Wednesday, June 7, 2017

TRY OUT BIOLOGI UNBK 2018


SOAL

1. Perhatikan gambar di samping. Berdasarkan gambar tersebut, virus mengalami siklus hidup . . . 


dan tahapan 4, 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah
A. litik; adsorpsi, penetrasi, dan eklifase
B. lisogenik; adsorpsi, penetrasi, dan eklifase
C. litik; penetrasi, adsorpsi, dan eklifase
D. lisogenik; penetrasi, adsorpsi, dan eklifase
E. litik; penetrasi, injeksi, dan replikasi


2. Bakteri mampu mempertahankan diri pada lingkungan yang ekstrem dengan cara
A. bergerak ke habitatnya
B. mengubah bentuk tubuh
C. membentuk endospora
D. membentuk kapsul
E. membelah diri


3. Perhatikan ciri-ciri Protista mirip tumbuhan berikut.
(l) Uniseluler
(2) Multiseluler
(3) Habitat di laut
(4) Bahan baku agar
(5) Bahan baku asam alginat
(6) Bahan baku isolator
Ciri-ciri yang dimiliki oleh Phaeophyta ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (3), dan (4)
B. (l), (3), dan (5)
C. (1), (3), dan (6)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (3), dan (5)


4. Perhatikan gambar berikut.


Berdasarkan gambar tersebut, jamur yang dimanfaatkan untuk membuat antibiotik dan mampu membuat tempe secara berurutan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)

5. Perhatikan gambar di samping.

Ketiga tumbuhan tersebut digolongkan ke dalam kelompok . . . karena persamaan ciri yaitu . . . .
A. Gymnospermae; pertulangan daun berbentuk pita
B. Gymnospermae; biji tidak dilindungi oleh daging buah
C. Gymnospermae; biji dilindungi oleh daging buah
D. Angiospermae; adanya empulur sebagai jaringan pengisi
E. Angiospermae; biji tidak dilindungi oleh daging buah

6. Perhatikan daur hidup Fasciola hepatica di bawah ini

Berdasarkan gambar tersebut, proses yang terjadi pada X dan Y secara berurutan adalah . . . .
A. redia keluar dari inang; mirasidium mengalami reproduksi aseksual
B. sporosista mengalami reproduksi aseksual; serkaria keluar dari tubuh siput
C. redia keluar dari tubuh siput; sporosista mengalami reproduksi aseksual
D. serkaria mengalami reproduksi aseksual; sporosista keluar dari tubuh siput
E. mirasidium mengalami larvanisasi ; metacercaria keluar dari tubuh siput

7, Perhatikan gambar dibaah ini 



Hewan di atas digolongkan ke dalam kelas yang sama,yaitu...karena
A. Amphibia; kulit berlendir dan poikiloterm
B. Amphibia; kulit berlendir dan homoioterm
C. Amphibia; kulit bersisik dan poikiloterm
D. Reptilia; kulit berlendir dan poikiloterm
E. Reptilia; kulit bersisik dan homoioterm


8. Peranan zooplankton dalam aliran energi ekosistem laut adalah . . . .
A. menghasilkan energi dari cahaya matahari
B. mengambil energi dari tingkat troflk I dan mengalirkannya ke tingkat trofik 2
C. memperoleh ehergi dari tingkat troflk 1 dan mengalirkannya ke tingkat trofik
D. sebagai perantara aliran energi tingkat troflk 2 dan tingkat troflk 4
E. seba.'ri puncak aliran energi dan mengembalikan energi ke tingkat trofik I


9. Perhatikan daur fosfor di bawah ini

Berdasarkan siklus fosfor tersebut, hal yang ditunjukkan oleh X dan Y adalah . .
A. air dan erosi
B. pengurai dan erosi
C. dekomposisi dan dekomposer
D. pembusukan dan karbon dioksida
E. fosfat organik dan oksigen


10. Perhatikan penggalan artikel berikut. 


Penggunaan plastik berlebihan mengakibatkan peningkatan jumlah sampah anorganik plastik yang tinggi. Plastik sangat nonbiodegradable dan membtuhkan waktu hampir 100 hingga 500 untuk bisa terurai. Sampah plastik ini bisa sebagai polutan air tanah maupun udara. Plastik yang dilingkungan sering berupa kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut Etilena . Karena bahannya dari unrenewable resource maka SDA tersebut akan habis  


Kesimpulan dari penggalan artikel tersebut berkaitan dengan kelestarian lingkungan adalah . . . 
A. Penggunaan plastik harus ditingkatkan karena plastik memiliki sifat yang sulit terurai sehingga akan lebih tahan lama pemakaiannya.
B. Penggunaan plastik harus digantikan dengan polimer etilen lainnya karena plastik dibuat dari SDA tak terbarukan.
C. Penggunaan plastik harus dikurangi mulai dari sekarang karena plastik adalah polutan yang sulit terurai.
D. Tidak ada kaitan antara penggunaan plastik dengan kualitas lingkungan hidup sehingga plastik dapat digunakan sesuai kemauan masing-masing individu.
E. Plastik harus segera digantikan dengan biomaterial nondegradable lain karena plastik adalah polutan yang sangat berbahaya.


11. Berdasarkan gambar di bawah ini



Bagian yang berfungsi sebagai pengangkut unsur hara dan glukosa secara berurutan ditunjukkan oleh nomor . . . .

