SOAL ULANGAN UMUM IPA BIOLOGI MID SEMESTER 1 
MATERI 
 | 
   
INDIKATOR 
 | 
   
NO
   SOAL 
 | 
  
1 
 | 
   
2 
 | 
   
3 
 | 
  
Sistem
  Ekskresi pada manusia 
 | 
  
Disajikan
  gambar nefron  ginjal, siswa dapat
  menjelaskan proses filtrasi yang terjadi pada bagian yang ditunjuk. 
 | 
  
1 
 | 
 
Disajikan
  gambar penampang ginjal, siswa dapat menjelaskan  nama bagian ginjal  yang ditunjuk. 
 | 
  
2 
 | 
 |
Diberikan
  tabel pasangan organ ekskresi secara acak dengan sekretnya, siswa dapat
  menentukan dengan tepat pasangan yang benar. 
 | 
  
3 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan gangguan proses ekskresi akibat penyakit / kerusakan pada ginjal 
 | 
  
4 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan proses pembentukan urine pada tahap augmentasi 
 | 
  
5 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan urutan jalannya urine dengan benar 
 | 
  
6 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan gangguan prosespernapasan 
  akibat penyakit / kerusakan pada paru-paru 
 | 
  
7 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan fungsi paru-paru sebagai organ ekskresi 
 | 
  
8 
 | 
 |
Siswa
  dapat menyebutkan organ yang berfungsi menghasilkan bilirubin 
 | 
  
9 
 | 
 |
Siswa
  dapat menyebutkan lapisan kulit yg berfungsi melindungi jaringan di bawahnya 
 | 
  
10 
 | 
 |
Sistem
  Reproduksi pada manusia 
 | 
  
Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi bagian organ reproduksi pria 
 | 
  
11 
 | 
 
Diberikan
  gambar anatomi organ reproduksi pada wanita, siswa dapat menentukan dengan
  tepat dari fungsi yang dipaparkan. 
 | 
  
12 
 | 
 |
Siswa
  dapat menyebutkan nama hormone yang mempengaruhi masa pubertas pada laki-laki   
 | 
  
13 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan proses pembentukan gamet 
 | 
  
14 
 | 
 |
Disajikan
  data penyakit kelamin, siswa dapat menentukan gangguan atau penyakit pada
  organ reproduksi  yang menular  
 | 
  
15 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan pengertian menstruasi dengan benar 
 | 
  
16 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan proses pembentukan sel sperma 
 | 
  
17 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan fungsi plasenta dengan benar 
 | 
  
18 
 | 
 |
Siswa
  dapat menyebutkan saluran reprodusi pria secara urut Siswa dapat menjelaskan
  fungsi plasenta dengan benar 
 | 
  
19 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan  Peristiwa pelepasan sel telur dari ovarium 
 | 
  
20 
 | 
 |
Sistem
  Ekskresi pada manusia 
 | 
  
Siswa
  dapat menyebutkan tempat berlangsungnya reabsorbsi pada proses pembentukan
  urine 
 | 
  
21 
 | 
 
Siswa dapat
  menyebutkan zat yang memberi warna kuning pada urine dan feses 
 | 
  
22 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan nama penyakit dengan cirri adanya endapan kalsium di
  kantong kemih 
 | 
  
23 
 | 
 |
Sistem
  Reproduksi pada manusia 
 | 
  
Siswa
  dapat menyebutkan  Penghasil ovum pada alat reproduksi wanita 
 | 
  
24 
 | 
 
Siswa
  dapat menyebutkan tempat pematangan sperma pada system reproduksi pria 
 | 
  
25 
 | 
 |
Sistem
  Ekskresi pada manusia 
 | 
  
Siswa dapat menjelaskan proses
  pembentukan urin secara urut. 
 | 
  
1 
 | 
 
Siswa
  dapat menyebutkan 4 alat ekskresi pada manusia dan zat yang dikeluarkan 
 | 
  
2 
 | 
 |
System
  reproduksi pada manusia 
 | 
  
Siswa
  dapat menjelaskan beberapa perilaku yang berisiko menularkan AIDS. 
 | 
  
3 
 | 
 
Cara
  pemberian muatan listrik 
 | 
  
Disajikan
  sebuah gambar benda yang didekati benda bermuatan, siswa dapat menjelaskan
  cara memberi muatan listrik pada sebuah benda tersebut 
 | 
  
