Tuesday, April 19, 2011

PRE TEST MOLLUSCA

Malam ini saya share materi soal Phyllum Mollusca Hewan dengan tubuh Lunak untuk latihan semoga bermanfaat OK

SOAL

1. Di bawah ini merupakan ciri ciri Mollusca, kecuali
a. Triploblastik selomata
b. Simetri bilateral
c. Simetri radial
d. Memiliki radula di mulut untuk mencerna makanan secara mekanik
e. System ekskresi menggunakan nefridia

Pembahasan
Mollusca termasuk dalam hewan simetri bilateral karena memiliki bagian tubuh depan, belakang, atas dan bawah. Sedangkan simetri radial dimiliki oleh hewan yang memiliki bagian tubuh hanya atas dan bawah, sedangkan bagian depan dan belakangnya tidak jelas seperti hal nya ubur ubur, sehingga jawaban pertanyaan di atas adalah C (simetri radial)
Ciri lain yang disebutkan, benar adanya

2. Kelompok hewan Mollusca di bawah ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, kecuali
a. Loligo indica
b. Sephia officinalis
c. Achatina fulica
d. Mytilus viridis
e. Meleagrina margaritifera

Pembahasan
Loligo indica adalah cumi cumi yang notabene kita kenal sangat kaya akan protein. Begitu pula dengan Sephia officinalis yang adalah sotong yang juga kaya akan protein. Achatina fulica sendiri adalah bekicot yang digunakan sebagai bahan dasar masakan Perancis. Mytilus viridis sendiri adalah kerang hijau yang sangat kaya akan protein dan diolah menjadi berbagai macam bahan pangan. Sedangkan Meleagrina margaritifera adalah tiram mutiara yang tentunya berperan sebagai penghasil mutiara namun tidak untuk diolah karena kandungan gizi nya tidak terlalu baik. Jadi jawaban pertanyaan di atas adalah E(Meleagrina margaritifera).

3. Gambar di bawah ini termasuk Mollusca kelas
a. Gastropoda
b. Amphineura
c. Schapopoda
d. Bivalvia
e. Chepalopoda
Pembahasan
Gambar di atas merupakan gambar bekicot. Bekicot sendiri termasuk mollusca kelas gastropoda sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah A (gastropoda).

4. Panah yang ditunjukan oleh angka 1 berfungsi sebagai
a. Alat berjalan
b. Perlindungan diri dari musuh
c. Pembeda terang dan gelap
d. Alat ekskresi
e. Alat reproduksi

Pembahasan
Gambar yang ditunjukan oleh tanda panah di atas adalah tentakel dari mollusca kelas gastropoda (bekicot. Tentakel pada gastropoda terdiri dari tentakel pendek dan panjang. Tentakel pendek berfungsi sebagai indra peraba dan pembau sedangkan tentakel panjang berfungsi sebagai pembeda gelap dan terang karena adanya bintik mata pada tentakel panjang,karena gambar yang ditunjuk di atas adalah tentakel panjang maka jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (pembeda terang dan gelap).

5. Mollusca dengan ciri ciri
  • Memiliki insang berbentuk lembaran lembaran (lamela)
  • Memiliki kaki yang berbentuk seperti mata kapak (pelecys)
termasuk dalam kelas
a. Gastropoda
b. Amphineura
c. Schapopoda
d. Pelecypoda
e. Chepalopoda

Pembahasan
Ciri hewan yang disebutkan di atas merupakan ciri dari mollusca kelas pelecypoda, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah D (pelecypoda).

6. Alat pertahanan diri pada chepalopoda berupa
a. Gigi yang tajam
b. Cakar yang kuat
c. Tanduk yang tajam
d. Racun yang mematikan
e. Tinta yang dihasilkan oleh kantung tinta

Pembahasan
Alat pertahanan chepalopoda berupa tinta yang dihasilkan oleh kantung tinta yang dimilikinya. Tinta yang dihasilkan akan mengelabui musuhnya dalam beberapa detik dan waktu tersebut digunakan oleh chepalopoda untuk melarikan diri. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah E (Tinta yang dihasilkan oleh kantung tinta).\

7. Lapisan prismatik pada cangkang pelecypoda tersusun atas suatu senyawa yaitu
a. H2SO4
b. CaCO3
c. AlCl3
d. HCl
e. H2O\

Pembahasan
Lapisan prismatik pada cangkang pelecypoda tersusun oleh senyawa kalsium karbonat (CaCO3) atau zat kapur yang berfungsi membuat cangkang menjadi keras, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah B (CaCO3).

