RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 1 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
1 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
1 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
1.  
  Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
1.1 Mengidentifikasi ruang
  lingkup Biologi 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Mendeskripsikan
karakteristik Biologi sebagai ilmu
·        
Menyimpulkan
ciri-ciri makhluk hidup
II.               
Materi Ajar
·        
Pengertian Biologi sebagai ilmu
·        
Ciri-ciri makhluk hidup
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan-diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·       
  Mengamati
  ciri-ciri makhluk hidup. 
 | 
  
·       
  Menemukan
  gejala/fenomena yang menjadi objek biologi 
 | 
  
·    
  Siswa
  Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup. 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (5 menit)
·        
Guru
menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·        
Siswa
diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.     Kegiatan inti (30 menit)
 Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·        
Guru
menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. 
·        
Guru
menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. 
V.               
Alat/Bahan/Sumber
·        
Buku
Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab I
·        
Berbagai
makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI.            
Penilaian
·        
Uji
kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ................... 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah 
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 1 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
2-3 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
3 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
1.  
  Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan
  (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa dapat
  mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi  ilmu biologi. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Menarik
kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·        
Menggambar
model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat
organisasi kehidupan
·        
Menentukan
objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu
biologi
·        
Membuat
makalah  tentang struktur keilmuan,
perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
II.    Materi Ajar
·        
Tiga
aspek keilmuan biologi meliputi:
1.     
Objek
2.     
Permasalahan
3.     
Tingkat organisasi
·        
Cabang-cabang
ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”
III.
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi–Penugasan 
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·       
  Mengumpulkan
  informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang
  biologi 
·       
  Membuat
  makalah 
 | 
  
·       
  Tugas
  mengumpulkan  informasi dan membuat
  makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya 
 | 
  
·  
  Siswa
  Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada
  beberapa cabang ilmu biologi. 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
·        
Siswa
mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·        
Guru bersama
siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup. 
·        
Guru
bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan
pada objek biologi. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi. 
·        
Guru
bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek,
tingkat organisasi, dan permasalahan biologi. 
 
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.    
Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi. 
·        
Guru
minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur
keilmuaannya. 
Pertemuan 3 (1 jam
pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa
cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B.    
Kegiatan
inti (25 menit)
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya
di masa depan. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan,
dan prospeknya di masa depan. 
V.               
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab I
·        
Informasi
tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran,
majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI.            
Penilaian
·        
Uji
kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
·        
Hasil
makalah tentang cabang ilmu biologi
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ................... 2014 
 | 
 
Kepala sekolah 
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 1 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
4 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
2 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
  makhluk hidup 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
2.1 Mendeskripsikan
  ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa dapat memahami
  ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia.   
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Menggambar
struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
·        
Mendeskripsikan
ciri-ciri virus
·        
Membandingkan
ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan  
·        
Menggambar
skema reproduksi virus
·        
Mengidentifikasi
peran virus bagi manusia  
·        
Membuat
kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
II.               
Materi Ajar
·        
Prinsip
dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·        
Ciri-ciri  virus meliputi:
1.      Ciri benda mati virus
2.      Ciri hidup virus
·        
Struktur
tubuh virus
·        
Cara
reproduksi virus
·        
Peran
virus bagi manusia meliputi:
1.      Peran yang menguntungkan
2.      Peran yang merugikan
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Menggambar
  struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis 
·    
  Memberi
  nama bagian-bagian tubuh virus 
 | 
  
