Tuesday, October 11, 2011

POST TEST KELAS X BIOLOGI

Pagi cerah ini di kantor saya buat catatan berupa soal evaluasi membantu kelas X yang ingin mencari tantangan lagi setelah gurunya memberikan materi dan akan mengevaluasi secara menyeluruh . Silahkan disantap soal seger ini untuk menu makan pagi atau malam sehingga mampu menyegarkan bathin OK

SOAL

1. Faktor penentu fenotif individu anggota suatu spesies ditentukan oleh ...
A. individu anggota suatu spesies yang lain
B. individu lain yang masih dalam satu genus
C. lingkungan suatu individu
D. gen dan lingkungan suatu individu tersebut
E. gen yang diwariskan oleh moyangnya

2. Perhatikan nama-nama organisme berikut :
  1. Tamarindus indica
  2. Mangifera indica
  3. Phaseolus radiatus
  4. Phaseolus vulgaris
  5. Vigna sinensis
Yang tergolong dalam satu marga dan satu familia adalah ...
A. 1 dan 2
B. 3, 4 dan 5
C. 3 dan 4
D. 1, 2 dan 5
E. 1, 2, 3, 4 dan 5

3.  Perhatikan gambar 

Keanekaragaman diatas adalah Keaneka ragaman  ...
A. genetik
B. ekosistem
C. genus
D. species
E. family 

4. Diantara pernyataan berikut ini yang tidak benar tentang daerah dan hewan oriental di Indonesia adalah ...
A. burung mempunyai warna bulu yang menarik
B. wilayahnya meliputi Jawa, Sumatera dan Kalimantan
C. banyak ditemukan mamalia besar
D. wama bulu burung yang tidak mencolok
E. tidak ditemukan mamalia berkantung

5. Perhatikan Tokoh ini 
Menurut Weber daerah zoogeografi Australian di Indonesia meliputi pulau-pulau berikut ini, kecuali ...
A. Papua
B. Sulawesi
C. Buru
D. Halmahera
E. Ternate

6. Berikut ini yang tidak termasuk usaha pelestarian spesies secara in situ adalah ...
A. Cendrawasih di Papua
B. Badak bercula satu di Banten
C. Tembakau di Indonesia
D. Anoa di Sulawesi
E. Maleo di Sulawesi

7. Perhatikan tanaman langka i

Pelestarian beberapa spesies tumbuhan langka agar segera diperoleh anakan secara lebih cepat, maka cara yang paling tepat adalah dengan teknik ...
A. fusi protoplasma
B. rekayasa genetik
C. transplantasi inti
D. kultur jaringan
E. dibiakan secara alami

8. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hutan bagi kehidupan adalah ...
A. sebagai sumber plasma nutfah
B. merupakan daerah resapan air
C. sebagai penghasil oksigen
D. sumber energi yang terbaharukan
E. sebagai sumber gas bahan fotosintesa

9. Perhatikan gambar ini 


Protein sel tunggal (PST/SCP) yang diperoleh dari golongan Chlorophyta yang terlihat pada gambar adalah ...
A. Spirulina maxima
B. Chlorella
C. Eucheuma spinosum
D. Gracilaria
E. Gellidium

10. Berikut ini yang bukan ciri-ciri dari Kingdom Plantae adalah ...
A. Organisme eukariotik atau prokariotik
B. Multiseluler
C. Autotrof
D. Vaskuler atau non vaskuler
E. Reproduksi secara vegetatif atau generatif

11. Perhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Sudah menyesuaikan dengan kehidupan darat yang lembab dan basah
  2. Mengalami metagenesis
  3. Sudah mempunyai jaringan pengangkut
  4. Belum berkormus
Yang merupakan ciri Bryophyta adalah ...
A. 1,2 dan 4
B. 1, 2, 3 dan 4
C. 3 dan 4
D. 2, 3 dan 4
E. 1, 2 dan 3

12. Pembelahan meiosis pada siklus hidup lumut terjadi saat ...
A. pembentukan gametofit
B. pembentukan spora
C. pembentukan sporofit
D. pembentukan ¬sporogonium
E. pembentukan spermatozoid dan ovum

13. Perhatikan anggota kriptogamae berikut ini !
  1. Equisetum debile
  2. Lycopodium clavatum
  3. Marsilea crenata
  4. Selaginela
Yang termasuk paku heterospor adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
E. 2 dan 4

