Saturday, March 2, 2019

85 % UNBK BIOLOGI 2019

  1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
  2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
  3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
  4. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
  5. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
  6. Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
  8. Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
  9. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
  10. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
  11. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
  12. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
  13. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
  14. Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.
  15. Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.
  16. Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
  17. Menyajikan hasil identifikasi usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi.
  18. Menyajikan data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.\
  19. Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.
  20. Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.
  21. Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam bentuk laporan tertulis.
  22. Menyajikan data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
  23. Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
  24. Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.
  25. Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan.
  26. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
  27. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
  28. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
  29. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
  30. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
  31. Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  32. Menganalisis berbagai proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
  33. Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
  34. Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan
  35. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  36. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  37. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  38. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem respirasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  39. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga dapat menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem ekskresi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  40. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  41. Mengevaluasi pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.
  42. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
  43. Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melaui pemberian ASI ekslusif
  44. Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
  45. Menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  46. Membuat model proses dengan menggunakan berbagai macam media melalui analisis hasil studi literatur, pengamatan mikroskopis, percobaan, dan simulasi tentang bioproses yang berlangsung di dalam sel.
  47. Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.
  48. Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap bioproses yang berlangsung pada hewan
  49. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang menyebabkan gangguan sistem gerak manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
  50. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
  51. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
  52. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan/respirasi yang menyebabkan gangguan sistem respirasi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
  53. Merencanakan dan melaksanakan pengamatan pengaruh pencemaran udara dan mengolah informasi beberapa resiko negatif merokok pada remaja untuk menentukan keputusan.
  54. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
  55. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi saraf dan hormon pada sistem koordinasi yang disebabkan oleh senyawa psikotropika yang menyebabkan gangguan sistem koordinasi manusia dan melakukan kampanye anti narkoba pada berbagai media.
  56. Melakukan kampanye antinarkoba melalui berbagai bentuk media komunikasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
  57. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
  58. Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.
  59. Merencanakan dan melakukan kampanye tentang upaya penanggulangan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas SDM melalui program keluarga berencana (KB) dan pemberian ASI ekslusif dalam bentuk poster dan spanduk
  60. Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.
  61. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup.
  62. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
  63. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.\
  64. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
  65. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
  66. Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
  67. Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup.
  68. Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsi-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.
  69. Menganalisis proses pembelahan sel.
  70. Memahami pola-pola Hukum Mendel
  71. Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
  72. Menganalisis hereditas pada manusia.
  73. Menganalisis peristiwa mutasi.
  74. Menganalisis tentang teori evolusi dan seleksi alam dengan pandangan baru mengenai pembentukan spesies baru di bumi berdasarkan studi literatur.
  75. Memahami tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan.\
  76. Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.
  77. Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media.
  78. Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
  79. Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel.
  80. Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa yang ditemukan sehari-hari
  81. Mengevaluasi pola-pola hereditas pautan dan pindah silang.
  82. Menyajikan data hereditas pada manusia
  83. Menyajikan data proses mutasi.
  84. Mengevaluasi pemahaman diri tentang berbagai pandangan mengenai evolusi makhluk hidup dan menciptakan gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan teori evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya.
  85. Merencanakan dan melakukan percobaan dalam penerapan prinsip-prinsip bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk dan mengevaluasi produk yang dihasilkan serta prosedur yang dilaksanakan.

Monday, February 25, 2019

TRY OUT BIOLOGI UN 02 - 2019


PILIHLAH Jawaban yang tepat


1. Dinyatakan sakit atau tidak terkena penyakit Tifus bisa dilakukan test dengan Widal test sehingga tahu kwantitas Salmonella typhi terdeteksi dengan pengencerannya
Bakteri tersebut memiliki efek negatif terhadap kehidupan manusia, karena dapat menular melalui ....
A. sistem pernafasan, terjadi infeksi pada batang tenggorok, luka inflamasi dan tubuh menggigil
B. sistem pencernaan, terjadi infeksi pada saluran kerongkongan, mengering, dan demam tinggi
C. sistem pencernaan, akibat mengkonsumsi makanan yang tidak bersih dan terkontaminasi bakteri tersebut
D. sistem pencernaan, terjadi infeksi pada usus besar menyebabkan pengeluaran cairan yang berlebihan dari dalam tubuh
E. sistem pernafasan, akibat menghirup udara kotor yang menyebabkan paru-paru meradang dan afinitas O2 di alveolus menjadi rendah

2. Di bawah ini adalah kelompok individu:
1. Kelapa sawit – kelapa hijau
2. Salak Bali – salak Pondoh
3. Jeruk Bali – jeruk limau
4. Kuda Arab – kuda Sumbawa
5. Kucing rumah – kucing hutan
6. Anjing pudel – anjing Doberman
Kelompok yang tepat dalam satu tingkat keanekaragaman gen adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 4, dan 6
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 6
E. 3, 4, dan 5

3. Beberapa ciri tumbuhan, yaitu:
1) fase sporofit lebih dominan
2) berklorofil
3) bentuk daun muda menggulung
4) habitatnya lembab kaya organik
5) reproduksi vegetatif dengan spora
6) memiliki pembuluh angkut
Dasar pengelompokan yang memisahkan tumbuhan paku berbeda dengan tumbuhan lumut adalah ....
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 6
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 6

4. Berikut jenis-jenis jamur dengan tempat penyimpanan spora yang serupa :


Berdasarkan ciri-cirinya, jenis jamur di atas termasuk kelompok ... .
A. Oomycotina
B. Ascomycotina
C. Zygomycotina
D. Basidiomycotyina
E. Deuteromycotina