PG 
 | 
 
Siswa
  dapat menjelaskan mengenai bagian-bagian atom 
 | 
  
Isian
  singkat 
 | 
 |
Muatan
  listrik 
 | 
  
Disajikan
  gambar peristiwa pemuatan listrik pada benda, siswa dapat menyebutkan jenis
  muatan yang terjadi dan menjelaskan arah perpindahan electron antar benda
  tersebut 
 | 
  
PG 
 | 
 
Sifat
  muatan listrik 
 | 
  
Disajikan
  gambar beberapa benda bermuatan, dengan mengetahui interaksinya siswa dapat
  menentukan jenis muatan pada benda-benda tersebut 
 | 
  
PG 
 | 
 
Disajikan
  gambar elektroskop, siswa dapat menunjukkan gambar elektroskop yang benar
  jika didekati benda bermuatan listrik 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Gaya
  elektrostatik 
 | 
  
Siswa
  dapat menghitung besar gaya elektrostatik antara dua buah benda yang
  bermuatan listrik jika besaran lainnya diketahui 
 | 
  
PG 
 | 
 
Siswa
  dapat menjelaskan  hubungan antara gaya
  dengan besar muatan listrik  dan jarak
  antara benda bermuatan tersebut 
 | 
  
Isian
  singkat 
 | 
 |
Arus
  listrik 
 | 
  
Disajikan
  gambar  tentang konsep arus listrik,
  siswa dapat menjelaskan konsep arah arus listrik dengan benar. 
 | 
  
PG 
 | 
 
Siswa
  dapat menjelaskan alat unruk mengukur kuat arus listrik dengan benas 
 | 
  
Isian
  singkat 
 | 
 |
Siswa
  dapat membaca ukuran yang tertera pada 
  amperemeter 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Siswa
  dapat menghitung beda potensial listrik dalam suatu rangkaian jika besaran
  lainnya diketahui 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Rangk
  seri paralel 
 | 
  
Siswa
  dapat menentukan rangkaian seri-paralel dengan hambatan total terbesar atau
  terkecil 
 | 
  
PG 
 | 
 
Disajikan
  tabel antara kuat arus listrik, beda potensial dan hambatan listrik, siswa
  dapat membaca hubungan antara ketiganya. 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Hukum
  ohm 
 | 
  
Disajikan
  gambar rangkaian listrik, siswa dapat menghitung arus listrik yang mengalir
  pada rangkaian tersebut  
 | 
  
PG 
 | 
 
Siswa
  dapat menjelaskan mengenai hukum ohm 
 | 
  
Isian
  singkat 
 | 
 |
Daya hantar listrik 
 | 
  
Disajikan
  beberapa kelompok bahan berdasarkan daya hantar listriknya , siswa dapat
  menidentifikasi bahan yang dapat digunakan sebagai konduktor dan isolator 
 | 
  
PG 
 | 
 
Disajikan
  beberapa pernyataan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi
  hambatan pada kawat penghantar 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Hk
  kirchoff 
 | 
  
Disajikan
  gambar rangkaian, siswa dapat menghitung besar I tiap-tiap cabang berdasarkan
  I masuk = I keluar 
 | 
  
PG 
 | 
 
Disajikan
  gambar rangkaian hambatan listrik seri-paralel, siswa dapat menghitung besar
  I tiap-tiap cabang 
 | 
  
uraian 
 | 
 |
Hambatan
  pengganti 
 | 
  
Disajikan
  gambar rangkaian hambatan seri- parallel, siswa dapat menghitung besar
  hambatan total pada rangkaian tersebut 
 | 
  
PG 
 | 
 
GGL,
  sumber tegangan 
 | 
  
Siswa
  dapat menjelaskan salah satu fungsi saklar 
 | 
  
PG 
 | 
 
Siswa
  dapat menghitung GGL total pada sebuah rangkaian 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan perubahan energi pada accumulator 
 | 
  
Isian
  singkat 
 | 
 |
Disajikan
  data macam-macam elemen, siswa dapat mengidentifikasi mengenai jenisnya 
 | 
  
PG 
 | 
 |
Siswa
  dapat menjelaskan bagian-bagian elemen kering 
 | 
  
uraian 
 | 
 |
siswa
  dapat menghitung kuat arus dan tegangan jepit pada rangkaian tertutup, jika
  ggl, hambatan luar dan hambatan dalam diketahui 
 | 
  
PG 
 | 
 
SILAHKAN KLIK INI UNTUK LATIHAN 01
SILAHKAN LAGI KLIK INI UNTUK LATIHAN 02
SILAHKAN LAGI YE KLIK INI UNTUK LATIHAN 03
No comments:
Post a Comment