Sunday, January 31, 2010

SKL 7 - PERTUMBUHAN

SKL:
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:
  • Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

SOAL
1. Pernyataan yang tepat mengenai fungsi hormon pada tumbuhan terdapat pada .... .

2. Penggunaan praktis hormon auksin dalam pertanian adalah …. .
A. untuk perkembangan buah tanpa biji
B. dapat menghambat rumput liar
C. merangsang perkembangan buah secara polonasi
D. merangsang perkembangan buah secara fertilisasi
E. mempermudah buah jatuh dari pohon

3. Pertumbuhan kecambah yang mengarah pada pertumbuhan hipokotil sangat cepat dibandingkan dengan laju pertumbuhan epikotil membentuk tipe perkecambahan biji .
A. Parageal
B. epigeal
C. sub epigeal
D. hypogeal
E. hypergeal

4. Seorang siswa melakukan percobaan tentang kecepatan pemasakan buah mangga yang sudah tua tetapi masih hijau. Mangga tersebut dimasukkan ke dalam dua buah keranjang. Keranjang pertama dibiarkan terbuka sedangkan yang kedua ditutup dengan kertas. Ternyata mangga yang diletakan pada keranjang kedua lebih cepat matang, karena pengaruh ...........
A. gas etilen
B. asam absisat
C. asam traumalin
D. asam indol-asetat
E. gas hidrogen

PREDIKSI

22. Batang tanaman yang di stek atau dicangkok agar cepat tumbuh akar diberi hormon ...
A. Kaulokalin
B. Rhizokalin
C. Auksin
D. Giberelin
E. Sitokinin

SKL: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menginterpretasikan percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman

SOAL

1. Perhatikan tabel hasil pengamatan eksperimen pertumbuhan biji kacang hijau.
-->
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kecepatan rata-rata pertumbuhan kecambah adalah....
A. 0,09
B. 1,6
C. 1,09
D. 7,6
E. 1,2
2. Perhatikan tabel percobaan pertumbuhan tanaman ini

Variabel bebas dan variabel terikat pada eks-perimen tersebut secara berurutan adalah
A. jumlah tanaman, pemupukan
B. jumlah tanaman, luas lahan
C. luas lahan, pemupukan
D. luas lahan, rata-rata tumbuh pada hari ke 4
E. pemupukan, luas lahan

PREDIKSI

23.Perhatikan data pertumbuahn kecambah kacang hijau yang diberi perlakukan dengan intensitas cahaya yang berbeda – beda berikut ini

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah ..
A. tidak berpengaruh
B. menghambat
C. mempercepat
D. pada kondisi gelap berpengaruh tetapi pada kondisi terang dan remang-remang tidak berpengaruh
E. data eksperimen tidak dpat digunakan untuk menarik kesimpulan.

THEORY
Pertumbuhan Pada Tumbuhan
  • PERTUMBUHAN adalah proses pertambahan ukuran sel atau organisme. Pertumbuhan ini bersifat kuantitatif/ terukur.
  • PERKEMBANGAN adalah proses menuju kedewasaan pada organisme. Proses ini berlangsung secara kualitatif.
  • Baik pertumbuhan atau perkembangan bersifat irreversibel.
PERTUMBUHAN PADA TUMBUHAN
  • Secara umum pertumbuhan dan pekembangan pada tumbuhan diawali untuk stadium zigot yang merupakan hasil pembuahan sel kelamin betina dengan jantan.
  • Pembelahan zigot menghasilkan jaringan meristem yang akan terus membelah dan mengalami diferensiasi.
  • Diferensiasi adalah perubahan yang terjadi dari keadaan sejumlah sel, membentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.
Terdapat 2 macam pertumbuhan, yaitu:
  1. Pertunguhan Primer
  2. Pertumbuhan Sekunder

PertumbuhanPrimer

  • Terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer.
  • Berlangsung pada embrio, bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang.

Embrio memiliki 3 bagian penting :
  1. tunas embrionik yaitu calon batang dan daun
  2. akar embrionik yaitu calon akar
  3. kotiledon yaitu cadangan makanan
  • Embryo sebagai calon individu ini disebut Pro merristem yang nanti akan membentuk Meristem Primer
  • Sedang meristem primer ini nanti akan membentuk Jaringan Dewasa dan Khusus Jaringan dewasa (Kambium) bisa lagi bersifat meristematik lagi , sehingga disebut Meristem sekunder , Maeristem lagi yang kedua

Embrio Tumbuhan
  • Pertumbuhan tanaman dapat diukur dengan alat yang disebut auksanometer.


  • Suatu alat untuk mengukur  pertumbuhan memanjang suatu  tanaman, yang terdiri atas sistem kontrol yang dilengkapi jarum  penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar. 
  • Prinsip kerjanya katrol yang dihubungkan dengan benang antara ujung tumbuhan yang  akan diukur kecepatan tumbuhnya  dan beban, 
  • Jika bergerak menandakan bahwa tumbuhan melakukan pertumbuhan menyebabkan jarum skala yang digerakkan oleh beban menjadi naik atau jarum pada silinder pemutar menyebabkan ada pertambahan goresan garis pada silinder. 
  • Kecepatan tumbuh ditunjukkan dari berapa kenaikan skala waktunya.