5. Hasil pengamatan terhadap dua jenis jamur diperoleh data sebagai berikut:

Berdasarkan data di atas, pernyataan yang tepat secara berurutan jamur A dan B adalah ....
A. Zygomycotina dan Ascomycotina
B. Basidiomycotina dan Ascomycotina
C. Deuteromycotina dan Ascomycotina
D. Ascomycotina dan Oomycotina
E. Basidiomycotina dan Deuteromycotina

6. Penduduk perkampungan situ babakam , menggantungkan hidupnya pada pertanian dan peternakan ikan di danau setempat. Namun belakangan dijumpai ikan di danau tersebut sulit di dapat serta banyaknya populasi eceng gondok di danau tersebut. Hal ini terjadi karena adanya Eutrofikasi yang di sebabkan oleh ….
A. meningkatnya sulfur dan tingginya co2
B. terurainya zat organik menjadi anorganik
C. meningkatnya eceng gondok dan co2
D. kandungan nitrogen dan fosfat yang tinggi
E. adanya pestisida dan detergen yang tidak larut

7. Perhatikan daur hidup paku ini !
Manakah pernyataan yang benar berkaitan dengan daur hidup paku di atas?
A. X fase sporofit membentuk sel gamet
B. Y fase sporofit membentuk sel gamet
C. Z fase gametofit membentuk spora
D. Meiosis terjadi pada bagian Z
E. Meiosis terjadi pada bagian X

8. Di bawah ini gambar contoh Kelas Myriapoda:


Ordo dari kelas Myriapoda berdasar-kan contoh gambar (1) dan (2) secara berurutan adalah …
A. Chilopoda dan Diplopoda
B. Acarina dan Diptera
C. Diplopoda dan Chilopoda
D. Diptera dan Diplopoda
E. Acarina dan Chilopoda

9. Perhatikan daur hidup cacing hati Fasciola hepatica!

Secara berurutan 1 dan 2 adalah fase ….
A. sel telur dan larva mirasidium
B. larva sporosis dan metaserkaria
C. larva mirasidium dan larva sercaria
D. larva redia dan larva metaserkaria
E. larva serkaria dan larva mirasidium

10. Seorang peneliti melakukan pengamatan terhadap populasi tikus yang terjangkit parasit di area pesawahan. Diketahui pada setiap 1000 batang padi ditemukan 90 ekor tikus sawah, setiap ekor tikus sawah membawa 50 – 100 kutu tikus. Selanjutnya setiap ekor kutu tikus terdapat mikroorganisme pembawa penyakit antara 75 – 150 parasit.
Peneliti membuat piramida jumlah yang sesuai pada ekosistem tersebut. Bentuk piramida yang sesuai adalah ….

11. Perhatikan Gambar siklus biogeokimia ini

Secara berurutan proses yang terjadi pada bagian X dan Y, adalah aktifitas bakteri dalam proses ….
A. nitrifikasi dan denitrifikasi
B. fiksasi nitrogen dan nitrifikasi
C. nitrifikasi dan fiksasi nitrogen
D. denitrifikasi dan fiksasi nitrogen
E. fiksasi nitrogen dan denitrifikasi

12. Perhatikan gambar sel berikut!


Hubungan yang tepat antara nomor, nama organ dan fungsi sesuai gambar adalah ... .

13. Berikut hasil percobaan membran sel:
Proses yang terjadi pada pada sistem sel tersebut adalah ....
A. perpindahan zat terlarut ke luar sistem sel, akibat kondisi lingkungan hipertonik
B. terlepasnya membran sel dari dinding sel, akibat kondisi lingkungan hipotonik
C. perpindahan larutan ke luar sistem sel, akibat kondisi lingkungan hipertonik
D. perluasan vakuola, akibat konsentrasi garam semakin tinggi
E. lisis membran sel, akibat larutan garam masuk ke dalam sel

14. Berikut diagram transpor membran :
Proses yang dapat terjadi pada membran sel tersebut adalah ....
A. menerima sinyal yang disalurkan ke neurotransmitter
B. melepaskan enzim, hormon, protein, dan glukosa
C. mengolah nutrisi di dalam vesikel yang terbentuk
D. migrasi sel dan adhesi jaringan
E. pembentukan vesikel nutrisi

15. Berikut penampang melintang akar tumbuhan:

Unsur-unsur dalam tanah masuk ke dalam sistem perakaran, melalui bagian bertanda panah, dengan cara ....
A. fagositosis
B. pinositosis
C. hanya difusi
D. hanya osmosis
E. difusi dan osmosis

16. Pasangan yang benar antara gambar jaringan dengan fungsinya adalah .....


17. Perhatikan gambar anatomi manusia di bawah ini!

Secara berurutan bagian-bagian jaringan yang ditunjuk adalah sel ….
A. otot lurik dan otot polos
B. otot polos dan adipose
C. kelenjar dan otot lurik
D. epitel dan otot polos
E. adiposa dan epitel

18. Perhatikan gambar gerakan pada alat gerak bagian atas manusia berikut ini:

Pernyataan yang benar berkaitan dengaan gerakan tersebut pada tabel adalah ....

