Wednesday, January 11, 2012

UJI CERDAS KELAS XII

1. Seorang siswa melakukan penelitian dengan judul: Pengaruh intensitas terhadap kecepatan pertumbuhan kecambah kacang hijau. Maka yang disebut variabel bebas yaitu…
A. intensitas cahaya
B. kecepatan tumbuh
C. data yang diperoleh
D. panjang batang kecambah
E. kacang hijau
2. Pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman dipengaruhi oleh berbagi faktor. Faktor berikut ini yang termasuk faktor dalam adalah....
A. kadar mineral dalam tanah
B. intensitas cahaya
C. kelembaban udara
D. keadaan kegemburan tanah
E. hormon pertumbuhan
3. Ketika melakukan percobaan tentang fungsi kerja enzim, Anastasia Erni memberikan tetesan larutan H2O2 kedalam tabung berisi ekstraks hati . Akibatnya terbentuk gelembung. Apa fungsi larutan H2O2 dalam percobaan tersebut?
A. Substrat enzim
B. pengatur pH
C. sumber enzim
D. inhibitor enzim
E. sumber energi
4. Seorang siswa mengadakan percobaan dengan bagan sebagai berikut!
Percobaan tersebut untuk mengamati bahwa....
A. fotosintesis menghasilkan gas CO2
B. fotosintesis menghasilkan gas oksigen
C. fotosintesis memerlukan cahaya
D. fotosintesis memerlukan air
E. karbon dioksida diperlukan dalam fotosintesis
5. Perhatikan gambar percobaan Engleman berikut ini!
Benang Spirogyra dan bakteri yang suka oksigen diberi penyinaran dengan spektrum cahaya tampak seperti pada gambar
Berdasarkan hasil percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa spektrum cahaya tampak yang dapat paling efektif ditangkap pada reaksi terang fotosintesis adalah ...
A. Ungu, nila, biru
B. Kuning, jingga, merah
C. Hijau dan kuning
D. Ungu dan merah
E. Biru dan hijau
6. Ketika sebuah senyawa glukosa selesai mengalami proses glikolisis, pada ahkir proses dihasilkan sejumlah molekul ATP sebanyak….
A. 1 molekul
B. 4 molekul
C. 2 molekul
D. 5 molekul
E. 3 molekul
7. Serangkaian proses pengubahan senyawa asetil koA menjadi senyawa-senyawa lain untuk membebaskan sejumlah ATP, CO2, FADH dan NADH dalam mitokondria disebut…
A. dehidrogenasi
B. siklus Krebs
C. reaksi gelap
D. reaksi terang
E. hidrogenasi
8. Hasil dari proses pengikatan karbondioksida oleh riboluse bifosfat dalam reaksi gelap fotosintesis menghasilkan senyawa ….
A. ATP
B. NADPH2
C. PGA
D. amilum
E. asam piruvat
9. Yang dipindahkan ke dalam fase gelap proses fotosintesis dari reaksi terang adalah...
A. klorofil berelektron
B. CO2 dan ATP
C. ATP dan Hidrogen
D. Air dan CO2
E. Hidrogen dan CO2
10. Perhatikan gambar berikut.
Secata berturut-turut, nomor 1-2-5 adalah….
A. DNA, grana, amilum
B. stroma, amilum, grana
C. DNA , stroma, grana
D. grana, stroma, amilum
E. grana, kloroplas, amilum
11. Dalam reaksi terang dalam fotosistem II elektron pada klorofil yang dipindahkan akan terisi kembali elektron dari … .
A. molekul CO2
B. ATP
C. cahaya matahari
D. NADPH+
E. molekul air
12. Jenis basa nitrogen dalam senyawa DNA yang tidak terdapat dalam RNA yaitu....
A. A
B. G
C. T
D. C
E. U
13. Jenis molekul guladalam sebuah molekul RNA adalah…
