Pages

Thursday, June 30, 2016

MENGEJAR DUNIA

Mendengarkan Ustadz Syafiq Reza Basamalamah pada thema ini lebih baik dari pada statemen yang salah namun seakan akan Jagoan yang didengerkan di TV lokal yang hanya mengejar rating . Silahkan disimak  dengan  mendengarkan sambil santai Terima kasih atas perhatiannya


Agar juamtannya khusuk


WUE JANGAN MENCELA PEMIMPIN

Pagi ini harus di publish kebiasaan yang baik visioner dan jujur ingin membuat baik suatu keluarga bangsa negara atau dunia ..... Silahkan didengarkan boleh juga di share hehehe
  

Wednesday, June 29, 2016

RENUNGAN SUBUH BULAN PUASA

TADAK BASA BASI

Aku menyanjungmu
Bukan karena keindahanmu
Aku menyanjungmu
Bukan karena aku menyukaimu
Aku menyanjungmu
Karena aku kagum karyamu

Engkau berikan keindahan
Engkau berikan seluruh alam
Untuk ku  . .

Dan
Pemberianmu ini tidak basa basi
Silahkan Oksigen dihisap sampai kamu overdosis
Silahkan Carbon Dioksid hasil ekskretmu kau buang dari tubuhmu sampai kau muntah
Silahkan engkau hisap dan buang semaumu tanpa engkau memohon kepadaku 
Silahkan yang ada di alam ini kau gunakan apa saja

Untuk itu aku menyanjung Mu



TATA CARA PUASA


Tuesday, June 28, 2016

WUE SOAL PERTUMBUHAN XII

Untuk mengawali aktivitas Guru guru Biologi Kelas XII ini saya coba buat soal Pre Test Pertumbuhan dan Perkembangan semoga Bemanfaat Sukses selalu OK


 a

Monday, June 27, 2016

KARAKTER PSIKOLOGIS MANUSIA

Pagi ini saya kaget ketika WA nan pada group tiba tiba ada yang menyebut tipenya kaya sanguin ini maka untuk menjelaskan bisa melihat keterangan ini

Ada 4 karakter manusia, yaitu

  1. Sanguin (Si Populer) 
  2. Koleris (Si Kuat) 
  3. Melankolis(Si Sempurna) 
  4. Plegmatis (Si Cinta Damai). 

Sanguin (Si populer) terkenal dengan banyak omongnya, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mengusasai pembicaraan, memiliki hasrat untuk bersenang senang yang tinggi, mereka suka akan ketenaran, perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari orang lain. Negatifnya, orang tipe sanguis umumnya berfikiran pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur.


Korelis (Si Kuat) Tipe biasanya suka mengatur dan memerintah orang. Orang korelis suka akan tantangan, sang suka berpetualang, mereka juga tegas. Tak heran banyak dari usahanya yang sukses karna memang sifatnya yang juga pantang menyerah dan juga pantang mengalah. Mereka suka akan kontoversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan dengan plegmatis yang cinta damai, sifat mereka juga kurang bersimpatin dengan sesama.


Selanjutnya Melankolis ( Si Sempurna ), tipe orang ini merupakan orang yang pemikir, sensitip, romantis. Mereka yang memliki karakter melankolis juga meliliki rasa empati yang tinggi, mereka merupakan orang yang perasa sehingga mereka memahami perasaan orang lain. Namun disisi lain, mereka kaum melankolis melankolis umumnya tertutup, bila mereka memiliki masalah, lebih memilih untuk dipendam, kalaupun dibagi, pastilah dibagi dengan orang yang paling dipercaya entah keluarga ataupun teman. Sampai disini apakah ada salah satu karater diatas yang mencirikan diri kamu?


