Tuesday, November 24, 2009

PREDIKSI UN BIOLOGI KELAS X 2015

Pagi cerah ini saya postingkan soal UN Biologi seri kelas X untuk latihan semoga sukses OK

SKL: Menjelaskan ciri-ciri virus, Kingdom Protista, Monera, dan fungi serta peranannya bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mengidentifikasi Kingdom Protista dan peranannya bagi manusia

SOAL 
1 Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!


Protozoa yang tergolong kelas Mastigophora (Flagellata) adalah .........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 5
D. 2 dan 6
E. 3 dan 4

2 Hasil penelitian terhadap feses seorang pasien di laboratorium kesehatan terdapat mikroorganisme seperti gambar berikut ini!
Orang tersebut menderita penyakit ...
A. malaria
B. antraks
C. anemia
D. influenza
E. disentri

3 Perhatikan tahapan reproduksi Plasmodium berikut ini :

  1. tropozoit
  2. sporozoit
  3. merozoit

Urutan proses reproduksi Plasmodium yang tepat adalah .... .
A. 1 – 2 – 3
B. 1 – 2 – 3
C. 2 – 1 – 3
D. 2 – 3 – 1
3 – 1 – 2

4 Perhatikan gambar berikut :
Urutan yang benar dari reproduksi Spyrogira sp adalah …. .
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 1, 3, 5, 4, dan 2
C. 2, 4, 1, 3, dan 5
D. 3, 5, 2, 4, dan 1
E. 5, 1, 3, 2, dan 4

5. Berikut ini yang merupaan ciri khas Monera dan Paramaecium caudatum terdapat pada tabel ... .
Monera Paramaecium
A. . Prokariotik, hifa Inti makro, plasmid
B. Prokariotik, plasmid Eukariotik, hifa
C. Inti makro, hifa Prokariotik, miselium
D. Eukariotik, hifa Prokariotik, plasmid
E. Eukariotik, hifa Inti makro, bersilia

6 . Seorang siswa mengamati hewan dengan cirri – cirri sebagai berikut :

  • Memiliki rambut getar
  • Hidup diair
  • Bentuknya mirip sandal
  • Memiliki vakuola kontraktil dan nonkontraktil

Berdasarkan cirri – cirri tersebut , yang diamati oleh siswa tersebut adalah … .
A. Euglena viridis
B. Paramaecium caudatum
C. Sporozoa
D. Amoeba proteus
E. Flagellate

PREDIKSI

Perhatikan beberapa tahapan reproduksi plasmodium malaria berikut ini

  1. gametosit
  2. ookinet
  3. merozoit
  4. sporozoit
  5. tropozoit

Fase perkembangan plasmodium malaria yang terjadi didalam tubuh manusia (schizogoni) secara urut adalah
A. 1,2 dan 4
B. 1,4 dan 5
C. 3,5 dan 2
D. 4,3 dan 5
E. 5,4 dan 2

No Soal 5
- SKL: Menjelaskan ciri-ciri virus, Kingdom Protista, Monera, dan fungi serta peranannya bagi kehidupan
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mengidentifikasi Kingdom Fungi dan peranan nya bagi manusia

1 Ditemukan jamur dengan ciri-ciri: hifa bersekat, spora tersimpan di dalam kantung askus, dapat dibedakan gametnya, jamur tersebut dimasukkan dalam …. .
A. Oomycota
B. Basidiomycota
C. Zygomycota
D. Deuteromycota
E. Ascomycota

2 Perhatikan gambar di bawah ini !


Secara berurutan, hifa dan basidio karp adalah …. .
A. A dan B
B. A dan C
C. C dan D
D. D dan A
E. E dan D

3 Aspergillus wentii dipergunakan dalam pengolahan makanan karena dalam proses fermentasi memecah protein dan mengubah amilum. Di Indonesia digunakan dalam pembuatan .......
A. tape dan tempe
B. tauco dan kecap
C. roti dan keju
D. asinan dan oncom
E. tuak dan anggur

4 Salah satu ciri utama kelompok fungi, adalah bahwa tubuhnya tersusun dari hifa, kecuali pada anggota divisi ........
A. Ascomycotina
B. Basidiomycotina
C. Deuteromycotina
D. Zigomycotina
E. Oomycotina

5 Perhatikan tabel dibawah ini!
No
Jenis Jamur
Huruf
Peranan
1
Neuspora crassa                                 
A
pembuatan kecap
2
Saccharomyces cereviceae                
B
Pembuatan oncom
3
Penicillium chrysogenum                  
C
Penghasil antibiotika
4
Aspergillus wentii                             
D
Membuat adonan kue/roti