14. Gnetum genemon pada gambar dimasukkan ke dalam kelompok spermatophyta karena ...


A. mempunyai strobilus
B. berembrio
C. berbunga
D. berbiji
E. alat kelamin terlihat nyata

15. Diantara karakteristik berikut ini yang tidak dimiliki oleh dikotil adalah ...
A. pertulangan daun menyirip atau menjari
B. mempunyai kambium
C. pembuluh angkut bertipe kolateral terbuka
D. bagian bunga berjumlah 4, 5 atau kelipatannya
E. bunga bertipe perigonium

16. Diantara tanaman berikut yang tidak termasuk monokotil adalah ...


A. Psidium guajava
B. Cocos nucifera
C. Oryza sativa
D. Zea mays
E. Saccharum officinarum

17. Diantara tanaman berikut ini yang merupakan penghasil protein nabati adalah ...
A. Cocos nucivera
B. Glycine max
C. Solanum tuberosum
D. Nicotiana tabacum
E. Solanum lycopersicum

18. Diantara karakteristik berikut yang tidak sesuai dengan ciri kingdom Animalia adalah ...

A. sel penyusun eukariotik
B. multiseluler
C. kemoautotrof
D. sel penyuisun tidak ¬berdinding sel
E. tidak berklorofil

19. Perhatikan gambar ini 
Pernyataan yang tidak sesuai dengan kondisi pada Phylum yang terlihat pada gambar adalah ...
A. bersifat hermaphrodite
B. mengambil nutrisi dari air yang lewat
C. struktur tubuh triploblastis
D. adanya oskulum sebagai muara ruang sentral
E. belum terdapat spesialisasi sistem organ

20. Perhatikan fase-fase hidup Aurelia berikut :
  1. Medusa
  2. Gamet
  3. Blastula  
  4. Zygote
  5. Planula
  6. Polip


Urutan fase hidup yang benar adalah ...
A. 1-2-4-3-5-6
B. 4-2-1-3-5-6
C. 2-3-4-3-5-6
D. 6-5-4-2-3-1
E. 1-2-4-5-3-6

21. Pernyataan berikut yang tidak benar tentang karang adalah termasuk kelompok ...
A. Hydrozoa
B. terbentuk pada daerah 28o LU dan 28° LS
C. tembentuk pada kedalaman kurang lebih 35 meter
D. suhu air laut kurang lebih 20oC
E. reef terbentuk oleh hewan-hewan karang

22. Cyclus Chlonorsis sintesis



Perhatikan fase-fase hidup dari Chlonorchis sinensis berikut :
  1. Dewasa
  2. Telur
  3. Mirasidium
  4. Sporokis
  5. Serkaria
  6. Redia
  7. Metaserkaria
Urutan fase hidup yang benar sesuai diatas adalah ...
A. 1-2-3-4-5-6-7
B. 2-3-4-6-5-7-1
C. 2-4-6-3-5-7-1
D. 1-2-3-4-6-7-5
E. 1-7-5-6-2-3-4

23. Perhatikan gambar ini




Anggota Molluska diatas tergolong Bivalvia, dari nama itu berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, yaitu ...
A. kaki di kepala
B. kaki di perut
C. kaki pipih
D. insang berlapis-lapis
E. cangkoknya sepasang

24. Perhatikan hal-hal berikut ini !
  1. Tubuh terbagi menjadi caput, thorax dan abdomen
  2. Exoskeleton dari kitin
  3. Bersayap
  4. Tubuh terbagi menjadi caput dan abdomen
  5. Tubuh terbagi menjadi chepalothorax dan abdomen
  6. Kaki berjumlah empat ¬pasang
Yang merupakan ciri Arachnida adalah ...
A. 1, 2 dan 3
B. 5 dan 6
C. 4 dan 6 D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
25. Perhatikan gambar berikut !
Telur Aedes dan larva Culex di¬tunjukkan oleh nomor ...
A. 3 dan 4
B. 1 dan 4
C. 2 dan 5 D. 3 dan6
E. 3 dan 5

26. Penghubung antara konsumen I dengan produsen berupa ...
A. konsumen II
B. herbivore
C. Konsumen III
D. dekomposer
E. omnivore

