Saturday, May 8, 2010

KLAS 3 SMP LENGKAP

-->

Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

A. Pilihan Ganda

1. Lingkungan tempat tinggal suatu makhluk hidup disebut................
a. habitat.
b. ekosistem.
c. alam.
d. komunitas.

2. Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya
disebut.............
a. reproduksi.
b. adaptasi.
c. iritabilitas.
d. evolusi.

3. Contoh adaptasi morfologis ialah..............
a. beruang melakukan hibernasi pada musim dingin.
b. bunglon melakukan mimikri.
c. ikan air laut minum banyak air.
d. burung elang mempunyai paruh kuat dan berkait.

4. Jenis tumbuhan yang memiliki batang yang tebal ialah tumbuhan...............
a. xerofita.
b. higrofita.
c. hidrofita.
d. halofita.

5. Simbiosis antara lambung sapi dengan enzim selulase dilakukan agar...............
a. dapat mencerna rumput dengan baik.
b. dapat berkembang biak.
c. dapat menghindari musuh-musuhnya.
d. dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

6. Adaptasi yang dilakukan oleh pohon jati dengan menggugurkan daunnya
merupakan contoh..............
a. adaptasi morfologis.
b. adaptasi fisiologis.
c. adaptasi tingkah laku.
d. adaptasi kelenjar.

7. Pada daerah fotik, banyak terdapat tumbuhan. Hal itu disebabkan...........
a. tidak banyak hewan pemakan tumbuhan.
b. tumbuhan masih dapat memperoleh cahaya matahari.
c. tekanan air rendah, sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan baik.
d. kadar oksigen pada daerah fotik tinggi.

8. Proses istirahat panjang yang dilakukan oleh beberapa hewan saat musim dingin disebut....................
a. estivasi.
b. dormansi.
c. polinasi.
d. hibernasi.

9. Punahnya dinosaurus merupakan akibat terjadinya.................


a. evolusi.
b. seleksi alam.
c. adaptasi.
d. reproduksi.

10. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai perkembangbiakan vegetatif kecuali..................
a. hanya melibatkan satu individu induk.
b. memiliki sifat yang sama dengan induknya.
c. kemampuan reproduksi vegetatif pada tumbuhan lebih tinggi dari hewan.
d. didahului oleh peristiwa fertilisasi.

11. Yang dimaksud tingkat reproduksi ialah...............
a. banyak sedikitnya anak yang dihasilkan oleh oleh suatu makhluk hidup dalam
satu masa reproduksi.
b. kemampuan makhluk hidup dalam menghasilkan anak sebanyak-banyaknya.
c. jangka waktu yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk melakukan proses
reproduksi.
d. persentase kehamilan yang dialami oleh makhluk hidup.

12. Lamanya masa kehamilan kuda ialah..................
a. 270 hari.
b. 365 hari.
c. 330 hari.
d. 450 hari.

13. Tempat untuk melindungi tumbuhan, hewan, dan tanah secara menyeluruh disebut.....
a. cagar alam
b. suaka margasatwa.
c. taman nasional.
d. kawasan pelestarian.

14. Amoeba sp. berkembang biak dengan cara..............
a. membelah diri.
b. fragmentasi.
c. membentuk tunas.
d. konjugasi.

15. Contoh reproduksi vegetatif pada tumbuhan adalah dengan cara..............
a. biji, tunas, umbi.
b. setek, polinasi, umbi lapis.
c. konjugasi, polinasi, tunas.
d. setek, umbi, rizoma.

16. Teori mengenai seleksi alam diungkapkan oleh................
a. Charles Darwin.
b. Karl Landsteiner.
c. Jean Baptiste de Lamarck.
d. Gregor Mendell.

17. Tumbuhan yang berkembang biak dengan cara merunduk adalah................
a. pisang.
b. apel.
c. jahe.
d. bawang merah.

18. Adaptasi yang dilakukan oleh ikan air tawar adalah dengan cara...............
a. banyak minum, sedikit mengeluarkan urine.
b. banyak minum, banyak mengeluarkan urine.
c. sedikit minum, banyak mengeluarkan urine.
d. sedikit minum, sedikit mengeluarkan urine.

19. Pertumbuhan bunga matahari ke arah cahaya matahari merupakan contoh..............
a. adaptasi fisiologi.
b. adaptasi morfologi.
c. adaptasi tingkah laku.
d. adaptasi fotosintesis.

20. Burung pelatuk melakukan adaptasi dengan memiliki paruh yang...............
a. panjang dan runcing.
b. lebar dan pipih.
c. kuat dan pendek.
d. melengkung dan panjang.

21. Akar yang dimiliki oleh tanaman bakau ialah...............
a. akar tunjang.
b. akar napas.
c. akar serabut.
d. akar tunggang.

22. Contoh adaptasi fisiologi adalah.................
a. pohon jati meranggas pada musim kemarau.
b. cicak memutuskan ekornya saat tertangkap musuh.
c. enzim Teredo navalis yang dapat menghancurkan kayu.
d. burung pelatuk memiliki 2 cakar ke arah depan dan 2 cakar ke belakang.

23. Tumbuhan yang hidup di daerah lembab disebut.................
a. hidrofit.
b. xerofit.
c. halofit.
d. higrofit.

24. Salah satu jenis fusi ialah oogami yaitu...............
a. persatuan dua macam gamet yang memiliki bentuk dan ukuran sama.
b. persatuan dua macam gamet yang berbeda ukuran dan bentuknya sama.
c. persatuan dua macam gamet yang memiliki bentuk berbeda dan ukuran sama.
d. persatuan dua macam gamet yang memiliki ukuran dan bentuk berbeda.

25. Ikan mas melakukan reproduksi dengan..............
a. fertilisasi internal.
b. fertilisasi eksternal.
c. vivipar.
d. ovovivipar.

26. Evolusi terjadi karena adanya..............
a. seleksi alam.
b. reproduksi.
c. adaptasi.
d. kepunahan.

27. Paus yang sering muncul ke permukaan air merupakan contoh...............
a. adaptasi morfologi.
b. adaptasi tingkah laku.
c. adaptasi fisiologi.
d. kebiasaan.

28. Polinasi dengan bantuan angin terjadi pada................
a. bunga kembang sepatu.
b. jagung.
c. padi.
d. gandum.

29. Ikan yang hidup di perairan dalam memiliki ciri................
a. bentuk tubuh pipih.
b. pemakan tumbuhan.
c. bentuk tubuh torpedo.
d. insang yang kecil.

30. Contoh peristiwa seleksi alam ialah.................
a. tumbuhan memiliki daun, biji, dan buah.
b. ikan laut sedikit mengeluarkan urine.
c. punahnya ngengat Biston betularia berwarna cerah.
d. beruang melakukan hibernasi.

ESSAY
  1. Buatlah tabel perbedaan reproduksi generatif dan reproduksi vegetative !
  2. Sebutkan ciri-ciri tumbuhan hidrofit dan xerofit!
  3. Jelaskan perbedaan adaptasi fisiologis yang dilakukan oleh ikan laut dengan ikan air tawar!
  4. Sebutkan jenis-jenis paruh burung dan fungsinya!
  5. Bagaimana adaptasi yang terjadi pada manusia yang tinggal di dataran tinggi!


SKL 3.2 :

Menginterpretasikan persilangan menurut hukum Mendel

SOAL

1. Yang dikenal sebagai Bapak Genetika adalah..........
a.Abraham Lincoln 
b. Louis Pasteur 
c. Lord Baden Powell
d. Gregor Mendel

2. Untuk mengadakan percobaan mengenai hereditas, sebaiknya obyek percobaan memiliki .................
a. Semua jawaban salah 
b. Pasangan sifat yang mirip 
c. Tidak memiliki pasangan sifat
d. Pasangan sifat beda yang kontras

3. Tanaman yang selalu menghasilkan keturunan yang sama adalah tanaman............
a. Galur murni 
b. Dikotil 
c. Galur tak murni
d. Monokotil

4. PP=hidung pesek pp=hidung mancung
Manusia yang memiliki genotipe Pp akan memiliki hidung.............(jika bersifat dominan penuh)
a. Pesek 
b. Pesek – mancung 
c. Mancung
d. Tidak memiliki hidung

5. Filial kedua (F2) artinya..............
a. Anak 
b. Orangtua 
c. Cucu
d. Kakek/Nenek

6. Parenthal pertama (P1) artinya..........
a. Anak 
b. Orangtua 
c. Cucu
d. Kakek/Nenek

7. Tanaman rasa manis homozigot dominan disilangkan dengan tanaman rasa masam homozigot resesif. Jika A = rasa manis, a= rasa masam, berapa jumlah fenotipe 2 rasa masam?
a.1 
b.2 
c.3
d.4