Yang menunjukkan hubungan jenis jamur dengan peranannya yang benar adalah....
A. 1  dan c
 B. 1 dan d
 C. 2 dan b
 D. 3 dan b
 D. 4 dan a

6 Jamur dibawah ini dapat merusak paru-paru unggas jamur yang dimaksud adalah......
A. Aspergillus fumigatus
B. Amanita sp
C. Aspergillus nidulans
D. Ustilago maydis
E. Aspergillus flavus

7. Jamur yang digunakan untuk membuat tempe adalah jenis Rhizopus sp yang tergolong dalam kelompok
A. Oomycotina
B. Ascomycotina
C. Deuteromycotina
D. Basidiomycotina
E. Zygomycotina


NO SOAL 6
- SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia (Porifera , coelenterata , Platyhelmintes , Nemathelmintes , Anellida , Molusca , arthropoda , Echinodermata serta Chordata )perannya bagi kehidupan
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan Kingdom plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji

1 Perhatikan gambar daur hidup tumbuhan paku homospor!
Yang berlabel 1, 2 dan 3 adalah .........
A. protonema, spermatozoid dan sporofit
B. gametofit, sporofit dan spermatozoid
C. protalium, spermatozoid dan sporofit
D. protalium, spermatozoid dan gametofit
E. sporofit, spermatozoid dan gametofit

2 Dari gambar di bawah ini berdasarkan metagenesisnya merupakan keturunan .....


A. sporofit
B. gametofit
C. sporofil
D. protonema
E. protalium

3 Perhatikan diagram metagenesis lumut !

Berdasarkan diagram tersebut yang ditunjuk 1 dan 4 secara berurutan adalah …. .
A. protonema dan zygot
B. protonema dan sporangium
C. protalium dan sporogonium
D. protonema dan sporogonium
E. protalium dan sporangium

4 Perhatikan gambar siklus hidup paku di bawah ini!

Secara berurutan 1, 4 dan 5 dari daur hidup tumbuhan paku ini menunjukkan …. .
A. prothalium - zygot – fase sporofit
B. sporangium – protalium – fase sporofit
C. sporangium – protonema – tumbuhan paku
D. sorus – fase gametofit – fase sporofit
E. sporangium – fase sporofit – tumbuhan paku

5 Secara berurutan (X), (Y), dan (Z) dari daur hidup lumut ini menunjukkan .... .

A. tumbuhan lumut, sprorangium, protonema
B. fase gametofit, arkegonium, protonema
C. fase sporofit, arkegonium, protonema
D. fase gametofit, anteridium, protalium
E. faseProtalium, anteredium zigot, sporangium

6 . Perhatikan tabel ciri-ciri tumbuhan paku dan lumut berikut ini
no Ciri lumut paku
1 Fase dominan sporofit gametofit
2 Jumlah kromosom n (haploid) 2n (diploid)
3 Penghasil Spora sporogonium Tumbuhan paku
4 Penghasil gamet Tumbuhan lumut protonema
Ciri metagenenesis tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang benar adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4

7 Pernyataan di bawah ini merupakan persamaan sifat tumbuhan Bryofita dengan tumbuhan Pteridofita, kecuali ........
A. mengalami pergantian generasi sporofit dan gametofit
B. berkas pembuluh bersusunan konsentrik.
C. reproduksi generatif dengan spora
D. tubuhnya masih berbentuk thallus
E. bersifat autotrof

8 Tumbuhan paku yang merupakan bentuk peralihan antara homospor dengan heterospor adalah jenis ........
A. Selaginela
B. Marsilea
C. Lycopodium
D. Equisetum
E. Adiantum

PREDIKSI
B. Perhatikan skema siklus hidup yang menggambarkan adanya metagenesis pada tumbuhan paku berikut ini

Yang ditunjuk oleh nomor 1, 2 dan 3 secara urut adalah ...
A. Tumbuhan Paku, ovum, prothalus
B. Tumbuhan paku, spermatozoa, prothalus
C. Prothalus, ovum , tumbuhan paku
D. prothalus, spermatozoa, tumbuhan paku
E. Sporangium, arkhegonium, tumbuhan paku

Sunday, November 22, 2009

ANALISA / PREDIKSI SKL 01 KLASIFIKASI NEW

ANALISIS SKL 1 BIOLOGI 201

NO

SOAL

1

SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan tata nama binomial , dasar klasifikasi dan kunci determinasi sederhana


1. Perhatikan Gambar


Meskipun gambar diatas itu berbeda beda namun menunjukkan kesamaan

ciri yaitu

a. tubuh bilateral simetri

b. tubuhnya berkulit duri

c. ovipar dengan ferti;isasi eksternal

d. bergerak dengan cilia

e. pemakan plankton


2. Ikan gabus dan lele dalam pengelompokan berbada dibandingkan dengan ikan pari dan hiu hal pengelompokan ini didasarkan at
a. makanannya
b. ruang jantungnya
c. kemampuan berenangnya
d, kerangkanya
e. habitatnya

