Thursday, November 19, 2009

BIOTEKNOLOGI SOAL

Pagi ini akan saya postingkan soal Bioteknologi yang lebih aplied sehingga bagaimana membumikan materi theorynya menjadi lebih kena semoga berguna 

THEORY
THEORY 2 NOVEL
THEORY 3 

SOAL 
  1. Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai …
A. Kultur jaringan
B. Rekayasa genetic
C. Transplantasi
D. Radiasi induksi
E. Mutasi buatan

Pembahasan :

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai transplantasi gen atau rekombinasi gen, Transplantasi ini yang sering digunakan adalah memakai teknik plasmid, dengan gunting enzim berupa enzim Endonuklease Restriksi dan Lemnya Enzim ligase 
Skema Transplantasi gen 

 
Jawab : C

2. Berikut ini merupakan kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, kecuali

A. Kesegaran bahan pangan tidak berubah
B. Tidak membusuk selamanya
C. Tidak menimbulkan polusi lingkungan
D. Meningkatkan mutu dan hygiene bahan pangan
E. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan

Pembahasan :

Penggunaan teknologi nuklir (radioisotop) dalam bidang teknologi pangan lazim disebut proses iradiasi. Iradiasi bahan pangan mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan proses pengawetan konvensional antara lain :
  1. Dapat dilakukan pada bahan yang telah dikemas
  2. Kesegaran bahan pangan tidak berubah
  3. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan
  4. Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan
  5. Dapat menggunakan bahan pengeras yang murah
  6. Dapat meningkatkan mutu dan hygiene bahan makanan
 Penggunaan Radio Isotob adalah Unsur kimia yang stabil yang dibuat labil karena penyinaran sinar radioaktif dari unzur radioktif di reaktor  
Jawab : B

3. Dampak negative yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah ..

A. Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar
B. Menurunnya sumber plasma nutfah
C. Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga
D. Terjadinya perubahan sikap social
E. Lahan pertanian berkurang, produksi kecil

Pembahasan :

Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia. Dampak negative yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap social.
Jawab : D

4. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan .

A. DNA bakteri ke dalam pancreas manusia
B. Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia
C. Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri
D. DNA virus ke dalam DNA bakteri
E. Gen virus ke dalam gen bakteri

Pembahasan :

Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran telah banyak ditemukan beberapa rekayasa gen, yang diantaranya adalah gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri, sehingga bakteri itu yang menghasilkan hormone insulin dan orang yang menderita kencing manis (diabetes) bias mendapat hormone insulin kembali.Teknik ini dikenal dengan Teknik plasmid dengan merekayasa penyambungan sequen DNA plasmid dengan DNA yang diinginkan. kemudian plasmid yang terangkai gabungan DNA rekombinan dimasukkan kembali ke bakteri atau sebaliknya tergantung tujuannya  




Proses Pembuatan Insulin

Gambar di atas adalah rekayasa genetika pada bakteria guna menghasilkan hormon insulin yang penting untung pengendalian gula darah pada penderita diabetes. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:
 

  1. Tahap pertama dalam membuat bakteria yang bisa menghasilkan insulin adalah dengan mengisolasi plasmid pada bakteri tersebut yang akan direkayasa. Plasmid adalah materi genetik berupa DNA yang terdapat pada bakteria namun tidak tergantung pada kromosom karena tidak berada di dalam kromosom.
  2. Kemudian plasmid tersebut dipotong dengan menggunakan enzim di tempat tertentu sebagai calon tempat gen baru yang nantinya dapat membuat insulin.
  3. Gen yang dapat mengatur sekresi (pembuatan) insulin diambil dari kromosom yang berasal dari sel manusia.
  4. Gen yang telah dipotong dari kromosom sel manusia itu kemudian ‘direkatkan’ di plasmid tadi tepatnya di tempat bolong yang tersedia setelah dipotong tadi.
  5. Plasmid yang sudah disisipi gen manusia itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam bakteria.
  6. Bakteria yang telah mengandung gen manusia itu selanjutnya berkembang biak dan menghasilkan insulin yang dibutuhkan. Dengan begitu diharapkan insulin dapat diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas di pabrik-pabrik.

Jawab : C

5. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada …

A. Meningkatnya jenis hama tanaman
B. Meningkatnya keanekaragaman genetic
C. Meningkatnya keanekaragaman ekologi
D. Menurunkan kualitas produk pertanian
E. Menurunkan kualitas lingkungan

Pembahasan :

Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetic. Seperti contoh : jenis padi, pelita I, pelita II, barito, cisadane, dan sebagainya.dari hasil yang unggul ini bisa diperbanyak dengan kultur jaringan sehingga produk keunggulan nya bisa sama
Jawab : B

6. Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah …

A. Meningkatnya biaya pemeliharaan hewan
B. Menurunkan variasi pada hewan
C. Meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus
D. Meningkatnya populasi hewan
E. Menurunnya jumlah makanan yang dibutuhkan hewan

Pembahasan :

Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah untuk meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus. Kini telah diketemukan Interferon hasil teknologi Hibridoma yang bisa membuat interferon untuk memusnahkan virus
Jawab : C

7. Berikut ini pemanfaatan rekayasa genetika untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia, kecuali …

A. Insulin
B. Antibiotic
C. Antibody monoclonal
D. Interferon
E. Terapi gen sel sumsum tulang

Pembahasan :

Bioteknologi dibidang kedokteran adalah Antibodi Monoklonal, Terapi Gen ,  Interferon , Vaksin.
Jawab : B,  Antibiotic adalah bioteknologi konvensional seperti fermentasi yang didapatkan dari hasil metabolit sekunder organisme seperti Penicillium notatum , P chrissogenum , Streptomyces dll

8. Ilmuwan yang dikenal sebagai Bapak Bioteknologi adalah ..

A. Alexander Flemming
B. Robert Hooke
C. Robert Cock
D. Louise Pasteur
E. Lazzaro Spalanzani

Pembahasan :

Bapak bioteknologi adalah Alexander Flemming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum.
Jawab : A 

9. Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita …

A. Malaria
B. Diabetes
C. Asma
D. Ginjal
E. Jantung

Pembahasan :

Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita diabetes dengan cara menyambungkan gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri dalam bioteknologi modern Teknik Plasmid .
Jawab : B

10. Berikut ini bahaya dari bioteknologi, kecuali ..

A. Digunakan untuk senjata biologis
B. Memunculkan organisme strain jahat
C. Mengganggu keseimbangan lingkungan
D. Menyalahi hukum dan nilai masyarakat
E. Menambah keanekaragam hayati

Pembahasan :

Hal hal diatas termasuk bahaya berkembannya bioteknologi, kecuali menambah keanekaragaman hayati
Jawab : E

11. Proses manakah yang terjadi di dalam bejana fermentasi sehingga terbentuk zat antibiotik penisilin?


A. Terjadinya reaksi kimia antara zat makanan dan jamur Penicillium sehingga terbentuk zat penisilin.
B. Zat antibiotic penisilin perlu ditambahkan dalam bejana sehingga dapat merangsang jamur untuk memproduksi antibiotic.
C. Jamur Penicillium tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga dapat menghasilkan penisilin
D. Bakteri – bakteri tertentu tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga menghasilka penisilin
E. Udara dalam bejana fermentasi menyebabkan makanan dalam bejana tersebut teroksidasi dan membentuk penisilin

Pembahasan :

Jamur “Penicillium” menghasilkan zat antibiotik penisilin. Dalam bejana fermentasi, jamur ini tumbuh dengan subur karena suplai makanan atau media yang cukup.
Jawab : C

12. Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan asam sitrat adalah 




A. Aspergillus niger
B. Aspergillus flavus
C. Aspergillus wentii
D. Aspergillus soyae
E. Aspergillus oryzae

Pembahasan :

Untuk memperoleh asam nitrat, mikroorganisme yang kita butuhkan adalah Aspergillus niger.Ciri produk Bioteknologi haruslah skala industri karena ingin memenuhi kebutuhan manusia
Jawab : A

13. Organisme yang mengandung gen dari spesies lain disebut…..

A. Transplantasi
B. Transgenik
C. Mutasi
D. Implementasi
E. Vaksinasi

Jawaban : B

  • Transplantasi : proses pemindahan suatu organ dari satu organisme/bagian tubuh ke individu lain.
  • Mutasi : perubahan materi genetik yang mengakibatkan terjadinya perubahan sifat atau karakter dan dapat bersifat menurun
  • Implementasi : penerapan
  • Vaksinasi : merupakan tahapan yang berguna untuk menahan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu.
Organisme Transgenik dibuat dengan Transplantasi Gen / Teknik Plasmid yang kemudian dikenal dengan Rekayasa Genetika

14. Teknik yang bisa digunakan untuk membantu penderita diabetes mellitus adalah…
A. Terapi gen
B. Plasmid
C. Retrovirus
D. Rekombinan DNA
E. Mieioma
Jawaban : D
Orang yang mengalami kelainan diabetes melitus, dapat dibantu dengan teknik DNA rekombinan, insulin dapat dipanen dari bakteri.