8. Bunga warna merah (MM) disilangkan dengan bunga warna putih (mm) bersifat intermediet. Warna turunan yang akan dihasilkan adalah ....
a.merah muda 100% 
b.merah muda 50% 
c.putih 100%
d.putih 50%

9. Persilangan antara tanaman ber-genotipe AABB dengan aabb akan menghasilkan perbandingan fenotipe F2 ....
a.6:4:3:3 
b.9:3:3:1
c.9:3:2:2 
d.9:1:3:3

10. Apabila ada 20 macam kromosom pada setiap sel makhluk hidup,setiap sel gametnya akan memiliki kromosom ....
a.20 pasang 
b.5 pasang
c.10 pasang 
d.heterozigot

11. BB=Bulu lebat bb=bulu tak lebat HH=Bulu berwarna Hitam hh=Bulu berwarna putih. Jika Domba memiliki genotipe BbHh maka domba tersebut akan memiliki...............(jika domba tersebut hasil persilangan dihibrid intermediate)
a.Bulu Hitam dan lebat 
b.Bulu Putih dan lebat
c.Bulu abu abu dan biasa 
d.Bulu abu abu dan lebat

12. Pada persilangan dihybrid, sifat beda yang diperhatikan ada.........
a.1 
b.2
c.3 
d.4

13. Jika gen dominan tidak jenuh maka akan tampak sifat............
a.intermediate 
b.resesif
c.dominan 
d.heterozigot

14. Suatu individu yang bergenotipe BbDD akan menghasilkan jumlah genotype sebanyak...
a. 4 macam 
b. 9 macam 
c. 12 macam 
d.16 macam

15. Dari Genotipe GgBb dapat diketahui bahwa ini hasil persilangan.............
a.1 sifat beda 
b.3 sifat beda
c.2 sifat beda 
d.4 sifat beda

16. MM disilangkan dengan mm, maka genotipe adalah........
a.MMmm 
b.Mm
c.MmMm 
d.mM

17. Perkawinan seorang wanita normal heterozygote dengan seorang pria yang menderita hemofilia, maka keturunan yang dihasilkan dengan sifat seperti ibunya adalah...........
a. 6,25%
b. 12,5%
c. 25%
d. 50%

18. Organisme yang digunakan Gregor Mendel untuk percobaannya adalah............
a.Mimosa pudica 
b. Pisum sativum
c.Zea Mays 
d. Oryza sativa

19. Ayam (jantan) dengan sifat bulu hitam dan kaki panjang (GGmm) disilangkan dengan ayam (betina) dengan sifat bulu putih dan kaki pendek (ggMM). Berapa % keturunan F1 yang bergenotipe GgMm ?
a. 50%
b. 25%
c. 12,5%
d. 6,25%

20. Rasio fenotipe yang dihasilkan dari persilangan monohybrid adalah..........
a. 1 : 1 
b. 3 : 1
c. 1 : 2 : 1 
d. 9 : 3 : 3 : 1

21. Seorang pria dengangolongandarah AB menikah dengan wanita bergolongan darah A. Maka kemungkinan anaknya yang bergolongan darah sama dengan ayahnya adalah........
a. 100%
b. 75%
c. 50%
d. 25%

22. Pohon Nangka (jantan) dengan sifat buah yang manis dan tebal (dominan) disilangkan dengan pohon Nangka (betina) dengan sifat buah asam dan tipis. Keturunan F1 yang dihasilkan adalah..........dan.............
a. Buah asam dan tipis 
b. Buah manis dan tebal
c. Buah asam dan tebal 
d. Buah manis dan tipis

23. PP adalah alel yang bersifat .................
a. heterozigot 
b. genotip
c. homozigot 
d. fenotip

24. Suatu individu yang bergenotipe Yyzz akan menghasilkan jumlah genotype sebanyak...
a. 4 macam
b. 9 macam
c. 12 macam
d.16 macam

25. Sifat resesif merupakan sifat yang......... keturunannya
a. tidak muncul 
b. Muncul
c. Meniadakan 
d. Semua jawaban salah

26. Genotipe adalah ................
a. Sifat yang tnampak dari luar tubuh makhluk hidup.
b. Sifat yang tidak nampak pada tubuh makhluk hidup.
c. Sifat gabungan diantara dua makhluk hidup.
d. Sifat perantara antara dua makhluk hidup.

27. Warna yang lebih dominan diantara kulit hitam dan putih adalah.......
a. Hitam 
b. abu abu
c. Putih 
d. Coklat

28. Tempat sebuah gen tinggal dalam kromosom disebut .............
a. Lokus gen.
b. Habitat gen.
c. Gen homolog
d. Gen heterogen.

29. Jika diketahui anak laki-laki menderita imbisil maka kemungkinan ayahnya yang normal menikah dengan ibunya yang kemungkinan bersifat .............
a. Normal heterozigot dan normal.
b. Normal heterozigot dan penderita imbisil.
c. Penderita imbisil dan normal.
d. Penderita imbisil dan penderita albinisme.

30. Selama percobaan tentang Mendel selalu menggunakan tanaman...........
a. Galur murni 
b. Mati
c. Ercis 
d. Kelapa

ESSAY
  1. Bagaimana cara mengawinslilangkan dua individu pada tumbuhan?
  2. Apa alasan Mendel menggunakan tumbuhan ercis sebagai objek pengamatan untuk membuktikan adanya pewarisan sifat?
  3. Sebutkan delapan pasangan sifat tanaman kacang ercis yang memiliki perbedaan mencolok!
  4. Sebutkan hukum Mendel tentang perkawinan silang!
  5. Tika memelihara dua kelinici. Satu kelinci betina berbulu hitam bermata kuning dan yang satu lagi kelinci jantan berbulu putih bermata merah. Jika kedua kelinci tersebut dikawinkan kemungkinan keturunan apa saja yang dihasilkan jika perkawinan bersifat intermediate?

SKL 3.3 :

Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.

SOAL 

1. Bibit tanaman atau hewan yang mempunyai sifat yangbaik dari tanaman atau hewan yang sejenis lainnya disebut...........
a. Galur murni 
b. Bibit unggul
c. Bibit sehat 
d. Mutasi

2. Jika buah Mangga terasa manis tetapi kecil maka perlu disilangkan denganpohon dengan buah mangga yang bersifat.......... supaya menghasilkan buah mangga yang manis dan besar.
a. Kecil dan tawar 
b. Kecil dan manis
c. Besar dan tawar 
d. Besar dan manis

3. Pohon yang pendek merupakan sifat..........
a. Unggul 
b. Kretinisme
c. Merugikan 
d. Intermediiate

4. Mengawinkan dua jenis hewan atau tumbuhan yang berbeda varietas dan memiliki sifat-sifat unggul disebut.........
a. Hereditas 
b. Hibridisasi
c. Heterogenitas 
d. Homogen

5. Contoh makhluk hidup yang termasuk dalam bibit unggul adalah ........
a. Gorila 
b. Anjing herder
c. Burung Cendrawasih 
d. Ayam broiler

6. Supaya tidak kehilangan sifat unggul yang harus dilakukan adalah........
a. Menjaga persilangan secara galur murni 
b. diberi pupuk
c. Didoakan 
d. Disilangkan dengan spesies lain

7. Kawin suntik memiliki fungsi yang sama dengan........
a.Hibridisasi 
b. imunisasi
c. Galur murni 
d. Semua salah

8. Tujuan dari perkembangbiakan tumbuhan dan hewan yang memiliki
sifat unggul adalah untuk...
a. Meningkatkan jumlah tumbuhan dan hewan
b. Meningkatkan produksi pertanian dan kualitas ternak
c. Meningkatkan penjualan bibit unggul
d. Meningkatkan tingkat reproduksi tumbuhan dan hewan

9. Sebelum hibridisasi perlu dilakukan .........
a. Seleksi 
b. Penyuntikan hormon
c. hibridisasi awal 
d. Cek darah

10. Hasil dari hibridisasi bisa disebut dengan...........
a. Freak of Nature 
b. Galur murni
c. Mutasi buatan 
d. Punnet

11. Salah satu sifat bibit unggul tanaman......
a. pohon tinggi 
b. buah manis
c. mudah mati 
d. Akar lemah

12. Salah satu sifat bibit unggul hewan adalah .........
a. Tahan penyakit 
b. Mudah dirawat
c. Dagingnya enak dimakan 
d. Semua benar

13. Salah satu contih penyakit keturunan adalah ............
a. influenza 
b. Albinisme
c. Flu Babi 
d. Gegar otak

14. Sifat domba yang cocok untuk untuk dijadikan bibit unggul adalah........
a. Otot kuat 
b. Banyak makan
c. Bulu tebal 
d. Semua betul

15. Jika tumbuhan yang sudah dijadikan bibit unggul disilangkan terus dengan galur murni maka.........
a. Bibit unggul akan hilang
b. akan terjaga kualitasnya
c. Kualitasnya akan rusak
d. tidak akan tumbuh

