Wednesday, December 19, 2012

SOAL RUANG LINGKUP - MONERA - VIRUS




1.    Histologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
A.  Kehidupan pada tingkat sel
B.  Kehidupan pada tingkat jaringan
C.  Kehidupan pada tingkat organ
D.  Kehidupan pada tingkat system organ
E.   Kehidupan pada tingkat tingkat individu.

2.    Mikologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
A.  virus                               
B.  sel
C.  jaringan        
D.  protista
E.   jamur

3.    Cabang-cabang Biologi berikut ini berkaitan dengan dunia kedokteran, kecuali ........
A.  ekologi          
B.  mikrobiologi
C.  genetika       
D.  fisiologi
E.   virologi

4.    Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah .......
A.  genetika       
B.  patologi
C.  sitologi          
D.  sanitasi
E.   embriologi

5.    Suatu daerah terserang wabah muntaber, Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi yang disebut ...........
A.  virologi          
B.  patologi
C.  bakteriologi 
D.  sanitasi
E.   parasitologi

6.    Seorang siswa sangat tertarik pada pelajaran biologi. Dia berharap dimasa depan akan dapat mengembangkan tanaman nanas sehingga menghasilkan nanas jenis baru dengan berbagai rasa.
      Untuk mewujudkan cita-cita tersebut sebaiknya masuk ke jurusan ............
A.  biologi
B.  pertanian
C.  teknologi pangan
D.  botani
E.   bioteknologi

7.    Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan mahluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........

A.  mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
B.  bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
C.  kandaungan mineral dalam batuan
D.  ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
E.   pembuatan bir

8.    Sel-sel yang serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk .......
A.  jaringan        
B.  komunikasi
C.  organ                             
D.  bioma
E.   individu

9.    Berikut ini tabel hasil panen kacang tanah dari hasil penelitian :

      Dari hasil panen tersebut kesimpulan yang tidak sesuai adalah ........
A.  pemberian pupuk meningkatkan hasil panen
B.  penggunaan pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
C.  ukuran biji kacang pada tanaman yang dipupuk lebih besar daripada yang tidak dipupuk
D.  penggunaan pupuk kandang memberikan hasil panen lebih baik daripada tanpa pemupukan
E.   untuk meningkatkan hasil panen perlu dilakukan pemupukan

10. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali ..........
A.  jujur terhadap fakta
B.  bertanggung jawab
C.  disiplin dan tekun]
D.  melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
E.   peduli terhadap lingkungan

11. Cara pengelompokan nerdasarkan ciri morfologi disebut .......
A.  klasifikasi sistem alami
B.  klasifikasi sistem buatan
C.  klasifikasi sistem filogeni
D.  klasifikasi sistem evolusi
E.   taksonomi

12. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup disuatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan memasukannya kedalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu dan herb. Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi ...........
A.  buatan
B.  alami
C.  filogeni
D.  buatan dan alami
E.   alami dan filogeni

13. Penamaan suatu mahlik hidup dengan menggunakan dua kata disebut ......
A.  sistem tata nama ganda
B.  takson
C.  dikotomi
D.  taksonomi
E.   nama genus

14. Nama ilmiah pisang adalah Musaparadisiaca L. Hurf L artinya adalah .........
A.  nama genus
B.  nama spesies
C.  penunjuk spesies
D.  singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
E.   nama famili

15. berdasarkan sistem tata nam ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah ............
A.  Cocos nucifera L.
B.  Cocos Nucifera L.
C.  Cocos N.L.
D.  cocos Nucifera L.
E.   cocos nucifera L.

