Wednesday, March 23, 2011

SOAL BIOLOGI KELAS X UN 2011 (TRY)


1. Perhatikan beberapa contoh keanekaragaman pada berbagai pedagang berikut ini
1) Berbagai macam pohon mawar
2) Berbagai macam ikan hias
3) Berbagai macam pisang
4) Berbagai macam burung
Keanekaragaman barang dagangan yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis / spesies ditunjukkan oleh ....
1. 1 dan 2
2. 1 dan 3
3. 2 dan 3
4. 2 dan 4
5. 3 dan 4
2. Seorang peneliti menyilangkan Jeruk Bali dengan Jeruk Medan dengan harapan memperoleh buah yang ukurannya besar dan rasanya manis dengan warna kekuningan. Tanaman hasil penyilangan ternyata tidak pernah menghasilkan buah setelah ditanam beberapa tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara Jeruk Bali dan Jeruk Medan menunjukkan keanekaragaman tingkat …
  1. gen
  2. spesies
  3. ekosistem
  4. gen dan spesies
  5. gen dan eksosistem
3. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah …. .
  1. lengkuas, jahe, salam
  2. aren, kelapa, pinang
  3. jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk peras
  4. bawang merah, daun sledri, bawang putih
  5. ubi, singkong, talas
4. Di daerah pantai dan dataran rendah banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa, sedangkan di daerah pegunungan banyak ditumbuhi oleh pohon aren. Hal tersebut menunjukkan keanekaragaman …
  1. varietas
  2. gen
  3. speises
  4. ekosistem
  5. habitat
5. Di Kebun Raya Bogor terdapat papan yang bertuliskan Gymnospermae, Gnetales, Gnetinae, gnetum gnemon pada sebuah pohon. Data tersebut menunjukan urutan dari .... .
  1. divisio, kelas, familia, genus
  2. divisio, familia, genus, spesies
  3. subdivisio, klas, familia, genus
  4. subdivisio, klas, ordo, spesies
  5. subdivisio, ordo, familia, spesies
6. Perhatikan nama ilmiah beberapa organisme berikut ini
1) Felis domestica
2) Felis tigris
3) Canis familiaris
4) Curcuma domestica
Organisme yang merupakan makhluk hidup yang bergenus sama adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
7. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. .
  1. spesies sama, varietas sama
  2. spesies beda, varietas sama
  3. spesies sama, genus berbeda
  4. genus sama, spesies berbeda
  5. berbeda spesies maupun genus
8. Nama ilmiah tumbuhan durian adalah Durio zibethinus, menurut aturan binomial nomenklatur kata zibethinus menunjukkan .......
  1. nama spesies
  2. nama genus
  3. penunjuk spesies
  4. penunjuk genus
  5. keterangan genus
9. Nama ilmiah tumbuhan kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, menurut aturan binomial nomenklatur kata Hibiscus menunjukkan .......
  1. nama spesies
  2. nama genus
  3. penunjuk spesies
  4. penunjuk genus
  5. keterangan genus
10. Tumbuhan mampu menghasilkan gas oksigen (O2) melalui fotosintesis yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk pernapasan merupakan contoh bahwa keanekaragaman hayati mempunyai nilai …. .
  1. Ilmiah
  2. Biologi
  3. Religius
  4. Ekonomi
  5. sosial budaya

11. Ikan Arwana sudah dapat dikonservasi secara Eksitu bahkan dilingkungan barunya sudah dapat dibudidayakan. Manfaat secara ekonomi dari keberhasilan ini bagi masyarakat adalah
A. Kelestarian ikan Arwana tetap terjaga
B. Warga masyarakat disekitar habitat asli dpt mengeksploitasi ekosistem utk kegiatan lain
C. Jumlah ikan Arwana di masyarakat menjadi melimpah
D. Masyarakat dapat membudidayakan sebagai mata pencaharian
E. Mitos yang berkembang tentang ikan arwana hilang
12. Pernyataan yang benar tentang susunan tubuh virus adalah .......
  1. memiliki selubung dari protein dan materi genetik berupa DNA atau RNA
  2. memiliki selubung dari lemak dan materi genetik berupa DNA atau RNA
  3. kapsid tersusun dari lipoprotein dan materi genetik berupa kromosom
  4. kapsid tersusun dari karbohidrat polisakarida dan materi genetik berupa plasmid
  5. organisme non seluler dan memiliki kristal yang mengandung plasmid
13. Bagian virus yang dapat mengalami mutasi pada gambar virus berikut ini adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
14. Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh virus atau bakteri.
Manakah pernyataan berikut yang benar?
15. Perhatikan gambar

