Thursday, September 19, 2013

LATIHAN SOAL KLASIFIKASI KELAS X

Pagi ini saya dapatkan soal soal kuno di laci kmd saya ketik jadilah bisa digunakan untuk belajar banyak orang dengan gawai OK semoga bermanfaat

SOAL

1. Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut?
A. Kingdom animalia
B. Kingdom monera
C. Kingdom protista
D. Kingdom fungi
E. Kingdom plantae

2. Kunci dikotomi, mengklasifikasikan organisme dengan membagi kelompoknya menjadi ….
A. empat kelompok yang lebih kecil
B. dua kelompok yang lebih kecil
C. tiga kelompok yang lebih kecil
D. tiga atau empat kelompok yang lebih kecil
E. dua atau lebih kelompok yang lebih kecil

3. Tingkat takson hewan yang terbesar adalah ….
A. Phyllum
B. Species
C. Divisio
D. Genus
E. Familia

4. Sistem klasifikasi yang berdasarkan cara memperoleh makanan menghasilkan kingdom ….
A. fungi, animalia, dan plantae
B. fungi dan animalia
C. virus dan monera
D. plantae dan animalia
E. fungi, monera, dan plantae

5. Urutan takson dalam klasifikasi hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ….
A. species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
B. species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
C. species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
D. classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
E. classis-phyllum-familia-ordo-genus-species

6. Di dalam sistem klasifikasi, Solanum tuberosum dan Solanum lycopersicum termasuk ke dalam satu takson, yaitu pada tingkat ….
A. classis
B. ordo
C. familia
D. genus
E. species

7. Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ….
A. bawang putih (Allium sativum)
B. nanas (Ananas sativus)
C. mentimun (Cucumis comosus)
D. kedelai (Soja max)
E. semangka (Citrullus vulgaris)

8. Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ….
A. Divisio
B. Familia
C. Classis
D. Genus
E. Ordo

9. Kata indica dari Mangifera indica, sebagai penunjuk ….
A. species
B. familia
C. ordo
D. divisio
E. genus

10. Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur, morfologi, anatomi, fisiologi dan struktur alat reproduksinya adalah sistem klasifikasi ….
A. alami
B. konvergen
C. buatan
D. divergen
E. filogenik

11. Yang bukan merupakan perbedaan antara monokotil dan dikotil dilihat dari cirri khasnya, terdapat pada ….
A. susunan akarnya
B. susunan anatomi batangnya
C. morfologi bunganya
D. sifat haploid sel kelaminnya
E. bangun dasar daunnya

12. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri akarnya tunggang, bercabang, daun umumnya sempit dan kaku, organ reproduksi berupa strobilus. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan tersebut tergolong ….
A. thallophyta
B. monokotil
C. dikotil
D. angiospermae
E. gymnospermae

13. Pada pasangan tanaman di bawah ini, manakah yang paling banyak memiliki kesamaan ciri ….
A. Citrus nobilis dan Citrus maxima
B. Citrus maxima dan Shorgum vulgare
C. Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
D. Shorghum vulgare dan Phaseolus vulgaris
E. Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris

14. Misalnya dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetik yang sama tetapi fenotipe keduanya berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh ….
A. lingkungan yang berbeda
B. faktor reproduksi
C. makanan yang berbeda
D. sumber nutrisi yang berbeda
E. faktor keturunan

15. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup adalah ….
A. identifikasi
B. taksonomi
C. klasifikasi
D. pencandraan
E. anatomi biogeografi

16. Tujuan dari klasifikasi adalah ….
A. mencari perbedaan makhluk hidup
B. mencari kesamaan dan perbedaan makhluk hidup
C. menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
D. setiap makhluk hidup diberi satu nama
E. mengidentifikasikan tumbuhan untuk herbarium

17. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sejarah perkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ….
A. berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
B. makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
C. speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
D. makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
E. makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya

18. Manfaat utama pemberian nama species dengan sistem tata nama ganda adalah ….
A. mudah dihafal oleh semua orang
B. ditulis dengan bahasa latin
C. hanya satu nama diberikan untuk satu jenis organisme
D. setiap jenis organisme dapat dikelompok-kelompokkan
E. mudah untuk mengetahui ciri-ciri organisme

19. Dari nama ilmiah di bawah ini yang termasuk ke dalam nama suku adalah ….
A. Solanaceae
B. equisetinae
C. pandanales
D. selaginales
E. solanum