A. 1dan2.

B. 1dan3

C. 2 dan3
D.3dan5
E. 4dan5

12. Perhatikan ciri-ciri jaringan hewan berikut. Sumber: cr.r.org
(1) Berbentuk silinder panjang (4) Memiliki banyak inti di tepi
(2) Berbentuk gelendong (5) Bekerja di luar kesadaran
(3) Memiliki satu inti yang terletak di tengah (6) Tidak mudah lelah
Ciri-ciri yang dimiliki oleh otot yang men).Lrsun organ pencemaan ditunjukkan oleh nomor . . .
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (l), (4), (5), dan (6)
C. (2), (3), (4), dan (5)
D. (2), (3), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)

13. Perhatikan tabel pertumbuhan tanaman sejenis di tempat berbeda berikut.
Pemyataan yang tepat berdasarkan data tabel tersebut adalah . . .
A. Cahaya menghambat kerja sitokinin sehingga terjadi dominansi apikal
B. Cahaya menghambat kerja auksin sehingga terjadi dominansi lateral
C. Cahaya merupakan faktor yang kurang signifikan dalam proses pertumbuhan tanaman
D. Cahaya menyebabkan auksin terdenaturasi sehingga pertumbuhan primer terhambat
E. Cahaya menyebabkan giberelin terdenaturasi sehingga tanaman menjadi kerdil

14. Perhatikan gambar di bawah ini

Berdasarkan gambar, kerja otot tersebut  menunjukkangerak....
A. fleksi-ekstensi, humerus dan radius ulna bekerja secara sinergis I
B. fleksi-ekstensi, otot bisep dan trisep bekerja secara sinergis :
C. fleksi-ekstensi, otot bisep dan trisep bekerja secara antagonis
D. abduksi-adduksi, otot bisep dan trisep bekerja secara sinergis
E. abduksi-adduksi, otot bisep dan trisep bekerja secara antagonis

15. Apabila darah dalam tubuh kekurangan kalsium dan vitamin K, tahap pembekuan darah yang terganggu adalah pembentukan . . . .
A. fibrin
B. trombin
C. fibrinogen
D. protrombin
E. trombokinase

16. Di dalam darah pasien, ditemukan butir-butir darah merah yang berbentuk seperti bulan sabit. Berdasarkan ciri tersebut, pasien tersebut menderita . . . .
A. leukemia
B. hemofilia
C. talasemia
D. sickle cell
E,. eritroblastosis fetalis


17. Perhatikan gambar di samping. 

Hubungan yang tepat antara enztm dan fungsi dari organ tersebut adalah . . . .
A. Enzim enterokinase yang berfungsi mencerna peptida menjadi protein
B. Enzim renin yang berfungsi mengubah kasein menjadi kaseinogen
C. Enzim lipase yang berfungsi mencerra trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol
D. Enzim tripsin yang berfungsi mengaktifkan kaseinogen menjadi kasein
E' Enzim pepsin yang berfungsi mencema protein menjadi proteosa dan pepton

18. Emfisema merupakan salah satu gangguan pada paru-paru yang dalam jangka panjang akan menyebabkan
A. penyempitan bronkus
B. gangguan pada proses ekspirasi dan inspirasi
C. gangguan pada proses pengikatan oksigen oleh darah
D. peningkatan tekanan darah
E. tidak terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida di alveolus

19. Apabila urine yang dikeluarkan oleh seseorang mengandung sel darah merah, orang tersebut diduga mengalami gangguan pada bagian . . . dan mengalami penyakit . . . .
A. medula ginjal; albuminuria
B. korteks ginjal; hematuria
C. vesika urinaria: nefiitis
D. lengkung Henle; glikosuria
E. badan malpighi; hematuria

20. Perhatikan gambar telinga manusia di bawah ini . 

Berdasarkan gambar tersebut, bagian yang ditunjukkan oleh X adalah. . . dan berfungsi . . . .
A. vestibula; sebagai alat keseimbangan
B. vestibula; meningkatkan tekanan udara
C. sanggurdi; menerima gelombang suara
D. Eustachius; menghantarkan gelombang suara
E. Eustachius; menjaga keseimbangan tekanan udara luar dan telinga

21. Perhatikan gambar siklus menstruasi di samping. 

Berdasarkan gambar tersebut, proses ovulasi ditunjukkan oleh nomor . . .
A. l, estrogen dan progesteron menghambat FSH sehingga hipofisis menghasil kan LH
B. 2, estrogen menghambat FSH sehingga hipofisis menghasilkan progesteron
C. 3, estrogen menghambat FSH sehingga hipofisis menghasilkan LH
D. 4, progesteron menghambat FSH sehingga hipofisis menghasilkan LH
E. 5, progesteron menghambat FSH sehingga hipoflsis menghasilkan LH

22. Perhatlkan gambar sel di bawah ini. 

Hubungan yang tepat antara nomor, organel,dan fungsinya adalah.... .
A. 1- Retikulum endoplasma - Respirasi selular
B. 1 - Nukleus - Pusat pengatur kegiatan sel
C. 2 - Sitoplasma- Menghasilkan enzim
D. 2 - Mitokondria - Sumber energi
E. 3 - Badan Golgi - Sintesis protein


23. Perhatikan gambar sel tumbuhan ini

Seorang siswa melakukan percobaan transportasi zat dengan sel tumbuhan dan memperoleh hasil sesuai dengan gambar tersebut mengalami jenis transportasi zat. . . dan berada pada  larutan....
A. osmosis, hipertonis
B. osmosis; isotonis
C. osmosis; hipotonis
D. ditusi; hipotonis
E. difusi; hipertonis

24. Perhatlkan grafik hasil percobaan menggunakan enzim katalase di bawah 


Kesimpulan yang tepat berdasarkan grafik aktivitas enzim katalase tersebut adalah . . .
A. Pada suhu 30oC, enzim katalase bekerja optimum.
B. Enzim katalase mengalami denaturasi pada suhu 40oC.
C. pH memengaruhi kerja enzim katalase.
D. Enzim katalase tetap aktif pada berbagai suhu.
E. Enzim katalase bekerja optimum pada suhu 40oC.