15.Gen yang diberikan pada sapi segar agar produksi susu sapi meningkat adalah…..

A. Somatotropin
B. Tirotropin 
C. Insulin
D. Retrovirus
E. Virulen
Jawaban : A
Somatotropin merupakan gen yang dapat menngkatkan produksi susu sapi.


16. Berikut ini merupakan cabang ilmu biologi dan ilmu kimia yang mendukung kemajuan dan perkembangan bioteknologi, kecuali……
A. Fisiologi
B. Biologi molekuler
C. Inokulasi
D. Genetika
E. Mikrobiologi
Jawaban : C
Fisiologi, Biologi molekuler, Genetika, dan mikrobiologi merupakan cabang biologi yang dimaksud kecuali Inokulasi.

17. Manakah yang termasuk produk dari bioteknologi konvensional?

A. Zat Glutamat
B. Kultur jaringan
C. Autoklaf
D. Cloning
E. Hibridoma
Jawaban : A
  • Hibridoma tergolong Modern karena Disatukan dua sel untuk membentuk sel Hibrid 
  • Sel hibrid yang terbentuk itu dikenal dengan sel Hibridoma
  • Sel Hibridoma ini dilakukan dengan menggunakan Bioteknologi modern yaitu Teknik Hibridoma 
  • Dalam Bioteknologi teknik ini dilakukan misalnya menyatukan sel kanker yang cepat membelah namun tidak menghasilkan antibody dengan sel Lympocyt yang menghasilkan antibody namun pembelahan nya lambat.
  • Produk fusi sel itu diharapkan menghasilkan sel hibridoma yang mampu menghasilkan antibody monoklonal yang cepat membelah namun bisa menghasilkan antibody OK

18. Pada tahap persiapan kultur jaringan, digunakan alat yang berfungsi untuk sterilisasi alat dan bahan yang disebut…..




A. Kalus
B. Autoklaf
C. Aseptis
D. Aklimatis
E. Metabolit
Jawaban : B

19. Tahapan penanaman eksplan yang sudah steril ke dalam atau diatas medium buatan pada botol kultur adalah....

A. Aklimatisasi
B. Pemeliharaan
C. Persiapan
D. Tahap pembentukkan
E. Inokulasi
Jawaban : A


Teks berikut untuk menjawab soal MULAI no. 20

  • Saat ini, prtein tunggal (PST) sudah ada yang diproduksi untuk konsumsi manusia. Proteinnya disebut mikroprotein. PST dibuat oleh hifa jamur, bukan oleh sel tunggal. Walaupun demikian, mikroprotein ni digolongkan sebagai PST.
  • Media tumbuh yang digunakan dapat berasal dari sampah organik. Mikroprotein yang dihasilkan dapat diolah menjadi kue atu potongan “daging” yang rasanya mirip daging ayam.
  • Mikroprotein merupakan makanan yang sangat baik, kadar proteinnya 45%, sedikit lemak, bebas kolesterol dan banyak mengandung serat.
20. Serat yang dikandung mikroprotein kebanyakan berasal dari...
A. Hifa
B. Mikrospora
C. Protalium
D. Miselium
E. Batang jamur
Jawaban : D

LANJUTAN KERJA SENDIRI YA 


21. Berikut ini merupakan peranan bakteri dalam pemisahan logam :
  1. Thiobacilus ferooksidans tumbuh subur pada lingkungan yang mengandung zat organik
  2. Thiobacilus ferooksidans adalah salah satu species kemoliotrop (bakteri pemakan batuan)
  3. Bakteri kemoliotrop tidak dapat memperoleh energi dari oksidasi zat anorganik
  4. Para penambang mineral melakukan pembiakan murni terhadap Thiobacilus ferooksidans untuk pemisahan logam murni

Dari pernyataan di atas yang benar mengenai biometalurgi adalah nomor……….

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4

22. Di bawah ini menunjukkan hubunganyang tepat antara mikroorganisme dan peranannya dalam bidang bioteknologi adalah ….

A.Saccharomyces cerreviceae – membuat yoghurt
B.Monilia sitophilla – membuat tempe
C.Rhizopus orizyae – membuat kecap
D.Spirullina maxima – penghasil protein
E.Chlorella – penghasil karbohidrat

23. Contoh pemanfaatan bioteknologi konvensional yang banyak dilakukan di Indonesia, kecuali

A.Pembuatan asam cuka
B.Pembuatan nata de coco
C.Pembuatan tape
D.Pembuatan tempe
E.Pembuatan keju

24. Berikut ini ada beberapa jenis jamur :

  1. Penicillium camemberti
  2. Rhizopus oryzae
  3. Trichoderma rassei
  4. Saccharomyces ovale
  5. Auricularia polytrica
Jamur yang dapat menghasilkan keju, mengubah protein menjadi asam amino, dan dapat disayur adalah…………
A. 1-2-3
B. 1-3-4
C. 1-2-5
D. 2-3-4
E. 2-4-5

25. Penggunaan bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) dalam rekayasa tumbuhan bertujuan untuk memperoleh tumbuhan yang…….

A. Menghasilkan asam amino yang lengkap
B. Menghasilkan pestisida pembunuh hama
C. Mampu memupuk dirinya sendiri
D. Menguraikan senyawa yang bersifat racun
E. Proses fotosintesisnya berjalan sangat cepat

26. Perhatikan gambar berikut ini



Kapas transgenik yang dikembangkan di Sulawesi memanfaatkan jenis mikroorganisme ……
A. Pseudomonas sp.
B. Bacillus thuringiensis
C. Bacolovirus sp.
D. Thiobacillus ferooksidans
E. Methanomonas methanica

27. Species jamur berikut ini yang tidak dapat digunakan sebagai Bahan pembuatan protein sel tunggal adalah………..

A. Saccharomyces cerreviceae
B. Fusarium sp
C. Trichoderma rassei
D. Candida utilis
E. Neurospora crassa

28. Perhatikan gambar ini



Mikroorganisme berikut yang digunakan untuk membuat produk makanan diatas adalah …..
A. Rhizopus oligospora, Saccharomyces cereviceae
B. Streptococcus, Aspergillus flavus
C. Lactobacillus, Aspergillus oryzae
D. Rhizopus oryzae, Aspergillus  wentii
E. Saccharomyces, Aspergillus oryzae

29. Dalam proses pembuatan yakult melibatkan bakteri….

A. Acetobacter xylinium
B. Lactobacillus thermophillus
C. Lactobacillus bulgaricus
D. Lactobacillus casei
E. Streptomyces griseus

30. Peranan rekayasa genetika dalam kehidupan manusia adalah………

A. Memperbanyak jenis untuk meningkatkan keanekaragaman
B. Melakukan perubahan gen agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia
C. Memanfaatkan sifat yang terdapat dalam sperma atau ovum secara optimum
D. Membiakkan perkawinan secara buatan dan terencana
E. Merangkai gen untuk menemukan varietas baru

31.Perhatikan beberapa mikroorganisme di bawah ini !

