Monday, February 1, 2010

CABANG ILMU BIOLOGI

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : ilmu ilmu biologi
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
  • Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar :
  • Mengidentifikasi ruang lingkup Biolog

Indikator
  • Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
  • Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
  • Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
  • Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
Materi Ajar
  • Pengertian Biologi sebagai ilmu
  • Ciri-ciri makhluk hidup

Metode Pembelajaran
  • Pengamatan-diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan awal (5 menit)
  • Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
  • Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
  • Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
Kegiatan inti (30 menit)
  • Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
  • Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
  • Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
  • Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.

Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.
  • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

Alat/Bahan/Sumber
  • Buku Kerja
  • Buku Biologi Kelas X
  • Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi di biologi gonzaga : www.biologigonz.blogspot.com

Biologi memiliki cabang ilmu yang spesifik dan objek kajian yang semakin khusus untuk memudahkan cara pembelajarannya, mengingat pada umumnya seseorang hanya mampu mendalami salah satu cabang ilmu. Cabang cabang Biologi tersebut antara lain:
  1. Anatomi : Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup , Ilmu ini dapat didekati dengan membedah bagian tubuh hewan
  2. Agronomi : Ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya misalnya budidaya kelapa sawit , karet , teh , kopi , cacao dll
  3. Andrologi : Ilmu yang mempelajari tentang macam hormon dan kelainan reproduksi pria misalnya testosteron , androgen ICSH dll
  4. Algologi : Ilmu yang mempelajari tentang alga/ganggang misalnya ganggang merah , hijau
  5. Botani : ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan , segala tumbuhan hijau yang autotrop
  6. Bakteriologi : Ilmu yang mempelajari tentang bakteri
  7. Biologi molekuler : Ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat molekul
  8. Bioteknologi : Ilmu yang mempelajari tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi prosesbiokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan kesejahteraan manusia.
  9. Bryologi, ilmu yang mempelajari tentang lumut
  10. Kardiologi, ilmu yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah
  11. Dendrologi, ilmu yang mempelajari tentang pohon maupun tumbuhan berkayu lainnya, seperti liana
  12. Ekologi : Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan
  13. Embriologi : Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
  14. Entomologi : Ilmu yang mempelajari tentang serangga
  15. Enzimologi : ilmu yang mempelajari tentang enzim
  16. Evolusi : Ilmu yang mempelajari tentang perubahan struktur tubuhmakhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama
  17. Epidemiologi : Ilmu yang mempelajari tentang penularan penyakit
  18. Eugenetika : Ilmu yang mempelajari tentang hukum pewarisan sifat
  19. Endokrinologi : Ilmu yang mempelajari tentang hormon
  20. Enzimologi : Ilmu yang mempelajari tentang enzimFisiologi : Ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja) organ tubuh
  21. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
  22. Fisioterapi : Ilmu yang mempelajari tentang pengobatan terhadappenderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot
  23. Farmakologi : Ilmu yang mempelajari tentang obat-obatanGenetika : Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
  24. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
  25. Histologi : Ilmu yang mempelajari tentang jaringan
  26. Higiene : Ilmu yang mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
  27. Harpetologi, ilmu yang mempelajari reptilia/ular
  28. Imunologi : Ilmu yang mempelajari tentang sistem kekebalan (imun) tubuh
  29. Ichtiologi : Ilmu yang mempelajari tentang ikan
  30. Karsinologi : Ilmu yang mempelajari tentang crustacea
  31. Klimatologi : Ilmu yang mempelajari tentang iklim
  32. Limnologi : Ilmu yang mempelajari tentang perairan mengalir
  33. Mamologi, ilmu yang mempelajari tentang mammalia
  34. Mikologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
  35. Mikrobiologi : Ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme
  36. Malakologi : Ilmu yang mempelajari tentang moluska
  37. Morfologi : Ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luarorganisme
  38. Mikologi : Ilmu yang mempelajari tentang jamur
  39. Neurologi, Ilmu yang menangani penyimpangan pada sistem saraf
  40. Nematologi, ilmu yang mempelajari tentang nematoda
  41. Organologi : Ilmu yang mempelajari tentang organ
  42. Onkologi, ilmu yang mempelajari tentang kanker dan cara pencegahannya
  43. Onthogeni : Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa
  44. Ornitologi : Ilmu yang mempelajari tentang burung
  45. Phylogeni : Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhlukhidup
  46. Patologi : Ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan pengaruh-nya bagi manusia
  47. Palaentologi : Ilmu yang mempelajari tentang fosil
  48. Paleobotani, ilmu yang mempelajari tumbuhan masa lampau
  49. Paleozoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan purba
  50. Parasitologi : Ilmu yang mempelajari tentang makhluk parasit
  51. Protozoologi : Ilmu yang mempelajari tentang Protozoa
  52. Primatologi, ilmu yang mempelajari tentang primata
  53. Pulmonologi, ilmu yang mempelajari tentang paru-paru
  54. Radiologi, ilmu untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik
  55. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
  56. Sanitasi : Ilmu yang mempelajari tentang kesehatan lingkungan
  57. Sitologi : Ilmu yang mempelajari tentang sel
  58. Taksonomi : Ilmu yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup
  59. Teratologi : Ilmu yang mempelajari tentang cacat janin dalam kandungan
  60. Virologi : Ilmu yang mempelajari tentang virus


DARI URAIAN DIATAS
  • Biologi ternyata secara detail mempunyai begitu banyak cabang ilmu yang semua itu ditujukkan agar lebih rinci penguasaan pada bidang nya. untuk memahami kenapa bisa muncul sedemikian banyaknya cabang ilmu diatas dapat dianalisa dari kajian Obyek biologi yang melatar belakangi.
  • Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bio yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Dengan demikian, biologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan. Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat atom,molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, sampai bioma.
  • Pada tingkat molekul, biologi mempelajari berbagai macam struktur dan ciri molekul yang berperan dalam reaksi penyusunan dan pembongkaran. Molekul-molekul tersebut saling berhubungan dalam membentuk sel. Sel bergabung menyusun jaringan dan beberapa jaringan menyusun organ. Sistem organ bergabung menyusun tubuh makhluk hidup (individu).
  • Setiap individu saling berhubungan membentuk sekumpulan individu sejenis yang disebut populasi. Sekumpulan populasi yang saling berhubungan satu dengan yang lain akan membentuk komunitas.Komunitas dengan lingkungan abiotik menyusun ekosistem. Gabungan berbagai ekosistem akan membentuk bioma. Hubungan antarbioma di permukaan bumi akan membentuk biosfer.

Menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi memiliki objek berupa kingdom (kerajaan), yaitu :
  1. Monera
  2. Protista
  3. Fungi
  4. Plantae
  5. Animalia (hewan),

Dari banyaknya materi biologi yang sepertinya akan dipelajari nanti , maka alangkah baiknya sedikit demi sedikit dipahami terlebih dahulu istilah / dasar materi biologi yang lazim dipakai yang setiap kali muncul di berbagai tulisan. Silahkan dibaca dan dipahami baru dihafal dan dimengeri hehehe


  1. Uniseluler ialah makhluk hidup bersel satu dan tidak dapat dilihat secara langsung. Kita dapat melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dilakukan oleh bagian-bagian penyusun sel itu sendiri.
  2. Multiseluler ialah makhluk hidup bersel banyak, dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian tugas yang baik.
  3. Eukariotik ialah makhluk hidup yang memiliki membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).
  4. Prokariotik ialah makhluk hidup yang belum memiliki membran inti sel sehingga bahan-bahan inti sel bercampur dengan sitoplasma.
  5. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil bahan organik dari makhluk hidup lain dan tidak dapat membentuk bahan organik sendiri.
  6. Autotrof ialah makhluk hidup yang dapat menyediakan bahan organik sendiri melalui proses fotosintesis. Makhluk hidup ini dicirikan dengan adanya klorofil atau kemampuan menguraikan bahan-bahan kimia sebagai energi dalam pembentukan bahan organik.

Biologi sebagai bagiaan dari Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan dapat disebut sebagai ilmu apabila memenuhi syarat atau ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Memiliki Obyek Kajian Suatu ilmu harus memiliki objek kajian, contoh ilmu matematika memiliki objek kajian berupa angka-angka, ilmu kimia memiliki objek kajian berupa zat-zat beserta sifatnya.
  2. Memiliki Metode Pengembangan ilmu pengetahuan tidak dapat dilakukan secara asal-asalan,tetapi menggunakan cara atau metode tertentu. Metode yang digunakan itu bersifat baku dan dapat dilakukan oleh siapapun.
  3. Bersifat Sistematis Dalam biologi, jika kita akan mempelajari tentang sel, maka materi yang dipelajari perlu mendapat dukungan materi lain, misalnya tentang jaringan, organ, sistem organ, dan individu. Demikian pula sebaliknya, sehingga pengetahuan-pengetahuan itu tidak bertolak belakang. Ilmu pengetahuan bersifat sistematis adalah bahwa sebuah pengetahuan harus memiliki hubungan ketergantungan dan teratur, tidak boleh ada unsur-unsur yang saling bertolak belakang.
  4. BersifatUniversal Kebenaran ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh ilmu harus berlaku secara umum.
  5. Bersifat Obyektif Sebuah ilmu pengetahuan harus menggambarkan keadaan secara apa adanya, yaitu mengandung data dan pernyataan yang sebenarnya (bersifat jujur), bebas dari prasangka, kepentingan, atau kesukaan pribadi.
  6. BersifatAnalisis Kajian suatu ilmu pengetahuan dapat terbagi-bagi menjadi bagian yang lebih rinci guna memahami berbagai hubungan, sifat, serta peranan dari bagian-bagian tersebut.
  7. Bersifat Verifikatif Suatu ilmu mengarah pada tercapainya suatu kebenaran. Misalnya, teori tentang Generatio Spontanea, menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang sudah diyakini kebenarannya, tetapi akhirnya teori itu digugurkan dengan teori Biogenesis, menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Akhirnya teori ini diyakini kebenarannya sampai sekarang.

SOAL METHODE ILMIAH



SOAL
 
1. Manfaat mempelajari biologi di antaranya adalah . . . .
a. menjadi takut karena terdiri berbagai cabang ilmu
b. menjadi kurang berkembang karena ilmu yang dikajinya terbatas
c. kurang memuaskan dibanding mempelajari ilmu yang lain
d. kurang bisa menerapkan secara langsung pada kehidupan karena terlalu umum
e. di bidang pertanian bisa menghasilkan varietas baru karena ada genetika, evolusi, dan taksonomi

2. Perbedaan antara ilmu pengetahuan dan pengetahuan biologi terletak pada ....
a. ilmu mempunyai objek dan metode, pengetahuan tidak
b. pengetahuan diperoleh melalui penelitian terencana sedangkan ilmu tidak
c. pengetahuan bersumber pada ilmu, sedangkan ilmu bersumber pada masalah
d. pengetahuan diperoleh tanpa sengaja dari obyek sedangkan ilmu diperoleh dari obyek tertentu dengan metode khusus
e. pengetahuan mempunyai objek tanpa metode sedangkan ilmu mempunyai objek sekaligus menggunakan metode tertentu

3. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai ilmu ....
a. yang mempelajari arti dari keseimbangan alam
b. yang mempelajari makhluk hidup yang ada dan yang pernah ada
c. yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. yang mempelajari semua makhluk hidup yang sekarang ada
e. yang mempelajari keberadaan jaring-jaring kehidupan di bumi

4. Objek material yang dikaji dalam biologi adalah ....
a. makhluk hidup saja
b. makhluk hidup dan jasad renik
c. makroorganisme dan mikroorganisme
d. makhluk hidup dan yang pernah hidup
e. makhluk hidup dan makhluk tidak hidup

5. Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah ....
a. objek dasarnya
b. metode yang digunakan
c. objek formalnya
d. pengetahuan yang mendasari
e. objek materialnya

6. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu berupa
mikroskop, misalnya ....
a. atom dan molekul
b. sel saja
c. organel, sel, dan jaringan
d. organ
e. bioma dan biosfer

7. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh
cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati,
keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan
kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD (deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ....
a. individu
b. ekosistem
c. populasi
d. biosfer
e. komunitas

8. Berikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi secara moral adalah ....
a. dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana
b. tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau mistik
c. mampu bersikap ilmiah dalam menghadapi masalah
d. berani memanfaatkan hutan dengan sekehendak hati
e. peduli terhadap keberadaan makhluk hidup di sekitarnya

9. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan dengan
penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ....
a. anatomi
b. genetika
c. morfologi
d. ekologi
e. fisiologi

10. Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah ....
a. jumlah penemuan biologi yang semakin banyak
b. mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
c. lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan
d. makin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi
e. lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk lainnya

11. Mekanisme gerakan otot yang dipelajari dalam fisiologi gerak merupakan cabang
ilmu biologi yang juga melibatkan ilmu lain, antara lain ....
a. matematika, dan fisika
b. ekologi kimia dan statistik
c. kimia dan matematika
d. fisika dan geofisika
e. kimia dan fisika

12. Penemuan tentang spesies baru di dalam ilmu kedokteran termasuk dalam ….
a. penelitian dasar
b. penelitian terapan
c. penelitian deskriptif
d. penelitian sejarah
e. penelitian eksplorasi

13. Penelitian pencemaran merkuri di Teluk Bayat termasuk dalam ….
a. penelitian dasar
b. penelitian terapan
c. penelitian deskriptif
d. penelitian sejarah
e. penelitian eksplorasi

14. Seorang anak bercerita tentang adanya hantu pocong di dekat jembatan yang rusak. Cerita anak itu tidak termasuk cerita sains karena pengalaman tersebut bukan merupakan pengalaman ....
a. empiris
b. psikologis
c. objektif
d. supranatural
e. rasional

15. Tidak semua orang mendeskripsikan suatu objek dengan cara yang sama, misalnya, seorang anak berkata bahwa buah durian itu besar, sedangkan ibunya berpendapat bahwa buah durian itu kecil. Dalam ilmu biologi, untuk mendeskripsikan benda, tidak dengan jalan seperti itu. Biologi akan mendeskripsikan buah durian tadi dengan ukuran berat, misalnya 1 kg. Hal ini merupakan fakta biologi. Berarti fakta dapat didefinisikan sebagai ….
a. informasi yang diperoleh dari pendidikan
b. informasi yang diperoleh dari standar baku internasional
c. merupakan sesuatu yang tidak dapat berubah
d. merupakan sesuatu yang terlihat nyata
e. merupakan sesuatu yang baku

16. Bagian dari mikroskop yang dapat membuka dan menutup yang berfungsi mengatur banyaknya cahaya ke mikroskop adalah ....
a. diafragma
b. cermin
c. lensa okuler
d. kondensor
e. revolver

17. Untuk memusatkan sinar yang menerangi preparat merupakan fungsi dari ....
a. diafragma
b. cermin
c. lensa okuler
d. kondensor
e. revolver

18. Jika lensa okuler menggunakan perbesaran 10× dan perbesaran lensa objektif 40×, benda diamati dengan perbesaran ....
a. 10×
b. 200×
c. 800×
d. 40×
e. 400×

19. Pengomunikasian hasil penelitian tidak dapat dilakukan melalui ….
a. jurnal
b. buku
c. Buletin
d. seminar
e. pertunjukan

20. Penelitian yang biasa digunakan dalam bidang IPA adalah penelitian ....
a. eksperimen
b. ex-postfakto
c. inkuiri
d. survei
e. semi-eksperimen

21. Pada usia 4 hari, berat buah semangka adalah 5 kg. Pada usia 10 hari, beratnya 15 kg. Penafsiran dari perkembangan data tersebut adalah ....
a. pada usia 15 hari tercapai berat tertinggi
b. setelah usia 5 hari, berat buah terus bertambah dengan rata- rata pertambahan 2 kg/hari
c. semakin bertambah usia, berat buah semakin bertambah pula
d. energi dapat tertimbun dalam bentuk jaringan tubuh
e. semakin bertambah berat buah, semakin bertambah pula usianya

22. Variabel yang memengaruhi variabel yang lain disebut dengan variabel ....
a. terikat
b. bebas
c. independent
d. setengah terikat
e. setengah bebas

23. Dugaan yang menyatakan ada pengaruh, ada hubungan, atau ada perbedaan antara variabel yang diteliti disebut ....
a. hipotesis nol
b. hipotesis benar
c. hipotesis berhubungan
d. hipotesis salah
e. hipotesis alternatif

24. Dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh, tidak ada hubungan, atau tidak ada perbedaan antara variabel yang diteliti disebut ....
a. hipotesis nol
b. hipotesis benar
c. hipotesis berhubungan
d. hipotesis salah
e. hipotesis alternatif

25. Studi kepustakaan yang dapat digunakan oleh penelitian adalah ....
a. jurnal penelitian
b. internet
c. Buletin
d. jiplakan buku lain
e. majalah

26. Suatu kenyataan yang disertai bukti-bukti ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya disebut ....
a. eksperimen
b. fakta
c. issue
d. uji coba
e. opini

27. Setelah tanaman diberi tambahan pupuk urea, rata-rata pertumbuhan tinggi tanaman menjadi 1 cm per hari. Dari kegiatan ini, yang termasuk variabel terikat adalah ....
a. variasi dosis urea
b. penyuluh
c. induk tanaman
d. rata-rata pertambahan tinggi tanaman
e. pupuk urea

28. Alat untuk meneteskan air pada preparat disebut ....
a. pipet
b. pinset
c. lancet
d. sedotan
e. sendok

29. Setelah dipakai, lensa objektif dibersihkan dengan ....
a. alkohol
b. aquades
c hidrogen peroksida
d. xylol
e. kapas

30. Di bawah ini yang bukan merupakan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah ....
a. berdasar fakta
b. jujur
c. mempertahankan opini
d. bertanggung jawab pada usulannya
e. b erpenampilan menyakinkan

31. Seorang siswa akan meneliti pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan anak ayam. Dari kegiatan ini, yang tergolong variabel bebas adalah ....
a. intensitas sinar matahari
b. anak ayam
c. sinar matahari
d. pertumbuhan anak ayam
e. pengaruh

32. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ....
a. memiliki objek kajian
b. universal
c. subjektif
d. sistematis
e. objektif

33. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi
b. histologi
c. teratologi
d. anatomi
c. filogeni

34. Perhatikan grafik di samping ! Pertumbuhan tanaman jagung pada hari ke-7 tingginya 5 cm, pada hari ke-12 tingginya 10 cm, dan hari ke-17 tingginya 15 cm. Perkiraan pertumbuhan jagung pada hari ke-22 adalah ....

a. 16 cm
b. 20 cm
c. 18 cm
d. 22 cm
e. 19 cm

35. Pengertian ilmu biologi adalah ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada sekarang ini
c. ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari tentang keseimbangan alam

36. Cara untuk membuat hipotesis yang baik adalah ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami masalah dan mempunyai penalaran yang baik
e. perlu melakukan percobaan atau eksperimen

37. Kegiatan observasi meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan
b. melihat
c. membau
d. meraba
e. mengecap

38. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif
c. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tanaman polong-polongan

39. Perhatikan tabel hasil panen tanaman jagung berikut!

Menurut hasil/tabel tersebut, kesimpulan yang tidak sesuai adalah ....
a. untuk meningkatkan hasil panen diperlukan pemupukan
b. penggunaan pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
c. penggunaan pupuk kandang hasil panen lebih baik daripada tanpa pemupukan
d. pemberian pupuk dan tidak diberi pupuk hasil panennya sama
e. pemberian pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada tidak diberi pupuk

40. Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti baru yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu

41. Berikut ini sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melakukan penelitian untuk kepentingannya
b. jujur
c. bertanggung jawab
d. disiplin
e. tekun


DETAIL UREA



      Pupuk urea memiliki rumus molekul CO(NH2)2.
      Dari rumus molekul tersebut, kamu dapat mengetahui bahwa setiap molekul urea mengandung 1 atom karbon (C), 1 atom oksigen (O), 2 atom nitrogen (N), dan 4 atom hidrogen (H).

      Unsur penting di dalam urea yang berperan untuk menyuburkan tanaman adalah nitrogen (N).
      Unsur ini berperan sebagai penyusun protein dan pembentukan klorofil.
      Bila kekurangan nitrogen, tanaman tampak berwarna kekuningan karena jumlah klorofil di dalam daun berkurang.

      Jika jumlah klorofil di dalam daun kurang, energi cahaya dari matahari yang dapat ditangkap sedikit sehingga efektivitas fotosintesis rendah.
      Akibatnya produk gula yang dihasilkan sedikit.
      Hal ini yang menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat atau menjadi kerdil.


LATIHAN LAGI



 1. Penelitian dalam bidang biologi harus dilakukan mengikuti suatu prosedur yang disebut…
A. prinsip ilmiah
B. metode ilmiah
C. karya ilmiah
D. penelitian ilmiah
E. studi ilmiah

2. Seorang siswa harus berpikir kritis. Misalkan seorang siswa mengamati seekor lebah yang tengah hinggap di bunga. Sesuai metode ilmiah, langkah yang mula-mula dilakukan siswa tersebut adalah….
A. merumuskan hipotesis berdasarkan teori
B. melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis
C. membuat pernyataan untuk merumuskan masalah
D. menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan
E. menganalisis data hasil pengamatan

3. Sikap ilmuwan yang tidak diperlukan pada saat menganalisis data hasil percobaan adalah…
A. berpikir kritis dan analitis
B. bersikap objektif
C. berpikir rasional
D. merekayasa data
E. tekun dan teliti

4. Dalam suatu percobaan untuk membuktikan suatu hipotesis bahwa larutan probiotik meningkatkan produksi buah, tanaman A diberi larutan probiotik setiap 2 minggu sekali, sedangkan tanaman B tidak. Hasilnya setelah 3 bulan tanaman A subur dan berbuah lebat, sedangkan tanaman B tidak subur dan berbuah sedikit. Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah…
A. hipotesis alternatif diterima
B. hipotesis alternatif ditolak
C. hipotesis nol diterima
D. hipotesis nol dan hipotesis alternatif diterima
E. hipotesis nol dan hipotesis alternatif ditolak

5. Dugaan sementara terhadap suatu masalah sebelum dibuktikan disebut….
A. eksperimen
B. observasi
C. hipotesis
D. variabel
E. analisis

6. Hal yang ditulis pada landasan teori saat membuat laporan penelitian, yaitu…..
A. Perumusan tujuan penelitian
B. Cara kerja penelitian
C. Latar belakang masalah
D. Merumuskan Hipotesa
E. Argumentasi penguat dari berbagai sumber

7. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung disebut…..
A. Data Primer
B. Data Sekunder
C. Data Interview
D. Data Pengamatan
E. Studi Literatur

8. Masalah; apakah pemberian alga hijau biru dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi ?
Eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis tersebut adalah…
A. membandingkan kemampuan mengikat nitrogen pada berbagai jenis alga hijau biru
B. meneliti simbiosis antara tanaman padi dengan alga hijau biru
C. mengamati pertumbuhan tanama padi yang diberi alga hijau biru
D. membandingkan pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga hijau biru dan yang tidak
E. membandingkan tanaman padi yang tumbuh di daerah berair dan daerah kering


9. Keterampilan proses meliputi hal berikut, kecuali….
A. observasi
B. klasifikasi
C. penafsiran data
D. melakukan eksperimen
E. mengajukan pertanyaan

10. Data yang merupakan hasil pengamatan kualitatif adalah…
A. panjang tubuh ikan adalah 10 cm
B. rumput berakar serabut
C. volume zat cair 5 ml
D. berat tubuh tikus 1 kg
E. suhu tubuh manusia 37oC

11. Tindakan yang merupakan pengamatan kuantitatif adalah….
A. mengukur, mengecap
B. menimbang, membau
C. meraba, mendengar
D. menghitung, menyentuh
E. mengukur, menimbang

12. Air ludah (saliva) mengandung enzim amilase yang dapat mengubah pati menjadi gula. Pada suatu percobaan saliva dicampur dengan suspense pati dan dibagi menjadi 5 bagian. Tiap bagian disimpan pada suhu yang berbeda selama 15 menit. Banyaknya gula yang dihasilkan pada tiap suhu diukur dan dicatat dalam tabel berikut.
suhu (oC) 0 20 40 60 80
jumlah gula 10 60 90 30 2

Kesimpulan yang paling tepat dari percobaan
A. aktivitas enzim berhenti pada suhu 0oC
B. suhu yang sangat tinggi menurunkan aktivitas enzim
C. aktivitas enzim tidak terpengaruh oleh suhu
D. suhu optimum untuk reaksi tersebut adalah 40oC
E. makin tinggi suhu, makin cepat laju perubahan pati

13. Untuk menguji kebenaran suatu hipotesis, perlu dilakukan….
A. analisis data
B. pengamatan
C. penafsiran data
D. pengelompokkan
E. eksperimen

14. Urutan yang benar dalam pembuatan tulisan ilmiah adalah…..
A. Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan pembahsan, Kesimpulan
B. Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Kesimpulan, Hasil dan pembahasan, Metode Penelitian
C. Pendahuluan, Kesimpulan, Tinjauan Pustaka, Hasil dan pembahasan, Metode Penelitian
D. Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Hasil dan pembahasan, Kesimpulan
E. Pendahuluan, Metode Penelitian, Tinjauan Pustaka, Hasil dan pembahasan, Kesimpulan

15. Perhatikan data ini
P : melakukan eksperimen
S : menarik kesimpulan
Q : merumuskan hipotesis
T : merumuskan masalah
R : mengumpulkan data

Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
A. P,Q,T,R,S
B. Q,P,R,T,S
C. R,T,Q,S,P
D. S,Q,R,P,T
E. T,R,Q,P,S

16. Agar hasil eksperimen dapat digunakan untuk menguji hipotesis, perlu dilakukan….
A. pengumpulan data
B. membuat tabel data
C. membuat grafik data
D. analisis data
E. tabulasi data

17. Lihat tabel berikut.
bulan ke- berat badan hewan
1              100
2              112
3              125
4              135
5              148
6              160

Dari tabel dapat diketahui bahwa rata-rata pertambahan berat badan hewan tersebut perbulan adalah….
A. 10 gram
B. 11 gram
C. 12 gram
D. 13 gram
E. 14 gram

19. Data hasil penggolongan makhluk hidup dapat dideskripsikaan dalam bentuk…
A. gambar
B. grafik batang
C. grafik lingkaran
D. bagan
E. grafis garis

20. Perhatikan urutan metode ilmiah berikut.
1. deskripsi data
2. pengambilan data
3. interpretasi data
4. rencana analisis data
5. kesimpulan dan saran
6. uji hipotesis
Bagian yang termasuk dalam kegiatan analisis data adalah….
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 3, dan 6
C. 2, 3, 5, dan 6
D. 2, 4, dan 6
E. 1, 2, dan 3
 

Support web ini

BEST ARTIKEL