Saturday, November 27, 2010

SILABUS BIOLOGI XI JARINGAN

  • Nama Sekolah : SMA
  • Kelas/Semester : XI/1
  • Mata Pelajaran : Biologi
  • Layanan : On Line High School Opened
  • Program : IPA
  • Standar Kompetensi : Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas
  • .Alokasi Waktu : 12 jam pembelajaran (jp)
Kompetensi Dasar
  1. Mengidentifi kasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkait kannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan 6 jp
  2. Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya dengan fungsinya. 6 jp
Materi Pembelajaran
  • Struktur jaringan tumbuhan
  • Jaringan tumbuhan terdiri dari jaringan meristem, epidermis, kloren kim, parenkim, sklerenkim, kolenkim dan xilem, floem.
  • Fungsi masing-masing jaringan.
  • Fungsi jaringan berbeda-beda sesuai letak, posi si, usia, pengaruh faktor luar.
  • Sifat Totipotensi
  • Sifat totipotensi pa da jaringan tana man dimanfaatkan untuk memperoleh anakan seragam dalam jumlah besar dan cepat melalui kultur jaringan.
  • Struktur jaringan hewan
  • Jaringan hewan meliputi jaringan epitel, otot, tulang, saraf, dan jaringan ikat.
  • Fungsi jaringan hewan vertebrata.
  • Masing-masing jaringan memiliki fungsi yang berbeda ditentukan oleh letak/posisi, usia, faktor luar
  • Tumor / kanker. Jaringan dapat tumbuh tak terkendali yang disebabkan adanya faktor pencetus, yang mengganggu kegiatan metabolisme.
Kegiatan Pembelajaran
  • Melakukan pengamatan mikroskopis berbagai macam jaringan dari bagian akar, batang, daun, buah, dan bunga.
  • Mengkaji literatur buku sumber/internet dan cd pembelajaran untuk menemukan berbagai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
  • Menganalisis fungsi macam-macam jaringan berdasarkan letaknya dengan menggunakan gambar melalui diskusi
  • Mengkaji literatur buku sumber untuk menemukan cara membuat kultur jaringan pada satu jenis tumbuhan melalui tugas mandiri.
  • Melakukan pengamatan mikroskopis sediaan jadi menemukan berbagai macam struktur jaringan hewan vertebrata melalui kerja kelompok.
  • Mengkaji literatur buku sumber/internet dan cd pembelajaran untuk menemukan berbagai struktur fungsi jaringan hewan melalui tugas mandiri
  • Menganalisis fungsi masing-masing jaringan hewan menggunakan gambar berdasarkan letaknya melalui diskusi kelas.
  • Menggali informasi dari literatur menemukan deskripsi tentang tumor/kanker melalui tugas mandiri
  • Mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil kajian literatur buku sumber tentang tumor/kanker secara kelompok

Indikator
  • Menunjukkan berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan dari hasil pengamatan.
  • Membedakan struktur jaringan tumbuhan menggunakan gambar
  • Menjelaskan fungsi berbagai macam struktur jaringan tumbuhan
  • Mengkaitkan sifat totipotensi jaringan dengan teknik kultur jaringan.
  • Membuat laporan kajian cara membuat kultur jaringan pada satu jenis tumbuhan
  • Menunjukkan berbagai struktur jaringan hewan dari hasil pengamatan.
  • Membedakan struktur masing-masing jaringan menggunakan gambar.
  • Menunjukan letak jaringan pada tu buh hewan verte brata/manusia
  • Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan hewan.
  • Menjelaskan tumor/kanker dari buku literatur
  • Membedakan tumor/kanker
  • Menjelaskan faktor pencetus terjadinya tumor/kanker
PENILAIAN


Teknik:
  • Penugasan
  • Tes tertulis
Bentuk:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan
Sumber Belajar
  • Campbell, Biology, Erlangga
  • biologigonz.blogspot.com
THEORY
  • Jaringan pokok penyusun organ tumbuhan Spermatophyta umumnya terdiri dari
  1. jaringan epidermis
  2. jaringan parenkim
  3. jaringan kolenkim
  4. jaringan sklerenkim
  5. jaringan pengangkut yang meliputi xylem dan floem
  6. struktur sekretori,
  • Jaringan perenkim merupakan jaringan dasar yang ditemui pada semua organ tumbuhan.
  • Parenkim berperan sesuai dengan posisinya, walaupun sewaktu-waktu fungsinya dapat berubah. Sifat ini disebabkan tingkat diferensiasinya yang masih rendah.
  • Parenkim ada yang berfungsi untuk fotosintesis , menyimpan cadangan makanan, untuk pertukaran udara, ataupun bersifat meristematik.
  • Bentuk selnya bervariasi, ada yang isodiametris, memanjang dan berlobus. Dinding sel parenkim umumnya relative tipis.
Jaringan sklerenkim merupakan jaringan peneguh utama pada tumbuhan.
  • Tersusun atas sel-sel yang berdinding tebal dan keras karena mengalami lignifikasi yang merupakan penebalan sekunder.
  • Menurut bentuknya, sklerenkim dibedakan menjadi sklereid (sel batu), fiber (serat).
  • Sklereid terdapat pada epidermis, jaringan pembuluh pada batang, daun, buah dan biji.
  • Demikian juga dengan fiber tersebar di berbagai organ tumbuhan.
Jaringan kolenkim

  • mempunyai dinding yang tebal dan berfungsi meneguhkan terutama pada jaringan yang muda.
  • Biasanya jaringan ini terletak ke arah pinggir (perifer) dari batang dan bagian daun.
  • Jaringan ini merupakan jaringan yang hidup dan dapat juga meristematis.
  • Sel-sel penyusun kolenkim bersifat seperti parenkim yang telah mengalami diferensiasi sederhana terutama pada penebalan dinding selnya.
  • Selnya bersifat plastis dan penebalan dinding terdiri dari selulosa, hemi selulosa, dan pektin dengan kadar air cukup tinggi.
  • Umumnya penebalan dimulai dari sudut-sudut sel yang kemudian berkembang kea arah tertentu yang tergantung jenis tumbuhan.
  • Berdasarkan bentuk penebalan dinding, kolenkim dikenal dengan tipe kolenkim sudut (angular), kolenkim lempeng (lamelar) dan kolenkim lakunar (tubular).