16. Pohon mangga yang merupakan bibit unggul yaitu buah yang........
a.manis, tebal, dan berkulit keras
b. Asam, tebal, dan berkulit tipis
c. Manis, tebal, dan berkulit tipis
d. Asam, tipis, dan berkulit tebal

17. Bila suatu hewan merupakan bibit unggul lalu suatu saat kehilangan kualitas unggulnya, ini disebabkan karena..........
a. kurang terjaganya galur murni 
b. terkena penyakit
c. Sedang masa kelaparan 
d. Semua benar

18. Telur yang lebih besar adalah bibit unggul yang tepat untuk........
a. Ayam 
b. Ular
c. Buaya 
d. Elang

19. Jika seseorang mengidap penyakit hemofilia, maka kemungkinan besar penyakit itu ditularkan dari........
a. Ayah 
b. Ayah dan ibu
c. ibu 
d. Tidak dari ayah dan ibu

20. Penyakit Buta warna merupakan penyakit akibat .........
a. udara yang kotor 
b. sentuhan
c. salah kacamata 
d. Hereditas

21. Saat penentuan orangtua bayi dapat diketahui dengan cara ........
a. Hormonologi 
b. Hereditas
c. tes DNA 
d. Genetika

22. Dengan pengetahuan hereditas untuk menentukan orangtua bayi, dilakukan..........
a. Pengecekan DNA di mana terdapat kromosom sehingga bisa terlihat kemiripan antara sifat orangtua yang dicari dengan bayi
b. rontgen tulang untuk melihat kemiripan tulangnya
c. dilihat jenis kelaminnya
d. dilihat tingkah laku bayi

23. Negara yang sudah menerapkan penanaman padi bibit unggul adalah ..........
a. Thailand 
b. Filipina
c. Myanmar 
d. Brunei Darussalam

24. Teknologi reproduksi yang dapat membantu manusia untuk mendapatkan keturunan adalah ..........
a. Bayi tabung
b. Bayi cloning.
c. Bayi adopsi.
d. Bayi kembar.

25. Pemasukan sperma hewan jantan bibit unggul ke dalam tubuh hewan betina local dengan bantuan manusia dikenal dengan cara .................
a. Inseminasi buatan.
b. Inseminasi alamiah.
c. Fertilization in vivo.
d. Fertilization natural.

26. Pengembangan teknologi reproduksi bidang pertanian dapat dengan cara ........
a. Tissue culture.
b. Tumpang sari.
c. Tanam berkala.
d. Okulasi.

27. Salah satu perbanyakan makhluk hidup secara modern yang menghasilkan individu sama persis dengan induknya adalah dengan cara..............
a. Okulasi
b. Inokulasi.
c. Cloning.
d. Kopulasi.

28. Dampak negative dari sistem reproduksi cloning pada makhluk hidup adalah ............
a. Individu anakan tahan penyakit.
b. Individu anakan berumur panjang
c. Individu anakan memiliki semua penyakit induknya.
d. Individu anakan memiliki tingkat imunitas yang tinggi.

29. Prinsip utama dari teknologi cloning adalah ...............
a. Penggabungan 2 buah sel gamet yang berbeda.
b. Penggabungan 2 buah sel gamet yang sejenis.
c. Penggabungan sel tubuh dengan sel sperma tanpa inti.
d. Penggabungan sel tubuh dengan sel ovum tanpa inti.

30. Dua ekor sapi yang akan disilangkan untuk membuat bibit unggul memiliki sifat sebagai berikut: Sapi (jantan) : Daging berisi, dan banyak makannya
Sapi (betina): Daging tidak berisi, dan sedikit makan
Berapa persen bibit unggul akan terbentuk jika sapi disilangkan?
a. 100% 
b. 25%
c 50% 
d. 75%

ESSAY 

  1. Melalui pengetahuan pewarisan sifat, bagaimana manusia mengembangkan ternak dan tanaman pertanian?
  2. Sebutkan contoh masalah manusia yang bisa diselesaikan melalui aplikasi dari pewarisan sifat!
  3. Dengan adanya pewarisan sifat sekarang manusia sudah bisa mengetahui cara penularan penyakit melalui keturunan. Apa sajakah contoh penyakitnya?
  4. Apa sajakah sifat bibit unggul yang ada pada tanaman?
  5. Saat manusia terinfeksi bakteri, manusia berusaha membunuhnya dengan pemberian antibiotik. Pada saat antibiotik tertentu pertama kali ditemukan, bakteri dengan efektif langsung terbasmi. Namun, beberapa tahun kemudian, antibiotik yang bersangkutan sudah kurang efektif lagi. Menurutmu mengapa hal tersebut dapat terjadi?

SKL 3.4 :

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

SOAL 

1. Saccharomyces cereviceae merupakan mikroorganisme yang digunakan untuk pembuatan..........
a. yoghurt
b. mentega
c. roti
d. keju

2. Gas yang dihasilkan dalam proses fermentasi anaerobik yaitu...........
a. karbondioksida
b. karbonmonoksida
c. oksigen
d. nitrogen

3. Rhizopus oryzae berperan dalam pembuatan...........
a. tempe
b. kecap
c. tape
d. yoghurt

4. Cairan berwarna coklat kehitam-hitaman dengan rasa manis atau asin,beraroma khas merupakan wujud dari ...........
a. yoghurt
b kecap
c. saus tiram
d. saus kacang

5. Bentuk peningkatan gizi susu yaitu................
a. keju
b. kecap
c. mentega
d. susu asam

6. Teknik penanaman modern yang menggunakan media kerikil, arang sekam yaitu.........
a. kultur jaringan
b. hidroponik
c. aeroponik
d. organik

7. Media tanaman :
1. asam amino 
2. pupuk organik 
3. hormon tumbuhan 
4.arang sekam
5. Pasir
6.gula
Media yang digunakan dalam teknik kultur jaringan yaitu .........
a.1, 2,4
b.1, 3,6
c.3, 4,6
d.2, 4,6

8. Bakteri yang membuat bentuk keju menjadi berlubang yaitu.........
a. Penicillium camemberti
b. Penicillium requiforti
c. Propioni bacterium
d. Lactobacillus bulgaricus

9. Peran Rhizopus stolonifer dalam pembuatan tempe yaitu...........
a. Membuat kacang kedelai menjadi tempe dalam proses fermentasi
b. Mengubah kacnag kedelai menjadi tempe yang berprotein tinggi
c. Mengubah protein kompleks kacang kedelai menjadi protein sederhana
d. Mengubah kandungan kacang kedelai menjadi kandungan tempe

10. Produk bioteknologi yang memanfaatkan jenis mikrooragnisme jamur dalam meningkatkan kualiatas bahan baku yaitu...............
a. oncom, yoghurt, tempe
b. tauco, oncom, kecap
c. roti, yoghurt, tempe
d. oncom, tempe, keju

11. Kasein menggumpal dan menimbulkan cita rasa aroma keju disebabkan oleh pemberian ..............
a. asam laktat
b. Penicillum camemberti
c. Proponi bacterium
d. asam sulfat

12. Sifat individu yang dihasilkan dari reproduksi kultur sel adalah..............
a. bervariasi, lebih baik, dan lebih banyak dalam waktu yang cepat
b. seragam, lebih baik, dan lebih banyak dalam waktu yang cepat
c. bervariasi, lebih baik, dan tidak banyak dalam waktu yang lama
d. seragam, lebih baik, dan tidak banyak dalam waktu yang lama

13. PST dari ganggang yaitu...............
a. Spirulina sp dan Chalamydomonas sp
b. Spirogyra sp dan Chorella sp
c. Spirulina sp dan Chorella sp
d. Spirogyra sp dan Chalamydomonas sp

14. Bahan kimia yang berguna untuk membasmi hama binatang pengerat yaitu..............
a. redentisida
b. insektisida
c. nematisida
d. akartisida

15. Bioteknologi berarti ..............
a.pengembangan berbagai cabang biologi dan teknologi untuk mendapatkan barang yang bemanfaat
b. pemanfaatan mikroorganisme untuk meningkatkan produksi pangan dan sandang
c. aplikasi mikroorganisme untuk meningkatkan kesejahteraan
d.pemanfaatan mikroorganisme untuk meningkatkan kesejahteraan manusia

16. Jika suatu benda asing dimasukkan kedalam tubuh vertebrata, maka tubuh akan mengadakan reaksi yaitu akan membentuk..............
a. antitoksin
b. antimioglobin
c. antihemoglobin
d. antibodi

17. Dua kandungan pokok keju yaitu............
a. susu dan protein
b. kasein dan lemak susu
c. protein susu dan lemak
d. susu dan lemak

18. Dalam teknik kultur in vitro syarat yang terpenting yaitu...............
a. medium yang digunakan bersih
b. eksplan yang bersih
c. berada di dalam laboratorium
d. steril

19. Jamur Penicillium notatum berperan dalam .............
a. mengubah glukosa membentuk antibiotik penicillin
b. menghasilkan antibiotik penicillin
c. mengubah glukosa membentuk vitamin B12
d. menghasilkan protein sel tunggal

20.Substansi kimia yang dihasilkan dari proses mikroorganisme, berperan dalam mengahambat penyebaran mikrooranisme lain, terutama bakteri yaitu
a. antitoksin
b. antimioglobin
c. antihemoglobin
d. antibiotik

21.Dalam pembuatan yoghurt, susu kental ditanami mikroba sejenis Streptococcus
thermophillus, tujuannya adalah ...............
a. Menurunkan kadar asam
b. Meningkatkan keasaman
c. Menurunkan suhu asam
d. Meningkatkan cita rasa

22. Mikroorganisme yang dapat mengekstrak tembaga dari bijih tembaga berkualitas adalah........
a. Pseudomonas
b. Thiobacillus ferooxidans
c. Nitrobacter
d. Ferrobacilus sp.