25. Perhatikan skema rangkaian respirasi aerob di bawah ini


Berdasarkan skema tersebut, asam piruvat dan asam oksaloasetat secara berurutan difunjukkan oleh nomor . . . .
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  1 dan 4
D:  2 dan 3
E.  3 dan 4

26. Mikroorganisme dan proses yang benar dalam proses pembuatan sake di Jepang adalah....
A. Saccharomyces cerevisicte dan fermentasi anaerob untuk mengubah glukosa menjadi etanol
B, Saccharomyces cerevisiae dan fermentasi aerob untuk mengubah glukosa menjadi aldehida
C. Saccharomyces cerevisiae dan fermentasi aerob untuk mengubah glukosa menjadi asam piruvat
D. Streptococcz.ts sp. dan fermentasi aerob untuk mengubah glukosa menjadi asam laktat
E. Streptocoiczs sp. dan fermentasi anaerob untuk mengubah glukosa menjadi etanol

27. Perhatlkan gambar di bawah ini


Nama dan tujuan dari percobaan tersebut adalah....
A. Percobaan Sachs; fotosintesis membutuhkan air
B. Percobaan Ingenhousz; fotosintesis menghasilkan amilum
C. Percobaan Ingenhousz; fotosintesis menghasilkan oksigen
D. Percobaan Engelmenn; fotosintesis dengan bantuan bakteri
E. Engelmenn; fotosintesis mengeluarkan karbon dioksida

28. Perhatikan bagan di samping.


Berdasarkan bagan tersebut, jumlah rangkaian  nukleotida yang menyusun molekul DNA adalah dan apablla nomor 1 adalah guanin, pasangannya adalah . 
A. 1; sitosin
B. 2; adenin
C..2; sitosin
D, 6, sitosin
E. 6: aclenin

29. Perhatikan tabel kodon dan gambar rantai DNA dibawah ini .
Apabila rantai DNA tersebut melakukan transkripsi, protein yang terbentuk memiliki rangkaian asam amlno......
A. K-L-M N
B. K-M-N L
C. L-K-M-O
D. M-K-L-O
E. M-K-N-L

30. Perhatikan gambar dibawah ini

Berdasarkan gambar, jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel tersebut adalah . . ......dan reduksi terjadi pada nomor....

A. 2 pasang dan nomor I
B. 2 buah dan nomor 4
C. 4 buah dan nomor 3
D. 4 pasang dan nomor 2
E. 4 buah dan nomor 4


31. Perhatikan macam-macam proses bioteknologi berikut.
(1) Kloning
(2) Pembuatan nata decoco
(3) Biogas
(4) Pembuatan kecap
(5) Pembuatan yogbur
t(6) Pembuatan keju
(7) Pembuatan Protein Sel Tunggal
Berdasarkan data tersebut, contoh aplikasi bioteknologi konvensional dengan memanfaatkan mikroorganisme dituniukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (4), (5), dan (6)
B. .(2)  (4). (5). dan (6)
C. (2)  (5). (6). dan (7)
D. (3), (4), (6), dan (7)
E. (4), (5), (6), dan (7)

32. Bioteknologi merupakan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan rekayasa untuk penanganan dan pengolahan bahan. Prinsip dasar bioteknologi konvensional adalah . . . .
A. rekayasa genetika dan bantuan mikroorganisme
B. fermentasi dan bantuan mikroorganisme
C. manipulasi DNA dan bantuan mikroorganisme
D. fermentasi dan rekayasa genetika
E. manipulasi DNA dan fermentasi

33. Tanaman berbunga merah disilangkan dengan tanaman berbunga putih menghasilkan keturunan pertama yang semuanya berbunga merah muda. Jika F, mengadakan penyerbukan sendiri, perbandingan fenotipe merah muda : merah : putih pada Fr-nya adalah . . . .
A. 1:1:2
B. l:2:1
C. l:2:2
D.2:1: 1
E. 2: 1:2

34. Ayam berjengger rose (Rrpp) disilangkan dengan ayam berjengger peo (nPp) akan menghasilkan keturunan dengan rasio fenotipe walnut : rose :  pea :  single, yaitu . . . .
A. 1:1:1:1
B. 1:1:3:3
C.3:3:1:1
D.3:3:9:1
E,.9:3:3: 1

35. Seorang laki-laki albino rhesus positif menikah dengan wanita normal heterozigot rhesus positif. Kemungkinan persentase keturunan pasangan tersebut yang albino dan memiliki rhesus negatif adalah . . . .
A. 0 %
B. 6,25 %
C. 12,% %
D. 18,75 %
E. 25%

36. Perhatikan kromosom berikut.

Jenis mutasi tersebut adalah . . . .
A. transisi
B. transversi
C. translokasi
D. inversi parasentris
E. inversi perisentris

37. Teori evolusi kimia menjelaskan bahwa . . . .
A.   di atmosfer purba, terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa organik
B.    di atmosfer purba. terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa anorganik
C.    di daratan, terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa organik
D.   di lautan, telah terjadi reaksi-reaksi kimia dari energi sinar ultraviolet sehingga dihasilkan senyawa organik
E.    adanya "sop purba" yang memunculkan kehidupan baru di lautan

38. Pernyataan yang tepat tentang evolusi menurut Charles Darwin adalah . . .
A. Sifat individu diwariskan secara terus-menerus.
B. Jumlah populasi akan meningkat secara terus-menerus.
C. Bertambahnya populasi tidak berlangsung secara terus-menerus.
D. Proses evolusi akan terhenti pada masa tertentu.
E. Sifat pada populasi akan berubah sesuai dengan masanya.

39. Evolusi merupakan perubahan makhluk hidup ke bentuk yang lebih kompleks. Ada dua hal penting penyebab munculnya evolusi, yaitu . . . .
A. variasi dan mutasi
B. variasi dan seleksi alam
C. variasi dan rekombinasi
D. perkawinan dan rekombinasi
E. mutasi dan rekombinasi

40. Suatu populasi diketahui terdiri atas 4Yo penduduk albino. Apabila populasi tersebut terdiri atas
5.000 orang, jumlah penduduk yang bersifat normal heterozigot adalah . . orang.
A. 400
B. 800
C. 1.600
D. 3.200
E. 4.800

