Tuesday, September 21, 2010

SKL BIOLOGI UN 2011












MARI KITA SIAPKAN UN SEJAK DINI AGAR BIOLOGI LULUS CUMLAUDE







Monday, September 20, 2010

LKS LIMBAH DAN DAUR ULANG

Topik : Jenis-jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah

Tujuan : siswa mampu menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah

Alat dan Bahan:

· Alat tulis

· Kertas

· Kamera

Langkah Kerja

1. Tentukan lokasi observasi sesuai dengan tugas tiap kelompok (rumah, sekolah, pasar dan sungai)

2. Setiap kelompok melakukan kegiatan pengamatan di masing-masing lokasi yang telah ditentukan. Kegiatan pengamatan dilakukan selama 2 hari

3. Kumpulkan data tentang jenis sampah yang ada di lokasi pengamatan. Kelompokkanlah jenis sampah tersebut berdasarkan kriteria berikut ini:

a. Limbah organik

b. Limbah anorganik

c. Limbah yang dapat di daur ulang

4. Masukkan data hasil pengamatan tersebut ke dalam lembar hasil pengamatan yang telah disediakan

5. Identifikasilah cara-cara yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi pengamatan untuk mengatasi limbah tersebut

6. Carilah informasi dari berbagai sumber (literatur, koran, majalah, dll) tentang limbah golongan B3 (berbahaya) dan dampaknya bagi manusia dan ekosistem

7. Lengkapi hasil observasi dan pencarian informasi kalian dengan gambar/foto

8. Laporkan hasil observasi dan pencarian informasi kalian dalam bentuk jawaban Lembar Kerja Siswa (LKS) dan presentasi

LEMBAR HASIL PENGAMATAN

Lokasi pengamatan : ………………………………………………….

Tanggal Pengamatan : ………………………………………………….

Kelompok : ………………………………………………….

No

Nama Limbah

Keterangan

Organik

Anorganik

Dapat di daur ulang






Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Dari hasil pengamatan kalian, jelaskan cara-cara yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi pengamatan untuk mengatasi limbah tersebut

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan macam limbah yang tergolong limbah B3 (berbahaya)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Apakah dampak limbah golongan B3 (berbahaya) bagi manusia dan ekosistem?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Apa saja kriteria kualitas limbah yang dapat digunakan sebagai parameter polutan? Jelaskan

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Buatlah refleksi diri tentang usaha yang telah kalian lakukan untuk mengatasi limbah yang ada di rumah dan lingkungan kalian serta buatlah usulan usaha untuk mengatasi limbah tersebut (kerjakan secara individual dan sertakan dalam laporan)

Topik :Membuat Produk daur Ulang Limbah

Tujuan : siswa mampu membuat suatu produk baru dari hasil daur ulang limbah yang ditemukan di lingkungan sekitar

Langkah Kerja:

1. Tentukan produk daur ulang limbah yang akan kamu buat

2. Tentukan bahan limbah rumah tangga yang kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat produk tersebut!

3. Tentukan alat dan bahannya!

4. Tuliskan langkah kerja dalam membuat produk tersebut!

5. Apa manfaat dari produk daur ulang limbah yang kamu buat?

6. Susunlah hasil kegiatan kalian dalam laporan terstruktur dan kumpulkan produk yang telah kalian hasilkan!

Support web ini

BEST ARTIKEL