27. Kelompok Organisme berikut ini yang tidak tergolong ¬heterotrof adalah ...
A. decomposer
B. pseudoparasit
C. fakultatif parasit
D. endoparasit
E. ektoparasit

28. Perhatikan hal berikut ini !
  1. Virus
  2. Cyanophyta
  3. Bakteri  
  4. Protozoa
  5. Mycorhiza
Komunitas dapat berupa kelompok ...
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 1, 2, 3, 4
C. 2, 3, 4, 5
D. 1, 3, 4, 5
E. 1, 2 dan 3

29. Perhatikan hal-hal berikut ini !
  1. Zooplankton
  2. Fitoplankton
  3. Ikan laut
  4. Burung pemakan ikan
Food chain perumput mempunyai urutan ...
A. 2-3-1-4
B. 4-3-1-2
C. 1-2-3-4 
D. 2-1-3-4
E. 2-1-4-3

30. Perhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Fotosintesa
  2. Respirasi
  3. Fermentasi
  4. Pembakaran sampah
  5. Transpirasi
Yang menghasilkan CO2 adalah ...
A. 2, 3 dan 5
B. 1, 2 dan3
C. 2 dan 5
D. 3,4 dan 5
E. 2,3 dan 4

31. Diantara proses berikut ini yang tidak menambahkan molekul air ke dalarn sistem alam adalah ...
A. gutasi
B. transpirasi
C. respirasi
D. ekspirasi respirasi manusia
E. inspirasi respirasi manusia

32. Perhatikan hal-hal berikut :
  1. N2
  2. NO3¬
  3. NH4+  
  4. Protein
  5. H2SO4
Unsur nitrogen kembali ke sistem tumbuhan dalam bentuk ...
A. 1, 2, 3 dan 4
B. 1, 2, 3, 4 dan 5
C. 4 dan 5
D. 3, 4 dan 5
E. 2, 3, 4 dan 5

33.  Perhatikan gambar

Interaksi antara disebut ...
A. mutualisme
B. proto-kooperasi
C. antibiosis
D. kompetisi
E. komensalisme

34. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam dapat berupa hal-hal berikut ini, kecuali ...
A. letusan gunung berapi
B. tsunami
C. gempa bumi
D. material yang keluar dari perut bumi
E. ekstensifkasi pertanian

35. Berikut ini yang bukan merupakan usaha manusia untuk melestarikan lingkungan hidupnya adalah ...
A. penggunaan insektisida biologi untuk usaha pertaniannya
B. penerapan sistem tebang pilih untuk kayu sebagai bahan bangunan
C. pelepasan kembali orang hutan ke habitat alami-nya
D. penerapan konsep 'panca usaha tani'
E. pembuatan kebun plasma nutfah

36. Diantara hal-hal berkut ini yang merupakan usaha manusia untuk membina kesimbangan alam adalah ...
A. membuka daerah pertanian baru
B. memburu binatang¬binatang liar
C. reboisasi
D. memperluas daerah industri
E. perkawinan silang

37. Berikut ini yang bukan merupakan cara-cara perlindungan margasatwa adalah ...
A. membuat undang-undang perburuan
B. membiakan hewan-¬hewan yang hampir punah
C. memindahkan ke habitatlain yang lebih cocok
D. mengendalikan populasi predator hewan yang hampirt punah
E. membuat kebun plasma nutfah

38. Kebijaksanaan moral manusia dalam pergaulan dengan lingkungannya disebut ...
A. ekologi
B. etologi
C. etika lingkungan
D. kebijaksanaan ¬lingkungan
E. ontologi

39. Diantara hal-hal berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengelolaan lingkungan hidup adalah ...
A. tercapainya keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungannya
B. tercapainya pemanfaatan sumberdaya secara bijaksana
C. tercapainya pembangunan berwawasan lingkungan
D. terwujudnya manusia sebagai pembina lingkungan hidup
E. tercapainya eksploitasi alam secara maksimal

40. Manusia dapat meningkatkan kualitas hewan piaraannya dengan langkah-langkah berikut ini, kecuali ...
A. tissue culture
B. cross breeding
C. up breeding
D. pure breeding
E. in breeding

41. Berikut ini yang bukan kriteria suatu benda disebut sebagai polutan adalah ...
A. kadarnya di atas normal
B. berada pada tempat yang tidak tepat
C. berada pada saat yang tidak tepat
D. namanya tidak tepat
E. jenis materi-nya