Meristem 

Meristem pada organ berdasarkan letaknya ada di tiga tempat
  1. Meristem apikal di ujung untuk pertumbuhan memanjang
  2. Meristem lateral pada kambium untuk pertumbuhan melebar
  3. Meristem interkalar pada Ruas untuk melebarkan jarak antar ruas


Daerah pertumbuhan pada akar dan batang berdasar aktivitasnya tcrbagi menjadi 3 daerah
  1. Daerah pembelahan ( Meristematis) Sel-sel di daerah ini aktif membelah (meristematik)
  2. Daerah pemanjangan ( Elongasi) Berada di belakang daerah pembelahan
  3. Daerah diferensiasi Bagian paling belakang dari daerah pertumbuhan.


  • Sel-sel mengalami diferensiasi membentuk akar yang sebenarnya serta daun muda dan tunas lateral yang akan menjadi cabang.

MEMBEDAKAN EPIGEAL DAN HIPOGEAL


  • Perkecambahan epigealPada perkecambahan ini kotiledon berada di atas tanah, contohnya pada kacang hijau. 
  • Perkecambahan hipogealPada perkecambahan ini kotiledon tetap berada di dalam tanah,contohnya pada kacang merah dan kacang tanah.


PERTUMBUHAN SEKUNDER
  • Pertumbuhan SekunderMerupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus.
  • Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil, gymnospermae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumubuhan.
  1. Mula-mula kambium hanya terdapat pada ikatan pembuluh, yang disebut kambium vasis atau kambium intravasikuler. Fungsinya adalah membentuk xilem dan floem primer.
  2. Selanjutnya parenkim akar/batang yang terletak di antara ikatan pembuluh, menjadi kambium yang disebut kambium intervasis.
  3. Kambium intravasis dan intervasis membentuk lingkaran tahun  bentuk konsentris.
  4. Kambium yang berada di sebelah dalam jaringan kulit yang berfungsi sebagai pelindung. Terbentuk akibat ketidakseimbangan antara permbentukan xilem dan floem yang lebih cepat dari pertumbuhan kulit.
  5. ke dalam membentuk feloderm : sel-sel hidup
  6. ke luar membentuk felem : sel-sel mati
Gbr. Lingkaran tahun
FAKTOR EXTERNAL DAN INTERNAL

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan
A. Faktor Luar
  1. Air dan Mineral : berpengaruh pada pertumbuhan tajuk 2 akar. Diferensiasi salah satu unsur hara atau lebih akan menghambat atau menyebabkan pertumbuhan tak normal.
  2. Kelembaban.
  3. Suhu : i antaranya mempengaruhi kerja enzim. Suhu ideal yang diperlukan untuk pertumbuhan yang paling baik adalah suhu optimum, yang berbeda untuk tiap jenis tumbuhan.
  4. Cahaya : mempengaruhi fotosintesis. Secara umum merupakan faktor penghambat.
  • Etiolasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat di tempat yang gelap
  • Fotoperiodisme adalah respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang penyinaran.
B. Faktor Dalam
  1. Faktor hereditas.
  2. Hormon.

HORMON
Hormon merupakan zat pengatur tumbuh, yaitu molekul organik yang dihasilkan oleh satu bagian tumbuhan dan ditransportasikan ke bagian lain yang dipengaruhinya.Hormon dalam konsentrasi rendah menimbulkan respons fisiologis. Terdapat 2 kelompok hormon yaitu
a. Hormon pemicu pertumbuhan (auksin, Giberelin dan sitokinin)
b. Hormon penghambat pertumbuhan (asam absisat, gas etilen, hormon kalin dan asam traumalin
Hormon Auksin
  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : Fritz Went (peneliti asal belanda)
  • Objek penelitian : Rumput (Avena sativa)
  • Hasil penelitian : mengekstraks zat pengatur fototropisme pada tumbuhan rumput
  • Kesimpulan : auksin banyak diproduksi di jaringan meristem. Kadar auksin dipengaruhi oleh cahaya matahari, dan auksin mempengaruhi percepatan pembelahan sel pada daerah meristem apikal
  • Struktur auksin : Struktur yang paling dikenal adalah IAA (Indol Acetik acid), yang mirip dengan asam amino triptophan.
  • Aktivitasnya dihambat oleh cahaya matahari
  • Auksin disintesis di meristem apikal, daun-daun muda dan biji
PERAN
Fungsi hormon Auksin
  1. Merangsang pemanjangn sel pada daerah titik tumbuh
  2. Merangsang pembentukkan akar
  3. Merangsang pembentukkan buah tanpa biji (partenokarpi)
  4. Merangsang differensiasi jaringan pembuluh
  5. Merangsang absisi ( pengguguran pada daun)
  6. Berperan dalam dominansi apikal