Selanjutkan kita bahas bagaimana karakter plegmatis itu. Karena kesetiaannya dan menghindari konflik, mereka yang bertipe plegmatis sering disebut sebagai si Cinta Damai. Kaum plegmatis umumnya menghindari konflik, bagi mereka Perdamaian itu nomer satu, perdamaian perdamaian, perdamaian dan perdamaian. Mereka juga baik hati, meliliki pribadi yang tenang, rendah hati dan juga penyabar, terlihat kalem, mempunyai daya humor yang tinggi, menyenangkan untuk diajak gaul. Karakter plegmatis merupakan pendengar yang baik, sehingga banyak orang yang berkeluh kesah dengannya. Karena mereka adalah tipe pendengar, mereka senang mendengarkan cerita atau keluh kesahan orang lain. Dibalik sifatnya yang ramah, si plegmatis juga memiliki kelemahan. orang plegmatis orang simple, tidak mau melibatkan diri dalam konflik bahkan konflik di dirinya sendiri alias pengen mudahnya kalau ada yang mudah untuk apa dipersulit? Kalau disuruh mengambil keputusan sering kali ditunda tunda, sedikit egois dan penakut.


Mana kamu ya silahkan tebak sendiri sebelum ditebak orang karaktermu

Sunday, June 26, 2016

SIA AND KATTY PERRY

Pagi pagi lagi bangun tidur terdengar lagu dari tetangga sebelah kok bagus ya udah saya jadikan patokan waktu di Agenda blog ini ...untuk memberikan titik waktu hehehe



 

Saturday, June 25, 2016

ADAPTIF

JANGAN MANJA

Seorang tukang kebun mencoba mengadakan penelitian sederhana.
Ia menanam 2 tanaman yang sama pada lahan yang sama.
Tanaman PERTAMA disirami secara rutin tiap pagi sore, sedangkan tanaman KEDUA disirami 2 hari sekali.
Ketika tanaman itu bertumbuh cukup besar, tiba waktunya untuk menguji kekuatan akar tsb.
Perbedaannya cukup mencolok;
Dibutuhkan waktu kurang dari 2 menit utk mencabut akar dari tanaman pertama.
Sedangkan tanaman kedua, dibutuhkan waktu lebih lama yaitu 4 menit utk bisa mencabutnya!
Mengapa hal itu bisa terjadi?
Tanaman PERTAMA cukup dimanjakan dgn air yg ia dpt dgn mudah, sehingga akarnya tdk berusaha mencari ke tanah yg lbh dalam.
Sedangkan tanaman KEDUA krn mendapat suplai air yg lbh sedikit, maka mau tdk mau akarnya mencari ke sumber air, sehingga di dapatinya akarnya jauh lebih kuat krn msk lebih dlm ke tanah.
Cara TUHAN mendidik kita tak jauh beda dgn ilustrasi tsb.
Bayangkan saja jika TUHAN Memanjakan kita dgn mengabulkan semua doa yg kita minta atau tdk pernah mengijinkan penderitaan dan masalah hidup.
Tentu ini akan membuat kita jadi orang yg manja dan cengeng..
Akibatnya akar iman kita tdk kuat dan ketika permasalahan terjadi, dgn mudahnya kehidupan kita tumbang...
TUHAN sangat mengasihi kita, itu sebabnya DIA selalu mendewasakan & melatih akar iman kita.
Mengijinkan penderitaan., masalah.., tekanan hidup.. atau keadaan yg tdk menyenangkan, dgn harapan bahwa akar iman kita terus mencari Sumber yg sejati.
Jangan manja, meski Tuhan sangat baik kpd kita.
Namun kebaikan-Nya bkn utk memberikan semua yg kita inginkan, melainkan utk mengatur yg terbaik bagi kita.
"TANPA MASALAH, KITA HANYA AKAN MENJADI ORANG YANG MANJA DAN MEMILIKI AKAR IMAN YANG RAPUH!!"