19. Pelunakan tulang pada anak-anak menjadi penyebab potensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk. Anak-anak berumur antara 6 sampai 36 bulan paling berisiko terkena gejala pelunakan tulang, karena mereka masih bertumbuh. Jika kondisi ini dibiarkan, dapat mengakibatkan gagal tumbuh, tulang punggung melengkung secara abnormal, kerusakan gigi, dan kelainan bentuk kerangka, seperti bentuk kaki O atau X.
Penyebab gangguan tersebut adalah ....
A. rendahnya paparan cahaya matahari, sehingga produksi fosfor terhambat
B. penurunan berat tulang dan terhambatnya reabsorpsi bahan tulang
C. tulang mengalami retak, akibat serangan penyakit diabetes
D. kekurangan kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin D
E. hancurnya tulang rawan pada bagian sendi

20. Berikut sistem peredaran darah kecil pada manusia:

Manakah pernyataan yang benar berkaitan dengan pembuluh darah dan kandungan gasnya?

21. Perhatikan gambar berikut:

Bagian yang ditunjuk X dan Y secara berurutan berfungsi….
A. menerima darah dari seluruh tubuh, memompa darah ke seluruh tubuh
B. memompa darah ke seluruh tubuh, menerima darah dari paru-paru
C. menerima darah dari paru-paru, memompa darah ke seluruh tubuh
D. menerima darah dari seluruh tubuh, memompa darah ke paru-paru
E. menerima darah dari paru-paru, memompa darah ke paru-paru

22. Berikut mekanisme pembekuan darah :
 

Peranan hasil perombakan trombosit difungsikan untuk ....
A. merombak protrombin menjadi trombin, dibantu ion kalsium dan vitamin K
B. merombak trombin menjadi fibrinogen, dibantu enzim protrombin
C. menghentikan reaksi protrombin menjadi trombin
D. membentuk benang-benang fibrin penutup luka
E. memproduksi ion kalsium dan vitamin K

23. Seorang dokter mendiagnosis sel darah seorang pasien, hasil analisis jumlah sel darah per mm3, sebagai berikut:

Diduga pasien tersebut sedang mengalami gangguan ...
A. anemia
B. leukopeni
C. leukemia
D. polistemia
E. infeksi – radang

22. Seorang pasien berusia 50 tahun, didiagnosa mengalami pelebaran pembuluh darah vena di bagian bawah dari saluran cerna, yaitu rektum dan anus (dubur). Keadaan ini terjadi akibat peningkatan tekanan di daerah tersebut. Pasien tersebut sedang mengalami gangguan ....
A. stroke
B. varises
C. hipertensi
D. polistemia
E. hemoroid

23. Perhatikan gambar organ pencernaan
Pada saat makanan melewati no.1 amilum masih mengalami proses pencernaan, tetapi di no.2, amilum hanya sedikit tercerna atau tidak mengalami pencernaan sebab .....
A. semua amilum sudah tercerna
B. pepsin menghambat kerja amilase
C. HCl menghambat kerja pepsin
D. HCl menghambat kerja amilase
E. Emulsi selurh zat-zat makanan

24. Hubungan yang benar antara organ tempat kerja enzim dan fungsinya pada proses pencernaan ditunjukkan ....

25. Telur ayam rebus yang dimakan, masuk dalam sistem pencernaan diawali proses mekanik di dalam mulut, selanjutnya akan terurai pertama kali secara kimiawi di dalam ....
A. osefagus
B. lambung
C. usus halus
D. pankreas
E. usus besar

26. Berikut organ paru-paru manusia :
Bagian X adalah tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang tersusun dari sel ....
A. epitel pipih berlapis
B. epitel pipih selapis
C. epitel kubus silindris
D. epitel kubus berlapis
E. epitel silindris bersilia

27. Perhatikan gambar nefron ini!
Fungsi kerja nefron pada bagian X dan Y adalah ….

Detail Filtrasi
28. Seorang pelari maraton mengalami kondisi dehidrasi. Proses yang menyebabkan terjadinya dehidrasi tubuh atlet tersebut, diakibatkan tekanan osmotik dalam darah sebagai berikut ....
A. naik, terjadi sekresi ADH, reabsorpsi air pada tubulus proksimal menurun
B. naik, terjadi sekresi ADH, reabsorpsi air pada tubulus distal meningkat
C. turun, sekresi ADH terhambat, reabsorpsi air pada tubulus distal meningkat
D. turun, terjadi sekresi ADH, reabsorpsi air pada tubulus distal menurun
E. turun, sekresi ADH terhambat, reabsorpsi air pada tubukus proksimal turun

29. Hormon yang mempengaruhi perubahan glikogen menjadi glukosa, mempertinggi aliran darah ke otot dan merangsang kerja otot jantung diproduksi oleh kelenjar ....
A. tiroid
B. adrenal
C. pituitari
D. pankreas
E. paratiroid

30. Perhatikan arah rangsang pada sistem mekanisme penghantar impuls!

Jika bagian mata terkena debu, maka mekanisme penghantar impuls melalui jaringan saraf X – Y, secara berurutan adalah ….
A. reseptor – efektor
B. efektor – reseptor
C. sensoris – motoris
D. motoris – sensoris
E. reseptor – motoris

31. Perhatikan alat reproduksi wanita ini!

Proses yang terjadi dimulai dari nomor 1 sampai 6 adalah ….
A. 1 – 3 pembentukan ovum
B. 1 – 3 peristiwa meiosis 1
C. 3 – 4 pematangan ootid
D. 4 – 5 pembentukan ootid
E. 4 – 6 peristiwa meiosis 2



