Thursday, August 27, 2015

SEPI ING GAWE RAME KAGEM GUSTI

Dimulai dengan doa yang hening , berkenalan dengan gembira dan diberikan materi yang berat dengan bahan yang berbeda dengan biologi yang sedikitnya sudah kami kuasai kali ini benar benar tidak ada materi biologi maka harus konsen, fokus .....mengingat ini untuk kegiatan rame kagem gusti  ora oleh sembrono, misuh bajingan asu kirik dancukan diilangi pokoke alim dan yang terpenting dingerteni ora mung dicoba omonge cangkem ananging kudu dilakoni

Ini salah satu nya yang harus direfleksikan dan di olah dalam pikiran hati dan tindakan bukan seperti biasanya ....hanya pakai otak , melakukan langsung tindakan tanpa otak. namun pada kegiatan yang aku lakukan kali ini di Klaten selama lima hari dengan bapak ibu guru guru seluruh kolese di Indonesia bagaimana bisa melakukan suatu tindakan dengan melibatkan ketiga organ pokok otak , hati dan tangan untuk tindakan bisa bersinergi untuk menentukan ....untuk mencapai itu tentu harus hening dan nyuwun tulung gusti ..... Pengalaman ini untung diberikan dan diajarkan saya sebelum saya sekarat sehingga saya masih normal berfikir dan menyiapkan nanti ketika akan sekarat udah siap hehehe

rembrandt


TENTANG "SI ANAK HILANG


  • Ada seorang ayah yang mempunyai dua orang anak lelaki. 
  • Yang bungsu meminta bagian miliknya untuk mulai hidup di perantauan. 
  • Warisan yang seharusnya diberikan ketika ayah dan ibunya mati, ia minta dengan sendirinya ayahnya dimatikan 
  • Harta Warisan dijual dan uangnya untuk berpesta 
  • Ia  bungsu itu hanya berfoya-foya dan ketika ada kelaparan ia jatuh melarat dan terpaksa hidup tak pantas sebagai budak. 
  • Akhirnya ia memutuskan kembali. 
  • Ketika melihat anaknya dari kejauhan, sang ayah lari menjemputnya. 
  • Ia menyuruh orang-orang untuk memberinya jubah yang terbaik, cincin, dan sepatu - tanda ia diakui kembali sebagai anak, bukan diterima sebagai budak yang tak mengenakan hal-hal itu. 
  • Kedatangannya kembali juga dipestakan. 
  • Sementara itu anaknya yang sulung pulang dari ladang dan mendengar hal ihwal pesta itu. 
  • Ia tidak puas dan tak mau masuk ke rumah ikut pesta. 
  • Tetapi ayahnya keluar membujuknya. 
  • Anak sulung itu mengutarakan alasannya mengapa ia marah. 
  • Bertahun-tahun ia bekerja tanpa melanggar perintah tapi tak satu kali pun mendapat kesempatan bersuka ria dengan teman-temannya. 
  • Dan kini bagi anak pemboros dan tak berbakti itu ada pesta besar! 
  • Ayahnya membujuknya, anak sulung itu toh selalu ada bersamanya dan semua miliknya juga kepunyaannya.

Perumpamaan ini diceritakan bukan untuk membuat orang bertobat seperti si anak hilang, atau agar kita tidak bersikap iri seperti si anak sulung.

  • Perumpamaan biasanya diceritakan untuk mengajak berpikir mengenai hal-hal yang lebih dalam, bukan mengenai hal-hal yang bisa dikenakan begitu saja ke dunia sekitar, bukan pula untuk dituduhkan diam-diam dalam hati sekalipun
  • Kisah saudara tua yang dengki akan kemujuran adiknya bukan hal yang baru bagi pendengar 
  • Kitab Suci pada zaman itu. Ada kisah Kain dan Abel, kisah Esau anak sulung Israel dan Yakub adiknya, ada kisah Yusuf dan saudara-saudara tuanya. 
  • Saudara tua umumnya ditampilkan sebagai tokoh konyol sedangkan yang muda tokoh yang beruntung. 
  • Perumpamaan anak hilang ini memang memakai motif kisah yang sudah dikenal itu. 
  • Tetapi arah kisahnya berbeda dengan yang biasa dikenal. 
  • Walaupun akhirnya anak yang bungsu mujur, anak yang sulung tidak kehilangan haknya seperti halnya Kain, Esau atau saudara-saudara tua Yusuf. 
  • Kehadiran kembali yang bungsu tidak menggeser yang sulung. 
  • Mengapa begitu? 
  • Karena sang ayah tidak membeda-bedakan kedua anaknya itu kendati perasaan anaknya yang sulung lain. 
  • Juga si bungsu yang kembali itu sebenarnya merasa sudah tak pantas menjadi anak lagi dan malah minta diperlakukan sebagai budak saja. 
  • Tapi persepsi masing-masing mereka ini akan diluruskan. Marilah kita dekati


TEOLOGI "HUKUMAN" DAN "PAHALA"

Bila orang melakukan kesalahan, maka layak ia terkena hukuman.

