Saturday, September 24, 2011

RPP SISTEM PENCERNAAN - GURU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KD 3.3

Sekolah : SMA

Kelas/Semester : XI/1

Mata Pelajaran : Biologi

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan

hewan tertentu,kelaianan dan/atau penyakit yang

mungkin terjadi, serta implikasinnya pada Salingtemas.

Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur , fungsi, dan

proses serta kelainan /penyakit yang dapat terjadi

pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan

hewan misalnya ruminansia.

I. Indikator

1. Memahami jenis dan kandungan makanan bergizi

2. Menganalisis variasi dan komposisi makanan yang dikonsumsi dan menyusun menu makanan yang seimbang.

3. Mengidentifikasi struktur,fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

4. Mengaitkan struktur,fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

5. Menjelaskan struktur,fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

6. Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan dan teknologi pengobatannya.

II. Tujuan Pembelajaran

1. Mengidentifikasi nilai gizi asupan makanan siswa.

2. Memperkirakan kemungkinana jika terjadi kekurangan atau kelebihan salah satu zat makanan

3. Menjelaskan proses pencernaan makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein.

4. Menjelaskan kemungkinan penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan dan teknologi pengobatannya.

5. Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses pencernaan pada hewan ruminansia dan beberapa hewan lainya sebagai perbandingan sistem pencernaan pada manusia

III. Materi Pembelajaran

Materi Pokok : Makanan dan sistem Pencernaan Makanan

Sub materi :

· Pengertian makanan sehat

· Macam zat makanan dan fungsinya bagi tubuh

· Pewarna dan penyedap makanan

· Kebutuhan energi dan menu makanan seimbang

· Sistem Pencernaan pada Manusia

· Penyakit pada sistem Pencernaan dan teknologi pengobatannya

PERTEMUAN I

IV. Pendekatan Pembelajaran

Konsep, dan Salingtemas

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok, eksperimen, tanya jawab, dan ceramah.

V. Langkah-Langkah Pembelajaran

No.

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1.

Kegiatan Awal

· Menyapa siswa dan memeriksa kehadiran siswa

· Motivasi dan apersepsi

· Menarik perhatian dan minat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan, contoh:

1. Sebutkan kriteria makanan sehat

2. Berapa perbandingan kalori yang dihasilkan antara sepiring nasi dengan satu sendok minyak

· Menyampaikan kompetensi dasar, indikator serta tujuan pembelajaran

· Mempersiapkan diri untuk mengikuti proses KBM.

· Peserta didik menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.

· Menulis kompetensi yang disampaikan guru.

2

Kegiatan Inti

· Membagi kelas menjadi 7 kelompok(terdiri dari 5 orang)

· Memberikan ceramah tentang ulasan materi yang akan dipelajari

· Menugaskan kepada peserta didik untuk melakukan percobaan uji bahan makanan(setiap kelompok melakukan uji yang berbeda)

· Memerintahkan setiap kelompok untuk mendiskusikan hasil kerjanya

· Mempersilahkan perwakilan kelompok untuk mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas

· Membimbing jalanya diskusi sebagai fasilitator

· Menanggapai hasil diskusi serta memberikan penguatan dengan menyampaikan jawaban yang benar

§ Memberikan reward kepada kelompok yang terbaik

§

· Duduk dalam kelompoknya

· Mendengarkan penjelasan guru

· Melakukan percobaan uji bahan makanan dengan tertib dan sesuai prosedur

· Menganalisis kandungan bahan makanan dengan diskusi dalam kelompoknya

· Setiap kelompok mendapatkan hasil percobaan uji bahan makanan

· Setiap perwakilan kelompok mempersentasikan hasil percobaan

· Peserta didik mengikuti jalanya diskusi dengan antusias

· Mencatat jawaban yang benar

3

Kegiatan Akhir

· Membimbing peserta didik untuk merangkum hasil diskusi

· Memberikan tindak lanjut berupa tugas individu untuk membuat menu makanan yang seimbang (Biolab 6-4)

· Mencatat rangkuman pembelajaran

· Mengerjakan tugas dan mengumpulkan dengan tepat waktu

VI. Media Pembelajaran

Alat/Bahan : : Alat tulis, OHP/LCD,carta, Alat dan bahan yang

diperlukan untuk uji bahan makanan, dan LKPD (Lihat

hal.36, Erlangga 2B)

Sumber Belajar : Istamar Syamsuri, dkk. 2007. Biologi 2B SMA kelas XII. Jakarta: Erlangga

VII. Penilaian

· Penilaian hasil diskusi percobaan Uji Bahan Makanan (Bio-lab 6-8)

· Penilaian proses KBM (Keaktifan peserta didik pada saat diskusi)

· Penilaian tugas individu Penyusunan Menu Seimbang(Bio-lab 6-4)

Mengetahui

Jakarta , 11 Januari 11

Kepala SMA

Guru Biologi

Isharmnto


PERTEMUAN II

IV. Pendekatan Pembelajaran

Salingtemas

Metode Pembelajaran

Diskusi, observasi dan Tanya jawab .