8. Bagian tubuh mollusca yang merupakan kumpulan sebagian besar organ tubuh seperti organ pencernaan, ekskresi dan reproduksi adalah
a. Kaki
b. Massa viseral
c. Mantel
d. Kepala
e. Posterior

Pembahasan
Tubuh mollusca terbagi menjadi 3 bagian yakni kaki, massa viseral dan mantel. Khusus untuk bagian tubuh yang terdiri dari kumpulan organ tubuh seperti organ pencernaan, reproduksi dan ekskresi adalah massa visceral, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah B (Massa viseral).

9. Bagian tubuh mollusca yang berisi cairan di mana cairan tersebut merupakan tempat lubang insang, lubang ekskresi dan anus. Selain itu bagian ini dapat juga mensekresikan bahan penyusun cangkang pada mollusca yang bercangkang. Bagian ini disebut dengan
a. Kaki
b. Massa viseral
c. Mantel
d. Kepala
e. Posterior

Pembahasan
Tubuh mollusca terbagi menjadi 3 bagian yakni kaki, massa viseral dan mantel. Khusus untuk bagian yang berisi cairan di mana cairan tersebut merupakan tempat lubang insang, lubang ekskresi dan anus serta dapat juga mensekresikan bahan penyusun cangkang pada mollusca yang bercangkang adalah bagian mantel, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Mantel).

10. Organ eksresi pada mollusca adalah
a. Nefridia
b. Anus
c. Hermafrodit
d. Dioseus
e. Linkage

Pembahasan
Salah satu ciri dari mollusca yakni alat ekskresinya berupa sepasang nefridia, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah A (Nefridia).
Anus sendiri merupakan alat ekskresi pada rata rata makluk hidup (kebanyakan vertebrata). Hermafrodit sendiri merupakan sebutan bagi organisme yang memiliki dua buah kelamin yakni jantan dan betina dalam satu individu. Dioseus adalah alat reproduksi chepalopoda dan linkage adalah gen pada kromosom di man gen pada suatu alel letaknya berdekatan sehingga menyebabkan gen tersebut terpaut.

11. Lidah bergigi yang melengkung ke belakang pada mollusca disebut dengan
a. Bivalvia
b. Periostarkum
c. Prismatik
d. Nakreas
e. Radula

Pembahasan
Salah satu ciri mollusca yakni adanya lidah parut yang berfungsi untuk mencerna makanan secara mekanik. Lidah parut dikenal dengan sebutan radula, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah E (radula).
Bivalvia sendiri merupakan sebutan suatu kelas dalam phylum mollusca yang memiliki dua cangkang yang bertangkup. Periostarkum, prismatic dan nakreas merupakan lapisan pada cangkang bivalvia.

12. Pada pelecypoda, mutiara akan terbentuk jika
a. Adanya benda asing yang masuk di antara lapisan nakreas dan mantel
b. Makanan yang masuk ke tubuh pelecypoda
c. Udara yang masuk ke tubuh pelecypoda
d. Perhiasan yang masuk ke tubuh pelecypoda
e. Adanya mutiara yang masuk

Pembahasan
Mutiara akan terbentuk jika adanya benda asing yang masuk seperti pasir atau apapun material lain yang masuk ke dalam lapisan nakreas dan mantel pada pelecypoda, sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah A (Adanya benda asing yang masuk di antara lapisan nakreas dan mantel).

13. Chepalopoda yang memiliki cangkang yakni
a. Cumi cumi
b. Gurita
c. Sotong
d. Nautilus
e. Bekicot

Pembahasan
Chepalopoda pada umumnya tidak memiliki cangkang, namun pada nautilus lah merupakan chepalopoda yang memiliki cangkang. Sedangkan bekicot sendiri tidak termasuk dalam chepalopoda tetapi termasuk dalam gatropoda, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah D (Nautilus).

14. Hewan yang terdapat pada gambar di bawah ini termasuk mollusca kelas
a. Chepalopoda
b. Schapopoda
c. Amphineura
d. Pelecypoda
e. Gastropoda

Pembahasan
Gambar di atas merupakan gambar chiton yang termasuk mollusca kelas amphineura, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Amphineura).