A. maltose
B. triosa
C. ribose
D. fruktosa
E. deoksiribosa
14. Berikut ini yang bukan ciri struktur DNA menurut Watson dan Crick...
A. rantai ganda polinukleotida
B. mengandung basa purin dan pirimidin
C. mengandung nukleotida : basa nitrogen, fosfat, dan ribosa
D. berbentuk double helix
E. kedua polinukleotida berikatan pada basa nitrogen
15. DNA digandakan ketika sel dalampersiapan pembelahan diri. Menurut hipotesis semikonservatif, DNA terbentuk dengan cara ………
A. rantai polinukleotida terpotong-potong
B. retiap DNA mengandung sebuah rantai lama dan baru
C. rerbentu 2 DNA, yaitu DNA lama dan DNA baru
D. DNA membentuk kodon terlebih dahulu
E. DNA akan terbentuk apabila mengandung kode start
16. Yang berperan dalam proses pembentukan RNA duta yaitu…
A. rantai DNA anti sense
B. anti kodon
C. rantai DNA sense
D. rantai RNA-t
E. kodon
17. RNA duta yang terbentuk pada saat transkripsi adalah AAU, UUA, GGC. Maka rantai DNA sense mengandung basa nitrogen…
A. AAU, UUA, GGC
B. TTA, AAT, CCG
C. AAT, TTA, GGC
D. AAT, UUA, GGC
E. UUA,AAU, CCG
18. Perhatikan gambar berikut ini!
Struktur DNA yang merupakan ikatan hydrogen, basa nitrogen, dan gugus fosfat secara berturut-turut adalah…
A. 1- 3 – 4
B. 1 – 3 – 5
C. 2 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 5
E. 6 – 3 - 4
19. Sebuah sel sedang mengalami proses pembelahan sel dengan ciri-ciri sebagai berikut: kromatida mengandung segmen lengan kromosom homolog, jumlah kromosom setengah dari jumlah sel induksnya, kromatida menuju kutub sel. Sel tersebut sedang berada dalam fase ………
A. profase mitosis
B. anaphase II meiosis
C. profase I meiosis
D. metafase II meiosis
E. anaphase mitosis
20. Masa yang terlama yang dialami oleh sel dalam proses pembelahan sel adalah….
A. interfase
B. telofase
C. profase
D. anaphase
E. metaphase
21. Menurut Gregore Mendel setiap sifat keturunan ditentukan oleh…
A. sepasang faktor determinan
B. alel intermediet
C. sepasang gen dominant
D. sepasang kromosom homolog
E. sepasang gen resesif
22. Tempat beradanya gen-gen dalam kromosom adalah ….
A. lokus
B. alel
C. sentromer
D. satelit
E. spindle
23. Perhatikan gambar berikut!
Sel tersebut dalam fase…..
A. interfase
B. anafase
C. telofase
D. metafase
E. profase
24. Perhatikan gambar berikut ini!
Kromosom yang berbentuk seperti pada gambar merupakan kromosom…
A. Disentirik
B. submetasentrik
C. Metasentrik
D. telosentrik
E. akrosentrik
25. Sebuah genotip AaBb akan membentuk gamet berdasarkan hukum Mendel II …
A. 1 macam
B. 2 macam
C. 3 macam
D. 4 macam
E. 5 macam
26. Sebuah sel akan mengadakan pembelahan sel apabila DNA sudah terbentuk. Dalam siklus sel, DNA dibentuk dalam tahap…
A. G1
B. S
C. G2
D. M
E. sitokinesis
27. Kromosom akan terlihat sebagai bentuk huruf X apabila kromosom tersebut sedang dalam fase....
A. metaphase
B. profase awal
C. telofase
D. interfase
E. anafase
28. Sepasang kromosom akan memisahkan diri dari pasangan homolognya pada saat fase pembelahan…
A. metafase pertama
B. profase kedua