3. Kacang tanah , kacang kedelai , kacang panjang , kacang hijau dan kacang kapri adalah satu kerabat karena
a. kelasnya sama , namun ordonya berbeda
b. Kelasnya berbeda , namun genusnya sama
c. Genusnya sama , speciesnya berbeda
d. Familinya sama , genusnya berbeda
e. Familynya berbeda , speciesnya sama

4. Di Kebun Raya Bogor terdapat papan yang bertuliskan Gymnospermae, Gnetales, Gnetinae, Gnetum gnemon pada sebuah pohon. Data tersebut menunjukan urutan dari .... .

a. divisio, kelas, familia, genus

b. divisio, familia, genus, spesies

c. subdivisio, klas, familia, genus

d. subdivisio, klas, ordo, spesies

e. subdivisio, ordo, familia, spesies


5. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. .

a. spesies sama, varietas sama

b. spesies beda, varietas sama

c. spesies sama, genus berbeda

d. genus sama, spesies berbeda

e. berbeda spesies maupun genus


6. Kunci dikotom filum Arthropoda :

1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ............. Insekta

1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................. 2

2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut ............................. 3

2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ....................... 4

3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki ................................. Arachnida

3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ........................ Crustacea

4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki....... Chilopoda

4b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki........ Diplopoda

Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri .........

a. 1a, 2b, 3a, 4b

b. 1b, 2a, 3a, 4a

c. 1b, 2b, 3b, 4b

d. 1b, 2b, 4a

e. 1b, 2a, 3b


7. Nama ilmiah tumbuhan durian adalah Durio zibethinus, menurut aturan binomial nomenklatur kata zibethinus menunjukkan .......

A. nama spesies

B. nama genus

C. penunjuk spesies

D. penunjuk genus

E. keterangan genus


8. Jeruk nipis ( Citrus nobilis ) berbeda dengan Jeruk Bali (Citrus maxima ) Keduanya sama dalam tingkat

A. genus

B. species

C. Family

D. Ordo

E. Kelas


9. Menurut binomial nomenklatur penulisan nama ilmiah tumbuhan padi adalah ........

A. ORYZA SATIVA

B. Oryza Sativa

C. Oryza-Sativa

D. Oryza sativa

E. Oryza SATIVA



PREDIKSI

1. Nama ilmiah tumbuhan kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, menurut aturan binomial nomenklatur kata Hibiscus menunjukkan .......

A. nama spesies

B. nama genus

C. penunjuk spesies

D. penunjuk genus

E. keterangan genus

NO

SOAL

2

SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem


1. Berbagai buah jeruk antara lain Bali, Nipis dan Pontianak. Hasil persilangan tanaman ini tidak pernah menghasilkan biji. Hal ini menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat …. .

a. varietas

b. ekosistem

c. species

d. genus

e. gen


2. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah …. .

a. lengkuas, jahe, salam

b. aren, kelapa, pinang

c. jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk peras

d. bawang merah, daun sledri, bawang putih

e. ubi, singkong, talas


3. Salak bali yang ukurannya besar dan manis , Salak Banjar yang manis dan Salak pondoh yang teksturnya halus dan manis Tergolong dalam Keaneka ragaman

A. gen

B. spesies

C. ekosistem

D. gen dan spesies

E. gen dan eksosistem


4. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman …

a. varietas

b. gen

c. speises

d. ekosistem

e. habitat


5. Ketiga macam burung tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ......

A. genetik

B. spesies

C. ekosistem

D. populasi

E. habitat


6. Seorang peneliti menyilangkan Jeruk Bali dengan Jeruk Medan dengan harapan memperoleh buah yang ukurannya besar dan rasanya manis dengan warna kekuningan. Tanaman hasil penyilangan ternyata tidak pernah menghasilkan buah setelah ditanam beberapa tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara Jeruk Bali dan Jeruk Medan menunjukkan keanekaragaman tingkat …

A. gen

B. spesies

C. ekosistem

D. gen dan spesies

E. gen dan eksosistem


7. Perhatikan contoh mahkluk hidup dibawah ini

Vigna sinensis , Camelia sinensis dan Hibiscus rosa sinensis serta Chlonorsis sinensis . Dari jenis mahkluk hidup ini ada kemiripan namanya sama sama sinensis , maka ke empatnya merupakan Keanekaragaman