32. Rangkaian imunisasi DPT diberikan pada bayi usia 4 bulan, kemudian lanjut usia 6 bulan, dan 18 bulan, bertujuan menurunkan resiko pada anak dari serangan bakteri yang mengakibatkan difteri, pertusis, dan tetanus, efek reaksi adalah tubuh menjadi kebal serangan. Proses yang terjadi pada tubuh anak tersebut adalah ….
A. pengaktifan protein komplemen dan menetralkan racun virus
B. mensuplai secara pasif senyawa kekebalan pada tubuh secara berkala
C. mencegah masuknya virus atau bakteri melalui jaringan epitel mukosa
D. vaksin menggumpalkan antigen, makrofag memfagositosis serangan virus
E. vaksin terdeteksi oleh tubuh sebagai antigen, maka tubuh membentuk antibodi

33. Berikut proses mekanisme menstruasi:

Proses yang terjadi pada fase X adalah ….
A. Fase estrus, peningkatan LH menyebabkan ovulasi
B. FSH dan memerintahkan hipofisis menghasilkan LH
C. Fase estrus, estrogen dan progesteron diproduksi pesat
D. Pelepasan ovum akibat FSH memacu kerja hormone estrogen
E. Fase luteal, progesteron memacu pembentukan endometrium

34. Perhatikan grafik pertumbuhan kecambah kacang hijau
Kesimpulan yang sesuai dari hasil percobaan tersebut adalah ....
A. pertumbuhan kecambah tidak memerlukan cahaya
B. pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih lambat
C. suhu mempengaruhi kecepatan pertumbuhan kecambah
D. intensitas cahaya mempengaruhi pertum-buhan kecambah
E. intensitas cahaya tidak mempengaruhi pertumbuhan kecambah

35.Berikut reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh manusia
Proses reaksi metabolimse yang terjadai, dan substansi X, Y, dan enzim Z adalah ....

36. Berikut skema sebagian skema respirasi sel:
Dari skema tersebut, manakah pernyataan yang benar?

37. Berikut reaksi katabolisme :
Senyawa X, Y, dan Z adalah ....
A. lemak 1, lemak 2, dan protein
B. lemak, asam lemak, dan protein
C. asam lemak, gliserol, dan polipeptida
D. asam lemak, asam amino, dan protein
E. gliserol, asam lemak, dan asam amino

38. Berikut reaksi respirasi anaerob yang disebabkan jamur Saccharomyces
Manakah pernyataan yang sesuai berdasarkan reaksi tersebut?

39. Perhatikan reaksi fotosintesis di bawah ini!

Secara berurutan, nomor 1 dan 2 adalah proses ...
A. Fiksasi CO2 dan dehidrogenasi
B. Fotolisis H2O dan dehidrogenasi
C. Fiksasi CO2 dan fosforilasi
D. Reduksi O2 dan fosforilasi
E. Regenerasi ribulofosfat dan fosforilasi

40. Di bawah ini adalah perisitwa yang terjadi di dalam kloroplas :

  1. pembentukan energi dalam bentuk ATP dari proses transfer elektron
  2. perombakan senyawa lima karbon membentuk asam fosfogliserat
  3. penguraian air
  4. penggunaan ion H+
  5. pembebasan oksigen ke atmosfer
  6. fiksasi karbondioksida

Peristiwa yang terjadi di dalam grana pada saat fotosintesis adalah ….
A. 1, 2, dan 6
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 4, dan 6
D. 3, 4, dan 5
E. 4, 5, dan 6

41. Berikut struktur kloroplas:
Proses fotosintesis pada bagian X adalah ….
A. fotosistem, fotolisis, dan siklus Calvin
B. fotolisis, pembentukan NADH2, dan ADP
C. fiksasi CO2, fotolisis, dan pembentukan PGAL
D. transfer elektron, fotolisis, dan pembentukan ATP
E. rantai sitokrom, pembentukan H2O, dan pembebasan ATP

42. Perhatikan bagan eksperimen fotosintesis Ingenhouz

Dari hasil eksperimen di atas dapat membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis .....
A. diperlukan oksigen
B. dihasilkan karbondoksida
C. diperlukan cahaya
D. dibutuhkan klorofil
E. dipengaruhi natrium bikarbonat

43. Tahapan sintesis protein :
1) Penempelan RNA polimerase pada molekul DNA
2) Pergerakan RNA polymerase sehingga dihasilkan rantai RNA
3) Pemisahan rantai RNA dari template
4) Penambahan senyawa kimia sehingga dihasilkan mRNA lengkap
Tahapan selanjutnya dari sintesis protein tersebut (tahap ke-5) adalah … .
A. pembuatan rangkaian asam amino yang dibawa oleh trna
B. mRNA selesai dicetak meninggalkan nukleus menuju Sitoplasma
C. pengenalan kodon aug oleh subunit ribosom kecil
D. pemasangan subunit ribosom besar
E. pengenalan kodon UAG oleh ribosom

44. Perhatikan diagram persilangan ayam yang memiliki pial berbeda:

Bila F1 disilangkan sesamanya, berapa persen keturunan pial pea bergenotip (rrPp)?
A. 6,25%
B. 12,50%
C. 18,50%
D. 25 %
E. 50%

PENDALAMAN

45. Pada Drosophila melanogaster, tubuh kelabu sayap panjang dominan terhadap tubuh hitam sayap pendek. Dalam suatu eksperimen diperoleh keturunan sebagai berikut:
· Tubuh kelabu sayap pendek 944
· Tubuh hitam sayap panjang 965
· Tubuh hitam sayap pendek 185
· Tubuh kelabu sayap panjang 206
Maka nilai pindah silangnya ....
A. 17%
B. 41%
C. 42%
D. 58%
E. 83%