  • Atas dasar prinsip itu, kebaikan mestinya mendatangkan pahala. 
  • Tanpa kita sadari gagasan ini sering mendasari cara memandang kejadian-kejadian dan melandasi penilaian terhadap orang lain. 
  • Perumpamaan ini disampaikan untuk menyorotinya.

Apa kesalahan atau dosa si anak bungsu di mata abangnya dan di mata si bungsu itu sendiri?

  • Ia dianggap bersalah karena tidak berlaku sebagai anak yang baik yang tinggal di dusun untuk meneruskan pekerjaan ayahnya membantu mengerjakan ladang. 
  • Ia pergi menuruti keinginannya sendiri. Ia jadi anak yang tak berbakti, lain daripada anak yang sulung. 
  • Lalu apa yang terjadi terhadap anak yang tak berbakti? Terhukum? 
  • Anak bungsu tadi memang mengalami nasib malang. Ini akibat kesalahannya? 
  • Pendengar atau pembaca akan tergoda melihat kelakuannya berfoya-foya di luar negeri sebagai penyebab kemelaratannya. 
  • Juga kelakuan tak berbakti kepada ayahnya membuatnya terhukum. 
  • Tetapi sebenarnya kemalangan si anak bungsu ditampilkan bukan sebagai hukuman dari atas, bukan pula konsekuensi keteledoran sendiri, melainkan akibat keadaan yang tak bisa dikontrol, yakni bencana kelaparan 
  • Pencerita ulung seperti Lukas sengaja menampilkan hal penting seolah-olah sebagai unsur tambahan. 
  • Pembaca dibiarkan terkecoh pikiran-pikirannya sendiri, tapi nanti akan dituntunnya kembali. Bagaimana dengan abangnya? 
  • Ia tipe anak yang baik, yang bekerja terus, setia tinggal di tempat. 
  • Orang seperti ini dalam gagasan orang banyak tentu mendapat pahala. 
  • Sekali lagi orang tergoda menganggap keberuntungannya sebagai pahala dan si anak sulung itu sendiri memang berpikir dalam ukuran-ukuran itu. 
  • Ia mengeluh bahwa tak pernah mendapat kesempatan bersenang-senang walaupun bertahun-tahun melayani dan tak pernah melanggar perintah 
  • Dan ketika si bungsu yang kembali itu dipestakan dan diberi sepatu, cincin, dan jubah kebesaran segala, wah, ini pahala atas dasar perbuatan apa? 
  • Kan anak itu pemboros dan bejat moralnya. 
  • Mestinya ia kena hukuman! 
  • Perumpamaan ini mengusik benak orang yang berpikir dalam perspektif teologi "hukuman dan pahala" seperti itu.


SI BUNGSU DAN KEGEMBIRAAN SANG AYAH

Ketika memutuskan untuk pulang, anak bungsu yang terlunta-lunta itu sebenarnya sudah siap bila nanti diperlakukan sebagai budak.

  • Ia memang sudah kehilangan hak sebagai anak
  • Namun apa yang terjadi? 
  • Ketika melihat dari jauh anaknya ini datang kembali, sang ayah lari tergopoh-gopoh menyongsongnya. 
  • Bahkan sebelum anak itu sempat mengucap minta ampun, sang ayah sudah memeluk dan menciumnya 
  • Dua hal ini tidak biasa. 
  • Masakan seorang tua yang terhormat seperti ayah itu berlari-lari? 
  • Mestinya paling banter ia hanya akan mengirim orang suruhan untuk menjemput. 
  • Masakan ia juga tidak membiarkan dulu anak itu mengutarakan rasa sesalnya terlebih dahulu
  • Mengapa demikian 
  • Dan di sinilah terletak inspirasi itu. 
  • Kita diajak menyadari bahwa Tuhan yang diperkenalkan 
  • Tuhan bertindak seperti sang ayah yang pengampun dan pemuranya h itu. 
  • Teologi "pendosa mesti dihukum" dan "orang baik mesti diberi pahala" tidak mencukupi sama sekali untuk memperkenalkan Tuhan yang seperti itu. 
  • Walau besar daya tariknya, teologi seperti itu tidak klop. 
  • Hanya akan membuat orang merasa terus-terusan menyesal seperti si bungsu, atau kesal melulu seperti si sulung.

Kasus yang sama dicontohkan juga terjadi pada Perasaan tersinggung orang-orang Farisi dan Ahli Kitab

  • Yesus sang utusan Tuhan bergaul dengan orang-orang yang tersisih dan dicap pendosa karena ia mau menghadirkan Tuhan sebagai ayah yang baik, bukan Tuhan yang baru mau mengampuni setelah menghukum sampai orang kapok. 
  • Tapi gambaran ini membuat orang baik-baik tidak tenteram lagi. 
  • Mereka tersengat melihat Yesus guru terhormat itu bergaul dengan para pemungut pajak. 
  • Kaum baik-baik itu memang menjadi bahan pembicaraan orang. 
  • Nyatanya ada seorang guru terkenal yang tak menjauhi pendosa yang akrab dengan kami-kami ini, tidak seperti orang-orang yang mencibirkan kami itu.