Amin

Friday, June 24, 2016

BUKA BERSAMA ANGKATAN KE 3 1989

Isinya emang laki laki semua siswa Gonzaga ketika itu .....menyenangkan


Tuesday, June 21, 2016

CIRI SEKOLAH KOLESE

Salah satunya adalah SMA Kolese Gonzaga the best school in Jakarta

KARAKTERISTIK pertama pendidikan Jesuit adalah hasrat dan kehendak yang besar untuk berkualitas. Keunggulan akademis sangatlah penting.
Unggul di bidang ilmu
Ini tidak berarti bahwa institusi pendidikan Jesuit tidak memiliki kelemahan dalam program-program pendidikannya.Namun, lebih berarti bahwa setiap institusi pendidikan Jesuit selalu memiliki arah untuk mengusahakan pendidikan yang baik dan disegani oleh pelaku di dunia pendidikan. Keunggulan akademis berarti juga adalah pelayanan yang berorientasi pada kualitas, karena dengan demikian institusi pendidikan Jesuit menerapkan standar yang tinggi baik untuk siswa dan para guru.
Karakter kedua dari pendidikan Jesuit adalah dikembangkannya ilmu-ilmu humaniora dan ilmu pengetahuan (sains) di dalam setiap bidang dan spesialisasi.
Insititusi pendidikan Jesuit ingin agar setiap peserta didiknya bisa berpikir, berbicara dan menulis; memahami sejarah, sastra dan juga seni budaya; membantu agar cakrawala berpikir mereka diperkaya dengan pemahaman yang diinspirasikan dari filsafat dan teologi; dan di satu sisi memahami matematika dan ilmu pengetahuan. Institusi pendidikan Jesuit mau agar para peserta didik dapat dipersiapkan dan siap untuk hidup mandiri dan bekerja. Pendidikan yang demikian semakin penting dewasa ini di tengah-tengah tuntutan yang tinggi dalam penguasaan teknologi. Institusi Pendidikan Jesuit membutuhkan sarjana teknik yang bisa mengapresiasi karya sastra dan ahli komputer yang memahami sejarah dan akar-akar peradaban dunia dan manusia.
Karakter ketiga dalam pendidikan Jesuit adalah dorongan terus menerus untuk mencari jawab atas problem-problem etika dan sistem nilai hidup baik dalam level personal maupun dalam konteks dunia kerja para lulusannya.
Nilai-nilai keluarga, integritas pribadi, dan etika bisnis selalu menjadi pokok yang penting bagi institusi pendidikan Jesuit. Institusi Jesuit haruslah mengajak peserta didiknya untuk memahami dan mencari jawab atas problem-problem ekonomi, rasisme, perdamaian dan peperangan, kemiskinan dan penindasan serta problem-problem ketidakadilan.
Karakter keempat dari pendidikan Jesuit adalah pentingnya untuk mengembangkan pengalaman iman dan hidup rohani terlebih bagi peserta didik katolik. Namun demikian di era ekumenisme zaman ini, pengembangan iman dan hidup rohani tentunya terbuka untuk siapa saja. Pengalaman iman dan hidup rohani sangatlah penting dalam pengembangan pribadi yang integral. Oleh sebab itu perlu diintegrasikan dalam proses pendidikan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang baik dalam pengetahuan dan iman.
Pembentukan karakter
Karakteristik kelima dari pendidikan Jesuit adalah perhatian kepada pribadi.
Bagaimanapun besar dan kompleksnya permasalahan dalam sebuah institusi pendidikan Jesuit, perhatian dan pendampingan pribadi peserta didik adalah hal yang sangat penting. Peserta didik perlu mendapat perhatian dan sapaan yang manusiawi dalam konteks pengembangan dirinya secara integral baik di dalam maupun di luar kelas, secara akademis maupun non-akademis. Pendampingan dan perhatian macam ini, yang dilakukan oleh pendidik, karyawan, maupun pimpinan sekolah merupakan sesuatu yang diyakini lebih dari sekedar tugas, bahkan lebih dari sebuah profesi. Perhatian dan pendampingan terhadap pribadi peserta didik adalah sebuah panggilan.
Panggilan sebagai pendidik dalam institusi pendidikan Jesuit mendapatkan identitasnya secara nyata pada sejauh mana para pendidik memiliki semangat pantang menyerah, passion atau hasrat untuk menyapa, memperhatikan tumbuhnya pribadi peserta didik secara integral dalam berbagai aspek kegiatan dan juga tantangan-tantangan dinamika anak didik jaman ini, bukan sekedar datang, mengajar, menilai, dapat duit dan pulang.
Menjadi pendidik di Kolese Jesuit tidaklah sama seperti menjadi guru les atau karyawan kantor/perusahaan. Panggilan menjadi pendidik tentunya didasari akan adanya kecintaan terhadap peserta didik, kecintaan terhadap kaum muda yang didampingi dengan harapan dan optimisme besar supaya mereka bisa tumbuh mengembangkan potensi dirinya menjadi pribadi yang bertanggungjawab, berkomitmen, kompeten, berhati nurani dan berkepedulian sosial. Tanpa adanya kesadaran akan panggilan ini, karakteristik pendidikan Jesuit di sebuah kolese akan kehilangan gregetnya.
(Tulisan ini disadur bebas dari “Five Traits of Jesuit Education” oleh Robert A. Mitchell, SJ, Boston College Magazine, 1988, dalam Jesuit Education Reader, 2008 oleh Augustinus Widyaputranto)