15. Kaki yang berbentuk seperti mata kapak pada pelecypoda berfungsi untuk
a. Melekat dan menggali lumpur atau pasir pada tempatnya bernaung
b. Berenang
c. Menangkap mangsa
d. Mendorong tubuhnya saat berenang agar dapat berenang lebih cepat
e. Melindungi diri dari musuh

Pembahasan
Pelecypoda memiliki kaki yang berbentuk seperti mata kapak yang berfungsi untuk melekat dan menggali lumpur atau pasir pada tempatnya berada, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah A (Melekat dan menggali lumpur atau pasir pada tempatnya bernanung).

16. Mollusca yang berperan sebagai inang perantara cacing (Fasciola hepatica) pada gambar di bawah ini adalah

Pembahasan
Mollusca yang berperan sebagai inang perantara cacing (Fasciola hepatica) adalah siput air atau Lymnea Sp dan ditunjukan oleh gambar pada pilihan C, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C. Gmabar a merupakan gambar chiton, gambar B merupakan gambar beikicot, gambar D merupakan gambar cumi cumi dan gambar E merupakan gambar kerang.

17. Mollusca yang memiliki system saraf yang berpusat di kepala sehingga memungkinkannya belajar dan memiliki tingkah laku yang kompleks adalah
a. Chepalopoda
b. Schapopoda
c. Amphineura
d. Pelecypoda
e. Gastropoda

Pembahasan
Mollusca yang memiliki system saraf yang berpusat di kepala sehingga memungkinkannya belajar dan memiliki tingkah laku yang kompleks yakni chepalopoda seperti halnya cumi cumi atau sotong, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah A (Chepalopoda).

18. Bagian yang ditunjukan yang berfungsi sebagai penghisap pada chepalopoda adalah
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Pembahasan
Bagian tubuh pada chepalopoda yang berfungsi sebagai penghisap adalah tentakel yang dimilikinya di bagian kepala, dan gambar tentakel ditunjukan oleh no 1, sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah A (1).

19. Bagian tubuh mollusca yang merupakan penjuluran bagian ventral tubuhnya yang berotot disebut dengan
a. Mantel
b. Massa viseral
c. Kaki
d. Cangkang
e. Ganglion

Pembahasan
Bagian tubuh mollusca yang merupakan penjuluran bagian ventral tubuhnya yang berotot disebut dengan kaki. Umumnya kaki pada tiap kelas memiliki fungsinya masing masing. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Kaki).

20. Lapisan pada pelecypoda yang terdiri dari zat tanduk terletak pada lapisan
a. Periostarkum
b. Prismatik
c. Nakreas
d. Ganglion
e. Nefrdia

Pembahasan
Cangkang pada pelecypoda tersusun atas 3 lapisan yakni periostarkum yang terdiri dari zat tanduk, lapisan prismatic yang tersusun atas senyawa kalsium karbonat (CaCO3) dan lapisan nakreas yang merupakan lapisan terdalam yang mengkilat, sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah A (Periostarkum).

21. System saraf pada mollusca yakni
a. Ganglion
b. Terbuka
c. Tertutup
d. Berjalan
e. Diam

Pembahasan
System saraf pada mollusca yakni system saraf ganglion atau system saraf cincin yang mengelilingi esophagus dengan serabut saraf menyebar, sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah A (Ganglion).

22. Organ pada chepalopoda yang memungkinkan chepalopoda dapat mengubah warna tubuhnya jika meraa terancam disebut dengan
a. Spora
b. Kromatofora
c. Kromosom
d. Alel
e. Lokus

Pembahasan
Organ pada chepalopoda yang memungkinkan chepalopoda dapat mengubah warna tubuhnya jika meraa terancam disebut dengan kromatofora. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni B (Kromatofora).
Sprora sendiri merupakan bagian pada jamur yang berfungsi dalam perkembangbiakannya. Kromosom sendiri merupakan merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yang terdiri dari satu molekul DNA dan berbagai protein terkait yang merupakan informasi genetik suatu organisme. Alel sendiri merupakan pasangan gen pada kromosom, sedangkan lokus merupakan tempat di mana suatu gen melekat.