SANG AYAH DAN ANAK SULUNGNYA

Anak sulung itu marah dan tidak bersedia masuk ke dalam rumah ikut berpesta.

  • Lalu apa yang terjadi? 
  • Ayahnya keluar menemuinya dan membujuknya 
  • Ia bersikap sama seperti terhadap anak yang kembali tadi. 
  • Ayah itu pergi menemui yang membutuhkannya dan tidak diam menunggu di dalam rumah. 
  • Namun demikian si anak sulung tetap kurang senang dan mengutarakan kekesalannya. 
  • Ia merujuk adiknya bukan dengan kata "adikku itu", melainkan dengan "anakmu itu" 
  • Menarik, dalam perumpaman ini si anak sulung ini hanya tampil di luar rumah. 
  • Tidak pernah ia disebut ada di dalam rumah. 
  • Anak bungsu yang kembali tadilah yang bergerak dari luar ke dalam. 
  • Dan ayah mereka keluar masuk rumah untuk membawa masuk mereka! 
  • Lalu siapa yang sebenarnya menjadi anak yang sungguh? 
  • Bukankah ia yang ada di dalam rumah? 
  • Tetapi ayahnya tidak menegur anak sulungnya. 
  • Ia membujuknya dengan sabar "Nak!" dan kemudian meyakinkannya bahwa anak sulung itu selalu bersama dengannya dan seluruh hartanya itu juga miliknya. 
  • Dengan demikian keberatan anak sulung itu tak lagi beralasan. 
  • Tapi ada satu hal lagi yang ingin ditambahkan. 
  • Ayah itu barusan ketambahan harta baru yang khusus, yakni "adikmu"  yang tadi mati - putus haknya sebagai anak - kini hidup kembali dan mau menjadi anak lagi, yang hilang dahulu kini kembali. 
  • Dengan memakai kata "adikmu" itu sang ayah sebenarnya ingin mengajak anak sulung itu berbagi harta baru, yakni kegembiraan menemukan kekayaan baru ini! 
  • Sang ayah ini tokoh yang secara lahir batin merdeka sepenuhnya. 
  • Ia tidak marah, ia tidak tersinggung, ia tidak menuntut. 
  • Tetapi ia memberi, mengajak dan bisa berbagi kegembiraan.

Kisah anak sulung ini sebenarnya bukan untuk menunjukkan betapa sempitnya pandangan hidupnya. Maka tak perlu dipakai menuduh-nuduh diri kita sendiri atau orang di sekitar kita.

  • Gambaran itu dipakai untuk menonjolkan perhatian sang ayah. 
  • Mengenal tokoh ini membuat orang bisa makin memikirkan kebesaran hati Tuhan.


Riwayat anak bungsu dan anak sulung tadi juga membantu mengerti kebesaran Tuhan.

  • Ia mencintai si bungsu yang "pendosa" dan mengasihi si sulung yang "orang yang kaku hati" itu. 
  • Dia tidak duduk mengadili atau menghukum. 
  • Ia itu Tuhan yang tergopoh-gopoh mendatangi orang yang remuk hatinya. 
  • Tidak tahan Ia mendengar orang seperti itu menuturkan penyesalannya. 
  • Dipahaminya juga kenapa orang marah melihat Ia memperlakukan pendosa seperti anak. Ia tidak balik mencela. 
  • Ia berusaha bernalar dengan orang yang kurang puas itu. 
  • Lihat, kita mestinya gembira, kan mendapat harta tambahan, dan tambahan ini pemberianku bagimu - pahala yang kau inginkan sejak lama itu.


Ada banyak pesan yang bisa kita petik dari perumpamaan tentang anak yang hilang ini. (lihat Lukisan Rembrant )

Perumpamaan ini mengungkapkan belas kasih Allah yang tidak terhingga kepada kita manusia;
Sebagai Bapa, Ia menginginkan anak-anak-Nya bebas untuk mencintai. Termasuk bebas untuk pergi meninggalkan rumah-Nya, menuju ke negeri yang jauh dan kehilangan segala sesuatu. Hati Sang Bapa mengetahui segala penderitaan akibat pilihan itu, tetapi cinta-Nya membuat Dia tidak berdaya untuk menghindarkannya;
Sebagai Bapa, Ia menghendaki agar mereka yang berada di rumah-Nya menikmati kehadiran-Nya dan mengalami kasih-Nya. Tetapi sekali lagi, Ia hanya menawarkan kasih yang dapat dengan bebas diterima. Itulah kelebihan sekaligus “kelemahan Allah”;

Sebagai Bapa, satu-satunya kuasa yang dimilikinya, satu-satunya kuasa yang dituntut darinya, adalah kuasa untuk berbelas kasih. Karena itu, Dia  akan selalu terus mencari, sampai menemukan dan membawa kita kembali untuk berkumpul bersama-sama dengan Dia.