  1. penetrasi, lisis, sintesis
  2. penetrsi, absorbsi, sintesis
  3. lisis, penetrasi, absorbsi
  4. absorbsi, penetrasi, sintesis
  5. absorbsi, sintesis, lisis
16. Virus yang materi genetiknya RNA dan dapat menyebabkan kehancuran limfosit pada manusia sehingga daya tahan tubuh menurun adalah ......
  1. HIV
  2. H5N1
  3. RSV
  4. CVPD
  5. TMV
17. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!
Protozoa yang tergolong kelas Mastigophora (Flagellata) adalah .........
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 1 dan 5
  4. 2 dan 5
  5. 3 dan 4
18. Hasil penelitian terhadap feses seorang pasien di laboratorium kesehatan terdapat mikroorganisme seperti gambar berikut ini!
Orang tersebut menderita penyakit ...
A. malaria
B. antraks
C. anemia
D. influensa
E. disentri
19. Perhatikan tahapan reproduksi Plasmodium berikut ini :
1. tropozoit
2. sporozoit
3. merozoit
Urutan proses reproduksi Plasmodium yang tepat adalah .... .
  1. 1 – 2 – 3
  2. 1 – 2 – 3
  3. 2 – 1 – 3
  4. 2 – 3 – 1
  5. 3 – 1 – 2
20. Perhatikan gambar berikut :
Urutan yang benar dari reproduksi Spyrogira sp adalah …. .
  1. 1, 2, 3, 4, dan 5
  2. 1, 3, 5, 4, dan 2
  3. 2, 4, 1, 3, dan 5
  4. 3, 5, 2, 4, dan 1
  5. 5, 1, 3, 2, dan 4
21. Perhatikan beberapa tahapan reproduksi plasmodium malaria berikut ini
1) gametosit
2) ookinet
3) merozoit
4) sporozoit
5) tropozoit
Fase perkembangan plasmodium malaria yang terjadi didalam tubuh manusia secara urut adalah
  1. 1,2 dan 4
  2. 1,4 dan 5
  3. 3,5 dan 2
  4. 4,3 dan 5
  5. 5,4 dan 2

22. Bakteri yang berperan mengubah alkohol menjadi asam cuka adalah …. .
  1. Basilicus subtilis
  2. Acetobacter aceti
  3. Clostridium tetani
  4. Lactobacillus bulgarius
  5. Sacharomyces sereviceae

23. Aspergillus wentii dipergunakan dalam pengolahan makanan karena dalam proses fermentasi memecah protein dan mengubah amilum. Di Indonesia digunakan dalam pembuatan .......
A. tape dan tempe
B. tauco dan kecap
C. roti dan keju
D. asinan dan oncom
E. tuak dan anggur
24. Bakteri banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk mengubah bahan makanan menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi. Hubungan antara jenis bakteri, bahan dan produk yang dihasilkan pada tabel berikut ini yang benar adalah …..
25. Perhatikan contoh beberapa jamur berikut ini
1) Puccinia graminis
2) Auricularia polytricha
3) Penicillium notatum
4) Volvarilla volvaceae
5) Rhizopus stolonifer
Jenis jamur yang memiliki nilai ekonomi karena dapat digunakan sebagai bahan makanan adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 5
26. Perhatikan gambar daur hidup tumbuhan paku homospor!
Yang berlabel X, Y dan Z adalah .........
A. protonema, spermatozoid dan sporofit
B. gametofit, sporofit dan spermatozoid
C. protalium, spermatozoid dan sporofit
D. protalium, spermatozoid dan gametofit
E. sporofit, spermatozoid dan gametofit
27. Perhatikan diagram metagenesis lumut !
28. Berdasarkan diagram tersebut yang ditunjuk x dan y secara berurutan adalah …. .
A. protonema dan protalium
B. protonema dan sporangium
C. protalium dan sporogonium
D. protonema dan sporogonium
E. protalium dan sporangium

29.
Dari gambar di bawah ini berdasarkan metagenesisnya merupakan keturunan
  1. sporofit
  2. gametofit
  3. sporofil
  4. protonema
  5. protalium
30. Secara berurutan (X), (Y), dan (Z) dari daur hidup lumut ini menunjukkan .... .
  1. tumbuhan lumut, sprorangium, protonema
  2. fase gametofit, arkegonium, protonema
  3. fase sporofit, arkegonium, protonema
  4. fase gametofit, anteridium, protalium
  5. faseProtalium, anteredium zigot, sporangium
31. Perhatikan skema siklus perkembangan tumbuhan paku berikut iniPenjelasan yang benar berkaitan dengan bagian X dan Y pada tabel berikut ini yang benar adalah...32. Perhatikan tabel ciri-ciri tumbuhan paku dan lumut berikut ini
No
Ciri
lumut
paku
1
Fase dominan
sporofit
gametofit
2
Jumlah kromosom
n (haploid)
2n (diploid)
3
Penghasil Spora
sporogonium
Tumbuhan paku
4
Penghasil gamet
Tumbuhan lumut
protonema
Ciri metagenenesis tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang benar adalah ....
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 1 dan 4
  4. 2 dan 3
  5. 2 dan 4
33. Perhatikan gambar berikut ini tumbuhan gymnospermae berikut ini