C. profase pertama
D. anafase pertama
E. telofase pertama
29. Sel-sel induk gamet berasal dari…
A. pembelahan meiosis sebelumnya
B. d. pembelahan mitosis
C. fase telofase meiosis I
D. e. sel induk gamet orang tua
E. sitokinesis meiosis II
30. Dalam sebuah ovarium seorang perempuan dewasa terjadi pembentukan gamet. Jika proses yang terjadi normal, maka pada fase terakhir pembentukan gamet dihasilkan...
A. 1 sel ovum, dan 3 sel kutub
B. 3 sel ovum, 1 sel kutub
C. 1 inti ovum, 1 inti kandung lembaga sekunder
D. 1 inti generatif, 1 inti vegetatif
E. 2 inti generatif, dan 1 inti vegetatif
31. Jika terjadi sifat intermediet, persilangan kacang ercis bunga merah muda dengan kacang ercis bunga putih akan menghasilkan keturunan kacang ercis berbunga merah sebanyak...
A. 0 %
B. 25 %
C. 50 %
D. 75 %
E. 100%
32. Persilangan monohybrid jagung yang berklorofil heterozigot akan menghasilkan keturunan letal sebanyak ….
A. 12,5 %
B. 25 %
C. 50 %
D. 75 %
E. 100 %
33. Persilangan individu hibrida dengan galurmurni resesif disebut…
A. hibridisasi
B. inbreeding
C. testcross
D. pindah silang
E. intermediet
34. Perhatikan gambar berikut ini!
Yang bertanda X merupakan ….
A. alela
B. homolog
C. lokus gen
D. sentriol
E. sentromer
35. Gamet yang mengandung kromosom dengan segmen kromosom homolog disebut ….
A. parental
B. heterozigot
C. filial
D. rekombinan
E. galur murni
36. Ayam jantan berjengger walnut heterozigot disilangkan dengan ayam berjengger single ternyata menghasilkan 16 keturunan. Peluang banyaknya anak ayam yang berjengger walnut adalah …. ekor
A. 16
B. 12
C. 4
D. 3
E. 1
37. Kelinci betina CCch disilangkan dengan kelinci jantan Chc akan menghasilkan keturunan kelinci hitam sebanyak…… %
A. 100
B. 75
C. 50
D. 25
E. 0
38. Seorang perempuan normal pembawa gen albino menikah dengan laki-laki albino. Peluang anaknya menderita albino adalah ……… %.
A. 12,5
B. 25
C. 50
D. 75
E. 100
39. Yang menunjukkan peristiwa hereditas alel ganda adalah….
A. hemophilia
B. golongan darah
C. butawarna
D. berjari pendek
E. warna kulit
40. Jika gen bb epistasis terhadap gen penentu pigmen abu-abu (AA), maka tikus putih Aabb disilangkan dengan tikus abu-abu AaBb akan menghasilkan keturunan hitam sebanyak …. %
A. 100
B. 75
C. 50
D. 25
E. 12,5
41. Bunga Linaria marocana ungu akan terbentuk apabila terdapat gen domina dari masing-masing alela. Bunga putih aaBB disilangkan dengan bunga Ungu AaBb menghasilkan keturunan berbunga ungu …………. %
A. 100
B. 75
C. 50
D. 25
E. 0
42. Perhatikan data berikut:
Dari persilangan test-cross dihasilkan ketururan lalat buah dengan fenotip sebagai berikut.
sayap lurus, tubuh hitam 725 ekor
sayap lurus, tubuh albino 319 ekor
Sayap keriting, tubuh hitam 281 ekor
sayap keriting, tubuh albino 675 ekor…
Nilai pindah silang dalam populasi lalat buah adalah …..
A. 6 %
B. 10 %
C. 14 %
D. 20 %
E. 30 %
43. Sepasang suami istri sangat menginginkan anak laki-laki. Sekarang mereka memiliki 3 anak perempuan. Mereka merencanakan memiliki anak ke-4. Besarnya peluang anak ke-4 lahir laki-laki adalah…