23. Bumbu penyedap makanan, yang kekentalannya seperti pasta dan berwarna kuning sampai kecoklatan kemerah-merahan yaitu ..................
a. oncom
b. kecap
c. miso
d. saus tiram

24. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan kecap yaitu..............
a. Aspergilus oryzae
b. Rhizopus oryzae
c. Lactobacillus bulgaricus
d. Streptococcus lactis

25. Vaksin BCG untuk mencegahpenyakit .....................
a.TBC
b. polyomielitis
c. Depteri
d. Pertusis

26. Asam yang ditambah dalam proses pembuatan alkohol yaitu ...............
a. Asam laktat
b. Asam sulfat
c. Asam cuka
d. Kasein

27. Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan ..............
a. alkohol
b. yoghurt
c. bir
d. Nata de Coco

28. Bahan dasar dan mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan oncom yaitu.........
a. kacang tanah, Rhizopus oryzae
b. kacang kedelai, Rhizopus stoloniferus
c. bungkil kacang tanah, Neurospora sitophyla
d. jamur, Aspergilus oryzae

29. Produk berbahan baku susu yaitu ............
a. yoghurt, Nata de Coco, keju
b. keju, mentega, kecap
c. yoghurt, kedelai, keju
d. yoghurt, keju, keju Swiss

30. Bahan kimia yang berguna untuk membasmi hama cacing yaitu ........
a. redentisida
b. bakterisida
c. nematisida
d. herbasida

ESSAY

  1. Buatlah dalam tabel produk hasil bioteknologi yang terdiri dari: nama produk, bahan dasar, mikrobia yang terlibat, dan peran mikrobia.
  2. Jelaskan teknik kultur jaringan!(cara,keuntungan,dan contoh tumbuhan)
  3. Peran bioteknolgi bagi kehidupan!
  4. Jelaskan peran bioteknologi dalam meningkatkan nilai tambah bahan pangan!(dapat dijelaskan dengan contoh)
  5. Sebutkan keuntungan sistem bercocok tanam hidroponik!

Kemampuan yang diuji 1 : Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-ciri pada makhluk hidup meliputi :
1. Bergerak
2. Makan
3. Bernafas
4. Iritabilitas (peka terhadap rangsangan)
5. Tumbuh dan berkembang
6. Mengeluarkan zat sisa
7. Berkembangbiak
8. Memerlukan suhu tertentu

Kemampuan yang diuji 2 : Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup.
Keanekaragaman Tumbuhan
Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal dan mempelajari
makhluk hidup.
Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah persamaan dan perbedaan ciri.
  • Tingkatan klasifikasi pada tumbuhan yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Tingkatan klasifikasi pada hewan yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa),familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa adalah genus/marga, paradisiaca adalah penunjuk jenis.

Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :
  1. Talofita (Thallophyta) : ganggang (Algae) & jamur (Fungi)
  2. Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)
  3. Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda (Equisetinae), paku sejati (Filicinae)
  4. Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)

Berdasarkan warnanya, ganggnag dibedakan menjadi 4, yaitu :
  1. Ganggang hijau (Chloropyceae) : Chlamydomanas & Spirogyra
  2. Ganggang cokelat (Phaeophyceae) : Sargasum, Fucus, Laminaria
  3. Ganggang merah (Rhodophyceae) : Euchema gracialis
  4. Ganggang pirang (Chrysophyceae) : Synendra

Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :
  1. Jamur ganggang (Phycomycetes) à hifa tidak bersekat Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)
  2. Jamur sejati (Eumycetes) à hifa bersekat

Dibagi menjadi 3, yaitu :
  1. Askomisetes, contohnya Penicillium sp (penghasil penisilin), Sacharomyces sp (jamur tape)
  2. Basidiomisetes, contohnya Jamur kuping, jamur merang, jamur kayu
  3. Deuteromisetes, contohnya jamur oncom

Perhatikan siklus lumut di bawah ini :

Perhatikan sikulus paku di bawah ini :

Ciri-ciri tumbuhan berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga
Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :
  1. Gimnospermae (terbuka) à ex : melinjo & pakis haji
  2. Angiospermae (tertutup) à ex : mangga, rambutan

Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :
  1. Dikotil (berkeping dua)
  2. Monokotil (berkeping satu)

Ciri monokotil, yaitu 
  1. tulang daun umumnya sejajar 
  2. batang tak berkambium 
  3. akar serabut 
  4. bagian-bagian bunga kelipatan tiga.

Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :
  1. Rumput-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi
  2. Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu
  3. Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja
  4. Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili
  5. Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit

Ciri dikotil, yaitu 
  1. tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip dll 
  2. batang berkambium 
  3. akar tunggang 
  4. bagian-bagian bunga kelipatan 2,4, atau 5.

Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :
  1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet
  2. Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang
  3. Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat
  4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air
  5. Komposite (Compositae), ex : bunga matahari

Keanekaragaman Hewan
Dunia hewan dibagi menjadi 2, yi :
  1. Avertebrata (tidak bertulang belakang)
  2. Vertebrata (bertulang belakang)

Kelompok hewan avertebrata, yi :
  1. Protozoa (hewan bersel satu, ex : Amoeba, Paramecium, Euglena
  2. Porifera (hewan berpori), ex : Sycons sp, Euspongia sp
  3. Coelenterata (hewan rongga usus), ex : Anemon laut, Bahar, Karang batu
  4. Platyhelminthes (cacing pipih), ex : Taenia sp (cacing pita), Planaria sp (cacing pipih)
  5. Nemathelminthes (cacing gilik), ex : Ascaris sp (cacing perut), Oxyuris sp (cacing kremi)
  6. Anelida (cacing beruas-ruas), ex : Pheretima sp(cacing tanah), Hirudo medicinalis (lintah)
  7. Echinodermata (hewan berkulit duri), ex : bintang laut, landak laut
  8. Molusca (hewan lunak), ex : Octopus sp (gurita), Loligo sp (sotong), Sepia sp (cumicumi), Chlamis sp (tiram), Corbicula sp (remis), Lima scraba (kerang)
  9. Arthropoda (hewan bersegmen segmen)
Arthropoda dibagi 4 berdasarkan segentasi , jumlah kaki dll
  1. Insecta (serangga), ex : jangkrik, belalang
  2. Crustacesa (udang-udangan), ex : kepiting
  3. Arachnida (laba-laba), kalajenging, laba-laba
  4. Myriapoda (lipan), ex : lipan, luing

Vertebrata dikelompokan menjadi 5, yi :
  1. Pisces (ikan), ex : gurami, lele
  2. Amfibia (hewan hidup 2 alam), ex : katak, salamander
  3. Aves (burung), ex : perkutut, cocak rowo
  4. Reptilia (melata), ex : kadal, buaya
  5. Mamalia (menyusui), ex : sapi, kerbau

Kemampuan yang diuji 3 : Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik dan saling ketergantungan
antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Difinisi singkat --> Ekologi adalah ilmu yang mempelajari ekosistem.
Sumber energi utama dalam suatu ekosistem adalah sinar matahari.
Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfernya yang dihuni oleh makhluk hidup.
Ada beberapa satuan makhluk hidup dalam ekosistem, yaitu :
  1. individu, yaitu satuan terkecil makhluk hidup
  2. populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang mengadakan interaksi pada suatu wilayah tertentu
  3. komunitas, yaitu kumpulan makhluk hidup antar populasi yang mengadakan interaksi.
  4. Ekosistem

Ekosistem ada 2 :
  1. Ekosistem alami : danau, laut, sungai, dll
  2. Ekosistem buatan : kolam, akuarium, sawah, dll

Ekosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat interaksi antara componen biotik
dan abiotik.
Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk
hidup.
Habitat adalah tempat hidup suatu makhluk hidup
Nisia adalah peranan makhluk hidup di habitatnya.
Dengan adanya nisia dapat menghindari terjadinya kompetisi antar spesies

Ada 2 komponen penyusun ekosistem, yaitu
  1. komponen biotik, yang meliputi (1) producen, sebagai penghasil bahan organik, (2) konsumen tingkat I, consumen yang memakan producen (3) consumen tingkat II, konsemen yang memakan consumen tingkat I, (4) consumen puncak, consumen tingkat terakhir, dan (5) dekomposer, menguraikan bahan organik menjadi anorganik
  2. komponen abiotik, yang meliputi CO2, H2O, O2, tanah, suhu, kelembaban, cahaya matahari, dan ruangan.

