Wednesday, June 22, 2011

PLANER SISTEM REPRODUKSI SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : BIOLOGI IPA
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
  • Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
  • Mendiskripsikan sistem reproduksi danpenyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia.
Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  • Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
Karakter siswa yang diharapkan :
  1. Disiplin ( Discipline )
  2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  3. Tekun ( diligence )
  4. Tanggung jawab ( responsibility )
  5. Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
  • Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem produksi manusia
Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Konsektual.
  2. Metode : Observasi, Diskusi dan Informasi.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Motivasi
  1. Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
  2. Mengapa ada orang yang mandul ?
  3. Di manakah pertumbuhan dan perkembangan manusia sebelum dilahirkan ?
  4. Berasal dari manakah kebutuhan hidup janin ?

Pengetahuan Prasyarat
  1. Siswa telah memahami perkembangan generatif ( seksual )
  2. Siswa telah memahami organ – organ sistem reproduksi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
  • guru: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • guru: Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Siswa mengamati model / charta organ – organ penyusun sistem reproduksi dilanjutkan diskusi tahap – tahap reproduksi manusia
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
Guru:
  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
CLOSING
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,
  • guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua

Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

  • Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem reproduksi ?
Pengetahuan Prasyarat

  • Siswa telah memahami organ – organ sistem reproduksi manusia.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
  • guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
  • Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
  • Guru: memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
  • Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  • Membantu menyelesaikan masalah
  • Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  • Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSSING
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup

  • guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Media Pembelajaran
  • Model / Charta organ – organ penyusun sistem reproduksi manusia..
  • Rangkuman Reproduksi manusia
Sumber Pembelajaran
  1. Buku IPA Terpadu
  2. Buku IPA yang relevan
  3. Model / charta organ reproduksi manusia
  4. http://www.biologigonz.blogspot.com
Penilaian.
Mengetahui Jakarta , Juli 2011

Kepala sekolah Guru Mapel Biologi


PLANER SISTEM EKSKRESI SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA - BIOLOGI
Kelas / Semester :
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
A. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran ( ekskresi ) pada manusia.
  2. Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia.
  3. Siswa dapat mendata penyakit dan kelainan yang terdapat pada organ penyusunan sistem ekskresi.
Karakter Siswa yang diharapkan
  1. Disiplin ( Discipline )
  2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  3. Tekun ( diligence )
  4. Tanggung jawab ( responsibility )
  5. Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
  • Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C. Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Kontekstual
  2. Metode : Diskusi, informasi dan percobaan
  3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan langsung.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
  1. Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi pada manusia ? dan apa yang di Keluarkannya?
  2. Bagaimana kerja sama kulit dengan ginjal ?
b. Pengetahuan Prasyarat
  • Siswa telah memahami proses pernafasan dan transportasi manusia.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran ( ekskresi ) pada manusia.
  • Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
CLOSING

Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
  1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
  1. Sebutkan 2 kelainan yang terdapat pada organ ekskresi?
  2. Sebutkan 3 penyakit yang terjadi pada organ ekskresi?
b. Pengetahuan Prasyarat
  • Siswa telah memahami organ – organ penyusun sistem pengeluaran .
2. Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam adalah guru terbaik dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat mendata penyakit dan kelainan yang terdapat pada organ penyusunan sistem ekskresi.
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit yang terdapat pada organ – organ penyusun sistem ekskresi
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
KONKLUSI sebadai Guru
  1. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  2. membantu menyelesaikan masalah
  3. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  4. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  5. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran

  1. Alat dan bahan.
  2. Modul / charta organ – organ ekskresi manusia.
F. Sumber Pembelajaran
  1. Buku IPA Terpadu . .
  2. Buku IPA yang relevan.
  3. Model / Charta alat ekskresi
  4. http//www.biologigonz.blogspot@yahoo.com

Penilaian.