V. Langkah-Langkah Pembelajaran

No.

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1.

Kegiatan Awal

· Menyapa siswa dan memeriksa kehadiran siswa

· Motivasi dan apersepsi

· Dengan cara memberikan pretest, contoh soal :

1. Bagaimana tubuh kita mencerna makanan?

2. Mengapa seekor sapi nampak tanpa henti menggerakan mulutnya mengunyah makanan?

· Menyampaikan kompetensi dasar, indikator serta tujuan pembelajaran

· Mempersiapkan diri untuk mengikuti proses KBM.

· Peserta didik menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.

· Menulis topik yang akan dipelajari

· Menulis kompetensi yang disampaikan guru.

2

Kegiatan Inti

· Membagi kelas menjadi 5 kelompok(sistem pencernaan manusia, ruminansia, burung, cacing, reptilia, amphibia)

· Menugaskan kepada setiap anggota kelompok untuk memahami materi yang berbeda sesuai dengan kelompoknya

· Memerintahkan anggota kelompok dengan materi yang sama untuk berkumpul dan menjelaskan ke anggota kelompok yang lain (dengan bantuan torso dan charta)

· Mempersilahkan perwakilan kelompok untuk mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas

· Menanggapi hasil diskusi serta memberikan penguatan dengan menyampaikan jawaban yang benar

· Memberikan reward kepada kelompok yang terbaik.

· Duduk dalam kelompoknya

· Membaca materi yang ditugaskan

· Peserta didik berkumpul sesuai dengan kelompoknya dan berdiskusi bersama anggota kelompoknya

· perwakilan dari setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya

· Mencatat penguatan yang diberikan guru

3

Kegiatan Akhir

· Membimbing peserta didik untuk merangkum hasil diskusi

· Memberikan tindak lanjut berupa tugas kelompok untuk melakukan observasi mengenai penyakit dan teknologi yang terkait.

· Mencatat rangkuman pembelajaran

·

· Mengerjakan tugas dan mengumpulkan dengan tepat waktu

VI. Media Pembelajaran

Alat/Bahan : Alat tulis, OHP/LCD,carta, torso manusia dan hewan tertentu

Sumber Belajar : Istamar Syamsuri, dkk. 2007. Biologi 2B SMA kelas XII.

Jakarta: Erlangga

VII. Penilaian

· Evaluasi, hasil post-test

· Penilaian proses KBM (Keaktifan waktu diskusi )

· Penilaian tugas kelompok (hal 147 dan 150)

· Tugas Individu ( Tugas 10.2)