16. Pelopor sistem klasifikasi mahluk hidup adalah ..........
A.  Charles Darwin
B.  Gregor Mendel
C.  Carolus Linnaeus
D.  Anthony van Leuwenhoek
E.   Lamarck


17. Nama ilmiah kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leunca (sering digunakan untuk lalap) adalah solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini .......
A.  Spesiesnya sama, genusnya berbeda
B.  Genusnya sama, spesiesnya berbeda
C.  Familinya sama, genusnya berbeda
D.  Berbeda spesies maupun genus
E.   Varietasnya sama

18. Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah
      adalah ........
A.  Kingdom – filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
B.  Kingdom – filum / divisi – kelas  – famili – ordo - genus – spesies
C.  Kingdom – filum / divisi – ordo – famili – genus – spesies
D.  Kingdom, filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili – spesies
E.   Kingdom, filum / divisi, ordo – kelas – genus spesies

19. Alasan pemisahan jamur / Fungsi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur ............
A.  Tidak memiliki dinding sel
B.  Melakukan gerak aktif
C.  Bersifat heterotrof
D.  Tidak memiliki membran inti
E.   Berkembang biak dengan spora

20. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh ........
A.  Aristoteles
B.  Carolus Linnaeus
C.  Charles Darwin
D.  Robert Hooke
E.   Robert Whittaker

21. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
A.  Uniseluler
B.  Multiseluler
C.  Sel sederhan
D.  Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
E.   Belum termasuk sel

22. Virus dapat dianggap makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri / gejala hidup yang terdapat pada virus adalah .........
A.  Gerak
B.  Reproduksi
C.  Metabolisme
D.  Gerak dan reproduksi
E.   Reproduksi dan metabolisme

23. Salah satu ilmuan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1883). Salah satu masalah yanga mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah .... 
A.  Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
B.  Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
C.  Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
D.  Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
E.   Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau

24. Contoh virus yang menaglami fase litik dan lisogenik adalah ...............
A.  Fage
B.  Ebola virus
C.  HIV
D.  Hepatitis virus
E.   Polio virus

25. Virus hanya dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan ...........
A.  Menggunakan asam nukleat sel inangnya
B.  Menggunakan mitokondria sel inangnya
C.  Mengubah inti sel inangnya
D.  Mengabsorpasi sel inangnya
E.   Menggunakan membran sel inangnya

26. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4
E.   5

27. Reproduksi virus terdiri dari rangkaian tahap .............
A.  Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan, pelepasan
B.  Pelekatan, penetrasi, pematangan, replikasi dan sintesis, pelepasan
C.  Pelekatan, penetrasi, pematangan, pelepasan, replikasi dan sintesis
D.  Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pelepasan, pematangan
E.   Pelekatan, replikasi dan sintesis, penetrasi, pematangan, pelepasan

28. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
A.  Sistem saraf dan kulit
B.  Sistem kekebalan tubuh
C.  Sistem peredaran darah
D.  Sistem peredaran darah dan pernapasan
E.   Sistem pencernaan dan peredaran darah

29. Perhatikan gambar Bakteriofage dibawah ini

Bagian yang mengandung materi genetic ditunjukan oleh
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4
E.   5



30. Cara pemberian nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya. Virus diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukan gangnguan yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia ............
A.  tobacco mozaik virus
B.  influenza virus
C.  mumps virus
D.  herpes simpleks virus
E.   poliovirus

31. Sel bakteri sama seperti sel tumbuhan karena memiliki dinding sel. Akan tetapi struktur dinding sel bakteri berbeda dengan struktur dinding sel tumbuhan karena struktur sel bakteri tersusun atas ...........
A.  lignin
B.  peptidoglikan
C.  selulosa
D.  hemiselulosa
E.   lipid

32. Perhartkan bentuk bakteri berikut.
Bakteri yang berbentuk sarkina ditunjukkan oleh ................
A.  1      
B.  2.     
C.  3      
D.  4
E.   5

33. Bacillus anthracis adalah penyebab penyakit antraks pada hewan ternak. Dari namanya dapat dipastikan bakteri tersebut berbentuk ..............
A.  bulat              
B.  koma
C.  kotak             
D.  spiral
E.   batang

34. bakteri ada yang memiliki kemampuan lokomosi / melakukan gerakan. Struktur sel bakteri yang menunjang kemampuan tersebut adalah ...........
A.  fimbria          
B.  kapsul
C.  pilus                               
D.  klorosom
E.   flagelum

35. Ada beberapa bakteri yang bersifat fotoautotrof. Bakteri dengan sifat ini memiliki organel yang
      disebut .............
A.  kloroplas      
B.  fimbria
C.  kloroson       
D.  vakuola gas
E.   kapsul