46. Bila terjadi perkawinan  seorang laki laki DDee bisu tuli dengan seorang perempuan juga bisu tuli ddEE ternyata semua anaknya Normal DdEe. Orang ini kawin dengan seorang yang normal DdEe. Berapa persen anaknya menderita bisu tuli
A. 6,25%
B. 12,50%
C. 18,50%
D. 25 %
E. 43,75%

47. Perhatikan gambar kariotipe kromosom manusia yang mengalami mutasi!

Macam peristiwa mutasi yang terjadi adalah ....
A. monosomi pada kromosom autosom
B. monosomi pada kromosom seks
C. trisomi pada kromosom autosom
D. trisomi pada kromosom seks
E. tetrasomi pada kromosom seks

48. Berikut beberapa pernyataan yang mendukung teori evolusi !
  1. Tikus berekor panjang dipotong ekornya beberapa generasi ekornya lengkap
  2. Perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang menurun
  3. Evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
  4. Evolusi terjadi karena seleksi alam
  5. Jerapah berleher pendek menjadi jerapah berleher panjang

Pernyataan yang dicetuskan oleh Lamarck adalah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

49. Pada populasi bekicot terdapat 8 ekor bekicot dengan cangkang berwarna kuning (bb) dan 192 ekor bekicot dengan cangkang hitam (BB & Bb). Berapakah fekuensi alel B?
A. 0,08
B. 0,04
C. 0,2
D. 0,4
E. 0,8

50. Berikut salah satu teknik bioteknologi:
Teknik tersebut adalah ....
A. hibridoma
B. kultur sel
C. katenasi
D. transplantasi inti
E. rekombinasi DNA


JAWABAN


PILIHLAH Jawaban yang tepat

1. Dinyatakan sakit atau tidak terkena penyakit Tifus bisa dilakukan test dengan Widal test sehingga tahu kwantitas Salmonella typhi terdeteksi dengan pengencerannya
Bakteri tersebut memiliki efek negatif terhadap kehidupan manusia, karena dapat menular melalui ....
A. sistem pernafasan, terjadi infeksi pada batang tenggorok, luka inflamasi dan tubuh menggigil
B. sistem pencernaan, terjadi infeksi pada saluran kerongkongan, mengering, dan demam tinggi
C. sistem pencernaan, akibat mengkonsumsi makanan yang tidak bersih dan terkontaminasi bakteri tersebut
D. sistem pencernaan, terjadi infeksi pada usus besar menyebabkan pengeluaran cairan yang berlebihan dari dalam tubuh
E. sistem pernafasan, akibat menghirup udara kotor yang menyebabkan paru-paru meradang dan afinitas O2 di alveolus menjadi rendah

2. Di bawah ini adalah kelompok individu:
1. Kelapa sawit – kelapa hijau
2. Salak Bali – salak Pondoh
3. Jeruk Bali – jeruk limau
4. Kuda Arab – kuda Sumbawa
5. Kucing rumah – kucing hutan
6. Anjing pudel – anjing Doberman
Kelompok yang tepat dalam satu tingkat keanekaragaman gen adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 4, dan 6
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 6
E. 3, 4, dan 5

3. Beberapa ciri tumbuhan, yaitu:
1) fase sporofit lebih dominan
2) berklorofil
3) bentuk daun muda menggulung
4) habitatnya lembab kaya organik
5) reproduksi vegetatif dengan spora
6) memiliki pembuluh angkut
Dasar pengelompokan yang memisahkan tumbuhan paku berbeda dengan tumbuhan lumut adalah ....
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 6
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 6

4. Berikut jenis-jenis jamur dengan tempat penyimpanan spora yang serupa :


Berdasarkan ciri-cirinya, jenis jamur di atas termasuk kelompok ... .
A. Oomycotina
B. Ascomycotina
C. Zygomycotina
D. Basidiomycotyina
E. Deuteromycotina

5. Hasil pengamatan terhadap dua jenis jamur diperoleh data sebagai berikut:

Berdasarkan data di atas, pernyataan yang tepat secara berurutan jamur A dan B adalah ....
A. Zygomycotina dan Ascomycotina
B. Basidiomycotina dan Ascomycotina
C. Deuteromycotina dan Ascomycotina
D. Ascomycotina dan Oomycotina
E. Basidiomycotina dan Deuteromycotina

6. Penduduk perkampungan situ babakam , menggantungkan hidupnya pada pertanian dan peternakan ikan di danau setempat. Namun belakangan dijumpai ikan di danau tersebut sulit di dapat serta banyaknya populasi eceng gondok di danau tersebut. Hal ini terjadi karena adanya Eutrofikasi yang di sebabkan oleh ….
A. meningkatnya sulfur dan tingginya co2
B. terurainya zat organik menjadi anorganik
C. meningkatnya eceng gondok dan co2
D. kandungan nitrogen dan fosfat yang tinggi
E. adanya pestisida dan detergen yang tidak larut

7. Perhatikan daur hidup paku ini !
Manakah pernyataan yang benar berkaitan dengan daur hidup paku di atas?
A. X fase sporofit membentuk sel gamet
B. Y fase sporofit membentuk sel gamet
C. Z fase gametofit membentuk spora
D. Meiosis terjadi pada bagian Z
E. Meiosis terjadi pada bagian X

8. Di bawah ini gambar contoh Kelas Myriapoda:


Ordo dari kelas Myriapoda berdasar-kan contoh gambar (1) dan (2) secara berurutan adalah …
A. Chilopoda dan Diplopoda
B. Acarina dan Diptera
C. Diplopoda dan Chilopoda
D. Diptera dan Diplopoda
E. Acarina dan Chilopoda