·    
  Mengumpulkan
  informasi peran virus bagi manusia 
·    
  Membuat
  kegiatan tentang virus 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam
pelajaran)
A.    Kegiatan awal (15 menit)
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B.    
Kegiatan
inti (65 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
menanyakan sejarah penemuan virus. 
·        
Guru
bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto
ultramikroskopis. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus. 
·        
Siswa
menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1). 
·        
Guru
bersama siswa menggambar skema reproduksi virus. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.       Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus. 
·        
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang
disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya. 
V.               
Alat/Bahan/Sumber
·        
Buku
Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab II dan III
·        
Foto
ultramikroskopis virus
·        
Berbagai
informasi tentang penyakit yang disebabkan virus
VI.            
Penilaian
·        
Uji
kompetensi tertulis 
·        
Hasil
kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,................ 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 1 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
5 dan 6 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
  makhluk hidup 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
2.2       Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria
  dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu memahami
  prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan
  Eubacteria dan Archaeobacteria. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Menjelaskan
pengertian prokariotik
·        
Menggambarkan
berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
·        
Memberi
keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·        
Membedakan
struktur Eubakteria dan Archeobacteria
·        
Mendeskripsikan
peran bakteri bagi manusia
II.               
Materi Ajar
·        
Pengertian
prokariot
·        
Ciri-ciri
Eubacteria
1.     
Bentuk
sel dan kloloni Eubacteria
2.     
Sturktur
sel Eubacteria
3.     
Cara
hidup Eubacteria
4.     
reproduksi
bakteri
·        
Klasifikasi
Eubacteria
·        
Perbedaan
Archaebacteria dan Eubacteria
·        
Contoh-corntoh
Archaebacteria
·        
Peranan
bakteri bagi manusia
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Diskusi-Penugasan-Pengamatan
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Menggambar
  sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis 
 | 
  
·    
  Membuat
  tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria 
 | 
 
IV.            
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan
yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
·        
Guru
bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan
menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·       
Siswa
mengembalikan alat dan bahan pengamatan. 
·       
Siswa
menyusun laporan hasil pengamatan. 
·       
Siswa
mengumpulkan laporan. 
Pertemuan 6 (2 jam
pelajaran)
A.    Kegiatan awal (15 menit)
·        
Guru
menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
·        
Guru
dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
·        
Guru
dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B.    
Kegiatan
inti (65 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.    
Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Guru
menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan
kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah. 
VI. Alat/Bahan/Sumber
·        
Buku Biologi , SMA Kelas X, Ari
Sulistyorini, BSE, Bab IV
·        
Biakan bakteri
·        
Air kolam
·        
Mikroskop, kaca objek, dan kaca
penutup
VII. Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan bakteri
·        
Uji
kompetensi tertulis 
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,.............. 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah 
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 1 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
7 dan 8 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
  makhluk hidup 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
2.3       Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan
  peranannya bagi kehidupan 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu
  mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan
  Protista bagi manusia. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Mendeskripsikan
ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
·        
Mengelompokkan
contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·        
Mengidentifikasi
Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.
II.               
Materi Ajar
·        
Ciri-ciri
Protista meliputi: 
1.     
Protista
yang meyerupai tumbuhan
2.     
Protista
yang menyerupai hewan
3.     
Protista
yang menyerupai jamur
·        
Peranan
protista bagi manusia meliputi:
1.     
Peranan
yang menguntungkan
2.     
Peranan
yang merugikan
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Diskusi
- Penugasan – Pengamatan
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mengamati
  jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop 
·    
  Menggunakan
  mikroskop 
·    
  Membuat
  preparat 
·    
  Menggambar
  Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista 
·    
  Mendeskripsikan
  ciri-ciri Protista 
·    
  Mengelompokkan  Protista berdasarkan ciri yang dapat
  diamati 
·    
  Mengumpulkan
  informasi tentang Protista   
 | 
  
·    
  Praktikum
  pengamatan Protista yang hidup di air kolam 
·    
  Diskusi
  untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista  
·    
  Diskusi
  tentang klasifikasi Protista yang diamati  
·    
  Tugas
  mengumpulkan informasi tentang protista  
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai
  tumbuhan, dan menyerupai jamur 
·    
  Siswa
  dapat Mengelompokkan contoh Protista yang diamati 
·    
  Siswa
  dapat Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia. 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
·        
Guru mendiskusikan
makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B.  Kegiatan
inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan
menggunakan Kegiatan 5.1. 
·        
Siswa
melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
menggambar hasil pengamatan. 
·        
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·       
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·       
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.  Kegiatan
akhir (10 menit)
·       
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista. 
·       
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. 
Pertemuan 8 (2 jam
pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan,
dan jamur. 
·        
Siswa
mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan
jamur. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan
5.3. 
V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku Biologi SMA Kelas X, Ari
Sulistyorini, BSE, Bab V
·        
Air kolam
·        
Mikroskop, kaca objek, dan kaca
penutup
·        
Berbagai informasi tentang
Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)
VI. Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan Protista
·        
Makalah
kajian Protista
·        
Uji
kompetensi tertulis 
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,............... 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran biologi  
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 1 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
9 dan 10 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan
  makhluk hidup 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
2.4 Mendeskripsikan
  ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan
  kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan. 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu
  mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur
  bagi manusia 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Mendeskripsikan
ciri-ciri jamur
·        
Mendeskripsikan
cara jamur memperoleh makanan
·        
Membedakan
spora aseksual dan seksual
·        
Memberikan
alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·        
Membuat
produk makanan yang menggunakan jamur
II.    Materi Ajar
·        
Ciri-ciri
jamur meliputi:
1.      Ciri struktur
2.      Cara hidup
·        
Macam-macam
spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.      Spora aseksual
2.      Spora seksual
·        
Klasifikasi
jamur
·        
Peranan
jamur bagi manusia  
·        
Proses
produksi yang memanfaatkan jamur
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Diskusi
– Pengamatan – Penugasan
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mengamati
  struktur jamur 
·    
  Menggambar
  struktur tubuh jamur 
·    
  Mengelompokkan
  jamur 
·    
  Mendeskripsikan
  ciri-ciri jamur 
·    
  Membuat
  produk makanan menggunakan jamur 
 | 
  