  1. Spirulina
  2. Penicillium
  3. Lactobacillus
  4. Chlorella
  5. Eucheuma
  6. Saccharomyces
Mikroorganisme yang dapat dibuat protein sel tunggal adalah nomor……..
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 4, dan 6
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 5, dan 6

32. Teknik penyambungan segmen DNA dari suatu organisme ke DNA organisme lain melalui vektor untuk memperoleh hasil yang diinginkan disebut teknologi …………

A. hibridoma
B. interferon
C. plasmid
D. fermentasi
E. kloning

33. Rekayasa genetik terhadap hewan dilakukan untuk mengefektifkan sumber daya hewan, Alasanya karena dapat ...

A. menghasilkan interferon untuk melawan penyakit tertentu
B. menghasilkan anti biotik untuk pengobatan penyakit yang di sebabkan oleh virus
C. memperbaiki kualitas induk hewan piaraan dan peternakan
D. menambah daya tahan tubuh terhadap hewan tertentu
E. menganekaragamkan jenis hewan yang ada di alam

34. Berdasarkan tabel berikut ini hubungan yang benar antara produk bioteknologi dengan mkroorganisme adalah……. 



35. Suatu lingkaran kecil (DNA) yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika disebut…….
A. Kromosom
B. Plasmid
C. DNA stabil
D. DNA rekombinan
E. Hibridoma

36. Berikut ini tahap-tahap pada rekayasa genetika :

  1. Plasmid diabsorbsi oleh bakteri
  2. Penyedian plasmid bakteri
  3. Pembiakan bakteri penghasil insulin
  4. Penyambungan gen insulin ke plasmid
  5. Pemotongan gen penghasil insulin dari kromosom
Dari pernyataan tersebut urutan tahapan rekayasa genetika yang benar adalah……
A. 1-2-3-4-5
B. 2-3-4-5-1
C. 4-5-3-2-1
D. 5-2-4-1-3
E. 5-3-4-1-2

37. Prosedur yang digunakan untuk mendapatkan DNA rekombinan adalah…..

A. hibridisasi galur murni
B. induksi kolkisin pada tanaman budidaya
C. menumbuhkan sel somatik dari wortel melalui kultur jaringan
D. transformasi bakteri dengan DNA manusia
E. menghalangi pembentukan benang spindel pada saat mitosis

38. Manakah dari pernyataan berikut yang menunjukkan adanya keterlibatan bioteknologi?

a. peningkatan produksi pangan melalui seleksi bibit unggul
b. pembuatan tape dengan menambahkan jamur ragi Saccharomyces sp.
c. diognosa penyakit dengan menggunakan radiasi sinar X
d. pemanfaatan udang untuk bahan dasar krupuk udang
e. pembuatan agar-agar dari alga merah Eucheuma spinosum

39. Bioteknologi memungkinkan manusia memindahkan sifat-sifat organisme yang satu ke organisme lainnya. Teknologi ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan sarana………

A. Bakteri dan sel kanker
B. Virus dan bakteri
C. Sel kanker dan virus
D. Sel kanker dan plasmid
E. Plasmid dan virus

40.Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan cara :

  1. Kultur jaringan
  2. Perkawinan silang
  3. Pembiakan sel dengan kolkisin
  4. Radiasi buatan
  5. Kultur virus untuk produksi interferon
Tanaman bibit unggul dapat diperoleh melalui rekayasa genetika berikut :
A. 2 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 5
D. 1 dan 4
E. 3 dan 5

41. Perhatikan tabel berikut ini! 




Peranan jenis yang sesuai dengan produksinya adalah……

A. 1-A-P
B. 1-C-P
C. 2-B-Q
D. 3-C-R
E. 3-B-R

42. Antibodi monoklonal sangat berguna terutama untuk……….

A. Pengenalan antibodi baru
B. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kanker
C. Menghasilkan protein hasil rekayasa genetika
D. Mendiagnosis jenis penyakit yang diderita pasien
E. Bahan mentah bagi industri plastik

43. Dari jamur berikut ini yang menghasilkan racun yang mematikan adalah…………

A. Saccharomyces cerreviceae
B. Fusarium sp
C. Trichoderma rassei
D. Candida utilis
E. Aspergillus flavus

44. Perhatikan tabel hubungan antara bakteri dengan peranannya berikut ini, pasangan yang tepat adalah……



45.Contoh jamur yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan PST adalah.......

A. Fusarium
B. Saccharomyces
C. Acetobacter
D. Lactobacillus
E. Escherchiacoli
Jawaban : A
  • Saccharomyces merupakan mikroorganisme dalam pembuatan roti
  • Acetobacter merupakan mikroorganisme dalam pembuatan nata de coco
  • Lactobacillus merupakan mikroorganisme dalam pembuatan yoghurt
  • Eschercia coli merupakan mikroorganisme dalam tempat pembuangan

46. Manfaat dari kultur jaringan adalah untuk memperoleh ………..

A. keturunan sifatnya unggul dalam jumlah besar
B. tanaman jenis baru yang tahan
C. hasil yang bervariasi dari tanaman jenis unggul
D. individu baru yang cepat berkembang
E. individu baru dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat

47. Bioteknologi mikroorganisme Methanobacterium omelianski bermanfaat dalam proses ......

A. Mengubah limbah menjadi bahan bakar gas
B. Memisahkan logam tertentu dari bijinya
C. Mengubah limbah menjadi zat yang tidak berbahaya
D. Memecah mineral sulfida menjadi ion sulfat
E. Menjadikan tanaman dapat menyerap N2 bebas dari udara

48.Hasil rekayasa genetika yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan manusia, mencakup:

  1. Vaksin
  2. Transgenik
  3. Terapi gen
  4. Bovine Growth Hormone
Jawaban : B
Karena, sejauh yang diketahui transgenik dan Bovine Growth Hormone digunakan pada hewan.

49. Sisa-sisa pembakaran sampah dapat dijadikan sebagai media tumbuh PST

SEBAB
Sisa-sisa pembakaran sampah merupakan zat organik.

Jawaban : A



50. Sel – sel hibridoma dihasilkan dari penyatuan dua tipe sel berbeda dan mengandung gen-gen aslinya …

SEBAB
Kombinasi gen baru dari sel hibridoma dapat diperoleh melalui teknik rekayasa genetika

Pembahasan :

Teknik hibridoma adalah penggabungan dua sel dari organisme yang sama ataupun dari sel organisme yang berbeda sehingga menghasilkan sel tunggal berupa sel hybrid (hibridoma) yang memiliki sifat dari kedua sel tersebut, kombinasi gen baru dapat diperoleh melalui teknik rekayasa genetika.

Jawab : B

Rekayasa genetic dapat dapat dilakukan dengan mengganti materi genetic sel mikroba dengan materi genetic lain yang diinginkan. Agar materi genetic lain tadi dapat mengambil alih metabolisme sel mikroba, materi genetic sel mikroba yang diganti tersebut adalah …
  1. rRNA
  2. mRNA
  3. tRNA
  4. DNA

Pembahasan :

DNA berhubungan erat dengan penurunan sifat rekayasa genetika, dapat dilakukan denga transformasi, yaitu pemindahan sifat-sifat dari satu mikroba ke mikroba lainnya melalui bagian-bagian DNA tertentu dari mikroba pertama
Jawab : D

51. Vaksin dapat dibuat dari virus aktif untuk menghasilkan antibody

SEBAB
Vaksin digunakan untuk melawan penyakit
Jawaban : A
Karena virus juga dapat dibuat dari virus yang aktif, tetapi tidak bersifat patogen.

52. Tumbuhan sangat bergantung pada persenyawaan N dari dalam tanah, dan mengambilnya dalam bentuk ion NO3 maupun NH4, karenanya dibutuhkan organisme penambat nitrogen

SEBAB
Tumbuhan dapat mengambil unsure N dalam bentuk gas.
Jawaban : C

Karena tumbuhan memang membutuhkan persenyawaan N, karenanya dibutuhkan organisme penambat nitrogen. Namun, tumbuhan tidak dapat mengambil Nitrogen bebas diudara secara langsung.


53. Berikut ini contoh pengembangan bioteknologi di bidang kedokteran, kecuali….

A. Pembuatan vaksin
B. Pembuatan antibodi monoclonal
C. Terapi tulang
D. Terapi gen
E. Pembuatan produk obat-obatan
Jawaban : C

54. Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan untuk memperoleh……

A.anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya
B.anakan yang akan diperlukan untuk hibridisasi
C.anakan yang unggul dalam jumlah besar dan cepat
D.bibit unggul yang bergizi tinggi
E.anakan yang seragam dalam jumlah besar


55. Transkripsi gen X dikendalikan oleh transkripsi faktor A. Gen X ditranskripsi hanya ketika faktor A difosforilasi. Data pada distribusi jaringan dari faktor A dan aktivitas darisuatu protein kinase dan protein fosfatase spesifik untuk faktor A ditunjukkan pada tabel di atas. Dari tiga jaringan ini, gen X akan ditranskripsi pada
A. otot saja
B. jantung saja
C. otak saja
D. otak dan jantung saja
E. otot, jantung, dan otak

56. Lac operon.......
A. ditemukan di sel eukariot
B. mengkode urutan asam amino pada laktase
C. mengatur translasi dari mRNA
D. mengatur transkripsi dengan mengaktifkan atau menginaktifkan produksi dari protein
represor
E. mengatur replikasi DNA dengan mengaktifkan atau menginaktifkan protein induser

57. Dalam usaha untuk mengklon protein manusia, material dari sel manusia di masukan ke
dalam bakteri. Material yang berasal dari sel manusia tersebut adalah....
A. Segmen DNA yang mengkode mRNA yang di transkripsi
B. rRNA dan tRNA yang dipergunakan selama proses translasi
C. protein yang mentraskripsi mRNA di inti
D. protein mRNA yang ditemukan di sitoplasma
E. intron yang dilepaskan dari protein mRNA yang di transkripsi dan belum diproses


58.Kinetik hibridisasi double helix DNA sangat berhubungan dengan urutan basa nitrogen
pada helix tersebut. Pada temperatur di bawah titik leleh untai DNA komplementer, maka
kebanyakan DNA …
A. Rantai tunggal oleh denaturasi pada suhu yang lebih rendah
B. Rantai ganda akibat kuatnya ikatan hydrogen
C. Hibridisasi untuk membentuk untai yang lebih panjang dan stabil
D. Urutan basa yang sangat kompleks yang menjadi sederhana ketika suhu dinaikkan
E. Mampu menyerap sinar UV lebih banyak dibandingkan dengan temperatur di atas titik
lelehnya.


