Saya Postingkan Kisi kisi soal UN 2017 dari negara yang harus dan perlu mendapatkan penekanan sehingga nilai nya Biologi semakin membaik 
SOAL UN BIOLOGI 2017
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
AGAIN
BEDAH UN 2017
SOAL UN BIOLOGI 2017
- Siswa mampu memahami dan menguasai: - ciri- ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan
 - Siswa mampu memahami dan menguasai tingkat keanekaragaman hayati (Keaneka ragaman gen, jenis, ekosistem)
 - Siswa mampu memahami dan menguasai Ciri ekosistem khususnya Bioma baik parameter abiotik maupun biotiknya
 - Siswa mampu memahami dan menguasai struktur dan fungsi pada tumbuhan tingkat tinggi misalnya jaringanya meliputi apa saja dan bagaimana deskripsinya
 - Siswa mampu memahami dan menguasai - struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata khususnya deskripsi pada takson kelasnya Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves maupun Mamalia
 - Siswa mampu memahami dan menguasai - bagian-bagian sistem organ Pencernaan pada manusia dan fungsinya
 - Siswa mampu memahami dan menguasai - gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
 - Siswa mampu memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel dengan gambarnya membedakan organela selnya tentu dengan fungsinya
 - Siswa mampu memahami dan menguasai - susunan RNA, DNA, dan kromosom dengan membedakan DNA dan RNA nya maupun karakter jenis kromosom
 - Siswa mampu memahami dan menguasai - metabolisme sel mekanisme respirasi maupun fermentasi , fotosintesis maupu khemosintesis
 - Siswa mampu memahami dan menguasai – bioteknologi baik yang dasar yang dipakai untuk menyebut Bioteknologi Konvensional maupun yang modern
 - Siswa mampu memahami dan menguasai: -hukum-hukum Mendel dengan penerapan perkawinan dihibridnya
 - Siswa mampu memahami dan menguasai -asal-usul kehidupan dengan kesimpulan dan langkah operasional percobaan redi spalanzani , pasteur maupun stanley miller dan oparin
 - Siswa mampu memahami dan menguasai -teori evolusi baik teori dan pokok pikiran darwin dengan seleksi alamnya maupun lamark dengan use and dis use nya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup misalnya kenapa ia dimasukkan phyllum arthropoda, kelas crustacea, divisio bryophyta
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan baik dampaknya akibat polutan CO2, CO, CFC , SO2 dan NOx maupun , nitrat diair yang menyebabkan Eutrofikasi dengan dampaknya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - daur biogeokimia baik Daur Carbon , H pada siklus air , O2, N2, Sulphur maupun Phospor (denitrifikasi)
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ Reproduksi, Ekskresi , Respirasi maupun Immun
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ Koordinasi baik saraf maupun indra dan Hormon
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran dengan Proses osmose maupun difusinya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang-enzim cirinya , cara kerja dan percobaan nya dilaboratorium pada katalase dengan H2O2 nya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -mekanisme reaksi katabolisme khususnya deskripsi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus krebs dan STE
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang anabolisme, meliputi Reaksi terang maupun reaksi gelap atau Calvin Benson
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -reproduksi sel baik melalui gambar maupun deskripsi fasenya baik mitosis maupun miosis
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -sintesis protein baik urutannya maupun pengubahan kode genetiknya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -dampak bioteknologi baik di mahkluk hidup , lingkungannya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - penyimpangan semu hukum Mendel pada peristiwa atavisme , Kriptomeri, epistasi , polymeri maupun gen Complementer
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - pembentukan gamet baik proses Spermatogenesis / Oogenesis maupun pencarian gamet pada genetika yang terjadi Lingkage maupun Crossing over
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hereditas manusia pada penurunan sifat buta warna, albino , imbisil maupun bisu tuli dan hemophily , kasus lethal maupun lewat diagram pedigree nya
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - petunjuk/bukti-bukti evolusi dijelaskan 6 bukti evolusi misalnya homologi , perbandingan embryo maupun dengan fosil
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang · Merancang percobaan bisa menentuka Variable control; bebas dan terikatnya, baca tabel hasil ditanya maupun urutan methode ilmiahnya
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- percobaan pengelompokan makhluk hidup baik tumbuhan dan hewan
 - Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan dan dampaknya
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam-percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam:-percobaan tentang transpor membran
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan metabolisme sel
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan bioteknologi
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- hereditas manusia dalam peta silsilah
 - Siswa mampu menggunakan nalar dalam - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi - mekanisme evolusi
 
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
- Dapat menunjukkan tahapan proses yang terjadi pada siklus litik/lisogenik
 - Dapat menjelaskan fungsi dari bagian dari struktur bakteri
 - Dapat menjelaskan peranan Alga yang dimanfaatkan dalam manusia
 - Dapat menunjukkan contoh keanekaragaman gen/jenis tumbuhan/hewan Indonesia
 - Dapat menjelaskan keterkaitan macam jaringan dan fungsinya pada organ (akar/batang/daun)tumbuhan
 - Dapat menunjukkan keterkaitan antara ragam jaringan, struktur, dan fungsinya pada manusia
 - Dapat menjelaskan fungsi bagian Organ mata/telinga tertentu
 - Dapat menjelaskan fungsi bagian organ reproduksi laki-laki/wanita tertentu
 - Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya
 - Dapat menunjukkan senyawa kimia/sifat kimia membran sel bagian tertentu
 - Dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
 - Dapat menunjukkan struktur DNA/RNA yang tepat
 - Dapat menentukan cara kerja enzim menurut teori lock and key/induced fit
 - Dapat menjelaskan salah satu contoh bioproses produk bioteknologi konvensional
 - Dapat menunjukkan jumlah/macam gamet yang terbentuk dari individu diploid (minimal 3 sifat beda) yang mengalami pautan kromosom.