42. Diantara zat berikut yang tidak tergolong polutan domestik adalah ...
A. limbah cucian
B. urine
C. feces
D. pestisida
E. air bekas mandi

43. Di antara hal-hal berikut ini yang bukan merupakan dampak dari pencemaran air dan tanah adalah ...
A. mengubah struktur dan tekstur tanah
B. mengubah keseimbangan ekosistem
C. munculnya penyakit genetik
D. mengurangi nilai estetik
E. mengurangi kualitas dan kuantitas kehidupan aquatik

44. Perhatikan hal-hal berikut ini :
  1. CO
  2. CO2
  3. SOx
  4. NOx
  5. CFC
  6. NH3
Hujan asam disehabkan oleh ...
A. 1 dan 2
B. 5 dan 6
C. 4 dan 5
D. 3 dan 4
E. 1 dan 5

45. Dampak yang paling huruk dari "polusi suara" adalah ...
A. stress
B. naiknya tekanan darah
C. kejang perut
D. peruhahan denyut nadi
E. gila

46. Diantara polutan berikut yang tidak dapat di "daur ulang " adalah ...
A. kertas
B. kardus
C. kaca
D. CO2
E. sisa makanan

47. Perhatikan hal-hal berikut ini !
  1. Jerami
  2. Telur busuk
  3. Kerak nasi
  4. Feces
  5. Asbes
Yang merupakan limbah organik adalah ...
A. 3, 4 dan 5
B. 1,2 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 1,2,3 dan 4
E. 1,2,3,4 dan 5

48. Tempat biakan Volvariella volvacea dapat dibuat dari ...
A. jerami
B. kotoran ayam ras
C. kardus bekas
D. becak bekas
E. kaleng bekas oli

49. Rumpon sebagai rumah ikan dapat dibuat dari berikut ini, kecuali ...
A. becak bekas
B. mobil bekas
C. kapal karam
D. kardus berkas
E. bajaj bekas

50. Limbah berikut ini dapat dimurnikan kembali menjadi "bijih", kecuali ...
A. bangkai kerangka motor
B. bangkai piston motor
C. ember plastik
D. ban bekas
E. per mobil

CATATAN ILMU BIOLOGI

Jumlah cabang biologi makin banyak seiring dengan munculnya
penemuan-penemuan baru. Cabang biologi yang ada saat ini antara lain :
1.       Anatomi , Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup
2.       Agronomi ,  Ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya
3.       Andrologi , Ilmu yang mempelajari tentang macam hormon dan kelainan reproduksi pria
4.       Algologi,  Ilmu yang mempelajari tentang alga/ganggang
5.       Botani,  Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
6.       Bakteriologi,  Ilmu yang mempelajari tentang bakteri
7.       Biologi molekuler,  Ilmu yang mempelajari tentang kajian biologi pada tingkat molekul
8.       Bioteknologi,  Ilmu yang mempelajari tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan kesejahteraan manusia
9.       Ekologi,  Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan
10.   Embriologi, Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
11.   Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
12.   Evolusi, Ilmu yang mempelajari tentang perubahan struktur tubuh makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama
13.   Epidemiologi,  Ilmu yang mempelajari tentang penularan penyakit
14.   Eugenetika,  Ilmu yang mempelajari tentang hukum pewarisan sifat
15.   Endokrinologi,  Ilmu yang mempelajari tentang hormon
16.   Enzimologi, Ilmu yang mempelajari tentang enzim
17.   Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja) organ tubuh
18.   Fisioterapi ,  Ilmu yang mempelajari tentang pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot
19.   Farmakologi, Ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan
20.   Genetika ,  Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
21.   Histologi ,  Ilmu yang mempelajari tentang jaringan
22.   Higiene,  Ilmu yang mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
23.   Imunologi ,  Ilmu yang mempelajari tentang sistem kekebalan (imun) tubuh
24.   Ichtiologi ,  Ilmu yang mempelajari tentang ikan
25.   Karsinologi,  Ilmu yang mempelajari tentang crustacea
26.   Klimatologi , Ilmu yang mempelajari tentang iklim
27.   Limnologi , Ilmu yang mempelajari tentang perairan mengalir
28.   Mikrobiologi , Ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme
29.   Malakologi , Ilmu yang mempelajari tentang moluska
30.   Morfologi , Ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organisme
31.   Mikologi,  Ilmu yang mempelajari tentang jamur
32.   Organologi, Ilmu yang mempelajari tentang organ
33.   Onthogeni , Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa
34.   Ornitologi, Ilmu yang mempelajari tentang burung
35.   Phylogeni, Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup
36.   Patologi, Ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan pengaruhnya  bagi manusia
37.   Palaentologi, Ilmu yang mempelajari tentang fosil
38.   Parasitologi ,  Ilmu yang mempelajari tentang makhluk parasit
39.   Protozoologi,  Ilmu yang mempelajari tentang Protozoa
40.   Sanitasi, Ilmu yang mempelajari tentang kesehatan lingkungan
41.   Sitologi,  Ilmu yang mempelajari tentang sel
42.   Taksonomi,  Ilmu yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup
43.   Teratologi,  Ilmu yang mempelajari tentang cacat janin dalam kandungan
44.   Virologi , Ilmu yang mempelajari tentang virus