A. 100 %
B. 75 %
C. 50 %
D. 25 %
E. 12,5 %
44. Seorang perempuan tidak buta warna namun merupakan pembawa gen. Gen butawarna yang ada dalam tubuh perempuan itu berasal dari ….
A. pasti dari ibunya
B. pasti dari kakeknya
C. pasti dari ayahnya
D. ayah atau ibunya
E. pasti dari neneknya
45. Perhatikan gambar berikut ini!
Kromosom tersebut mengalami peristiwa….
A. delesi
B. duplikasi
C. translokasi
D. katenasi
E. inversi
46. Sepotong DNA dengan urutan basa nitrogen ATG-AAC-GGA-AGT mengalami paparan radiasi kosmis dan beubah menjadi ATA –AAC – GGG –AGT. Yang dialami oleh DNA tersebut adalah mutasi ….
A. transisi
B. transposom
C. transversi
D. insersi
E. translokasi
47. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hal yang berbeda, tetapi pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara bersamaan dan saling terkait.
Berikut ini merupakan proses perubahan yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan:
  1. akar bertambah panjang
  2. daun bertambah lebar
  3. terbentuknya cabang akar
  4. batang kecambah tinggi
  5. diameter batang bertambah
Perubahan yang merupakan proses perkembangan adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
48. Hormon pertumbuhan merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Dalam dunia pertanian hormon sering digunakan untuk memacu pertumbuhan bibit dan meningkatkan produksi tanaman. Berikut ini adalah ciri-ciri salah satu hormon yang digunakan petani.
  1. memacu pembelahan sel dan pemanjangan sel
  2. memacu perkecambahan biji
  3. memperbesar ukuran buah
  4. merangsang pembentukan buah tanpa biji
  5. merangsang pembentukan bunga
Berdasarkan ciri hormon tersebut, maka hormon yang dimaksud adalah....
A. giberelin
B. auksin
C. asam absisat
D. sitokinin
E. rizokalin
49. .Sepotong rantai-sense DNA memiliki urutan basa nitrogen sebagai berikut:
ATT-TAC-GGC-TAG-GAC
Ketika DNA tersebut mengadakan transkripsi, maka rantai RNA-duta adalah...
A. ATT – TAC – GGC – TAG - GAC
B. TAA – ATG – CCG – ATC - CTG
C. AUU – UAC – GGC – UAG -GAC
D. UAA – AUG – CCG – AUC - CUG
E. UAA – UAC – CCG – UAG - CUG
50. Berikut ini merupakan hal-hal yang terjadi dalam proses sintesis protein.
  1. RNA-t membawa asam amino
  2. RNA-d menuju ribosom
  3. DNA rantai sense membentuk kodon
  4. terbentuk rantai polipeptida
Urutan proses yang benar adalah...
A. 1-2-3-4
B. 3-1-2-4
C. 2-3-4-1
D. 4-2-3-1
E. 3-2-1-4
51. Dalam sebuah pengamatan sel muda pada akar bawang yang sedang mengalami pertumbuhan didapatkan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. kromosom berganda
  2. membran inti sudah tidak terlihat
  3. terbentuk benang pembelahan
Berdasarkan ciri tersebut dapat dipastikan bahwa sel sedang dalam fase....
A. telofase
B. anafase
C. metafse
D. profase
E. interfase
52. Perhatikan tabel ciri pembelahan sel berikut ini!
  1. kromosom homolog berderet di bidang ekuator sel
  2. terbentuk kromatida
  3. kromosom homolog tertarik ke kutub sel
  4. membran inti memudar