23. Pada gastropoda, bagian kakinya mengeluarkan suatu cairan berupa lendir yang berfungsi untuk
a. Memudahkannya ketika berenang
b. Memudahkannya saat berjalan
c. Membantunya terbang
d. Membuatnya berlari menjadi lebih cepat
e. Melindungi diri dari serangan musuh

Pembahasan
Pada gastropoda, bagian kakinya mengeluarkan lendir yang memudahkannya dalam berjalan. Gastropoda sendiri dapat berjalan karena adanya konraksi otot dari bagian posterior yang menjalar ke bagian anterior. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah B (Memudahkannya saat berjalan).

24. Pada kerang, saluran tempat keluar dan masuknya air sekaligus berfungsi sebagai penyaring air yang masuk disebut dengan
a. Ganglion
b. Kromtofora
c. Sifon
d. Lamella
e. Tentakel

Pembahasan
Pada kerang, saluran tempat keluar dan masuknya air sekaligus berfungsi sebagai penyaring air yang masuk disebut dengan sifon. Sedangkan ganglion merupakan system saraf pada mollusca. Kromatofora merupakan organ pada chepalopoda yang memungkinkan chepalopoda dapat mengubah warna tubuhnya jika meraa terancam. Lamella sendiri adalah sebutan lain untuk insang yang berupa lempengan lempengan dan tentakel merupakan alat gerak pada beberapa hewan seperti gurita. Jadi jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Sifon).

25. Di bawah ini hewan yang dikenal sebagai roket laut adalah
a. Chiton
b. Kerang
c. Bekicot
d. Siput
e. Cumi cumi

Pembahasan
Cumi cumi memiliki sepasang sifon yakni sifon masuk yang berfungsi untuk menyerap air dan sifon keluar yang berfungsi untuk menyemburkan air yang diserapnya sehingga dengan mekanisme tersebut memungkinkannya menghempaskan diri dan bergerak cepat untuk mengejar mangsanya, sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah E (Cumi Cumi).

26. Rahang yang berbentuk menyerupai catut pada chepalopoda dan tersusun oleh kitin berfungsi untuk
a. Mengeluarkan isi perut
b. Merobek mangsanya
c. Mengunyah
d. Membela diri
e. Meminta bantuan

Pembahasan
Rahang yang berbentuk menyerupai catut pada chepalopoda dan tersusun oleh kitin berfungsi untuk merobek mangsanya sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni B (Merobek mangsanya).

27. Di bawah ini merupakan mollusca yang dapat diolah menjadi perhiasan atau bahan dasar kerajinan lainnya, kecuali
a. Nautilus
b. Tridacna sp
c. Pinctada margaritifera
d. Anadara sp
e. Meleagrina margaritifera

Pembahasan
Jawaban di A, B, C dan D merupakan mollusca yang dapat dijadikan barang kerajinan seperti perhiasan atau teraso atau barang kerajinan lainnya, sedangkan pilihan D merupakan nama latin dari kerang yang tentunya kaya akan protein sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah D (Anadara sp).

28. Hewan yang terdapat pada gambar di bawah ini memiliki nama latin
a. Sepia officinalis
b. Loligo sp
c. Octopus sp
d. Corbicula javanica
e. Tridacna sp

Pembahasan
Gambar yang ditunjukan di atas adalah gambar gurita dengan nama latin Octopus sp sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Octopus sp).
Sepia officinalis adalah nama latin dari sotong, Loligo sp sendiri adalah nama latin untuk cumi cumi, Corbicula javanica adalah nama latin untuk remis, dan Tridacna sp adalah nama latin untuk kerang raksasa

29. Manakah gambar di bawah ini yang memiliki nama latin Dentalium vulgare

Pembahasan
Dentalium vulgare sendiri termasuk dalam kelas schapopoda dan ditunjukan oleh gambar E, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah E.
Gambar A adalah gurita dengan nama latin Octopus sp, gambar B adalah cumi cumi dengan nama latin Loligo sp, gambar C adalah bekicot dengan nama latin Achatina fulica, dan gambar D adalah siput air dengan nama latin Lymnaea sp

30. Nama dari suatu hewan sering dikaitkan dengan bentuk organ yang dimiliki oleh kelompok hewan tersebut. Lamellibranchiata yang termasuk filum mollusca, ada hubungannya dengan
a. Kaki yang berbentuk pipih
b. Cangkang yang berjumlah sepasang
c. Kaki yang dapat dijulurkan
d. Insang yang berjumlah dua pasang
e. Insang yang berbentuk lempeng

Pembahasan
Lamellibranchiata berasal dari kata lamella yang berarti lempengan dan branchuon berarti insang sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah E (Insang yang berbentung lempeng).

