Pages

Monday, February 12, 2018

PANDUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII

  1. Mengamati carta/video tentang pertumbuhan pada makhluk hidup, mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  2. Menyusun rancangan, melakukan percobaan, mendiskusikan hasil percobaan serta menyusun laporan tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  3. Mempresentasikan/menuliskan dalam log-book/buku kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  4. Melakukan percobaan uji enzim katalase , fermentasi alkohol dan percobaan fotosintesis untuk menemukan sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme
  5. Mendiskusikan tentang sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan anabolisme meliputi bahan, proses, hasil dan tempat berlangsungnya
  6. Menyimpulkan hasil diskusi, pengamatan percobaan dan memperesentasikan tentang sifat-sifat, cara kerja enzim
  7. Mengamati diagram/ gambar/film struktur DNA, RNA, dan kromosom serta semua aktivitasnya (replikasi, transkripsi dan translasi)
  8. Membahas tentang bagaimana keterkaitan antara sistesa protein dan pembentukan sifat makhluk hidup
  9. Mengamati berbagai sifat morfologis pada Mahluk hidup, misalnya, berbagai bentuk dan warna bunga, bulu pada tubuh hewan, warna dan bentuk rambut pada manusia
  10. Mensimulasikan hubungan antara sintesis protein dengan pembentukan sifat pada mahluk hidup dengan melakukan analisis suatu DNA makhluk serta menggambarkan sifat yang dibentuk menjadi suatu ujud makhluk hidup
  11. Mengkaji literatur tentang mitosis dan meiosis meliputi tujuan, proses/tahapan, hasil, tempat berlangsung
  12. Mengaitka hubungan antara pembelahan mitosis dan meiosis/ gametogenesis dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya berdasarkan pengamatan gambar/diagram/film
  13. Menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antara: Mitosis dan meiosis.Ssrta perbedaan Oogenesis dan spermatogenesis.
  14. Pembentukan sifat pada anak gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya.
  15. Mengomunikasikan hasil diskusi dan kesimpulannya
  16. Melakukan studi literatur tentang pewarisan sifat menurut Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel serta istilah-istilah : Allel, genotip, fenotip dan gamet
  17. Mengamati keanekaragam gen, dan jenis pada lingkungan sekitar (keluarga, teman sekolah, tetangga, dll) dan mendiskusikan bagaimana hal tersebut dapat terjadi
  18. Menerapkan pemahaman tentang pola pewarisan sifat menurut Mendel dengan membuat skema persilangan monohibrid, dihibrid
  19. Membuat kesimpulan tentang persilangan menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
  20. Membuat laporan tertulis hasil percobaan persilangan dengan kancing /baling-baling genetika menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
  21. Menyimpulkan pola pewarisan sifat non Mendelian didasarkan pada hasil pengamatan adanya kenyataan sifat-sifat pada anak yang tidak sama atau menyimpang dari kedua orang tuanya
  22. Menerapkan konsep gen letal, pautan, pautan sex, pindah silang dan gagal berpisah dalam menyelesaikan persoalan dengan latihan soal
  23. Mengaitkan adanya perbedaan variasi dalam satu keturunan dengan pola pewarisan sifat Mendelian
  24. Menyimpulkan bahwa ada pewarisan sifat non Mendelian
  25. Mempresentasikan hasil diskusi dan latihan soal
  26. Membaca peta silsilah Ratu Victoria dan mengaitkan dengan pola-pola penurunan sifat heredite
  27. Membuat analisis bagaimana penurunan sifat hemofilia dari peta silsilah Victoria
  28. Menyimpulkan tentang penurunan sifat-sifat pada mahkluk hidup (Golongan darah, cacad dan penyakit, jenis kelamin)
  29. Menerapkan konsep penurunan sifat penyakit menurun dan golongan darah dan jenis kelamin dalam menyelesaikan persoalan
  30. Membahas mekanisme pewarisan penyakit menurun dan golongan darah 
  31. Menyusun peta silsilah keluarga
  32. Mempresentasikan hasil hasil diskusi tentang pewarisan sifat pada manusia
  33. Membahas tentang mutasi berdasarkan pengamatan tayangan/ gambar mutan pada tumbuhan, hewan, dan manusia
  34. Membahas mekanisme dan penyebab mutasi (proses, faktor penyebab, hasil dan dampak mutasi) yang menyebabkan timbulnya variasi dan kelainan pada makhluk hidup
  35. Menganalisis dampak positif dan negatif mutasi dan mempresentasikan hasilnya
  36. Mengamati berbagai fenomena variasi morfologi , misalnya variasi bentuk paruh burung finch, cakar berbagai burung, warna sayap ngengat Biston betularia, sayap kumbang kelapa dari Manado
  37. Mendiskusikan teori-teori asal usul Mahkluk hidup dihubungkan dengan pohon Filogeni Mahkluk hidup
  38. Mengaitkan hubungan antara variasi dengan proses mutasi dan kompetisi serta adaptasi
  39. Mengaitkan terjadinya variasi makhluk hidup sebagai dasar terjadinya proses evolusi
  40. Menyimpulkan hasil diskusi dan kajiannya tentang teori evolusi dan mempresentasikannya
  41. Mengamati berbagai produk-produk bioteknologi melalui tayangan video/gambar
  42. Membahas tentang bioteknologi (bahan, proses, produk, dampak)
  43. Membuat rencana dan melaksanakan pembuatan produk bioteknologi konvensional dan menyusun laporan
  44. Simulasi DNA Rekombinan dengan menggunakan puzzle
  45. Membuat kesimpulan hasil diskusi tentang dampak bioteknologi dan mempresentasikannya

No comments:

Post a Comment