SELAMAT MENGERJAKAN    OK

TRY AGAIN

INI BUKUNON LINE UNTUK BELAJAR BIO SECARA DETAIL 

  1. INTRODUCTION: THE NATURE OF SCIENCE AND BIOLOGY (REVISED 3/12/07)
  2. CHEMISTRY I: ATOMS AND MOLECULES (REVISED 3/12/07 )
  3. CHEMISTRY II: WATER AND ORGANIC MOLECULES (REVISED 3/12/07)
  4. CELLS I: ORIGINS (REVISED 3/12/07)
  5. CELLS II: CELLULAR ORGANIZATION (REVISED 3/12/07)
  6. TRANSPORT IN AND OUT OF CELLS (REVISED 3/12/07)
  7. CELL DIVISION: BINARY FISSION AND MITOSIS (REVISED 6/21/01)
  8. CELL DIVISION: MEIOSIS AND SEXUAL REPRODUCTION (REVISED 3/12/07)
  9. LAWS OF THERMODYNAMICS (REVISED 6/20/01)
  10. REACTIONS AND ENZYMES (REVISED 6/20/01)
  11. ATP AND BIOLOGICAL ENERGY (REVISED 3/12/07)
  12. CELLULAR METABOLISM AND FERMENTATION (REVISED 3/12/07)
  13. PHOTOSYNTHESIS (REVISED 6/24/01)
  14. INTRODUCTION TO GENETICS (REVISED 6/21/01)
  15. GENE INTERACTIONS (REVISED 6/21/01)
  16. DNA AND MOLECULAR GENETICS (REVISED 3/12/07)
  17. HUMAN GENETICS (REVISED 6/21/01)
  18. PROTEIN SYNTHESIS (REVISED 3/12/07)
  19. CONTROL OF GENE EXPRESSION (3/12/07)
  20. PLANTS AND THEIR STRUCTURE (REVISED 3/12/07)
  21. PLANTS AND THEIR STRUCTURE II (REVISED 3/12/07)
  22. FLOWERING PLANT REPRODUCTION: Flower Structure (REVISED 6/22/01)
  23. FLOWERING PLANT REPRODUCTION: Fertilization and Fruits (REVISED 6/22/01)
  24. PLANT HORMONES AND NUTRITION (REVISED 6/22/01)
  25. ANIMAL CELLS AND TISSUES (REVISED 3/12/07)
  26. ANIMAL ORGAN SYSTEMS AND HOMEOSTASIS (REVISED 3/12/07)
  27. THE INTEGUMENTARY SYSTEM (REVISED 6/21/01)
  28. THE CIRCULATORY SYSTEM (REVISED 3/12/07)
  29. LYMPHATIC SYSTEM AND IMMUNITY (REVISED 6/21/01)
  30. THE DIGESTIVE SYSTEM (REVISED 3/12/07)
  31. THE NERVOUS SYSTEM (REVISED 6/22/01)
  32. THE ENDOCRINE SYSTEM (REVISED 6/20/01)
  33. THE REPRODUCTIVE SYSTEM (REVISED 3/12/07)
  34. THE MUSCULAR AND SKELETAL SYSTEMS (REVISED 6/21/01)
  35. THE RESPIRATORY SYSTEM (REVISED 6/24/01)
  36. THE EXCRETORY SYSTEM (REVISED 6/21/01)
  37. DEVELOPMENT OF EVOLUTIONARY THEORY (REVISED 6/20/01)
  38. THE MODERN VIEW OF EVOLUTION (REVISED 8/8/01)
  39. PALEOBIOLOGY: FOSSILS AND TIME (NEW 9/27/01)
  40. PALEOBIOLOGY: THE PRECAMBRIAN: LIFE'S GENESIS AND SPREAD (NEW 9/27/01)
  41. PALEOBIOLOGY: THE EARLY PALEOZOIC (NEW 9/27/01)
  42. PALEOBIOLOGY: THE LATE PALEOZOIC (NEW 9/27 /01)
  43. PALEOBIOLOGY: THE MESOZOIC, AGE OF CYCADS AND DINOSAURS (NEW 9/27/01)
  44. BIOLOGICAL DIVERSITY: CLASSIFICATION (REVISED 6/20/01)
  45. BIOLOGICAL DIVERSITY: VIRUSES (REVISED 3/12/07)
  46. BIOLOGICAL DIVERSITY: BACTERIA AND ARCHAEANS (REVISED 3/12/07)
  47. BIOLOGICAL DIVERSITY: PROTISTS: STEM EUKARYOTES (REVISED 6/18/01)
  48. BIOLOGICAL DIVERSITY: FUNGI (REVISED 6/18/01)
  49. BIOLOGICAL DIVERSITY: NONVASCULAR PLANTS AND NONSEED VASCULAR PLANTS (REVISED 6/18/01)
  50. BIOLOGICAL DIVERSITY: SEED PLANTS (REVISED 6/18/01)
  51. BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS I (REVISED 6/18/01)
  52. BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS II (REVISED 6/18/01)
  53. BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS III (REVISED 6/18/01)
  54. HUMAN EVOLUTION (REVISED 6/21/01)
  55. POPULATION ECOLOGY (REVISED 6/22/01)
  56. COMMUNITY AND ECOSYSTEM DYNAMICS (REVISED 3/12/07)
  57. THE BIOSPHERE AND MASS EXTINCTIONS (REVISED 3/12/07)
  58. GLOSSARY (REVISED 8/8/01)
  59. DIVERSITY IN BIOLOGY (REVISED 12/5/01)

Tuesday, June 6, 2017

SMELLS LIKE TEEN SPIRIT

Bernagai ragam namun indah dan harmony


Sunday, June 4, 2017

PERSIAPAN UNBK BIOLOGI 2018

Latihan lagi ya ini saya postingkan soal latihan agar tahu mana yang dikehendaki soal soal yang penting OK semoga bermanfaat

SOAL

1 .Yang membedakan respirasi eksternal dengan respirasi internal, yaitu pada respirasi eksternal ...
A.Dipercepat oleh enzim karbonat anhidrase
B.Di dalam darah kapiler hanya mengandung sedikit CO2
C.Oksigen dari udara bebas berdifusi ke dalam darah pada jaringan kapiler paru-paru
D.Mengangkut banyak karbondioksida dalam bentuk HCO
E.Oksigen dari sel-sel darah keluar berdifusi dengan sel-sel jarignan tubuh

2 .Lapisan cangkok Pelecypoda yang dapat menghasilkan mutiara ialah lapisan ....
A.Periostrakur
B.Umbo
C.Perismatik
D.Mantel
E.Nakreas