9. Perhatikan daur hidup cacing hati Fasciola hepatica!

Secara berurutan 1 dan 2 adalah fase ….
A. sel telur dan larva mirasidium
B. larva sporosis dan metaserkaria
C. larva mirasidium dan larva sercaria
D. larva redia dan larva metaserkaria
E. larva serkaria dan larva mirasidium

10. Seorang peneliti melakukan pengamatan terhadap populasi tikus yang terjangkit parasit di area pesawahan. Diketahui pada setiap 1000 batang padi ditemukan 90 ekor tikus sawah, setiap ekor tikus sawah membawa 50 – 100 kutu tikus. Selanjutnya setiap ekor kutu tikus terdapat mikroorganisme pembawa penyakit antara 75 – 150 parasit.
Peneliti membuat piramida jumlah yang sesuai pada ekosistem tersebut. Bentuk piramida yang sesuai adalah ….E

11. Perhatikan Gambar siklus biogeokimia ini

Secara berurutan proses yang terjadi pada bagian X dan Y, adalah aktifitas bakteri dalam proses ….
A. nitrifikasi dan denitrifikasi
B. fiksasi nitrogen dan nitrifikasi
C. nitrifikasi dan fiksasi nitrogen
D. denitrifikasi dan fiksasi nitrogen
E. fiksasi nitrogen dan denitrifikasi

12. Perhatikan gambar sel berikut!


Hubungan yang tepat antara nomor, nama organ dan fungsi sesuai gambar adalah ... .B

13. Berikut hasil percobaan membran sel:
Proses yang terjadi pada pada sistem sel tersebut adalah ....
A. perpindahan zat terlarut ke luar sistem sel, akibat kondisi lingkungan hipertonik
B. terlepasnya membran sel dari dinding sel, akibat kondisi lingkungan hipotonik
C. perpindahan larutan ke luar sistem sel, akibat kondisi lingkungan hipertonik
D. perluasan vakuola, akibat konsentrasi garam semakin tinggi
E. lisis membran sel, akibat larutan garam masuk ke dalam sel

14. Berikut diagram transpor membran :
Proses yang dapat terjadi pada membran sel tersebut adalah ....
A. menerima sinyal yang disalurkan ke neurotransmitter
B. melepaskan enzim, hormon, protein, dan glukosa
C. mengolah nutrisi di dalam vesikel yang terbentuk
D. migrasi sel dan adhesi jaringan
E. pembentukan vesikel nutrisi

15. Berikut penampang melintang akar tumbuhan:

Unsur-unsur dalam tanah masuk ke dalam sistem perakaran, melalui bagian bertanda panah, dengan cara ....
A. fagositosis
B. pinositosis
C. hanya difusi
D. hanya osmosis
E. difusi dan osmosis

16. Pasangan yang benar antara gambar jaringan dengan fungsinya adalah .....C


17. Perhatikan gambar anatomi manusia di bawah ini!

Secara berurutan bagian-bagian jaringan yang ditunjuk adalah sel ….
A. otot lurik dan otot polos
B. otot polos dan adipose
C. kelenjar dan otot lurik
D. epitel dan otot polos
E. adiposa dan epitel

18. Perhatikan gambar gerakan pada alat gerak bagian atas manusia berikut ini:

Pernyataan yang benar berkaitan dengaan gerakan tersebut pada tabel adalah ....C

19. Pelunakan tulang pada anak-anak menjadi penyebab potensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk. Anak-anak berumur antara 6 sampai 36 bulan paling berisiko terkena gejala pelunakan tulang, karena mereka masih bertumbuh. Jika kondisi ini dibiarkan, dapat mengakibatkan gagal tumbuh, tulang punggung melengkung secara abnormal, kerusakan gigi, dan kelainan bentuk kerangka, seperti bentuk kaki O atau X.
Penyebab gangguan tersebut adalah ....
A. rendahnya paparan cahaya matahari, sehingga produksi fosfor terhambat
B. penurunan berat tulang dan terhambatnya reabsorpsi bahan tulang
C. tulang mengalami retak, akibat serangan penyakit diabetes
D. kekurangan kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin D
E. hancurnya tulang rawan pada bagian sendi

20. Berikut sistem peredaran darah kecil pada manusia:

Manakah pernyataan yang benar berkaitan dengan pembuluh darah dan kandungan gasnya?

21. Perhatikan gambar berikut:

Bagian yang ditunjuk X dan Y secara berurutan berfungsi….
A. menerima darah dari seluruh tubuh, memompa darah ke seluruh tubuh
B. memompa darah ke seluruh tubuh, menerima darah dari paru-paru
C. menerima darah dari paru-paru, memompa darah ke seluruh tubuh
D. menerima darah dari seluruh tubuh, memompa darah ke paru-paru
E. menerima darah dari paru-paru, memompa darah ke paru-paru

22. Berikut mekanisme pembekuan darah :
 

Peranan hasil perombakan trombosit difungsikan untuk ....
A. merombak protrombin menjadi trombin, dibantu ion kalsium dan vitamin K
B. merombak trombin menjadi fibrinogen, dibantu enzim protrombin
C. menghentikan reaksi protrombin menjadi trombin
D. membentuk benang-benang fibrin penutup luka
E. memproduksi ion kalsium dan vitamin K

23. Seorang dokter mendiagnosis sel darah seorang pasien, hasil analisis jumlah sel darah per mm3, sebagai berikut:

Diduga pasien tersebut sedang mengalami gangguan ...
A. anemia
B. leukopeni
C. leukemia
D. polistemia
E. infeksi – radang