Silahkan Klik ini untuk mengetahui benar benar tentang sekolah kolese suatu refrensi informasi yang dibuat oleh 
Romo Leonardus Evert Winandoko SJ, M.Ed
Direktur SMA Kolese Gonzaga

GONZAGA COLLEGE yang tidak biasa

Monday, June 20, 2016

SEL - SIMPLE DESCRIPTION

Untuk Penjelasan sel secara detail pagi inisaya Uploud sebuah buku bagus dan sederhana membahas tentang sel OK



Untuk membahas secara lebgkap
Silahkan Klik ini sehingga semakin Jelas Penjelasannya OK  Semoga Bermanfaat
Juga silahkan KLIK SEL ini

LATIHAN KLIK INI 

Sunday, June 19, 2016

PENGAYAAN BIOLOGI BEKAL OSN

Untuk memahami biologi secara detail bisa berbagai cara dilakukan salah satunya Baca Buku biologi OK



Klik Materi Biologi Ini untuk persiapan Ujian atau sekedar Pengetahuan saja  

MATERI BIOLOGI KELAS X

Ini pengetahuan Biologi yang penekanannya pada siswa kelas X SMA yang akan belajar biologi  OK

Bab 1 BIOLOGI DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN


Bab 2 VIRUS DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN
B. Ciri- Ciri Virus
C. Struktur tubuh Virus
D. Cara Hidup Virus
E. Perkembangbiakan Virus (Replikasi Virus)
F. Klasifikasi Virus
G. Peran Virus dalam Kehidupan
H. Quiz

Bab 3 KINGDOM MONERA DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN
A. Ciri Kingdom Monera
B. Reproduksi Monera
C. Klasifikasi Monera : Eubacteria – Cyanobacteria dan Archaebacteria
D. Peranan Monera dalam kehidupan
E. Quiz

Bab 4 KINGDOM PROTISTA DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN
A. Ciri umum Protista
B. Protista Menyerupai Hewan (Protozoa)
C. Protista Menyerupai Tumbuhan (Algae)
D. Protista Menyerupai Jamur
E. Peranan Protista
F. Quiz

Bab 5 KINGDOM FUNGI (JAMUR)
A. Ciri-Ciri Jamur
B. Reproduksi Jamur
C. Klasifikasi Jamur
D. Simbiosis Jamur
E. Peranan Jamur bagi Kehidupan Manusia
F. Quiz

Bab 6 KEANEKARAGAMAN HAYATI
A. Tingkat Keanekaragaman Hayati
B. Keanekaragaman Hayati di Indonesia
C. Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Biodiversitas
D. Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati di Indonesia
E. Konsep Klasifikasi Mahkluk hidup
F. Quiz

Bab 7 KINGDOM PLANTAE
A. Ciri Umum Plantae
B. Bryophyta
C. Pterydophyta
D. Spermatophyta
E. Peran Dunia Tumbuhan dalam kehidupan
F. Quiz