59. Metode yang digunakan untuk mendeteksi suatu protein adalah …
A. Polymerase chain reaction (PCR)
B. Western blotting
C. Southern blotting
D. Northern blotting
E. Eastern blotting

60. Metode yang digunakan untuk mendeteksi DNA adalah …
A. Polymerase chain reaction (PCR)
B. Western blotting
C. Southern blotting
D. Northern blotting
E. Eastern blotting

61. Metode yang digunakan untuk mendeteksi RNA adalah …
A. Polymerase chain reaction (PCR)
B. Western blotting
C. Southern blotting
D. Northern blotting
E. Eastern blotting

62. Alasan penggunaan mikroorganisme dalam bioteknologi adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. tidak membutuhkan keahlian khusus
b. mudah dibiakkan
c. sifat dapat dimodifikasi
d. tidak bergantung iklim dan cuaca
e. memproses bahan baku cepat

63. Kegiatan berikut merupakan proses bioteknologi, kecuali ….
a. memanfaatkan potensi makhluk hidup terutama mikroorganisme
b. melibatkan berbagai bidang ilmu dan proses rekayasa genetika
c. selalu menggunakan teknik DNA rekombinasi
d. dapat berupa proses fermentasi
e. pembentukan individu transgenik

64. Vektor yang digunakan dalam proses rekayasa genetika (DNA rekombinasi) adalah ….
a. kloroplas
b. nukleus
c. plasmid 
d. mitokondria
 e. DNA

65. Dalam proses rekayasa genetika, perangkat yang digunakan untuk memotong DNA adalah ….
a. gunting mikro
b. pisau mikro
c. sinar laser 
d. mikrotom 
e. enzim

66. Mekanisme kerja enzim restriksi dalam rekayasa genetika adalah memotong ….
a. antara basa nitrogen yang satu dengan yang lain
b. basa nitrogen dengan gula pentosa DNA
c. molekul asam nukleat di daerah tertentu
d. basa dengan basa komplemennya
e. ikatan gula dengan basa nitrogen

67. Dalam bioteknologi, mikroorganisme dimanfaatkan sebagai penghasil dan pengubah bahan makanan.
Mikroorgansime yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah ….
a. Streptococcus thermophillus
b. Candida spesies sp.
c. Lactobacillus sp.
d. Penicillium sp.
e. Aspergillus oryzae

68. Berikut ini produk bioteknologi yang dibuat melalui proses bioteknologi ….
a. tempe
b. susu
c. terigu 
d. gula 
e. kopi

69. Hibridoma adalah hasil penggabungan dua sel somatis yang salah satunya bertujuan untuk menghasilkan .
a. antibodi monoklonal
b. antibodi poliklonal
c. antibiotik
d. vaksin
e. interferon

70. Untuk memacu pembelahan sel, proses pembuatan antibodi monoklonal menggunakan ….
a. sel tumor
b. sel leukosil
c. sel otot 
d. sel embrio\
e. sel kelamin

71. Untuk menjamin hasil kultur yang baik, jaringan yang banyak digunakan sebagai eksplan pada kultur jaringan adalah ….
a. kolenkim
b. korteks
c. empular 
d. parenkim
e. meristem

72. Dalam bioteknologi telah dikembangkan suatu teknik reproduksi hewan dengan cara menggabungkan inti sel somatis dengan sel telur yang telah dihilangkan intinya, yaitu ….
a. kloning
b. kultur jaringan
c. hibridoma 
d. fusi sel 
e. rekayasa genetika

73. Pada proses pembuatan nata de coco, mikroorganisme yang cocok digunakan adalah ….
a. Acetobacter xylinum
b. Aspergillus oryzae
c. Saccharomyces cereviceae
d. Rhizopus oryzae
e. Penicillium notatum

74. Insulin dapat dihasilkan oleh sel bakteri melalui proses bioteknologi rekayasa genetika, yaitu ….
a. penyambungan DNA sel pankreas dengan sel bakteri
b. peleburan inti sel pankreas dengan DNA bakteri
c. peleburan sel pankreas dengan sel bakteri
d. pemindahan gen bakteri ke dalam sel pankreas
e. pembiakan sel bakteri dalam medium insulin

75. Rekayasa genetik dapat dilakukan dengan mengganti materi genetik sel mikroorganisme dengan materi genetik lain yang diinginkan. Agar materi genetik lain tadi dapat mengambil alih metabolisme mikroorganisme, materi genetik sel mikroorganisme yang digantikan tersebut adalah ….
a. rRNA
b. mRNA
c. tRNA 
d. asama amino 
e. DNA

76. Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan adalah untuk memperoleh ….
a. anakan yang unggul dalam jumlah banyak dan cepat
b. anakan seragam dalam jumlah besar dan cepat
c. bibit unggul yang tahan antibiotik
d. anakan yang diperlukan dalam hibridisasi
e. anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya

77. Rekayasa genetik terhadap hewan bertujuan untuk ….
a. memperbaiki kualitas induk hewan
b. mempercepat produktivitas hewan
c. mengurangi keanekaragaman
d. mendapatkan ternak unggul
e. mempercepat pertumbuhan

78. Produk bioteknologi yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit yang diderita pasien adalah ….
a. interferon
b. sitokinin
c. vaksin
d. penisilin\
e. antibodi monoklonal

79. Zat pemicu kekebalan tubuh yang beasal dari mikroorganisme yang dilemahkan atau bagiannya disebut
a. antibodi monoklonal
b. antibodi poliklonal
c. antibiotik
d. vaksin
e. serum

80. Berikut ini contoh-contoh bioteknologi konvensional, kecuali ….
a. keju
b. antibiotik
c. kecap
d. bakteri insulin
e. bakteri asam laktat

81. Kloning masih merupakan kontroversi dalam bidang bioteknologi. Kloning pada manusia merupakan rekayasa genetika yang dilakukan pada tingkat ….
a. organisme
b. sistem organ
c. organ 
d. jaringan 
e. sel


Kunci Jawaban
A. Pilihan Ganda
61. a 71. a
63. c 73. a
65. c 75. b
67. a 77. e
69. a 79. d

ESSAY 
  1. Apa yang dimaksud bioteknologi?
  2. Jelaskan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern.
  3. Tuliskan lima contoh hasil bioteknologi yang dapat Anda temukan sehari-hari.
  4. Apakah yang dimaksud fusi sel? Jelaskan pula proses dan tujuannya.
  5. Apakah dampak positif dan negatif dari bioteknologi?
JAWABAN ESSAY
  1. Bioteknologi adalah semua aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, organisme hidup, atau devivatnya untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses.
  2. Contoh bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain tempe, yoghurt, semangka tanpa biji, antibiotik, dan roti.
  3. Bioteknologi memiliki dampak positif dalam kehidupan antara lain dapat meningkatkan gizi masyarakat, meningkatkan produksi ternak, sumber makanan baru, hingga alternatif bahan bakar baru. Adapun dampak negatif dari bioteknologi, yakni dapat mengubah lungkang gen, hama resisten, penyakit baru, dan bertentangan dengan norma dalam masyarakat


Mengapa enzim restriksi yang terdapat pada suatu sel tidak merusak DNA sel tersebut
meskipun sel tersebut memiliki urutan yang mampu dikenali oleh enzim restriksinya?
………………………………………………………………………………………………

Bioteknologi konvensional, contohnya:

  1. Tempe, dibuat dari kedelai dengan menggunakan jamur Rhizopus oligosporus
  2. Oncom, dibuat dari ampas tahu dengan menggunakan jamur Neurospora sitophila
  3. Tape ketan, dibuat dari beras ketan dengan menggunakan Saccharomyces cereviceae
  4. Kecap, dibuat dari kedelati dengan menggunakan jamur Aspergillus wentii
  5. Yoghurt, dibuat dari susu kedelai menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus
  6. Keju, dibuat dari susu sapi menggunakan bakteri famili Lactobacilli dan Streptococci
  7. Antibiotik, misalnya dari jamur Penicillium notatum
  8. Insektisida biologi, menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis
  9. Pemurnian biji tembaga, menggunakan bakteri Thiobacillus oxidans dan Thiobacillus ferrooxidans


HIBRIDOMA

  • Teknik hibridoma adalah teknik pembuatan sel yang dihasilkan dari fusi antara sel B limfosit dengan sel kanker. Sifat dari sel hibridoma ini adalah immortal, artinya sel abadi karena mampu bertahan hidup, membelah dan memperbanyak diri dalam jumlah tak terbatas dalam media kultur.
  • Teknik hibridoma dilakukan untuk memproduksi antibodi monoklonal, yaitu antibodi monospesifik yang dapat mengikat satu epitop saja.
  •  Teknik hibridoma untuk memproduksi antibodi monoklonal dilakukan dengan tahapan sebagai berikut 
  1. proses imunisasi dengan menggunakan antigen  tertentu yang disuntikan ke dalam tubuh  mencit (Mus musculus)
  2. sel B-limfosit mencit akan merespon antigen sehingga terbentuk antibodi
  3. pemisahan  sel B-limfosit yang sudah mengandung antibodi dari organ limpa mencit
  4. sel B-limfosit kemudian  difusikan dengan sel kanker immortal menghasilkan sel hibridoma 
  5. fusi sel hibridoma ini dilakukan dengan membuat membran sel menjadi lebih permeabel sehingga kedua sel bisa menyatu 
  6. sel hibridoma kemudian diklon pada kultur sel sehingga dihasilkan banyak sel yang memiliki anti bodi tertentu sehingga dikenal dengan antibodi monoklonal yang bias disimpan lama dalam keadaan dibekukan
 Skematis dari teknik hibridoma untuk memproduksi antibodi monoklonal disajikan pada gambar di bawah ini.






AGAIN



Sel inang E. coli yang mengandung dan tidak mengandung plasmid pBR322 dapat dibedakan dengan cara menumbuhkan E. coli tersebut dalam media yang mengandung ampisilin dan/atau tetrasiklin

SEBAB

Kromosom sel inang E. coli mengandung gen resisten antibiotik ampisilin dan/atau tetrasiklin



Salah satu keterbatasan teknik PCR adalah urutan basa fragmen DNA target atau sekurang-kurangnya urutan basa kedua ujung fragmen DNA target harus diketahui terlebih dahulu,

SEBAB

Urutan basa tersebut diperlukan untuk merancang urutan primer PCR



Enzim ligase dapat menyambung fragmen DNA berujung blunt end dengan fragmen berujung sticky end
SEBAB
Enzim ligase mengkatalisis reaksi penyambungan fragmen DNA

Enzim DNA polimerase dari E. coli yang ditemukan oleh Arthur Kornberg mempunyai aktivitas proofreading
SEBAB
Enzim tersebut mempunyai aktivitas eksonuklease 3′→5

DNA yang dipotong endonuklease restriksi EcoRI akan menghasilkan fragmen DNA berujung sticky atau lengket
SEBAB
Enzim EcoRI tidak dapat mengenali urutan basa spesifik dari DNA

Proses ligasi antar fragmen DNA berujung sticky-end jauh lebih efisien dibandingkan antar fragmen berujung blunt-end
SEBAB
Enzim ligase pada reaksi penyambungan fragmen berujung sticky-end tidak memerlukan energi ATP atau NAD

Sel inang E. coli yang mengandung plasmid pUC8 yang disisipi fragmen DNA di daerah LacZ jika ditumbuhkan dalam media padat yang mengandung X-gal, IPTG, dan ampisilin dapat hidup dan membentuk warna biru
SEBAB
Plasmid pUC8 mengandung selectable marker gen resisten amplisilin

Jika ukuran fragmen DNA yang akan diklon berukuran lebih dari 10 kb, bacteriophages E. coli dapat digunakan sebagai vektor kloning menggantikan plasmid pBR322 dan pUC8
SEBAB
Bagian genom Bacteriophages E. coli berukuran 15 kb yang diperlukan dalam integrasi genom virus ini ke dalam kromosom E. coli dapat diganti dengan fragmen DNA berukuran 15 – 18 kb.

Enzim Sequenase adalah salah DNA polimerase tergantung-templat (template-dependent DNA polymeases) yang penggunaan utamanya dalam proses:
A.Pelabelan DNA
B.Sintesis cDNA
C.Sekuensing DNA
D.Pemotongan DNA
E.Polymerase Chain Reaction (PCR)

Setelah DNA dipotong enzim restriksi, ukuran fragmen DNA hasil pemotongan tersebut dapat diketahui dengan teknik:
A.Elektroforesis gel agarosa
B.PCR
C.Sekuensing
D.Hibridisasi

KARAKTER INVERTEBRATA

ARTHROPODA


  • Berasal dari kata arthros yang artinya sendi atau ruas dan podos yang artinya kaki
  • Hewan tak bertulang belakang dan kakinya beruas-ruas dimasukkan dalam filum Arthropoda
  • Ada 4 kelas Arthropoda (CAIM) :
  1. Kelas Crustaceae (kelas udang)
  2. Kelas Arachnoide (kelas labah-labah)
  3. Kelas Insecta/Hexapoda (kelas Serangga)
  4. Kelas Myriapoda (kelas berkaki banyak)

Kelas Crustaceae

  • terdiri dari 2 bagian yaitu sefalotoraks (kepala dan dada menyatu) dan abdomen
  • setiap ruas tubuh terdiri dari sepasang kaki
  • Pada kepala terdapat sungut, sepasang maksila dan sepasang mandibula
  • di bagian kepala terdapat 5 pasang kaki yang 1 pasangnya adalah kaki capit (keliped)
  • bagian kepala dilindungi oleh karapaks (eksoskeleton)
  • exoskeleton terbuat dari protein yang disebut chiton
  • exoskeleton meliputi dan melindungi tubuh.
  • Exoskeleton terdiri dari beberapa pelat yang dipisahkan oleh membran tipis yang terhubung, yang membentuk sendi.
  • Membran ini fleksibel memungkinkan arthropoda untuk melenturkan tubuh seperti , kaki, mulut dan antena untuk memungkinkan gerakan.
  • Secara berkala, setiap arthropoda harus melepaskan exoskeleton
  • Dalam proses yang disebut moulting.
  • Moulting adalah waktu yang sangat menyulitkan karena dapat menjadi sangat rentan terhadap predator
  • Kebanyakan arthropoda memiliki mata. memiliki dua jenis kelamin yang terpisah.
  • Namun, beberapa arthropoda, seperti teritip, adalah hermafrodit. satu individu terdapat dua jenis kelamin
  • sistem pencernaannya dimulai dari mulut, esophagus, ventrikulus, usus, dan anus
  • sistem ekskresinya lewat kelenjar hijau
  • sistem saraf merupakan susunan saraf tangga tali
  • sistem pernapasan menggunakan insang.
  • Darahnya mengadung pigmen hemosianin dan hemoglobin
  • sistem reproduksi : fertilisasi internal dan larvanya mengalami ekdisis berkali-kali
KLASIFIKASI dibagi 2 sub Kelas ( berdasrkan ukuran )

  1. Subkelas Entomostraca (udang tingkat rendah) : merupakan zooplankton. Misalnya ordo Copepoda, Ostracoda, Amphipoda (Mikroskopis - Planktonik )
  2. Subkelas Malacostraca (udang tingkat tinggi) : misalnya ordo Isopoda (berkaki seragam), ordo Decapoda (berkaki sepuluh), contoh Decapaoda adalah udang, kepiting, rajungan, dan yuyu

Kelas Arachnoidea
  • tubuh terdiri dari sefalotoraks ( kepala dada menyatu) dan abdomen ( perut )
  • terdapat kelisera (alat sengat sekitar mulut ) dan pedipalpus (capit)