36. Escherichia coli yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri .........
A.  anaerob obligat
B.  anaerob fakultatif
C.  aerob
D.  heterotrof
E.   autrotrof

37. Sel bakteri untuk memperbanyak diri memiliki kemampuan melakukan pembelahan biner. Apabila sel bakteri membelah setiap 10 menit sekali, pembiakan satu sel bakteri setelah 3 jam akan menghasilkan sel sejumlah ..........
A.  32
B.  218
C.  182                  
D.  23
E.   2180

38. Bakteri memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi secara seksual. Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui ..................
A.  Perkawinan antara bakteri jantan dan betina
B.  Perkawinan yang bersifat hemafrodit
C.  Pertukaran materi  genetik / rekombinasi ...
D.  Fragmentaasi
E.   Pembelahan sel

39. Beberapa jenis Cyanobacteria dapat dianggap sebagai pupuk alam bagi tumbuhan karena dapat
      mengikat ..........
A.  Nitrogen
B.  Oksigen
C.  Karbon
D.  Sulfur
E.   Hidrogen

40. Contoh bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia  adalah ...........
A.  Sulfolobus
B.  Lactobatillus bulgaricus
C.  Mycobacterium tuberculosis
D.  Nitrosomonas
E.   Pseudomonas solanacearum

41. Bakteri yang memilki flagela diseluruh permukaan selny disebut bakteri ................
A.  monotrika    
B.  politrika
C.  amfitrika       
D.  peritrika
E.   lofotrika

42. Bakteri yang mempunyai bentuk bulat dan memiliki susunan seperti sekelompok buah anggur
      disebut ..........
A.  diplokokus   
B.  strepokokus
C.  sarkina          
D.  monokokus
E.   stafilokokus

43. Salah satu jenis bakteri yang memiliki bentuk batang adalah ........
A.  Clostridium tetani
B.  Treponema pollidium
C.  Vibrio coma
D.  Nitrosococcus sp.
E.   Streptococcus lactis

44. Organisme fotoautotrof mendapatkan sumber karbon organic yang berasal dari...............
A.  CO2                
B.  Cahaya matahari


C.  Senyawa organic
D.  senyawa organic
E.   proses oksidasi

45. Methanobacterium akan hidup baik pada lingkungan yang anaerob dan akan mati jika terdapat O2 pada habitatnya. Hal tersebut memperlihatkan bahwa organisme tersebut bersifat ...............
A.  aerob abligat
B.  aerob fakultatif
C.  anaerob obligat
D.  aerob fakultatif
E.   tripoblstik

46. Nitrosomonas merupakan organisme kemoorganotrof yang mampu mengoksidasi amoniak (NH3) menjadi .......
A.  nitrat                              
B.  nitrioksida
C.  nitrit                               
D.  amonium
E.   amida

47. Nitrobacter merupakan bakteri kemoautotrof yang dapat mengoksidasi .........
A.  nitrat menjadi nitrit
B.  nitrit menjadi nitrat
C.  amonia menajadi nitrit
D.  nitrit menjadi amonia

48. Acetobacter xylinum adalah bakteri yang digunakan untuk ............
A.  penghasilan antibiotik
B.  pembuatan yakult
C.  pembuatan nata de-coco
D.  pembuatan kecap
E.   penghasil protein sel tunggal

49. Bakteri eschericia coli yang hidup bersimbiosis pada usus tebal manusia berperan dalam pembentukan vitamin ……
A.  vitamin A
B.  vitamin B
C.  vitamin C      
D.  vitamin D
E.   vitamin K

50. Kelompok penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia  adalah ..........
A.  tetanus, campak, disentri, cacar
B.  sifilis, lepra, pes, kolera
C.  TBC, antrax, influenza, tifus
D.  Malaria, gonorhoe, morbili, pneuumonia
E.   Rabies, difteri, hondong, trakhom



51.  Makhluk hidup yang termasuk prokariotik yaitu ....
a. Ganggang
b. bakteri
c. fungi
d. plantae
e. manusia

52.  Cara bereproduksi makhluk hidup prokariotik yang sering dijumpai  adalah ....
a. melahirkan
b. bertelur
c. membelah diri
d. bertunas
e. berspora