Sunday, August 23, 2015

GAK MAGIS BLAS

Ini ada namun suasananya maya .....real namun imaginair ..mending nggak usah dilakukan menghabiskan waktu energi dan hidup

Lakukan sesuatu hal itu bermakna sehingga magis 


Tuesday, August 18, 2015

EMANG - ORANG TUA ITU KEREN


Beberapa orang temen saya misalnya pratikno, jokowi maupun irwan hidayat sido muncul maupun Budi Harta Winata, Pengusaha baja.Ketika ditanya rahasia suksesnya menjadi Pengusaha, jawabnya singkat,

“Jadikan Orang tuamu Raja, maka Rezekimu seperti Raja”.

Semua bercerita bahwa Orang orang hebat dan sukses yang ia kenal semuanya memperlakukan Orang tua nya seperti Raja.

Mereka menghormati, memuliakan, melayani dan memprioritaskan Orang tua-nya.
Lelaki asal Banyuwangi ini bertutur, “Jangan perlakukan Orang tua seperti Pembantu ".

Sudah tahu Orang tua itu sudah susah melahirkan dan membesarkan kita, lha kok masih tega2nya kita minta harta ke mereka, pada hal kita sudah dewasa. Atau, Orang tua diminta merawat anak kita, sementara kita sibuk bekerja.
Bila ini yg terjadi maka Rezeki Orang itu, akan sama dengan Rezeki Pembantu, karena ia memperlakukan Orang tua-nya seperti Pembantu.
Maksudnya Walau Suami-istri bekerja mati matian siang malam , rezekinya tetap kurang bahkan nombok setiap bulannya.

Dari diskusi itu, dilakukan survey kecil2 an kepada beberapa orang.
Ditanyakan anaknya berapa ?
Siapa yang paling sukses?
Siapa yg paling susah?
TERNYATA jawabnya semua sama.Anak anak yang sukses adalah : Anak yang memperlakukan Orang tua-nya seperti Raja ( His parents treated like a King)

Dan anak anak  yang sengsara hidupnya adalah mereka yg sibuk dgn urusan dirinya sendiri  dan kurang perduli pada orang tuanya.

Tapi juga JANGAN mendekati orang tua untuk mendapatkan Hartanya.
Mari terus berusaha keras agar kita bisa memperlakukan orang tua seperti Raja.
Buktikan  dan jangan hanya ada di angan angan .

Beruntunglah bagi yang masih memiliki orang tua, masih  BELUM TERLAMBAT untuk berbakti.
UANG bisa dicari, tapi kesempatan utk mengasihi tidak bisa lagi.!!!

Sugeng Enjang ...tetap semangat ya !!

KEBYAR KEBYAR - ARKARNA GOMBLOH

Emang luar biasa Indonesia dengan musisi Gomblohnya sampai Arkarna kesengsem dengan lagunya


FITOHORMON GROWTH

Jika serius dirawat diopeni maka hasilnya mesti bagus kok






















Monday, August 17, 2015

MAGIS OF PHYSICS


I wish I had a teacher like this, with real physical examples and not just something written on a board.

Teaching with style

ULANGAN 1 PERTUMBUHAN KELAS XII

ULANGAN BIOLOGI 
KELAS XII IPA SMA GOZAGA
                               NYONTEK KUALAT                              



1. Suatu embrio tumbuhan mempunyai bakal batang yang disebut …
A.     Plumula                    
B.     Endosperm   
C.     Kotiledon              
D.    Radikula     
E.     Kaulikulus

2.    Jaringan yang mempunyai peran sangat penting dalam pertumbuhan cleavage, elongasi , defrensiasi dan specialisasi adalah 
A.   jaringan perisikel
B.     jaringan epidermis
C.    jaringan meristem
D.    jaringan penguat
E.     jaringan kambium

3.    Perkembangan makhluk hidup adalah proses….
A.    Pertambahan volume yang dapat diukur dan bersifat irreversible
B.     Penambahan jumlah sel hanya pada meristem ujung atau titik tumbuh
C.     Menuju kedewasaan dan tidak dapat diukur
D.    Penambahan bahan dan perubahan substansi yang dapat diukur
E.     Deferensiasi sel yang semakin cepat akibat factor genetic danlingkungan

4.  Berikut langkah-langkah menyusun laporan penelitian ilmiah :
1.       rumusan masalah
2.       cara kerja
3.       pengamatan
4.       pembahasan
5.       tujuan
6.       hipotesis
7.       kesimpulan
8.       dasar teori
Urutan yang benar dalam penulisan laporan penelitian ilmiah adalah …
A.   1,2,3,4,5,6,7,8
B.    6,1,5,8,2,3,4,
C.    3,5,1,6,2,8,4,7
D.   8,7,6,5,4,3,2,1
E.    5,1,8,6,2,3,4,7

