Saturday, December 24, 2011

SITI JENAR

"Janganlah menyembah jikalau tidak mengetahui siapa yang disembah, jika engkau tidak mengetahui siapa yang disembah akhirnya cuma menyembah ketiadaan, suatu sembahan yang sia-sia."

(Syekh Siti Jenar)

Pertama-tama, inilah wasiatku(Syekh Siti Jenar) :
  • Setiap orang harus sadar jika segala sesuatu yang tergelar di alam semesta ini adalah nisbi.
  • Tidak ada yang berlaku mutlak.
  • Maka setiap orang harus hidup madya (tengah-tengah) ora ngoyo (tidak berlebihan) dan tidak ngongro ( tidak melampaui batas).
  • Prinsip ini hendaknya kalian jadikan pusaka dalam segala hal yang menyangkut kehidupan kalian, baik yang duniawiah maupun ukhrawiah dan Ilahiah.
  • Dalam kehidupan duniawi kalian bisa memaknai prinsip ini dengan kehidupan yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan sehingga membuat seseorang tertimbun harta kekayaannya.
  • Kalian juga boleh memaknainya dengan pengekangan terhadap nafsu perut dan nafsu syahwat yang sesuai dengan nilai-nilai kepantasan manusia.
  • Kalian juga boleh memaknainya sebagai pengekangan terhadap ambisi kekuasaan yang membahayakan.
  • Pendek kata maknailah prinsip madya ini sesuai kemampuan akal budi dan hati nurani kalian masing-masing dengan ukuran keseimbangan dan penghormatan atas kehidupan “
  • “Di dalam kehidupan rohaniahpun berlaku prinsip madya.
  • Maka aku melarang murid-muridku dan pengikutku untuk bertapa di gua-gua dan di hutan-hutan, kurang tidur, kurang makan, tidak kawin, tidak bergaul dengan manusia yang lain, tenggelam dalam lautan ruhani.
  • Sebab, hak-hak ruhani harus dipenuhi secara pantas.
  • Hak-hak jasmanipun hendaknya tidak diabaikan.
  • Penuhilah hak ruhani dan jasmani secara seimbang, bukan aku menganggap tidak baik perilaku-orang-orang yang meninggalkan keduniawian dengan menjadi pertapa.
  • Semua manusia bebas memilih yang terbaik bagi dirinya, tetapi bagi pengikutku hal seperti ini tidaklah dibenarkan. H
  • iduplah dengan prinsip ditengah-tengah, yaitu madya.
  • “Di dalam pengetahuan tentang Yang Illahi pun prinsip madya ini hendaknya tetap kalian pusakakan.
  • Sebab ada diantara umat Islam yang memiliki pandangan berlebihan dalam memaknai Yang Illahi.
  • Mereka memandang bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Suci, Maha Sempurna, Maha Baik, Maha Kasih.
  • Sehingga dari Allah memancar Kebaikan, Kesempurnaan, Kesucian dan Kasih.
  • Mereka menganggap mustahil dari Allah memancar ketidak adilan, ketidak sempurnaan, ketidak sucian dan kemurkaan.
  • Pandangan ini sah bagi pengikut paham ini.
  • Pandangan ini benar bagi yang meyakininya”
  • Tetapi dengarkanlah wahai murid-murid dan pengikutku, bahwa aku Syekh Siti Jenar, tidak pernah mengajarkan keyakinan yang berlebihan dan melampaui batas seperti itu.
  • Ajaranku tetap bertolak pada prinsip madya, di tengah-tengah.
  • Sebab jika seseorang menganggap bahwa Allah adalah Kebaikan, Kesempurnaan, Kesucian, Maha Kasih dan dari-Nya tidak bisa memancar ketidak baikan, ketidak sempurnaan, ketidak sucian dan kemurkaan maka sejatinya orang tersebut telah terperangkap ke dalam jaring-jaring masalah yang rumit yang bakal membawanya ke jurang kemusyrikan.
  • Mereka akan menganggap ketidak baikan dan ketidak sempurnaan berasal dari Dzat selain Allah, yaitu kuasa kegelapan dari kejahatan.
  • Itu berarti mereka menganggap ada dua Dzat yang berbeda, yaitu Allah dan dzat selain Allah.
  • Kalau keyakinan itu diikuti maka orang akan menolak keberadaan Asma Illahi yang saling bertolak belakang (al asma al-mutaqabilah) yang berujung pada Asma Allah sebagai keseluruhan asma Allah yang bertentangan (Majmu al asma al-mutaqabilah).
  • Mereka akan menolak nama Allah yang Maha Menyesatkan (al-Mudhill) Yang Memberi Kesempitan (al-Qabidh) Yang Maha Menista (al-Mudzil) Yang Memberi Bahaya (adh-dhar) Yang Membinasakan (al-mumit) mereka juga akan mengingkari bahwa dunia yang tidak sempurna ini berasal dari Allah.
  • Atau mengingkari bahwa iblis, setan mahluk-mahluk kegelapan dan manusia-manusia terkutuk berasal dari Allah.
  • Padahal segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.
  • Dengan memegang teguh prinsip hidup madya ini, sangatlah tidak masuk akal jika kalian sebagai murid-murid dan pengikutku memperlakukan aku secara berlebihan.
  • Bagaimana mungkin aku bisa membiarkan kalian menciumi kakiku, merangkul lututku, mengusap jubahku mengelus terompahku bahkan mengambil tanah bekas telapak kakiku. Itu berlebihan.
  • Itu melampui batas.
  • Itu thaghut.
  • Itu pemberhalaan yang justru aku tentang selama ini.
  • Sebab NABI MUHAMMAD SAW, MANUSIA AGUNG yang menjadi PANUTANKU selalu menolak bila diperlakukan secara berlebihan.
  • Dia selalu menampakkan kehambaan dan kerendahan hatinya.
  • Dia selalu berada di tengah-tengah dan mengajarkan agar pengikutnya pun berada di tengah-tengah.
  • Maka mulai saat ini aku katakan bahwa mereka yang memperlakukan aku atau siapapun diantara manusia secara berlebihan dan bahkan memberhalakannya, maka dia bukanlah pengikutku apalagi murid rohaniku.

KISI UN 2012 NEWS

  1. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur.
  3. Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/ Eubacteria bagi kehidupan manusia.
  4. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
  5. Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu.
  6. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
  7. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan invertebrata
  8. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan.
  9. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
  10. Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia
  11. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
  12. Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses yang terjadi pada sel.
  13. Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan
  14. Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya
  15. Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia
  16. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya
  17. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya
  18. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/gangguannya
  19. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
  20. Menjelaskan sistem regulasi pada manusia
  21. Menjelaskan sistem indera pada manusia
  22. Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
  23. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
  24. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
  25. Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh
  26. Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat
  27. Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan.
  28. Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
  29. Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
  30. Menjabarkan proses sintesis protein
  31. Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
  32. Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
  33. Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
  34. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia
  35. Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
  36. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
  37. Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi.
  38. Menjelaskan peran bioteknologi.
  39. Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/ modern.
  40. Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
lihat deskripsinya di SINI

Support web ini

BEST ARTIKEL