3 .Pembabatan hutan bakau untuk dijadikan tambak ikan akan berdampak pada ...
A.hasil tangkapan ikan nelayan menurun
B.harga kayu bakau menurun
C.populasi ikan meningkat
D.penduduk sekitar pantai banyak terserang penyakit malaria
E.penghasilan nelayan meningkat

4 .Para ahli medis mengembangkan virus untuk keperluan penelitian dan percobaan tentang ....
A.Pembuatan serum
B.Pembuatan obat
C.Pembuatan vaksin
D.Rekayasa genetik serta pembuatan vaksin
E.Rekayasa genetik

5 .Di rumah sakit A terdapat kasus dua anak perempuan yang tertukar, yaitu anak perempuan berkulit putih (X) dan anak perempuan berkulit sawo matang (Y). Dua keluarga
mengakui X sebagai anak kandungnya karena kedua orang tua dari keluarga tersebut merasa memiliki kulit putih. Untuk mencari solusi dari kasus tersebut, kita dapat merujuk
pada ahli di bidang .....
A.fisiologi
B.histologi
C.biokimia
D.genetika
E.embriologi

6 .Kelainan darah yang timbul karena hemoglobin kurang mengandung zat besi adalah ....
A.Leukimia
B.Sklerosis
C.Hipertensi
D.Hipotensi
E.Anemia

7 .Faktor luar yang menghambat laju pertumbuhan hipokotil dan mempercepat laju pertumbuhan epikotil dalam perkecambahan biji adalah ...
A.Unsur hara
B.Temperatur
C.Kelembaban
D.Cahaya
E.Kadar air

8 .Adanya jerapah yang berleher panjang dan berleher pendek sebagai bukti nyata adanya keanekaragaman pada makhluk sejenis. Hal ini terjadi akibat adanya faktor ....
A.Nonhayati
B.Interaksi lingkungan
C.Hayati
D.Jenis
E.Genetik

9 .Pada gelembung terkecil dari suatu organ paruparu terjadi perpindahan oksigen ke dalam darah. Kejadian ini dimungkinkan dengan adanya ....
A.Oksigen di paru-paru lebih sedikit dibandingkan oksigen dalam darah
B.Proses difusi oksigen ke dalam darah
C.Proses osmosis oksigen ke dalam sel
D.Proses gutasi oksigen ke dalam darah
E.Tidak terjadi proses osmosis

10 .Jaringan epitel yang tersusun atas lapisan mempunyai fungsi yang berkaitan dengan ....
A.Ekskresi dan sirkulasi
B.Proteksi dan absorpsi
C.Transportasi dan sekresi
D.Absorpsi dan transportasi
E.Ekskresi dan proteksi

11 .M merupakan gen untuk warna merah, m untuk warna putih, sedangkan P merupakan gen penghambat timbulnya warna, dan p gen pendorong munculnya warna.
Pembastaran antara individu MmPp akan memiliki reaio keturunan ...
A.9 putih : 7 merah
B.13 putih : 3 merah
C.13 merah : 3 putih
D.9 putih : 3 merah muda : 3 merah
E.15 putih : 1 merah

12 Pada peristiwa oogenesis, setiap oogonium akan membentuk : ...
A.4 ovum fungsional yang haploid
B.1 ovum fungsional yang diploid
C.1 ovum fungsional yang haploid
D.2 ovum fungsional yang haploid
E.3 ovum fungsional yang haploid

13 .Usaha pencegahan paling tepat yang harus dilakukan untuk menghindari kerugian terhadap lingkungan akibat pendirian pabrik atau proyek yang baru adalah ...
A.mewajibkan pabrik mengolah limbah hingga menjadi bentuk yang tidak membahayakan lingkungan
B.mendorong penggunaan teknologi modern untuk mengolah limbah yang berbahaya menjadi aman
C.membuat undang-undang dan peraturan-peraturan yang mencegah pencemaran lingkungan
D.melakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sebelum memulai pembangunan
E.melakukan analisis efek bahaya limbah yang dibuang ke lingkungan

14 .Suara-suara yang sangat kuat bisa menimbulkan gangguan fisiologis antara lain ....
A.Gangguan hormon dan stres
B.Gangguan jantung dan hormon
C.Gangguan pencernaan makanan dan stres
D.Gangguan telinga dan stres
E.Gangguan jantung dan stres

15 .Para ahli medis mengembangkan virus untuk keperluan penelitian dan percobaan tentang ....
A.Rekayasa genetik serta pembuatan vaksin
B.Pembuatan vaksin
C.Pembuatan obat
D.Pembuatan serum
E.Rekayasa genetik

16 .Pada prinsipnya glikolisis adalah pengubahan senyawa ....
A.Glukosa menjadi asam piruvat
B.Karbohidrat menjadi ATP
C.Glukosa menjadi fruktosa - 6 - fosfat
D.Glukosa menjadi fruktosa - 6 - fosfat
E.Glukosa menjadi asam sitrat

17 .Bagian dari telinga yang dapat menerima rangsang getaran suara adalah ....
A.Organ Meisner
B.Sel batang
C.Organ Pacini
D.Sel kerucut
E.Organ Corti

18 .Pada saat bermain di pantai sering ditemukan ubur-ubur. Hewan ini sebenarnya adalah Aurelia pada fase ...
A.Larva
B.Polip
C.Medusa
D.Planula
E.Gamet

19 .Diabetes insipidus adalah gangguan fungsi ginjal yang disebabkan oleh ...
A.Kelebihan kadar gula dalam darah
B.Kelebihan kadar garam di dalam darah
C.Kerusakan alat filtrasi pada ginjal
D.Kekurangan hormon antidiuretik
E.Adanya infeksi kuman pada glomerulus

20. Ciri yang benar tentang perkembangan Melinjo (Gnetum genemon), yaitu ...
A.Alat perkembangbiakan bunga, pembuahan tunggal menghaislkan zigot
B.Alat perkembangbiakan strobilus, pembuahan tunggal menghasilkan sigot
C.Alat perkembangbiakan strobilus, pembuahan ganda menghasilkan zigot
D.Alat perkembangbiakan bunga, pembuahan ganda menghasilkan zigot dan endosperm