5.    Berikut ini yang termasuk unsure makro yang banyak dibutuhkan oleh tumbuhan adalah…
A.    Zn,Cl,O dan Ca
B.    N,Mg,O dan C
C.    C,O,B dan Ca
D.    Zn,Fe,Ca dan N
E.    Cu,Fe,N dan P

6.    Seorang siswa terkejut membuka tasnya dan didapati buah mangga yang dipetiknya 10 hari yang lalu sudah mulai membusuk. Dapat dipastikan bahwa proses pematangan yang terjadi pada mangga tersebut disebabkan oleh aktivitas hormon …
A.   auksin                                
C.    giberelin                            
E.    asam traumalin
D.   gas etilen
E.   sitokinin

7.    Hormon di bawah ini yang bekerjanya saling berlawanan pada pertumbuhan apikal adalah…
A.   Auksin dan giberelin
B.    Giberelin dan sitokinin
C.    Dormin dan asam absisat
D.   Sitokinin dan asam absisat
E.    Auksin dan sitokinin

8.    Sebelum melakukan penelitian, seorang peneliti harus melakukan…
A.   pembuatan kuesioner
B.    eksperimen
C.    melakukan studi kepustakaan
D.   mempublikasikan hasil eksperimen
E.    observasi

9.    Berikut nama-nama hormon dan bagian tumbuhan.
1.       Antokalin
2.       Kaulokalin
3.       Filokalin
4.       Rhizokalin
5.       Bunga
6.       Daun
7.       Akar
8.       Batang
Pasangan yang sesuai antara hormon dan bagian tumbuhan yang dipengaruhinya adalah….
A.   1 dan 8                                           
B.   2 dan 6                            
C.    4 dan 5
D.    2 dan 8
E.   3 dan 5

10. Faktor internal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
adalah ….
a. suhu
b. cahaya
c. hormon
d. makanan
e. pH

11. Hormon yang termasuk ke dalam jenis hormon penghambat pertumbuhan adalah ….
a. auksin 
b. sitokinin
c. etilen
d. giberelin
e. absisat

12. Perhatikan gambar kecambah berikut ini!
                   



   Dari gambar tersebut  yang berlabel 1,2,3 secara berurutan adalah....
   A.epikotil-hipokotil-kotiledon
   B.hipokotil-kotiledon-epikotil
   C.hipokotol-epikotil-kotiledon
   D.epigeal-kotiledon-hipogeal
   E.epikotil-kotiledon-hipokotil

13. Perhatikan grafik hasil percobaan pertumbuhan kecambah ditempat gelap , teduh, dan terang berikut:

                  
Berdasarkan grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa X dan Z secara berurutan merupakan
kecambah yang ditempatkan di tempat….  
A.     terang dan gelap
B.     gelap dan teduh
C.     gelap dan terang
D.     teduh dan terang
E.      terang dan teduh

14.  Pertumbuhan pada tumbuhan ditentukan oleh faktor ekternal berikut , kecuali…..
A. cahaya                         
B. hormon                       
C. kadar air
D. nutrisi
E. pH
                       
15.  Dilakukan suatu percobaan pada 2 tanaman dimana tanaman A ditanam tanpa pemberian hormon sedangkan tanaman B ditanam dengan pemberian hormon. Hasil percobaan menunjukan pertumbuhan pada tanaman B tiga kali lebih cepat dibandingkan pada tanaman A. Dapat diduga pada percobaan tersebut tanaman B diberi stimulasi dengan hormon.....
A. giberelin        
B. sitokinin
C. etilen             
D.  auksin
E. asam absisat

16.      Perhatikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau berikut!
No
Perlakuan
Rerata pertumbuhan
per hari
rerata
Hari   ke……
1
2
3
4
5
1
Kacang hijau
0,07
0,5
1,3
3,5
5
2,07 cm
2
Kacang hiaju + hormon tumbuh
0,1
1,4
3,9
6,5
9,5
4,28 cm

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa, pertumbuhan kacang hijau …..
A.     Hanya dapat terjadi bila ditambah hormon tumbuh
B.     Tidak dipengaruhi oleh hormon tumbuh
C.     Hanya sedikit dipengaruhi oleh penambahan hormon
D.     Sangat tergantung pada penambahan hormon
E.      Akan lebih cepat jika ditambah hormon


17.    Bagian akar meliputi daerah tudung akar, meristematis, elongasi, maturasi dan difrensiasi. Bagian akar yang   banyak mengalami perubahan bentuk dan fungsi adalah bagian
A.      Tudung akar                                               
B.      Maturasi
C.      Meristematis                                             
D.      Difrensiasi
E.       Elongasi

18.    Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan.
  1. Cahaya                               
  2. Kelembaban                   
  3. Suhu                                    
  4. Gravitasi                            
  5. Nutrisi            
  6. Gen  
  7. Oksigen                                              
  8. Hormon
  9. PH
  10. Air  

Yang termasuk faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah :
A.      1 , 2
B.      6, 8
C.      2 , 3
D.      9, 10
E.       5, 6

19.    Untuk menjaga kualitas biji padi setelah dipanen, Pak Andi menjemur padinya sampai kering dan disimpan pada tempat yang kering juga. Pak Andi sesungguhnya mengaplikasikan konsep hormon pada tumbuhan. Konsep tersebut adalah ... ,
A.      Meningkatkan hormone aksin dan menurunkan hormone Giberelin.
B.      Meningkatkan hormon auksin dan Giberelin
C.      Meningkatkan Gas etilin dan menurunkan hormon sitokinin.
D.      Meningkatkan asam absisat dan sitokinin
E.       Meningkatkan asam absisat dan menurunkan giberelin.