Judul Percobaan .
  • Jaringan Tumbuhan
Tujuan Percobaan
  • Mengamati jaringan parenkim, Kolenkim, Sklerenkim, Pengangkut, dan Epidermis
Alat dan Bahan
  • Mikroskop, objek glass, cover glass, Pipet tetes
  • Bahan : Air, tangkai daun Eichornia crassives, endocarp Cocos nucivera, dan batang Cucurbita sp,daun sri rezeki dan Rhoe discolor, batang Helianthus annuus, batang Zea mays
Prosedur Kerja
  1. Buatlah sayatan penampang melintang tangkai daun Eichornia crassives
  2. Letakkan di atas objek glass, beri sedikit air, dan tutup dengan cover glass
  3. Amati di bawah mikroskop, gambar lengkap dan beri keterangan
  4. Perhatikan bentuk sel parenkim yang berfungsi dalam pertukaran udara yang mempunyai rongga interseluler yang banyak
  5. Lakukan hal yang sama terhadap
  • endocarp Cocos nucifera untuk mengamati jaringan sklerenkim
  • batang Cucurbita sp untuk mengamati jaringan kolenkim
  • daun sri rezeki atau Rhoe discolor untuk mengamati jaringan epidermis
  • batang muda Helianthus annuus dan Zea mays untuk mengamati jaringan pengangkut

SILABUS BIOLOGI XI SEL

  • Nama Sekolah : SMA
  • Kelas/Semester : XI/1
  • Mata Pelajaran : Biologi
  • Layanan : On Line High School Opened
  • Program : IPA
  • Standar Kompetensi: : Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  • Alokasi Waktu : 11 jam pembelajaran (jp)

Kompetensi Dasar

  • Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan 5 jp
  • Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan. 4 jp
  • Membanding kan mekanis me transpor pada mem bran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis). 2 (jp)

Materi Pembelajaran

  • Komponen Kimiawi Sel. Struktur kimia sel tersusun atas karbohidrat, lemak dan protein. Struktur sel dan fungsinya.
  • Sel sebagai unit terkecil makhluk hidup secara struk tural dan fungsio nal. Sel terdiri dari membran plasma, sitoplasma, nukleus dan organel-organel yang ma sing-masing mem punyai fungsi khusus
  • Perbedaan sel hewan dan tumbuhan
  • Organel sel hewan dan tumbuhan.
  • Sel tumbuhan dan hewan (retikulum endoplasma, badan golgi, mitochondria, ribosom, lisosom, kloroplast, sentriol, nukleus dan nukleolus)
  • Difusi=Perpindah an zat (cair atau padat) dari larutan berkadar tinggi ke larutan berkadar rendah tanpa bantuan energi.
  • Osmosis=Perpindahan air atau zat pelarut dari larutan yang berkadar ren dah kelarutan yang berkadar tinggi me lalui membran se mipermia bel tanpa bantuan energi.
  • Transpor aktif. Transpor yang me merlukan energi untuk keluar dan masuknya ion atau molekul zat lewat membran plasma.
  • Endositosis/eksositosis Peristiwa mema sukkan atau mengeluarkan zat padat atau tetes cairan melalui membran.

Kegiatan Pembelajaran

  • Mengkaji literatur dari buku sumber tentang komponen kimiawi sel.
  • Melakukan pengamatan mikroskopis struktur sel pada preparat basah dan awetan dari sel-sel hewan dan tumbuhan.
  • Tugas mandiri Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur buku sumber/ internet dan CD pembelajaran
  • Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya dari literatur buku sumber/internet
  • Mengamati sel hewan dan tumbuhan dengan mikroskop.
  • Tugas mandiri Menggali informasi dari Literatur buku sumber/ internet dan cd pembelajaran tentang organel sel hewan dan tumbuhan serta Membuat laporan hasil kajian
  • Mengkomunikasikan hasil kajiannya secara lisan di depan kelas.
  • Melakukan percobaan difusi air dan osmosis menggunakan kentang melalui kerja kelompok
Indikator
  • Menjelaskan komponen kimia sel
  • Menggunakan mi kroskop untuk pe ngamatan struktur sel segar dan awet an sel hewan dan tumbuhan
  • Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan hasil pengamatan.
  • Menunjukkan bagi an-bagian sel ber dasarkan gambar.
  • Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya
  • Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.
  • Menjelaskan organel-organel pada sel tumbuhan dan hewan
  • Menjelaskan fungsi masing-masing organel
  • Tugas mandiri Melakukan kajian literatur buku sumber/ internet dan cd pembelajaran untuk menemukan mekanisme transpor aktif, endositosis dan eksositosis secara mandiri
  • Menjelaskan ciri-ciri transpor
  • Membedakan mekanisme transfor aktif dan pasif secara difusi dan osmosis
  • Menjelaskan proses dan memberikan contoh endositosis dan eksositosis

Penilaian

Teknik:
  • Penugasan
  • Tes tertulis
Bentuk:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan


Sumber Belajar
  • Campbell, Biology, Erlangga
  • biologigonz.blogspot.com

Support web ini

BEST ARTIKEL