Hormon Giberelin
  1. Asal kata : Bahasa Latin
  2. Penemu : Ewiti. Kurosawa
  3. Objek penelitian : Tanaman padi (Oryza sativa) yang terkena penyakit foolish seedling (tanaman pucat dan luar biasa panjang) dan jamur Gibberella fujikuroi
  4. Hasil penelitian : mengisolasi giberelin dari jamur Gibberella fujikuroi, yang diberi nama giberelin (GA/Giberelic acid)
  5. Kesimpulan : pemanfaatan giberelin secara umum menyebabkan pertumbuhan raksasa
PERAN
Fungsi Giberelin
  1. Merangsang pemanjangan batang dan pembelahan sel
  2. Merangsang perkecambahan biji
  3. Memecah dormansi biji
  4. Merangsang pembungaan dan pembuahan

Hormon Sitokinin
  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : Van Overbeek
  • Objek penelitian : pertumbuhan embrio dan air kelapa muda
  • Hasil penelitian : mengisolasi zat yang menyebabkan pembelahan sel (sitokinesis) yang disebut kinetin
  • Jenis : Kinetin, Zeatin (pada jagung) benzil amino purin
  • Kesimpulan : pemanfaatan sitokinin secara umum menyebabkan pertumbuhan tunas-tunas samping (lateral) sehingga tanaman menjadi rimbun
PERAN
Fungsi Sitokinin
  1. Bersama auksin, dan giberelin merangsang pembelahan dan pemanjangan sel
  2. Menghambat dominansi apikal oleh auksin
  3. Merangsang pertumbuhan kuncup lateral
  4. Merangsang pemanjangan titik tumbuh
  5. Mematahkan dormansi biji serta merangsang pertumbuhan embrio
  6. Merangsang pembentukan akar cabang
  7. Menghambat pertumbuhan akar adventive
  8. Menghambat proses penuaan (senescence) daun, bunga dan buah dengan cara mengontrol proses kemunduran yang menyebabkan kematian sel-sel daun
Hormon Asam Absisat (ABA)
  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : P.F. Wareing dan F.T. Addicott
  • Objek penelitian : buah kapas
  • Hasil penelitian : Mendorong terjadinya perontokkan (absisi) pada tumbuhan
  • Jenis : Kinetin, Zeatin (pada jagung) benzil amino purin
  • Kesimpulan : hormon yang menyebabkan kerontokan ada saun dan buah
PERAN

Fungsi Hormon Asam Absisat (ABA)
  1. Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan di daerah titik tumbuh
  2. Memacu pengguguran daun pada saat kemarau untuk mengurangi penguapan air
  3. Membantu menutup stomata daun untuk mengurangi penguapan
  4. Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan sel bahkan menghentikannya
  5. Memicu berbagai jenis sel tumbuhan untuk menghasilkan gas etilen
  6. Memacu dormansi biji agar tidak berkecambah

Hormon gas etilen
  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : R. gene (1934)
  • Objek penelitian : buah yang masak
  • Hasil penelitian : Gas etilen mempercepat pemasakan buah
  • Jenis : hormon tumbuhan yang berbentuk gas
  • Kesimpulan : Pembentukkan gas etilen dipengaruhi oleh O2 dan dihambat oleh CO2

PERAN
Fungsi hormon gas etilen
  1. Mempercepat pematangan buah
  2. Menghambat pemanjangan akar, batang dan pembungaan
  3. Menyebabkan pertumbuhan batang menjadi kokoh dann tebal
  4. Merangsang proses absisi
  5. Interaksi antara etilen dengan auksin memacu proses pembungaan
  6. Interaksi antara etilen dengan giberelin mengontrol rasio bunga jantan dengan bunga betina pada tumbuhan monoceus

Hormon Luka/Kambium luka/Asam traumalin
  • Hormon yang merangsang sel-sel daerah luka menjadi bersifat meristematik sehingga mampu mengadakan penutupan bagian yang luka
  • Vitamin B12 9riboflavin), piridoksin (vit. B6) asam ascorbat (vit. C), thiamin (vitamin B1), asam nikotinat merupakan jenis vitamin yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pertumbuhan dan perkembangan
  • Vitamin berperan sebagai kofaktor

Hormon Kalin
  • Dihasilkan pada jaringan meristem.
  • Memacu pertumbuhan organ tubuh tumbuhan
Jenisnya adalah:
  1. Fitokalin : memacu pertumbuhan daun
  2. Kaulokalin: memacu pertumbuhan batang
  3. Rhizokalin: memacu pertumbuhan akar
  4. Anthokalin: memacu pertumbuhan bunga dan buah
  • Florigen hormon tumbuhan yang khusus merangsang pembentukan bunga

  • Merangsang pembelahan sel di daerah luka sebagai mekanisme untuk menutupi luka
Gbr. A. Distribusi Auksin pada Kecambah
Gbr B Pertumbuhan Ujung Akar dan Ujung Batang
HEWAN
  • Pertumbuhan Pada Hewan
  • Pertumbuhan pada hewan dibagi menjadi 2 fase, yaitu :
  1. Fase Embrionik Adalah fase pertumbuhan zigot hingga terbentuknya embrio. Fase ini meliputi beberapa tahapan.
  • Fase Pembelahan (Cleavage) dan Blastulasi
  • Pembelahan zigot membelah (mitosis) menjadi banyak blastomer. Blastomer berkumpul membentuk seperti buah arbei disebut Morula
FASE MORULA
Morula mempunyai 2 kutub, yaitu :
  • Kutub hewan (animal pole)
  • Kutub tumbuhan (vegetal pole)

BLASTULA
  • Blastulasi sel-sel morula membelah dan "arbei" morula membentuk rongga (blastocoel) yang berisi air, disebut Blastula.

GASTRULA
  • Gastrulasi Adalah proses perubahan blastula menjadi gastrula.
Pada fase ini :
  • blastocoel mengempis atau bahkan menghilang
  • terbentuk lubang blastopole  akan berkembang menjadi anus
  • terbentuk ruang, yaitu gastrocoel (Archenteron)
  • Archenteron akan berkembang menjadi saluran pencernaan
  • terbentuk 3 lapisan embrionik : ektoderm, mesoderm dan endoderm
Berdasarkan jumlah lapisan embrional, hewan dikelompokkan menjadi:
  • Hewan diploblastik : memiliki 2 lapisan embrional, ektoderm dan endoderm ( Porifera dan Coelenterata
  • Hewan triploblastik : memiliki ketiga lapisan embrional Platyhelmintes ( triploblastik Acoelomata ) Nemathelminthes ( triploblastik Pseudocoelomata) dan Anellida sampai Chordata Triploblastik Coelomata
  • Triploblastik aselomata : tak memiliki rongga tubuh
  • Triploblastik pseudoselomata : memiliki rongga tubuh yang semu
  • Triploblastik selomata: memiliki rongga tubuh yang sesungguhnya, yaitu basil pelipatan mesoderm
Morfogenesis
  • Proses pertumbuhan, perkembangan dan diferensiasi menjadi organ, sistem organ dan organisme.
Diferensiasi dan Spesialisasi Jaringan
  • Diferensiasi : jaringan/lapisan embrionik akan berkembang menjadi berbagai organ dan sistem organ.
  • Spesialisasi : setiap jaringan akan mempunyai bentuk, struktur dan fungsinya masing-masing.
Imbas Embrionik
  • Diferensiasi dari suatu lapisan embrionik mempengaruhi dan dipengaruhi oleh diferensiasi lapisan embrionik lain.

Fase Pasca Embrionik
  • Secara umum meliputi metamorfosis dan regenerasi.
  • Metamorfosis adalah perubahan bentuk secara bertingkat dari masa muda  hewan dewasa.
a. Serangga
  • Metamorfosis tak sempurna : telur - nimfa - imago.
  • Metamorfosis sempurna : telur - larva - pupa - imago.


b. Katak
  • Zigot - berudu - katak muda - katak dewasa.


Regenerasi adalah kemampuan untuk memperbaiki sel, jaringan atau bagian tubuh yang rusak, hilang atau mati.
  • hewan tingkat tinggi - terbatas pada jaringan
  • hewan tingkat rendah - dapat sampai pada tingkat organ
Faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
Faktor eksternal
  1. Makanan
  2. Air
  3. Aktifitas tubuh
  4. Cahaya matahari
Faktor Internal
Genetis
  • Gen merupakan penentu semua struktur dan fungsi yang berkaitan dengan ciri-ciri hewan dan manusia antara lain bentuk tubuh, warna kulit, warna rambut, laju pertumbuhan, dan perkembangan.
Hormon
  • Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin (kelenjar buntu) dan dibawa oleh darah ke organ sasaran sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan termasuk manusia.



1. Kelenjar Hipofisis Menghasilkan
  • Somatotrof – Mempengaruhi pertumbuhan
  • Tirotropin – Mempengaruhi kerja kelenjar tiroid
  • Prolaktin – Mempengaruhi pengeluaran air susu
  • Gonadotropin – Mempengaruhi kerja kelenjar kelamin
  • Adreno Cortico Tropin ACTH – Mempengaruhi kerja kelenjar Adrenalin
  • ADH – Mempengaruhi pengeluaran urine
  • Oksitosin – Mempengaruhi kontraksi otot rahim saat melahirkan
2 Tiroid
  • menghasilkan Tiroksin : Mengatur metabolisme zat dan pertumbuhan
3 Paratiroid
  • menghasilkan Parathormon :Mengatur kadar kalsium dalam darah
4 Adrenalin
  • menghasilkan Adrenalin : Mengatur kadar gula darah dengan mengubah glikogen menjadi glukosa
5 Pankreas
  • menghasilkan Insulin : Mengatur kadar gula darah dengan mengubah glukosa menjadi glikogen
6 Testis
  • menghasilkan Testosteron : Mempengaruhi ciri-ciri kelamin sekunder pria
7 Ovarium
  • menghasilkan Estrogen dan Progresteron : Mempengaruhi ciri-ciri kelamin sekunder wanita
Perkembangan
1. Balita - Mulai mengenal lingkungan.
  • Membutuhkan perhatian khusus dari orang tua.
  • Senang bermain.
  • Bersifat kekanak-kanakan (manja).
  • Cenderung keras kepala.
  • Suka menolak perintah.
  • Membutuhkan zat gizi yang banyak.
  • Hormon pertumbuhan dihasilkan secara meningkat.
2. Kanak-kanak
  • Gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh.
  • Pertumbuhan jiwanya relatif stabil.
  • Daya ingat kuat, mematuhi segala perintah gurunya.
  • Mudah menghafal tetapi juga mudah melupakan.
  • Sifat keras kepala mulai berkurang dan lebih dapat menerima pengertian karena kemampuan logikanya mulai berkembang

SKL 8 - METABOLISME SEL

SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein

SOAL

1. Dari data ini siswa menyimpulkan kerja enzim katalase yang terdapat pada ekstrak hati bekerja dengan baik pada suasana.......
A. asam, suhu 370 C
B. asam, suhu 400 C
C. netral, suhu 370 C
D. netral, suhu 400 C
E. basa, suhu 400 C


PREDIKSI

24.Hasil percobaan enzim katalase sebagai berikut:

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa …. .

a. pada suhu dan pH rendah enzim aktif
b. enzim bekerja pada pH 7 dan suhu di atas 37oC
c. kerja enzim dipengaruhi oleh pH dan suhu
d. aktivitas enzim dipengaruhi suhu tetapi tidak dipengaruhi pH
e. pH dan suhu kurang berpengaruh pada kerja enzim

SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, lemak dan protein)

1. Karbondioksida sebagai produk samping dari respirasi anaerob yang dilakukan oleh ragi Saccha romyces sp berasal dari perubahan .......
A. asam asetat menjadi alkohol
B. asam asetat menjadi asam piruvat
C. asam piruvat menjadi alkohol
D. asam piruvat menjadi asam asetat
E. glukosa menjadi asam piruvat

3. Proses respirasi meliputi :
1. mengubah senyawa C6 menjadi C3
2. menggunakan ko A
3. H+ bereaksi dengan O2
4. mengubah senyawa C2 menjadi C6
5. menggunakan sitokrom
Proses yang terjadi pada transport elektron adalah nomor .... .
A. 1 dan 2.
B. 3 dan 5
C. 2 dan 3
D. 4 dan 5
E. 2 dan 4

4. Pada proses fermentasi alkohol dihasilkan energi 2 ATP Hal ini disebabkan …. .
A. Kekurangan oksigen untuk menghasilkan ATP
B. Asam piruvat yang terbentuk tidak berubah menjadi asetil ko enzim A
C. Fermentasi berhenti saat konsentrasi alcohol di atas 15 %
D. NADH2 dan FADH2 tidak dapat melepaskan ion hydrogen
E. Elektron yang digunakan untuk fermentasi memiliki energi yang rendah

PREDIKSI

26. Respirasi yang bersifat aerob berbeda dengan respirasi yang bersifat an aerob dalam beberapa hal. Perbedaan respirasi aerob dan aerob yang benar dalam tabel berikut ini adalah ..


26. Perhatikan skema proses respirasi anaerob yang dilakukan oleh Sacharromyces berikut ini


Yang ditunjuk oleh X, Y dan Z secara urut dalam proses respirasi anaerob adalah

A. Glukosa, siklus krebs, etanol
B. Glukosa, glikolisis, etanol
C. Glukosa, etanol, sistem transpor elektron
D. Asetal dehide , Glikolisis , Etanol
E. Etanol, siklus krebs, glukosa

SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya

1. Perhatikan gambar berikut!


Molekul A dan  BC dalam proses fotosintesis menunjukkan  ......

A. CO2 dan PGA
B. CO2 dan Okaslo asetat
C. CO2 dan RuBP
D. CO2 dan PGAL
E. H20 dan Glukosa

2. Perhatikan gambar percobaan Ingenhouz

Perangkat percobaan terkena cahaya :
Set 1. ditutup dengan kertas hijau
Set 2 ditutup dengan kertas biru
Set 3 ditutup dengan kertas warna merah
Set 4 ditutup dengan kertas warna kuning
Set 5 tidak ditutup kertas minyak
Glukosa dan O2 paling banyak dihsilkan pada perangkat percobaan set.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

3. Perhatikan gambar kloroplas !

Pada peristiwa fotosintesis akan terbentuk amilum dan O2 secara berurutan pada nomor ....
A. 1 – 2
B. 2 – 3
C. 3 – 4
D. 3 – 5
E. 4 – 3

4. Perhatikan Bagan siklus Calvin fotosintesis

Berdasarkan siklus tersebut, yang berlabel AD adalah .......
A. gas oksigen
B. molekul air
C. gas karbondioksida
D. PGAL
E. difosfogliserat

5. Perhatiknan Skema reaksi Fotosintesa


yang berhuruf BC , AE dan C secara berturutan adalah …..

A. RDP . PGAL dan Glukosa
B. Glukosa , PGA dan RDP
C. RDP , Glukosa dan PGA
D. PGA , RDP dan Glukosa
E. PGAL , RDP dan PGA

PREDIKSI

27. Perhatikan skema proses fotosintesis berikut ini


Berdasarkan skema tersebut yang ditandai  E, AC dan BD secara urut adalah ...

A. Siklus Calvin, ATP dan NADPH2, Fotosistem
B. Fotosistem, siklus Calvin, ATP dan NADPH2
C. Fotosistem, ATP dan NADPH2, siklus Calvin
D. ATP dan NADPH2, Siklus Calvin
E. ATP dan NADPH2, siklus Calvin, Fotosistem

28. Perlakuan pada eksperimen sebagai berikut :

1. setelah terkena cahaya ± 3 jam daun tana-man di poles
2. daun dimatikan selnya melalai perebusan
3. dihilangkan klorofilnya pada alkohol mendi-dih
4. dikeringkan ditetesi lugol
Kesimpulan eksperimen tersebut adalah pada proses fotosintesis dibutuhkan …. .
A. cahaya
B. udara
C. air
D. CO2
E. O2


LATIHAN SANTAI MEMPERDALAM MATERI

1.      Reaksi fotosintesis dapat berlangsung pada malam hari. Hal ini menunjukkan bahwa .......
a.       Fotosintesis tidak memerlukan cahaya matahari
b.      CO2 hanya tersedia pada malam hari
c.       Fotosintesis dapat berlangsung dengan cahaya lampu
d.      Klorofil hanya dapat aktif pada malam hari
e.       Proses pengikatan CO2 oleh tumbuhan terjadi pada malam hari.

2.      Reaksi fotosintesis yang benar adalah ....
a.       CO2 + H2O è C6H12O6 + O2
b.      NaHCO3 + CO2 + H2O è C6H12O6 + O2
c.       HCO3- + H2O è C6H12O6 + O2
d.      C6H12O6 + O2 è CO2 + H2O
e.       NaHCO3  + H2O è C6H12O6 + O2

3.      Pada percobaan Sach terkait fotosintesis yang menggunakan daun ditutupi dengan aluminium foil, hal yang dapat dibuktikan dari percobaan tersebut adalah ....
a.       Fotosintesis membutuhkan cahaya matahari
b.      Fotosintesis menghasilkan O2
c.       Fotosintesis memerlukan CO2
d.      Fotosintesis menghasilkan amilum
e.       Fotosintesis terjadi dengan bantuan klorofil

4.      Fungsi NaHCO3   pada percobaan Ingenhousz adalah .....
a.       Mengikat oksigen
b.      Menyediakan CO2
c.       Mengikat amilum
d.      Melepaskan ion hidrogen
e.       Menyediakan H2O

5.      Proses pertama yang terjadi pada reaksi terang adalah .....
a.       Fotolisis air
b.      Fiksasi CO2
c.       Pembentukan ATP
d.      Pembentukan NADPH
e.       Pembentukan glukosa
6.      Fotosintesis berasal dari kata ‘foto = cahaya’ dan ‘sintesis = penyusunan’. Sehingga arti fotosintesis adalah ....
a.       Proses penyusunan cahaya
b.      Proses penyusunan air dengan bantuan cahaya
c.       Proses penyusunan bahan makanan dari cahaya
d.      Pembentukan bahan makanan dengan bantuan cahaya
e.       Pembentukan oksigen dengan cahaya

7.      Siklus Calvin dibagi menjadi 3 tahapan, yakni secara berturut-turut adalah ....
a.       Fiksasi – regenerasi – reduksi
b.      Fiksasi – reduksi – regenerasi
c.       Reduksi – fiksasi – regenerasi
d.      Reduksi – regenerasi – fiksasi
e.       Regenerasi – fiksasi – reduksi

8.      Berikut ini yang merupakan faktor pembatas fotosintesis kecuali .....
a.       Cahaya matahari
b.      Air
c.       Kloroplast
d.      Kadar fotosintat
e.       Suhu

9.      Fungsi klorofil dalam proses fotosintesis adalah ....
a.       Menangkap cahaya matahari
b.      Membnetuk glukosa
c.       Membentuk oksigen
d.      Memecah molekul air
e.       Memecah karbondioksida

10.  Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai reaksi terang, kecuali ......
a.       Berlangsung di grana
b.      Memerlukan cahaya matahari
c.       Dihasilkan ATP dan NADPH
d.      Dibebaskannya oksigen
e.       Terbentuk molekul glukosa


11.   Pigmen manakah yang tidak terdapat dalam kloroplast ...............
A.        Karoten               
B.         Antochyan
C.         Xantofil               
D.        Chlorofil a
E.         Chlorofil b

12.   Manakah yang tidak mempengaruhi fotosintesis ...............
A.        O2         
B.         Sinar matahari
C.         CO2       
D.        Klorofil
E.         H2O

13.   Reaksi siklus Calvin pada fotosintesis berlangsung pada ...............
A.        Grana   
B.         Klorofil
C.         Stroma
D.        Lapisan tilakoid
E.         mitochondria

14.   Untuk mengekstrak ( melisiskan) klorofil diperlukan bantuan ...............
A.        Reagen  Jodium               
B.         Alkohol
C.         Lugol    
D.        Air panas
E.         Sinar matahari

15.   Peristiwa awal dari fotosisntesis adalah ...............
A.        Fotolisis air         
B.         Fotoeksitasi dari klorofil dan terlepasnya elektron
C.         Terlepasnya O2
D.        Terbentuknya glukosa
E.         Fikasi CO2

16.   Manakah pernyataan yang salah dari Fiksasi CO2 yang dilakukan tumbuhan  ...............
A.        Tidak dapat terjadi pada siang hari
B.         Berlangsung terutama pada malam hari
C.         Bisa tidak menggunakan RuBP
D.        Dapat menggunakan PEP
E.         Selalu hasilnya PGA (PhosfoGliserat Acid)            

17.   Phosphorilasi adalah proses dimana ...............
A.        CO2 dan O2 bersenyawa
B.         Terbentuk phospho glyceraldehid
C.         Terbentuknya asam aspartik      
D.        Energi cahaya diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP
E.         Chlorofil aktif    

18.   Fotolisis air pada reaksi terang fotosintesis menghasilkan ...............
A.        Hanya ATP
B.         O2 dan NADPH2              
C.         ATP dan NADPH2
D.        O2 , NADPH2, dan ATP  
E.         Glukosa

19.   Fungsi utama dari pigmen fotosintesis adalah ...............
A.        Menyerap cahaya
B.         Menyerap cahaya dan merubahnya menjadi energi kimia
C.         Membuat kadar O2        
D.        Mengubah Aldehid
E.         Memfikasasi CO2            

20.          Saat fotosintesis O2 yang terbentuk berasal dari ...............
A.        Fotolisis H2O     
B.         Klorofil
C.         Fiksasi CO2         
D.        Penguraian Air dan penguraian CO2
E.         Terurainya Glukosa

21.          Tes amilum unutk menguji hasil fotosintesis dilakukan terhadap daun tumbuhan hijau, sebab .......
A.        Daun merupakan organ yang paling banyak mengandung klorofil
B.         Fotosintesis hanya terjadi pada daun
C.         Pada daun terdapat stomata     
D.        Bahan baku sudah tersedia pada daun  
E.         Daun selalu ada jaringan palisadenya

22.          Bakteri nitrat merupakan bakteri autotrof karena dapat hidup ...............
A.        Tanpa oksigen  
B.         Dari zat organik
C.         Dari zat anorganik           
D.        Tanpa cahaya
E.         Tanpa Carbon Dioksida

23.          Bakteri pengikat nitrogen pada akar polong-polongan adalah ...............
A.        Azotobakter      
B.         Nitrosomanas
C.         Rhizobium
D.        Clostridium
E.         Nostoc comunae

24.          Fiksasi CO2 terjadi di ...............
A.        Stroma
B.         Tilakoid
C.         Mitochondria
D.        Grana   
E.         Lamella

25.          Tumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrien organik sendiri disebut tumbuhan ...............
A.        Heterotrof         
B.         Aerob
C.         Autotrof
D.        Anaerob
E.         Saprophyt

Essay
  1. Berasal dari manakah sumber energi bagi mahluk hidup ?
  2. Sebutkan persamaan reaksi fotosintesis !
  3. Jelaskan teantang reaksi fotosintesis !
  4. Ada berapa fase proses fotosintesis ? Sebutkan !
  5. Apa yang dimaksud dengan reaksi terang !
  6. Apa yang dimaksud dengan reaksi gelap !
  7. Mengapa reaksi terang disebut dengan reaksi Hill ?
  8. Bagian apakah pada daun yang dapat menangkap energi dari matahari ?
  9. Perpindahan elektron ada berapa macam ? Sebutkan !
  10. Apa yang dihasilkan dari reaksi gelap ?
LATIHAN LAGI YA

1.    Perhatikan pernyataan berikut.
1.       Penamaan protein, lemak, dan karbohidrat
2.       Pengangkutan sari-sari makanan oleh lemak
3.       Respirasi sel
4.       Pengangkutan hormon oleh darah
5.       fotosintesis pada tumbuhan
Contoh dari metabolisme adalah ….
A.      1, 2, dan 3
B.      2, 4, dan 5
C.      1, 3, dan 4
D.      2, 3, dan 4
E.       1, 3, dan 5

2.         Seluruh reaksi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup menggunakan sumber energi berupa
A.      ATP
B.      lemak
C.      enzim
D.      protein
E.       glukosa

3. Tahapan katabolisme glukosa atau respirasi sel adalah ….
A.      glikolisis, transpor elektron, dan siklus Krebs
B.      transfer elektron, glikolisis, dan siklus Krebs
C.      glikolisis, siklus Krebs, dan transpor elektron
D.      siklus Krebs, glikolisis, dan transpor elektron
E.       siklus Krebs, transpor elektron, dan glikolisis

4. Hasil dari peristiwa glikolisis adalah ….
A.      2 ADP, 2 NAD, dan 2 glukosa
B.      2 ATP, 2 NADH, dan 2 asam piruvat
C.      2 ADP, 2 NADH, dan 2 asam piruvat
D.      2 ATP, 2 NAD, dan 2 asam piruvat
E.       2 ATP, 2 NAD, dan 2 glukosa

5. Siklus Krebs menghasilkan molekul-molekul ….
A.      H2O, NADH, dan FADH
B.      CO2, NAD, dan FAD
C.      H2O, NAD, dan FAD
D.      CO2, NADH, dan FADH
E.       CO2, NADH, dan FAD

6.         Katabolisme karbohidrat mengalami beberapa tahap, di antaranya transfer elektron yang terjadi di dalam ….
A.      ribosom
B.      badan golgi
C.      sitoplasma
D.      lisosom
E.       mitokondria

7. Dalam peristiwa anabolisme karbohidrat di antaranya terjadi siklus elektron yang menghasilkan ….
A.      NADH
B.      glukosa
C.      O2
D.      H2O
E.       FADH2

8.         Seseorang yang telah bekerja berat akan merasa lelah. Hal ini terjadi karena terjadi penimbunan hasil glukosa, yaitu ….
A.      ATP
B.      asetil koA
C.      NADH
D.      asam laktat
E.       asam piruvat

9.         Perhatikan grafik pengaruh enzim terhadap energi aktivasi ….
Berdasarkan grafik tersebut, pengaruh enzim adalah ….
A.      meningkatkan energi aktivasi
B.      menurunkan energi aktivasi tanpa ikut bereaksi
C.      menurunkan energi aktivasi dengan ikut bereaksi
D.      menurunkan laju reaksi
E.       tidak berpengaruh terhadap reaksi

10. Berikut ini beberapa sifat enzim, kecuali….
A.      selektif
B.      biokatalisator
C.      efisien
D.      tahan panas
E.       bekerja bolak-balik

Untuk menjawab soal nomor 11–12, perhatikan gambar berikut.

11. Enzim ditunjukkan oleh huruf ….
A.      B dan D
B.      C dan D
C.      B dan A
D.      C dan E
E.       A dan E

12. Inhibitor non kompetitif dan inhibitor kompetitif ditunjukkan oleh huruf ….
A.      A dan B
B.      C dan E
C.      B dan C
D.      D dan E
E.       C dan D

13. Pada saat pembuatan tape terjadi proses fermentasi yg menghasilkan alkohol setelah peristiwa
A.   transfer elektron
B.    glikolisis
C.    siklus krebs
D.   dekarboksilasi oksidatif
E.    siklus Calvin-Benson

14. Dalam satuan berat yang sama, bahan makanan yang menghasilkan energi tertinggi melalui katabolisme adalah ….
A.      karbohidrat
B.      vitamin
C.      protein
D.      mineral
E.       lemak

15. Tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis adalah …..
A.   membran tilakoid
B.    krista
C.    stroma
D.   ruang dalam kloroplas
E.    matriks

16. Jika dalam satu siklus Krebs dihasilkan 3 NADH dan 1 FADH2, maka setelah melalui transfer elektron dihasilkan ….
A.        11 ATP
B.         32 ATP
C.         24 ATP
D.        36 ATP
E.         28 ATP

17. Di bawah ini ciri reaksi terang fotosintesis, kecuali ….
A.        penyerapan energi cahaya untuk diubah menjadi
B.         energi kimia
C.         dihasilkan ATP dan NADPH2 c. fotolisis air
D.        membutuhkan cahaya
E.         pengikatan karbondioksida

18. Dalam peristiwa siklus Calvin-Benson terjadi pengikatan CO2 oleh senyawa ….
A.        asam fosfogliserat (PGA)
B.         ribulosa bifosfat (RuBP)
C.         fosfogliseraldehid (PGAL)
D.        ATP
E.         NADPH

19. Kelompok makhluk hidup yang mampu menggunakan reaksi kimia anorganik sebagai sumber energi adalah ....
A.        heterotrof
B.         kemoautotrof
C.         fotoautotrof
D.        parasitis
E.         kemoheterotrof

20.     Proses kemosintesis yang dilakukan oleh bakteri nitrifikasi mempunyai ciri sebagai berikut, kecuali ….
A.      membutuhkan tanah gembur
B.      berlangsung secara aerob
C.      membutuhkan senyawa anorganik
D.      nitrat yang dihasilkan digunakan untuk membentuk protein
E.       berlangsung secara anaerob

Soal Uraian
  1. Jelaskan fungsi enzim dan teori mengenai cara kerja enzim.
  2. Apa yang dimaksud dengan katabolisme dan metabolisme?
  3. Jelaskan tahap-tahap dalam respirasi aerob.
  4. Jelaskan tahap-tahap dalam fotosintesis.
  5. Jelaskan keterkaitan antara metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein.




Support web ini

BEST ARTIKEL