·    
  Praktikum
  pengamatan jamur 
·    
  Menggambar
  struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan 
·    
  Diskusi
  sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan 
·    
  Surevi/kunjungan
  ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan ciri-ciri jamur 
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan 
·    
  Siswa
  dapat Membedakan spora aseksual dan seksual 
·    
  Siswa
  dapat Memberikan  alassan pemisahan
  jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya 
·  
  Siswa
  dapat Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal
siswa.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa
dengan menggunakan Kegiatan 6.1. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan. 
·        
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan. 
·       
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa. 
Pertemuan 10 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
B.    
Kegiatan
Inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing
divisi. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur. 
·        
Guru
menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya
tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2. 
V.                                                               
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku kerja Biologi 1A, Esis
·        
Buku Biologi SMA kelas X, Ari
Sulistyorini, BSE, Bab VI
·        
Berbagai jamur yang bisa
dijumpai di sekitar siswa
·        
Bahan-bahan pembuat tempe atau
tape
VI.                                                            
Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan jamur
·        
Uji
kompetensi tertulis 
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,................. 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran biologi  
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
1 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
2 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
3.  
  Memahami  manfaat keanekaragaman
  hayati 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
3.1 Mendeskripsikan konsep
  keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menentukan
  tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan. 
 | 
 
I.      
Indikator 
·        
Mengamati
adanya gejala keanekaragaman hayati
·        
Menyimpulkan
pengertian keanekaragaman hayati
·        
Menentukan
tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
II.   
Materi Ajar
·        
Keanekaragaman
hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
III.
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mengamati
  gejala keanekaragaman 
·    
  Mencatat
  ciri-ciri hasil pengamatan 
·    
  Menyimpulkan
  tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan 
 | 
  
·    
  Mengamati
  keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan 
·    
  Diskusi
  mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati 
·    
  Diskusi
  mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati 
·    
  Menyimpulkan
  pengertian keanekaragaman hayati 
·    
  Menentukan
  tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan 
 | 
 
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan
sekitar.
·        
Guru
membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan
7.1. 
·        
Siswa
mengamati  keanekaragaman hayati. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan. 
·        
Guru
dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan
tingkat-tingkat keanekaragaman hayati. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Siswa
mengumpulkan laporan hasil kerja siswa. 
V.   
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku Biologi, SMA kelas X, Ari
Sulistyorini, BSE, Bab VII
·        
Berbagai makhluk hidup yang ada
di sekitar sekolah
VI.            
Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta , ................ 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah 
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
2 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
2 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
3.  
  Memahami  manfaat keanekaragaman
  hayati 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
3.2 Mengkomunikasikan
  keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan
  sumber daya alam 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa dapat menjelaskan
  karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara
  melestarikannya. 
 | 
 
I.    Indikator 
·        
Menggambar
pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·        
Mendiskripsikan
pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·        
Mendeskripsikan
berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
·        
Memberikan
alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
·        
Membedakan
pelestarian In situ dan ex situ.
II.  Materi Ajar
·        
Pembagian daerah flora
Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
·        
Pembagian daerah fauna
Indonesia menurut Wallace dan Weber
·        
Berbagai
tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·        
Berbagai
manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·        
Konservasi
(perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
·        
Diskusi
– Penugasan
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Membaca
  peta tipe keanekaragaman flora Indonesia 
·    
  Membaca
  peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber 
·    
  Mendeskripsikan
  ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia 
·    
  Mengumpulkan
  informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia 
·    
  Mengumpulkan
  informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan
  dan dilindungi 
·    
  Mengumpulkan
  informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari
  kepunahan. 
 | 
  