20.    Pada percobaan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kecambah kacang hijau, virgonita menemukan data tambahan bahwa arah tumbuh kecambah selalu menuju ke arah sumber cahaya. Deskripsi yang benar terhadap data tersebut adalah :
A.    Tumbuhan memilik naluri untuk mencari sinar matahari
B.     Cahaya bersifat mempercepat pertumbuhan tumbuhan
C.     Pertumbuhan tumbuhan sangat ditentukan oleh cahaya
D.    Cahaya menguraikan hormon auksin pada satu sisi
E.     Cahaya mempercepat tumbuhan pada bagian yang banyak menerima sinar.

21.    Salah satu faktor dalam yang yang berperan dalam pertumbuhan tumbuhan adalah hormon. Jenis hormon yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk parthenokarpi, pertumbuhan batang apikal, dormancy biji secara berurutan adalah :
A.      Auksin, Giberelin , Absisat
B.      Giberelin, Kalin, Auksin
C.      Auksin, Giberelin , Etilen
D.      Kalin, Sitokinin , Traumalin
E.       Giberelin , Auksin , Absisat

22.    Buah yang sudah tua biasanya tidak mengalami perubahan ukuran dan seringkali jatuh setelah masak  di pohon. Peristiwa tersebut  disebabkan oleh …,
A.      antokalin terlalu tingi
B.      Antokalin dan rizokalin terlalu banyak
C.      Sitokinin berkurang jumlahnya
D.      Auksin terlalu banyak
E.       Auksin berkurang dan etilin bertambah

23.    Aktivitas kambium pada pertumbuhan sekunder adalah pembentukan lingkaran tahun pada batang.  Proses yang terjadi pada kambium adalah :
A.      Kambium fasis membentuk floem dan Xylem setiap tahun
B.      Kambium fasis membentuk Xylem saja setiap tahun
C.      Kambium fasis membentuk Xylem ke arah dalam saja setiap tahun
D.      Kambium fasis membentuk Xylem dan Floem ke arah dalam setiap tahun
E.       Kambium fasis membentuk floem ke arah dalam setiap tahun

24.    Kecambah yang dibiarkan tumbuh di tempat gelap akan mengalami pertumbuhan yang cepat tetapi mengalami gejala etiolasi. Etiolasi terjadi karena … ,
A.    Kecambah terlalu banyak mengandung air
B.     Kecambah terlalu cepat tumbuh sehingga menjadi tinggi tetapi batangnya kecil
C.     Kecambah terbiasa dengan gelap sehingga bila terkena cahaya matahari akan mati
D.    Kecambah tidak dapat berfotosintesis sehinga klorofil tidak berfungsi dengan baik
E.     auksin dan asam absisat bekerja secara bersama merubah tepung dalam endoperm menjadi fruktosa untuk pertumbuhan biji.

25.    Biji yang direndam selama semalam mengalami perubahan untuk dapat tumbuh. Perubahan tersebut adalah  :
A.    Giberelin merangsang aleuron untuk mensintesa enzim amylase yang merubah tepung dalam endoperm menjadi glukosa untuk pertumbuhan biji.
B.     Auksin dan asam absisat merangsang aleuron untuk mensintesa enzim amylase yang  merubah tepung dalam endoperm menjadi glukosa untuk pertumbuhan biji.
C.     Giberelin merangsang aleuron untuk mensintesa enzim lipase yang merubah tepung dalam endosperm menjadi potein untuk pertumbuhan biji.
D.    Giberelin merangsang embrio untuk mensintesa enzim amylase yang merubah tepung dalam endoperm menjadi fruktosa untuk pertumbuhan biji.
E.     Auksin dan asam absisat bekerja secara bersama merubah tepung dalam endoperm menjadi  fruktosa untuk pertumbuhan biji.

26. Jari-jari empulur, floem dan xylem sekunder merupakan hasil aktivitas  kambium sedangkan  pertumbuhan kuncup apical dan kuncup lateral karena aktivitas auksin. Pertumbuhan karena aktivitas  cambium dan auksin tersebut menghasilkan
A.    Pemanjangan tumbuhan dan pembengkokan batang
B.     Pembengkokan dahan dan pembesaran batang
C.     Pembesaran batang dan pembengkokan dahan
D.    Pembesaran batang dan pemanjangan
E.     Mengerasnya batang dan pemanjangan.