Dalam siklus hidup tumbuhan ini fase sporofit ditunjukkan oleh bagian ....
A. X
B. Y
C. Z
D. X dan Y
E. Y dan Z

34.
Perhatian siklus hidup Obelia sp berikut ini
Fase yang ditunjukkan oleh nomor 1,2 dan 5 secara urut adalah ....
  1. planula, medusa, polip
  2. planula, polip,medusa
  3. Medusa, planula, polip
  4. Medusa, polip, planula
  5. Polip, medusa, planula
35. Salah satu cacing pipih (Plathelminthes) yang parasit pada manusia adalah cacing pita (Taenia saginata dan Taenia solium). Dengan memperhatikan siklus hidupnya , cara paling efektif untuk menghindari nfeksi cacing tersebut adalah....
A. Selalu memakai alas kaki kalau masuk ke WC
B. Mencuci tangan sebelum makan
C. Tidak menggaruk anus yang gatal
D. Menghindari gigitan nyamuk
E. Memasak dengan matang daging yang dimakan
36. Suatu jenis cacing memiliki daur berikut : telur yang keluar bersama feses menetas pada tempat yang becek, larva menembus kulit kaki dan masuk peredaran darah manusia sampai di paru-paru kemudian keluar menuju trakea. Dari trakea ke faring kemudian tertelan masuk usus dan berkembang sampai dewasa. Cacing tersebut adalah ...
A. Enterobius
B. Ascaris
C. Wuchereria
D. Ancylostoma
E. Fasciola
37. Dari tabel berikut ini yang merupakan ciri-ciri perkembangbiakan hewan kelas Amfibia adalah ...

Fertilisasi
Perkembangan embrio
A.
Internal
ovovivipar
B.
Internal
vivipar
C.
Internal
ovipar
D.
Eksternal
ovipar
E.
Eksternal
ovovivipar
38. Ikan hiu berbeda dengan ikan mujair . Perbedaan keduanya sehingga dimasukkan dalam phylum yang berbeda adalah ...
A. Tipe alat pernafasannnya
B. Cara bereproduksinya
C. Cara memperoleh makanan
D. Tipe rangka tubuhnya
E. Sistem peredaran darah

39. Ciri-ciri Aves yang tidak dimiliki oleh kelas lainnya dalam subfilum vertebrata adalah ...
  1. jantung beruang empat
  2. fertilisasi interna
  3. ovipar (bertelur)
  4. kulit berbulu
  5. suhu tubuh tidak tetap
40. Perhatikan skema berikut !
Organisme-organisme tersebut membentuk kehidupan bersama yang disebut
A. populasi
B. komunitas
C. ekosistem
D. biosfeer
E. simbiosis
41. Perhatikan siklus nitrogen ini !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk bakteri yang terlibat pada x, y secara berurutan adalah .
A. nitosococus, nitrosomonas
B. nitrosomonas, nitrosococus
C. nitrobacter, nitrosococus
D. nitrobacter, nitrosomonas
E. nitosococus, nitrobacter
42. Perhatikan daur oksigen di alam
Yang ditunjuk oleh x, y dan z secara berurutan adalah .....
  1. CO2 , O2 dan respirasi anaerob
  2. O2 , cahaya dan fotosintesis
  3. O2 , H2O dan respirasi anaerob
  4. CO2 , H2O dan katabolisme
  5. O2 , H2O dan fotosintesis
43. Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur karbon berikut!
Proses yang terjadi pada bagian X adalah ....
  1. respirasi
  2. fotosintesis
  3. pembakaran
  4. tarnspirasi
  5. oksidasi
44. Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap Global Warming, karena suhu permukaan bumi semakin meningkat. Penyebab dari fenomena ini adalah ...
  1. menipisnya lapisan ozon
  2. meningkatnya penggunaan CFC
  3. meningkatnya pengeluaran CO2
  4. meningkatnya suhu air laut
  5. meningkatnya permukaan ir laut
45. Penipisan lapisan ozon yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas cahaya matahari
disebabkan oleh polutan ...
A. oksida sulfur
B. oksida karbon
C. oksida nitrogen
D. hidrokarbon
E. chhoroflurocarbons
46. Di daerah perkotaan terutama yang dekat dengan daerah industri barang-barang yang terbuka dan terbuat dari logam cepat korosi. Pencemaran yang udara yang mungkin terjadi di daerah tersebut adalah ...
  1. CO2
  2. CO
  3. SO3
  4. Asap
  5. Freon
47. Eutrofikasi yang terjadi pada ekosistem air menyebabkan hewan air mengalami kematian, sebab air yang terdapat di dalamnya banyak mengandung .....
  1. oksigen
  2. karbondioksida
  3. busa detergen
  4. nitrat dan posfat
  5. garam mineral
DETAIL MAU PINTER

Support web ini

BEST ARTIKEL