·    
  Diskusi
  pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia 
·    
  Diskusi
  tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia 
·    
  Diskusi
  arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia 
·    
  Mengumpulkan
  informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya 
·    
  Tugas
  membuat kliping tentang organisme khas daerah  
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna  Indonesia  
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia 
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia 
·    
  Siswa
  dapat Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan 
·    
  Siswa
  dapat Membedakan pelestarian in-situ
  dan e-ksitu 
 | 
 
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat
keanekaragaman hayati.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru bersama
siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman
hayati. 
·        
Guru
memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah
dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran
berikutnya.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.    
Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia. 
V.   
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku Biologi SMA kelas X, Ari
Sulistyorini, BSE, Bab VII
·        
Berbagai informasi tentang
berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
VI.
Penilaian
·        
Kliping
tentang berbagai makluk hidup khas daerah
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta  .................. 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
3 dan 4 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
3.  
  Memahami  manfaat keanekaragaman
  hayati 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
3.3 Mendeskripsikan
  ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup
  di bumi  
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menjelaskan
  ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia. 
 | 
 
I.      
Indikator 
·        
Mendiskripsikan
ciri umum dunia tumbuhan
·        
Menyusun
klasifikasi dunia tumbuhan
·        
Mendeskripsikan
ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
·        
Menggambar
struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·        
Menggambar
siklus hidup tumbuhan lumut
·        
Mengumpulkan
informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II.   
Materi Ajar
·        
Ciri
umum dunia tumbuhan
·        
Klasifikasi
tumbuhan 
·        
Ciri-ciri
 dan struktur tubuh tumbuhan lumut
(Bryophyta)
·        
Klasifikasi
tumbuhan lumut (Bryophyta)
·        
Siklus
hidup tumbuhan lumut (Bryophyta) 
·        
Peranan
Bryophyta bagi manusia
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi 
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mengamati
  tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji 
·    
  Menggambar
  struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta 
 | 
  
·    
  Diskusi
  mendeskripsikan ciri tumbuhan paku 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan
  berbiji 
 | 
 
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
bersama  siswa berdiskusi tentang dunia
tumbuhan (Plantae).
·        
Guru
membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·        
Guru
memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru
bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·        
Guru
meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan
8.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·       
Siswa
mengamati  tumbuhan lumut secara
berkelompok. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·       
Siswa
menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja. 
·        
Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan. 
Pertemuan 4 (1 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (5 menit)
·        
Guru
memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B.  Kegiatan
inti (35 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.  Kegiatan
akhir (5 menit)
·        
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut. 
V.   
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA I kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VIII
·        
Spesimen
tumbuhan lumut 
·        
Loupe
VI.            
Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
Jakarta ,
  ..................2014 
 | 
 
Kepala Sekolah 
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
5 dan 6 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
3 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
3.  
  Memahami  manfaat keanekaragaman
  hayati 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya
  bagi kelangsungan hidup di bumi  
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menjelaskan
  ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
·        
Mengklasifikasikan
tumbuhan paku (Pteridophyta)
·        
Menggambar
struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
·        
Menggambar
siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·        
Mengumpulkan
informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) 
bagi manusia
II.               
Materi Ajar
·        
Ciri-ciri
tumbuhan paku (Pteridophyta)
·        
Klasifikasi
tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·        
Struktur
tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·        
Siklus
hidup tumbuhan paku (Pteridophyta) 
·        
Peranan
tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mendeskripsikan
  ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta) 
 | 
  
·    
  Menggambar
  struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·        
Guru
memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama
siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·        
Guru
meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan
8.2.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Siswa
mengamati  tumbuhan paku secara
berkelompok.   
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja. 
·        
Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku
berdasarkan hasil pengamatan. 
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A.  Kegiatan
awal 
·        
Guru
menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B.  Kegiatan
Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.  Kegiatan
Akhir
·        
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi. 
V.               
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VIII
·        
Spesimen
tumbuhan paku  
·        
Loupe
VI.            
Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,.................... 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah 
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
7 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
2 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
3.  
  Memahami  manfaat keanekaragaman
  hayati 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya
  bagi kelangsungan hidup di bumi  
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menjelaskan
  ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi
  manusia. 
 | 
 