45.   Zoologi,  Ilmu yang mempelajari tentang hewan

Saturday, October 8, 2011

JANGAN PINTAR TAPI CERDAS YA

Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya berbisnis...
Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang pintar.
Walhasil boss-nya orang pintar adalah orang bodoh.

Orang bodoh sering melakukan kesalahan,
maka dia rekrut orang pintar yang
tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah.
Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.

Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya
mencari kerja. Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk
membayari proposal yang diajukan orang pintar.

Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato,
maka dia menyuruh orang pintar untuk membuatnya.

Orang bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH).
oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar
untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.

Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan,
sementara itu orang pintar percaya.
Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh.
Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada di atas.

Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu yang dipikirkan
panjang-panjang oleh orang pintar. Walhasil orang orang pintar menjadi
staf-nya orang bodoh.

Saat bisnis orang bodoh mengalami kelesuan,
dia PHK orang-orang pintar yang berkerja.
Tapi orang-orang pintar DEMO. Walhasil orang-orang pintar
'meratap-ratap' kepada orang bodoh agar tetap diberikan pekerjaan.

Tapi saat bisnis orang bodoh maju, orang pinter akan menghabiskan waktu
untuk bekerja keras dengan hati senang, sementara orang bodoh menghabiskan
waktu untuk bersenang-senang dengan keluarganya.

Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa di jadikan duit.
Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.

Bill gate (Microsoft), Dell, Hendri (Ford),
Thomas Alfa Edison, Tommy Suharto, Liem Siu Liong (BCA group).
Adalah contoh orang-orang yang tidak pernah dapat S1), tapi kemudian menjadi kaya.
Ribuan orang-orang pintar bekerja untuk mereka.
Dan puluhan ribu jiwa keluarga orang pintar bergantung pada orang bodoh.


PERTANYAAN :
Mendingan jadi orang pinter atau orang bodoh??
Pinteran mana antara orang pinter atau orang bodoh ???
Mana yang lebih mulia antara orang pinter atau orang bodoh??
Mana yang lebih susah, orang pinter atau orang bodoh??

KESIMPULAN:
Jangan lama-lama jadi orang pinter,
lama-lama tidak sadar bahwa dirinya telah dibodohi oleh orang bodoh.

Jadilah orang bodoh yang pinter dari pada jadi orang pinter yang bodoh.
Kata kunci nya adalah 'resiko' dan 'berusaha',
karena orang bodoh perpikir pendek maka dia bilang resikonya kecil,
selanjutnya dia berusaha agar resiko betul-betul kecil.
Orang pinter berpikir panjang maka dia bilang resikonya besar untuk
selanjutnya dia tidak akan berusaha mengambil resiko tersebut.
Dan mengabdi pada orang bodoh...

Diamanakah posisi anda saat ini...
Berhentilah meratapi keadaan anda yang sekarang...

Ini hanya sebuah Refleksi dari semua Retorika dan Dinamika kehidupan.
Semua Pilihan dan Keputusan ada ditangan anda untuk merubahnya,
Lalu perhatikan apa yang terjadi...

Ada dua hal yang tidak terbatas
  1. alam semesta dan
  2. kebodohan manusia
nampaknya saya tidak begitu yakin tentang alam semesta.

Support web ini

BEST ARTIKEL