E.Alat perkembangbiakan strobilus, pembuahan ganda menghasilkan ziot dan endosperm

NOTE



1.    Dalam sistem pengelompokan tumbuhan ada beberapa macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus, adalah ...
a.     Aren, kelapa, pinang
b.     Lengkuas, jahe, kunir
c.      Kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau
d.     Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk peras
e.      Bawang merah, bawang daun, bawang putih

PEMBAHASAN
Pada keluarga palmae pada saat masih muda mempunyai bentuk fisik yang mirip, tetapi pada fase tertentu perkembangan mulai menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan sehingga fase dewasa sudah jelas perbedaan bentuknya. Aren, kelapa, dan pinang berada dalam satu genus.
KUNCI: A

2.    Untuk memperbaiki tingkat kehidupan secara fisik, banyak teknologi yang digunakan oleh manusia di dalam prosesnya, salah satunya menggunakan teknologi hibridoma. Pada teknologi hibridoma terjadi peleburan 2 (dua) jenis sel, yaitu antara ...
a.       Sel gamet dan sel ovum
b.      Sel penghasil antibodi dan sel kanker
c.       Sel gamet dan sel somatis
d.      Sel penghasil antibodi dengan sel somatis
e.       Sel gamet dan sel kanker

PEMBAHASAN
Sel yang berfungsi dalam sekresi hormon atau antibodi dihasilkan dalam jumlah kecil (sedikit), akan tetapi bila sel tersebut dilebur dengan sel kanker yang tidak dapat dikendalikan secara normal, maka produksi hormon atau antibodi akan meningkat.
KUNCI: B

3.    Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka dapat diperkirakan akan berakibat ...
a.       Populasi harimau naik, populasi rumput naik
b.      Populasi harimau turun, populasi rumput turun
c.       Populasi harimau naik, populasi rumput turun
d.      Populasi harimau turun, populasi rumput naik
e.       Semua populasi di padang rumput jumlahnya tetap, kecuali jumlah kelinci bertambah

PEMBAHASAN
Dengan bertambahnya populasi kelinci maka jumlah rumput akan turun dan jumlah harimau semakin banyak karena harimau memakan kelinci.
KUNCI: C

4.    Respirasi merupakan  proses  pembebasan energi  yang  tersimpan dalam  zat-zat makanan. Pada proses katabolisme  karbohid"rat  terjadi  tiga tahapan  reaksi, yaitu glikolisis,  siklus Krebs dan transpor elektron. Melalui siklus Krebs  akan dihasilkan  ....
a.       8 NADH, 2 FADH2, dan 2 ATP
b.      2 NADH dan 2 ATP
c.       4 NADH, 1 FADH2 dan 1 ATP
d.      2 NADH dan 34 ATP
e.       8 NADH dan 2 FADH2

PEMBAHASAN
Siklus krebs merupakan tahapan respirasi aerob. Tahap ini dihasilkan sejumlah energi dalam bentuk :
-       6 NADH
-       2 FADH
-       2 ATP
Sebelum masuk pada tahap reaksi siklus krebs, terdapat sklus antara yang disebut DO asam piruvat. Tahap ini menghasilkan 2 NADH
KUNCI: C

5.    Karakteristik  yang membedakan DNA dan RNA adalah ....
a.         dapat menyebabkan mutasi
b.         mengandung gula, basa,  dan  fosfat
c.         mampu mereplikasi dan bertranslasi
d.        dapat menerjemahkan  kode genetic
e.         memiliki  basa pirimidin  dan purin

PEMBAHASAN
-       mutasi dapat terjadi pada DNA maupun RNA
-       baik DNA maupun RNA tersusun oleh basa nitrogen, gula pentosa dan pospat
-       hanya hanya mampu melakukan replikasi dan translasi adalah DNA
KUNCI: C
 
TRY AGAIN




Sunday, May 28, 2017

RENUNGAN PUASA 2017

Rajin Beribadah tanpa berbuat baik Percuma
"Jika saya katakan bahwa saya seorang muslim dan rajin shalat ke Mesjid, menjalankan Puasa. Sudah pergi haji...... tetapi kemudian tak mau bicara dengan orangtua, tak mau membantu orang miskin, tak menengok tetangga  maupun temen yang sakit atau kesusahan, bahkan sering membuat fitnah atau bahkan melakukan korupsi. apa yang dilakukan itu tak sinergis dengan yang saya lakukan dalam shalat dan puasanya.....jadi percuma,"


MY VIDEO YOU TUBE

CAMPBELL SIMPLE BIOLOGY + PPT

Dalam bukunya terdapat  55 Chapter atau Bab yang terbagi kedalam tiga jilid, adapun cakupan materi dalam Biologi Campbell yaitu mulai dari pembahsan atomik hingga bioma, buku ini juga yang paling populer di kalangan mahasiswa biologi di seluruh dunia dan biasanya digunakan bagi siswa untuk preparasi olimpiade biologi. Berikut Materinya.