Mengetahui Jakarta Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mapel

DETAIL THEORY

Organ Sistem ekskresi manusia
  • Sistem ekskresi manusia berfungsi untuk membuang sampah dari tubuh manusia. 
  • Sistem ini terdiri dari struktur khusus dan jaringan kapiler yang membantu dalam proses ekskretoris. 
  • Sistem ekskresi manusia meliputi ginjal dan satuan fungsional, nefron. 
  • Aktivitas yang keluar dari ginjal dimodulasi oleh hormon khusus yang mengatur jumlah penyerapan di dalam nefron.
Ginjal
  • Mereka adalah organ berbentuk kacang yang terletak di kedua sisi tulang punggung pada sekitar tingkat dari lambung dan hati. 
  • Darah memasuki ginjal melalui arteri ginjal dan daun melalui pembuluh darah ginjal. 
  • Tabung yang disebut ureter membawa produk-produk limbah dari ginjal ke kandung kemih untuk penyimpanan atau akan dirilis.
Produk dari ginjal adalah urin, larutan berair dari produk limbah, garam, senyawa organik, dan dua senyawa nitrogen penting: asam urat dan urea. 
  • Hasil asam urat dari dekomposisi asam nukleat, dan hasil urea dari pemecahan asam amino dalam hati. 
  • Kedua produk nitrogen dapat menjadi racun bagi tubuh dan harus dikeluarkan dalam urin.
Nefron
  • Unit fungsional dan struktural dari ginjal adalah nefron. 
  • Nefron menghasilkan urin dan merupakan unit utama homeostasis dalam tubuh. Ini pada dasarnya adalah sebuah tubulus panjang dengan serangkaian pembuluh darah terkait. 
  • Ujung atas tubula diperbesar merupakan seperti struktur cangkir yang disebut kapsul Bowman. 
  • Di bawah kapsul Bowman, kumparan tubulus untuk membentuk tubulus proksimal, dan kemudian menyusul giliran hairpin yang disebut lengkung Henle. 
  • Setelah lengkung Henle, kumparan tubulus sekali lagi sebagai tubulus distal. Ini kemudian memasuki duktus pengumpul, yang juga menerima urin dari tubulus distal lainnya.
Dalam kapsul Bowman adalah bola melingkar kapiler dikenal sebagai sebuah glomerulus. 
  • Darah dari arteri ginjal memasuki glomerulus. 
  • Kekuatan tekanan darah menginduksi plasma untuk melewati dinding glomerulus, melewati dinding kapsul Bowman, dan mengalir ke tubulus proksimal. 
  • Sel darah merah dan protein besar tetap dalam darah.
  • Setelah plasma memasuki tubulus proksimal, melewati gulungan, dimana bahan yang dapat digunakan dan air direklamasi. Garam, glukosa, asam amino, dan senyawa lain yang berguna mengalir kembali melalui sel tubulus ke dalam darah oleh transpor aktif. Osmosis dan aktivitas hormon membantu gerakan. 
  • Cairan darah kemudian mengalir melalui lengkung Henle ke dalam tubulus distal. Sekali lagi, garam, air, dan bahan lainnya yang berguna mengalir kembali ke dalam aliran darah. Homeostasis dicapai dengan proses ini: 
  • Sebuah jumlah yang dipilih dari hidrogen, amonium, natrium, klorida, dan lain ion menjaga keseimbangan garam halus dalam tubuh.
Cairan bergerak dari tubulus distal menuju saluran pengumpul mengandung bahan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. 
  • Cairan ini disebut sebagai urin. Urea, asam urat, garam, dan produk sisa metabolisme lainnya adalah komponen utama dari urin. 
  • Urin mengalir melalui ureter menuju kandung kemih. Ketika kandung kemih penuh, urin mengalir melalui uretra ke luar.
Pengendalian fungsi ginjal
  • Kegiatan nefron dalam ginjal dikendalikan oleh pilihan seseorang dan lingkungan serta hormon. Misalnya, jika seseorang mengkonsumsi sejumlah besar protein, banyak urea akan berada di darah dari pencernaan protein. Juga, di hari yang panas, tubuh akan menahan air untuk berkeringat dan pendinginan, sehingga jumlah urin berkurang.
  • Manusia menghasilkan hormon yang disebut hormon antidiuretik (ADH), juga dikenal asvasopressin, yang disekresikan oleh lobus posterior kelenjar hipofisis. Ini mengatur jumlah urin dengan mengendalikan tingkat penyerapan air di tubulus nefron.
  • Beberapa orang menderita dari suatu kondisi di mana mereka mengeluarkan tingkat yang sangat rendah ADH. Hasilnya adalah buang air kecil yang berlebihan dan penyakit yang disebut diabetes insipidus. Bentuk lain yang tidak terkait diabetes, diabetes mellitus, lebih luas. Orang dengan penyakit ini menghasilkan tingkat cukup insulin. Insulin biasanya mengangkut molekul glukosa ke dalam sel. Tapi ketika insulin tidak tersedia, glukosa tetap dalam aliran darah. Glukosa akan dihapus dari aliran darah di nefron, untuk mencairkan glukosa, nefron menghilangkan sejumlah besar air dari darah. Dengan demikian, urin cenderung berlimpah.
  • Hormon dari korteks kelenjar adrenal juga mengontrol konten urin. Hormon-hormon ini meningkatkan reabsorpsi ion natrium dan klorida dalam tubulus. Dengan demikian, mereka mempengaruhi keseimbangan air dalam tubuh, karena air mengalir ke arah natrium tinggi dan kandungan klorida.
Apa fungsi dari Sistem ekskresi?
Fungsi utama dari sistem ekskretoris adalah untuk