Rantai makanan adalah peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu.
Contoh :

Hasil gambar untuk RANTAI MAKANAN Ulat --> burung prenjak --> burung rajawali --> bakteri

Keterangan :
  1. Tumbuhan bertindak sebagai produsen
  2. Belalang bertindak sebagai konsumen tingkat I
  3. katak bertindak sebagai konsumen tingkat II
  4. Ular bertindak sebagai konsumen tingkat III 
  5. Elang konsumen puncak
  6. Bakteri bertindak sebagai decomposer / pengurai

Jaring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan yang saling
berhubungan.
Perhatikan jaring-jaring makanan di bawah ini :
Piramida makanan adalah bentuk piramida yang menggambarkan susunan terjadinya
perpindahan aliran energi dari produsen hingga konsumen tertinggi dalam ekosistem.
Perhatikan Piramida makanan di bawah ini :
Ekosistem akan seimbang jika komposisi penyusun ekosistem tersebut seimbang.
Eksosistem yang seimbang akan dapat bertahan lama, walaupun demikian ekosistem juga
dapat terganggu. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ekosistem yang seimbang memiliki
daya lenting. Jadi daya lenting adalah kemampuan ekosistem untuk menuju keseimbangan
ekosistem.
Berdasarkan kemampuan kemampuan menyusun bahan organik, organisme penyusun
ekosistem ada 2, yaitu
  1. autotrof, yaitu makhluk hidup yang dapat menyusun zat anorganik menjadi organik melalui proses fotosintesa atau kemosintesis, contohnya semua tanaman hijau
  2. heterotrof, yaitu makhluk hidup yang tidakdapat menyusun zat anorganik menjadi organik sehingga untuk mendapatkan makanannya dengan cara memakan organismo lain,yang meliputi herbivora (camping, sapi) , karnívora (elang, singa), omnivora (manusia,monyet), scavenger (burung nasar), dan detritivor (rayap, cacing)

Kemampuan yang diuji 4 : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu tanah, suara, air, & udara.
  1. Pencemaran tanah, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam tanah.
  2. Pencemaran suara, dapat ditanggulangi dengan membuat dinding kedap suara, menanam tanaman di sekitar rumah, tidak membuat kegaduhan
  3. Pencemaran air, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam air.
  4. Pencemaran udara, yaitu adanya polutan di udara

Dampak dari pencemaran air adalah
  1. punahnya organisme air
  2. ikan yang tercemar dapat meracuni orang yang memakannya

Cara penanggulangan pencemaran air, meliputi :
  1. tidak membuang limbah cair ke sungai
  2. tidak membuang sampah di sembarang tempat
  3. tidak membuang sisa obat ke sungai.

Pencemaran udara, dapat diakibatkan oleh :
  1. Gas hasil pembakaran, meningkatnya karbondioksida di udara dapat menyebabkan efek rumah kaca, yang kemudian dapat mengakibatkan pemanasan global.Meningkatnya belerag dioksida dapat mengakibatkan hujan asam, sebab gas tersbut bereaksi dengan air membentuk asam sulfat.
  2. Gas CFC (chlorofluorocarbon), gas ini banyak digunakan untuk gas pengembang busa, AC dan lemari es. CFC dapat bereaksi dengan ozon, sehingga ozon dapat berkurang.

Upaya penanggulangan pencemaran udara berupa :
  1. Ditingkat rumah tangga --> dapat berupa tidak membakar sampah di pekarangan, tidak menggunakan lemari es, tidak merokok di dalam ruangan.
  2. Ditingkat wilayah --> dapat berupa reboisasi, memelihara tanaman kota, tidak menebang hutan scara liar.
  3. Ditingkat nasional, dapat berupa larangan insektisida berbahaya, keharusan membuat cerobong asap pada pabrik, lokasi industri yang jauh dari lingkungan

Kegiatan berwawasan lingkungan dapat berupa :
  1. Perlombaan berwawasan lingkungan
  2. Pemanfaatan ulang dan daur ulang
  3. Penghijauan dan pembersihan lingkungan

Kemampuan yang diuji 5 : Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk
hidup.

Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Perlindungan keanekargaman hayati dapat dilakukan dengan cara :
  1. Cagar Alam, yaitu perlindungan alam dengan membiarkan ekosistem dalam suatu wilayah apa adanya yang bertujuan untuk melindungi ciri khas tumbuhan, hewan dan ekosistem alam. Contohnya cagar alam Pangandaran.
  2. Taman Nasional, bertujuan untuk melindungi flora, fauna dan ekosistemnya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan rekreasi alam. Contohnya taman nasional Bogor, taman nasional Suka Bumi, dan taman nasional bukit barisan
  3. Hutan Wisata, yi hutan produksi yg jg untuk objek wisata.
  4. Taman Laut, merupakan wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman laut tinggi, unik dan indah. Contohnya taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.
  5. Hutan Lindung, berfungsi sebagai daerah resapan air.
  6. Kebun Raya, yaitu kebun buatan yang berguna untuk menghimpun tumbuhan dari berbagai tempat untuk dilestarikan. Contonhya kebun raya Bogor.

Berdasarkan pada tempat pemeliharaannya ada 2 pemeliharaan, yaitu
  1. Pemliharaan in situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya. Contohnya memelihara ikan di suatu danau.
  2. Pemeliharaan ex situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya, Namur kondisinya diusahakan sama dengan habitat aslinya. Contohnya jalak bali berhasil di tangkar baru kemudian dilepas di habitat aslinya.

Kita dapat membantu melestarikan keanekaragaman makhluk hidup dengan cara :
  1. Tidak membunuh hewan dan tumbuhan liar
  2. Tidak membuang sampah sembarangan

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 8 :
MENGAITKAN HUBUNGAN ANTAR STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN / ORGAN PADA
TUMBUHAN DAN MANUSIA
Kemampuan yang diuji 1 : Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia
beserta fungsinya.
Sistem Gerak
Sistem gerak terdiri dari rangka dan otot.
Tulang merupakan alat gerak pasif, karena tulang tidak dapat bergerak tanpa bantuan
otot.

Berdasarkan jenisnya, tulang dibagi menjadi 2, yaitu tulang keras dan tulang rawan.
Ada 3 jenis tulang rawan, yi :
1. Hialin, ex : dinding trakea, sendi tulang, antara tl rusuk dan tl. dada
2. Elastis, ex : tl hidung & telinga
3. Serabut, ex : antar rusuk tulang belakang
Osifikasi adl proses terjadinya tulang rawan menjadi tulang keras.

Berdasarkan bentuknya ada 4 tulang, yaitu :
1. Pipa/panjang, ex : tulang lengan, paha, betis, ruas jari kaki &tangan
2. Pipih, ex : tulang rusuk, dada, belikat, tengkorak
3. Pendek, ex : ruas tl. belakang, pergelangan kaki & tangan
4. Tidak bearaturan, ex : tl rahang & tl punggung

Berdasar sifat bahan penyusunnya, ada 2 macam tulang, yi :
1. Tulang kompak, ex : lapisan luar tulang pipa
2. Tulang spons, ex : tulang pendek & tulang pipih

Ada 2 macam sumsum tulang, yaitu :
1. Sumsum merah, tempat pembentukan sel darah merah. Terdapat pd tulang tengkorak,
ruas tulang belakang, & tulang rusuk
2. Sumsum kuning, terdapat pd tulang anggota gerak orang dewasa
Pertumbuhan tulang terjadi pada daerah pertumbuhan didekat ujung tulang yg disebut
cakra epifise.
Perhatikan gambar bagian-bagian tulang tubuh di bawah ini :
Sendi adalah hubangan antar tulang gerakan.

Sendi dibagi menjadi 3, yi :
1. Sendi mati / sinartrosis, tidak dapat digerakan. Ex : hubungan antar tulang tengkorak
2. Sendi kaku / amfiartrosis, dapat digerakan terbatas. Ex : hubungan antar tulang
belakang, hubungan antara tulang rusuk dengan tulang dada.
3. Sendi gerak / diartrosis, dapat digerakan leluasa.