20. Cara penulisan species pada tumbuhan berikut yang benar adalah ….
A. Hibiscus rosasinensis
B. Hibiscus Rosasinensis
C. Hibiscus rosasinensis
D. Hibiscus Rosasinensis
E. Hibiscus Rosasinensis


B.   Tulislah B jika pernyataan di bawah ini Benar dan S jika salah serta berikan alasannya!

1.       Nama Species (jenis) terdiri dari dua kata dalam bahasa latin. Kata pertama menunjukkan nama spesies dan kata kedua merupakan penunjuk genus.
2.       Sistem klasifikasi lima kingdom mengelompokkan organism menjadi lima dunia, yaitu Plantae, Animalia, Fungi, Protista dan Monera.
3.       Pelestarian bunga Raflesia di Taman Nasional Bengkulu dan pelestarian terumbu karang di Bunaken, termasuk dalam pelestarian keanekaragaman hayati tipe In situ.
4.       Takson yang warganya menunjukkan kesamaan sifat yang banyak tentulah takson yang lebih kecil daripada suatu takson yang warganya menunjukkan kesamaan yang lebih sedikit.
5.       Tumbuhan yang memiliki organ tubuh lengkap dan sempurna, sehingga sudah jelas terlihat adanya perbedaan antara akar, batang dan daun termasuk ke dalam kelompok Bryophyta.


C. Jodohkan pernyataan A dan pernyataan B!

No. Pernyataan A

  1. Keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah.
  2. Badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) berada di Ujung Kulon dan Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Komodo.
  3. Vegetasi tumbuhan hijau sepanjang tahun, pohon-pohon tinggi, jenisnya sangat banyak, terdapat tumbuhan yang menempel (epifit) dan tumbuhan yang memanjat pohon lain (liana) yang terdapat pada daerah Asia, Afrika, Indonesia, Amerika Selatan dan lain-lain.
  4. Hewan bersel banyak, misalnya ikan, cara adaptasi yang dilakukan dengan cara melakukan banyak minum, sedikit mengeluarkan urin, pengeluaran air dilakukan secara osmosis sedangkan garam mineral dikeluarkan secara aktif melalui insang.
  5. Pembukaan hutan, eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, pencemaran dan sistem pertanian monokultur.
No. Pernyataan B
A.             Endemik
B.             Keanekaragaman hayati
C.             Hutan hujan tropis
D.             Ekosistem air laut Ekosistem air tawar
E.              Ancaman terhadap keanekaragaman hayati
F.              Epidemik
G.            Sabana


D. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas!

  1. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati!
  2. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem merupakan suatu kesatuan yang utuh!
  3. Jelaskan dan sebutkan berdasarkan apakah pembagian makhluk hidup system lima kingdom!
  4. Apa manfaat kita mempelajari keanekaragaman hayati!
  5. Jelaskan mengenai binomial nomenklatur dengan menggunakan contoh!

KEANEKARAGAMAN HAYATI
1. Penyebab adanya keanekaragaman adalah . . . .
a. adanya variasi dari faktor genetik
b. adanya variasi lingkungan yang berbeda-beda
c. interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan
d. interaksi antara sesama faktor genetik
e. interaksi antara sesama faktor lingkungan

2. Keanekaragaman atau kekayaan jenis dapat diukur dari . . . .
a. indeks keanekaragaman
b. habitat keanekaragaman
c. spesies yang telah punah
d. laju keanekaragaman
e. populasi penyusun ekosistem

3. Dua individu yang menempati daerah yang sama dapat disebut satu spesies apabila . . . .
a. penyusun gennya sama
b. makanan dan tingkah lakunya sama
c. dapat saling kawin dan keturunannya fertil
d. habitat dan makanannya sama
e. cara reproduksinya sama

4. Variasi jenis makhluk hidup yang terjadi secara buatan atau rekayasa genetika dapat dihasilkan melalui persilangan atau mutasi. Contohnya adalah . . . .
a. kelapa gading
b. kelapa hibrida
c. kelapa hijau
d. kelapa kopyor
e. kelapa sawit

5. Yang merupakan aspek pencirian ekosistem adalah perbedaan . . . .
a. faktor biotiknya
b. energitika, pendauran hara, dan produktivitasnya
c. faktor-faktor fisiknya
d. faktor-faktor kimianya
e. lama hidup makhluk hidup penyusunnya

6. Di bawah ini adalah penyebab biodiversitas di Indonesia sangat unik, kecuali . . . .
a. keanekaragaman tinggi
b. memiliki hewan tipe oriental, Australian, dan peralihana
c. Indonesia kaya akan hewan dan tumbuhan impor dari negara lain
d. terdapat berbagai hewan dan tumbuhan langka
e. Indonesia kaya akan flora Malesiana