  1. Menyingkirkan limbah
  2. Menghilangkan tak berguna dengan-produk dikeluarkan dari sel
  3. Membasmi kimia berbahaya
  4. Mempertahankan stabilitas yang seimbang konsentrasi bahan kimia

Apa Fungsi paru-paru?
  • Paru-paru adalah dua organ seperti -spons terlokalisasi di setiap sisi thorax. Mereka dibentuk oleh alveoli paru. Mereka tidak bertanggung jawab untuk mengubah oksigen menjadi karbon dioksida, tetapi untuk mempertahankan tingkat pendukung kehidupan dari kedua gas dalam aliran darah dengan mengeluarkan karbon dioksida ekstra dan menjaga pasokan rutin oksigen. Setiap sel dan semua organisme dapat mengambil oksigen melalui difusi pasif dari aliran darah dan menggunakannya dalam metabolisme sendiri, sehingga menghasilkan karbon dioksida yang akan dikeluarkan jauh ketika melewati sirkulasi alveoli.
Apa Peran Kulit?
  • Kulit adalah bagian lain dari sistem, yang berisi keringat yang membantu mengatur konsentrasi pada tubuh seseorang sementara juga menjaga dia dingin. Garam membantu menguapkan air, pendinginan kulit. Keringat dikeluarkan melalui kelenjar keringat. Ada dua jenis kelenjar keringat: kelenjar keringat keringat ekrin dan kelenjar apokrin. Tujuan dasar dari kulit adalah untuk memberikan tahan air, pelindung, yang meliputi lingkungan internal tubuh yang kompleks. Kulit juga memainkan pengaturan kunci dalam membantu untuk mempertahankan peredaran darah dan sistem saraf.
Apa Fungsi ekrin?
  • Kelenjar ekrin mengeluarkan sebagian besar air dan garam dan digunakan oleh tubuh untuk kontrol suhu. Kelenjar ini terletak di seluruh tubuh, tetapi yang paling berlimpah di sekitar telapak kaki, telapak tangan, dan dahi. Mereka tampak seperti tabung melingkar, spiral menuju bagian luar kulit.
Apa Fungsi Hati?
  • Hati adalah bagian penting dari sistem ekskretoris, dan tubuh manusia. Ini mengatur penyimpanan glikogen, sintesis protein plasma, dan detoksifikasi obat. Hati mengeluarkan empedu, dasar yang digunakan untuk memecah lemak. Oleh karena itu, membantu menyingkirkan limbah yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Ini perubahan amonia beracun, yang merupakan gas beracun, untuk urea, cairan berbahaya. Ginjal filter urea (campuran gula dan limbah) menjadi cair disebut urin. Hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh.
Apa Fungsi ginjal?
  • Pengeluaran Limbah cair dari tubuh melalui ginjal. Terletak di sebelah tulang belakang di belakang dalam tulang rusuk Anda, ukuran ginjal yang kecil (panjang sekitar 10 cm ) organ dengan warna coklat kemerahan yang berbentuk seperti kacang. Ketika sirkulasi, darah melewati ginjal agar menyetor digunakan dan tidak diinginkan air, mineral, dan molekul nitrogen-kaya disebut urea. Ginjal menyaring kotoran dari darah, membentuk yang disebut cairan urine. Ginjal menyalurkan urin ke kandung kemih bersama dua tabung terpisah yang disebut ureter. Kandung kemih mengumpulkan urin sampai kontraksi otot memaksa urin keluar dari tubuh melalui uretra. Ginjal memproduksi sekitar 1,5 liter urin setiap hari. Semua itu perlu dikeluarkan dari sistem tubuh. Hal ini dilakukan melalui buang air kecil.
Apa Fungsi Empedu itu?
  • Empedu adalah zat kehijauan atau kekuningan disekresi oleh hati yang digunakan untuk memecah lemak, etanol, dan limbah asam. Yang terdiri dari air, kolesterol, lechithin, ion bikarbonat, garam empedu, dan pigmen. Empedu merupakan substansi dasar yang kuat, diklasifikasikan sebagai basa. Hal ini dirilis melalui saluran empedu di hati. Sebuah kimia pencernaan yang memproduksi dalam hati, disimpan dalam kantung empedu, dan disekresi dalam usus kecil.
Apa Fungsi Usus besar itu?
  • Usus besar, atau kolon, adalah bagian terakhir dari sistem ekskretoris. Ini adalah organ yang menghilangkan limbah padat dari tubuh. Fungsinya tidak hanya untuk menghilangkan limbah padat tetapi untuk mengumpulkan air dari sampah yang dapat digunakan kembali. Ini adalah bagian dari saluran pencernaan, saluran yang mengalir melalui hewan vertebrata. Ini adalah sekitar 6 sampai 7 meter panjang dan proses, transportasi, dan mengeluarkannya limbah padat.

Support web ini

BEST ARTIKEL