31. Berikut ini adalah pernanan mollusca yang merugikan yakni
a. Bekicot sebagai sumber protein
b. Tiram mutiara sebagai penghasil mutiara
c. Cumi cumi sebagai sumber protein
d. Bekicot sebagai hama tanaman pertanian
e. Cangkang siput sebagai bahan baku hiasan rumah

Pembahasan
Peranan mollusca yang merugikan yakni bekicot sebagai hama tanaman pertanian, sedangkan jawaban lainnya terbilang benar adanya. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah D (Bekicot sebagai hama tanaman pertanian).

32. Berdasarkan asal katanya, gastropoda berarti
a. Hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak / berjalan menggunakan perut
b. Memiliki dua buah cangkang yang bertangkup
c. Hewan yang memiliki kaki di kepala
d. Hewan yang memiliki cangkang tumpang tindih seperti genting
e. Hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi

Pembahasan
Gastropoda sendiri berasal dari bahasa Latin yakni gaster yang berarti perut dan podos yang berarti kaki, sehingga gastropoda berarti hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni A (hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak / berjalan menggunakan perut).
Sedangkan hewan yang memiliki dua buah cangkang yang bertangkup merupakan kelompok hewan bivalvia. Hewan yang memiliki kaki di kepala termasuk kelompok chepalopoda. Hewan dengan cangkang tumpang tindih seperti genting masuk dalam kelas amphineura dan hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi yakni schapopoda.

33. Kelompok hewan chepalopoda yakni
a. Hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak / berjalan menggunakan perut
b. Memiliki dua buah cangkang yang bertangkup
c. Hewan yang memiliki kaki di kepala
d. Hewan yang memiliki cangkang tumpang tindih seperti genting
e. Hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi

Pembahasan
Chepalopoda sendiri berasal dari bahasa Latin yakni chepalo yang berarti kepala dan podos yang berarti kaki sehingga chepalopoda yakni hewan yang memiliki kaki di kepala, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Hewan yang memiliki kaki di kepala).
Sedangkan hewan yang memiliki dua buah cangkang yang bertangkup merupakan kelompok hewan bivalvia. Hewan dengan cangkang tumpang tindih seperti genting masuk dalam kelas amphineura dan hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi yakni schapopoda. Gastropoda yakni hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak / berjalan menggunakan perut).

34. Kelompok hewan pelecypoda yakni
a. Hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak / berjalan menggunakan perut
b. Hewan yang memiliki kaki di kepala
c. Hewan yang memiliki cangkang tumpang tindih seperti genting
d. Hewan yang memiliki kaki yang berbentuk seperti mata kapak
e. Memiliki cangkang berbentuk seperti silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi

Pembahasan
Pelecypoda sendiri berasal dari bahasa Latin yakni pelecy yang berarti mata kapak dan podos yang berarti kaki sehingga pelecypoda yakni hewan yang memiliki kaki yang berbentuk seperti mata kapak, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah D (Hewan yang memiliki kaki berbentuk seperti mata kapak).
Sedangkan gastropoda sendiri yakni hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak / berjalan menggunakan perut). Chepalopoda yakni hewan yang memiliki kaki di kepala. Hewan dengan cangkang tumpang tindih seperti genting masuk dalam kelas amphineura dan hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi yakni schapopoda.

35. Kelompok hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi termasuk dalam
a. Gastropoda
b. Amphineura
c. Schapopoda
d. Pelecypoda
e. Chepalopoda

Pembahasan
Kelompok hewan yang memiliki cangkang berbentuk silinder dengan kedua ujung terbuka menyerupai gigi termasuk dalam schapopoda, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Schapopoda)

36. Kelompok hewan dengan cangkang tumpang tindih seperti genting masuk dalam kelas
a. Gastropoda
b. Amphineura
c. Schapopoda
d. Pelecypoda
e. Chepalopoda

Pembahasan
Kelompok hewan dengan cangkang tumpang tindih seperti genting masuk dalam kelas Amphineura, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni B (Amphineura).