Sendi gerak dibagi menajdi 4, yi :
1. Engsel, ex lulut & kaki
2. Putar, ex : antara kepala dan leher
3. Pelana, ex : ruas tulang jari tangan
4. Peluru, ex : hubungan antara lengan atas dg bahu

Perhatikan kelainan tulang di bawah ini :
1. Skoliosis
2. Kifosis
3. Lordosis

Otot ada 3, yi :
1. Otot polos : berinti 1, berbentuk gelondong, & bekerja diluar kesadaran
2. Otot lurik : berinti banyak, bentuknya silindris lurik tidak bercabang, & bekerja sadar
3. Otot jantung : berinti banyak, serabut lurik bercabang, & bekerja diluar kesadaran.

Kerja otot ada 2, yi :
1. Antagonis / berlawanan, ex bisep & trisep
2. Sinergis / bersamaan, ex : pronator teres & pronator kuadratus

Kemampuan yang diuji 2 : Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
berperan pada proses pencernaan.

Sistem Pencernaan Manusia
Perhatikan gambar alat-alat pencernaan di bawah ini :
Di mulut terjadi 2 kali pencernaan, yi :
1. Pencernaan mekanaik : saat pengunyahan makanan oleh gigi
2. Pencernaan kimiawi : pencernaan dg bantuan enzim ptialin / saliva / ludah
Dikerongkongan terjadi gerakan meremas & mendorong makanan pada kerongkongan shg
masuk kelambung yang disebut sbg gerak peristaltik.
Enzim pencernaan di mulut terdiri dari :
1. Ptialin : karbohidrat àgula
Enzim pencernaan di lambung terdiri dari :
1. Pepsin : protein à pepton
2. Renin : menggumpalkan protein susu
3. HCL : bunuh organisme asing
Enzim pencernaan di pankreas terdiri dari :
1. Tripsin : pepton à asam amino
2. Amilopsin : karbohidrat à gula
3. Lipase : lemak à asam lemak & gliserol
Enzim pencernaan di usus halus meliputi :
1. Maltase : maltosa à glukosa
2. Amilase : amilum à maltosa
3. Sukrase : sukrosa à fruktosa
4. Lipase : lemak à asam lemak & gliserol
5. Eripsin : pepton à asam amino
6. Laktase : laktosa à glukosa & galaktosa
7. Enterokinase : mengaktifkan tripsinogen à tripsin

Kemampuan yang diuji 3 : Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.

Sistem Transportasi Manusia
Darah dibagi menjadi 2, yi :
1. Plasma darah (cair) : serum & fibrinogen
2. Sel darah (padat) : eritrosit, leukosit, trombosit
Plasma darah befungsi untuk :
1. mengangkut atau mengedarkan sari makanan yang terlarut ke seluruh bagian tubuh
(asam amino, glukosa, asam lemak, vitamin)
2. Mengangkut zat sisa metabolisme dari jaringan atau sel tubuh.
3. Serum sbg zat anti bodi
4. Fibrinogen berperan dlm pembekuan darah
Fungsi eritrosit adalah untuk mengangkut oksigen (hemoglobin)
Leukosit berfungsi untuk membunuh kuman penyakit.
Fungsi darah :
1. Alat pengangkut (oksigen, sari-sari makanan, sisa metabolisme, hrmon, urea,
karbondioksida)
2. Membunuh kuman penyakit
3. Membekukan darah
4. Menjaga suhu tubuh
Perhatikan gambar jantung di bawah ini :
Peredaran darah tertutup adl peredaran darah yang selalu beredar di dalam pembuluh
darah
Peredaran darah besar :
Bilik kiri à seluruh tubuh à serambi kanan
Peredaran darah kecil :
Bilik kanan à paru-paru à serambi kiri
Fungsi getah bening adl menyerap lemak dlm usus halus
Limpa berfungsi untuk :
1. Tempat pembentukan sel darah putih
2. Tempat membunuh kuman penyakit
3. Tempat pembongkaran sel darah merah yg telah mati
4. Tempat cadangan sel darah
Fungsi tonsil sbg pertahanan tubuh dr kuman yang masuk ke dlm mulit & hidung.
Ada beberapa penyakit pada system peredaran darah, yaitu :
1. AIDS --> penyakit system kekebalan tubuh
Penyebab : virus HIV
2. Ambeien / wasir --> pembuluh darah disekitar anus melebar
Penyebab : terlalu banyak duduk
3. Anemia --> kekurangan sel darah merah
4. Angina --> darah dalam jantung sedikit
5. Asteriosklorosis --> pengerasan pembuluh nadi
6. Hemofilia --> darah tidak dapat membeku
7. Hipertensi --> tekanan darah di atas normal
8. Hipotensi --> tekanan darah di bawah normal
9. Leukimia / kanker darah --> sel darah putih membelah secara tidak terkendali
10. Leukopenia / Leukositosis --> sel darah putih sangat sedikit
11. Limfadenitis --> peradangan kelenjar limfa
12. Parikarditis --> peradangan pada selaput pemabungkus jantung
13. Serangan jantung --> suplai darah ke otot jantung sangat kurang.
14. Talasemia --> sel darah merah yang tidak normal
15. Varises --> pembuluh darah vena membesar

Kemampuan yang diuji 4 : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
Fungsi ginjal :
1. Filtrasi à kapsul Bowman
2. Reabsorpbsi à penyerapan terjadi pd saat perjalanan dari kapsul Bowman menuju ke
saluran pengumpul
Dalam keadaan normal, urine mengandung :
1. air, urea, amonia (perombakan protein)
2. Garam mineral (garam dapur)
3. Zat warna empedu à kuning
4. Zat yg berlebihan pd darah : vitamin, obat-obatan, hormone

Kemampuan yang diuji 5 : Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
Sistem Saraf
Fungsi sistem saraf :
1. Alat pengenal perubahan yg terjadi di luar tubuh atau sbg penghubung antara tubuh dg
dunia luar melalui indra
2. Alat pengatur / pengendali tanggapan thd keadaan sekitar
3. Mengatur & mengendalikan kerja organ tubuh shg organ tsb dpt bekerja sesuai
Fungsinya
Fungsi bagian-bagian sel saraf :
1. Dendrit à menerima & menghantarkan rangsangan menuju ke badan sel saraf
2. Neurit / akson à menghantarkan rangsangan dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya
3. Sel Schwann à menyediakan makanan utk neurit & membantu regenerasi neurit
4. Nodus renvier & Neurofibril à mempercepat penyamapian rangsangan
Sistem saraf dibagi 2 :
1. Sistem saraf pusat
2. Sistem saraf tepi
Sistem saraf pusat dibagi 2 :
1. Otak
2. Sumsum tulang belakang
Sistem saraf tepi dibagi 2 :
1. Sistem saraf somatik / sadar
2. Sistem saraf autonom / tak sadar
Sistem saraf somatik dibagi 2 :
1. 12 pasang saraf otak (saraf kanial)
2. 31 pasang saraf sumsumm tulang belakang (sraf spinal)
Sist. saraf autonom dibagi 2 :
1. Sistem saraf simpatik
2. Sistem saraf simpatetik
System syaraf pusat meliputi :
1. Otak depan à yg plg dominan adl tak besar / serebrum yg berfungsi sbg pusat
pengendalian gerak yg di sadariex : berpikir, berbicara, melihat
2. Otak tengah à (1) menyampaikan rangsangan antara otak depan dg otak tengah serta (2)
menyampaikan rangsangan antara otak depan dg mata
3. Otak belakang à bagian uatamanya : (1) otak kecil (serebelum) à mengatur
keseimbangan tubuh & sbg pusat koordinasi kerja otot saat bergerak, (2) Sumsum lanjutan
(medula oblongata) à pusat pengatur denyut jantung, pernafasan, tekanan darah, & suhu
tubuh.
4. Sumsum tukang belakang (medula spinalis) à penghantar impuls saraf dari & menuju
otak serta sbg pusat gerak refleks.
Perbedaan gerak biasa dengan gerak refleks :
1. Gerak Biasa : Impus à indra à saraf sensori à otak à saraf motor à otot (respon
2. Gerak Refleks : Impus à indra à saraf sensori à saraf penghubung à saraf motor à otot
(respon