27. Pemotongan cabang dan ranting berkali – kali menyebabkan tanaman rimbun. Pertumbuhan yang terjadi pada tanaman tersebut akibat aktifnya hormon
A.      Auksin
B.      Giberelin
C.      Sitokinin
D.      Traumalin
E.       Kaulokalin

28. Penyambungan tanaman dilakukan dengan menyambungkan ujung tanaman.
Hal tersebut didasarkan atas pertimbangan  …..
A.         pada bagian ujung diproduksi sitokinin yang merangsang pertumbuhan primer
B.         Bagian ujung memproduksi auksin untuk pertumbuhan primer
C.         Bagian ujung memproduksi hormone untuk pertumbuhan sekunder
D.         Penyembuhan luka lebih cepat pada bagian ujung
E.          penyambungan tidak memerlukan hormone pertumbuhan.

29. Manakah hewan ini yang Perkembangan Pasca Embryoniknya dijumpai Nimfa  …
A.      kupu kupu 
B.      ngengat 
C.      lalat 
D.      belalang 
E.       nyamuk 

30. Rumusan masalah yang sesuai untuk permasalahan pengaruh cahaya terhadap kecepatan tumbuh  kecambah adalah :
A.      cahaya menghambat pertumbuhan kecambah
B.      cahaya berpengaruh terhadap kecepatan tumbuh kecambah
C.      cahaya tidak berpengaruh terhadap kecepatan tumbuh kecambah
D.      apakah cahaya berpengaruh terhdap kecepatan tumbuh kecambah
E.       adakah cahaya yang berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah

31.      Kambium intervasikuler berfungsi untuk membentuk…
A.      Xylem primer dan floem primer
B.      Xylem sekunder dan floem sekunder
C.      Jari-jari empulur
D.      Lingkaran tahun
E.       Felem dan feloderm

32.         Fitohormon yang berfungsu merangsang pertumbuhan akar tanaman, identik dengan vitamin B1 dan banyak dijumpai pada air cucian beras adalah…
A.      Anthokalin
B.      Rhizokalin
C.      Kaulokalin
D.      Filokalin
E.       Asam absisat

33.      Berikut beberapa fungsi hormon tumbuhan
1.       Merangsang perpanjangan batang
2.       Menghambat pembelahan sel
3.       Menghambat perpanjangan akar
4.       Merangsang pembentukan biji
         Fungsi hormone auksin adalah…
A.      1 & 2
B.      3 & 4
C.      1 & 3
D.      2 & 4
E.       3 & 4

34.      Tumbuhan yang kekurangan unsur Fe dan Mg akan mengalami klorosis yang berarti…
A.      Terhambatnya proses pertumbuhan
B.      Perkembangan yang terhambat
C.      Rendahnya kandungan klorofil
D.      Aktif berfotosintesis
E.       Tidak mampu membentuk organ reproduksi

35.      Manakah pernyataan berikut ini yang tepat dengan tumbuhan berhari pendek (short day plant) ?
A.      Tumbuhan akan berbungan jika panjang siang lebih dari 12 jam
B.      Tumbuhan akan berbungan jika panjang malam kurang dari 12 jam
C.      Tumbuhan yang menginginkan masa kegelapan (periode kritis) lebih dari 12 jam
D.      Tumbuhan yang tidak dipengaruhi lama penyiaran
E.       Tumbuhan dengan contoh gandum, kentang, selada, dan bayam

36.      Di bawah ini beberapa sifat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan…
1.       Reversible
2.       Irreversible
3.       Kualitatif
4.       Kuantitatif
Sifat yang sesuai untuk perkembangan adalah…
A.      1,2                              
B.      1,3                               
C.       2,3 
D.      3,4
E.      2,4

37.  Proses perkecambahan diawali dengan peresapan air ke dalam biji yang disebut…
A.      Imbibisi
B.      Difusi
C.      Difusi fasilitasi
D.      Dormansi
E.       Transporaktif

38.      Perkecambahan dimana kotiledon tetap berada di dalam tanah dinamakan…
A.      Hipokotil                            D.      Hypogeal
B.      Epigeal                                E.      Epikotil
C.       Koleoptil

39.      Perkecambahan epigeal adalah…
A.    Perkecambahan yang terjadi pada semua tumbuhan dikotil
B.     Perkecambahan yang terjadi pada tanaman monokotil
C.     Perkecambahan yang kotiledonnya terangkat ke permukaan tanah
D.    Perkecambahan yang kotiledonnya tidak terangkat ke tanah
E.     Perkecambahan dimana epikotil tumbuh dominan

40.   Bagian tumbuhan berikut berkaitan dengan pertumbuhan :
1.       Meristem interkalar
2.       Sel ujung akar
3.       Cambium
4.       Sel ujung batang
5.       Felogen
         Pertumbuhan primer disebabkan aktivitas dari…
A.      1,3                               
B.      1,3,5                           
C.       2,4,5
D.      2,4 
E.      2,3,5

41.     Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggubakan objek kecambah kacang hijau, dimasukkan ke dalam 3 pot yang sudah diisi tanah yang gembur selanjutnya :