37. Jenis reproduksi gastropoda termasuk dalam jenis reproduksi
a. Simetri radial
b. Simetri bilateral
c. Dioseus
d. Hermafordit
e. Amphineura

Pembahasan
Jenis reproduksi gastropoda termasuk dalam jenis reproduksi hermafrodit karena dalam satu individu memiliki dua buah kelamin yakni jantan dan betina. Dalam proses perkawinannya, sel telur setelah dibuahi oleh sperma akan terjadi zigot dan menjadi telur. Telur ini akan dikeluarkan dari saluran telur satu persatu dari saluran telur siput betina yang kemudian diletekan dalam suatu tempat yang mereka anggap aman lalu telur tersebut akan menetas. Dalam proses penyimpanan tersebut, ada gastropoda yang menjaga telurnya namun ada juga yang meninggalkannya. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni D (Hermafrodit).

38. Organ reproduksi pada chepalopoda disebut dengan
a. Diosesus (berumah dua )
b. Hermafrodit
c. Jantan
d. Betina
e. Unsex

Pembahasan
Organ reproduksi pada chepalopoda disebut dengan dioseus (berumah dua). Pembuahan terjadi secara internal dan menghasilkan telur. Telur tersebut akan keluar dari tubuh induknya bersama air melalu sifon keluar. Selanjutnya telur akan menempel pada substrat dan berkembang menjadi individu dewasa. Sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut yakni A (Dioseus).

39. Gastropoda yang memiliki habitat di darat, alat pernafasannya berupa
a. Paru paru
b. Insang
c. Kulit
d. Trakea
e. Kaki

Pembahasan
Gastropoda yang memiliki habitat di darat, alat pernafasannya berupa paru paru yang biasanya dikenal dengan nama pulmonate. Paru-paru sendiri merupakan anyaman pembuluh darah pada dinding luar. Udara masuk dan keluar melalui porus respiratorius. Darah yang berasal dari tubuh mengalami aerasi di dalam paru-paru dan kemudian dipompakan oleh jantung melalui arteri ke arah kepala, kaki dan viscera. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni A (Paru paru).

40. Organ yang ditunjukan oleh huruf x pada organisme tersebut berfungsi sebagai
a. Alat untuk terbang ke tempat yang tinggi
b. Tangan untuk mencari, menangkap makanan serta sebagai alat gerak
c. Organ reproduksi
d. Organ ekskresi
e. Indra pendengar

Pembahasan
Organisme yang ditunjukan pada gambar di atas adalah gurita. Organ yang ditunjukan oleh huruf X adalah tentakel yang berfungsi sebagai tangn untuk mencari, menangkap dan sebagai alat gerak, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni B (Tangan untuk mencari, menangkap makanan serta sebagai alat gerak).

41. Gambar yang ditunjukan oleh huruf A berfunsgi untuk
a. Indra peraba dan pembau
b. Pembeda terang dan gelap
c. Perlindungan diri dari serangan musuh
d. Berjalan dengan cepat
e. Mengeluarkan cairan

Pembahasan
Gambar yang ditunjukan oleh tanda panah di atas adalah tentakel dari mollusca kelas gastropoda. Tentakel pada gastropoda terdiri dari tentakel pendek dan panjang. Tentakel pendek berfungsi sebagai indra peraba dan pembau sedangkan tentakel panjang berfungsi sebagai pembeda gelap dan terang. Karena yang ditunjukan di atas adalah gambar tentakel pendek, maka jawaban dari pertanyaan di atas yakni A (Indra peraba dan pembau).

42. Manakah di bawah ini yang termasuk lapisan cangkang pada pelecypoda
a. Terang
b. Gelap
c. Bintik
d. Kuat
e. Prismatic

Pembahasan
Cangkang pelecypoda tersusun atas 3 lapisan yakni periostarkum, prismatic dan nakreas. Salah satu dari yang disebutkan yang terdapat pada pilihan di atas yakni lapisan prismatic, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni E (Prismatik).

