Pages

Thursday, February 7, 2019

KISI USBN BIOLOGI 2019 SMA


KISI USBN BIOLOGI 2019 SMA 

  1. Peserta didik dapat memahami tentang: - ciri- ciri kelompok makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan
  2. Peserta didik dapat memahami tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) di Indonesia
  3. Peserta didik dapat memahami tentang: - struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi
  4. Peserta didik dapat memahami tentang: - struktur dan fungsi jaringan pada hewan
  5. Peserta didik dapat memahami tentang vertebrata, dan manusia.
  6. Peserta didik dapat memahami tentang sistem organ dan fungsinya gangguan/penyakit pada sistem organ pencernaan manusia
  7. Peserta didik dapat memahami tentang sistem organ dan fungsinya gangguan/penyakit pada sistem organ pernafasan manusia
  8. Peserta didik dapat memahami tentang sistem organ dan fungsinya gangguan/penyakit pada sistem organ reprodukdi manusia
  9. Peserta didik dapat memahami tentang sistem organ dan fungsinya gangguan/penyakit pada sistem organ koordinasi manusia
  10. Peserta didik dapat memahami tentang sistem organ dan fungsinya gangguan/penyakit pada sistem organ immune manusia
  11. Peserta didik dapat memahami tentang sistem organ dan fungsinya gangguan/penyakit pada sistem organ Transportasi manusia
  12. Peserta didik dapat memahami tentang: - struktur, fungsi, dan susunan kimia sel
  13. Peserta didik dapat memahami tentang: susunan dan fungsi RNA, DNA, dan kromosom
  14. Peserta didik dapat memahami tentang: metabolisme sel
  15. Peserta didik dapat memahami tentang: prinsip bioteknologi
  16. Peserta didik dapat memahami tentang: - hukum-hukum Mendel
  17. Peserta didik dapat memahami tentang: mutasi gen dan kromosom
  18. Peserta didik dapat memahami tentang: teori evolusi biologi
  19. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah, dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup daur hidup makhluk hidup (invertebrata dan tumbuhan tingkat rendah)
  20. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: aliran energi dan daur materi pada ekosistem
  21. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: dampak perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya
  22. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: mekanisme kerja sistem organ tubuh manusia pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ ekskresi
  23. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - transpor membran
  24. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: sifat enzim dan kinerjanya
  25. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang katabolisme dan anabolisme (karbohidrat, protein, lemak)
  26. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: reproduksi sel
  27. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang sintesis protein
  28. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang dampak bioteknologi
  29. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - persilangan menurut hukum Mendel 
  30. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang penyimpangan semu hukum Mendel
  31. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang petunjuk/bukti-bukti evolusi
  32. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang dampak interaksi makhluk hidup dalam ekosistem terhadap keseimbangan lingkungan
  33. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan
  34. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - data hasil uji laboratorium klinis percobaan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  35. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - percobaan transpor membran
  36. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: percobaan kinerja enzim 
  37. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: mekanisme katabolisme dan anabolisme
  38. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: mekanisme bioteknologi 
  39. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta silsilah
  40. Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: mekanisme evolusi

No comments:

Post a Comment