhluk hidup yang dilakukan para ahli, siswa dapat menjelaskan hasil percobaannya
  29. Siswa dapat menjelaskan pandangan/pokok-pokok pikiran tentang teori evolusi dari ahli tertentu dari fakta-fakta yang disajikan
  30. Disajikan gambar bakteri tertentu, siswa dapat mengklasifikasikan berdasarkan ciri-cirinya
  31. Disajikan gambar anggota protista (Protozoa, alga), siswa dapat mengklasifikasi kan pada tingkat kelas organisme dimaksud.
  32. Disajikan ciri-ciri jamur , siswa dapat mengklasifikasi kan pada  tingkatan divisi/spesies organisme dimaksud.
  33. Disajikan ciri-ciri Plantae (lumut, paku, biji), siswa dapat mengklasifikasikan  pada tingkatan divisi/subdivisi/kelas organism dimaksud.
  34. Disajikan ciri-ciri animalia (avertebrata/vertebrata), siswa dapat mengklasifikan pada tingkatan filum/kelas organism dimaksud
  35. Siswa dapat menjelaskan dampak perubahan perusakan/pencemaran lingkungan atas sebab perbuatan manusia
  36. Disajikan bagan daur biogeokimia, siswa dapat menentukan organisme/peran organisme/perubahan yang terjadi pada bagian yang ditentukan
  37. Disajikan gambar kerja otot (kontrasi/relaksasi), siswa dapat mengidentifikasi  mekanisme kerja yang terjadi.
  38. Disajikan gambar/deskripsi kerja jantung, siswa dapat mengidentifikasi  mekanisme kerja /aliran darah yang terjadi
  39. Disajikan gambar/deskripsi  organ pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi kerja system pencernaan secara kimiawi.
  40. Disajikan gambar/deskripsi kerja system pernapasan , siswa dapat mengidentifikasi mekanisme kerja yang terjadi
  41. Disajikan gambar/deskripsi organ hati, siswa dapat mengidentifikasi proses ekskresi yang terjadi pada organ tersebut
  42. Disajikan gambar otak, siswa dapat mengidentifikasi  proses kerja asosiasi pada bagian-bagian tersebut
  43. Disajikan gambar/deskripsi  pembentukan ovum/menstruasi  pada tahapan tertentu, siswa dapat mengidentifikasi proses yang terjadi
  44. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system gerak, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  45. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system sirkulasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  46. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  47. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system respirasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  48. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system ekskresi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  49. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system koordinasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  50. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system reproduksi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  51. Disajikan deskripsi mekanisme transport lewat membran, siswa dapat mengidentifikasi macam transport yang terjadi
  52. Disajikan grafik kinerja enzim karena pengaruh factor tertentu, siswa dapat mengidentifikasi kinerja optimal enzimtersebut
  53. Disajikan bagan proses  anabolisme siswa dapat mengidentifikasi tempat terjadinya reaksi dan hasil reaksinya
  54. Disajikan deskripsi proses fermentasi dengan organisme tertentu, Siswa dapat mengidentifikasi hasilnya
  55. Disajikan gambar/deskripsi  tahapan reproduksi sel, siswa dapat mengidentifikasi proses  perubahan yang terjadi
  56. Disajikan bagan proses/deskripsi sintesis protein, siswa dapat mengidentifikasi tahapan proses yang ditentukan.
  57. Disajikan produk bioteknologi konvensional/modern, siswa dapat  mengidentifikasi  dampak  (positif/negative) terhadap berbagai aspek kehidupan (salingtemas)
  58. Disajikan diagram/deskripsi persilangan dari penyimpangan semu  hukum mendel tertentu, siswa dapat mengidentifikasi rasio keturunan tertentu
  59. Disajikan gambar gametogenesis, siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan pada bagian yang ditentukan
  60. Disajikan genotip individu tertentu karena kondisi normal/pautan, siswa dapat mengidentifikasi macam gamet yang diperoleh
  61. Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara yang dapat ditempuh untuk menghindari penyakit/gangguan yang sifatnya enurun pada manusia
  62. Disajikan bukti/petunjuk evolusi, siswa dapat mengidentifikasi  kesesuaiannya  dengan  pandangan ahli evolusi tertentu
  63. Disajikan gambar berbagai eubacteria , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  64. Disajikan gambar berbagai protista , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  65. Disajikan gambar berbagai jamur , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  66. Disajikan gambar berbagai tumbuhan , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  67. Disajikan gambar berbagai hewan , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  68. Disajikan kasus  perubahan lingkungan karena pencemaran, siswa dapat menganalisis dampak yang terjadi bagi kehidupan
  69. Disajikan data keluhan penderita yang mengganggu system gerak yang dialminya, siswa dapat  menganalisis  macam gangguan yang dialmi penderita
  70. Disajikan  data gangguan  pada system  sirkulasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  71. Disajikan data gangguan pada system pencernaan  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  72. Disajikan data gangguan pada system respirasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  73. Disajikan data gangguan pada system ekskresi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  74. Disajikan data gangguan pada system koordinasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  75. Disajikan data gangguan pada system koordinasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  76. Disajikan data/deskripsi hasil percobaan pengaruh factor eksternal terhadap pertumbuhan tumbuhan, siswa dapat menyimpulkan factor yang mempengaruhi pertumbuhan dimaksud
  77. Disajikan gambar/hasil percobaan transport lewat membrane, siswa dapat menyimpulkan mekanisme transport yangterjadi
  78. Disajikan data percobaan  kerja enzim,  siswa dapat menganalisis hasil percobaan yang diperoleh
  79. Disajikan peta silsilah pewarisan penyakit/gangguan (albino, butawarna, hemofili, gangguan mental) pada manusia,siswa dapat mengintepretasi  pewarisan sifat tersebut pada keturunannya
  80. Disajikan kasus /fakta terjadinya evolusi, siswa dapat mengintepretasikan hubungan teori dan prinsip berdasarkan pandangan ahli evolusi tertentu
  81. Disajikan deskripsi fenomena evolusi  organic (pandangan lama/baru), siswa dapatmengintepretasi  mekanisme pembentukan spesies baru














































klik kanan (Mouse) open link new tab ....perbesar OK

Kunci Lainnya 

SOAL 1
SOAL 2

No comments:

Post a Comment