7. Keunikan hewan-hewan yang termasuk daerah Australian, yaitu . . . .
a. banyak hewan berkantung
b. terdapat berbagai jenis hewan primata
c. terdapat berbagai hewan endemik
d. spesies mamalia berukuran tubuh besar
e. terdapat berbagai jenis burung yang bersuara merdu

8. Di bawah ini adalah nama-nama hewan:
1) Harimau jawa
2) Ular sawah
3) Tikus
4) Burung maleo
5) Komodo
6) Badak bercula satu
Adapun yang termasuk hewan endemik di Indonesia adalah . . . .
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 2 – 3 – 4 – 5
c. 3 – 4 – 5 – 6
d. 1 – 4 – 5 – 6
e. 2 – 3 – 5 – 6

9. Hewan endemik adalah hewan yang . . . .
a. ada pada berbagai wilayah
b. selalu berpindah-pinah
c. menampakkan diri pada waktu tertentu
d. ada pada wilayah tertentu
e. berada pada wilayah perbatasan

10. Kegiatan manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah . . . .
a. introduksi spesies eksotik
b. reboisasi
c. pemuliaan
d. pembuatan taman-taman kota
e. konservasi plasma nutfah

11. Tumbuhan lumut disebut sebagai peralihan dari tumbuhan berthallus ke tumbuhan berkormus karena . . ..
a. mengalami pergiliran keturunan
b. bereproduksi dengan spora
c. tidak berkambium
d. tidak memiliki berkas pembuluh
e. termasuk tumbuhan tingkat rendah

12. Pada tumbuhan paku, daun yang berfungsi menghasilkan spora adalah . . . .
a. tropofil
b. sporofil
c. sporofit
d. makrofil
e. mikrofil

13. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri berkayu, daun majemuk, dan bunga dengan mahkota seperti kupu-kupu termasuk . . . .
a. Orchidaceae
b. Myrtaceae
c. Papilionaceae
d. Rubiaceae
e. Arecaceaew

14. Daur hidup tumbuhan lumut diawali dari spora yang jatuh di tempat yang lembap akan tumbuh menjadi . . .
a. protalium
b. protonema
c. sporofit
d. sporogonium
e. tumbuhan lumut

15. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk ke dalam famili . . . .
a. Poaceae
b. Malvaceae
c. Papilionaceae
d. Euporbiaceae
e. Zingiberaceae

16. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari keanekaragaman hayati, yaitu ….
a. variasi bentuk 
b. variasi kromosom 
c. variasi penampilan
d. variasi jumlah
e. variasi sifat

17. Berikut ini adalah pasangan spesies yang dapat menghasilkan keturunan fertil, yaitu ….
a. ayam dan itik
b. kuda dan keledai
c. kucing dan harimau
d. kucing anggora dan kucing persia
e. keledai dan zebra

18. Organisme yang hanya memiliki persebaran di suatu daerah saja dinamakan ….
a. ex situ
b. organisme khas
c. in situ
d. endemik
e. peralihan

19. Berikut adalah contoh hewan endemik dari daerah bagian timur, yaitu ….
a. macan kumbang
b. badak jawa
c. orangutan
d. burung merak
e. bekantan

20. Pelestarian yang dilakukan di habitat aslinya disebut pelestarian ….
a. in situ
b. khusus
c. ex situ
d. cagar alam
e. alami

21. Berikut adalah vegetasi khas yang terdapat pada ekosistem gurun, yaitu ….
a. tanaman semak
b. lumut
c. kaktus
d. tanaman paku
e. rumput
22. Berikut ini adalah nama ilmiah beberapa organisme.
1. Felix tigris
2. Gallus gallus domestica
3. Felix domestica
4. Oryza sativa
Dari keempat organisme tersebut manakah yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….
a. 1 dan 2
b. 3 dan 4
c. 1 dan 4
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

23. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati harus mulai dilakukan dari sekarang. Berikut ini yang bukan alasan mengapa upaya pelestarian harus dilakukan adalah ….
a. semakin berkurangnya jumlah suatu spesies
b. terganggunya habitat
c. rusaknya suatu ekosistem
d. rendahnya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian suatu organisme
e. keanekaragaman hayati memiliki nilai komersial tinggi

24. Adanya variasi dalam satu jenis atau spesies makhluk hidup menunjukkan bukti keanekaragaman hayati.
Keanekaragaman ini berdasarkan pada ….
a. tingkat gen
b. tingkat filogenik
c. tingkat jenis
d. tingkat ekologi
e. tingkat eksositem