  • bernapas menggunakan paru-paru buku
  • sistem peredaran darahnya terbuka ( darah tidak melalui pembuluh darah)
  • sistem saraf menggunakan saraf tangga tali
  • sistem pencernaan dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus
  • sistem ekskresi menggunakan badan malphigi
KLASIFIKASI

ARACHNOIDEA dibagi menjadi 3 ordo:
  1. Ordo Scorpionidae : kalajengking
  2. Ordo Arachnida : labah-labah, kemlanding
  3. Ordo Acarina : caplak, tungau

Kelas Myriapoda

  • tubuh tersusun atas kepala dan perut
  • respirasi dengan trakea yang bermuara pada spirakel
  • sistem saraf tangga tali
KLASIFIKASI MYRIAPODA
  • diagi menjadi 2 ordo:
  1. Ordo Diplopoda : keluwing. setiap segmen toraks hanya mempunyai sepasang kaki dan setiap segmen abdomen mempunyai 2 pasang kaki
  2. Ordo Chilopoda : kelabang. setiap segmen mempunyai sepasang kaki, kecuali segmen 1 di belakang kepala dan 2 segmen di terakhir. Hewan ini bersifat ovipar

Kelas Insecta / Hexapoda

  • Insecta dibagi menjadi 2 subkelas, yaitu
  1. Apterygota (golongan tak bersayap)
  2. Pterygota (serangga bersayap).
  1. subkelas Apterygota, ordo yang terkenal adalah Thysanura. Ciri-cirinya Thysanura: sulit dibedakan mana bagian kepala, dada, dan perut, tidak bersayap, mulut menggigit memiliki ekor panjang. Ia termasuk golongan Ametabola. contoh: kutu buku (lepisma)

  1. subkelas Pterygota, dibagi menjadi beberapa ordo :
  • ordo odonata : mempunya dua pasang sayap yang tidak dapat dilipat. Tipe mulut mengunyah atau menggigit. Termasuk golongan hemimetabola Example : Capung
  • ordo orthoteptera : mempunyai sayap lurus, tipe mulut mengunyah, metamorfosis tidak sempurna, struktur tubuh terdiri dari kepala, dada, perut, kaki dan mulut. contoh : kecoa, belalang, jangkrik

  • ordo isoptera / archiptera : memiliki sayap yang sama, tipe mulut mengunyah. contoh serangga ini adalah laron. Laron adalah fase imago. Ada 2 generasi, yaitu generasi fertil (laron) dan generasi steril (rayap)

  • ordo hemiptera : memiliki 2 pasang sayap tak sama, tipe mulut menusuk dan mengisap, metamorfosis tak sempurna. contoh : kutu busuk (Cimex rotundus)

  • ordo homoptera : memiliki 2 pasang sayap sama pada bagian depan dan belakang, tiep mulut menusuk dan mengisap, metamorfosis yak sempurna. contoh : kutu daun (Aphis medicaginis)

  • ordo coleoptera : memiliki sayap depan belakang halus dan tebal (sayap perisai), tipe mulut menggigit, metamorfosis tak sempurna. contoh : kumbang tanduk, kepik air, kepik emas
  • Ordo lepidoptera : memiliki 2 pasang sayap warna-warni, tipe mulut mengisap, metamorfosis sempurna. contoh : kupu-kupu dan ngengat

  • ordo diptera : memiliki dua sayap tipis, tipe mulut menusuk dan menjilat, metamorfosis sempurna. contoh : lalat rumah (Musca domestica), nyamuk (Culex sp.)

  • ordo siphonoptera : tidak memiliki sayap, tipe mulut menusuk dan mengisap, metamorfosis sempurna. contoh : kutu anjing, kutu kucing (Clenocephalus felis), kutu tikus (Xenopsylla cheopsis)

  1. ordo hymenoptera : memiliki 2 pasang sayap tipis (himen), tipemulut menggigit, metamorfosis sempurna. contoh : lebah madu (Apis indica), tawon endas (Vespula maculata)


MOLLUSCA

CIRI FILUM MOLLUSCA

* Bertubuh lunak
* Tidak bersegmen atau tidak beruas-ruas
* Simetri bilateral

Kelas Gastropoda

  • Berasal dari kata gaster yang artinya perut dan podos yang artinya kaki. Secara harafiah, artinya hewan yang menggunakan perut sebagai alat geraknya
KLASIFIKASI
  1. GASTROPODA
  2. PELECYPODA/BIVALVIA /LAMELIBRANCHIATA
  3. CHEPALOPODA

KELAS GASTROPODA

Gastropoda hidup di air tawar atau air laut
  • Strukutur tubuh: memiliki antena pendek (bintik mata) untuk membedakan gelap dan terang dan antena panjang untuk indera peraba dan pembau. Lidahnya berparut (radula). Gastropoda memiliki esophagus, ventrikulus usus untuk pencernaan. Alat respirasinya berupa mantel. Dan ekskresinya menggunakan nefridium
  • Reproduksi Gastropoda adalah hermapfordit namun tetap melakukan perkawinan silang. Ovotestes adalah alat reproduksi yang menghasilkan sel telur dan sel ovum
  • Contoh : Lymnaea (siput sawah), Achatina fulica (bekicot), Melania (sumpil)
KELAS BIVALVIA

  • Sering disebut Pelecypoda (berkaki pipih)
  • atau bisa juga Lamellibranchiata (lamella = lembaran ; branchiata = insang)
  • Sistem pencernaanya dimulai dari mulut ke esophagus menuju ke lambung usus dan berakhir di anus
  • Sistem ekskresi menggunakan nefridium (mengeluarkan metabolisme cair)
  • Sistem sarafnya menggunakan ganglion (tiga pasang susunan saraf) yang terletak di ganglion otak di depan, ganglion visceral di dekat otot belakang, dan ganglion kaki
  • contoh kerang : Ostrea, Panope generosa (kerang raksasa), Pecten (kerang dara), Meleagrina, Anodonta, Corbicula
Memiliki cangkang yang terdiri dari 3 lapisan.
  1. Lapisan itu adalah periostakum (lapisan terluar, tipis, mengandung zat tanduk),
  2. Lapisan prismatik (lapisan tengah yang mengandung CaCO3),
  3. Lapisan nakreas (lapisan terdalam dan sebagai lapisan pembentuk mutiara)
KELAS CHEPALOPODA

  • Berasal dari chepal = kepala, podos = kaki
  • Alat geraknya berupa tentakel yang ada di kepala
  • Tentakel juga berfungsi untuk menangkap makanan
  • Di dekat kepala terdapat sifon atau corong. Jika sifon menyemprotkan air, maka cumi-cumi melesat terdorong ke depan
  • Chepalopoda memiliki kantung tinta yang mengandung kelenjat tinta yang mengandung pigmen melanin. Nautillus tidak memiliki kantung tinta
  • Sistem pembuluh darah tertutup
  • Chepalopoda bersifat diesis (ada jantan dan betina)
Chepalopoda dibagi menjadi 2 ordo,
  1. ordo Tetrabranchiata ; contohnya Nautillus
  2. ordo Dibranchiata
Ordo Dibranchiata dibagi menjadi 2 subordo
  1. Subordo Decapoda misalnya cumi-cumi (Loligo), Sepia (ikan sotong);
  2. Subordo Octopoda misalnya Octopus (gurita)
Kelas Scaphopoda

* Memiliki cangkang bentuk silinder yang kedua ujungnya terbuka
* Hidupnya di laut yang terpendam di dalam pasir atau lumpur
* contoh : Dentalium vulgare

ANNELIDA



  • Annelida berasal dari kata annulus yang artinya cincin.
  • Cacing ini bentuknya gilik
  • Tubuh beruas-ruas, dan memanjang.
  • Pada setiap ruas (segmen) terdapat alat-alat tubuh, seperti alat pengeluaran, serabut saraf, alat reproduksi, dsb,
  • Sehingga tiap segmen memiliki kesamaan. Segmen yang sama disebut metameri.
  • Annelida memiliki sistem saraf tangga tali
  • Sistem pembuluh darah tertutup
  • Sistem pencernaan makanan, dan reproduksi sudah sempurna
  • Cacing ini bersifat hermaprodith.
  • Annelida dibedakan menjadi 3 kelas berdasarkan ada tidaknya rambut (seta).
  1. Kelas Polychaeta
  2. Kelas Olygochaeta
  3. Kelas Hirudinea