A. gen

B. spesies

C. ekosistem

D. genus

E. family





PREDIKSI


Dimas , Ditya , Danang , Dinda dan Denok serta Diah adalah nama seorang yang berbeda baik dari warna iris mata, bentuk rambut , kemancungan hidung dan tinggi badannya , namun tentu secara anatomi ruang jantungnya , sistem respirasinya sama maka ke 6 anak itu digolongkan keaneka ragaman

a. varietas

b. gen

c. speises

d. ekosistem

e. habitat


Klasifikasi makhluk hidup adalah pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh tiap-tiap makhluk hidup. b. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beragam dan sangat banyak jumlahnya.
  • Caranya adalah dengan penyederhanaan objek studi sehingga lebih mudah dalam mengetahui hubungan kekerabatan di antara makhluk hidup di dunia ini.
  • Carolus Linnaeus mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kingdom, yaitu kingdom tumbuhan dan kingdom hewan.
  • Tingkatan klasifikasi dari kelompok besar sampai kelompok kecil adalah kingdomatau dunia, filum atau divisio, kelas, ordo, suku, marga, dan spesies.
  • Semakin banyak perbedaan ciri makhluk hidup, semakin jauh hubungan kekerabatannya dan semakin banyak persamaan ciri makhluk hidup, semakin dekat hubungan kekerabatannya
  • Kunci determinasi adalah daftar yang memuat sejumlah keterangan dari suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.
  • Kunci dikotomi merupakan kunci determinasi sederhana yang sering digunakan dalam klasifikasi makhluk hidup. Dalam kunci dikotomi tersebut terdapat daftar yang tersusun secara berpasangan yang menunjukkan ciri yang berlawanan.
  • Pemberian nama makhluk hidup diatur dengan tata aturan tertentu yang berlaku secara internasional. Pemberian nama ini diatur dengan Kode Internasional Tata Nama Hewan dan Tumbuhan dengan menggunakan sistem tata nama dua kata (binomial nomenklatur).

URUTAN TAKSON


PIKOFAGES / DIKOFAGES artinya semakin kearah spesies maka (Pi-K-O-Fa-Ge_S)

  • Semakin banyak persamaa
  • Sedikit perbedaan
  • Sedikit anggotanya dan sangat dekat hubungan kekerabatannya

  • Pencarian jenis mahkluk hidup yang belum diketahui namanya dapat menggunakan KUNCI DETERMINASI
  • Kunci determinasi yaitu kunci yang dikotomis berisi uraian 1 a - 2b dst yang digunakan untuk mencocokkan nama species tersebut sehinnga bisa diberi nama , lihat soal di blog ini pada analisa skl 1

CARA MUDAH

  1. Tentukan cara mengurutnya dari no yang paling belakang kedepan , jangan memulai dari nomer 1a atau 1b
  2. Pencocokan dari nomor yang besar ke nomor kecil pasti di jamin benar.

Note
  • Arti dua tumbuhan pada Sacaharum officinarum dg Sacharum spontaneum menunjukkan Genusnya sama species beda yaitu sama sama Genus Sacharum ini terjadi karena struktur GEN yang berbeda untuk m.h nya ( merah , pink , putih) ! perhatikan penulisan species

Karakter penulisan ilmiah pada species dan karakter pada takson

  • Species ditulis dua nama (nomenclature binomial)
  • Genus dengan satu nama yaitu nama depan species
  • Family pada tumbuhan berakhiran ceae
  • Ordo tumbuhan berakhiran ales dll ( detailnya juga bisa dilihat bdi blog ini)

Keaneka Ragaman Mahkluk hidup ada
  1. Keaneka ragaman genetic : dikawinkan Fertil : kelapa apa saja namun jangan ikut kelapa sawit , mangga apa saja , pisang apa saja dll yang tidak bisa Jeruk /Ganggang apa saja ( keaneka ragaman ini disebut pula keaneka ragaman dalam satu species)
  2. Keaneka ragaman Species dikawinkan Steril : sapi , kerbau , anjing dll

Keaneka ragaman Ekosistem : keaneka ragaman pada lingkungan nya :

  • Gurun , Hutan Tropis , Taiga , Tundra , pantai dll

  • Hutan : , Kanopi . Liana , Tanaman hetrogen , Iklim mikro di dasar hutan dan makro di tajuk kanopi tumbuhan
  • Gurun : Xerophyt , interval suhu siang malam tinggi , evaporasi tinggi maka ….
  • Pantai berlumpur : Bakau / mangrove yang punya akar nafas ( Lumpur hasil dari penguraian sampah sehingga BOD ( Biological Oxygen Demand) naik , DO ( Desolve Oksigen) turun sehingga bakau menggunakan akar nafas)
  • Taiga : Konifer ( Tumbuhan berdaun jarum )
  • Tundra : Lichenes, ( padang es ), dll

Support web ini

BEST ARTIKEL