25. Salah satu contoh hewan peralihan di Indonesia adalah ….
a. anoa
b. kadal berjumbai
c. orangutan
d. kangguru pohon
e. macan kumbang

26. Berikut bukan ciri dari Regnum Plantae, yaitu ….
a. memiliki kloroplas
b. dinding sel tersusun atas selulosa
c. memiliki alat reproduksi berupa bunga
d. uniseluler prokariot
e. memiliki ikatan pembuluh

27. Pada Bryophyta, gamet jantan dihasilkan oleh ….
a. antheridia
b. sel telur
c. sel sperma
d. spora
e. arkegonia

28. Perhatikan bagan berikut.


X, Y, dan Z berturut-turut adalah ….
a. sperma, sel telur, protalium
b. protalium, sel telur, sperma
c. protalium, sperma, sel telur
d. sel telur, sperma, protalium
e. sporofit, sel telur, sperma

29. Tumbuhan tidak berbiji yang menghasilkan spora dengan ukuran sama disebut juga ….
a. homospora
b. mikrospora
c. heterospora
d. makrospora
e. paku peralihan

30. Berikut adalah contoh spesies divisio Psilophyta, yaitu ….
a. Asplenium nidus
b. Psilotum
c. Marchantia
d. Equisetum
e. Lycopodium


JAWABAN 

KELAS 8 MID SEMESTER 1

1 Perhatikan tabel tentang ciri-ciri pembuluh darah di bawah ini!
1 letak Dipermukaan tubuh
2 letak Di dalam permukaan tubuh
3 denyut Tidak terasa
4 denyut terasa
Di bawah ini merupakan ciri-ciri pembuluh arteri (pembuluh nadi) adalah …
a. 1 dan 3
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

2 Perhatikan tabel tentang komponen darah dan fungsi komponen darah di bawah ini!
no komponen kode fungsi
1 Plasma darah a Kekebalan tubuh
2 eritrosit b Mengankut zat makanan
3 leukosit c Proses pemekuan darah
4 trombosit d Mengangkut O2
pasangan yang tepat antara komponen darah dan fungsinya adalah ….
a. 1 b dan 2d
b. 2a dan 1b
c. 3a dan 4b
d. 4c dan 2b

Untuk menjawab nomor 3 dan 4 perhatikan gambar jantung di bawah ini!


3 Dibawah ini adalah nama dari bagian jantung yang ditunjuk oleh nomor 1 dan 3 secara urut adalah ….
a. bilik kanan dan serambi kiri
b. serambi kanan dan bilik kiri
c. serambi kiri dan bilik kanan
d. bilik kiri dan serambi kiri

4 Darah dari paru-paru akan masuk di ruang jantung nomor … dan darah akan dipompa dari ruang jantung nomor …. ke paru-paru.
a. 1 -2
b. 1-3
c. 4-2
d. 4-3

Perhatikan skema peredaran darah manusia di bawah ini untuk menjawab nomor 5-7!


5 Di bawah ini adalah nama pembuluh darah yang ditunjuk oleh nomor 7 dan 12 secara berurutan adalah …
a. vena pulmonalis dan vena cava superior
b. arteri pulmonalis dan vena cava inverior
c. arteri pulmonalis dan vena cava superior
d. vena pulmonalis dan vena cava inverior

6 Dibawah ini merupakan urutan peredaran darah kecil yang benar adalah ….
a. 4 – 5 – 7 – 2 – 8 – 3
b. 3 – 9- 13 – 12 – 5
c. 4 – 7 – 2 – 8 – 6
d. 3 – 9- 1 – 10 – 5

7 Di bawah ini adalah bagian yang dilalui oleh darah kotor ditunjuk oleh nomor ….
a. 4-5-7-10-12
b. 3-6-8-9-13
c. 4-5-7-9-13
d. 3-4-5-6-7

8 Tekanan darah Bu Marni yang ditunjukkan oleh sphygmomanometer adalah 140/88 mmHg. Angka 88 menunjukan …
a. sistole dan jantung berkontraksi
b. diastole dan jantung berkontraksi
c. sistole dan jantung berelaksasi
d. diastole dan jantung berelaksasi

9 Perhatikan skema pembekuan darah di bawah ini!


Nama komoponen yang diberi label A dan B secara berurutan adalah ….
a. fibrinogen dan trombokinase
b. trombokinase dan fibrinogen
c. trombokinase dan albumin
d. fibrinogen dan globulin