  5. terbentuk 2 sel yang diploid
  6. dihasilkan 1 ovum dan 3 badan kutub
Yang termasuk ciri-ciri pada pembelahan sel secara meiosis adalah ...
A. 1,2,3,4,5
B. 2,3,4,5,6
C. 1,3,4,5,6
D. 1,2,4,5,6
E. 1,2,3,4,6
53. Suatu individu diturunkan dari induk dengan genotip aabbCCddEE x AAbbccDDEE. Ketika individu tersebut membentuk gamet berdasar hukum Mendel akan terbentuk gamet ....
A. 1 macam
B. 2 macam
C. 4 macam
D. 8 macam
E. 16 macam
54. Seekor ayam betina berpial walnut heterozigot disilangkan dengan ayam jantan berpial pea hereterozigot akan menghasilkan keturunan sebanyak 32 ekor. Keturunan ayam yang berpial single sebanyak...
A. 0
B. 4
C. 8
D. 12
E. 16
55. Tumbuhan Linnaria marocana berbunga putih (aaBB) disilangkan dengan yang berbunga putih (Aabb) ternyata menghasilkan keturunan yang berbunga ungu. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya akan menghasilkan keturunan Linnaria marocana berbunga ungu sebanyak...
A. 3
B. 7
C. 9
D. 15
E. 16
56. Gen A adalah penentu sifat warna tubuh abu-abu pada tikus, dan gen a menentukan warna tubuh hitam. Gen B menentukan sifat tidak terbentuknya enzim penghambat pigmentasi, dan alelnya b sebagai pembentuk zat penghalang pigmentasi. Apabila seekor tikus keturunan aabb x AABB disilangkan dengan aabb maka keturunan yang berwarna abu-abu sebanyak....
A. 6,25%
B. 12,5 %
C. 25 %
D. 50 %
E. 75 %
57. Seorang laki-laki diuji golongan darahnya. Hasilnya sebagai berikut.
  • dengan reagen anti B darahnya menggumpal
  • dengan reagen anti A tidak menggumpal
  • dengan reagen anti A + B menggumpal
Bapak dari orang tersebut ternyata bergolongan O. Jika ia kawin dengan perempuan bergolongan darah AB, maka kemungkinan golongan darah anak-anaknya adalah ...
A. A,B,AB
B. A,AB,O
C. A,B,O
D. B,AB,O
E. A,AB,B,O
58. Seekor kelinci jantan berwarna hitam keturunan dari induk betina albino. Kelinci tersebut disilangkan dengan seekor kelinci Chinchila heterozigot yang induknya betinanya adalah kelinci himalaya homozigot. Hasil persilngan kelinci hitam dan kelinci Chinchila tersebut menghasilkan keturunan Chinchila ...
A. 12,5 %
B. 25 %
C. 50 %
D. 75 %
E. 100%
59. Pada lalat buah Drosophila melanogaster gen sayap keriting (C) terpaut sempurna dengan gen A penentu warna tubuh hitam. Masing-masing gen dominan terhadap alelnya yaitu gen c (sayap lurus) dan gen a ( tubuh albino). Seekor lalat bersayap keriting dan berwarna hitam heterozigot disilangkan dengan lalat Ccaa akan menghasilkan keturunan bersayap keriting tubuh hitam : bersayap keriting tubuh albino : bersayap lurus tubuh hitam : bersayap lurus tubuh albino ... .
A. 2 : 1 : 0 : 1
B. 2 : 1 : 1 : 0
C. 2 : 0 : 1 : 1
D. 1 : 1 : 1 : 1
E. 3 : 1 : 1 : 3
60. Jika diketahui jarak antara gen A dan gen B adalah 30 unit maka persilangan antara individu bergenotip AaBb dengan induk galurmurni resesif akan menghasilkan perbandingan keturunan yang bergenotip A-B- : A-bb : aaB- : aabb
A. 2 : 1 : 1 : 2
B. 3: 1 : 1 : 3
C. 4: 1 : 1 : 4
D. 5 : 3 : 3 : 5
E. 7 : 3 : 3 : 7