53.  Berikut ini yang bukan sifat-sifat virus antara lain ….
a.  hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA)
b.  tidak memiliki protoplasma
c.  bentuk dan ukurannya bervariasi
d.  untuk bereproduksi hanya memerlukan bahan organik
e.  aktif pada makhluk hidup yang spesifik

54.  Berikut ini nama macam-macam virus :

  1. new castle disease virus
  2. tobacco mosaic virus
  3. citrus vein phloem degeneration virus
  4. virus gumboro
  5. virus tungro
  6. foot and mouth disease virus

Virus menyerang vertebrata antara lain ....
a. (1)-(2)-(3)
b. (1)-(4)-(5)
c. (1)-(4)-(6)
d. (2)-(3)-(5)
e. (4)-(5)-(6)

55. Pada siklus reproduksinya DNA virus dapat melakukan replikasi, artinya …
a.  mampu melekatkan diri pada sel inang
b.  menyerang satu jenis sel makhluk hidup tertentu
c.  menyuntikkan materi genetik ke sitoplasma sel inang
d.  memperbesar ukuran sel
e.  mampu memperbanyak diri

56. Virus flu burung termasuk golongan …
a. Piconaviridae
b. Herpesviriade
c. Filoviridae
d. Retroviridae
e. Coronaviridae

57. Berdasarkan cara hidupnya, bakteri nitrat termasuk bakteri autotrof yang dapat hidup.....
a. tanpa oksigen   
b. tanpa cahaya
c. dari at organik   
d. dengan cahaya
e. dari zat anorganik

58. Bakteriofag adalah ….
a. bakteri yang menyerang virus
b. virus yang menyerang bakteri
c.  bakteri yang menyerang mananusia
d.  virus yang menyerang manusia
e.  virus yang menyebabkan penyakit

59. Berikut ini yang bukancara-cara penularan AIDS adalah ….
a. hubungan seksual
b.  berjabat tangan
c.  transfusi darah
d.  ibu hamil kepada janinnya
e.  pemakaian jarum suntik bekas

60. Berikut ini adalah tahap-tahap reproduksi bakteriofag :

  1. menempelkan tubuh virus pada bakteri
  2. sintesis DNA pada tubuh bakteri
  3. DNA bakteri dihancurkan
  4. Dinding sel bakteri hancur
  5. DNA virus masuk ke dalam sel bakteri

Tahap daur litik yang benar secara berurutan adalah …
a.(1)-(3)-(2)-(5)-(4)
b.(1)-(4)-(5)-(6)-(2)
c. (1)-(5)-(3)-(2)-(4)
d. (1)-(5)-(6)-(2)-(4)
e. (1)-(5)-(6)-(3)-(4)

61. Berikut ini yang bukan merupakan sifat virus ....
a. Mempelajari onkogen
b. Sebagai biopestisida
c. Digunakan dalam pembuatan vaksin
d. Pembuatan peta kromosom
e. Digunakan dalam pengawetan makanan

62. Bintil akar tanaman kacang-kacangan banyak mengandung bakteri
yang dapat mengikat nitrogen bebas. Bakteri tersebut bemama ....
a. Clostridium
b. Azotobacter
c. Nitrosomonas
d. Nitrosococcus
e. Rhizobium

63. Berikut ini yang bukan merupakan karakter Archaea
 a. dinding selnya disebut peptidoglikan
b. dapat menghasilkan metan
c. hidup di daerah dengan suhu tinggi
d. hidup di daerah dengan salinitas tinggi
e. hidup di daerah yang sangat asam

64. Pasangan yang tepat tentang bakteri dengan fungsinva adalah ....
a.         Lactobacillus bulgaricus Menghasilkan antibiotik
b.        Streptomyces venezuelae Menghasilkan aseton
c.         Escherichia coli Membuat Yoghurt
d.        Clostridium acetobutylicum Menghasilkan vit. B12
e.        Acetobcter xylium Membuat nata de coco

Tuesday, December 18, 2012

SHARE AND SHARE



Disuatu sore hari pada saat aku pulang kantor dengan mengendarai sepeda motor, aku disuguhkan suatu drama kecil yang sangat menarik, seorang anak kecil berumur lebih kurang sepuluh tahun dengan sangat sigapnya menyalip disela-sela kepadatan kendaraan disebuah lampu merah perempatan jalan di Jakarta .