Kelas Polychaeta

  • Polychaeta artinya berambut banyak. 
  • Hampir semua Polychaeta hidup di laut. 
  • Badan Polychaeta beruas-ruas dan setiap ruas mempunyai parapodia dan seta. 
  • Cacing ini tidak memiliki klitelum (sadel). 
  • Sebagian besar waktu Polycaheta berada dalam bentuk atoke, yaitu hewan yang belum masak secara seksual. 
  • Pada saat musim kawin, bagian tubuh tertentu membentuk gonad. 
  • Hewan yang sudah dewasa ini disebut epitoke. Epitoke mengandung gamet. 
  • Pembuahan terjadi di luar tubuh. 
  • Contohnya cacing palolo (Eugena viridis), dan cacing wawo (Lysidice oele), cacing kipas, Phyllodoce maculata, dan Trypanosyllis zebra.
Kelas Olygochaeta
  • Cacing ini mempunyai sedikit seta. 
  • Misalnya cacing tanah (Pheretima sp.) yang banyak terdapat di Asia dan Asia Tenggara. 
  • Di Amerika terdapat cacing tanah (Lumbricus sp.). 
  • Tubuh Peretima sp. lunak dan mengeluarkan lendir untuk mempermudah gerakannya. 
  • Untuk mempertahankan diri, cacing ini mengeluarkan selom (cairan putih). 
  • Cacing ini hermafrodit tetapi mengeluarkan perkawainan silang. Sistem transportasi tertutup, sistem ekskresi berbentuk cair yang disebut nefridia dan sistem sarafnya merupakan sistem saraf tangga tali.
Kelas Hirudinea
  • Cacing ini merupakan cacing pengisap darah. 
  • Lintah termasuk dalam golongan ini. Lintah (Hirudo medicinalis) memiliki tubuh yang berbuku-buku, pipih namun jika terisi darah ukurannya membesar seperti gilik. 
  • Cacing ini memiliki 2 alat pengisap yang terletak di posterior dan anterior. 
  • Jika cacing ini melekat dan mengisap darah, cacing ini mengeluarkan zat anestesi penghilang rasa sakit. 
  • Cacing ini juga mengeluarkan zat antikoagulan (anti pembekuan darah). 
  • Selain itu terdapt lintah darat (Haemadipsa javanica). 
  • Jika tergigit cacing ini, untuk melepaskannya pelu ditetesi air tembakau. 
  • Jangan ditarik, sebab pengaitnya akan tetap tertinggal di kulit dan darah akan tetap mengucur.

NEMATHELMINTHES ( OTAWA )
 

Nemathelminthes berasal dari kata nematos yang berari benang dan helminthes yang berarti cacing. Jadi arti harfiahnya adalah cacing benang. Namun, cacing ini lebih terkenal dengan ebutan cacing gilik karena betuknya yang gilik atau bulat memanjang.

CIRI UMUM NEMATHELMINTHES

  • tubuh tidak beruas-ruas
  • gilik
  • pada bagian depan terdapat mulut dilanjutkan dengan pencernaan yaitu usus dan diakhiri dengan anus.
  •  tidak memiliki pencernaan gastrovaskuler karena sudah terdapat usus

STRUKTUR dan FUNGSI TUBUH NEMATHELMINTHES

  • tidak memiliki sistem pembuluh darah dan sistem pernapasan
  • memiliki kelamin terpisah dan tidak ada aseksual
  • cacing betina umumnya lebih besar
Contoh Nemathelminthes  ( OTAWA )
  1. Oxyuris vermicularis.
  2. Trichinella spiralis 
  3. Ascaris lumbricoides atau Cacing Perut
  4. Wuchereria brancrofti
  5. Ancylostoma duodenale 
Oxyuris vermicularis / Enterobius vermicularis atau Cacing Kremi
  • Cacing ini juga disebut Oxyuris vermicularis. 
  • Cacing ini menyebabkan gatal pada dubur. 
  • Hal ini disebabkan karena cacing ini bertelur di dekat dubur. 
  • Sambil bertelur, cacing ini mengeluarkan zat yang menyebabkan rasa gatal. 
  • Cacing ini mengulangi daur hidup melalui autoinfeksi, yaitu infeksi yang dilakukan diri sendiri
Trichinella spiralis
  • Cacing ini hidup di usus manusia dan karnivor lainnya. 
  • Penyakit yang disebabkan oleh cacing ini adalah Trichinosis, yaitu infeksi pada otot akibat larva membentuk sista di dalam otot
Ascaris lumbricoides atau Cacing Perut
  • Cacing ini biasa disebut cacing usus atau cacing gelang. 
  • Panjangnya mencapai 20 cm. 
  • Warnanya merah muda. 
  • Hidupnya parasit di usus halus manusia. 
  • Kadang-kadang cacing ini dapat keluar terbawa keluar oleh kotoran melalui anus.
  • Telur keluar bersama feses penderita. 
  • Setelah beberapa lama, terbentuk embrio di dalam telur itu. 
  • Apabila telur cacing yang belum menjadi mebrio termakan, maka akan keluar kembali bersama anus. 
  • Namun apabila telah terbentuk embrio dan termakan, telur akan menetas di dalam usus. 
  • Larvanya keluar menembus dinding usus, masuk ke pembuluh darah. 
  • Akibatnya akan merusak organ-organ tubuh. 
  • Oleh karena itu, diupayakan mencuci makanan yang berasal dari pinggir parit. 
  • Umumnya sayuran seperti selda, kangkung yang berpotensi mengandung cacing ini.
Wuchereria brancrofti atau Cacing Filaria
  • Cacing ini hidup di dalam getah bening di kaki. 
  • Cacing akan menyumbat pembuluh limfa, sehingga kaki menjadi bengkak. 
  • Penyakit ini dikenal dengan elephantiasis atau penyakit kaki gajah. 
  • Cacing ini menghasilkan telur yang kecil yang disebut mikrofilaria. Nyamuk culex merupakan vektor dari mikrofilaria.
Ancylostoma duodenale
  • Cacing ini juga bisa disebut cacing tambang. 
  • Cacing ini menginfeksi melalui kaki. 
  • Ancylostoma duodenale adalah sebuta untuk cacing yang hidup Afrika. 
  • Necator americanus untuk cacing tambang yang ada di Amerika.
  • Ancylostoma hidup di usus manusia. 
  • Cacing ini memiliki kait untuk mencengkeramkan diri di usus dan mengisap darah penderita. 
  • Telur yang dihasilkan 9000 butir perhari ikut keluar bersama feses. 
  • Jika ada orang yang menginjaklarva cacing ini, larva menempel, menembus kaki, dan ikut aliran darah menuju jantung. 
  • Dari Jantung, larva ikut ke paru-paru naik ke faring. Jika tertelan, larva akan mencapai penderita, dan tumbuh menjadi cacing dewasa.
Daur hidup Ancylostoma:
  • usus manusia → cacing → telur → keluar bersama feses → tempat becek menetas → larva hidup lama → menempel pada kaki manusia → menembus kaki manusia → aliran darah→ jantung → paru-paru → kerongkongan → usus manusia → cacing dewasa

PLATYHELMINTHES

Cacing atau vermes adalah hewan yang memiliki tubuh lunak, tidak bercangkang dan tubuhnya simetris bilateral. Cacing tergolong hewan triploblastik. Lapisan kulitnya, yaitu:

1. ektoderma, lapisan luar yang akan berkembang menjadi kulit
2. mesoderma, lapisan tengah yang akan berkembang menjadi otot dan beberapa organ
3. endoderma, lapisan dalam yang akan berkembang menjadi alat pencernaan

CIRI UMUM PLATYHELMINTHES

* Tubuh pipih dorsoventral dan tidak berbuku-buku
* bentuk kepala segitiga
* hidup di sungai, laut, danau, atau parasit pada suatu organisme

STRUKTUR dan FUNGSI TUBUH

* Lapisan tubuh: triploblastik aselomata, simetri bilateral
* Sistem pencernaan: sistem gastrovaskuler (berperan mencerna dan mengedarkan)
* Sistem transpor: difusi dari permukaan tubuh
* Sistem saraf: ganglion otak
* Ekskresi dan osmoregulasi: sel api
* Reproduksi : membelah diri atau hermaphrodite

KLASIFIKASI PLATYHELMINTHES

1. Kelas Turbellaria atau Cacing Bulu Getar

Cacing Turbellaria adalah cacing yang dapat bergerak dengan menggetarkan bulu getarnya. Bulu getar ini dikenal dengan silia. Contoh Turbellaria adalah Planaria. Planaria hidup di sungai yang jernih. Planaria bisa dijadikan BOD (Biologycal Oxygen Demand) alami karena ia hidup di air jernih.Di bagian kepala terdapat bintik mata yang berfungsi untuk membedakan gelap dan terang. Planaria bersifat fototropik negatif (menjauhi cahaya). Mulut planaria terletak di tengah-tengah badan.

2. Kelas Trematoda atau Cacing Isap
contoh Trematoda adalah Fasciola, Clonorchis, dan Schistosoma

* Fasciola, sering dikenal dengan cacing hati, karena hdup di hati inangnya. Fasciola hepatica hidup di hati domba sedangkan Fasciola gigantica hidup di hati sapi

* Clonorchis, cacing hati yang hidup di hati manusia. Clonorchis memilih ikan air tawar sebagai inangnya dan sebagai tempat untuk meletakkan metaserkaria

* Schistosoma, disebut juga cacing darah karena hidup di dalam pembuluh vena. Inangnya berupa manusia, biri-biri, binatang mengerat, dan sapi. Schistosoma juga mencari ikan air tawar sebagai inang perantara. Penyakit yang disebabkan oleh cacing ini adalah schistosomiasis. Penderita akan mengalami kerusakan hati, kelainan jantung, limpa, kantong kemih, dan ginjal

3. Kelas Cestoda atau Cacing Pita
ciri utama dari cacing ini adalah tubuhnya pipih dan berbuku-buku. Kulitnya dilapisi kitin sehingga tidak bisa dicerna oleh enzim inangnya. Contoh: Tenia saginata dan Taenia solium. Tubuh Taenia tersusun atas proglotid dan tidak memiliki usus. Setiap proglotid mampu memasukkan makanan, bernapas, reproduksi, hermaphrodite, tidak mempunyai sistem pencernaan makanan, dan sistem saraf tidak berkembang. Karena itu satu proglotid juga bisa disebut satu individu. Terdapat skoleks pada segmen pertama yang digunakan untuk menempel pada usus.

Taenia solium, memilih babi sebagai inang perantara dan menyerang manusia
Tenia saginata, memilih sapi sebagai inang perantara dan meyerang manusia

COELENTERATA

Coelentearata berasal dari kata koilos yang berarti rongga tubuh atau selom dan enteron yang berarti usus. Coelenterata memiliki struktur yang lebih kompleks daripada porifera. Namun, ia tetap digolongkan ke dalam makhluk hidup tingkat rendah. Namanya diambil dari rongga yang berfungsi sebagai usus yakni solenteron. Jadi hewan ini tidak memiliki usus yang sebenarnya.
Coelenterata termasuk hewan diploblastik (tersusun 2 lapisan kulit), yaitu ektoderma dan mesoderma. Lapisan ektoderma disebut juga lapisan epidermmis. Sedangkan lapisan endoderma bisa disebut dengan gastrodermis (gaster = perut, dermis = kulit)

1. STRUKTUR dan FUNGSI TUBUH COELENTERATA
Tubuhnya bersimetri radial. Antara ektoderma dan endoderma terdapat rongga yang berbahan dari gelatin, yang disebut mesoglea. Pada tubuh sebelah atas, terdapat lubang mulut yang dikelilingi oleh lengan-lengan yang disebut tentakel. Pada permukaan tentakel terdapat sel knidoblas yang beracun

2. KLASIFIKASI COELENTERATA
Terdapat 3 kelas, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa, Anthozoa

HYDROZOA

* hidup solitaire (koloni)
* contoh Hydrozoa adalah Hydra dan Obelia
* Hydra adalah coelenterata yang hidup di air tawar yang hidup solitaire
* hewan ini bereproduksi secara aseksual dengan membentuk kuncup dan secara seksual dengan peleburan gamet. Testis dihasilkan oleh sel-sel ektoderma di dekat tentakel yang
* berubah menjadi testis. Ovum dihasilkan ovarium di dekat bagian kaki
* Obelia adalah coelenterata yang hidup di laut secara berkoloni. Bentuk dominan polip
* Bagian polip yang berfugsi dalam hal makanan disebut hydrant, sedangkan yang berfungsi sebgai reproduksi disebut gonangium

* hydra

obelia

SCYPHOZOA

* Memiliki bentuk dominan sebagai medusa
* Scyphozoa banyak ditemukan di pantai yang biasa kita kenal dengan ubur-ubur (Aurelia aurita)

ANTHOZOA

* Anthozoa artinya binatang bunga
* Hewan yang tergolong Anthozoa adalah anemon laut dan hewan karang
* Tubuhnya umumnnya berbentuk polip.
* Hewan ini memiliki banyak tentakel yang berwarna-warni
* Di antara anggota Anthozoa ada yang dapat menghasilkan kerangka dari zat kapuryang sagat keras. Kerangka inilah yang membentuk terumbu karang

PORIFERA

Porifera adalah hewan berpori, memiliki lubang-lubang kecil seperti spons.

* mempunyai sel porosit yang berbentuk kubus
* tubuh terdiri dari 2 lapisan, yaitu epidermis dan endodermis
* endodermis terdiri dari sel-sel leher (choanosit) yang dilengkapi dua flagel
* spongocoel (rongga tubuh) dikelilingi oleh dinding tubuh, yaitu epidermis, choanosit dan mesenkim (lapisan gelatin)

Berdasarkan tipe saluran air, tubuh porifera dibagi menjadi:
1. ascon
2. sycon
3. rhagon/leukon

A. ascon B. sycon C. rhagon/leukon


Reproduksi porifera dikelompokkan menjadi 2:
1. aseksual : budding ; gemmule (butir benih)
2. seksual : peleburan ovum + sperma

Klasifikasi porifera
1. kelas Calcarea, hidup di laut, spikula mengadung Zat kapur(CaCO3). Contoh: Leucosolenia, Scypha, Grantia
2. kelas Hexatinellida, spikula dari kuarsa/pasir (SiO2). Contoh: Regadella, Eplectella, Aspergillum
3. kelas Demospongia,spikula dari bahan spongin . Contoh Clionia, Halisarca, Microciona. Kelas ini bisa dimanfaatkan sebagai spons

1. Lubang dasar tempat air keluar dari tubuh spons (porifera) disebut....
A. oskulum
B. kloaka
C. operculum
D. askon
E. koanosit

2. Bentuk medusa pada coelenterata memiliki fungsi sebagai alat....
A. berpindah tempat
B. perkembangbiakan secara aseksual
C. C. perkembangbiakan secara seksual
D. untuk mengelabui musuhnya
E. pencemaan makanan

3. Klitelum pada cacing tanah merupakan ....
A. hati cacing
B. saraf cacing
C. jantung cacing
D. Djnuara dari kelenjar reproduksi
E. muara dari urine

4. Struktur organ untuk meletakkan telur pada serangga betina disebut....

A. nematokisb.
B. sista
C. toraks
D. pvipositor
E. klitelum

5. Perhatikan hewan avertebrata berikut ini....
1. Nautilus
2. Gurita
3. Cacing pita.
4. Lintah.
5. Cacing tanah.
6. Bekicot.u

6. Hewan yang termasuk kelompok Mollusca ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1,4, dan 6
B. 3,4, dan 5
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 5, dan 6
E. 1,2, dan 6

.
7. Hewan-hewan di bawah ini yang termasuk dalam kelompok Nemathelminthes ialah ....
1. Ascaris lumbricoides
2. Ancylostoma duo denale
3. Trichinella spiralis
4. Taenia saginata

8. Di bawah ini yang merupakan ciri umum
serangga ialah.... ^
1. tubuh terdiri dari 3 tagmata
2. memiliki sepasang mata majemuk
3. memiliki tiga ocelli
4. memiliki tiga pasang kaki

9. Anggota Pisces di bawah ini yang termasuk dalam kelompok hewan tulang belakang (chondrichtyes) ialah . . ..
1. ikan tongkol
2. (2) ikan pari ^
3. ikan salmon
4. ikan hiu

10. Berikut adalah serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, yaitu . . .„.
1. capung
2. belalang
3. semut
4. kupu-kupu

. . .
A. jika pernyataan betul, alasan berul, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab
B. jika pernyataan betul dan alasan betul, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan
C. jika pernyataan betul dan alasan salah,
D. jika pernyataan salah dan alasan betul, dan
E. jika pernyataan dan alasan, keduanya salah.-..

1 1. Hewan-hewan dari kelas Demospongiae pada umumnya digunakan sebagai pembersih rubuh.
SEBAB
Hewan-hewan dari kelas Demospongiae memiliki spikula yang terbentuk dari kitin.

Support web ini

BEST ARTIKEL