10. Pembuluh darah pada betis kaki kanan Pak Broto tampak menonjol. Keadaan ini sangat berbeda dengan pembuluh darah pada kaki kirinya. Kemungkinan Pak Broto mengalami ….
a. Varises
b. ambeyen
c. hipertensi
d. wasir

11. Rani menderita kelaian sel darah dimana produksi sel darah putih sangat berlebih sehingga berat badannya terus turun, wajah pucat, dan sering mimisan. dari gejala-gejala tersebut dapat diketahui bahwa Rani menderita ….
a. anemia
b. hemofilia
c. leukimia
d. hipertensi

12. Perhatikan tabel ciri-ciri tanaman di bawah ini!


Di bawah ini adalah nomor yang menunjukkan ciri-ciri tanaman dikotil ….
a. 5, 2, 7 dan 4
b. 1, 2, 7dan 4
c. 5, 6, 3 dan 8
d. 1, 6, 3 dan 4

13. gambar dari hasil pengamatan di bawah mikroskop pada tumbuhan di bawah ini!


berdasarkan pengamatan objek maka gambar diatas merupakan organ ….
a. batang tumbuhan monokotil
b. akar tumbuhan monokotil
c. batang tumbuhan dikotil
d. akar tumbuhan dikotil

14. gambar dari hasil pengamatan di bawah mikroskop pada tumbuhan di bawah ini!


berdasarkan pengamatan objek maka gambar diatas merupakan organ ….
a. batang tumbuhan monokotil
b. akar tumbuhan monokotil
c. batang tumbuhan monokotil
d. akar tumbuhan monokotil

15. Dibawah ini adalah fungsi dari akar, kecuali
a. sebagai perkembangbiakan vegetatif
b. sebagai perkembangbiakan generatif
c. tempat penyimpanan cadangan makanan
d. untuk menyerap unsur hara dari dalam tanah

16. perhatikan gambar akar dikotil di bawah ini!


dibawah ini adalah jaringan yang memiliki berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis dan pelindung jaringan di bawahnya yang masing-masing ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 2
b. 6 dan 3
c. 5 dan 4
d. 5 dan 1

17. di bawah ini merupakan fungsi dari batang, kecuali ….
a. sebagai perkembangbiakan vegetatif
b. sebagai perkembangbiakan generatif
c. tempat penyimpanan cadangan makanan
d. untuk menyalurkan unsur hara dari akar ke daun

Perhatikan gambar anatomi batang dikotil dibawah ini untuk menjawab nomor 18 dan 19!


18. Di bawah ini adalah nama jaringan yang ditunjuk oleh nomor 3 dan 4
a. floem dan kortek
b. xylem dan kortek
c. floem dan kambium
d. epidermis dan kortek

19. Di bawah ini adalah jaringan yang memiliki fungsi sebagai pengangkut zat hara dan sebagai meristem lateral yang masing-masing ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 5
b. 2 dan 4
c. 1 dan 2
d. 3 dan 2

20. Di bawah ini adalah fungsi dari daun adalah ….
a. sebagai alat perkembangbiakan generatif
b. sebagai alat perkembangbiakan vegetatif
c. memperbanyak penyerapan air dan zat hara
d. memperkokoh tegaknya tanaman

Perhatikan gambar anatomi daun tumbuhan dikotil di bawah ini untuk menjawab nomor 21dan 22!



21. di bawah ini adalah jaringan spons dan jaringan palisade secara berurutan ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 5
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 3

22. Di bawah ini adalah jaringan yang berfungsi sebagai pembuluh angkut dan sering disebut tulang daun ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3

d. 4

Perhatikan gambar bagian bunga di bawah ini untuk menjawab soal nomor 23 – 25!


23. Organ reproduksi betina tersusun atas bagian yang ditunjuk oleh nomor ….
a. 4, 5, 7
b. 2, 3
c. 1, 2, 3
d. 2, 3,4

24. Di bawah ini adalah organ yang berfungsi sebagai pelindung organ bungan saat sebelum bunga mekar dan bakal biji masing-masing ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 7
b. 6 dan 7
c. 1 dan 4
d. 6 dan 2

25. Di bawah ini adalah organ bunga yang menentukan bahwa bunga tersebut dapat dikelompokkan dalam bunga sempurna dan tidak sempurna ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1, 2, 3,4,5 dan 6
b. 2, 3,4,5 ,6 dan 7
c. 2,3,4,5, dan 7
d. 2,3,4,5, dan 6


TRY AGAIN

Support web ini

BEST ARTIKEL