Kemampuan yang diuji 6 : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada
tumbuhan.
Struktur and Fungsi Jaringan/Organ pada Tumbuhan
A. Pengelompokan Tumbuhan Berdasar Cara Adaptasi pada Lingkungannya
Berdasarkan cara adaptasi pada lingkungannya tumbuhan dibagi menjadi 4, yi :
1. Xerofit, menyesuaikan pd daerah kering, biasanya daun kecil, berduri & berlapis lilin, ex :
kaktus
2. Higrofit, menyesuaikan pd daerah lembab/basah, biasanya daun lebar & tipis, ex : keladi
3. Hidrofit, menyesuaikan pd lingkungan air, ex : enceng gondok, terate
4. Tropofit, menyesuaikan diri dg lingkungan kering & basah, ex kapuk randu & jati
B. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan Kebutuhan Oksigen
Berdasarkan keperluan terhadap oksigennya, tumbuhan dibagi menjadi 2 :
1. Aerob (memerlukan oksigen) à terjadi respirasi
2. Anaerob (tak memerlukan oksigen) à tidak terjadi respirasi shg utk memperoleh energi
dilakukan mell fermentasi/peragian. Adapun yg dimaksud dengan fermentasi adalah
proses cara memperoleh energi pd tumbuhan anaerob dg cara mengubah karbohidrat
menjadi gula yang kemudian gula diubah lg menjadi alkohol.
Teknologi fermentasi jg dimanfaatkan utk memproduksi makanan, yi tempe (Rhizopus sp),
tape (Sacharomices sp), yogurt (Lactobacillus sp)
C. Organ Pada Tumbuhan
Organ pada tumbuhan meliputi :
1. Akar
Fungsi akar, yaitu :
a. menyerap air dan garam-garam mineral dari tanah
b. untuk memperkokoh tegaknya tumbuhan
c. dapat menyimpan cadangan makanan
d. membantu pernafasan
Struktur luar akar terdiri dari :
a. rambut akar --> memperluas daerah absorbsi mineral dan air dari dalam tanah
b. tudung akar / kaliptra --> melindungi sel akar
Perbedaan akar monokotil dan dikotil, yaitu
a. system perakaran monokotil serabut, sedangkan system perakan dikkotil tunggang
b. akar monokotil tidak berkambium sedangkan akar dikotil berkambium
2. Batang
Batang di bagi menjadi 2, yaitu :
a. Batang monokotil
Ciri-ciri batang monokotil :
1) Batang umumnya tidak bercabang
2) Tidak berkambium
b. Batang dikotil
Ciri-ciri batang dikotil :
1) Batang umumnya tidak bercabang
2) Tidak berkambium
Kambium --> pembelahan sel. Membelah keluar membentukl floem, membelah ke dalam
membentuk xilem.
Xilem --> mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun
Floem --> mengangkut zat organik hasil fotosintesa dari daun ke seluruh bagian tubuh
tumbuhan
Korteks --> tempat proses pertukaran gas dan sebagai tempat cadangan makan
3. Daun
Perbedaan daun monokotil dan dikotil :
a. pertulangan daun monokotil sejajar, sedangkan pertulangan daun dikotil menjari /
menyirip
b. daun monokotil berpelepah sedangkan daun dikotil tidak berpelepah
Epidermis --> melindungi bagian yang ada di bawahnya
Palisade --> sebagai tempat fotosintesa
Spons --> tempat cadangan CO2 yang akan digunakan untuk fotosintesa
Stomata --> alat pernafasan
4. Bunga / Flower
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.
Berdasarkan bagian-bagiannya, bunga dibagi menajdi 4, yaitu
a. Bunga lengkap --> bunga yang memiliki seluruh bagian-bagian bunga (benang sari, putik,
mahkota, kelopak). Contoh bunga sepatu
b. Bunga tidak lengkap --> bunga yang tidak memiliki seluruh bagian bunga, contoh bunga
melati
c. Bunga sempurna --> bunga yang mempunyai dua alat kelamin (benang sari dan putik).
Contoh bunga sepatu
d. Bunga tidak sempurna --> bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin (putik saja
atau benang sari saja). Contoh bunga salak
5. Buah dan Biji / Fruit and Seed
Biji berfungsi sebagai embrio tumbuhan
Berdasarkan pembentukannya, buah dibagi menajadi 2, yaitu :
a. Buah sejati --> dibentuk oleh seluruh jaringan pada bakal buah. Contoh : pepaya, durian,
mangga, tomat dll
b. Buah semu --> dibentuk bukan hanya dari bakal buah saja, tetapi juga dari bagian-bagian
bunga yang lain.
Contohnya :
1) Nanas --> dibentuk dari bakal buah dan kelopak bunga
2) Apel --> buahnya berasal dari bunga yang menggembung
3) Nangka --> berasl dari kelopak bunga yang menebal
4) Jambu mede --> berasal dari tangkai bunga yang membesar

D. Pernafasan Pada Tumbuhan
Pernafasan merupakan proses untuk menghasilkan energi melalui oksidasi biologi dengan
reaksi sebagai berikut :
C6H12O6 + O2 --> CO2 + H2O
Organ pernafasan pd tumbuhan ada 2, yi :
1. Stomata à di daun
2. Lentisel à di batang & akar
Organ pernafasan khusus :
1. Akar nafas pd bogem (Sonneratia sp) & kayu api (Avicennia sp)
2. Akar gantung pd anggrek kalajengking (Arahnis flasaeris)
3. Saluran udara pd padi, kangkung, enceng gondok
4. Rongga udara pd enceng gondok

E. Pengangkutan Air dan Garam Mineral Pada Tumbuhan
Naiknya air ke daun dipengaruhi oleh 3 faktor, yi :
1. Tekanan akar à pengaruh osmosis (air di dalam batang lebih pekat dr pd air tanah)
2. Kapilaritas batang à sel kapilaritas pd batang
3. Daya isap daun à pengaruh transpirasi

F. Transpirasi
Transpirasi pada tumbuhan dipengaruhi :
1. Suhu
2. Kelembaban relatif
3. Atmosfer
4. Cahaya
5. Persediaan air tanah
G. Ekskresi Pada Tumbuhan
Pengeluaran pd tumbuhan :
1. Gas à gas dikeluarkan mll stomata
2. Air à air dikeluarkan mll stomata &lentisel.
Gutasi adl keluarnya titik air pd ujung daun

Kemampuan yang diuji 7 : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.

Gerak Pada Tumbuhan
Berdasarkan penyebabnya gerak pada tumbuhan di bagi menjadi 3, yaitu :
1. gerak autonom/endonom
gerak autonom/endonom adalah gerak yang belum diketahui penyebabnya secara pasti.
Contoh : daun kobis yang selalu menguncup.
2. gerak higroskopis
Gerak higroskopis ádalah gerak yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air
(kelembaban). Contohnya membukanya kotak spora pada tumbuhan paku dan pecahnya
kulit buah pada tumbuhan tertentu seperti jarak, karet dan petai cina.
3. gerak esionom
gerak esionom adalah gerak yang terjadi karena rangasangan dari luar.
Gerak esionom dibedakan menjadi 3, yaitu :
1. Tropisme
Triopisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipenagruhi oleh arah datangnya
rangsangan.
Ada beberapa gerak tropisme, yaitu :
a. Geotropisme
Geotropisme, yaitu tropisme yang disebabkan adanya gravitasi.
Geotropisme ada 2, yaitu
- Georopisme positif --> bila arah geotropisme searah dengan grafitasi. Contohnya
tumbuhnya akar ke dalam tanah.
- Geotropisme negatif --> bila arah geotropisme berlawanan dengan grafitasi.
Contohnya ujung batang tumbuhan yang tumbuh ke atas.
b. Fototropisme
Fototropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh cahaya. Contohnya gerakan
daun yang cenderung menuju kearah datangnya cahaya.
c. Hidrotropisme
Hidrotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh air
Contohnya gerak akar yang cenderung menuju ke tempat yang barair
d. Tigmotropisme
Tigmotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh adanya
sentuhan/persinggungan. Contohnya gerak tumbuh ujung tanaman bersulur
(gadung)yang membelit batang.
2. Nasti / Nasty
Nasti adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya
rangsangan.
Ada beberapa gerak nasti, yaitu :
a. Tigmomonasti
Tigmomonasti adalah nasti yang disebabkan karena sentuhan. Contohnya menutupnya
daun putri malu (Mimosa pudica)saat disentuh
b. Fotonasti
Fotonasti adalah nasti yang disebabkan oleh cahaya.
Contoh :
- membuka dan menutupnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa)
- mekarnya bunga matahari
c. Niktinasti
Niktinasti adalah nasti yang disebabkan karena suasana gelap
Contoh :
- menutupnya bunga kupu-kupu pada malam hari
- mengatupnya daun majemuk petai cina pada malam hari
d. Termonasti
Termonasti adalah nasti yang terjadi karena rangsangan suhu.
Contonhya mengembangnya bunga tulip ketika suhu panas dan akan menutup pada suhu
turun.
e. Nasti kompleks
Nasti kompleks adalah nasti yang disebabkan oleh beberapa penyebab sekaligus (CO2,
cahaya, suhu, zat kimia dll).
Contohnya membuka dan menutpnya stomata terjadi karena dipengaruhi oleh cahaya, air
dan zat kimia.
3. Taxis
Taxis adalah gerak pindah tempat pada tumbuhan
Ada 2 gerak taxis, yaitu
a. Kemotaxis
Kemotaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh zat kimia.
Contohnya gerak spermatozoid menuju sel telur
b. Fototaxis
Fototaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh cahaya.
Contoh :
- spora mempunyai bulu cambuk yang bergerak menuju tempat yang lebih terang
- klorofil yang cenderung bergerak kebagian daun yang terdedah cahaya.