  • Pot 1 diletakkan di tempat yang gelap
  • Pot 2 diletakkan di tempat yang redup
  • Pot 3 diletakkan di tempat terang
Maka variable bebas dalam percobaan diatas adalah…
A.      Kacang hijau
B.      Jenis tanah
C.      Intersitas cahaya
D.      Lama penyiaran
E.       Kelembaban

42.   Pernyataan yang benar tentang cahaya , kecuali …
A.    Cahaya merupakan factor penghambat pertumbuhan
B.    Cahaya bersifat menguraikan auksin
C.    Kekurangan cahaya menyebabkan klorosis
D.    Cahaya dibutuhkan sebagai sumber energy untuk fotosintesis
E.    Respon tumbuhan terhadap lama penyiaran diseput fotoperiodisme

43.     Sel berukuran besar bergerak ke satu kutub membentuk vegetal pole, demikian pula juga sel berukuran kecil bergerak ke kutub lainnya membentuk animal pole. Proses yang terjadi adalah…
A.    Cleavage                   
B.    Gastrulasi                 
C.    Diferensiasi  
D.    Blastulasi 
 E.   Morfogenesis

44.   Lapisan mesoderm embrional berdiferensiasi membentuk…
A.      Mata                                         
B.      Usus                                         
C.      Ginjal
D.      Otak besar 
E.      Paru-paru

45.     Seorang siswa ingin meneliti pengaruh  cahaya lampu terhadap banyaknya oksigen  yang diproduksi oleh Hydrilla. Manakah  yang tergolong variabel bebas ........
A.      siswa                                                    
B.      intensitas cahaya lampu                            
C.      tabung reaksi
D.      volum oksigen
E.       Hydrilla

46.    Seorang siswa melakukan percobaan untuk  mengetahui pengaruh suhu dan pH terhadap reaksi  kimia yang melibatkan enzim tertentu. Dia mengamati hasil reaksi yang terjadi pada pH dan suhu yang berbeda. Dari hasil percobaannya, dia membuat grafik berikut.



Kesimpulan yang dapat diambil dari data pada grafik tersebut adalah ....
A.  pada suhu di bawah 35˚C dan pH di  bawah 8 enzim tidak bekerja
B.  enzim tersebut hanya aktif pada suhu dan pH yang tinggi
C.  pada suhu di atas 35˚C substrat telah  habis bereaksi
D.  hasil reaksi yang optimum berada pada  suhu di bawah 35˚C dan pH di bawah 8
E.  enzim tersebut hanya bekerja optimum  pada rentang pH 6-8 dan suhu sekitar  35˚C

47.      Grafik di bawah ini menunjukkan hubungan antar  suhu dan kecepatan pertumbuhan pada tumbuh-tumbuhan. Hal ini dilihat pada grafik ….
 
Ket : X= Suhu    , Y= Kecepatan tumbuh

48. Perhatikan gambar kecambah kacang merah di  bawah ini. Kecambah ini diletakkan pada cawan petri yang beralaskan kapas basah. Akar yang  panjangnya 2 cm dibagi menjadi 3 bagian, setelah 2 hari akan diukur lagi. Bagian yang  paling cepat pertumbuhannya adalah ....
  

A. 1                                  
B. 3                                  
C. 2 dan 3
D. 2
E. 1 dan 2

49. Berikut ini adalah beberapa fungsi hormon tumbuhan:

  1. merangsang perkembangan akar
  2. menumbuhkan tanaman menjadi berukuran besar/giant
  3. mempercepat pemasakan buah
  4. mempengaruhi perkecambahan embrio dan kecambah
  5. menghambat pertumbuhan kuncup ketiak
  Fungsi dari hormon giberelin adalah yang  bernomor ....
A.   1 dan 2                   
B.   1 dan 3                     
C.   2 dan 4   
D.   3 dan 5 
E.   4 dan 5

50. Di bawah ini tahap-tahap fase embrionik  !
  1. gastrula                               
  2. imbas embrionik                      
  3. diferensiasi                                
  4. pesialisasi jaringan                
  5. morfogenesis       
  6. blastula
  7. morula
  8. organogenesis

      Urutan tahap-tahap fase embrionik sebagai  berikut :
A.  1-2-3-4-5-6-7-8     
B.  7-6-1-3-5-4-2-8
C.  1-3-5-7-2-4-6-8           
D.  7-6-1-5-3-4-2-8      
E.  6-1-5-3-4-2-8-7


JAWAB

1. E     2. C         3.C        4. E       5. B       6. D      7.  E        8. E       9. D      10.C
2. E    12. B     13. C      14. B     15. A     16. E     17. D      18. B     19. E      20.D
21.E   22. E     23. D      24. D     25. A     26. D    27. C      28. B      29. D     30.D
31.C   32. B     33. C      34. C     35. B     36. C    37. A      38. D      39. C     40. D
41.D   42. D     43. B      44. C     45. B     46. E    47. D      48. C      49. C     50. D            

Support web ini

BEST ARTIKEL