22. Seorang pasien berusia 50 tahun, didiagnosa mengalami pelebaran pembuluh darah vena di bagian bawah dari saluran cerna, yaitu rektum dan anus (dubur). Keadaan ini terjadi akibat peningkatan tekanan di daerah tersebut. Pasien tersebut sedang mengalami gangguan ....
A. stroke
B. varises
C. hipertensi
D. polistemia
E. hemoroid

23. Perhatikan gambar organ pencernaan
Pada saat makanan melewati no.1 amilum masih mengalami proses pencernaan, tetapi di no.2, amilum hanya sedikit tercerna atau tidak mengalami pencernaan sebab .....
A. semua amilum sudah tercerna
B. pepsin menghambat kerja amilase
C. HCl menghambat kerja pepsin
D. HCl menghambat kerja amilase
E. Emulsi selurh zat-zat makanan

24. Hubungan yang benar antara organ tempat kerja enzim dan fungsinya pada proses pencernaan ditunjukkan ....A

25. Telur ayam rebus yang dimakan, masuk dalam sistem pencernaan diawali proses mekanik di dalam mulut, selanjutnya akan terurai pertama kali secara kimiawi di dalam ....
A. osefagus
B. lambung
C. usus halus
D. pankreas
E. usus besar

26. Berikut organ paru-paru manusia :
Bagian X adalah tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang tersusun dari sel ....
A. epitel pipih berlapis
B. epitel pipih selapis
C. epitel kubus silindris
D. epitel kubus berlapis
E. epitel silindris bersilia

27. Perhatikan gambar nefron ini!
Fungsi kerja nefron pada bagian X dan Y adalah ….B

28. Seorang pelari maraton mengalami kondisi dehidrasi. Proses yang menyebabkan terjadinya dehidrasi tubuh atlet tersebut, diakibatkan tekanan osmotik dalam darah sebagai berikut ....
A. naik, terjadi sekresi ADH, reabsorpsi air pada tubulus proksimal menurun
B. naik, terjadi sekresi ADH, reabsorpsi air pada tubulus distal meningkat
C. turun, sekresi ADH terhambat, reabsorpsi air pada tubulus distal meningkat
D. turun, terjadi sekresi ADH, reabsorpsi air pada tubulus distal menurun
E. turun, sekresi ADH terhambat, reabsorpsi air pada tubukus proksimal turun

29. Hormon yang mempengaruhi perubahan glikogen menjadi glukosa, mempertinggi aliran darah ke otot dan merangsang kerja otot jantung diproduksi oleh kelenjar ....
A. tiroid
B. adrenal
C. pituitari
D. pankreas
E. paratiroid

30. Perhatikan arah rangsang pada sistem mekanisme penghantar impuls!

Jika bagian mata terkena debu, maka mekanisme penghantar impuls melalui jaringan saraf X – Y, secara berurutan adalah ….
A. reseptor – efektor
B. efektor – reseptor
C. sensoris – motoris
D. motoris – sensoris
E. reseptor – motoris

31. Perhatikan alat reproduksi wanita ini!

Proses yang terjadi dimulai dari nomor 1 sampai 6 adalah ….
A. 1 – 3 pembentukan ovum
B. 1 – 3 peristiwa meiosis 1
C. 3 – 4 pematangan ootid
D. 4 – 5 pembentukan ootid
E. 4 – 6 peristiwa meiosis 2

32. Rangkaian imunisasi DPT diberikan pada bayi usia 4 bulan, kemudian lanjut usia 6 bulan, dan 18 bulan, bertujuan menurunkan resiko pada anak dari serangan bakteri yang mengakibatkan difteri, pertusis, dan tetanus, efek reaksi adalah tubuh menjadi kebal serangan. Proses yang terjadi pada tubuh anak tersebut adalah ….
A. pengaktifan protein komplemen dan menetralkan racun virus
B. mensuplai secara pasif senyawa kekebalan pada tubuh secara berkala
C. mencegah masuknya virus atau bakteri melalui jaringan epitel mukosa
D. vaksin menggumpalkan antigen, makrofag memfagositosis serangan virus
E. vaksin terdeteksi oleh tubuh sebagai antigen, maka tubuh membentuk antibodi

33. Berikut proses mekanisme menstruasi:

Proses yang terjadi pada fase X adalah ….
A. Fase estrus, peningkatan LH menyebabkan ovulasi
B. FSH dan memerintahkan hipofisis menghasilkan LH
C. Fase estrus, estrogen dan progesteron diproduksi pesat
D. Pelepasan ovum akibat FSH memacu kerja hormone estrogen
E. Fase luteal, progesteron memacu pembentukan endometrium

34. Perhatikan grafik pertumbuhan kecambah kacang hijau
Kesimpulan yang sesuai dari hasil percobaan tersebut adalah ....
A. pertumbuhan kecambah tidak memerlukan cahaya
B. pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih lambat
C. suhu mempengaruhi kecepatan pertumbuhan kecambah
D. intensitas cahaya mempengaruhi pertum-buhan kecambah
E. intensitas cahaya tidak mempengaruhi pertumbuhan kecambah

35.Berikut reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh manusia
Proses reaksi metabolimse yang terjadai, dan substansi X, Y, dan enzim Z adalah ....D