Bab 8 KINGDOM ANIMALIA
A. Ciri Umum Animalia
B. Dasar Klasifikasi
C. Klasifikasi Hewan Invertebrata dan vertebrata
D. Invertebrata : Porifera – Coelenterata – Platyhelminthes – Nemathelminthes –
Anellida – Mollusca – Arthropoda – Echinodermata
E. Vertebrata : Pisces – Amphibia – Reptilia – Aves – Mamalia
F. Peranan Dunia hewan bagi kehidupan
G. Quiz

Bab 9 EKOSISTEM
A. Satuan-Satuan dalam Ekosistem
B. Komponen Penyusun Ekosistem
C. Aliran energi
D. Siklus Biogeokimia
E. Keseimbangan Ekosistem
F. Saling Ketergantungan (Interdependensi)
G. Quiz

Bab 10 PENGARUH AKTIVITAS MANUSIA TERHADAP PERUBAHAN DAN PENCEMARAN
LINGKUNGAN
A. Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Lingkungan
B. Perubahan Lingkungan dan Faktor-Faktor Penyebabnya
C. Pencemaran Lingkungan
D. Quiz

LENGKAP BUKU 01 BIOLOGI KELAS X
LENGKAP BUKU 02 BIOLOGI KELAS X



BIOLOGI DALAM PERANANNYA BAGI KEHIDUPAN 


Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
  • Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu Biologi.
  • Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain

Menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.

  • Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
  • Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.
  • Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan
  • Memberikan contoh objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
  • Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
  • Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
  • Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
  • Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.
  • Memberikan contoh masalah biologi dan cabang ilmu biologi yang ikut andil membantu menyelesaikan

VIRUS


Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
  • Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya.
  • Menjelaskan cara replikasi virus.
  • Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan.
  • Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan
  • Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll.
KINGDOM MONERA

Menjelaskan archebacteria dan eubacteria

  • Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.
  • Menyebutkan peranan bakteri dalam kehidupan
 
Karakteristik bakteri
Bakteri Domain mencakup prokariota yang dijumpai setiap hari. Sebagian besar spesies bakteri heterotrofik; yaitu, mereka memperoleh makanan dari bahan organik. Jumlah bakteri terbesar adalah saprobik, artinya mereka memakan bahan organik yang mati atau membusuk. Beberapa spesies bakteri bersifat parasit; Bakteri ini hidup dalam organisme inang dan menyebabkan penyakit.
Bakteri tertentu bersifat autotrofik, artinya mereka mensintesis makanan mereka sendiri. Bakteri tersebut terlibat dalam proses fotosintesis. Mereka menggunakan pigmen yang dilarutkan dalam sitoplasma mereka untuk reaksi fotosintesis (lihat Bab 5). Dua kelompok bakteri fotosintetik adalah bakteri sulfur hijau dan bakteri ungu. Pigmen pada bakteri ini menyerupai pigmen tanaman. Beberapa bakteri autotrofik bersifat kemosintetik. Bakteri ini menggunakan reaksi kimia sebagai sumber energi, dan mensintesis makanan mereka sendiri menggunakan energi ini.
Bakteri dapat hidup pada berbagai suhu. Bakteri yang hidup pada suhu sangat dingin adalah psikrofilik, mereka yang hidup pada suhu tubuh manusia bersifat mesofilik, dan mereka yang hidup pada suhu sangat tinggi bersifat termofilik. Bakteri yang membutuhkan oksigen untuk metabolisme mereka disebut sebagai aerob, sedangkan spesies yang berkembang di lingkungan yang bebas oksigen dikatakan sebagai anaerob. Beberapa bakteri dapat hidup dengan atau tanpa oksigen; mereka digambarkan sebagai fakultatif.Sebagian besar spesies bakteri hidup dalam lingkungan pH netral (pH 7), tetapi beberapa bakteri dapat hidup di lingkungan asam (seperti dalam yogurt dan krim asam), dan yang lain dapat hidup di lingkungan yang bersifat basa. Bakteri tertentu diketahui hidup pada pH 2 yang ditemukan di perut manusia.
Aktivitas bakteri
Bakteri memainkan banyak peran bermanfaat dalam lingkungan. Sebagai contoh, beberapa spesies bakteri hidup di akar tanaman yang mengandung polong ( polong-polongan ) dan “memperbaiki” nitrogen dari udara menjadi senyawa organik yang kemudian tersedia untuk tanaman. Tumbuhan menggunakan senyawa nitrogen untuk membuat asam amino dan protein, menyediakannya untuk hewan yang mengkonsumsinya. Bakteri lain bertanggung jawab atas pembusukan yang terjadi di tempat pembuangan sampah dan puing-puing lainnya di lingkungan. Bakteri ini mendaur ulang unsur-unsur penting dalam bahan organik.
Dalam industri makanan, bakteri digunakan untuk menyiapkan produk seperti keju, produk susu fermentasi, asinan kubis, dan acar. Di industri lain, bakteri digunakan untuk memproduksi antibiotik, bahan kimia, pewarna, banyak vitamin dan enzim, dan sejumlah insektisida. Saat ini, mereka digunakan dalam rekayasa genetika untuk mensintesis produk farmasi tertentu yang tidak dapat diproduksi sebaliknya