Chapter 1 Exploring Life
[Download]
Chapter 2 The Chemical Context of Life
[Download]
Chapter 3 Water and the Fitness of the Environment
[Download]
Chapter 4 Carbon and the Molecular Diversity of Life
[Download]
Chapter 5 The Structue and Function of Macromolecules
[Download]
Chapter 6 A Tour of the Cell*
[Download]
Chapter 7 Membrane Structure and Function
[Download]
Chapter 8 Metabolism
[Download]
Chapter 9 Cellular Respiration : Harvetsing Chemical Energy
[Download]
Chapter 10 Photosynthesis
[Download]
Chapter 11 Cell Communication
[Download]
Chapter 12 The Cell Cycle
[Download]
Chapter 13 Meiosis and Sexual Life Cycles
[Download]
Chapter 14 Mendel and The Gene Idea
[Download]
Chapter 15 The Chromosomal Basis of Inheritance
[Download]
Chapter 16 The Molecular Basis of Inhertiance
[Download]
Chapter 17 From Gene to Protein
[Download]
Chapter 18 The Genetic of Viruses and Bacteria
[Download]
Chapter 19 Eukaryotic Genomes : Organizations, Regulation, and Evolution
[Download]
Chapter 20 DNA Technology and Genomics
[Download]
Chapter 21 The Genetic Basis of Development
[Download]
Chapter 22 Descent with Modification A Darwinian View of Life
[Download]
Chapter 23 The Evolution of Populations
[Download]
Chapter 24 The Origin of Species
[Download]
Chapter 25 Phylogeny and Systematics
[Download]
Chapter 26 The Tree of Life An Introductions to Biological Diversity
[Download]
Chapter 27 Prokaryotes
[Download]
Chapter 28 Protists
[Download]
Chapter 29 Plant Diversity I
[Download]
Chapter 30 Plant Diversity II
[Download]
Chapter 31 Fungi
[Download]
Chapter 32 An Introduction to Animal Diversity
[Download]
Chapter 33 Invertebrates
[Download]
Chapter 34 Vertebrates
[Download]
Chapter 35 Plant Structure, Growth, and Development
[Download]
Chapter 36 Transport in Vascular Plants
[Download]
Chapter 37 Plant Nutrition
[Download]
Chapter 38 Angiosperm Reproduction and Biotechnology
[Download]
Chapter 39 Plant Responses to Internal and External Signals
[Download]
Chapter 40 Basic Principles of Animal Form and Function
[Download]
Chapter 41 Animal Nutrition
[Download]
Chapter 42 Circulation and Gas Exchange
[Download]
Chapter 43 The Immune System
[Download]
Chapter 44 Osmoregulation and Excretion
[Download]
Chapter 45 Hormones and the Endocrine System
[Download]
Chapter 46 Animal Reproduction
[Download]
Chapter 47 Animal Development
[Download]
Chapter 48 Nervous Systems
[Download]
Chapter 49 Sensory and Motor Mechanisms
[Download]
Chapter 50 An Introduction to Ecology and the Biosphere
[Download]
Chapter 51 Behavioral Ecology
[Download]
Chapter 52 Population Ecology
[Download]
Chapter 53 Community Ecology
[Download]
Chapter 54 Ecosystems
[Download]
Chapter 55 Conservation Biology and Restoration Ecology
[Download]

Download juga : e-Book Biology Campbell Tentth Edition

Saturday, May 27, 2017

BIOLOGY LINK OPEN SOURCE

Ini sengaja saya tempatkan di Blog karena sering pengajar biology susah memberikan penjelasan sehingga sulit diterima apalagi bisanya marah marah hehe OK semoga bermanfaat dan semakin pintar

On-Line Biology Book: Table of Contents

  1. INTRODUCTION: THE NATURE OF SCIENCE AND BIOLOGY (REVISED 3/12/07) 
  2. CHEMISTRY I: ATOMS AND MOLECULES (REVISED 3/12/07 ) 
  3. CHEMISTRY II: WATER AND ORGANIC MOLECULES (REVISED 3/12/07) 
  4. CELLS I: ORIGINS (REVISED 3/12/07) 
  5. CELLS II: CELLULAR ORGANIZATION (REVISED 3/12/07) 
  6. TRANSPORT IN AND OUT OF CELLS (REVISED 3/12/07) 
  7. CELL DIVISION: BINARY FISSION AND MITOSIS (REVISED 6/21/01) 
  8. CELL DIVISION: MEIOSIS AND SEXUAL REPRODUCTION (REVISED 3/12/07) 
  9. LAWS OF THERMODYNAMICS (REVISED 6/20/01) 
  10. REACTIONS AND ENZYMES (REVISED 6/20/01) 
  11. ATP AND BIOLOGICAL ENERGY (REVISED 3/12/07) 
  12. CELLULAR METABOLISM AND FERMENTATION (REVISED 3/12/07) 
  13. PHOTOSYNTHESIS (REVISED 6/24/01) 
  14. INTRODUCTION TO GENETICS (REVISED 6/21/01) 
  15. GENE INTERACTIONS (REVISED 6/21/01) 
  16. DNA AND MOLECULAR GENETICS (REVISED 3/12/07) 
  17. HUMAN GENETICS (REVISED 6/21/01) 
  18. PROTEIN SYNTHESIS (REVISED 3/12/07) 
  19. CONTROL OF GENE EXPRESSION (3/12/07) 
  20. PLANTS AND THEIR STRUCTURE (REVISED 3/12/07) 
  21. PLANTS AND THEIR STRUCTURE II (REVISED 3/12/07) 
  22. FLOWERING PLANT REPRODUCTION: Flower Structure (REVISED 6/22/01) 
  23. FLOWERING PLANT REPRODUCTION: Fertilization and Fruits (REVISED 6/22/01) 
  24. PLANT HORMONES AND NUTRITION (REVISED 6/22/01) 
  25. ANIMAL CELLS AND TISSUES (REVISED 3/12/07) 
  26. ANIMAL ORGAN SYSTEMS AND HOMEOSTASIS (REVISED 3/12/07) 
  27. THE INTEGUMENTARY SYSTEM (REVISED 6/21/01) 
  28. THE CIRCULATORY SYSTEM (REVISED 3/12/07) 
  29. LYMPHATIC SYSTEM AND IMMUNITY (REVISED 6/21/01) 
  30. THE DIGESTIVE SYSTEM (REVISED 3/12/07) 
  31. THE NERVOUS SYSTEM (REVISED 6/22/01) 
  32. THE ENDOCRINE SYSTEM (REVISED 6/20/01) 
  33. THE REPRODUCTIVE SYSTEM (REVISED 3/12/07) 
  34. THE MUSCULAR AND SKELETAL SYSTEMS (REVISED 6/21/01) 
  35. THE RESPIRATORY SYSTEM (REVISED 6/24/01) 
  36. THE EXCRETORY SYSTEM (REVISED 6/21/01) 
  37. DEVELOPMENT OF EVOLUTIONARY THEORY (REVISED 6/20/01) 
  38. THE MODERN VIEW OF EVOLUTION (REVISED 8/8/01) 
  39. PALEOBIOLOGY: FOSSILS AND TIME (NEW 9/27/01) 
  40. PALEOBIOLOGY: THE PRECAMBRIAN: LIFE'S GENESIS AND SPREAD (NEW 9/27/01) 
  41. PALEOBIOLOGY: THE EARLY PALEOZOIC (NEW 9/27/01) 
  42. PALEOBIOLOGY: THE LATE PALEOZOIC (NEW 9/27 /01) 
  43. PALEOBIOLOGY: THE MESOZOIC, AGE OF CYCADS AND DINOSAURS (NEW 9/27/01) 
  44. BIOLOGICAL DIVERSITY: CLASSIFICATION (REVISED 6/20/01) 
  45. BIOLOGICAL DIVERSITY: VIRUSES (REVISED 3/12/07) 
  46. BIOLOGICAL DIVERSITY: BACTERIA AND ARCHAEANS (REVISED 3/12/07) 
  47. BIOLOGICAL DIVERSITY: PROTISTS: STEM EUKARYOTES (REVISED 6/18/01) 
  48. BIOLOGICAL DIVERSITY: FUNGI (REVISED 6/18/01) 
  49. BIOLOGICAL DIVERSITY: NONVASCULAR PLANTS AND NONSEED VASCULAR PLANTS (REVISED 6/18/01) 
  50. BIOLOGICAL DIVERSITY: SEED PLANTS (REVISED 6/18/01) 
  51. BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS I (REVISED 6/18/01) 
  52. BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS II (REVISED 6/18/01) 
  53. BIOLOGICAL DIVERSITY: ANIMALS III (REVISED 6/18/01) 
  54. HUMAN EVOLUTION (REVISED 6/21/01) 
  55. POPULATION ECOLOGY (REVISED 6/22/01) 
  56. COMMUNITY AND ECOSYSTEM DYNAMICS (REVISED 3/12/07) 
  57. THE BIOSPHERE AND MASS EXTINCTIONS (REVISED 3/12/07) 
  58. GLOSSARY (REVISED 8/8/01) 
  59. DIVERSITY IN BIOLOGY (REVISED 12/5/01)