 - Dapat menjelaskan konsep dasar/hipotesis/simpulan percobaan yang dilakukan oleh para ahli pencetus teori biogenesis
 - Dapat menunjukkan peristiwa mutasi gen
 - Dapat menunjukkan peristiwa mutasi kromosom yang mengakibatkan kelainan pada manusia
 - Dapat menjelaskan perbedaan/persamaan teori evolusi Darwin, Lamarck, dan August Weismann
 - Dapat menentukan peran cabang keilmuan biologi yang diterapkan dalam membantu pemecahan permasalahan kehidupan
 - Dapat menentukan ciri khas yang menjadi penentu perbedaan penggolongan bakteri dan protista
 - Dapat menunjukkan perbedaan ciri dan/atau cara hidup setiap kelas golongan Alga
 - Dapat menunjukkan golongan jamur dari jamur yang dicontohkan
 - Dapat menentukan dalam menggolongkan tumbuhan lumut dan paku hasil menganalisis perbedaan ciri dan cara hidupnya
 - Dapat menentukan dasar klasifikasi penggolongan tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri hasil pengamatan
 - Dapat menentukan ciri-ciri yang menjadi dasar penggolongan kelas dari filum Arthropoda atau Molluska
 - Dapat menentukan ciri yang menjadi dasar penggolongan dalam kelas tertentu dari hewan Vertebrata
 - Dapat menentukan proses siklus hidup jenis cacing Platyhelminyhes/Nemathelmynthes atau jenis Coelenterata
 - Dapat menentukan peran komponen ekosistem dalam jejaring makanan pada satu contoh ekosistem
 - Dapat menentukan proses suatu komponen pada aliran energi/daur biogeokimia N, O,C, S, atau P
 - Dapat meramalkan dampak adanya gangguan pada pelestarian hewan/tumbuhan Indonesia tertentu. Hutan sawit mengganti hutan bagaimana dampaknya
 - Dapat meramalkan dampak perubahan lingkungan akibat bencana alam atau kegiatan manusia terhadap lingkungan . Eutrofikasi apa dampaknya , CO2 banyak aa dampaknya
 - Dapat menentukan proses mekanisme kontraksi/relaksasi otot dari kerja sinergis-antagonis pada manusia misal Fleksor ekstensor dengan gambar
 - Dapat menentukan hubungan antara enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pada organ pencernaan dan fungsinyamisal di lambung , Usus 12 jari
 - Dapat menghitung kapasitas udara dalam paru-paru saat proses bernapas (ekspirasi/inspirasi) menghitung Kapasitas Vital Paru
 - Dapat menentukan proses yang terjadi pada nefron dalam pembentukan urin pada bagian tertentu misal di Glomerulus ada apa
 - Dapat mengurutkan mekanisme penghantaran rangsang refleks pada sistem saraf pada kejadian gerak refleks mis ada gambar atau narasi
 - Dapat menentukan proses mekanisme menstruasi pada fase tertentu siklus Hormonalnya FSH LH Estrogen Progesteron
 - Dapat menentukan tujuan salah satu proses imunisasi buatan misal tujuan imunisasi BCG , Poliomyletus
 - Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya misal sembelit, kolik , ulkus
 - Disajikan proses yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan, siswa dapat menentukan gangguan yang terjadi misal hypoksia , emphisema
 - Dapat menentukan proses yang terjadi dari percobaan difusi/osmosis berkaitan dengan isotonis/hipotonis/hipertonis misal mekanisme transport difusi atau osmosis dengan gambar
 - Dapat menentukan perubahan yang terjadi berdasarkan grafik percobaan tentang pengaruh faktor tertentu terhadap kerja enzimmisal ada grafik yang bisa diintreprestasi entah itu suhu atau pH
 - Dapat melengkapi data yang berkaitan dengan tahap reaksi katabolisme tahu tahapan Glikolisis, atau Siklus krebs atau DO
 - Dapat menentukan senyawa kimia yang berkaitan dengan fotosintesis pada tahapan tertentu Diagram siklus Reaksi Gelap.