Dengan membawa bungkusan yang cukup banyak diayunkannya sepeda berwarna biru muda, sambil membagikan bungkusan tersebut ,ia menyapa akrab setiap orang, dari Tukang koran , Penyapu jalan, Tuna wisma sampai Pak polisi.

Pemandangan ini membuatku tertarik, pikiran ku langsung melayang membayangkan apa yang diberikan si anak kecil tersebut dengan bungkusannya, apakah dia berjualan ? “kalau dia berjualan apa mungkin seorang tuna wisma menjadi langganan tetapnya atau…??, untuk membunuh rasa penasaran ku, aku pun membuntuti si anak kecil tersebut sampai disebrang jalan , setelah itu aku langsung menyapa anak tersebut untuk aku ajak berbincang-bincang. De, “boleh kakak bertanya” ? silahkan kak, kalau boleh tahu yang barusan adik bagikan ketukang koran, tukang sapu, peminta-minta bahkan pak polisi, itu apa ?, oh… itu bungkusan nasi dan sedikit lauk kak, memang kenapa kak!, dengan sedikit heran , sambil ia balik bertanya. Oh.. tidak! , kakak Cuma tertarik cara kamu membagikan bungkusan itu, kelihatan kamu sudah terbiasa dan cukup akrab dengan mereka. Apa kamu sudah lama kenal dengan mereka?

Lalu ,Adik kecil ini mulai bercerita, “Dulu ! aku dan ibuku sama seperti mereka hanya seorang tuna wisma ”,setiap hari bekerja hanya mengharapkan belaskasihan banyak orang, dan seperti kakak ketahui hidup di Jakarta begitu sulit, sampai kami sering tidak makan, waktu siang hari kami kepanasan dan waktu malam hari kami kedinginan ditambah lagi pada musim hujan kami sering kehujanan, apabila kami mengingat waktu dulu, kami sangat-sangat sedih , namun setelah ibu ku membuka warung nasi, kehidupan keluarga kami mulai membaik.

Maka dari itu ibu selalu mengingatkanku, bahwa masih banyak orang yang susah seperti kita dulu , jadi kalau saat ini kita diberi rejeki yang cukup , kenapa kita tidak dapat berbagi kepada mereka.

Yang ibu ku selalu katakan “ hidup harus berarti buat banyak orang “, karena pada saat kita kembali kepada Sang Pencipta tidak ada yang kita bawa, hanya satu yang kita bawa yaitu Kasih kepada sesama serta Amal dan Perbuatan baik kita , kalau hari ini kita bisa mengamalkan sesuatu yang baik buat banyak orang , kenapa kita harus tunda.

Karena menurut ibuku umur manusia terlalu singkat , hari ini kita memiliki segalanya, namun satu jam kemudian atau besok kita dipanggil Sang Pencipta,” Apa yang kita bawa”?. Kata-kata adik kecil ini sangat menusuk hati ku, saat itu juga aku merasa menjadi orang yang tidak berguna, bahkan aku merasa tidak lebih dari seonggok sampah yang tidak ada gunanya,dibandingkan adik kecil ini.

Aku yang selama ini merasa menjadi orang hebat dengan pendidikan dan jabatan tinggi, namun untuk hal seperti ini, aku merasa lebih bodoh dari anak kecil ini, aku malu dan sangat malu. Yah.. Tuhan, Ampuni aku, ternyata kekayaan, kehebatan dan jabatan tidak mengantarku kepada Mu

Terima kasih adik kecil, kamu adalah malaikat ku yang menyadarkan aku dari tidur nyenyak ku.

"Hidup akan berarti jika kita mau membagikan sesuatu untuk orang lain dan tidak hanya fokus untuk menyenangkan diri kita sendiri "

Support web ini

BEST ARTIKEL