Kemampuan yang diuji 8 : Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan
tentang proses tersebut

Fotosintesis
A. Tahapan-tahapan Fotosintesis
Tahapan-tahan fotosintesis, yaitu :
1. Rekasi terang
Klorofil menangkap cahaya, kemudian energi yang ditangkap klorofil tersebut digunakan
untuk memecah molekul air. Pemecahan molekul iar tersebut disebut fotolisis. Sedangkan
reaksi fotolisis sbb :
2H2O --> 2H2 + O2
2. Reaksi gelap
Pada proses ini terjadi pengikatan karbondioksida di dalam daun. Karbondioksida ini akan
bergabung dengan hydrogen yang dihasilkan pada reaksi terang untuk membentuk gula.
B. Reaksi Fotosintesis
Proses fotosintesa secara lengkap dengan reaksi sebagai berikut
Sinar matahari
CO2 + H2O ------------------------> C6H12O6 + O2
klorofil
Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesa, yaitu CO2, H2O, C6H12O6, O2, klorofil, dan
Cahaya
C. Uji Iodin
Iodin merupakan salah satu bahan indicator karbohidrat. Apabila suatu bahan
mengandung karbohidrat maka setelah ditetesi Iodin warnanya menjadi biru keahitaman.
Uji Iodin biasa dilakukan untuk mengeatahui apakah telah terjadi fotosintesis atau belum.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 9 : MENGAPLIKASIKAN KONSEP PERTUMBUHAN DAN
PERKEMBANGAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEWARISAN SIFAT PADA ORGANISME
SERTA KAITANNYA DENGAN LINGKUNGAN, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT

Kemampuan yang diuji 1 : Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Kelangsungan Hidup Organisme
Kelangsunga hidup organisme dipengaruhi oleh :
1. Adaptasi
2. Seleksi alam
3. Kemampuan berkembangbiak
Adaptasi ada 3, yi :
1. Morfologi, ex : bentuk paruh burung bermacam-macam sesuai dg jenis makanannya
2. Fisiologi, ex : manusia yg biasa hidup di dataran tinggi cenderung mempunyai eritrosit
lebih banyak dari pada manusia yg biasa hidup di dataran rendah
3. Tingkah laku, ex : ular menjulurkan mulut untuk mengenali mangsanya.
Faktor yang mempengaruhi seleksi alam :
1. Suhu lingkungan
2. makanan

Kemampuan yang diuji 2 : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum
Mendel.
Genetika :
Monohibrid adalah persilangan dengan sau sifat beda
Dihibrid persilangan dengan dua sifat beda
Sifat fenotip adalah sifat yang tampak. Contoh rambut kriting, bunga sepatu berwarna
Merah
Sifat genotip adalah sifat yang dilukiskan dalam bentuk symbol. Contoh : MM, Mm, BB,
dan sebagainya.
Contoh soal :
1. Pada persilangan bunga sepatu, disilangkan bunga sepatu merah (MM) dan bunga
sepatu putih (mm) sehingga dihasilkan anakan warna merah (Mm). Apabila keturunan
pada F1 disilangkan antar sesamanya, maka
a. Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
b. Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?
c. Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2 ?
Kunci jawaban :
a. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :
Merah : putih = 3 : 1
b. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :
MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1
c. Prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2, adalah 75 %
2. Pada persilangan bunga pucung, disilangkan bunga pucung ungu (UU) dan bunga sepatu
putih (uu) sehingga dihasilkan anakan warna ungu muda (Uu). Apabila keturunan pada F1
disilangkan antar sesamanya, maka
a. Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
b. Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?
c. Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2 ?
Kunci jawaban :
a. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :
Ungu : Ungu muda : putih = 1 : 2 : 1
b. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :
UU : Uu : uu = 1 : 2 : 1
c. Prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2, adalah 25 %
3. Pada persilangan kacang ercis, disilangkan kacang ercis berbiji bulat kuning disilangkan
dengan kacang ercis berbiji keriput hijau. Apabila bulat kuning merupakan warna dominan
terhadap warna lainnya dan keturunan pada F1 disilangkan anatar sesamanya maka :
a. Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
b. Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan bulat kuning pada F2 ?
Kunci jawaban :
a. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :
Bualat kuning : bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1
b. Prosentase dihasilkan anakan berwarna bulat kuning pada F2, adalah 56,25 %

Kemampuan yang diuji 3 : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.
Teknologi Reproduksi
Teknologi reproduksi meliputi :
1. Kawin silang / bastar
Kawin silang merupakan penerapan teknologi di bidang reproduksi yang paling sederhana,
karena kita tinggalkan mengawinkan indukan unggul yang seperti kita inginkan. Contoh
hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai yaitu
jagung hibrida, sapi potong dll
2. Kultur jaringan
Kultur jaringan adalah keguiatan membudidayakan suatu jarigan tanaman atau hewan
secara vegetatif menjadi tanaman aztau hewan yang memilki sifat sama dengan induknya
dalam waktu yang singkat.
Mangfaat kultur jaringan :
a. mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat dengan sifat yang
sama dengan induknya
b. membuat tumbuhan dengan sifat-sifat yang kita kehendaki
c. hemat dari segi waktu, ruang dan tenaga
Contoh hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai
yaitu bunga anggrek, dll
3. Inseminasi buatan / Kawin suntik
Inseminasi buatan dilakukan dnegan menyuntikan semen dari hewan jantan pada hewan
betina.
Inseminasi buatan umunya dilakukan pada hewan ternak, misalnya sapi, kambing dll.
4. Fertilisasi in vitro / bayi tabung
Fertilisasi terjadi di dalam tabung. Teknologi bayi tabung sudah dilakukan di beberapa
rumah sakit di Indonesia.
5. Kloning
Kloning merupakan salah satu teknologi reproduksi untuk menghasilkan individu baru
secara aseksual sehingga individu baru mempunyai sifat yang sama dengan induknya.
Kloning pertama dilakukan pada domba, domba itu diberi nama Dolly.

Kemampuan yang diuji 4 : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia.
Bioteknologi
Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dalam menggunkan organisme
untuk menghasilkan produk dan jasa untuk memenuhi keabutuhan manusia.
Bioteknologi ada 2, yaitu :
1. Konvensional
Bioteknologi koenvensioanal biasanya menggunakan mikroorganisme (bakteri dan jamur)
2. Modern
Bioteknologi modern meliputi : rekayasa genetika, hidroponik aeroponik, dan teknologi
reproduksi.

Ada beberapa mikroorganisme yang telah dimanfaatkan untuk menghasilkan produk tertentu, yaitu :
  1. Aspergillus oryzae --> kecap
  2. Aspergillus wenti --> taucho
  3. Rhyzopus sp --> tempe
  4. Neurospora sp --> oncom
  5. Saccharomyces sp --> tape, bir
  6. Streptococus lactis --> keju
  7. Lactobacillus sp --> yogurt
  8. Acetobaster --> asam cuka
  9. Pseudomorus sp --> Vitamin B12
  10. Penicillium sp --> penisilin

Penerapan bioteknologi di bidang pertanian :
1. Hidroponik
Media tanam yang digunakan genting, passir, kerikil dllyang disiram dengan larutan berisi
nutrient yang diperlukan tanaman.
2. Aeroponik
Tanaman dibiarkan menngantung dan dijaga kelembabanya.
Penerapan bioteknologi dengan cara rekombinasi gen (rekayasa genetika telah dilakukan,
seperti di bawah ini, yaitu :
1. Pembuatan insulin
Gen penghasil insulin disambung dengan Eschercia coli sehingga bakteri tersbut dapat
menghasilkan insulin
2. Racun serangga
Penyuntikan Pseudomanas flouroscens ke akar tumbuhan jagung seahingga tumbuhan
mampu menghasilkan racun yang mematikan serangga.
Dampak positif penerapan bioteknologi :
1. mengurangi kekurangan bahan makanan
2. membantu mengastasi maslah kesehata
3. menyediakan berbagai senyawa organic, seperti alcohol dll
4. menyediakan energi (biogas)
5. memperbaiki lingkungan
6. mengatasi kesulitan memperoleh keturunan (bayi tabung)
Dampak negative penerapan bioteknologi :
1. Tidak semua masyarakat menerima bioteknologi
2. Ada kehawatiran ketrampilan merekayasa gen digunakan untuk kejahatan

Support web ini

BEST ARTIKEL