KINGDOM PROTISTA

Mendeskripsikn ciri-ciri protista berdasarkan pengamatan.
  • Menunjukkan ciri-ciri umum Phillum dalam Kingdom Protista
  • Mengenali protista berdasarkan cirri morfologinya
  • Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan.

KINGDOM FUNGI


Menjelaskan ciri-ciri umum Phillum dalam Kingdom Fungi.
  • Membandingkan reproduksi pada jamur
  • Membuat laporan tertulis hasil pengamatan jenis jenis jamur di lingkungan sekitarnya (dengan foto/gambarnya).
  • Menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan.
  • Membandingkan jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi.


KEANEKA RAGAMAN HAYATI

Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari makhluk hidup melalui kegiatan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya

  • Membandingkan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem.
  • Mengenali berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar
  • Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan
  • Menganalisis kemungkinan yang dapat terjadi jika terjadi perubahan jumlah dan jenis keanekaragaman hayati terhadap keseimbangan lingkungan
Memberikan contoh keanekaragaman hayati Indonesia.
  • Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
  • Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

KINGDOM PLANTAE


Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae.

  • Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji berdasarkan ciricirinya. 
  • Menyajikan data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan
  • Menjelaskan cara-cara perekembangbiakan tumbuhan lumut, paku dan biji.
  • Menemukan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan

KINGDOM ANIMALIA



Mengenal ciri-ciri umum animalia.

  • Mengidentifikasi karakteristik berbagai filum anggota kingdom animalia.
  • Menyajikan data (gamar, foto, deskripsi) berbagai ivertebrata yang hidup di lingkungan sekitarnya berdasarkan pengamatan
  • Mengidentifikasi anggota insecta menggunakan kunci determinasi sederhana
RKOLOGI

Menguraikan komponen ekosistem tertentu

  • Mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya dalam siklus biogeokimia
  • Menganalisis jika terjadi ketidakseimbangan hubungan antar komponen (karena faktor alami dan akibat perbuatan manusia)
  • Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem terumbu karang dan laut dalam
  • Menganalisis kemungkinan terjadinya ketidakseimbangan jika salah satu komponen musnah (misalnya semakin sedikit ular pemakan tikus di area persawahan akibat penangkapan
PENCEMARAN LINGKUNGAN

Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan.
  • Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah/ber-etika lingkungan.
  • Memberikan contoh bahan-bahan polutan .
  • Mengenal cara-cara pelestarian lingkungan
Membuat laporan jenis jenis limbah
  • Mengkatagorikan limbah organik dan anorganik dan sumbernya
  • Menjelaskan jenis limbah bahan beracun berbahaya (limbah B3)
  • Menjelaskan parameter kualitas limbah
  • mengidentifikasi jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang
  • Menjelaskan cara memperlakukan limbah pada kegiatan praktikum
Memilih bahan dan desain produk yang akan dibuatnya
  • Mempersiapkan alat dan bahan sesuai keperluan yang direncanakan melalui kerja mandiri
  • Membuat produk sesuai rancangan desain dengan bahan utama limbah
  • Mendesain produk baru yang berguna daengan bahan utama limbah.
  • Tersedianya alat dan bahan yang diperlukan membuat produk.
  • Dihasilkan produk baru yang berguna dengan bahan ujtama limbah.