Mengetahui

Jakarta , 11 Januari 11

Kepala SMA

Guru Biologi

Isharmnto

PANDUAN BER - JODOH


  • Kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untuk kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu mawaddah dan rahmat.
  • Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS Ar-Rum [30]:21)
  • Dari ayat tersebut telah jelas bahwa manusia diciptakan Allah dengan pasangannya.
  • Jadi jangan merasa berkecil hati jika saat ini masih ada yang belum menemui jodohnya atau telah bertemu jodoh dan Allah berkehendak lain dengan jodoh tersebut
  • Urusan jodoh memang seringkali dikaitkan dengan “rahsia Tuhan” yang mengejutkan.
  • Seseorang yang berparas menarik dan memiliki sekian kelebihan, tetapi tidak menemui pasangan.
  • Sementara seseorang yang dipandang biasa-biasa saja lebih cepat berkawin
  • Jodoh memang sudah ditentukannya tetapi bukan bererti kita cuma berdiam diri tanpa adanya usaha
  • “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11
  • Menemukan pasangan menuntut sejumlah usaha aktif yang komprehensif.
  • Usaha-usaha positif dalam menemukan pasangan dapat disebut sebagai “menjemput jodoh”.
  • Bagi orang yang beriman, berdoa adalah puncak segala usaha.
  • Bahkan Islam menyebut doa sebagai silah al-mu’min (senjata mu’min).
  • Dalam mengenali pasangan, manusia tetap dibatasi kemampuannya untuk melihat pada aspek-aspek fizikal jasmani dan hal-hal yang nampak dimata.
  • Sementara aspek batin yang tersembunyi tetaplah milik Allah.
  • Sholat Istikarah merupakan upaya untuk memohon kepada Tuhan dalam membantu memilih calon pasangan.
  • Jangan terburu-buru untuk menolak atau menerima sebelum upaya berdoa ini dilakukan agar tidak salah pilih.
  • Begitu dahsyatnya keajaiban solat istikarah dalam memantapkan hati dalam menentukan pilihan,
  • Bahwasanya orang yang telah melaksanakan solat istikarah hendaklah melaksanakan apa yang telah diazamkannya, baik hatinya menjadi terbuka maupun tidak
  • Bermunajat pada Allah dalam sepertiga malamnya memohon diberikan pilihan terbaik dalam hidupnya sebuah petunjuk dalam memantapkan hati mengenai jodoh yang menjadi misteriNYA.
  • Diatas Sajadah malam ini aku tertunduk pada gelap dan pekatnya malam, meraba rahasia Mu
  • Ya Allah atas jodoh yang kan kau pilihkan untukku istikarah mencari jawaban untuk menggapai alhub fillah wa lillah dalam doa ku bersimpuh pasrah memohon datangnya jawaban kepada Sang Pemberi hidayah
  • Bila jawaban itu masih menggantung di langit maka turunkanlah
  • Bila jawaban itu masih terpendam di perut bumi maka keluarkanlah
  • Bila jawaban itu sulit ku raih maka mudahkanlah
  • Bila jawaban itu masih jauh maka dekatkanlah Duhai kekasih sejati,
  • Engkau Maha cahaya, Engkau Cahaya di atas Cahaya.
  • Dalam kerinduan mendalam, dalam tatih meniti Pintu Cahaya, Aku di sini, bersimpuh untuk menjemput CINTA,
  • Cinta Seseorang Yang telah kau pilihkan semoga kan abadi di dunia dan Akhirat “Ya Allah,
  • Tuhan yang Maha Memiliki Rahasia,
  • Tuhan yang Maha memegang kasih sayang seluruh jiwa kami,
  • Tuhan yang Maha Penentu,
  • Tuhan yang Maha Menyatukan jiwa-jiwa kami, ya Allah, aku merupakan hamba yang lemah, hamba yang tidak mampu mengawal diriku daripada fitrah seorang manusia yang memerlukan teman, memerlukan kekasih, memerlukan suami/isteri, memerlukan keluarga.
  • Ya Allah aku tidak mampu menahan diriku daripada terjeremus ke dalam kemaksiatan.
  • Ya Allah, jika masanya telah tiba, jika apa yang aku mohon ini merupakan sesuatu yang terbaik
  • TerbIK disisiMu Ya Allah,
  • Terbaik buat agamaku Ya Allah,
  • Terbaik buat diriku, keluarga dan seluruh mukminin dan mukminat Ya Allah,
  • Maka aku memohon kepadaMu YaAllah agar aku ditemukan dengan jodoh yang terbaik di sisiMu Ya Allah.
  • Setiap yang terbaik di sisiMu Ya Allah, pasti terbaik buat diriku Ya Allah.
  • Namun Ya Allah, jika masanya untuk dipertemukan dengan jodohku belum tiba YaAllah, maka Ya Allah, aku memohon kepadaMu agar Kau tunjukkan jalan-jalan untuk aku memiliki jodohku Ya Allah.
  • Aku memohon agar Kau tunjukkan aku tuntutun-tuntutanMu yang perlu aku lakukan untuk memiliki jodohku Ya Allah.
  • Ya Allah...
  • Tuhan yang Maha Memakbulkan doa,
  • Tuhan yang Maha Penentu jodoh,
  • Ya Allah ....
  • Jauhilah aku daripada kemaksiatan
  • Jauhilah aku daripada perkara-perkara yang tidak dapat memberikan manfaat
  • Jauhilah aku daripada perkara-perkara yang Engkau murkai dan perkara-perkara yang menyesatkan diriku Ya Allah. Amin
  • Jadi, bagi yang belum bertemu jodoh, bersikap optimislah, temui serta jemputlah calon jodoh anda dengan ikhtiar yang maksimum.
  • Yakinlah bahawa Allah telah menentukan segala sesuatu berpasang-pasangan.
  • Mudah-mudahan Allah membimbing usaha anda untuk sampai kepada jodoh yang ditakdirkan. Amin
  • Jangan menyerah kegagalan yang pernah terjadi dalam menjemput jodoh bukan bererti kegagalan selamanya.
  • Satu prinsip yang kan selalu melekat dihati ” La Tahzan Innalloha Ma’ana”
  • Senyum terindah untuk jodoh yang Allah telah persiapkan,.. insyaAllah

Support web ini

BEST ARTIKEL