36. Berikut skema sebagian skema respirasi sel:
Dari skema tersebut, manakah pernyataan yang benar? D

37. Berikut reaksi katabolisme :
Senyawa X, Y, dan Z adalah ....
A. lemak 1, lemak 2, dan protein
B. lemak, asam lemak, dan protein
C. asam lemak, gliserol, dan polipeptida
D. asam lemak, asam amino, dan protein
E. gliserol, asam lemak, dan asam amino

38. Berikut reaksi respirasi anaerob yang disebabkan jamur Saccharomyces
Manakah pernyataan yang sesuai berdasarkan reaksi tersebut? D

39. Perhatikan reaksi fotosintesis di bawah ini!

Secara berurutan, nomor 1 dan 2 adalah proses ...
A. Fiksasi CO2 dan dehidrogenasi
B. Fotolisis H2O dan dehidrogenasi
C. Fiksasi CO2 dan fosforilasi
D. Reduksi O2 dan fosforilasi
E. Regenerasi ribulofosfat dan fosforilasi

40. Di bawah ini adalah perisitwa yang terjadi di dalam kloroplas :
  1. pembentukan energi dalam bentuk ATP dari proses transfer elektron
  2. perombakan senyawa lima karbon membentuk asam fosfogliserat
  3. penguraian air
  4. penggunaan ion H+
  5. pembebasan oksigen ke atmosfer
  6. fiksasi karbondioksida
Peristiwa yang terjadi di dalam grana pada saat fotosintesis adalah ….
A. 1, 2, dan 6
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 4, dan 6
D. 3, 4, dan 5
E. 4, 5, dan 6

41. Berikut struktur kloroplas:
Proses fotosintesis pada bagian X adalah ….
A. fotosistem, fotolisis, dan siklus Calvin
B. fotolisis, pembentukan NADH2, dan ADP
C. fiksasi CO2, fotolisis, dan pembentukan PGAL
D. transfer elektron, fotolisis, dan pembentukan ATP
E. rantai sitokrom, pembentukan H2O, dan pembebasan ATP

42. Perhatikan bagan eksperimen fotosintesis Ingenhouz

Dari hasil eksperimen di atas dapat membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis .....
A. diperlukan oksigen
B. dihasilkan karbondoksida
C. diperlukan cahaya
D. dibutuhkan klorofil
E. dipengaruhi natrium bikarbonat

43. Tahapan sintesis protein :
1) Penempelan RNA polimerase pada molekul DNA
2) Pergerakan RNA polymerase sehingga dihasilkan rantai RNA
3) Pemisahan rantai RNA dari template
4) Penambahan senyawa kimia sehingga dihasilkan mRNA lengkap
Tahapan selanjutnya dari sintesis protein tersebut (tahap ke-5) adalah … .
A. pembuatan rangkaian asam amino yang dibawa oleh trna
B. mRNA selesai dicetak meninggalkan nukleus menuju Sitoplasma
C. pengenalan kodon aug oleh subunit ribosom kecil
D. pemasangan subunit ribosom besar
E. pengenalan kodon UAG oleh ribosom

44. Perhatikan diagram persilangan ayam yang memiliki pial berbeda:

Bila F1 disilangkan sesamanya, berapa persen keturunan pial pea bergenotip (rrPp)?
A. 6,25%
B. 12,50%
C. 18,50%
D. 25 %
E. 50%

45. Pada Drosophila melanogaster, tubuh kelabu sayap panjang dominan terhadap tubuh hitam sayap pendek. Dalam suatu eksperimen diperoleh keturunan sebagai berikut:
· Tubuh kelabu sayap pendek 944
· Tubuh hitam sayap panjang 965
· Tubuh hitam sayap pendek 185
· Tubuh kelabu sayap panjang 206
Maka nilai pindah silangnya ....
A. 17%
B. 41%
C. 42%
D. 58%
E. 83%

46. Bila terjadi perkawinan  seorang laki laki DDee bisu tuli dengan seorang perempuan juga bisu tuli ddEE ternyata semua anaknya Normal DdEe. Orang ini kawin dengan seorang yang normal DdEe. Berapa persen anaknya menderita bisu tuli
A. 6,25%
B. 12,50%
C. 18,50%
D. 25 %
E. 43,75%

47. Perhatikan gambar kariotipe kromosom manusia yang mengalami mutasi!

Macam peristiwa mutasi yang terjadi adalah ....
A. monosomi pada kromosom autosom
B. monosomi pada kromosom seks
C. trisomi pada kromosom autosom
D. trisomi pada kromosom seks
E. tetrasomi pada kromosom seks

48. Berikut beberapa pernyataan yang mendukung teori evolusi !
  1. Tikus berekor panjang dipotong ekornya beberapa generasi ekornya lengkap
  2. Perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang menurun
  3. Evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
  4. Evolusi terjadi karena seleksi alam
  5. Jerapah berleher pendek menjadi jerapah berleher panjang

Pernyataan yang dicetuskan oleh Lamarck adalah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

49. Pada populasi bekicot terdapat 8 ekor bekicot dengan cangkang berwarna kuning (bb) dan 192 ekor bekicot dengan cangkang hitam (BB & Bb). Berapakah fekuensi alel B?
A. 0,08
B. 0,04
C. 0,2
D. 0,4
E. 0,8

50. Berikut salah satu teknik bioteknologi:
Teknik tersebut adalah ....
A. hibridoma
B. kultur sel
C. katenasi
D. transplantasi inti
E. rekombinasi DNA

TRY AGAIN

1. SOAL 1
2. SOAL 2
3. SOAL 3
4. SOAL 4

Support web ini

BEST ARTIKEL