QUIZ


BERLIBUR KE BALI AGAR FRESH

Mengurangi beban kerja untuk mengarungi hidup berbagai aktivitas bisa dilakukan salah satunya adalah meng update Blog Biologi ini agar tetap bermakna bagi yang lain ....atau berlibur ke Bali melihat Cultur Budayanya atau emang sekedar santai ke Bali ....OK  














Saturday, June 18, 2016

KUMPULAN UJIAN NASIONAL

Ujian Nasional SMA Gonzaga


Untuk Sekedar latihan UN SMA 2017 silahkan Klik UJIAN NASIONAL ini 

Monday, June 13, 2016

GENETIKA - PENGAYAAN KELAS XII


Karena harus memerlukan Literasi Buku lain maka silahkan Klik ini 

PERSIAPAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMB KELAS XII



Pertumbuhan dan Perkembnagn lebih Detail Silahkan di KLIK
Latihan Soal Pertumbuhan dan Perkembangan OK
FAKTOR INTERNAL

ADAPTIF

Jangan Manja


Seorang tukang kebun mencoba mengadakan penelitian sederhana.
Ia menanam 2 tanaman yang sama pada lahan yang sama.
Tanaman PERTAMA disirami secara rutin tiap pagi sore, sedangkan tanaman KEDUA disirami 2 hari sekali.
Ketika tanaman itu bertumbuh cukup besar, tiba waktunya untuk menguji kekuatan akar tsb.
Perbedaannya cukup mencolok;
Dibutuhkan waktu kurang dari 2 menit utk mencabut akar dari tanaman pertama.
Sedangkan tanaman kedua, dibutuhkan waktu lebih lama yaitu 4 menit utk bisa mencabutnya!
Mengapa hal itu bisa terjadi?
Tanaman PERTAMA cukup dimanjakan dgn air yg ia dpt dgn mudah, sehingga akarnya tdk berusaha mencari ke tanah yg lbh dalam.
Sedangkan tanaman KEDUA krn mendapat suplai air yg lbh sedikit, maka mau tdk mau akarnya mencari ke sumber air, sehingga di dapatinya akarnya jauh lebih kuat krn msk lebih dlm ke tanah.
Cara TUHAN mendidik kita tak jauh beda dgn ilustrasi tsb.
Bayangkan saja jika TUHAN Memanjakan kita dgn mengabulkan semua doa yg kita minta atau tdk pernah mengijinkan penderitaan dan masalah hidup.
Tentu ini akan membuat kita jadi orang yg manja dan cengeng..
Akibatnya akar iman kita tdk kuat dan ketika permasalahan terjadi, dgn mudahnya kehidupan kita tumbang...
TUHAN sangat mengasihi kita, itu sebabnya DIA selalu mendewasakan & melatih akar iman kita.
Mengijinkan penderitaan., masalah.., tekanan hidup.. atau keadaan yg tdk menyenangkan, dgn harapan bahwa akar iman kita terus mencari Sumber yg sejati.
Jangan manja, meski Tuhan sangat baik kpd kita.
Namun kebaikan-Nya bkn utk memberikan semua yg kita inginkan, melainkan utk mengatur yg terbaik bagi kita.
"TANPA MASALAH, KITA HANYA AKAN MENJADI ORANG YANG MANJA DAN MEMILIKI AKAR IMAN YANG RAPUH!!"


Amin

ARTI SURAT AL FAATIHAH DALAM ALQURAN

Setiap hari dibaca minimal 17 kali namun hingga kini kok belum mengerti artinya maka ....agar ingat saya tempelkan saja di Diary saya Blog Biologi Gonzaga sehingga kalau mencari mudah ....AMDG