I.      
Indikator 
·        
Mendeskripsikan
ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·        
Mengklasifikasikan
tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·        
Menggambar
struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
·        
Menentukan
nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
·        
Mengumpulkan
informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II.               
Materi Ajar
·        
Ciri-ciri
tumbuhan berbji (Spermatophyta)
·        
Klasifikasi
tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·        
Struktur
tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·        
Peranan
tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi
manusia
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mendeskripsikan
  ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta) 
 | 
  
·    
  Menggambar
  struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
  bagi manusia 
 | 
 
IV.            
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
·        
Guru
meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji. 
·        
Siswa
mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing
kelompok. 
·        
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.    
Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan. 
V.   
Alat / Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VIII
·        
Spesimen
tumbuhan berbiji  
·        
Loupe
VI.
Penilaian
·        
Uji
kompetensi tertulis 
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,
  ............... 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
8 dan 9 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
3.  
  Memahami  manfaat keanekaragaman
  hayati 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi
  kelangsungan hidup di bumi 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menjelaskan
  ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan. 
 | 
 
I.      
Indikator 
·        
Mendeskripsikan
ciri umum dunia hewan
·        
Menjelaskan
dasar klasifikasi dunia hewan
·        
Membandingkan ciri-ciri umum
filum-filum dalam dunia hewan
·        
Mendeskripsikan
ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II.   
Materi Ajar
·        
Ciri
umum dunia hewan
·        
Dasar
klasifikasi dunia hewan
·        
Klasifikasi
dunia hewan
III.
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mengamati
  beberapa contoh kelas hewan 
 | 
  
·    
  Membandingkan
  ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan 
 | 
 
IV.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri
masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·        
Siswa
mengumpulkan tabel hasil perbandingan. 
·        
Guru
menyimpulkan ciri umum dunia hewan. 
Pertemuan 9 (2 X 45 menit)
A.    Kegiatan awal
·        
Guru
meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan
pengamatan arthropoda
B.     Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Siswa
mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1. 
·        
Siswa
mencatat hasil pengamatan. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula. 
·        
Siswa
menyusun laporan. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan Akhir
·        
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan. 
·        
Siswa
mengumpulkan laporan pengamatan. 
V.   
Alat / Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab IX
·        
Belalang,
laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·        
Loupe
VI.            
Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,................. 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
10 dan 11 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
4. Menganalisis hubungan
  antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia
  dalam keseimbangan ekosistem 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
4.1.Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur
  biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menjelaskan
  ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan
  energi, dan materi dalam ekosistem. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Mendefinisikan
pengertian ekologi sebagai ilmu
·        
Membedakan
pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor
biotik, faktor abiotik
·        
Mengidentifikasi
berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·        
Menghubungkan
pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus
materi, dan daur energi
·        
Mengambarkan
bagan/skema daur biogeokimia
II.               
Materi Ajar
·        
Pengertian
ekologi sebagai ilmu
·        
Ekosistem
dan komponen penyusunnya
·        
Pengelompokan
komponen biotik berdasarkan fungsinya
·        
Tingkat
organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·        
Berbagai
interaksi dalam ekosistem
·        
Rantai
makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi 
·        
Aliran
energi dan siklus materi  dalam ekosistem
·        
Daur
biogeokimia
III.            
Metode Pembelajaran
·        
Pengamatan
– Diskusi
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mendeskripsikan
  struktur keilmuan Biologi 
·    
  Menemukan
  contoh komponen biotik dan abiotik 
·    
  Menemukan
  contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di
  lingkungan sekitar 
·    
  Menemukan
  ekosistem dan batas-batasnya 
·    
  Menemukan
  adanya interaksi dalam ekosistem 
 | 
  
·    
  Diskusi
  ruang lingkup ekologi sebagai ilmu 
·    
  Mengamati
  komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya 
·    
  Mengamati
  interaksi yang terjadi dalam ekosistem 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu 
·    
  Siswa
  dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi,
  komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik 
·    
  Siswa
  dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem 
 | 
 