 - Dapat menentukan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dikaitkan dengan aktifitas yang dilakukan dengan respirasi anaerob misal Ada laktat sehingga capek karena dalam kontraksi kurang O2
 - Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase pembelahan mitosis/meiosis.misal Proses tahapan Anafase itu deskripsinya bagaimana
 - Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase gametogenesis (pada manusia/tumbuhan)misalnya dimana diploid dan dimana haploid
 - Dapat menentukan peristiwa yang terjadi pada tahapan proses sintesis proteinada bagan tahapan yang terjadi dimana proses transkripsi , dimana translasinya deskripsi nya. Atau perubahan pasangan basa nitrogen
 - Dapat menentukan prinsip dasar dari proses pengembangan bioteknologi modernmisal dampak hibridoma, transgenik
 - Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan monohibrid hukum Mendel maupun dihibrid
 - Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan dihirida hukum Mendelmisal ditanya F2 nya
 - Dapat menghitung kemungkinan fenotip yang muncul dari persilangan penyimpangan hukum Mendel dari kasus atavisme/hipostasis-epistasis/polimeri/kriptomeri/interaksi antar gen/gen komplementer misal perkawinan F2 nya bagaimana
 - Dapat meramalkan kemungkinan persentase pewarisan sifat tertentu pada manusia(hemofili, butawarna, albino, gol. Darah)misal dengan peta silsilah
 - Dapat menjelaskan bukti/fakta yang mendukung gagasan teori evolusi Darwin
 - Dapat menemukan kunci dikotom dari makhluk hidup yang diidentifikasi menentukan kelompoknya
 - Dapat menyimpulkan tindakan perbaikan/pelestarian yang tepat atas kasus kerusakan/perubahan lingkungan. misal ada masalah bagaimana menyimpulkan tindakan perbaikan bagaimana
 - Dapat menyimpulkan jenis penyakitnya berdasarkan hasil tes laboratorium klinis dari sistem peredaran darah manusia
 - Dapat menyimpulkan bagian organ ginjal/nefron yang terganggu dari hasil pemeriksaan klinis urin ada tabel hasil test urine protein banyak dimana kerusakan
 - Dapat mengintepretasikan data/grafik percobaan pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan tumbuhan berdasarkan hasil percobaan misal bisa membaca grafik hasil percobaan pertumbuhan
 - Dapat menemukan parameter (kuantitatif/kalitatif) dari rencana percobaan pertumbuhan/perkembangan tumbuhan karena pengaruh faktor luarmisal dapat menemukan data kwalitatif dan kwantitatif
 - Dapat menyimpulkan hasil percobaan mekanisme transpor lewat membran: difusi/osmosis misal percobaan kantung semipermeable
 - Dapat menyimpulkan hasil percobaan enzim katalase karena pengaruh faktor suhu/pH/konsentrasi enzim-substrat
 - Dapat mengintepretsikan proses percobaan fotosintesis (Ingenhouze/Engelmann/Sach)pada tahapan tertentu membaca dalam percobaan bakteri menuju cahaya , apa guna CaOH2 dalam percobaan ingenhouse
 - Dapat menginterpretasikan proses percobaan fermentasi pada tahapan tertentu misal ragi dengan kapur atau Phenil mengapa muncul gelembung, berbeda warnanya
 - Disajikan peta silsilah persilangan hereditas manusia siswa dapat Dapat menemukan kemungkinan genotip/persentase individu tertentu dari petasilsilah pewarisan sifat manusia pakai peta silsilah
 - Dapat menemukan satu contoh peristiwa pembentukan spesies baru (isolasi reproduksi/isolasi gamet, dsb)misal proses speciasi berdasarkan hasil isolasi misal isolasi reproduksi , isolasi gamet
 - Dapat menemukan rasio fenotip/jumlah keturunan dari kasus perkawinan dalam populasi yang stabil (Hk. Hardy-weinberg) bertanya jumlah populasi yang carier
 
AGAIN
BEDAH UN 2017


No comments:
Post a Comment