43. Pada umumnya, bentuk cangkang pada gastropoda berbentuk
a. Persegi
b. Segi tiga
c. Trapesium
d. Kerucut terpilin
e. Segi delapan

Pembahasan
Pada umumnya, bentuk cangkang pada gastropoda berbentuk kerucut terpilin, sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut yakni D (Kerucut terpilin).
Namun tidak semua gastropoda memiliki cangkang. Beberapa ada yang tidak memiliki cangkang yang biasa disebut dengan siput telanjang (vaginula)

44. Bagian yang ditunjuk oleh huruf X pada gambar , berfungsi sebagai

a. Pertahanan diri apabila terjadi serangan dari luar
b. Alat untuk mengeluarkan racun
c. Indra pengelihatan
d. Alat ekskresi
e. Alat reproduksi

Pembahasan
Huruf X pada gambar di atas menunjuk pada bagian cangkang pada beikcot di mana cangkang tersebut berfungsi sebagai tempat berlindung apabila terjadi serangan dari luar. Bila ada suatu serangan, biasanya bekicot akan masuk ke dalam cangkang tersebut. Pada umumnya bentuk tubuhnya mengikuti bentuk cangkangnya tersebut. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni A (Alat pertahanan diri apabila terjadi serangan dari luar).

45. Gastropoda yang hidup di air bernafas dengan menggunakan
a. Paru paru
b. Insang
c. Kulit
d. Trakea
e. Kaki

Pembahasan
Gastropoda yang hidup di air bernafas dengan menggunakan insang. Letaknya sama dengan paru paru pada gastropoda yang hidup di darat, dengan kata lain tempat paru paru yang ada digantikan oleh insang pada gastropoda yang hidup di air. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni B (Insang).

46. Mutiara dihasilkan oleh tiram mutiara. Tiram mutiara sendiri memiliki nama latin yakni
a. Sepia officinalis
b. Loligo sp
c. Octopus sp
d. Corbicula javanica
e. Pinctada margaritifera

Pembahasan
Tiram mutiara sendiri memiliki nama latin yakni Pinctada margaritifera. Sepia officinalis adalah nama latin dari sotong, Loligo sp adalah nama latin untuk cumi cumi, Corbicula javanica adalah nama latin untuk remis dan gurita dengan nama latin Octopus sp, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni E (Pinctada margaritifera)

47. Cumi cumi memiliki tubuh yang lunak namun diselubungi oleh pelindung yang tebal yang disebut dengan
a. Mantel
b. Prismatic
c. Nakreas
d. Periostarkum
e. Zat tanduk

Pembahasan
Cumi cumi memiliki tubuh yang lunak namun diselubungi oleh pelindung yang tebal yang disebut dengan mantel, sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni A (Mantel).
Sedangkan Prismatik, Nakreas dan Periostarkum merupakan lapisan yang terdapat pada cangkang bivalvia dan zat tanduk merupakan zat yang terdapat pada lapisan periostarkum pada cangkang pelecypoda.

48. Pada umumnya kelas gastropoda memiliki cangkang sebagai pelindung tubuhnya. Sedangkan gastropoda yang tidak memiliki cangkang/cangkok disebut dengan
a. Siput miskin
b. Siput kere
c. Siput telanjang
d. Siput tidak sempurna
e. Siput hilang

Pembahasan
Gastropoda yang tidak memiliki cangkang/cangkok disebut dengan siput telanjang (vaginula), sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah C (Siput telanjang).

49. Habitat cumi cumi yakni di
a. Laut
b. Air payau
c. Darat
d. Hutan rimba
e. Hutan bakau

Pembahasan
Habitat cumi cumi yakni di laut sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni A (Laut)

50. Achatina fulica adalah nama latin dari
a. Sotong
b. Cumi cumi
c. Gurita
d. Bekicot
e. Kerang

Pembahasan
Achatina fulica adalah nama latin dari bekicot sehingga jawaban dari pertanyaan di atas yakni D (Bekicot). Sedangkan sotong memiliki nama latin Sepia officinalis, gurita memiliki nama latin Octopus sp dan kerang memiliki nama latin Anadara sp.

MOLLUSCA
  • Hewan yang bertubuh lunak
  • Tubuhnya tidak berruas-ruas
  • Tubuh nya berbentuk simetri bilateral
  • Hewan yang tergolong tripobolastik selomata
  • Pada umumnya bercangkang
  • Tubuhnya terdiri dari kaki muskular, dengan kepala yang berkembang beragam menurut kelasnya.
  • Tubuh Mollusca terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kaki, massa viseral, dan mantel
  • Sistem pencernaan terdiri dari mulut, lambung ususanus kerongkongan
  • Bebrapa memilki lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula
  • Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang nengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang melebar
  • Sistem saraf terdidri dari 3 ganglion Anteriror,Pedal,posterior
  • Punya 2 otot auduktor yang ada pada pada bagian interior dan posterior

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL