Wednesday, February 24, 2010

SOAL BIOLOGI 12 SEMESTER 2

SOAL INI UNTUK LATIHAN PERSIAPAN UJIAN NASIONAL KELAS XII IPA SEMOGA SUKSES OK

SOAL
1. Perhatikan gambar sel berikut!

Organel X berfungsi sebagai . . . .
A. sistesis ARNd
B. pusat pengendali segala aktifitas
C. tempat berlangsungnya forosintesis
D. tempt berlansungnya respirasi sel
E. tempat penggabungan beberapa jenis asam amino

2. Berikut ini fase-fase pembelahan mitosis:

1. nukleolus tidak dapat diindera
2. benang-benang kromatin menebal disebut kromatid
3. kromatid memisah menuju kutub yang letaknya bertentangan
4. nukleoli dapat diindera
5. terjadi sekat pemisah antara kedua nukleolus

Ciri profase pembelahan mitosis ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 2 dan 3
D. 4 dan 5
E. 2 dan 4

3. Berdasarkan gambar berikut, stroma dan grana ditunjukkan oleh nomor . . . .



A. 1 dan 4
B. 2 dan 1
C. 3 dan 1
D. 4 dan 1
E. 5 dan 2

4. Perhatikan bagan gametogenesis berikut ini!

Kariokinesis akan menghasilkan . . . .
A. satu mikrosporosit dengan 1 inti
B. empat mikrospora dengan 1 inti
C. empat mikrospora dengan 2 inti
D. empat mikrospora dengan 3 inti
E. empat mikrospora dengan 4 inti

5. Proses respirasi meliputi :

1. Mengubah senyawa C6 menjadi C3
2. Menggunakan Ko-A
3. H+ bereaksi dengan O2
4. Mengubah cenyawa C2 menjadi C6
5. Menggunakan sitokrom

Tahapan yang terjadi pada transport electron adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

JAWAB : 1. D 2. A 3. C 4.B 5. D

6. Gen A adalah alela gen a, maka kedua gen tersebut terdapat pada . . . .
A. lokus yang sama dari kromososm homolog
B. lokus yang berbeda dari kromososm homolog
C. lokus yang bersesuaian dari kromososm yang sama
D. lokus yang bersesuaian dari kromososm homolog
E. lokus yang tidak bersesuaian dari kromososm homolog

7. Ayam pial walnut (RrPp) disilangkan dengan ayam berpial biji (rrPp), maka keturunan Ayam Pea (biji) yan dihasilkan adalah . . . .
A. 25% walnut
B. 37,5% bilah
C. 50% biji
D. 12,5% ros
E. 75% walnut

8. Disilangkan dua individu dengan genotip AaBb sesamanya, menghasilkan 64 individu. Apabila gen b homozigot letal, maka rasio F1 yang diperoleh antara normal : letal adalah . . . .
A. 25% : 75%
B. 50% : 50%
C. 87,5% : 12,5%
D. 75% : 25%
E. 0 % : 100 %

9. Individu bergenotip BbCc. Gen B terpaut dengan gen C, demikian juga gen b terpaut dengan gen c. Bila 20% sel yang membelah meiosis mengalami pindah silang, maka rasio sel gamet yang dihasilkan adalah BC : Bc : bC : bc = . . . .
A. 5 : 54 : 45 : 5
B. 35 : 15 : 15 : 35
C. 40 : 10 : 10 : 40
D. 45 : 5 : 5 : 45
E. 50 : 0 : 0 : 50

10. Persilangan tanaman ercis bulir merah daun hijau MMHh dan ercis bulir putih daun hijau mmHh. Adanya genotip hh menyebabkan tidak berfungsinya klorofil, maka rasio genotip yang dapat hidup adalah . . . .
A. 1 : 1
B. 1 : 3
C. 2 : 1
D. 3 : 1
E. 3 : 2

JAWAB 6. D 7. B 8. D 9. D 10.C

11. Jika ayah butawarna dan ibu normal, maka kemungkinan anak-anaknya adalah . . . .
A. semua anaknya normal
B. semua anaknya butawarna
C. anak perempuan karier, anak laki-laki normal
D. anak laki-laki normal, anak perempuan
E. anak laki-laki butawarna, anak perempuan normal

12. Senyawa kimia dalam atmosfer purba yang diduga merupakan komponen dasar pembentukan makhluk hidup pertama, yaitu . . . .
A. ATP, ADP, DNA, RNA
B. glisin, alanin, ribosa, adenin
C. ammonia, metana, adenin, ATP
D. metana, ammonia, hidrogen, uap air
E. oksigen, hidrogen, uap air, nitrogen

13. Dua tahapan respirasi berdasarkan tempat terjadi dan hasilnya adalah .

14. Berdasarkan letak sentromernya, bentuk kromosom metasentrik ditunjukkan oleh


15. Persilangan antara lalat buah mata merah sayap normal dengan mata ungu sayap keriput dihasilkan F1, semuanya bermata merah sayap normal.
Kemudian diadakan uji silang antara F1 mata merah sayap normal heterozigotik dengan induk jantan resesif, diperoleh hasil sebagai berikut:
  • 864 mata merah sayap normal
  • 876 mata ungu sayap keriput
  • 36 mata merah sayap keriput
  • 24 mata ungu sayap normal
Keterangan:
M = mata merah P = sayap normal
M = mata ungu p = sayap keriput
Kedua gen tersebut tersebut terletak pada kromosom yang sama. Nilai pindah silangnya adalah . . . .
A. 0,3%
B. 3,3%
C. 6,7%
D. 33,3%
E. 66,7%

JAWAB 11. A 12. D 13. D 14. A 15. B
16. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan AND dengan ARN adalah . .


17. Linaria maroccana bunga ungu (AaBb) disilangkan dengan yang berbunga putih (aaBb). Kemunginan fenotip Linaria maroccana turunannya adalah . . .
A. bunga ungu semuanya
B. bunga ungu : putih = 1 : 1
C. bunga ungu : merah : putih = 3 : 2 : 3
D. bunga ungu : merah : putih = 3 : 1 : 4
E. bunga ungu : putih : merah = 9 : 1 : 6

18. Suami golongan darah O Rh+ dan interi golongan darah B Rh-, m4emiliki anak yang bergolongan darah O Rh-. Kemungkinan lain golongan darah anak-anaknya adalah . . . .
A. B Rh+ ; B Rh- ; O Rh+
B. B Rh+ ; B Rh- ; O Rh-
C. B Rh+ ; O Rh- ; O Rh+
D. B Rh+ ; O Rh-
E. B Rh- ; O Rh-

19. Perhatikan susunan basa nitrogen sepotong molekul DNA berikut ini!
DNA asal DNA hasil replikasi Perubahan DNA tersebut merupakan mutasi . . . .
A. Delesi
B. Duplikasi
C. Inversi
D. Translokasi
E. Transversi

20. Bulu pada populasi kelinci dipengaruhi oleh alel ganda dengan urutan dominansi sebagai barikut!

W > Wch>Wh>w
W = normal 
wch = abu-abu
wh = Himalaya
w = albino

Perkawinan kelinci normal heterozigot (Ww) dengan abu-abu (wchw) heterozigot akan menghasilkan keturunan . .
A. normal : abu-abu : albino = 1 : 1 : 2
B. normal : abu-abu : albino = 1 : 2 : 1
C. normal : abu-abu : albino = 2 : 1 : 1
D. normal : abu-abu : himalaya = 2 : 1 : 1
E. normal : abu-abu : himalaya : albino = 1 : 1 : 1 : 1

21. Perhatikan gambar berbagai anggota gerak depan hewan berikut ini!


Organ tubuh yang diperlihatkan gambar di atas menunjukkan adanya homologi, meskipun fungsinya berbeda tetapi mempunyai struktur dasar serupa.Antara lain sama-sama memiliki tulang karpal, mata karpal, radius, ulna, humerus, dan palanges. Bagian tersebut secra berurutan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 3 – 2 – 4 – 1 – 5 – 6
B. 4 – 5 – 2 – 3 – 1– 6
C. 4 – 5 – 3 – 2 – 1 – 6
D. 5 – 4 – 2 – 3 – 1 – 6
E. 5 – 4 – 3 – 2 – 1 – 6

22. Dewasa ini banyak dikembangkan jenis tanaman yang menguntungkan manusia seperti semangka tanpa biji dan anggur tanpa biji. Hal ini diperoleh dengan cara ….
A. seleksi
B. hibridisasi
C. mutasi alam
D. mutasi buatan
E. seleksi dan hibridisasi

23. Sejak berkembangnya revolusi industri di Inggris, populasi kupu-kupu bersayap cerah semakain menurun.Menurut Darwin hal ini disebabkan . . . .
A. kupu-kupu bersayap gelap terseleksi alam
B. kupu-kupu bersayap cerah berubah menjadi kupu-kupu bersayap gelap
C. kupu-kupu bersayap cerah tidak adaptif terhadap lingkungan sehingga terseleksi
D. kupu-kupu bersayap cerah mandul, karena lingkungan gelap
E. kupu-kupu bersayap cerah banyak yang diserang oleh predatornya dibandingkan dengan kupu-kupu bersayap gelap

24. Gambar di bawah ini menunjukkan macam mutasi yang disebut . . . .


A. inversi
B. katenasi
C. translokasi
D. delesi
E. duplikasi

25. Penyebab mutasi yang berupa radiasi antara lain . . .
A. Akridin
B. digitonin
C. sinar kosmis
D. kolkisin
E. gas metan

26. Contoh peristiwa mutasi adalah . . . .
A. adanya aroma pedas pada cabe budidaya
B. perubahan vitamin D di bawah permukan kulit
C. perubahan warna kulit karena sengatan matahari
D. terbentuknya bibit unggul dengan penggunakan urea
E. terbentuknya bibit unggul dengan penggunakan mutagen

27. Seorang ibu teradiasi pada sel-sel kulit tangannya. Dampak yang mungkin timbul adalah terjadinya . . . .
A. kanker kulit yang diderita oleh ibunya saja
B. kelainan sel soma yang menyebabkan teratogen
C. kanker kulit yang akan diderita oleh anak-anaknya
D. mutasi gen yang akan diwariskan kepada anak-anaknya
E. mutasi sel soma yang akan diwariskan ke generasi berikutnya

28. Berikut ini adalah peristiwa yang terjadi dalam pembetukan organisme menurut paham evolusi biologi!
  1. Terbentuknya membran organisme heterotrof dan melakukan fermentasi.
  2. Senyawa CH4, NH3, H2, dan H2O di atmosfer bumi.
  3. Bereakasi membentuk senyawa organik sederhana.
  4. Mampu melakukan metabolisme.
  5. Terjadi sintesis zat organik yang lebih besar.
  6. Awal kemampuan menduplikasikan diri.
Menurut Oparin urutan tahap proses evolusi biologi yang benar adalah . . . .
A. 2 – 3 – 5 – 1 – 4 – 6
B. 2 – 3 – 5 – 1 – 6 – 4
C. 2 – 5 – 3 – 1 – 4 – 6
D. 2 – 5 – 3 – 1 – 6 – 4
E. 3 – 2 – 5 – 1 – 6 – 4

29. Paham biogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup yang menghuni bumi berasal dari . . . .
A. udara di sekitar kita
B. reaksi zat hidup di laut
C. makhluk hidup sebelumnya
D. sop purba yang terbentuk di laut
E. reaksi zat kimia secara spontan

30. Perhatikan gambar berikut ini!

Bagian yang berlabel X di dalamnya mengandung . . . .
A. H2O
B. elektroda
C. air mendidih
D. asam amino
E. CH4, NH3, H2, H2O

31. Perhatikan gambar berikut ini!


Yang bukan merupakan organ homolog dari Vertebrata adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 5
C. 4 dan 5
D. 1 dan 3
E. 3 dan 4

32. Berikut ini adalah teori / percobaan tentang asal usul kehidupan!

  1. Percobaan kaldu dalam tabung berleher angsa didihkan, tidak ditemukan organisme.
  2. Molekul CH4, NH3, H2, dan H2O dengan pancaran energi membentuk senyawa komples yang akhirnya terbentuk organisme heterotrof..
  3. Molekul CH4, NH3, H2, dan H2O terkena aliran listrik halilintar dapat membentuk zat hidup.
  4. Molekul CH4, NH3, H2, dan H2O dialiri energi dari listrik bereaksi membentuk asam amino.
Teori / percobaan yang dikemukakan / dilakukan oleh Harold Urey dan StanleY Miller adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 2 dan 4

33. Pernyatan tentang asal usul kehidupan yang berkaitan dengan evolusi biologi adalah . . . .
A. makhluk hidup berasal dari zarah spesifik alami
B. makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari planet lain di masa lalu
C. proses perkembangan makhluk hidup ditentukan oleh materi yang tidak terpisahkan dari alam
D. perkembangan makhluk hidup ditentukan oleh materi yang tidak terpisahkan dari alam
E. beberapa senyawa di atmosfer berperan sebagai bahan dan penentu kehidupan

34. Pada suatu pulau terdapat 4 orang albino di antara 10.000 penduduk. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa frekuensi gen normal dengan gen albino adalah . . . .
A. 0,098 : 0,002
B. 0,6 : 0,4
C. 0,8 : 0,2
D. 0.96 : 0,04
E. 0,98 : 0.02

35. Manakah pernyataan berikut ini yang bukan merupakan ajaran Darwin tentang evolusi didasarkan pada pokok-pokok pikirannya?
A. Tidak ada dua individu yang sama.
B. Setiap populasi cenderung bertambah banyak.
C. Setiap spesies mampu beradaptasi pada lingkungannya.
D. Bertambahnya populasi tidak berjalan terus-menerus.
E. Untuk berkembangbiak perlu makanan dan ruang yang cukup.

36. Pernyataan yang tepat mengenai teori Darwin dan Lamack adalah . . . .


37. Organ-organ sisa dalam tubuh manusia yang dapat dipergunakan sebagai petunjuk adanya evolusi adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
A. umbai cacing
B. buah dada pada pria
C. otot penggerak mata
D. otot penggerak telinga
E. rambut pada dada pria

38. Pada sebuah desa terdapat penduduk yang menderita siklemia sebanyak 9%, sedangkan yang normal 91%. Frekuensi gen siklemia pada desa tersebut adalah . . .
A. 0,03
B. 0,30
C. 0.90
D. 0,09
E. 0,80

39. Adanya variasi antar indvidu dalam satu spesies merupakan petunjuk tentang adanya evolusi, sebab adanya variasi adalah . . . .
A. perbedan dalam satu spesies
B. meningkatkan kemampuan adaptasi
C. mengarah pembentukan spesies baru
D. mengurangi kemampuan seleksi alam
E. menyebabkan meningkatnya seleksi alam

40. Sebuah kota dihuni oleh 10.000 orang penduduk, 9% diantaranya adalah laki-laki butawarna. Berapakah jumlah wanita pembawa sifat butawarnayang ada di kota itu?
A. 81 orang
B. 8.281 orang
C. 819 orang
D. 9.000 orang
E. 1.638 orang

41. Isolasi reproduksi terjadi karena . . . .
A. perbedaan suhu
B. morologi yang berbeda
C. perbedaan jenis makanan
D. tempat hidup yang berbeda
E. tidak terjadi pertukaran gen

42. Bila tidak ada kekuatan-kekuatan selektif atau mutasi, maka frekuensi gen di dalam populasi yang besar akan . . . .
A. berkurang
B. bertambah
C. tetap atau lebih kurang sama
D. berubah dengan dapat diprediksi
E. berubah dengan tidak dapat diprediksi

43. Pernyataan berikut yang bukan merupakan perubahan yang terjadi pada Eohippus hingga Equus adalah . . . .
A. ukuran tubuh makain besar
B. anggota tubuh makin panjang
C. gerakan rotasi tubuh semakin maju
D. jarak mata dengan mulut semakain jauh
E. gigi makan besar dan cocok untuk makan rumput

44. Suatu isolasi reproduksi dimana saluran reproduksi induk betina membengkak bila ada spermatozoa yang masuk. Isolasi demikian disebut isolasi . . . .
A. gamet
B. perilaku
C. Musim
D. perkembangan
E. mekanik

45. Dari 10.000 pendududk Aborigin terdapat 0,04% yang tidak memiliki antirhesus dalam sel darahnya.
Jumlah penduduk yang heterozigot terhadap antirhesus adalah . . . .
A. 196 orang
B. 9804 orang
C. 392 orang
D. 9808 orang
E. 9004 orang


LATIHAN LAGI YE

Perhatikan struktur kromosom berikut ini: 


Kromosom tersebut mengalami mutasi tipe….
A. Trisomi
B. Triploid
C. Monosomi
D. Monoploid
E. Nulisomi

2. Mutasi kromosom seperti yang terlihat pada kasus syndrom Down , Syndrome Patau , syndrome Klinofelter dll dapat terjadi akibat adanya ...
A. pautan
B. polimeri
C. gagal pisah
D. pautan seks
E. pindah silang

3. Individu yang mengalami trisomi pada kromosom nomor 21 disebut … .
A. syndroma edwards
B. syndroma down
C. syndroma patau
D. syndroma turner
E. syndroma klinefelter

4. Pada beberapa strain bakteri diberikan senyawa kimia yang ternyata setelah diperiksa kembali urutan gen pada strain bakteri yang ada mengalami perubahan urutan sebagai berikut : 


Berdasarkan data di atas, maka peristiwa yang terjadi pada potongan gen I dan II secara berurutan adalah ...
A. delesi dan duplikasi
B. transisi dan transisi
C. transversi dan transversi
D. transversi dan transisi
E. transisi dan transversi

5. Syndroma turner mempunyai susunan kromosom … .
A. 47 XXY
B. 47 XYY
C. 47 XX + 21
D. 47 XY + 21
E. 45 XO

6. Perhatikan skema perubahan substansi genetik di samping :


Mutasi tersebut yang terjadi disebut … .
A. duplikasi
B. translokasi
C. delesi
D. inversi
E. katenasi

7. Perhatikan gambar kromosom yang sedang mengalami meiosis berikut ini ! 

Kromosom tersebut mengalami … .
A. Pindah silang
B. Gagal berpisah
C. Pindah silang dan pautan
D. Pautan
E. Gen Lethal

8. Perhatikan gambar di samping ini ! 
Peristiwa perubahan kromosom yang terjadi adalah .... 
A. Katenasi 
B. Duplikasi
C. Inversi
D. Translokasi
E. Delesi

9. Hasil dari evolusi kimia menjelaskan awal terjadinya kehidupan di bumi disebabkan …
A. senyawa anorganik seperti molekul DNA memiliki kemampuan memperbanyak diri
B. hasil evolusi kimia berupa protein yang mampu menunjukkan gejala-gejala hidup
C. senyawa anorganik kompleks sebagai hasil evolusi kimia berupa protein merupakan bahan dasar pembentukan protoplasma
D. dari evolusi kimia dihasilkan asam amino yang merupakan senyawa organik
pembentuk protoplasma

E. hasil evolusi kimia berupa senyawa organik kompleks molekul DNA yang mampu memperbanyak diri

10. Perhatikan model eksperimen Stanley Miller ini!. 


Tempat air mendidih, tempat terjadinya kilatan api dari listrik bertegangan tinggi, dan air yang mengandung produk bahan organik secara berturut-turut adalah ditunjukkan oleh nomor ...
A. 1,2, dan 4
B. 1,3, dan 5
C. 2,3, dan 4
D. 2.4, dan 5
E. 3.4, dan 5


11. Contoh-contoh tentang analogi dan homologi antara lain :
1. Sayap kupu-kupu dan sayap burung
2. Sayap burung dan tangan manusia
3. kaki manusia dan kaki belakang kuda
4. Sayap kupu-kupu dan tangan manusia
5. Saya kelelawar dan sayap burung
Pasangan organ tubuh yang termasuk organ homolog adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 4 dan 5

12. Organ-organ tubuh manusia yang digunakan sebagai bukti adanya evolusi adalah …
A. tulang ekor dan umbai cacing
B. tulang ekor dan jakun
C. umbai cacing dan tulang rusuk
D. rambut dada pada laki-laki dan tulang rusuk
E. tulang ekor dan rambut pada telinga

13. Omne vivum ex ovo,omne ovum ex vivo adalah slogan yang digunakan Louis Pasteur untuk menyanggah teori Abiogenesis, slogan tersebut menyatakan bahwa ….
A. Tak ada kehidupan tanpa telur
B. Sebelum ada kehidupan harus ada telur dulu
C. Kehidupan berasal dari benda mati
D. Kehidupan berasal dari telur,telur berasal dari kehidupan
E. Sebelum ada kehidupan, telah ada kehidupaan sebelumnya.

14. Perhatikan gambar struktur tulang organ makhluk hidup berikut! 


Dipandang dari sudut teori evolusi, pernyataan-pernyataan di bawah ini benar tentang kedua gambar tersebut, kecuali … .
A. gambar I dan II mempunyai struktur asal yang sama
B. gambar I dan II mempunyai fungsi yang beda
C. gambar I dan II disebut organ analog
D. gambar I dan II ada hubungan kekerakerabatan
E. gambar I dan II pernah mempunyai nenek moyang yang sama

15. Pada suatu populasi didapatkan 64 % PTC dan 36 % bukan perasa PTC. Frekuensi gen bukan perasa PTC (t) dan gen perasa PTC (T) berturut-turut adalah …
A. 0,80 dan 0,20
B. 0,64 dan 0,36
C. 0,60 dan 0,40
D. 0,40 dan 0,60
E. 0,20 dan 0,80

16. Menurut Lamarck, leher zarafah sekarang menjadi panjang disebabkan oleh….
A. zarafah leher pendek banyak yang mati karena tidak sesuai
B. sudah kodrati bahwa zarafah berleher panjang yang mampu beradaptasi
C. zarafah leher pendek kalah dalam perkelahian dan persaingan hidup
D. makanan zarafah kandungan gizinya semakin membaik dan meningkat
E. makanannya berubah semakin tinggi sehingga leher zarafah tertarik menjadi panjang.

17. Reaksi gas-gas di atmosfer menurut teori evolusi biologi akan menghasilkan zat organik, pernyataan berikut yang salah tentang teori evolusi biologi adalah
A. zat organik yang terbentuk adalah etanol dan asam amino
B. kumpulan zat organik akan membentuk sup purba
C. organisme pertama yang terbentuk adalah autotrof
D. organisme pertama terbentuk di laut
E. gas-gas yang bereaksi adalah CO2, CH4, NH3, H2 dan H2O

18. Di sutu kepulauan diketahui frekuensi orang yang albino adalah 4%, maka dapat diperkirakan terdapat fakta-fakta berikut ini, kecuali… .
A. frekuensi gen normal 0,8
B. individu homozigot normal 64%
C. individu karier diperkirakan 32%
D. frekuensi gen albino 0,4
E. orang yang tidak albino 96%

19. Perhatikan gambar berikut ! 

Dari gambar di atas, pernyataan berikut yang salah adalah … .
A. kedua organ tersebut berfungsi untuk terbang
B. kedua organ tersebut mempunyai struktur asal yang sama
C. kedua organ tersebut disebut analog
D. kedua organ tersebut bukan merupakan bukti evolusi
E. gambar di sebelah kanan mempunyai struktur asal sama dengan tangan manusia

20. Teknik kloning belum bisa dilakukan pada manusia, sebab… .
A. secara hukum formal tidak jelas kedua orang tuanya
B. biayanya masih sangat mahal
C. teknik pelaksanaan belum bisa dilakukan pada manusia
D. nukleus manusia susah diisolasi
E. ovum manusia tidak bisa dikosongkan nukleusnya

21. Contoh proses bioteknologi tradisional misalnya adalah …
A. pembuatan tempe
B. pengolahan limbah
C. pembuatan kompos
D. pembuatan tahu
E. penemuan interferon

22. Peristiwa pembentukan biogas dari limbah rumah tangga yang mengandung protein, lemak dan karbohidrat dilakukan melalui proses fermentasi oleh …
A. Eschericia coli secara anaerob
B. Thiobacillus ferroxidan secara aerob
C. Bacillus thuringiensis secara aerob
D. Methanobacterium omelianskii secara anaerob
E. Escheichia coli secara aerob

23. Berikut ini tahapan-tahapan pada rekayasa genetika :

1) Plasmid diabsorbsi oleh bakteri
2) Penyambungan gen insulin ke plasmid
3) Pembiakan bakteri penghasil insulin dari kromosom 
4) Penyediaan plasmid bakteri 
5) Pemotongan gen penghasil insulin 
Berdasarkan tahapan di atas, urutan tahapan rekayasa genetik yang benar adalah … .
A. 1-2-3-4-5
B. 2-4-5-3-1
C. 4-2-3-1-5
D. 5-3-1-2-4
E. 5-4-2-1-3

24. Pemanfaatan aplikasi bioteknologi untuk pemenuhan kebutuhan pangan sudah mulai beralih ke pemanfaatan PST (Protein Sel Tunggal) karena memiliki kelebihan berikut ini, kecuali ...
A. nilai ekonomi tinggi
B. sumber energinya cukup banyak
C. kadar protein tinggi ± 80%
D. media pembiakannya selulosa, methanol atau minyak bumi
E. semua orang bisa melakukannya

25. Bioteknologi di bawah adalah ...
A. Hibridoma
B. Kloning
C. Transplantasi gen
D. Kultur jaringan
E. Transplantasi nucleus

FAKTOR PERTUMBUHAN TANAMAN

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
  • Pertumbuhan adalah pertambahan jumlah , ukuran dan volume sel yang Irreversible.menekankan pada kwantitas 
  • Sedang perkembangan proses mencapai kematangan / kedewasaan individu yang tidak bicara kwantitas tetapi kwalitas sel. 
  • Untuk membicarakan pertumbuhan itu bagaimana bisa dilihat pada peristiwa perkecambahan(awal pertumbuhan) yang diakhiri dengan pertumbuhan tanaman muda yang akan bergerak menuju dewasa
  • Sedang untuk tanda perkembangan ditandai dengan menjadi dewasa yang berbunga yang mampu menghasilkan buah dengan biji yang membentuk individu yang kemudiaan berbunga berbiji berkecambah lagi.
DETAIL PERKEMBANGAN
  • Merupakan proses perubahan yang menyertai pertumbuhan, menuju tingkat pemetangan atau kedewasaan makhluk hidup. 
  • Proses perubahan secara berurutan adalah dari spesialiasi, diferensiasi, histogenesis, organogenesis dan gametogenesis)
  • Perkembangan merupakan proses kualitatif yang tidak dapat di ukur.
  • Lebih ganpangnya perkembangan itu proses menuju dewasa 
  • Jika pada tanaman dicontohkan pada munculnya bunga sebagai organ kelamin yang fungsional yang bisa melanjutkan proses penurunan keturunan 
  • Jadi contoh perkembangan bukan pada membesarnya batang , melebarnya batang , memanjangnya akar namun Fungsionalnya organ reproduksi  OK
PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
  1. Bahwa perkembangan merupakan perubahan progresif, perubahan kearah peningkatan.
  2. Bahwa tahap-tahap perkembangan awal merupakan dasar untuk tahap-tahap perkembangan selanjutnya.
  3. Bahwa perkembangan membutuhkan stimuli.
  4. Bahwa tempo perkembangan bersifat individual.
  5. Bahwa perkembangan berlangsung dengan mengikuti pola tertentu.
  6. Bahwa perkembangan berlangsung secara bertahap.
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
  • Persamaan pertumbuhan dan perkembangan : keduanya merupakan proses perubahan progresif.
Perbedaannya :
  1. Sifat perubahan : pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
  2. Aspek yang berubah : pada pertumbuhan yang berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah adalah aspek fisik dan psikis.
HUBUNGAN PERTUMBUHAN DENGAN PERKEMBANGAN
  • Perkembangan tidak terpisahkan dari pertumbuhan.
  • Perkembangan terjadi bersamaan atau setelah terjadinya proses perkembangan.
  • Perkembangan terjadi dengan baik jika didukung oleh pertumbuhan yang normal
BIJI DENGAN HISTORINYA

Struktur biji
  • Biji terdapat dalam buah, biji berkembang dari bakal biji yang dibuahi dan mengandung embrio serta cadangan makanan.
  • Berdasarkan letak cadangan makanan, ada biji berendosperm atau beralbumin (jagung) dan ada yang tak berendosperm atau biji eksalbumin (biji bunga matahari)




Pertumbuhan - Perkecambahan
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan

  • Pembelahan sel (cleavage) : Jumlah bertambah banyak
  • Diferensiasi sel : Sel-sel mengalami perbedaan bentuk dan fungsi
  • Spesialisasi: sel-sel yang sejenis berkelompok
  • Organogenesis sel: proses pembentukkan organ-organ tumbuhan
  • Morfogenesis sel: Organ satu dengan yang yang lain memiliki kekhususan dalam bentuk dan fungsi


Perkecambahan; proses pertumbuhan biji menjadi makhluk hidup baru



  • Sel-sel membelah - Sel-sel memanjang - Sel-sel berdiferensiasi hingga tampak perbedaan struktur dan fungsi masing-masing organ



Jenis perkecambahan:
Berdasarkan letak kotiledonnya, perkecambahan dibedakan atas:

  1. Perkecambahan tipe epigaeal
  2. Perkecambahan tipe hipogaeal

1. Perkecambahan tipe epigaeal
  • Perkecambahan yang ditandai dengan posisi kotiledon berada di atas permukaan tanah. Biasanya terjadi pada tanaman dikotil


2. Perkecambahan tipe hipogaeal
  • Perkecambahan yang ditandai dengan posisi kotiledon (biji) tetap berada di dalam tanah. Biasanya terjadi pada tanaman monokotil


Perkecambahan

  • Perkecambahan adalah tumbuhnya embrio dalam biji secara perlahan menjadi tumbuhan dewasa.
  • Perkecambahan dipengaruhi oleh faktor eksternal (kadar air, suhu, oksigen, dan cahaya) dan faktor internal (hormon, kematangan embrio, dann sifat dormansi biji)
  • Perkecambahan akan diawali dengan Imbibisi untuk mengakiri peristiwa Dormancy


Imbibisi

  • Imbibisi adalah peristiwa masuk atau meresapnya air ke dalam biji. 
  • Peristiwa ini mengakhiri masa dorman (istirahat / tidur / hibernasi) pada biji, setelah biji menemukan lingkungan yang sesuai untuk tumbuh. 
  • Setelah air masuk proses di  follow up  dengan ‘terbangunnya’ embrio yang dengan segera akan mengeluarkan Hormon giberelin , Adanya hormon ini akan menyebar ke seluruh biji termasuk ke selaput tipis biji yang disebut aleuron. 
  • Aleuron yang terkena giberelin akan memacu enzim amilase  untuk aktif sehingga akan mampu menguraikan cadangan makanan yang ada berupa amilum .  
  • Endosperm yang merupakan cadangan makanan embrio (biasanya berisi amilum), dengan adanya enzim amilase yang aktif  tersebut , akhirnya amilum yang tersimpan diubah menjadi glukosa 
  • Dengan adanya Glukosa  maka akan segera dikonsumsi oleh sel yang menyusun lembaga / tunas untuk digunakan embrio tanaman untuk memulai pertumbuhan.OK
Urutan proses perkecambahan:
  1. Imbibisi kemampuan dinding sel untuk menyerap air kedalam biji sehingga meningkatkan tekanan turgiditasnya
  2. Aktifnya hormon giberelin dan berdampak pada aktifnya enzim-enzim untuk proses metabolisme , membongkar cadangan makanan dalam kotiledon / endosperm
  3. Hasil pembongkaran berupa sumber energi sebagai bahan penyusun komponen sel, dan pertumbuhan embrio.
  4. Embryo yang tumbuh akan mendobrak kulit biji hingga pecah dan terbentuknya tanaman kecil yang baru ( kecambah) 
  5. Kecambah itu kemudian tumbuh dan berkembang seperti yang terlihat di lingkungan kita
APA SAJA YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN NANTINYA TANAMAN ?
  1. FAKTOR INTERNAL 
  2. FAKTOR EXTERNAL
Faktor Internal 
  • Faktor dalam tubuh tumbuhan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

1. Genetik (hereditas)
  • Gen adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat dalam sel makhluk hidup.
  • Gen bekerja untuk mengkodekan aktivitas dan sifat yang khusus dalam pertumbuhan dan perkembangan
2. Enzim

  • Enzim merupakan suatu makromolekul (protein) yang mempercepat suatu reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup(Biokatalisator).
  • Suatu rangkaian reaksi dalam tubuh makhluk hidup tidak dapat berlangsung hanya melibatkan satu jenis enzim.
  • Perbedaan jenis gen menyebabkan terjadinya perbedaan respons pertumbuhan terhadap kondisi lingkungan yang sama


3. Hormon (fitohormon)

  • Hormon merupakan zat pengatur tumbuh, yaitu molekul organik yang dihasilkan oleh satu bagian tumbuhan dan ditransportasikan ke bagian lain yang dipengaruhinya.
  • Hormon dalam konsentrasi rendah menimbulkan respons fisiologis. 
Terdapat 2 kelompok hormon yaitu

  1. Hormon pemicu pertumbuhan (auksin, Giberelin dan sitokinin)
  2. Hormon penghambat pertumbuhan (asam absisat, gas etilen, hormon kalin dan asam traumalin


1. Hormon Auksin

  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : Fritz Went (peneliti asal belanda)
  • Objek penelitian : Rumput (Avena sativa)
  • Hasil penelitian : mengekstraks zat pengatur fototropisme pada tumbuhan rumput
  • Kesimpulan : auksin banyak diproduksi di jaringan meristem. 
  • Kadar auksin dipengaruhi oleh cahaya matahari, dan auksin mempengaruhi percepatan pembelahan sel pada daerah meristem apikal


Struktur auksin

  • Struktur yang paling dikenal adalah IAA (Indol Acetik acid), yang mirip dengan asam amino triptophan. 
  • Aktivitasnya dihambat oleh cahaya matahari
  • Auksin disintesis di meristem apikal, daun-daun muda dan biji


Fungsi hormon Auksin

  1. Merangsang pemanjangn sel pada daerah titik tumbuh
  2. Merangsang pembentukkan akar
  3. Merangsang pembentukkan buah tanpa biji (partenokarpi)
  4. Merangsang differensiasi jaringan pembuluh
  5. Merangsang absisi ( pengguguran pada daun)
  6. Berperan dalam dominansi apikal


2. Hormon Giberelin

  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : Ewiti. Kurosawa
  • Objek penelitian : Tanaman padi (Oryza sativa) yang terkena penyakit foolish seedling (tanaman pucat dan luar biasa panjang) dan jamur Gibberella fujikuroi
  • Hasil penelitian : mengisolasi giberelin dari jamur Gibberella fujikuroi, yang diberi nama giberelin (GA/Giberelic acid)
  • Kesimpulan : pemanfaatan giberelin secara umum menyebabkan pertumbuhan raksasa


Fungsi Giberelin

  1. Merangsang pemanjangan batang dan pembelahan sel
  2. Merangsang perkecambahan biji
  3. Memecah dormansi biji
  4. Merangsang pembungaan dan pembuahan


3. Hormon Sitokinin

  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : Van Overbeek
  • Objek penelitian : pertumbuhan embrio dan air kelapa muda
  • Hasil penelitian : mengisolasi zat yang menyebabkan pembelahan sel (sitokinesis) yang disebut kinetin
  • Jenis : Kinetin, Zeatin (pada jagung) benzil amino purin
  • Kesimpulan : pemanfaatan sitokinin secara umum menyebabkan pertumbuhan tunas-tunas samping (lateral) sehingga tanaman menjadi rimbun


Fungsi Sitokinin

  1. Bersama auksin, dan giberelin merangsang pembelahan dan pemanjangan sel
  2. Menghambat dominansi apikal oleh auksin
  3. Merangsang pertumbuhan kuncup lateral
  4. Merangsang pemanjangan titik tumbuh
  5. Mematahkan dormansi biji serta merangsang pertumbuhan embrio
  6. Merangsang pembentukan akar cabang
  7. Menghambat pertumbuhan akar adventive
  8. Menghambat proses penuaan (senescence) daun, bunga dan buah dengan cara mengontrol proses kemunduran yang menyebabkan kematian sel-sel daun


4.Hormon Asam Absisat (ABA)

  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : P.F. Wareing dan F.T. Addicott
  • Objek penelitian : buah kapas
  • Hasil penelitian : Mendorong terjadinya perontokkan (absisi) pada tumbuhan
  • Jenis : Kinetin, Zeatin (pada jagung) benzil amino purin
  • Kesimpulan : hormon yang menyebabkan kerontokan ada saun dan buah


Fungsi Hormon Asam Absisat (ABA)

  1. Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan di daerah titik tumbuh
  2. Memacu pengguguran daun pada saat kemarau untuk mengurangi penguapan air
  3. Membantu menutup stomata daun untuk mengurangi penguapan
  4. Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan sel bahkan menghentikannya
  5. Memicu berbagai jenis sel tumbuhan untuk menghasilkan gas etilen
  6. Memacu dormansi biji agar tidak berkecambah


5. Hormon gas etilen

  • Asal kata : Bahasa Latin
  • Penemu : R. gene (1934)
  • Objek penelitian : buah yang masak
  • Hasil penelitian : Gas etilen mempercepat pemasakan buah
  • Jenis : hormon tumbuhan yang berbentuk gas
  • Kesimpulan : Pembentukkan gas etilen dipengaruhi oleh O2 dan dihambat oleh CO2


Fungsi hormon gas etilen

  1. Mempercepat pematangan buah
  2. Menghambat pemanjangan akar, batang dan pembungaan
  3. Menyebabkan pertumbuhan batang menjadi kokoh dann tebal
  4. Merangsang proses absisi
  5. Interaksi antara etilen dengan auksin memacu proses pembungaan
  6. Interaksi antara etilen dengan giberelin mengontrol rasio bunga jantan dengan bunga betina pada tumbuhan monoceus


6. Hormon Luka/Kambium luka/Asam traumalin

  • Hormon yang merangsang sel-sel daerah luka menjadi bersifat meristematik sehingga mampu mengadakan penutupan bagian yang luka
  • Vitamin B12 9riboflavin), piridoksin (vit. B6) asam ascorbat (vit. C), thiamin (vitamin B1), asam nikotinat merupakan jenis vitamin yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pertumbuhan dan perkembangan
  • Vitamin berperan sebagai kofaktor


7. Hormon Kalin

  • Dihasilkan pada jaringan meristem.
  • Memacu pertumbuhan organ tubuh tumbuhan

Jenisnya adalah:

  1. Fitokalin : memacu pertumbuhan daun
  2. Kaulokalin: memacu pertumbuhan batang
  3. Rhizokalin: memacu pertumbuhan akar
  4. Anthokalin: memacu pertumbuhan bunga dan buah


  • Florigen hormon tumbuhan yang khusus merangsang pembentukan bunga

FAKTOR EXTERNAL 

Faktor di luar tubuh tumbuhan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

1. Unsur hara

  • Kebutuhan unsur hara untuk proses pertumbuhan dan perkembangan:
  • Kebutuhan unsur hara ini dibagi dua unsur berdasarkan kebutuhan dalam pertumbuhannya  yaitu Unsur makro dan unsur mikro 

Unsur makro

  • Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak makro : C, H, O, N, S, P K, S, Ca, dan Mg
  • Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit: sedikit : Fe, B, Mn, Cu, Zn, Mo, Cl dan Ni
  • Unsur karbon diambil tumbuhan dalam bentuk CO2
  • Unsur hidrogen diambil tumbuhan dalam bentuk H2O
  • Oksigen diambil tumbuhan dalam bentuk CO2. H2O dan O2
  • Unsur C, H, dan O merupakan unsur utama penyusun Karbohidrat, lemak dan protein
  • Gejala Kekurangan unsur hara disebut defisiensi


2.Suhu

  • Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh suhu
  • Suhu yang baik untuk pertumbuhan adalah sushu optimum
  • Pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat bila berada pada suhu minimum dan maksimum
  • Vernalisasi adalah peningkatan perkecambahan atau pembungaan oleh suhu rendah
  • Istilah vernalisasi diperkenalkan oleh Trofim Denisovich Lysako tahun 1920
  • Suhu optimum (15°C hingga 30°C) merupakan suhu yang paling baik untuk pertumbuhan. 
  • Suhu minimum (± 10°C) merupakan suhu terendah di mana tumbuhan masih dapat tumbuh. 
  • Suhu maksimum (30°C hingga 38°C) merupakan suhu tertinggi dimana tumbuhan masih dapat tumbuh

3.Kelembaban

  • Kelembaban tanah dan kelembaban udara mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  • Tanah yang lembab dan udara yang kering mempercepat pertumbuhan dan perkembangan
  • Kelembapan ada kaitannya dengan laju transpirasi melalui daun karena transpirasi akan terkait dengan laju pengangkutan air dan unsur hara terlarut. 
  • Bila kondisi lembap dapat dipertahankan maka banyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit yang diuapkan. 
  • Kondisi ini mendukung aktivitas pemanjangan sel sehingga sel-sel lebih cepat mencapai ukuran maksimum dan tumbuh bertambah besar.


4.Cahaya

  • Setiap tumbuhan memerlukan cahaya untuk pertumbuhan, karena cahaya sangat berperan dalam fotosintesis dan fotomorfogenesis
  • Cahaya yang digunakan efektif adalah merah, dan violet berperan sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis.
  • Biji tumbuhan yang berkecambah dan tumbuh di tempat yang gelap/tidak ada cahaya ternyata tumbuhnya tidak normal dengan ciri tumbuhnya sangat cepat, perawakan tumbuhan tampak tinggi dan ramping, batangya lemah dan batang tidak berwarna hijau tetapi pucat. Gejala ini disebut etiolasi. 
  • Panjang penyinaran mempunyai pengaruh yang spesifik terhadap pertumbuhan dan perkembangan
  • Daun tanaman yang terkena cahaya lebih kecil dan mesofilnya lebih tebal dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya.
  • Stomata tanaman yang terkena cahaya ukurannya kecil dengan jumlah yang banyak dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya
  • Akar tanaman yang terkena cahaya lebih lebat dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya

FOTOPERIODISME

  • Efek fotoperiodisme, merupakan respon tumbuhan terhadap panjang pendek sinar matahari.
  • Fotoperiodisme pada tumbuhan dikendalikan oleh fitokrom (sterling B. Hendrik)
  • Berdasarkan respos tumbuhan terhadap panjang pendeknya waktu penyinaran, tumbuhan dibedakan atas:


Tumbuhan hari pendek ) short day plant)
  • Berbunga jika panjang hari kurang dari periode kritis tertentu
  • Tanaman berhari pendek misalnya kastuba (Euphorbia pulcherima), ubi jalar (Ipomoea batatas), nanas (Ananas commosus), dan padi (Oryza sativa).  
  • Panjang hari harus kurang dari 11 hingga 15 jam agar pembungaan terjadi.
  • Tumbuhan yang berbunga ketika siang hari kurang dari 12 jam

Tumbuhan hari panjang (long day plant)
  • Berbunga jika panjang hari lebih dari periode kritis tertentu, misalnya tanaman jarak (Rhicinus communis) dan kentang (Solanum tuberosum). 
  • Panjang hari harus lebih dari 12 hingga 14 jam agar pembungaan terjadi.
  • Tumbuhan yang berbunga ketika siang hari lebih panjang dari 12 jam

Tumbuhan hari netral (neutral day plant)
  • Berbunga tidak tergantung pada  panjang hari, dapat menghasilkan bunga kapan saja dalam setahun
  • Tanaman berhari netral  misalnya jagung (Zea mays).
  • Tumbuhan yang berbunga tidak dipengaruhi oleh panjang pendeknya penyinaran matahari


5. Air

  • Air merupakan senyawa yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  • Air sebagai pelarut unsur hara dalam tanah, dan memelihara temperatur tanah.
  • Pertumbuhan berlangsung efektif pada malam hari, karena kandungan air dalam tumbuhan lebih tinggi dari pada siang hari
  • Untuk fotosintesis.
  • Mengaktifkan reaksi-reaksi enzim.
  • Membantu proses perkecambahan biji.
  • Menjaga (mempertahankan kelembapan).
  • Untuk transpirasi.
  • Meningkatkan tekanan turgor sehingga merangsang pembelahan sel.
  • Menghilangkan asam absisi.
6. pH

  • pH sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
  • Pada kondisi pH normal, kandungan unsur-unsur yang diperlukan seperti Ca, Mg, P dan K cukup tersedia.
  • pH asam memiliki kandungan unsur Al, Mo, Zn yang dapat meracuni tumbuhan.


NOTE


Pertumbuhan pada tanaman ada 2 macam dan semuanya disebabkan oleh suatu jaringan yang sangat aktif membelah disebut jaringan meristem.
  1. Pertumbuhan primer
  2. Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan primer 
  • Adalah pertumbuhan yang terjadi sejak tanaman berkecambah. 
  • Pertumbuhan ini utamanya mengarahkan tanaman untuk memanjang kearah atas dan bawah. 
  • Pertumbuhan ini disebabkan oleh pembelahan meristem apikal (meristem yang terdapat di ujung batang dan akar). 
  • Pertumbuhan primer ini ada pada tanaman dikotil maupun monokotil.


Pertumbuhan Sekunder 
  • Adalah pertumbuhan setelah terjadinya pertumbuhan pertumbuhan primer. 
  • Pertumbuhan ini utamanya mengarahkan batang untuk tumbuh ke samping (memperbesar volume). 
  • Pertumbuhan sekunder ini disebabkan oleh meristem sekunder atau kambium. 
  • Pertumbuhan ini biasanya hanya terdapat pada tanaman dikotil saja.

Meristem sendiri ada 3 macam
  1. Meristem apikal
  2. Meristem lateral
  3. Meristem interkalar

Meristem apikal yang terdapat tepat di belakang ujung akar dan batang.
Meristem lateral yang terdapat di ujung-ujung rating dan daun yang mengarahkan tanaman tumbuh ke samping.
Meristem interkalar yang terdapat pada ruas-ruas tanaman berguna untuk memperpanjang ruas-ruas tanaman, pada bambu misalnya.

Support web ini

BEST ARTIKEL