TUHAN PASTI TIDAK BERUBBAH

Setelah ikut mendengarkan kotbah di Masjid Syuhada komplek Beji Permai . Jum at sehari sebelum puasa Rhamadan 2017 rasanya kurang pas panitya memperkenankan seseorang berkotbah namun kurang baik dan kurang etis dalam khotbahnya. Berteriak teriak nadanya tinggi memperlakukan semua yang hadir nggak pintar dan pasti berfikir nggak bisa diajak bicara rasanya hanya mengelus dada menahan hati untuk tetap khusuk karena Tuhan akan mengujinya. sampai rumah rasanya gelisah juga mengingat ingat yang dikatakan ,,,,karena gundah hanya bisa menuliskan di Blog ini blog tumpahan hati ketIka marah, Blog curahan kepenatan ketika lunglai, bingung ....biasaya agar tetap cerdas apa saja ya ditulis ...ini unek unek unek yang agar lega saja

Dulu agama menghancurkan berhala...
Kini agama jadi berhala...
Tak kenal Tuhannya...
Yang penting agamanya...
Dulu orang berhenti membunuh karena agama...
Sekarang orang saling membunuh karena agama...
Dulu orang saling mengasihi karena beragama...
Kini orang saling membenci karena beragama....
Agama tak pernah berubah ajarannya dari dulu...
Tuhan nya pun tak pernah berubah dari dulu...
Lalu yg berubah apanya?
Manusia nya?

Dulu orang belajar agama sebagai modal, untuk mempelajari ilmu lainnya...
Sekarang orang malas belajar ilmu lainnya, maunya belajar agama saja...
Dulu pemimpin agama dipilih berdasarkan kepintarannya, yg paling cerdas di antara orang2 lainnya ....
Sekarang orang yg paling dungu yg tidak bisa bersaing dengan orang2 lainnya, dikirim untuk belajar jadi pemimpin agama...
Dulu para siswa diajarkan untuk harus belajar giat dan berdoa untuk bisa menempuh ujian...
Sekarang siswa malas belajar, tapi sesaat sebelum ujian berdoa paling kencang, krn diajarkan pemimpin agamanya untuk berdoa supaya lulus...

Dulu agama mempererat hubungan manusia dengan Tuhan...
Sekarang manusia jauh dari Tuhan karena terlalu sibuk dengan urusan2 agama...

Dulu agama ditempuh untuk mencari wajah Tuhan
Sekarang agama ditempuh untuk cari muka di hadapan Tuhan.
Esensi beragama telah dilupakan...
Agama kini hanya komoditi yg menguntungkan pelaku bisnis berbasis agama karena semua yg berbau agama telah didewa-dewakan, tak kan pernah dianggap salah, tak pernah ditolak, dan jadi keperluan pokok melebihi sandang, pangan, papan.
Agama jadi hobi, tren, dan bahkan pelarian karena tak tau lagi mesti mengerjakan apa.
Agama kini diperTuhankan , sedang Tuhan itu sendiri dikesampingkan.

Agama dulu memuja Tuhan...
Agama kini menghujat Tuhan...

Nama Tuhan dijual, diperdagangkan, dijaminkan, dijadikan murahan, oleh orang2 yg merusak, membunuh, sambil meneriakkan nama Tuhan...
Tuhan mana yang mengajarkan tuk membunuh?
Tuhan mana yg mengajarkan tuk membenci?

Tapi manusia membunuh, membenci, mengintimidasi, merusak, sambil dengan bangga meneriakkan nama Tuhan, berpikir bahwa Tuhan sedang disenangkan ketika ia menumpahkan darah manusia lainnya.
Agama dijadikan senjata tuk menghabisi manusia lainnya.
Dan tanpa disadari manusia sedang merusak reputasi Tuhan, dan sedang mengubur Tuhan dalam2 dibalik gundukan aturan agama


Bismllah hir Rahman nir Rahim ....ora bakal keliru 

Support web ini

BEST ARTIKEL