DETAIL BUKU


  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Idun Kistinnah(PDF) - download 
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Subardi(PDF) - download 
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Suwarno(PDF) - download
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Faidah Rachmawati(PDF) - download
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Ida Herlina(PDF) - download
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Langkah Sembiring(PDF) - download
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Rikky Firmansyah(PDF) - download
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Siti Nur Rochmah(PDF) - download
  • BSE-Biologi Kelas 12-Penulis : Fictor Ferdinand(PDF) - download

120 SOAL UJIAN NASIONAL 2014

SOAL

1. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi
A. Cabang ilmu : objek dan permasalahan
B. Objek biologi (monera-animalia) – Tingkat organisasi kehidupan
C. Pengelompokkan ilmu biologi

2.. Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur
A. Ciri kelas protozoa
B. Ciri kelas Algae
C. Ciri kelas Fungi

3. Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/ Eubacteria bagi kehidupan manusia.
A. Penyakit-penyakit akibat virus
B. Penyakit-penyakit akibat bakteri
C. Peran menguntungkan bakteri

4. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
A. Aturan penulisan spesies
B. Dasar klasifikasi pada tingkat kingdom/phylum/kelas
C. Klasifikasi artifisial/buatan/filogenik

5. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
A. Jenis/cara pelestarian dan tujuan
B. Hub. Pelestarian-plasma nutfah
C. Hub. Pelestarian – keseimbangan alam

6. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A. Ciri filum invertebrate
B. Diketahui filum – ciri kelasnya
C. Contoh – filum/kelas

7. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A. Siklus hidup invertebrata
B. Cara reproduksi berbagai filum (coelenterate, platelminthes, nemathelmintes, annelida)
C. Cara reproduksi berbagai filum (Mollusca, arthroppoda, echinoderaamata)

8. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan
A. Ciri-ciri kelas vertebrata
B. Ciri-ciri paku-lumut
C. Ciri-ciri spermathophyta


9. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
A. Interaksi makhluk hidup (Netral, kompetisi,simbiosis,predasi) dll
B. Bioma
C. Rantai makanan/jarring-jaring makanan

10. Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
A. Siklus (nitrogen, karbon/oksigen, phosphor, sulfur)
B. Piramida ekologi
C. Karakteristik aliran energy


11. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
A. Pencemaran lingkungan (CFC, hujan asam, efek rumah kaca)
B. Eutrofikasi
C. Dampak perubahan lingkungan

12. Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses yang terjadi pada sel.
A. Komponen Membran sel
B. Proses transport melalui membran
C. Komponen protoplasma

13. Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
A. Karakteristik organela – fungsi
B. Gambar organela-fungsi
C. Beda sel hewan dan tumbuhan

14. Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
A. Jaringan hewan dengan perannya
B. Jaringan tumbuhan dengan perannya
C. Organ dengan melihat jaringan penyusunnya

15. Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
A. Gerak otot antagonis
B. Jenis sendi
C. Mekanisme gerak otot

16. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya
A. Kelainan pada sistem peredaran darah
B. Sistem peredaran darah ( besar,kecil,porta, limfe)
C. Karakter komponen darah

17. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
A. Enzim pencernaan lokasi dan peran
B. Kelainan pada sistem pencernaan
C. Uji bahan makanan

18. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya
A. Mekanisme pernapasan dada/perut
B. Kelainan pada sistem pernapasan
C. Organ pernapasan dan perannya

19. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
A. Proses terbentuknya urine
B. Struktur organ ekskresi dan perannya
C. Kelainan pada sistem ekskresi

20. Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
A. Peta kelenjar endokrin dengan produk hormon
B. Mekanisme gerak reflex/disadari
C. Sistem saraf pusat dan peeannya.