IV.            
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam
pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan
lingkungannya. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi. 
·        
Guru
membagi kelas menjadi enam kelompok. 
B.    
Kegiatan
inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan
10.1. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem. 
·        
Guru
dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.    
Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya. 
·        
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. 
Pertemuan 11 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.    
Kegiatan
Inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
:
·        
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam
ekosistem. 
·        
Siswa
menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring
makanan. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan. 
·        
Siswa
mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur
biogeokimia. 
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru
bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi
dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia. 
V.               
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab X
·        
Ekosistem
yang ada di sekitar sekolah
VI.
Penilaian
·        
Laporan
hasil pengamatan
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta ,................. 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran 
 | 
  
: 
 | 
  
Biologi 
 | 
 
Kelas/Semester 
 | 
  
: 
 | 
  
X (Sepuluh)/ 2 
 | 
 
Pertemuan 
 | 
  
: 
 | 
  
12 dan 13 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 
 | 
  
4 jam pelajaran 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: 
 | 
  
4. Menganalisis hubungan
  antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia
  dalam keseimbangan ekosistem 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
  
: 
 | 
  
4.2    Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
  manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian
  lingkungan 
4.3             
  Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur
  ulang limbah 
4.4             
  Membuat produk dau ulang limbah 
 | 
 
Tujuan 
 | 
  
: 
 | 
  
Siswa mampu menjelaskan
  keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian
  lingkungan. 
 | 
 
I.                  
Indikator 
·        
Mengidentifikasi
berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·        
Mengidentifikasi
berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·        
Meneliti
pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·        
Menyimpulkan
pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·        
Menjelaskan
dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·        
Mendeskripsikan
upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·        
Mengetahui
penanganan limbah dengan cara daur ulang
II.               
Materi Ajar
·        
Keseimbangan
lingkungan
·        
Aktivitas
manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·        
Beberapa
bahan pencemara dan dampaknya
·        
Upaya
pencegahan pencemaran lingkungan
·        
Penanganan
limbah dengan cara daur ulang
III.            
Metode Pembelajarn
·        
Pengamatan
– Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran 
Tatap Muka 
 | 
   
Terstruktur 
 | 
   
Mandiri 
 | 
  
·    
  Mengidentifikasi
  tujuan berbagai aktivitas manusia 
·    
  Mengidentifikasi
  dampak berbagai aktivitas manusia 
·    
  Meneliti
  pengaruh zat pencemar terhadap organisme 
·    
  Mengidentifikasi
  dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan 
 | 
  
·    
  Dikusi
  pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan 
·    
  Diskusi
  tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya 
·    
  Melakukan
  eksperimen tentang pencemaran 
 | 
  
·    
  Siswa
  dapat Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia 
·    
  Siswa
  dapat Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia 
·    
  Siswa
  dapat Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu 
·    
  Siswa
  dapat Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme 
·    
  Siswa
  dapat Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan 
·    
  Siswa
  dapat Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan 
·    
  Siswa
  dapat Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang 
 | 
 
IV.    Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 12 (2 jam
pelajaran)
A.   
Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari
aktivitas tersebut.
·        
Guru
dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.    
Kegiatan
inti (70 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Guru
bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan
lingkungan.
·        
Guru
bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·        
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan
dampaknya.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·        
Guru menyimpulkan
pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 13 (2 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya. 
·        
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan
menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B   Kegiatan inti
(65 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen. 
 Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
membuat perlakuan eksperimen.
·        
Siswa
melakukan pengamatan.
·        
Siswa
menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui 
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. 
C.  Kegiatan
akhir (15 menit)
·        
Guru
menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen. 
·        
Guru
bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan
produk-produk hasil daur ulang limbah. 
·        
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan
11.3. 
V.   
Alat/ Bahan/ Sumber
·        
Buku
Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab XI
·        
Beberapa
aktivitas manusia
·        
Bahan
untuk daur ulang kertas
VI.
Penilaian
·        
Laporan
hasil eksperimen
·        
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui, 
 | 
  
Jakarta    ............... 2014 
 | 
 
Kepala Sekolah  
 | 
  
Guru Mata
  Pelajaran Biologi 
 | 
 
Isharmanto 
 | 
 
No comments:
Post a Comment