21. Menjelaskan sistem indera pada manusia.
A. Struktur indera(mata,telinga,lidah)
B. Mekanisme bunyi
C. Saraf pada kulit dengan perannya

22. Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
A. Mekanisme menstruasi
B. Sruktur organ laki-laki dan perempuan dan perannya
C. Pregnansi/kehamilan

23. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A. Data percobaaan (grafik)dan analisisnya
B. Menentukan variable percobaan
C. Data percobaaan (tabel)dan analisisnya

24. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A. Faktor eksternal pertumbuhan
B. Faktor internal (hormone,auksin,sitokinin,giberelin)
C. Faktor internal (hormone,etilen,asam absisat,traumalin kalin

25. Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
A. Kerja enzim katalase
B. Ciri-ciri enzim
C. Mekanisme kerja enzim

26. Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
A. Tahap glikolisis (substrat,tempat, hasil)
B. Tahap Siklus krebs (substrat,tempat, hasil)
C. Mitokondria dan tahap metabolism

27, Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan
A. Struktur kloroplas dalam reaksi gelap dan terang
B. Mekanisme reaksi terang
C. Mekanisme reaksi gelap

28. Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
A. Proses Fermentasi alcohol/asam laktat
B. Pengertian /proses kemosintesis
C. Perbandingan fermentasi alcohol dan asam laktat
29. Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
A. Sruktur DNA
B. Struktur kromosom
C. Perbedaan DNA dan RNA

30. Menjabarkan proses sintesis protein.
A. Proses sintesis protein
B. Membaca DNA dan hasil transkripsinya
C. Membaca DNA dan hasil translasinya

31. Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
A. Tahap Mitosis
B. Tahap Meiosis
C. Tahap Gametogenesis manusia/tumbuhan

32. Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
A. Pembentukan gamet
B. Persilangan monohybrid/dihibrid
C. Hukum I dan II mendel

33. Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
A. Interaksi gen
B. Gen Letal
C. Pautan dan Pindah silang

34. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
A. Persilangan hemofili dan buta warna(sex linkage)
B. Membaca peta sislsilah
C. Persilangan autosom linkage

DESKRIPSI SOAL








TRY AGAIN

1. Kajian biologi tentang struktur dan fungsi jantung dipelajari pada tingkatan...
A. Sel
B. Sistem organ
C. Jaringan
D. Individu
E. Organ

2. Dari pengamatan setetes air, seorang siswa menemukan mikrob dengan ciri sebagai berikut:
1. bentuk berubah-ubah
2. tidak berdinding sel
3. dapat membuat kaki semu
4. tidak berklorofil
Berdasarkan ciri-ciri di atas, mikrob tersebut masuk dalam kelompok...
A. Ciliata
B. Mastigophora
C. Rhizopoda
D. Sporozoa
E. Flagellata

3. Strain virus sub tipe A H5N1 merupakan virus strain yang sangat virulen/ganas karena dapat menyebabkan penyakit ….
A. Flu burung.
B. AIDS
C. Hepatitis.
D. Anjing gila
E. Influenza.

4. Perhatikan pengelompokan hewan di bawah ini
1. Gajah, sapi, kuda, kerbau
2. kecoa, lalat, burung pipit, merpati
3. Cumi-cumi, ubur-ubur, gurita, hiu
4. ular, buaya, biawak
Cara pengelompokan tersebut berdasarkan sistem …
A. morfologi
B. buatan
C. fisiologis
D. filogenetik
E. alamiah

5. Sumber daya hayati tumbuhan perlu dilestarikan, sebab tumbuhan bagi manusia dan hewan lainnya mempunyai peran yang sangat penting yaitu ....
A. pemasok karbohidrat sebagai sumber energi
B. mengurangi terik matahari pada siang hari
C. mengurangi terjadinya banjir saat musim hujan
D. penyedia oksigen untuk pernapasan
E. memberi keindahan, rasa aman dan damai

6. Perhatikan data berikut ini :
1. Lapisan tubuh diploblastik
2. Tubuhnya beruas
3. Kakinya 4 pasang
4. Mempunyai antenna
5. Kaki terdiri dari 3 pasang
Yang merupakan ciri-ciri insekta adalah ..
A. 1, 2, 3
B. 5, 4, 1
C. 2, 3, 4
D. 5, 4, 2
E. 3, 4, 5

7. Perhatikan siklus hidup cacing hati (Fasciola hepatica) di bawah ini!

Label 1 dan 2 dari siklus tersebut adalah ........
A. miracidium dan redia
B. miracidium dan onkosfera
C. redia dan cercaria
D. cercaria dan metacercaria
E. cercaria dan onkosfera

8. Seorang siswa mengamati satu tumbuhan dan didapatkan ciri-ciri, yaitu daun berbentuk runcing seperti jarum, batang bercabang-cabang, tidak dijumpai bunga tetapi ada bagian berbentuk strobilus berwarna coklat. Berdasarkan ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan bahwa tanaman tersebut termasuk...
A. Angiospermae
B. Monokotil
C. Gymnospermae
D. Pteridophyta
E. Dikotil
9. Dalam suatu ekosistem hutan terdapat rantai makanan sebagai berikut:
Rumput _kijang _ harimau _ pengurai
Jika padang rumput dibakar dan kemudian didirikan bangunan di lahan tersebut, maka dampak yang akan terjadi adalah...
A. Populasi kijang akan stabil dan tidak ada kematian
B. Menurunnya populasi kijang dan harimau
C. Meningkatnya populasi kijang dan pengurai
D. Meningkatnya populasi harimau karena tidak ada saingan
E. Populasi harimau tidak terpengaruh karena bukan herbivora

10. Perhatikan skema daur Biogeokimia dari unsur karbon berikut :

Proses yang terjadi pada X adalah ........
A. Mati
B. Fotosintesis
C. Respirasi
D. Pengendapan
E. Pembakaran

11. Eutrofikasi pada lingkungan pertanian disebabkan oleh pencemaran air dari limbah...
A. Rumah tangga
B. Industri nonorganik
C. Pestisida yang larut
D. Bangkai biota air
E. Pupuk organik yang larut

12. Perhatikan gambar !


Proses transport zat yang menyebabkan perubahan seperti pada gambar karena peristiwa …. .
A. difusi dimana x hipertonis dan y hipotonis
B. difusi dimana x hipotonis dan y hipertonis
C. osmosis dimana x hipertonis dan y hipotonis
D. osmosis dimana x hipotonis dan y hipertonis
E. transport aktif karena ada perbedaan larutan x dan y

13. Perhatikan gambar sel !

Organel sel yang berfungsi sebagai tempat respirasi sel untuk menghasilkan energi berupa ATP adalah yang berlabel ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

14. Suatu jaringan tumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. memiliki dinding sel tersusun dari selulosa
2. susunan selnya rapat
3. memiliki sedikit ruang antar sel
4. terdapat pada organ yang masih muda
5. merupakan jaringan pelindung
Jaringan yang dimaksud adalah jaringan….
A. Meristem
B. Kolenkim
C. Parenkim
D. Epidermis
E. Sklerenkim
15. Di bawah ini hal-hal yang berperan pada mekanisme kontraksi otot:
K = asetilkolin
L = rangsang
M = aktin + myosin
N = aktomiosin
O = energi dari ATP
Urutan mekanisme kontraksi otot yang benar adalah .....
A. O – L – K – N – M
B. K – L – M – O – N
C. L – M – K – O – N
D. M – O – N – K – L
E. L – K– M – O – N

16. Perhatikan gambar jantung !

Bagian yang diberi no-mor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah … .
A. vena paru-paru, ventrikel kanan, vena cava
B. vena paru-paru, ventrikel kiri, atrium kanan
C. aorta, ventrikel kiri, vena paru-paru
D. aorta, ventrikel kanan, vena kanan bawah


SILAHKAN MEMPELAJARI LAGI


Support web ini

BEST ARTIKEL